Hal-Hal yang Membuat Berhenti Terlalu Dekat

09.55 20 Comments

Haruskah dijauhi? Kapan harus menjauh? (gambar dari FB)

Hidup adalah perjalanan

Perjalanan yang membuat kita melalui serangkaian peristiwa. Ada peristiwa menyenangkan yang membuat bahagia, ada pula yang menyedihkan dan membuat kecewa.

Sepanjang berjalan kita mendapatkan berbagai pengalaman baru, melihat tempat-tempat baru, dan bertemu orang-orang baru. Ada orang baru yang kemudian menjadi teman baik, sahabat sejati, bahkan jadi saudara (walau tak ada hubungan darah). Ada pula yang sekedar untuk berpapasan saja, tanpa ada yang tertinggal di hidup kita, apapun darinya. 

Adakah di antara orang-orang yang kita temui itu kemudian jadi lawan bahkan bermusuhan? Ada saja. Bedanya, ada yang bermusuhan sebentar, lalu bermaafan. Ada pula yang selamanya, bahkan sampai mati. Tak baik memang, tapi ada yang seperti itu. Banyak contohnya di luar sana.

Adakah yang tadinya teman baik, sahabat sejati, bahkan telah dianggap saudara, tapi kemudian jalinan hubungan itu berubah menjadi sebaliknya? Ada. Ini pun tak sedikit contohnya. 

Berhenti terlalu dekat

Orang yang memusuhi berubah jadi teman baik, ada. 
Teman baik atau sahabat sejati berubah jadi racun, ada. 8 ciri-ciri racun ada pada gambar di atas.

Racun itu menyakiti. Dan, diri sendirilah yang harus memutuskan kapan berhenti terlalu dekat dari racun. Berhenti terlalu dekat bukan berhenti menjalin silaturahmi. Lebih tepat disebut menjaga jarak. Membuat jarak dari racun akan membebaskan diri dari energi negatif. 

Memutuskan berhenti terlalu dekat dengan teman dekat atau sahabat sejati bukanlah hal mudah. Apalagi telah berteman lama, pernah berkegiatan bersama, bepergian bersama, bercanda dan tertawa bersama, dan mengalami hal-hal menyenangkan bersama. Tapi ya itu tadi, pada satu titik, setelah berkali-kali disakiti tapi tak berdarah, harus ada sikap yang diambil. 

Sabar yang benar itu sejatinya tak ada batas. Namun, karena banyak hal dalam hidup ini yang harus dilakukan dengan energi positif. Maka, tegakkan sabar tapi jangan pernah biarkan racun bertahta.

Apakah racun harus diberi pelajaran? Tidak selalu harus begitu. Selama masih jadi manusia yang punya hati dan percaya bahwa Allah itu maha pembolak balik hati, biarlah diri sendiri yang MENGAMBIL PELAJARAN TANPA PERLU MEMBERI PELAJARAN. 

Buatku, itu yang terbaik. 

Membalas dendam atau mendoakan yang baik-baik? Jika mau bahagia menjalani hidup ini, ternyata mendoakan lebih menenangkan jiwa. 

Kapan berhenti terlalu dekat?

Ada banyak macam sifat yang dimiliki orang lain yang bisa jadi racun pada kita. Sayangnya, aku termasuk orang yang, kalau kata temanku, terlalu baik pada racun. Tetap disenyumin, tanpa berpikir itu bahaya. 

Apakah madu, bila punya teman gemar melihat, tapi bila melihat selalu pakai kaca mata negatif. 
Pandai bicara, tapi setiap bicara, baik secara pribadi maupun di depan publik, selalu membicarakan hal-hal dengan bahasa yang negatif, mengomentari apa saja yang orang lain lakukan pakai sudut pandang negatif, baik saat ngobrol dengan kita berdua saja, maupun lewat status-status di media sosial. 

"Lucu ya, baru punya 3 buku antologi aja dibangga-banggakan dalam portofolio. Saya aja punya buku solo 1 lusin biasa saja. Bahkan, saya berteman dengan penulis novel dan penulis travel nomor 1 se-Indonesia lho."

"Baru punya mobil murah, pamer jalan-jalan kek keluarga bahagia. Aku dong punya mobil seharga 1 miliar, diem-diem aja."

"Yaelah baru jalan-jalan ke Timor Leste (sebut saja TL, bukan negara sebenarnya hehe) aja udah kayak punya pengalaman jalan-jalan paling hebat. Aku udah sejak muda keliling Eropa, Amerika, Afrika, dan negara-negara lain santai wae."

"Iya lho, di WAG Soto Betawi itu dia ceria dan riang gembira banget kalau chat, giliran di WAG Soto Bogor dia banyak diem aja kalau aku share macem-macem. Itu kenapa ya orang?"

"Caption udah kayak ustadzah, biar dipuji dan dihargai, pencitraan banget."  

dan lain-lain...

Apakah madu...apakah madu bila punya teman begini yang suka ngomongin teman kita yang lain? 
Itu kenapa aku selalu skip postingan status yang isinya seperti itu. Nggak mau baca, nggak mau komen. Kalau pun tiba-tiba muncul gak sengaja di beranda, langsung aku lewatin. 

Aku sudah sibuk di dunia nyata, jadi kalau masuk ke dunia maya, aku lebih suka liat postingan yang ringan dan bikin happy seperti postingan tentang masakan, kulineran, jalan-jalan, foto-foto tanaman, ngobrolin drakor yang sedang hitz, musik, lagu, buku, dan hal-hal lain serupa itu. Namun, bukan berarti aku abai pada berita duka, musibah, bencana, dan semacamnya juga. Tetap peduli kok.

Jika ada yang bilang: "suka-suka gue nulis apaan, wong ini akun gue." Nah kalau gitu "suka-suka orang lain dong kalau ada yang pingin posting hal bahagia-bahagia saja, yang enak-enak saja, yang baik-baik saja. Kenapa situ yang repot sampe apapun yang orang lain lakukan lu jadiin status negatif mulu" 😂

Setiap kita punya pilihan
 
"Kalau ingin memahami orang lain, tempatkan diri pada posisi mereka."

Saat aku tak suka melihat orang lain jadi racun buat diriku, maka orang lain pun tak kan suka bila aku jadi racun buat dirinya. Berarti, tebas semua sifat-sifat yang berpotensi menjadikan kita racun bagi orang lain. 

Contoh. Kalau ada yang gak berkenan di hatiku atas sikap dari teman kenal dekatku, aku punya pilihan buat menyuarakan ketidak berkenanku padanya:
1. karena aku aktif bermain media sosial, lalu aku membuat status sindiran, pakai kata-kata tajam dan sinis, biar semua orang tahu, biar yang aku sindir baca dan sakit hati (iya kalau dibaca, dan ternyata dia tidak sakit hati, elu yang rugi!)
2. atau, aku japri / hubungi dia langsung, dan ngomong langsung. Hati lega, dan nggak perlu bikin "keributan" di dunia maya. Dunia tidak perlu tahu kekurangan/kesalahan teman kita! Jangan jadi tukang hasut.

