ASUS ZenBook S (UX393) Laptop Intel Evo Premium dengan Rasio Layar Nggak Umum!

Laptop Serba Premium ZenBook S UX393

Hidup ini seperti tak pernah ada puasnya jika tak pernah bersyukur. Sudah punya laptop, masih ingin laptop lagi, yang baru. Sudah punya ZenBook UX331UAL masih ingin ZenBook S (UX393) haha. Ya iyalah, beda jauh banget gitu, masa nggak ingin punya yang paling canggih dan kekinian!

Lantas, apakah ada yang salah dengan "ingin", lalu dikatakan tak bersyukur? Jawabannya bisa ya dan tidak, tergantung sudut pandang orang kedua dan realita di balik "ingin" orang pertama.

Maka, mari sapa ZenBook UX331UAL, daily driver sejak 2018. Apakah laptop tipis sangat ringan warna rose gold tersebut masih sehat? Ya, tentu! Dipakai untuk kegiatan blogging dan ber-media sosial, mengerjakan tugas-tugas ringan di Ms Excel & Ms Word, mengedit foto di FastSone Image Viewer, mengedit video di Video Editor bawaan Windows, menyimpan file, menonton drama/film di Netflix dan VIU, mendengar/menonton musik di Youtube, berselancar mencari berbagai informasi, dan lainnya. Dari sebuah laptop, hiburan bisa didapat, pekerjaan jadi lancar. Hati jadi senang dan gembira, karya-karya pun tercipta. 

Seberapa lancar sebuah laptop membantu pekerjaan dan menghadirkan hiburan, akan sangat tergantung pada si pengguna. Apakah si laptop dipakai sesuai kemampuan, atau dihajar dengan tugas-tugas berat yang gak cuma melelahkan tapi bikin sekarat. Ibarat kambing remaja disuruh narik karung beras seberat 100 kilo, padahal itu tugasnya kerbau jantan dewasa, ya modar. Maka jangan salahkan laptop bila kinerjanya ambyar.

Itu kenapa, selama ini saya nggak pernah install aplikasi video editor macam Adobe Premiere Pro dan Davinci Resolve, maupun Photosop untuk editing foto, karena ragu laptop saya dapat leluasa menjalankannya. Apalagi buat main game berat, memang bukan tempatnya. Lalu kalian bertanya dong, masa sih Prosesor Intel® Core™ i5 Generasi ke-8 , RAM 8GB, dan SSD 256GB PCIe® itu gak mampu? Mampu kalau dipaksa. Tapi tahu kan resiko dari pemaksaan? Cinta aja kalau dipaksakan ga asyik hihi 
Labuan Bajo 2019 - Laptop ZENBOOK UX331UAL Teman setia bekerja, dan bepergian

Dalam setiap "ingin" harus ada alasan penting dan urgent di sana. Kalau cuma buat punya yang baru, beli saja laptop baru dengan tipe yang sama, yang penting "baru" nya, ya kan? Lain halnya "ingin" karena kinerja laptop yang dipakai tak bisa diandalkan lagi untuk tugas-tugas berat yang rutin dilakukan, maka beli baru dengan performa yang lebih baik dan bisa diandalkan adalah sebuah keniscayaan.

Sudah tahu pesona ZenBook? ZenBook merupakan produk populer ASUS dalam lingkup global, memiliki performa tinggi, terkenal dengan desainnya yang mewah dan elegan, memiliki layar resolusi tinggi, mudah dibawa, serta mampu mengedit video dengan baik. ASUS ZenBook tidak hanya memiliki model yang dapat melakukan pekerjaan standar, seperti browsing dan mengetik. Akan tetapi, kini terdapat juga model yang mampu mengedit gambar dan video dengan super apik, bahkan mampu menjalankan game online.

Sejak jadi pengguna ZenBook pada 2018 sampai saat ini, sejumlah laptop terbaru ZenBook berturut-turut hadir dengan segala kelebihan dan fitur kekinian yang bikin ngiler. Tentu saja, punya saya sudah ketinggalan, tapi bukan berarti tak bisa lagi digunakan, toh sejauh ini saya masih bisa menikmati banyak hal berkat laptop itu. Dari kesenangan sampai duit haha. Tapi, boleh dong punya rasa ingin memiliki ZenBook seri terbaru? Biar lebih semangat lagi menjalani hari-hari, dalam hal hobi maupun rejeki 💗

Nah, saat ini, ASUS baru saja menghadirkan Seri ZenBook S terbaru yaitu ZenBook UX393, ZenBook UX363, dan ZenBook Ux371. Di sini saya akan membahas salah satunya yaitu ZenBook S UX 393. Sehebat apa laptop yang mengusung slogan Captivating Beauty with Irresistible Performance ini? Mari berkenalan...

