Menginap di Star Hotel Semarang, Menikmati Kolam Renang Tertinggi di Indonesia

Alhamdulillah liburan ke Semarang pada tanggal 7-9 Agustus kemarin berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Saya bertemu dengan teman-teman blogger yang datang dari beberapa daerah, kemudian berwisata bersama mengunjungi objek-objek wisata terkenal di Semarang. Tak ketinggalan pergi mencicipi kuliner lokal nan lezat.

Di Semarang saya menginap di Star Hotel Semarang. Hotel ini rekomendasi teman. Saat diberitahu bahwa Star Hotel punya Sky Swimming Pool, saya langsung setuju dan memesannya lewat situs Agoda. Saat itu, terbayang oleh saya Infinity Pool di Marina Bay Sands Singapore. Mungkin pool-nya semacam itu.

Selama menginap di Star Hotel, saya ditemani Lestari. Suami dan anak memang tak ikut ke Semarang, katanya ini me time buat saya. Keluarga sudah kenal Lestari, makanya diijinkan pergi. Terakhir ke Semarang pada bulan Oktober 2014 lalu, saat ikut trip Dieng. Waktu itu saya menginap di rumah Lestari. Dan kali ini saya ingin mengajak Lestari menginap di hotel.

lobby

Lestari menyambut gembira, apalagi Star Hotel itu dekat dengan rumahnya. Jumat sore (7/8) Lestari menjemput ke bandara. Kami naik motor menuju Star Hotel. Barang bawaan jadi banyak. Saya dengan ransel padat dan tas kamera. Lestari dengan ransel dan 1 tas. Sekilas kami mirip orang yang hendak mudik ke suatu daerah.

Sebetulnya dari hotel ada fasilitas antar jemput tamu dari dan ke bandara. Namun saya terlambat memesan. Mestinya 1-2 hari sebelumnya. Memesan saat telah mendarat di bandara Ahmad Yani, terang saja tak tersedia. Fany, bagian e-commerce Star Hotel sudah mengecek ke bagian concierge, dan penjemputan hari itu penuh. Ya, saya memang salah. Tapi saya tak menyesalinya, toh jadi bisa bergembira naik motor lagi bareng Lestari he he.

Jarak bandara dengan Star Hotel ternyata bisa ditempuh sekitar 15-20 menit saja. Alhamdulillah bisa dicapai dengan lancar dan mudah.

Bangunan Star Hotel Semarang (sumber foto: seputarsemarang dot com)
welcome drink

Star Hotel terletak di jantung kota Semarang Selatan. Dekat dengan kawasan atas (kota Semarang atas). Di sebelahnya ada Java Mall. Oh, ya, hotel ini tak hanya dekat dengan kediaman Lestari, tapi juga dekat dengan rumah Ninik, dan juga rumah ortu mbak Tiwik. Keduanya adalah teman saya. Itu sebabnya malam itu Ninik dapat menghampiri ke hotel. Ia datang bersama adiknya. Saya senang sekali.

Saat check-in, saya minta ke bagian reservasi agar diberi kamar di lantai yang tinggi. Alhamdulillah ada. Kami dapat kamar di lantai 18. Kejutannya, kamar kami di pojok. Punya view dari 2 sisi, barat dan timur. Langsung norak-norak girang pingin motret semua yang terlihat dari balik dinding kaca kamar.

superior room

kamar dengan tempat tidur yang nyaman

Fasilitas di dalam kamar lengkap. Desain kamar modern dan elegan dengan suasana sangat nyaman. Point lebihnya adalah view di balik jendela kaca. Kota Semarang terlihat membentang sejauh mata memandang. Cahaya lampu dari bangunan-bangunan kota, menambah indah pemandangan malam. Tempat saya berdiri seolah sejajar dengan puncak bukit di kawasan atas (puncak).
Kamar mandi bersih dengan shower air dingin dan hangat. Hanya saja ada sedikit warna kecoklatan pada lubang klosetnya yang bikin saya agak terganggu melihatnya. Bukan bekas kotoran, tapi semacam karat. Mungkin jika digosok dengan obat khusus, karat itu bisa hilang. Yang lainnya tak ada masalah. Perlengkapan mandi sangat lengkap, dan tersedia hair dryer. Bath up tersedia di kamar suite saja.