Setiap orang punya punya cara sendiri dalam menyelesaikan masalahnya. Cara yang dipilih akan mencerminkan tingkat kedewasaan masing-masing.

Ada yang diganggu, lalu menyelesaikannya dengan cara memberi pelajaran.
Ada yang diganggu, lalu menyelesaikannya dengan cara cukup mengambil pelajaran. 

Ada yang memilih berpikir positif terhadap apapun yang orang lain lakukan, kendati ada yang negatif, ia memilih cara bijaksana dalam menyikapi hal negatif tersebut.

Orang beribadah, ada yang diam-diam saja cukup hanya ia dan Allah yang tahu. 
Ada pula yang terang-terangan dengan menunjukannya kepada orang lain. 
Seseorang punya 2 pilihan untuk menilai dan berkomentar akan hal tersebut:
1. Ibadah kok dipamerin, riya!
2. Masya Allah, soleh/soleha ya dia. Sungguh menginpirasi. Saya juga mau seperti dia.

Teman yang kita kenal, ada yang suka berbagi hal-hal baik saja di blog/medsosnya. Postingannya selalu ceria, berisi kebahagiaan dan aktivitas menyenangkan bersama keluarga/teman/sahabatnya saja.
Ada 2 hal yang bisa dipilih dalam mengomentari hal tersebut:
1. Hah! Pencitraan banget! Gak apa adanya! Palsu! Minta dipuji!
2. Masya Allah, bawa vibes positif banget sih kak postingannya. Sehat dan bahagia selalu, ya kak.

Rambut boleh sama hitam, tapi isi kepala bisa beda-beda. Mulut sama-sama punya satu, tapi isi yang keluar bisa beda-beda. Beda tapi positif, bukan masalah. Yang masalah, sudah beda, negatif  pula. 

Kita bisa saling menghargai dan menghormati selama kita bisa mengendalikan perbedaan itu menjadi sesuatu yang positif. 

Seperti apa kita di akhir usia?

Ada orang pernah salah dan terjerumus maksiat, tapi karena hatinya terbuka menyambut tiap nasihat, ia lalu menyesal dan mengambil pelajaran, bertobat, berubah, kemudian menjalani sisa hidupnya dengan baik dan terus berperilaku positif di tiap detik kehidupannya.

Ada orang yang tampaknya selalu Allah mudahkan hidupnya, fine fine saja...tapi punya sifat dan sikap yang selalu negatif ke orang lain yang sulit dilepaskan walau sudah dinasihati ribuan kali. Mulut, mata, hidung, telinga, dan jari-jarinya sibuk mengurusi hal-hal tak penting, menggunjing orang lain tiada henti, suka berprasangka buruk, gemar menghujat, menuduh, memfitnah, dan semua hal buruk yang bikin ia tidak bisa tidur kalau tidak berbuat jahat dengan anggota tubuhnya. Begitu terus dari waktu ke waktu... 

Aku pribadi, ingin mati dengan akhir yang baik. Tidak dalam keadaan sakit dan berpenyakit, baik badan maupun hati. 

Tulislah yang baik-baik saja

Menulis hal-hal begini, tidak afdol jika tidak ditambahkan kalimat: Aku bukan manusia suci. Bukan pula ahli agama. Aku menulis begini karena aku ingin menulis. Aku ingin menulis yang baik-baik saja, meski aku belum baik 😅😂

Dalam WAG Masjid Komplek yang aku ikuti, aku pernah mendapat nasihat baik (sudah pernah aku posting di FB ku) tentang Tulislah Yang Baik-Baik Saja! 

TULISLAH YANG BAIK-BAIK SAJA

Akan tiba saatnya nanti, semua temanmu akan melihat namamu offline.
Mereka mengirim pesan lewat WhatsApp, tapi kamu tak menjawabnya.
Mereka chat di Messenger, tapi kamupun tak mampu membalasnya.
Pada hari itu, postinganmu tiba-tiba saja terhenti, tidak lagi update.
Kamu tidak akan pernah online lagi, tidak mampu reply chat, ataupun berkomentar pada postingan teman temanmu.
Postinganmu yang telah lalu bisa jadi telah di share berkali-kali tanpa kamu mampu mengeditnya. Dibaca dan direspon orang lain tanpa kamu dapat membendungnya.
Kamu tidak mampu meminta maaf kepada orang yang tersakiti karena postinganmu.
Kamu tidak mampu membendung orang lain yang berprasangka buruk, mengeluarkan statement buruk akibat postinganmu yang telah lalu.
Semua sudah  terlambat ketika kamu telah pergi meninggalkan dunia ini. 
Yang tertinggal hanyalah huruf - huruf di postinganmu.
Postinganmu akan menjadi pembelamu atau akan membinasakanmu di alam sana.
Maka dari itu, tulislah yang baik-baik saja, walaupun kita belum baik.
Sekurang-kurangnya kita terselamatkan dari dosa akibat menulis yang buruk.
Ikatlah dirimu dengan lisan yang baik, dan dengan tulisan yang baik sebagai usaha dan do'a menjadi insan yang baik.
Berusahalah menjadi orang yg bermanfaat bagi orang lain, meski cuma sebatas tulisan sederhanamu.
Jangan menjadi penyebab orang lain bertambah lebih buruk, karena ketikan jari jemarimu.

Tulis saja yang baik-baik, berkomentar yang baik, berkata yang baik, meski belum baik, meski disangka sok baik, meski dituduh pencitraan, meski dianggap minta dipuji, dan meski-meski lainnya. 

Menulis itu adalah DOA. Menulislah untuk kebaikan.

Ramadan 2021 dan Cerita Rindu di Baliknya

16.50 39 Comments
Ramadan 2021 dan Cerita Rindu di Baliknya


Aku Kangen

"Mas aku kangen...," tulisku kepada suami, di ruang chat WA. 

"Iya, sabar ya, sayang," jawabnya. 

Udah kayak pasangan masih penganten baru belum? 😂 Nggak mesti penganten baru ya buat ngomong saling kangen. Penganten lawas kayak kami pun tetap akan terang-terangan mengatakan kangen bila memang sedang kangen. Baik lewat tulisan maupun langsung lewat ucapan.

Gimana nggak kangen coba, selama Ramadan tahun ini, bojoku kumpul bersamaku dan anak-anak hanya 6 hari. Sisanya banyak tinggal di hotel dan di luar kota (bahkan luar pulau). Sejak jelang puasa, pekerjaannya di kantor makin banyak, bahkan harus ke luar kota bolak-balik. Setiap hendak keluar kota, harus karantina dulu di hotel, mengikuti protokol kesehatan dari perusahaan. Lama karantina minimal 1 minggu. Selama di hotel tidak boleh keluar sama sekali, juga tidak boleh dikunjungi. Makan minum semua di kamar, diantar sampai depan pintu karena pegawai hotel pun tidak boleh bertemu dengannya. H-1 sebelum terbang, SWAB PCR dulu (disediakan oleh perusahaan). Bila negatif, baru boleh pergi. Saat keluar hotel menuju bandara dijaga ketat, tidak boleh mampir-mampir, bahkan untuk buang air kecil harus ditahan sampai tiba bandara. Di bandara juga tidak boleh jajan dan belanja sembarangan. Semua demi menjaga kesehatan dan keselamatan suamiku dan orang-orang di tempat tujuan. 