Laptop Serba Premium Ini Dimulai dari Desain-nya. Lebih Baik, Elegan dan MEWAH, lain dari yang lain, lain dari laptop ZenBook Sebelumnya.

 
RED Copper
Saya sudah biasa melihat tampilan mewah ZenBook. Tapi kemewahan yang indah, baru pada ZenBook S (UX393) ini. Hal pertama yang paling menarik perhatian adalah Red Copper, atau warna tembaga yang mengelilingi bodi ZenBook S (UX393). Dari sini, kesan mewah langsung terasa, bodi laptop bak dikelilingi emas. Bukan hanya pada bodi, warna tembaga juga terlihat pada nama ASUS di permukaan cover laptop dan tombol keyboard saat fitur backlit dinyalakan. Bahkan, tombol POWER dikelilingi red copper, menambah keindahan sekaligus memberi kesan tegas. 

Saya tidak terlalu ngefans dengan laptop berwarna hitam, tapi warna Jade Black pada ZenBook S (UX393) membuat saya jatuh hati, pasalnya ia jadi pasangan paling serasi dengan Red Copper. 


Diamond Cut Design 
Berikutnya, ada detail yang amat memanjakan mata, masih pada desain, yakni Diamond Cut Design. Bagian sudut-sudutnya misalnya, ASUS dengan sengaja memangkas sedikit beberapa bagian menyudut dan membentuk potongannya mirip dengan potongan berlian. Sebuah ide yang membuat desain ini banyak sekali diapresiasi karena terlihat mewah dan premium.

Saya menyukai keindahan yang hadir dari sebuah kemewahan. Itu kenapa, tampilan laptop menjadi hal yang saya pedulikan. Dan, diamond cut design jadi hal kedua yang tertangkap oleh mata saya. Sentuhan yang amat indah, yang memang belum pernah saya jumpai pada laptop mana pun. 
Diamond Cut Design (Photo Katerina)


Tergolong Laptop Tipis, tapi Memiliki Bodi Lebih Tebal. Tenang, User Experience Lebih Penting daripada Mengejar Tipis-tipisan 

Laptop ZenBook sudah dikenal sebagai laptop tipis dan ringan, tapi kali ini ZenBook S (UX393) hadir dengan bodi lebih tebal dari pendahulunya (UX392). Ketebalan bodi yang dimilikinya  15,7mm dan bobotnya 1,35kg. 

Meskipun disebut tebal, laptop ini tetap hadir sebagai golongan laptop tipis dan ringan. Jadi, laptop masih mudah masuk ke dalam tas, dan akan tetap jadi teman baik yang bisa diajak untuk bekerja secara mobile atau bahkan bepergian.

Kali ini ASUS memang lebih mementingkan pengalaman pengguna ketimbang memaksakan ZenBook S (UX393) tampil dengan bodi yang sangat tipis namun pada ujungnya justru menyusahkan penggunanya. 

Dan yang perlu dicatat, dalam ZenBook UX393 ini ada segala macam teknologi baru yang super duper komplit! 
Jika masih mengkritisi ketebalannya, coba dibanding laptop kompetitor di pasaran, ketipisannya boleh banget diadu.
TIPIS dan RINGAN, mudah dibawa-bawa. 15,7mm dan 1,35Kg

PORT LENGKAP

User experience lebih penting daripada mengejar tipis-tipisan! 

Pengalaman penggunaan yang dimaksud adalah menghadirkan port yang lengkap. Jadi, nggak usah kecewa, meski lebih tebal dari laptop pendahulunya, laptop ini justru punya port yang lengkap. 

ZenBook S (UX393) dilengkapi dua port USB Type-C dengan dukungan koneksi Thunderbolt 4. Terdapat USB Type-A 3.2 dan HDMI. Kedua port tersebut memang jarang sekali hadir di sebuah ultrabook karena sebagian besar produsen ultrabook lebih suka berlomba untuk mendapatkan titel laptop paling tipis di produknya, namun memaksa penggunanya untuk membeli dan menggunakan dongle yang jelas merepotkan.



ZenBook S (UX393) dirancang dengan mindset membantu penggunanya untuk lebih produktif dan ASUS telah menunjukkannya pada desain dan fitur di laptop ini.

Port yang lengkap merupakan salah satu tanda bahwa ASUS kali ini lebih fokus dalam bagaimana agar penggunanya dapat lebih produktif dengan ZenBook S (UX393). 

Selain itu, ASUS juga menghadirkan fitur edge-to-edge keyboard sehingga pengguna ZenBook S (UX393) dapat lebih nyaman dan mudah ketika mengetik berkat area keyboard yang lebih luas serta tombol yang lebih besar.

