Mencicipi Royal Suite Room Grage Hotel Bengkulu, Kamar Terbesar Dari Hotel Terbesar di Bengkulu

Royal Suite Room Grage Hotel Bengkulu - Ketika berkunjung ke Bengkulu untuk acara ASUS ZenBook Blogger Gathering pada tgl. 6 - 7 April 2019 lalu, Grage Hotel Bengkulu menjadi pilihan saya sebagai tempat menginap. Hotel yang dulunya bernama Grage Horizon ini paling banyak direkomendasikan oleh teman-teman blogger Bengkulu. Pertama, karena fasilitas dan kenyamanannya. Kedua, karena lokasinya strategis, dekat Pantai Panjang dan mempunyai ocean view yang menakjubkan. 
Grage Hotel Bengkulu

Saya tertarik pada Grage Hotel dan akhirnya memesan 2 kamar Superior, untuk saya dan Anjas Maradita. Bagaimana pengalaman saya tidur di kamar Superior? Oh, tidak ada. Pasalnya, saya tidak jadi tidur di Kamar Superior.

Atas pertimbangan tertentu, kamar saya di-upgrade oleh pihak hotel ke tipe Royal Suite Room. Selain merupakan kamar paling baru, Royal Suite adalah kamar paling mahal di Grage Hotel. Harganya Rp 3,7 juta per malam.

Wow… Rejeki banget bisa mencicipi Royal Suite Grage Hotel!

Baca dulu: ASUS Blogger Gathering Bengkulu
Grage Hotel Bengkulu

Hotel Paling Direkomendasikan di Bengkulu

Saya baru pertama kali ke Bengkulu. Lantas bagaimana cara mencari hotel sekaligus tempat acara? Cara paling mudah yang saya lakukan adalah dengan gugling dan tanya teman. Situs-situs online booking hotel biasanya bisa dijadikan rujukan. Di dalamnya ada banyak info dan ulasan. Cara kedua lewat blogger-blogger Bengkulu, mereka bisa dijadikan sumber informasi paling valid, apalagi kalau pernah acara di sana.

Kriteria pencarian saya hanya meliputi 3 hal pokok, yaitu lokasi strategis, makanan enak, dan fasilitasnya memadai untuk acara blogger. Alhamdulillah dapat Grage Hotel, berkat rekomendasi dari Relinda, salah seorang blogger Bengkulu. Relinda pernah acara di Grage Hotel, jadi dia punya pengalaman. Blogger-blogger lain juga merekomendasikan hotel yang sama. Ok sip. Jadi mantap deh pilih Grage Hotel. 

Selanjutnya saya berhubungan dengan Mbak Lia, Sales exclusive Grage Hotel untuk melakukan pemesanan. Bisa punya kontak Mbak Lia juga dari Relinda lho. Nah, dengan mbak Lia saya dapat informasi lebih banyak terkait keperluan untuk acara gathering. Dari Mbak Lia juga saya jadi tahu soal Royal Suite Room dan akhirnya berkesempatan mencicipinya satu malam.  
Ke Bengkulu untuk ASUS Blogger Gathering, bareng Anjas Maradita

Hotel Terbesar di Bengkulu

Grage Hotel Bengkulu dulunya bernama Grage Horizon Hotel. Didirikan pertama kali pada tgl. 7 Agustus 1991. Hotel yang luasnya mencapai 27,567m2 ini disebut-sebut sebagai hotel tua. Kesan tua itu ada mungkin karena kamar-kamarnya masih menggunakan gedung lama. Dari luar pun, tampilan bagian depan tampak jadul.

Sebenarnya, sejak tahun 2017 Grage Hotel sudah mempunyai gedung baru dan modern setinggi 5 lantai. Letaknya di bagian belakang dan menghadap ke Samudera Hindia. Gedung baru tersebut akan terlihat saat kita melintasi jalan raya yang berada di pinggir Pantai Panjang. Dari sana Grage Hotel terlihat megah dan modern. Nggak ada kesan tuanya.  
Gedung lama Grage Hotel Bengkulu
Gedung Baru Grage Hotel Bengkulu

Gedung baru Grage Hotel Bengkulu terdiri dari 30 kamar, termasuk di dalamnya ada Royal Suite Room yang saya tempati. Total ada 89 kamar yang dimiliki Grage Hotel. Dengan jumlah tersebut, Grage Hotel disebut sebagai hotel terbesar di Bengkulu.

Terdapat 4 ada tipe kamar yang bisa dipilih sesuai kebutuhan yaitu Superior, Deluxe, Junior, Ocean View, dan Grage Royal Suite. 