lengkap

buat ngopi-ngopi dan ngeteh-ngeteh cantik sambil menikmati view dibalik tirai he he

Malam itu kami makan di luar, di warung nasi gudeg legendaris. Menurut Ninik, warung itu telah ada sejak dia masih SD. Puluhan tahun yang lalu. Namanya warung Mbak Tum. Jaraknya dekat dari hotel, sekitar 5 menit jalan kaki. Ya, malam itu saya beruntung diajak ke sana, menikmati makanan khas nan lezat.

Sabtu pagi, usai salat Subuh, saya dan Lestari bergegas membawa kamera menuju kolam renang. Ternyata, pintu menuju kolam belum dibuka. Dari balik pintu kaca kami melihat ada petugas yang sedang membersihkan kolam. Kami ketok-ketok, tapi ia tak menoleh. Wah gawat. Nanti sunrisenya kelewat.

Kami masuk lift lagi. Turun ke lobby. Lalu lapor minta dibukakan pintu. Si mas yang jaga di reservasi lalu menghubungi petugas di lantai 30. Tak lama kami disuruh naik lagi. Kami pun naik. Sampai di atas, ternyata pintunya masih dikunci. Hadeuuuh. Kami menunggu lagi. Saat menunggu, saya sempat memandang langit yang mulai memerah. Saya mulai cemas, takut sunrisenya muncul kami masih belum keluar juga.

Tak lama, terdengar langkah dari pintu yang lain. Kami menunggu. Mungkin ada yang akan keluar dari pintu itu. Eh munculnya malah di pintu kaca. Akhirnya kami pun tiba di pool. Ya, pagi itu, dengan sangat indahnya, lantai 30 Star Hotel memberi kami pemandangan memesona. Matahari terbit di atas Kota Semarang.

Saat itu suasana terasa begitu syahdu. Romantis. Saya terpaku.

matahariku, datanglah

pagi sepi tanpamu
rise and shine

Udara masih dingin, tapi saya ingin berenang. Kapan lagi berenang di kolam renang tertinggi di Indonesia seperti ini, ya kan? Ternyata, saat nyebur ke kolam, rasa dingin itu tak terasa. Airnya justru terasa hangat. Mumpung Lestari tak ikut berenang, saatnya norak-norak bergembira minta difoto. Keren gitu lho berenang dikolam seperti ini he he.

Sky Swimming Pool punya Star Hotel ini memang iconic sekali. Bahkan, MURI mencatatnya sebagai kolam renang tertinggi di Indonesia. Oh ya, fasilitas ini hanya bisa diakses oleh tamu hotel. Di sisi kolam ada sky pool bar. Bagi tamu yang sedang bersantai di area ini, dapat memesan makanan dan minuman untuk teman bersantai.

Takut jatuh? Tenang, ada lantai pengaman di bagian bawah ujung pinggir kolam. Kalau jatuh nggak akan langsung jatuh ke bumi, tapi nyangkut dulu di balkonnya :D

kolam ini hanya dapat digunakan oleh tamu hotel

Lestari dan mentari yang dinantinya

Sabtu malam, ada acara grand opening beer house di lantai 29. Kami tak hadir, karena malam itu kami pulang telat seusai keliling jelajah wisata Semarang. Kami bertemu mbak Sherly di lantai 30, di sky pool bar. Suasana malam itu ternyata indah sekali. Pun tak menyangka ternyata permukaan kolam renang bisa ditutup dan dijadikan lantai tempat makan.