Lama di luar kota bisa seminggu, kadang sampai 2 minggu. Total di luar rumah bisa sampai 3 minggu. Makanya, gimana nggak sedikit waktu ketemu di rumah. Kangen nggak, kangen nggak? Kangenlah! Masa enggak haha
Karantina 1 minggu di hotel tiap sebelum traveling. Selama Ramadan buka puasa dan sahur sendirian. 

Jadwal traveling keluar kota (pulau) padat selama Ramadan.
  
Bekerja dari hotel - WFH (work from hotel) selama Ramadan 😁

Pemandangan dari kamar hotel selama suami work from hotel

Aku minta ini dan itu, Allah beri yang terbaik

Siapa yang nggak ingin selama bulan puasa suami ada di rumah? Aku sih ingin sekali. Kebiasaan yang terjadi saat ia di rumah, hal-hal seperti membangunkannya di waktu sahur, atau justru saat aku yang dibangunkan untuk menyiapkan makan sahur. Pergi ke dapur membuat makanan dan minuman kesukaannya, adalah hal menyenangkan lainnya. Atau, saat subuh menyaksikannya tadarusan dengan anak, mendengar suaranya membaca ayat-ayat suci Quran, adalah waktu-waktu terindah yang aku rindukan. Menikmati pagi hari motoran berdua menyusuri jalan komplek yang masih sepi, pergi belanja ke pasar, juga jadi kebiasaan kami di bulan puasa. Masih banyak lagi hal-hal yang bakal kulewatkan saat ia tak di rumah. Ingin ku berkata: "Duh, kok sibuk banget sih mas Ramadan ini. Apa gak bisa stop dulu kek kerja keluar kotanya."

Astagfirullah. Hampir saja berkata begitu. "Stop dulu?" Kalau sampai jadi doa, bisa stop beneran tuh kerja (alias berhenti). Duh! Untung langsung sadar betapa kata-kata itu sama sekali nggak mencerminkan pribadi yang bersyukur. Keluh yang melintas dalam pikiran langsung kuenyahkan jauh-jauh, urung keluar menjadi kata-kata. Alangkah ngeri bila terlontar diiringi amarah. Sama saja seperti marah pada Tuhan. Dulu aku nggak sehati-hati ini dalam berkata. Perjalanan waktu dan adanya pengalaman membuatku berubah. Apapun kini harus hati-hati, bahkan walau sekedar melintas sedetik dalam pikiran.

Bulan puasa tahun lalu suamiku banyak di rumah, tapi sakit. Beberapa kali harus kularikan ke IGD karena menderita sakit perut parah. Bila ingat itu, aku jadi merenung lagi. Mungkin dulu aku pernah berkali-kali berkata, atau meminta pada Tuhan, secara sadar maupun tidak, agar selama puasa banyak bersama suami. "Ya Allah, semoga bulan puasa ini suamiku banyak di sisiku dan anak-anak". Lalu Allah kabulkan: Suamiku nggak kemana-mana, tapi dalam keadaan sakit parah. Nah!

Entah kejadian sakit itu jawaban Allah atas doaku atau bukan, wallahu a'lam. Yang jelas Ramadan 2020 kami diberi ujian, suamiku tersayang terbaring di rumah sakit berminggu-minggu hingga setelah lebaran (hampir sebulan).

Alhamdulillah setelah menjalani perawatan dan pengobatan herbal berbulan-bulan, suamiku dinyatakan sembuh dan telah bebas dari batu empedu (tanpa operasi). Aku sudah pernah menceritakan secara rinci mengenai hal tersebut di blog ini, bisa dibaca dengan cara klik di sini, sana, dan sana

Ramadan tahun ini suamiku berada dalam keadaan sehat walafiat. Tubuhnya segar bugar, padat berisi dan kuat, tenaganya prima, alhamdulillah sehat luar dalam. Tapiiiiiii...ia tidak banyak di rumah! Arrghhh. 

(Saat ada yang kamu dapat, ada yang kamu lepas)

Lagi-lagi aku merenung. Mungkin ini juga adalah jawaban atas doaku tahun lalu. "Ya Allah, sehatkanlah suamiku, jangan sakit lagi, lancarkan urusan dan pekerjaannya, mudahkan ibadahnya, dan limpahkan rejeki yang baik lagi halal kepada kami. Aamiin"

Lalu Allah kabulkan dengan keadaan yang aku dapati di Ramadan kali ini. Suami sehat, pekerjaan lancar, rejeki mengalir deras tapi...nggak ada di rumah. Nah! Aku merenung lagi.

Di saat perusahaan lain ada yang oleng terkena dampak pandemi, omset turun, keuangan macet, karyawan dipecat-pecatin, dll, perusahaan tempat suami bekerja justru sebaliknya. Karenanya, semua orang di perusahaan jadi sibuk, termasuk suamiku sampai harus banyak ke luar kota, mengurus ini dan itu. Alhamdulillah yaaa. (Suamiku seorang analyst, tentang pekerjaannya pernah kuceritakan di sini ).

Ucapan biasa yang bukan doa saja Allah dengar. Apalagi kalimat doa. Ingin suami banyak di rumah, eh jadi doa, tapi dikasih sakit. Ingin suami sehat, pekerjaan lancar, rejeki bagus, eh dikasih sibuk dan nggak bisa kumpul di rumah selama Ramadan. Itu kenapa aku hampir mengeluh. Untung lekas sadar.

Diberi sakit atau pun sehat, selalu ada hikmah dan tujuan di baliknya. Aku harus sabar dan tetap bersyukur atas setiap hal yang Allah berikan dalam hidup ini. 

Perhaps you dislike something which is good for you and like something which is bad for you. Allah knows and you do not know. (Quran verse 2:216) 
💜💛💙💚

Menyambut suami pulang, aku bersih-bersih! Tak lupa sedia alat kontrasepsi wkwk

Dengan banyaknya waktu berpisah, membuat kami begitu menghargai waktu bertemu. 

Suamiku jarang di rumah bukan hanya karena sedang kerja keluar kota saja, sedang di dalam kota saja pun beberapa hari tidak di rumah karena bermalam di rumah ibu mertuaku. Hal ini sudah terjadi sejak bapak mertuaku tiada. Ibu mertuaku sudah tua. Rumah besar bertingkat punya ibu jadi kurang terurus. Sebagai anak tertua dan laki-laki satu-satunya, suamiku bertanggung jawab atas ibu. Lagipula kantor suami lebih dekat dari rumah ibu. Jadi aku pun setuju weekdays suamiku menginap di rumah ibu. Biar nggak capek juga di jalan. Aku nggak tega lihat suami bolak-balik jauh ke BSD. Lebih baik rindu dari pada suami lelah. Kadang 3 hari saja di rumah ibu, sisanya di BSD. Kadang full 5 hari, nanti hari Jumat malam, Sabtu dan Minggu baru di BSD. 