Semua tipe kamar masih menempati gedung lama kecuali Ocean View dan Royal Suite. Grage Royal Suite merupakan kamar paling top di Grage Hotel. Seperti apa rasanya menginap di kamar Royal Suite? Simak terus tulisan ini ya. 
Gedung lama dan gedung baru dipisah oleh kolam renang ukuran semi olimpiade

Tenang dan Memiliki Pemandangan Menyegarkan

Tenang dan memiliki pemandangan bagus adalah judul testimoni untuk Grage Hotel Bengkulu yang paling banyak saya jumpai dalam situ-situs online booking hotel. 

Sebagaimana yang saya rasakan, kesan tenang dari hotel ini memang juara, padahal hotel berada di kota dan dikelilingi oleh rumah warga. Jalan umum yang ada di bagian depan maupun belakang hotel bukan jalan yang terlalu ramai dilintasi kendaraan. Sungguh suasana kota yang berbeda dari kota pada umumnya.

Yang tak kalah menyenangkan adalah bagian belakang hotel menghadap langsung ke pantai. Sehingga kapan pun bisa menikmati pemandangan ke laut. Meski dekat pantai, letak hotel berada di ketinggian, membuat jangkauan penglihatan jadi lebih luas. Kalau sejajar pantai, mungkin pemandangan ke laut akan terhalang oleh rimbunnya pohon-pohon pinus. Kecuali, dapat kamar di lantai atas ya.

Pemandangan Samudera Hindia dari balik jendela kamar Royal Suite Room yang saya tempati
Taman di bagian bawah hotel, sebelah kiri keluar pagar jalan ke arah pantai

Hotel Terbaik Untuk Menginap dan Meeting

Dengan ketenangan dan pemandangan lautnya, cukup recommended buat dipilih jadi tempat menginap selama liburan atau pun ke Bengkulu untuk bekerja. Ditambah fasilitas dan kenyamanan yang ada, jadi makin menarik. Buat yang ingin mengadakan acara-acara seperti wedding, meeting, atau gathering, terdapat 3 ruang pertemuan yang bisa dipesan sesuai kapasitas kebutuhan yaitu Krakatau Ballroom (400-800 orang), Halekoa, dan Ratu Samban. 

Nah, untuk acara ASUS blogger gathering kemarin saya tidak memesan tempat di ruang pertemuan, melainkan di Restoran Raflesia. Kenapa? Karena saya ingin acaranya berlangsung lebih santai. Kalau di ruang meeting biasanya suasananya agak kaku. Restoran Raflesia tempatnya asyik. Dekat lobby, mudah diakses. Apalagi, dindingnya full kaca, dapat pemandangan langsung ke kolam renang dan pantai. Ada pintu keluar buat ambil udara segar kapan saja. Bikin peserta nggak ngantuk yekaaan? hehe. 

Sekedar info, Raflesia Restaurant berkapasitas 80 orang, dan restoran ini dilengkapi dengan fasilitas AC dan Wifi Gratis. Cocok banget buat kami acara kemarin. Acara blogger di resto, makannya juga langsung di resto.

Baca juga: Pesonna Hotel Malioboro Yogyakarta
Ini adalah Restoran Raflesia tempat kami acara gathering
Acara ASUS Blogger Gathering Sabtu 6 April 2019

Semalam di Royal Suite Room 

Ekspektasi Superior Room, realitanya Royal Suite Room. Itulah yang terjadi. Jadi ingat dulu naik Lion Air kursi ekonomi, eh tiba-tiba disuruh pindah ke Batik Air, kelas bisnis pula. Rejeki nomplok namanya.

Senang aja sih akhirnya bisa mencicipi kamar paling top di Grage Hotel Bengkulu. Royal Suite Room dibanderol IDR3,7juta / malam. Apakah sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan? Yuk kita lihat.

Royal Suite Room memiliki luas 80.00 m2. Besar dan panjang, terdiri dari 3 ruangan. Saya agak terpana juga ketika pertama masuk.

Ruang Tamu & Ruang Makan dengan private balcony

Yang pertama saya jumpai adalah ruang makan yang menyatu dengan ruang tamu. Ruangan multi fungsi ini dilengkapi kamar mandi dan balkon yang menghadap ke pantai. Ada meja makan dengan 4 kursi, ruang duduk dengan sofa dan TV, telpon, mini pantry, dan kulkas. 
Ruangan pertama: Dining room dan guest room
Di sini ada mini pantry dan kamar mandi
Tiap ruang ada TV, total ada 3 TV

Kamar Tidur Besar

Ruangan kedua adalah kamar tidur. Ukurannya tentu saja sangat luas. Setara dengan ruang pertama. Terdapat tempat tidur dengan bed besar (ukuran double). 1 meja kerja, 1 meja rias, lemari, 2 sofa, telpon, TV, dan jendela yang langsung menghadap ke pantai. 