Menemani keyboard-nya adalah sebuah touchpad dengan ukuran lebih untuk kontrol yang lebih baik. Selain itu, ZenBook S (UX393) juga hadir dengan touchpad yang telah dilengkapi dengan fitur NumberPad 2.0. Fitur tersebut memungkinkan pengguna ZenBook S (UX393) mengubah fungsi touchpad menjadi numpad melalui satu sentuhan saja. Bagi mereka yang sering menggunakan numpad untuk bekerja, ZenBook S (UX393) adalah laptop ringkas yang tepat untuk digunakan.
Edge-to-edge-keyboard

Toucpad dengan fitur NumberPad 2.0

Rasio layar 3:2 untuk pengalaman visual yang lebih baik

Untuk membantu penggunanya agar dapat lebih produktif, ZenBook S (UX393) kini tampil dengan rasio layar 3:2. Berkat rasio layar tersebut ZenBook S (UX393) memiliki ruang kerja yang lebih luas dibandingkan dengan laptop pada umumnya yang mengusung layar 16:9. 

Tentu saja ruang kerja ekstra tersebut juga berfungsi untuk menghadirkan pengalaman visual yang lebih baik dimana lebih banyak konten yang bisa disajikan melalui layar dengan rasio 3:2.

Kualitas Visual Terbaik
Meski target penggunanya bukan merupakan content creator "kelas berat" seperti animator atau video editor, namun ZenBook S (UX393) tetap powerful untuk kebutuhan content creation standar. Selain tetap cukup hebat untuk menemani kita melakukan video editing ringan, ZenBook S (UX393) masih bisa menjalankan aplikasi photo editing seperti Adobe Photoshop dan Lightroom secara bersamaan dan membuat laptop ini sangat cocok bagi para fotografer profesional.

Layar ZenBook S (UX393) sudah dikalibrasi dari pabrik dan mengantongi sertifikasi PANTONE

Tidak hanya soal performanya yang gesit, ZenBook S (UX393) juga dibekali dengan layar yang tepat untuk para content creator, khususnya fotografer. Dibekali panel beresolusi tinggi, yaitu 3,3K atau 3300 x 2200 pixel, ZenBook S (UX393) mampu menampilkan konten beresolusi tinggi dengan sangat detail. 

Tidak hanya itu, layarnya juga mampu memiliki tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi, tepatnya 100% pada color space DCIP-3 dan 133% pada color space sRGB. Bagaimana dengan akurasi warnanya? Layar ZenBook S (UX393) sudah dikalibrasi dari pabrik dan mengantongi sertifikasi PANTONE.

Layar ZenBook S (UX393) mengantongi sertifikasi PANTONE

LAYAR TOUCH SCREEN

Untuk menambah pengalaman penggunanya, layar ZenBook S (UX393) dilengkapi dengan fitur touchscreen yang kompatibel dengan stylus yang memiliki spesifikasi hingga 4096 pressure level. 

Spesifikasi tersebut jelas semakin menegaskan bahwa laptop ini memang cocok untuk para content creator seperti fotografer yang membutuhkan laptop ringkas dan powerful dengan layar terbaik di kelasnya.
Layar Touch Screen

Konektivitas Lengkap

ZenBook S (UX393) hadir dengan port yang lengkap. Tidak hanya dua port Thunderbolt 4 USB Type-C, ZenBook S (UX393) juga masih dibekali dengan port HDMI dan USB Type-A. Sebagai tambahan, satu pembaca kartu MicroSD juga dihadirkan sehingga para content creator yang sering menggunakan MicroSD di kesehariannya.

Sebagai laptop modern yang berkelas ZenBook S (UX393) tentu saja dilengkapi dengan teknologi konektivitas terkini, salah satunya adalah WiFi 6. Teknologi WiFi terbaru tersebut tidak sendirian. Ia ditemani dengan fitur WiFi Smart Connect yang membuat pengalaman menggunakan ZenBook S (UX393) semakin mudah dan nyaman.


Fitur WiFi Smart Connect memungkinkan ZenBook S (UX393) untuk dapat mendeteksi sinyal WiFi paling optimal yang bisa ditangkap oleh laptop ini. Dari sana, fitur WiFi Smart Connect dapat menghubungkan ZenBook S (UX393) secara otomatis ke sumber sinyal (router) yang paling optimal sehingga Anda akan selalu mendapatkan konektivitas terbaik meski sering berpindah tempat.

Nyaman untuk WFH
Di masa pandemi saat ini, semakin banyak orang yang bergantung pada laptop agar dapat tetap bekerja dari rumah. ZenBook S (UX393) memiliki beberapa keunggulan sebagai sebuah laptop penunjang kegiatan work from home (WFH). Selain dibekali dengan spesifikasi yang sangat mumpuni dan memiliki mobilitas tinggi berkat desain bodinya yang sangat ringkas, ZenBook S (UX393) ternyata juga ditemani oleh dua fitur baru penunjang WFH.