Sedikit tinggal bersama, membuatku selalu menantikan suami pulang. Bila ia pulang, aku menyambutnya dengan spesial, seperti menyambut raja. Bojoku memang raja toh, raja di hatiku #yaelah haha. 

Persiapanku menyambut suami adalah dengan sibuk berdandan! Dandan muka? Bukan muka saja, tapi semua, termasuk hati wkwk. Mendandani kamar tidur, meja makan, keseluruhan rumah, dan penampilan diriku dong ah 😂

Aku ingin saat di rumah suamiku banyak bersantai, istirahat, makan enak, nonton film bareng-bareng, pesan online makanan kesukaan, dan leyeh-leyeh saja gitu. Saat ada yang pengen suaminya di rumah banyak bantu-bantu urusan rumah, mengerjakan ini itu di rumah, aku justru ingin sebaliknya. Jadi, kalau ada hal-hal yang nggak beres di rumah, aku beresin dulu semuanya. Jangan sampai suamiku yang kerjakan. Bukan apa-apa, suamiku itu kerajinan hihi. Dia sangat tidak pemalas. Apa aja ingin dikerjakan. Nah, kalau dia ingin rajin, mending dipakai buat rajin-rajin meluk dan cium-cium kami haha

Bulan puasa kemarin, suamiku pulang di hari ke-3 puasa. Tapi nggak lama, cuma 4 hari. Hari ke -5 sudah harus menginap di hotel, karantina lagi sebelum terbang ke luar kota lagi. Aku nggak mau sia-siakan waktu, kusiapkan segala sesuatu buat kebersamaan selama 4 hari.

2 hari sebelum suamiku pulang, aku merapikan rumah, dari dalam sampai luar, bahkan sampai atap wkwk. Maksudku, aku bersiin genteng dari daun dan bunga-bunga yang gugur. Rumahku sebetulnya nggak pernah berantakin sih, cuma dibuat lebih rapi dari biasanya. Bila perlu lebih wangi dan kinclong dari biasanya. Biar suamiku nyamaaan.

Tanaman di depan rumah kuperiksa. Kalau ada yang udah ketinggian, harus segera panggil tukang potong pohon. Kalau dilihat suamiku, bisa-bisa baru sampai rumah dia langsung cari golok buat motongin itu pohon haha. Kerajinan emang.

Hal-hal sepele seperti letak baju di rak lemari, aku cek lagi, supaya baju rumah yang suka dia pakai telah berada disusunan paling atas. Suamiku kalau cari baju ribet, susunan baju bisa berubah bahkan rubuh dan jadi acak-acakan haha. Makanya biar mudah, aku atur susunannya. Hal begini pun aku lakukan dalam rangka menyambut kepulangannya ke rumah. Saking pengen manjain dia di rumah dan nggak pengen melihat dia merasa bersalah karena telah memporak-porandakan baju dalam lemari wkwk

Setiap pulang ke rumah, biasanya kami punya jadwal keluar. Entah itu untuk belanja atau pun sekedar jalan cuci mata, kulinern, lalu pepotoan gembira (ini mah akuuu haha). Nah, biasanya aku sudah cek dulu tuh mau kemana. Kalau sudah dapat yang cocok, nanti pas suamiku udah di rumah, kami tinggal jalan. Kan kasihan kalau suami udah di rumah malah dianggurin gara-gara sibuk liat hape ngecek tempat jalan dan jajan. Mending dipake buat pijit-pijitan wkwkw

Yang gak kalah penting dalam menyambut suami pulang adalah bersih-bersih diri dariujung kaki sampai ujung rambut. H-1 aku pasti ke salon buat keramas sekalian creambath atau hair spa. Kalau lagi banyak waktu sekalian deh bersiin badan (luluran) dan kaki tangan (meni pedi). Kalau nggak sempat di salon, kukerjakan sendiri di rumah. Kan banyak produk bodycare di rumah hasil endors hihi. Potong kuku tangan dan kaki, bersih-bersih kulit pakai body scrub, sampai cukur segala bulu wkwk (bulu ketek dan area kewanitaan). Harus banget bersih. Soalnya udah pasti kalau ketemu itu bakal tidur berdua, bercumbu, dan ituuuu haha. Ya namanya suami istri kangen, masa enggak sih wkwk. 

Ohiyaaa satu lagi, tak lupa cek kondom, masih ada apa enggak stocknya di kotak rahasia dalam lemari penyimpanan wkwkw. Kudu sediaaaa wkwk. Iyaaah untuk urusan satu itu kami mengandalkan kondom karena suamiku nggak mau aku disuntik-suntik KB atau dipasangi alat pencegah kehamilan di rahim hihi

Pokoknya, banyak yang aku lakukan dalam rangka menyambut suami pulang. Bukan cuma penampilan fisik diriku maupun keadaan rumah, tapi juga emosi. Kujaga banget jangan sampai ada hal-hal yang tak penting mempengaruhi emosi saat di dekat suami. Anak-anak juga kukasih tahu. Kalau ada hal-hal yang sedang tak menyenangkan, tahan, atau cepat selesaikan sebelum papa pulang. Kalau biasanya gak ada papanya pada sibuk main sama gadget, entah itu sibuk editing, sibuk gaming, sibuk chating, saat papanya di rumah harus kurangi atau tinggalkan dulu. Mereka kuminta banyakin ngobrol dan bercengkerama sama papanya. Sebetulnya tanpa aku beritahu pun, anak-anak sudah paham. Tapi tetap perlu aku ingatkan.
Melepas rindu dengan jalan-jalan berdua

Melepas rindu dengan kulineran berdua

Melepas rindu dengan jalan dan kulineran sekeluarga

Tiga Minggu Tak Bertemu

Setiap detik aku rindu, tapi hidup ini tidak melulu tentang rindu. Ada anak-anak dan rumah yang juga butuh perhatian. Memberi perhatian pada mereka inilah yang membuatku tidak mau mati karena rindu wkwk. Cuma ada di lagu ada rindu yang bikin semaput, Rindu Setengah Mati kata D'masive ha ha.

Hari-hari tanpa suami yang sedang jauh, kupakai untuk banyak hal selama di rumah. Mengurus anak, merawat tanaman, belanja, memasak, mengerjakan aktivitas online seperti ngeblog, bermedia sosial, bikin konten, melakukan hobi dan hal-hal menyenangkan seperti mendengar musik atau menonton film/drakor.

Coba kalau rindu bikin setengah mati, bisa-bisa aktivitas sehari-hari yang bejibun itu terbengkalai haha.