Saking luasnya, kamar tidur ini bisa muat 2 bed besar lagi jika kita order ekstra bed. Jadi kalau bawa anak-anak yang udah besar pun - seperti 2 anak saya - masih bisa tidur dalam satu kamar. Andai nggak pesan ekstra bed pun, banyak sofa yang bisa digunakan buat tidur. 

Kamar tidur
Double bed
Luasnya 80.00 m2
Kamar Mandi Besar 

Ruangan ketiga adalah kamar mandi. Nah, ukuran kamar mandinya pun nyaris sama besar dengan ukuran kamar. Wastafelnya panjang, menghabiskan 1 bidang dinding. Untuk mandi bisa menggunakan shower dan bathub. 

Kerennya nih, bathub berada tepat disisi dinding dan jendela kaca. Jika tirai dibuka, pemandangan luar ke laut bisa langsung terlihat. Di kamar mandi juga ada TV. Siapa tahu kan sedang berendam manja di bathub mau sambil nonton TV juga hehe. Total ada 3 TV di Royal Suite ini. Ya, walaupun kadang kita jarang banget buka TV. Masuk kamar pinginnya langsung tidur. 

Oh ya, kamar mandinya jauh dari pintu. Jadi kalau ada yang ketuk-ketuk kamar nggak bakal kedengaran. Lha iya wong terpisah oleh ruang depan dan kamar tidur gitu. Pokoknya Royal Suite ini room-nya gede banget!
  
Dua kloset, bathub, shower
Bathub dan shower

Fasilitas Royal Suite Room

Secara keseluruhan, inilah fasilitas yang terdapat di Royal Suite Room:

Hot and cold water, Shower, Hair Dryer, Internet Connection, Mini Bar, Cable TV, Air-Conditioning, 24 hours room service, 2 LCD TV, 32" Flatscreen TV with 30 channels, AC, Alarm Clock, Balcony, Bathtub and shower room, Bathtub or shower, Cable TV.

Complimentary food basket, Complimentary fruit basket & snacks, Complimentary mineral water, Complimentary tea and coffee.

Connecting guest room and bedroom, Daily newspaper, Desk, Dining Room, Guest Room, International Direct Dialling Telephone, Laundry service, LCD TV, Living Room, Mini pantry, Minibar & refrigerator, Ocean View, Ocean view and pool view balcony, On-hand Grage / Personal service, Private Living Room, Recreation View, Separated shower & bathtub, Tea / Coffee Maker, Toiletries.

Royal Suite Room

Tidur Nyenyak Penuh Kenyamanan

Fasilitas serba lengkap dan suasana tenang yang membuat nyaman, memang selalu berhasil membuat kita betah tinggal di suatu hotel. Ada kualitas ada harga. Dan kadang orang berani bayar mahal untuk mendapatkannya agar liburan jadi makin berkesan. Kalau belum bisa bayar mahal? Ada pilihan kamar dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kantong kok :)

Semalam di Royal Suite Room memberi saya pengalaman manis dan berkesan. Bagus buat diceritakan kepada siapa saja yang butuh penginapan saat berkunjung ke Bengkulu. Terutama buat keluarga dengan anak-anak. Kapasitasnya yang besar bisa ditempati 4-5 orang. Buat pasangan honeymoon juga cocok kok, bisa main kejar-kejaran dalam kamar 😂



Di sini ada kolam renang semi olimpic, ukurannya besar dan punya pemandangan bagus ke laut. Berenang dan berendam cocok buat mengisi aktivitas selama liburan. Di bawah ada taman yang dilengkapi jogging trek, bisa buat olahraga atau sekedar jalan santai.

Untuk keperluan makan dan minum, di hotel ada Restoran Raflesia yang menyediakan makanan berat, Kafe Moanna untuk makanan dan minuman ringan, dan Anaktu Coffee buat ngopi-ngopi cantik di hotel.

Anaktu Coffee
Beberapa menu makan siang di Restoran Raflesia
Sarapanku di Restoran Raflesia 😃

Kue-kue dalam menu sarapan

Pantai Panjang 

Seperti yang saya ceritakan di awal, Grage Hotel Bengkulu sangat dekat dengan Pantai Panjang. Inilah alasan kenapa saya memilih Grage Hotel, biar main ke pantainya dekat. Tinggal turun hotel, keluar pagar, jalan kaki 20 meteran udah sampai pantai.