Menurut keterangan mbak Sherly, area kolam renang kadang dipakai untuk acara ulang tahun dan wedding. Kapasitasnya sekitar 200 tamu saja. Mungkin bagi yang wedding, suka dengan nuansanya yang tak biasa. Terbuka dan berada di ketinggian. View pasti jadi faktor paling utama memilih area tersebut. Tempat dan atmosfer yang tercipta di tempat ini memang sangat bagus.

Sebagai hotel bintang 4, hotel ini tentunya tak hanya menyediakan kamar dan fasilitas yang berkualitas, tetapi juga makanan yang beragam dan bercita rasa tinggi. Saya dan Lestari memang tak sempat mencoba banyak kuliner yang tersaji di Prima Restaurant, sebab saat makan siang dan makan malam kami selalu berada di luar hotel.

Prima Restaurant

kami datang sangat pagi, tapi tetap keduluan tamu lain

sebelum suasana menjadi ramai

Pesiar rasa kami nikmati saat sarapan. Ragam makanan tradisional Nusantara dan Internasional tersaji di meja-meja hidang. Dari aneka bread, salad, buah potong, mie goreng, nasi goreng, kentang goreng, sosis goreng, roti tawar dengan aneka selai, ubi rebus, kacang rebus, tahu balado, sayur lodeh, bakwan, minuman wedang, syrup, jus, teh, kopi, susu, dan masih banyak lagi pilihan menu lainnya yang tidak saya ingat namanya apa saja.

Untuk sarapan, tamu hotel benar-benar dimanjakan dengan banyak pilihan makanan enak dan lezat. Dining areanya cukup luas, terbagi menjadi dua area, indoor dan outdoor (smooking area).

Minggu pagi saat sarapan, tamu yang makan yang sangat ramai. Menurut Sherly, meski hotel bujet bertebaran di kawasan simpang lima, namun Star Hotel (bukan di simpang lima) tidak pernah sepi pengunjung. Sebagai hotel bintang 4, rate kamar juga tidak terlalu tinggi. Untuk Superior room yang kami tempati saja sekitar Rp 400 ribuan. Murah, tapi berkualitas.

banyak macamnya, yang terfoto hanya ini

sedikit dari sekian banyak ragam makanan lainnya

selamat menikmati salad, Lestari ^_^
Dua hal yang paling saya ingat dari Star Hotel adalah Sky Swimming Pool beserta view dan sky pool bar yang dimilikinya, dan satu lagi adalah kamar (terutama di lantai atas) dengan view kota Semarang atas.

Saat tidur di kamar, saya lebih suka membiarkan tirai tetap terbuka, agar semua pemandangan di balik dinding kaca dapat terlihat setiap saat. Terasa indah dan romantis. Ya, hotel ini membuat saya membayangkan hal-hal romantis. Dan itu membuat saya ingin datang lagi, tapi tentu bersama suami. Biar lebih afdol romantisnya he he

Satu hal lagi, hotel ini ternyata tak terlalu jauh dari tempat-tempat yang ingin saya tuju. Stasiun tawang misalnya, tak sampai 15 menit berkendara sudah sampai. Dengan pusat oleh-oleh Bandeng Juana dekat. Dengan warung Loenpia Mbak Lien juga dekat. Mau ke Lawang Sewu juga tidak jauh. Mudah pokoknya. Apalagi di sini tidak macet dan padat seperti Jakarta, mau kemana-mana tidak bikin waktu banyak terbuang. Angkutan umum ada. Kalau keluar hotel, tinggal minta tolong security untuk memanggil taksi. Sebentar saja taksinya sudah datang.