Malam hari, biasanya aku sama suamiku video call'an. Ngobrolin macam-macam. Tentang anak-anak ngapain aja, aku nulis apa aja, dapat endorsan apa aja wkwk itu juga dibahas. Trus gantian aku yang bahas jenggotnya yang makin panjang (karena belum dicukur), rambutnya yang makin putih cemerlang, perutnya yang makin maju (alias menggendut) hahaha. Dahlah, pokoknya obrolan emak bapak seenteng itu, tapi bikin bahagia.

"Maaf ya papa ga bisa mijit dan elus-elus mama malam ini."

Malam hari, ketika aku hendak tidur, suamiku biasa memijat punggungku, sampai aku tertidur. Kebiasaan itu sudah dari dulu. Makanya kalau lagi nggak dekatan, berasa ada yang kurang. Suamiku kangen melakukannya. Aku kangen merasakan pijatan dan elusan tangannya.

Anakku Alief saat ini sudah lulus SMA. Tgl 4 Mei lalu aku diundang wali kelasnya untuk ambil raport dan pengumuman kelulusan. Siswa tidak boleh hadir, hanya orang tua. Karena masih pandemi, proses pengambilan raport diatur menjadi beberapa waktu supaya tidak serentak. Saat datang ke sekolah Alief, aku malah jadi sedih melihat suasananya sangat sepi. Biasanya, momen kelulusan jadi moment terindah, ramai, dan mereka "berpesta" di lapangan. Tapi kini tidak.

Rasanya baru kemarin liat Alief dan teman-temannya masuk SMA, tahu-tahu sudah tamat. Aku saja sedih, gimana anaknya ya? Ternyata lebih sedih lagi. Katanya, baru juga 1,5 tahun merasakan berada di SMA, sisanya di rumah saja akibat pandemi. Baju seragam dan peralatan sekolah seperti masih baru. Belum ada yang sobek dan jebol katanya. Mencium aroma sekolah saja seperti baru diujung hidung, belum sampai menyusup ke paru-paru. Saking terasa singkatnya di sekolah.

Alief di rumah mengisi waktu dengan bermain game, editing video, sesekali keluar untuk membeli sesuatu, atau cukur rambut di barbershop langganannya. Sesekali juga dia ketemu temannya, dan kemana pun dia pergi selalu terpantau olehku. Nggak usah diminta, biasanya dia pasti share loc ke aku. Walaupun sekedar di rumah temannya yang jaraknya masih dekat dari rumah kami. Dia nggak mau aku khawatir. 

Untuk pertama kalinya pula ramadan tahun ini Alief yang mengantarkan beras ke masjid untuk membayar kewajiban zakat fitrah. Alief yang serah terima dengan petugas di masjid. Biasanya papanya. Dan ini jadi pengalaman pertama yang sangat baru bagi Alief. Aku senang melihatnya, dia sudah bisa diandalkan menggantikan tugas papanya. 

Alief menggantikan tugas papanya, pergi ke masjid membayar zakat fitrah dan lain-lainnya

Di rumah saja selama Ramadan, mengisi waktu dengan membuat konten berguna

Di rumah saja selama Ramadan, menikmati indahnya kedatangan paket-paket kece 😍😁 Thanks ASUS!

Di rumah saja selama Ramadan, terima kasih atas hampers enak-enak dan cakep bener 😍

Pergi ke SMA Alief, hari ambil raport dan pengumuman kelulusan. Biasanya berdua suami kalau urusan sekolah anak, kali ini sendiri. Suasananya sepi, akibat pandemi, aku jadi sedih 😢

Suamiku Pulang Jelang Lebaran. Nggak Jadi Sedih!

"Aku belum tahu ma pulang kapan. Belum ada jadwal pesawat."

Pada tahu kan, pemerintah membuat kebijakan larang mudik sejak tanggal 6 Mei sampai 18 Mei 2021. Nah, aku dan suamiku terpaku pada larangan itu. Suamiku yang sedang di luar kota terancam nggak bisa pulang. Bisa-bisa abis lebaran baru ada di rumah.

Sedih? Sedih dong. Sejak hidup bersamanya, aku tidak pernah lebaran sendiri tanpanya. Jika kali ini benaran nggak bisa pulang, berarti jadi lebaran pertama tanpa suamiku.

Ternyata, ada hal lain yang kami sama-sama lupa. Suamiku bukan bekerja untuk perusahaan biasa. Selama ini  urusan terbang, tidak pakai pesawat komersil, tapi pesawat sewa yang diperuntukan mengangkut karyawan perusahaan dari segala level (baik level direktur, manager, engineer, bahkan hingga seorang chef). Jadwal terbang bisa kapan saja, tidak seperti pesawat sipil. Karena itu, suamiku bisa pulang. 

Nah, di awal aku sudah cerita kenapa untuk terbang saja mesti karantina dulu 1 minggu di hotel yang sudah disiapkan perusahaan, lalu tes Swab PCR, tujuannya untuk menjamin semua yang dibawa pakai pesawat sewaan itu memang benar-benar dalam kondisi sehat.

Alhamdulillah tgl. 11 Mei terbang ke Jakarta dengan pesawat "pribadi". Hari itu, pesawat yang dinaiki suami menjadi satu-satunya pesawat yang boleh mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma. Diperbolehkan mendarat karena memang dengan ijin khusus untuk perusahaan tempat suamiku bekerja.

Situasi di bandara HPK hari itu sangat sepi. Kata suami, sebuah pemandangan langka di H-2 lebaran. Biasanya berjubel orang mudik, tapi kali ini kosong melompong. 

"Kita memang sedang berada di tengah sejarah dunia, mas," ucapku.
Situasi di area pengambilan barang di bandara Halim Perdana  Kusuma tgl. 11 Mei 2021

Situasi di terminal kedatangan Bandara Halim Perdana Kusuma tgl. 11 Mei 2021

Selepas waktu Isya, suamiku sudah di rumah. Bukan main senang rasa hati. Rindu yang menggunung akhirnya runtuh berganti oleh kebahagiaan. 

Esoknya, Rabu pagi tgl. 12/5 aku dan suami belanja beberapa keperluan lebaran. Siangnya kami ke Depok, mengunjungi ibu mertua, membawa keperluan lebaran. Malamnya kami balik ke BSD, menikmati malam takbir lebaran yang ternyata tak sepi. Mungkin karena orang-orang tak bisa mudik, jadinya keluar keliling kota saja.

Tgl 13 Mei 2021 Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442H. Cerita lebaran, akan ku tulis di postingan berikutnya. 



Alhamdulillah

Ramadan 2021 aku dikepung rindu. Hampir ada keluh, tapi akhirnya aku bersyukur, karena di balik itu semua, banyak rahmat dan kasih sayang Allah pada kami. 

Alhamdulillah suamiku dan anak-anaku sehat jiwa raga, pekerjaan baik dan HALAL, rejeki lancar, dan ibadah terus diupayakan baik. Aku sedang sangat menikmati kebahagiaan saat ini. 