Dinamakan Pantai Panjang karena panjangnya mencapai 7 KM dengan lebar pantai sekitar 500 meter. Pantai Panjang adalah ikon wisata di Bengkulu. Jadi, ketika saya ke Bengkulu, pantai ini sudah pasti masuk list wajib kunjung. Kapan kami main ke pantai? Hari Minggu! Yes. Hari Sabtu (6/4/2019) sama sekali nggak sempat ke pantai karena sibuk acara Asus dari siang sampai lepas magrib.



Cerita Lompat Pagar Pada Suatu Pagi

Hari Minggu pagi, inginnya sih ke pantai sebelum matahari jadi garang. Tapi apa mau dikata, sejak jam 6 pagi sudah panas terik. Mau pagi atau siang, sama saja. Ya sudah saya santai sarapan dulu, abis itu baru jalan sama Anjas. 

Kata resepsionis, kalau mau ke pantai keluarnya lewat taman di bawah saja. Ada pintu keluar, tinggal buka. Kenyataannya pagarnya digembok! Aduh, sudah di bawah mau naik ke atas lagi kok ya males. Kalau harus keluar lewat pagar depan alangkah jauhnya jalan kaki, mesti naik mobil or motor.

Akhirnya, saya dan Anjas nekat loncat pagar 😂😂
Kami bergantian naik pagar. Saya duluan, Anjas belakangan. JANGAN DITIRU YA!! 

Jika di situ ada CCTV, pasti bakal kelihatan aksi kami seperti maling. Lagian pagarnya digembok sih. Nyusahin aja. Untunglah sepi, hanya ada sesekali motor dan mobil melintas. Kalau banyak orang pasti jadi perhatian. Apalagi kalau yang liat wartawan, atau netizen, bisa-bisa muncul berita “Travel Blogger dan Youtuber Indonesia Ketahuan Loncat Pagar Demi ke Pantai Panjang” haha.

Coba lihat, pagar mana yang kami loncati demi ke pantai? Jangan ditiru ya! 😂

Jalan Kaki Balik Ke Hotel

Banyak pohon pinus di sepanjang tepi pantai Panjang. Nggak tinggi, tapi rimbun. Terasa sangat berguna sekali buat berteduh dari tajamnya sengatan matahari. Untunglah saya bawa kaca mata hitam anti badai, jadi nggak silau-silau amat. Kami tak lama di pantai, hanya ambil beberapa foto, abis itu pulang.

Pagi itu panasnya benar-benar parah. Tenggorokan cepat haus. Untung di pinggir jalan ada warung-warung jualan es kelapa muda. Kami belok dong, nongkrong bentar. Eh, ternyata baru ingat kami pada nggak bawa dompet. Huhuhu nyebelin banget kan. Ya udah karena nggak jadi beli minum, akhirnya kami pulang. 

Nah, kali ini kami nggak mau lagi pulang ke hotel lewat pagar tadi. Nggak mau loncat-loncat lagi kayak maling wkwkw. Akhirnya kami jalan kaki, muter. Lumayan jauh, ada kali 1 kilometer. Yah daripada loncat pagar mending jalan aja, walau badan bercucuran oleh keringat. 
Panas bukan main

Yang penting foto dulu hehe (photo by Anjas)

Lain kali kalau ke Bengkulu lagi, dan nginap di Grage Hotel lagi, harus berkoordinasi dengan pihak hotel untuk memastikan bahwa pintu pagar belakang benar-benar telah dibuka. Biar jalan ke pantainya mudah. Sayang sudah dekat tapi pagarnya digembok. Eh tapi pasti ada alasan baik ya kenapa pagar belakang itu digembok, biar nggak ada sembarang orang masuk kawasan hotel. Maklum di belakang dekat taman itu sepi, tamu jarang main ke sana. Tamu kebanyakan pada sibuk di atas, kalau nggak di kamar ya di kolam renang atau di restoran.

Wisata di Bengkulu

Selain Pantai Panjang, masih ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi di Kota Bengkulu. Beberapa di antaranya yang masuk daftar wajib kunjung adalah Rumah Pengasingan Soekarno, Rumah Fatmawati, dan Benteng Fort Marlboroguh. Saya dan Anjas mengunjungi tempat-tempat itu di hari Minggu, saat dalam perjalanan pulang menuju bandara, kecuali Fort Marlborough kami kunjungi hari Sabtu. 