Di Sky Pool Bar, bersama Sherly (PR Manager Star Hotel) dan Lestari

Saat diperlukan, kolam renang dapat ditutup dengan papan, menjadi lantai untuk tempat duduk dan bersantap

Java Mall dan Kota Semarang atas, view dari kamar kami

Fasilitas room:
- Include Breakfast for 2 person
- Welcome drink uppon arrival
- Coffee and tea making facilities
- Free hi-speed internet access
- Free usage of Sky Swimming Pool and Titan Gym
- In room safe deposit box
- IDD Telephone Service
- International TV Channel

Birthday Package Rp 150.000,- nett/pax. Minimum 150 persons.
-Scrumptious star hang bouquet
-Complimentary 1 pounds of birthday cake 20cm
-Exquisite dinner buffet menu
-Free Valet Parking
-Scrumptious flower arrangement for 1 VIP table
-2 hours free flow of soft drink or ice tea

Sky Swimming Pool di Star Hotel ini tercatat di MURI sebagai kolam renang tertinggi di Indonesia. Letaknya di ketinggian +/- 100meter dari lantai dasar.

STAR Hotel Semarang
Jl.MT.Haryono No.972-974
Semarang – Jawa Tengah
Telp: +62 24 8644 8888, +62 24 8644 8889
Fax: +62 24 8644 8899
Website: www.starhotelsmg.com

**semua foto dokumentasi Katerina, kecuali 1 foto bangunan hotel yang telah diberi kredit "seputarsemarang dot com".

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Previous
Next Post »

39 komentar

1. wow.. noted... kapan-kapan kalau mau stay di semarang pilih hotel ini deh :)
    tertarik banget dengan kolam renangnya yang tertinggi..

Balasan
    1. Sama seperti saya, stay di sini karena tertarik dengan kolam renangnya. Silakan dicoba kalau sedang ke Semarang :)

2. uwaaaa keren bangetttt...pingin senang jadinya hehehe
    salam kenal mak^^

join this sitenya g ada ya mak :(

Balasan
    1. Halo mak, salam kenal. Saya manggilnya mak HM atau mak Zwan?

Ada mak. Tapi saya juga nggak tahu ada di mana. Kemarin2 ada yang joint bisa. Tapi nggak tau dimana tempatnya :D Joint di G+ aja mbak. Trims ya :)

Hapus
  3. Wow ini hotel dan reviewnya sama-sama kece, Mbak Rien. Pengen nyoba deh nanti di kamar paling tinggi letaknya :)

Balasan
    1. Wah dibilang kece oleh mbak Evi langsung terbang aku haha...
      Sip sip....mesti nyoba ke sini pokoknya kalo ke Semarang. Duduk-duduk, berenang, atau makan-minum di kafenya, asyik banget.

4. Baiklah, kalo ke Semarang, patut dicoba ^^

BalasHapus
  5. Wih bagus yah. Kalau aku yang gak suka ketinggian gak cocok yah. Pusing lihatnya :D

Balasan
    1. Haha...coba aja dulu mbak. Nanti kalau sudah lihat pemandangannya, merasakan suasananya, mungkin bisa lupa sama rasa takutnya. :D

Hapus
  6. Wah Indonesia punya sky swimming pool kayak marina bay Singapore keren..keren. Baru tau loh aq infonya :)

Balasan
    1. Alhamdulillah Indonesia punya yang begini mbak. Jadi nggak usah jauh-jauh ke Singapore buat merasakan berenang di ketinggian bangunan hotel :)

Hapus
  7. Asyik ada rekomendasi hotel keren kalau nanti main ke Semarang.
    Tapi aku takut ketinggian je, berani nggak ya ke kolam renangnya :)

Balasan
    1. Kalau mbak Juli nggak berani, nanti ga jadi-jadi menikmati yang indah-indah dari ketinggian :D

Aku dulu takut ruang sempit, masuk lift gemetar. Tapi kalo takut terus, berarti harus mau bercapek-capek ria naik tangga puluhan lantai :))
      Aku dulu juga takut nyelem masuk air, perasaan selalu ada buaya dan hiu yang akan menyerang hahaha Tapi kalo takut terus, ntar aku ga akan pernah melihat pemandangan bawah laut yang indah-indah :))

Membunuh rasa takut dengan melakukan apa yang ditakutkan. Itu yang aku lakukan mbak. Dan aku berhasil. Berhasil berani naik lift dan nyelem bawah laut, sampe sekarang :D :D

Insha Allah mbak Juli berani ke kolam renangnya :)

Hapus
  8. Kemarin mau menginap di sini juga, tetapi gak kuku sama budget-nya kalau dua malam :D

Balasan
    1. Harga permalam kamar Superior yang aku tempati cuma 400ribuan kok Von. Ga jauh beda kan ama di Whiz?