Apa yang aku rasakan atas apa yang aku punya saat ini, bukan karena aku atau suamiku hebat, tapi karena Allah SWT selalu memudahkan urusan kami.


Alhamdulillah


Kolaborasi Apik ASUS ROG dengan Nyjah Huston Skateboarder Dunia untuk ROG Strix Special Edition

09.10 Add Comment

Laptop gaming ROG Strix Nyjah Huston Special Edition hadir dengan desain unik dengan tema eSports dan skateboarding

ASUS ROG Berkolaborasi dengan Skateboarder Dunia untuk ROG Strix Special Edition 

Pada tgl. 19 Mei 2021 di Jakarta, ASUS ROG memperkenalkan sebuah laptop gaming edisi khusus bekerjasama dengan pemain skateboard ternama dunia, Nyjah Huston. Laptop gaming bernama ROG Strix Nyjah Huston Special Edition tersebut diciptakan berdasarkan seri ROG Strix SCAR yang sangat dikenal sebagai laptop untuk para gamer eSports profesional.

ROG Strix Nyjah Huston Special Edition hadir dengan desain yang sangat istimewa yang menggambarkan gabungan antara eSports dengan budaya skateboarding. Proses pengembangan laptop gaming yang dirancang khusus untuk Nyjah Huston kali ini juga membuat tim ASUS ROG dapat mengeksplorasi berbagai hal, khususnya dalam meningkatkan pengalaman saat menggunakan laptop gaming ROG. Eksplorasi tersebut membuka jalan untuk inovasi baru untuk laptop ROG terbaru di masa yang akan datang.

Nyjah Huston x ROG

“ASUS merupakan produsen laptop terbaik. Saya sangat senang bisa bekerjasama dengan ASUS,” ujar Huston. “Saya memiliki banyak sekali teman yang berkecimpung di dunia eSports dan mereka semua mengatakan bahwa laptop ASUS adalah yang terbaik, jadi sangat mudah untuk saya untuk bekerjasama dengan ROG.”

Lahir di California, Amerika Serikat, Nyjah Huston mulai berkecimpung di dunia skateboarding sejak usia lima tahun dan karirnya terus menanjak sejak saat itu hingga saat ini telah menjadi seorang pemain skateboard profesional. 

Huston saat ini menduduki peringkat teratas pada Street League Skateboarding dan telah berhasil mengantongi 19 medali sejak tahun 2009 termasuk di antaranya merupakan 13 medali emas. Tahun ini Huston juga akan mewakili Amerika Serikat untuk unjuk gigi dalam ajang Olimpiade Musim Panas di Tokyo, Jepang. Huston juga memiliki sejarah di industri gaming dan telah beberapa kali tampil di berbagai game skateboarding ternama.

Berdasar Pada ROG Strix SCAR Series

Dalam mengembangkan laptop gaming untuk Huston, tim ASUS ROG menggunakan ROG Strix SCAR Series sebagai fondasi. ROG Strix SCAR Series merupakan laptop yang sejak awal dirancang untuk memberikan para pemain eSports pengalaman gaming terbaik saat bermain game kompetitif. Laptop tersebut telah menggunakan layar paling kencang di dunia dengan refresh rate 360Hz dan response time 3ms. 

 

Mendukung layarnya adalah chip grafis NVDIA GeForce RTX 3000 Series serta AMD Ryzen 5000-Series Mobile Processor. Semua komponen premium tersebut terhubung dengan sistem pendingin canggih yang dilengkapi liquid metal, keyboard optical-mechanical khusus, serta desain bodi unik yang terinspirasi oleh perangkat atletik.

Eksplorasi Desain Baru

Pengalaman menggunakan ROG Strix Nyjah Huston Special Edition dimulai dari proses unboxing berkat packaging khusus yang dirancang untuk laptop gaming ini. Kotak laptop ini pun dapat digunakan sebagai mini skate park yang dilengkapi dengan dua fingerboard khusus. “Ini adalah laptop yang sangat keren dan unik. Saya sangat antusias saat melakukan unboxing,” ujar Huston. “Saya tidak pernah melihat laptop seperti ini sebelumnya. Saya akan terus menggunakan laptop ini untuk editing dan menjalankan bisnis.”

ROG Strix Nyjah Huston Special Edition berhasil meningkatkan desain atletik pada ROG Strix SCAR Series dengan menghadirkan berbagai elemen budaya skateboarding dan nama besar Nyjah Huston. Karena budaya skateboarding sangat lekat dengan perkotaan, ASUS ROG pun menghadirkan elemen desain ekstra yang merepresentasikan bangunan beton di perkotaan besar.

Di bagian belakang layarnya, logo Nyjah Huston berukuran besar hadir dalam bentuk tiga dimensi dan didesain layaknya sebuah skate park. Di belakang logo tersebut terdapat RGB LED dengan desain “katana cut” serta logo ROG yang juga dilengkapi RGB LED. Menariknya lagi, ROG Strix Nyjah Huston Special Edition memiliki ukiran desain khusus yang hanya dapat dilihat menggunakan lampu UV. 

Sementara itu, bagian Armor Cap kini diganti dengan desain rangka berbahan stainless steel. Salah satu penyangga laptop ini juga menggunakan bahan stainless steel sehingga membuat penggunanya untuk mengganti posisi laptop gaming ini hanya dengan satu tangan.

Di bagian bodi utamanya, desain translucent surface membuat pengguna ROG Strix Nyjah Huston Special Edition dapat melihat isi dari laptop gaming ini. Desain pada permukaan laptop tersebut tidak hanya sekadar transparan, tetapi hadir dengan nuansa khusus yang menggambarkan hasil X-ray dari tulang yang patah yang sering terjadi pada atlet skateboard profesional.

ROG Strix Nyjah Huston Special Edition telah menggunakan keyboard optical mechanical yang didesain khusus. Bagian keycaps telah dilengkapi dengan font khusus, sementara bagian number key memiliki nuansa skateboarding yang kental dengan logo tengkorak sebagai pengganti angka 0. Bahkan tombol numlock yang ada di touchpad laptop ini menggunakan logo Nyjah Huston.

Secara garis besar, desain ROG Strix Nyjah Huston Special Edition terinspirasi dari motto Nyjah Huston yaitu “Til Death” yang melambangkan kemampuan untuk menghadapi rintangan dan cita-cita Huston untuk terus bermain skateboard hingga akhir hidupnya, serta “Mind over Matter” yang melambangkan keberanian serta kesempurnaan dalam bertindak.

 

Sebagai laptop edisi khusus, ROG Strix Nyjah Huston Special Edition juga telah dilengkapi dengan beragam aksesori eksklusif. Pertama adalah mouse ROG Strix Impact II yang hadir dengan desain logo tengkorak khusus yang melambangkan motto Nyjah Huston. Melengkapi mouse tersebut adalah sebuah desk mat khusus yang dilengkapi dengan LED light strip di sekelilingnya. Terakhir adalah dual-mode UV flashlight yang dapat digunakan untuk menemukan easter egg di laptop spesial ini.