Waktu kami buat jalan-jalan memang sangat terbatas. Hanya bisa caw ke objek wisata yang ada di kota saja. Mampir pun hanya sebentar, lihat-lihat, ambil foto seperlunya, lalu pergi. Sempat kulineran pindang di Pindang 77 dan beli oleh-oleh di sentra oleh-oleh Bengkulu di Cita Rasa yang terletak di Jalan Soekarno Hatta. 

Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu

Terakhir, sebelum menuju bandara kami mampir ke Pantai Panjang. Kali ini di titik wisata Pantai Panjang. Di sana ada tulisan besar Pantai Panjang yang biasanya sering dijadikan spot foto. Jadi katanya belum sah ke Pantai Panjang kalau belum berfoto di tulisan itu. Tempatnya ramai, banyak pedagang. Dari pedagang makanan/minuman hingga pedagang souvenir. Di pantai ada kuda-kuda yang disewakan untuk ditunggangi buat jalan-jalan di pantai. Saya lihat kudanya kok malah kasihan ya. 

Di pantai ini saya bersama Anjas dan Daniel cuma istirahat sesaat sambil minum es kelapa muda. Entah kenapa nggak ada asyik-asyiknya saat itu. Mungkin karena cuaca sangat terik. Udara panas dan mata silau. Gerah nggak ketulungan. Saya heran lihat orang-orang main di pantai tanpa topi dan kaca mata bisa kuat. Mungkin sudah biasa. Saya, secinta-cintanya sama pantai, kalau panasnya dahsyat banget seperti saat itu, mundur dulu deh hehe. Makanya, kami nggak lama di sana. Air kelapa abis langsung berangkat ke bandara. 

Memang mesti agak lamaan di Bengkulu kalau mau puas. Kalau waktunya banyak berwisatanya bisa santai. Bisa sekalian main yang jauh, melihat wisata alam lainnya yang katanya menakjubkan. 

Sesaat di Pantai Panjang Bengkulu

Grage Hotel Pilihan Tepat Untuk Menginap

Dua hari saja di Bengkulu dan saya belum banyak kemana-mana, tentu saja masih sangat penasaran. Masih ingin balik lagi suatu hari nanti, dengan waktu yang lebih lama, biar puas jalan-jalan. Kalau bisa sama keluarga, biar lebih seru. Dan tentunya, saya akan memilih Grage Hotel Bengkulu lagi buat tempat menginap.

Kenapa Grage Hotel lagi? Karena hotel ini memenuhi kebutuhan untuk sebuah liburan yang menyenangkan. Fasilitasnya lengkap, kamarnya nyaman, suasananya tenang. Lokasinya pun strategis untuk berbagai kegiatan. Dekat dari bandara, mudah buat kemana-mana selama di kota. 

Paling recommended Royal Suite Room nya. Sangat cocok untuk liburan dengan keluarga. Besar dan lengkap, menjamin sebuah kepuasan 😊


GRAGE HOTEL BENGKULU
Jl. Pantai Nala 142, Anggut Bawah,
Bengkulu, 38223
Bengkulu - Indonesia.
P : (0736) 217 22
F : (0736)  220 72
E : info@gragehotelbengkulu.co.id
IG: https://www.instagram.com/gragehotels/

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

9 komentar

  1. Menang banyak deh pokoknya sekali ke Bengkulu

    BalasHapus
  2. Asyik banget hotelnya, dekat dengan pantai. Ukuran kamarnya juga cukup luas kalau mau liburan bersama keluarga.

    BalasHapus
  3. Wah, asyiknya. Ngebayanginnya aja udah seru. Apalagi bisa ada di sana.

    BalasHapus
  4. Asikk bgt ya mbk, hmm sprtiny cuma mbk dan bg anjas yg nekat naik pagar hahah

    BalasHapus
  5. Bisa bikin acara di kamarnya, ya, Mbak.

    BalasHapus
  6. Biasanya jam 8 pagar itu sdh di buka mba, taman itu.milik pemkot atau dinas apa ..lupa
    Di sana itu ada tempat untuk mengambil tanah dlm acara tabot (penyambutan 10 muharam)

    BalasHapus
  7. Olalaa, mba Rien :D Keren buangeett review-nya, aku jadi mupeng cuss ke Bengkulu!
    menarique buangeett yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Hahahaa.....dah tercoreng sudah nama mbak Ket :D
    Kan loncat pagar jadinya mirip bolos mbak :D

    BalasHapus
  9. Sudah seperti apartemen studio atau 1 kamar ini sih. Tempatnya lapang dan bersih. Pasti seneng nginep lama-lama di sini. BTW, itu bathtubnya asik banget Rien. Dengan jendela kaca dan pemandangan laut. Betahlah berendam nya.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!