9. huahhh..kece banget hotelnya... harganya juga kece ya :D
    konsep kolam renangnya kayak rinjani lodge di lombok, beda di pemandangan aja hehehe..

1. Harga yang aku tulis itu publish rate nya kok mbak :D
      Oh ya, pemandangan gunung ya mbak? Alami dan asri ya pastinya view di sana :)

Hapus
  10. Melihat kamarnya sungguh nyaman dan luas sekali, apalagi itu kasur dan bantalnya terlihat empuk sekali.
    Kolam renangnya kereen, pengin juga dipotret di tepian sambil melihat pemandangan kota Semarang.

Balasan
    1. Sudah semestinya nyaman dan luas, standar bintang 4 juga kan ya. Kalau nggak begitu, bisa dikomplain tamu ntar :D

Ah iya, sebelum berangkat ke Semarang aku pernah ada bilang kan mau ajak Aim ke Star Hotel, mau aku ajak berenang di kolamnya. Pas di sana malah nggak sempat ya, kita sibuk jalan-jalan. Hari Minggunya malah udah siap2 mau pulang. Next time kalau ke Semarang lagi mesti nyobain ke hotel ini.

Hapus
  11. Hem hotel yang indah, harganya juga indah. Rasanya sesuai ama harganya :) tapi pengalaman yang diberikan saat di lantai paling atas luar biasa mantap (y)

Balasan
    1. Sebagai tamu, aku merasa puas mendapat pengalaman menikmati fasilitas sky poolnya itu :)

Hapus
  12. bagussss kolam renangnya. ih... aku kan hobi berenang, pasti enak deh berenang disana

Balasan
    1. Iya mbak, enak karena sensasi yang didapat berbeda :)

Hapus
  13. Wii, pengen cobain nginep disini juga deh :D Renang di infinity poolnya pasti seru! :D

Balasan
    1. Ayo ajak Putri nginep di sini. Pasti nanti jadi pingin duduk di lantai 30 terus :D

Hapus
  14. wahhh,, jadi pengen banget bisa ksini mbak,,, berenang di ketinggian,.. rasanya gimana gitu, :)

15. Cakep skypoll nya jadi mauuuuu

1. Ayo mas ke Semarang pesen hotelnya segera. Jangan lupa lewat Agoda :D

Hapus
  16. woww keren yaa pemandangannya dari skypool..pengen kesini belum kesampean, belum terjangkau kantongku hihihi..

Balasan
    1. Mbak Dewi hubungi Lestari kalo mau ke sini. Lestari kemarin dapat tawaran apa gitu dari PR managernya :D

Hapus
  17. Aiiihh keren banget itu ya klo bisa foto2 di sky poolnya. Pengin juga nginep di situ *tiba2 lupa suami dan anak hahahaa....

18. Aduduuuh...

Keren banget...

Hihihiii
    Harganya juga keren

19. mbak rien, mau tanya pertanyaan 'ndeso'
    ihiks
    *blushing*
    mbak... uap iar dari electric heater bisa ga sih mbak bikin alarm kebakarannya nyala?
    ini kebetulan saya lagi di grand mega resort cepu, posisi heater dan sensor alarm nya berdekatan, uapnya sebagian kena kesana...

BalasHapus
  20. Mbak mau tanya dong kalau kesana renang aja bisa? Terus kolam renang nya dalem nggak ya? Soalnya gabisa renang hehe

Leave your message here, I will reply it soon!