Ketersediaan

ROG Strix Nyjah Huston Special Edition merupakan laptop gaming konsep yang khusus diproduksi untuk Nyjah Huston dan tidak akan tersedia secara komersil.

Meski demikian, tim ASUS ROG telah menyiapkan wallpaper serta filter Instagram khusus bertemakan Nyjah Huston yang tersedia di https://rog.asus.com/wallpapers/

ROG Strix Nyjah Huston Special Edition juga merupakan laptop yang didesain berdasarkan laptop gaming ROG Strix SCAR Series yang telah tersedia di Indonesia.

ASUS ROG Zephyrus M16, Laptop Gaming 16-inci dalam Bodi 15-inci

10.44 Add Comment

ASUS ROG Zephyrus M16

Ultra-slim Bezel membuat ROG Zephyrus M16 dapat tampil dengan screen-to-body ratio 94% yang dibalut dalam bodi ultra-tipis serta ditenagai prosesor Intel terbaru

Zephyrus M16 secara resmi diperkenalkan oleh ASUS Republic of Gamers (ROG) pada tgl. 11 Mei 2021.

Zephyrus M16 merupakan laptop gaming terbaru dengan layar immersive 16-inci dan ditenagai oleh prosesor Intel terbaru yang powerful. Menariknya lagi, semua itu dibalut dalam bodi super ringkas dan super tipis setara dengan laptop 15-inci pada umumnya.

Agar dapat menghadirkan pengalaman visual terbaik, ROG Zephyrus M16 juga dibekali dengan layar beresolusi WQHD, refresh rate 165Hz dan response time 3ms, serta dilengkapi teknologi Adaptive Sync. 

Bukan hanya untuk gaming, layar ROG Zephyrus M16 juga dirancang untuk para content creator. Berkat layar dengan aspect ratio 16:10, mampu mereproduksi warna hingga 100% pada color gamut DCI-P3 dan didukung teknologi Dolby Visual, serta mampu menampilkan warna yang akurat dan telah tersertifikasi PANTONE Validated Display merupakan fitur yang membuktikan bahwa ROG Zephyrus M16 juga ideal untuk para content creator.

Sebuah prosesor terbaru hadir untuk memenuhi seluruh kebutuhan gamer dan content creator melalui ROG Zephyrus M16. Kombinasi prosesor Intel Core terbaru dengan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3070 membuat laptop gaming ROG terbaru ini memiliki performa grafis terbaik untuk gaming dan content creation. Sementara Sistem pendingin canggih ROG Intelligent Cooling memastikan kedua komponen penting tersebut tetap dingin selama sesi gaming dan berkarya, memastikan performa tetap terjaga sepanjang waktu.

ROG Zephyrus M16 kini tampil dengan sistem audio yang ditenagai oleh enam speaker yang dilengkapi dual-force cancelling woofer sehingga dapat menghasilkan kualitas audio terbaik serta didukung oleh teknologi Dolby Atmos. Tidak hanya itu, laptop gaming ini juga dibekali dengan 3D mic array yang dilengkapi teknologi Two-Way AI Noise Cancelation sehingga dapat meredam suara bising saat berkomunikasi.

Sebagai laptop gaming yang sangat portabel, ROG Zephyrus M16 hadir dengan bodi super ringkas dengan ketebalan hanya 19,9mm dan bobot 1,9Kg. Tampil dengan warna Off Black yang dihiasi oleh Prismatic Film, ROG Zephyrus M16 terlihat sangat stylish sekaligus profesional dan membuatnya cocok untuk digunakan di berbagai kegiatan.


Layar 16-inci dalam Bodi 15-inci

ROG Zephyrus M16 hadir dengan layar 16-inci namun dibungkus dalam bodi super ringkas yang ukurannya bahkan 5% lebih kecil dari ROG Zephyrus M15 tahun lalu. Berkat teknologi Ultra-narrow bezel, ROG Zephyrus M16 dapat mengususung bezel layar berukuran hanya 4,6mm pada empat sisi layarnya. Berbekal desain baru yang memungkinkan kabel layar untuk dialihkan agar ukurannya lebih ringkas, ROG Zephyrus M16 pun dapat tampil dengan screen-to-body ratio hingga 94%.

Layar ROG Zephyrus M16 juga dirancang untuk gaming berkat resolusi layar WQHD, serta dukungan refresh rate 165Hz dan response time 3ms. Kedua fitur tersebut memungkinkan game dapat berjalan pada framerate tinggi dan memiliki respon yang kencang. Sementara teknologi Adaptive-Sync juga membuat sesi bermain game lebih nyaman berkat kemampuan untuk mensingkronisasikan refresh rate dengan GPU framerate.

Selain untuk gaming, ROG Zephyrus M16 juga dipersiapkan sebagai laptop untuk para content creator. Selain telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display yang menunjukkan bahwa reproduksi warnanya sangat akurat, layar laptop gaming ini juga mampu menampilkan warna yang sangat kaya dengan tingkat reproduksi warna hingga 100% pada color space DCI-P3. Didukung tingkat kecerahan hingga 500 nits, konten yang ditampilkan di layar ROG Zephyrus M16 akan tetap terlihat jelas bahkan saat digunakan di luar ruangan.

Berbeda dengan pendahulunya, ROG Zephyrus M16 kini dibekali teknologi Dolby Vision yang mampu membuat tampilan visual pada layar laptop gaming ini lebih kaya dan cerah. Dengan Dolby Atmos, para content creator dapat melakukan editing video dengan standar yang biasa digunakan oleh para profesional di industri perfilman.

Menggunakan layar yang lebih tinggi dengan aspect ratio 16:10 juga membuat ROG Zephyrus M16 memiliki ruang kerja yang lebih lega. Tidak hanya berguna untuk gaming, layar yang lebih lega juga membuat para content creator dapat menampilkan lebih banyak konten sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Ditenagai Prosesor Intel yang Powerful

Prosesor Intel Core i9-11900H merupakan prosesor terbaru dengan spesifikasi tinggi yang mampu berjalan pada clockspeed hingga 4,9GHz. Memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread, prosesor terbaru ini telah disiapkan secara khusus untuk menemani beragam aktivitas yang membutuhkan performa pemrosesan kencang seperti game streaming, video rendering, dan kegiatan content creation lainnya. ROG Zephyrus M16 sendiri mampu menjalankan prosesor ini hingga 45W secara terus menerus, sementara GPU-nya dapat berjalan di 80W.

ROG Zephyrus M16 mampu menopang RAM DDR4-3200 dengan kapasitas hingga 48GB, membuatnya tampil sebagai salah satu mesin multitasking terbaik yang ada saat ini. Menambah performanya, sebuah PCIe 4.0 SSD dengan kapasitas hingga 2TB membuat para content creator serta gamer dapat membuka aset, aplikasi, dan game dengan lebih cepat. Sementara slot SSD kedua di laptop ini memungkinkan upgrade media penyimpanan menjadi lebih mudah.

Kehadiran chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3070 di ROG Zephyrus M16 tampil sebagai mesin gaming yang sangat powerful. Sistem pendingin yang sangat efisien memungkinkan GeForce RTX 3070 dapat berjalan pada clock speed 1390MHz dan daya 80W melalui ROG Boost. Sementara fitur Dynamic Boost mampu memberikan daya tambahan hingga 20W untuk GPU ketika CPU sedang tidak pada kondisi full-load.

Seperti GPU GeForce RTX 3000 Series lainnya, GeForce RTX 3070 dibangun berdasarkan arsitektur Ampere. Arsitektur tersebut mengkombinasikan fitur streaming multiprocessor terbaru dengan 2nd Gen RT Core dan 3rd Gen Tensor Core yang membuat GeForce RTX 3070 untuk mendukung fitur real-time ray tracing serta dibekali dengan teknologi AI terkini. Semua itu membuat game dapat berjalan tidak hanya lancar dan memiliki framerate yang tinggi, tetapi juga kualitas visual terbaik. Tidak hanya itu, GeForce RTX 3070 bahkan dibekali dengan teknologi NVIDIA Reflex untuk mengurangi latency dalam game multiplayer tertentu, serta fitur NVIDIA Broadcast untuk mendukung aktivitas game streaming.

Untuk mendinginkan komponen premium tersebut, ROG Zephyrus M16 dibekali dengan teknologi pendingin ROG Intelligent Cooling yang kini mampu menghadirkan performa cooling lebih baik dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah. Semua itu dapat dihadirkan dalam sebuah bodi laptop super ringkas seperti ROG Zephyrus M16.

Teknologi ROG Intelligent Cooling terdiri dari berbagai fitur pendingin eksklusif yang hanya dapat dijumpai di laptop ROG. Liquid metal kini menggantikan thermal paste berbahan silikon dan dapat menurunkan suhu CPU hingga 10 derajat Celcius. Enam heatpipe dirancang khusus agar panas dari CPU, GPU, dan komponen penting lainnya dapat disalurkan ke heatsink yang sudah dibekali dengan kipas Arc Flow terbaru. Kipas tersebut hadir dnegan 84 bilah khusus yang dirancang menggunakan prinsip aerodinamika sehingga dapat menghasilkan aliran udara lebih kencang namun dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah. Dilengkapi 0db Technology, kipas di ROG Zephyrus M16 juga dapat berhenti jika CPU dan GPU beroperasi pada suhu di bawah 50 derajat Celcius. Ketika kipas bekerja, partikel debu yang berpotensi tersangkut di heatsink akan dialihkan melalui terowongan khusus, memastikan laptop gaming ini dapat memiliki durabilitas yang lebih baik.



Pengguna ROG Zephyrus M16 juga dapat menyesuaikan pengaturan kipas sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Pengaturan kipas terdapat di aplikasi Armoury Crate yang juga berfungsi sebagai pusat kontrol untuk fitur-fitur lainnya di ROG Zephyrus M16, seperti pengaturan profile, update sistem, hingga manajemen game yang terpasang di laptop gaming ini.

Sangat Portabel

ROG Zephyrus M16 merupakan laptop gaming yang sangat portabel dengan ketebalan hanya 19,9mm dan bobot hanya 1,9Kg. Dengan spesifikasi tersebut, laptop gaming ini menjadi sangat mudah dibawa bepergian bahkan dapat dimasukkan ke dalam tas laptop 15-inci. Meski demikian, di dalam bodi yang ringkas tersebut telah terdapat baterai berkapasitas 90Wh yang dapat memberikan penggunaan hingga 10 jam untuk memutar video. Artinya, laptop ini juga dapat diandalkan untuk bekerja seharian.

ROG Zephyrus M16 juga lebih portabel dengan dukungan fitur USB power delivery. Fitur tersebut memungkinkan laptop ini dapat diisi daya baterainya menggunakan adapter charger USB Type-C atau power bank khusus yang dimensinya lebih ringkas. Tidak hanya itu, ROG Zephyrus M16 juga dibekali dengan teknologi fast charging. Teknologi tersebut membuat waktu pengisian baterai dapat dipangkas secara signifikan, yaitu dapat mengisi 50% daya baterai hanya dalam waktu 30 menit.

ROG Zephyrus M16 dirancang sebagai laptop yang dapat digunakan di berbagai situasi berkat penggunaan warna Off Black sebagai basisnya. Warna tersebut memberikan kesan netral sekaligus menunjukkan bahwa laptop gaming ini sangat personal. Bagian belakang layar laptop ini juga sangat stylish dengan hadirnya 8279 lubang yang diproduksi menggunakan teknik CNC milling. Di bawah lubang tersebut terdapat lapisan Prismatic Film yang akan menghadirkan efek prismatik ketika terkena cahaya, membuat ROG Zephyrus M16 terkesan sangat modern. Laptop gaming ini juga menggunakan bodi berbagan magnesium-aluminium yang tahan terhadap bekas sidik jari dan memiliki tekstur khusus yang membuat ROG Zephyrus M16 tidak mudah kotor.

Fitur 180° ErgoLift Hinge membuat ROG Zephyrus M16 semakin fleksibel. Selain dapat mengangkat bodi utama laptop agar lebih ergonomis saat digunakan, fitur tersebut juga membuat layar ROG Zephyrus M16 dapat dibuka hingga 180 derajat. Tidak hanya itu, 180° ErgoLift hinge bahkan berfungsi sebagai pendukung sistem pendingin dan dapat membuat aliran udara lebih lancar berkat rongga udara ekstra yang diciptakan saat laptop ini digunakan.

Audio Berkualitas

Enam speaker yang tertanam  di ROG Zephyrus M16 merupakan bagian dari sistem audio canggih yang membuat pengalaman penggunaan laptop ini kian kaya. Didukung teknologi Dolby Atmos, berbagai game dan film kini dapat dihadirkan dengan kualitas audio terbaik dengan efek audio yang kaya akan detail serta bass.

Fitur 3D mic array di ROG Zephyrus M16 juga hadir untuk memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Mode Cardioid yang cocok untuk live streaming serta chat membuat suara pengguna yang berada di depan laptop dapat tertangkap secara lebih optimal. Sementara mode Omnidirectional memungkinkan ROG Zephyrus M16 menangkap suara secara dalam satu ruangan secara menyeluruh dan cocok untuk kegiatan conference call.

Untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan voice chat, ROG Zephyrus M16 dibekali dengan teknologi Two-Way AI Noise Cancelation. Fitur ini dapat digunakan bersama dengan perangkat lain serta dapat dikustomasi sesuai dengan aplikasi yang sedang digunakan. Teknologi tersebut membuat voice chatting menjadi lebih jelas dan berkomunikasi di dalam game menjadi lebih lancar.