Pertama adalah fitur yang memungkinkan kamera pada ZenBook S (UX393) dapat menampilkan gambar lebih baik dan lancar dibandingkan sebelumnya. ASUS menghadirkan teknologi bernama IR camera-tuning yang membuat kamera infra merah pada ZenBook S (UX393) dapat menampilkan gambar yang lebih baik.

Kamera Infra Red, Array Microphone, AL Noise Cancelling

Kamera infra merah di ZenBook S (UX393) juga berguna sebagai fitur keamanan. Didukung oleh fitur Windows Hello, kamera infra merah di ZenBook S (UX393) memiliki kemampuan untuk memindai wajah penggunanya secara presisi, bahkan dalam kondisi kurang cahaya. Sistem pemindaian wajah tersebut membuat ZenBook S (UX393) lebih aman karena Anda tidak perlu lagi mengetikkan password yang bisa saja dilihat oleh orang lain.

Kedua, ZenBook S (UX393) dilengkapi dengan array microphone yang didukung oleh teknologi AI Noise Cancelling. Fitur ini bisa dikatakan sangat penting jika Anda sering melakukan call conference atau bahkan video conference.

AI Noise Cancelling di ZenBook S (UX393) mampu meredam suara bising di latar belakang dan memperjelas suara Anda yang sedang berada di depan laptop. Bagi Anda yang seringkali bekerja di lingkungan yang berisik, fitur ini memang menjadi sangat penting. Kini Anda tidak perlu lagi khawatir sesi conference call terganggu oleh suara berisik di sekitar Anda ketika bekerja.
Tes GAME ONLINE - Oke!

ASUS ZenBook S (UX393) Laptop Intel Evo Premium

ASUS ZenBook S (UX393) merupakan salah satu varian ZenBook terbaru yang ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core. Tentu saja dengan prosesor baru, ZenBook S (UX393) dipastikan dapat tampil dengan performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Tidak hanya dari sisi performa CPU, ZenBook S (UX393) juga memiliki performa grafis yang lebih baik berkat chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe Graphics terbaru.

Terlihat dari hasil benchmark, ZenBook S (UX393) tampak gesit dan powerful untuk sebuah ultrabook yang sangat ringkas. Tidak hanya itu hasil benchmark grafis juga menunjukkan bahwa laptop ini seharusnya masih bisa digunakan untuk menjalankan berbagai game kasual dan game esports.





Biasanya sebuah laptop ultra ringkas yang dibekali performa kencang dan layar beresolusi tinggi rentan dengan dua hal, yaitu daya tahan baterai yang tidak panjang dan performa pendinginan yang kurang baik. Namun keduanya tampak tidak hadir di ZenBook S (UX393).
.

Baterai Tahan Lama hingga 13 jam 41 menit pada mode modern office

Berdasarkan pengujian daya tahan baterai menggunakan PCMark 10 Battery Benchmark, ZenBook S (UX393) dapat bertahan hingga 13 jam 41 menit pada mode modern office. Artinya secara kasar laptop ini dapat menemani bekerja hingga lebih dari 13 jam.

ZenBook S (UX393) dilengkapi dengan sistem pendingin khusus serta fitur ErgoLift Design yang mampu menghadirkan ruang udara ekstra agar aliran udara tetap optimal saat digunakan. 
Baterai tahan lama, ga sering-sering ngecas!

ZenBook S (UX393) juga terbukti memiliki sistem pendingin yang baik. Hal tersebut terlihat dari hasil stress test menggunakan 3DMark pada mode Night Raid, dimana ZenBook S (UX393) lolos pengujian tersebut dengan skor 97,1% dengan rata-rata suhu CPU berada di angka 56 derajat Celcius.

Bukti lainnya yang menunjukkan bahwa sistem pendingin ZenBook S (UX393) tergolong sangat baik adalah berdasarkan grafis di bawah. Dapat dilihat bahwa sistem pendingin ZenBook S (UX393) dapat menahan suhu komponen tetap di zona aman yaitu di bawah 85 derajat Celcius.

Berubah Menjadi Lebih Baik

Apa yang dihadirkan oleh ZenBook S (UX393) secara keseluruhan adalah sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. ASUS kini tidak hanya sekadar mengejar "prestige", tetapi juga menunjukkan kepeduliannya terhadap pengalaman pengguna secara menyeluruh.

Harga dan Ketersediaan

ZenBook S (UX393) dibandrol dengan harga Rp 24.999.000

ZenBook S (UX393) bisa didapatkan di Bhinneka, Blibli, Bukalapak, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Untuk pembelian melalui ecommerce tersebut, pembeli memiliki kesempatan mengikuti Incredible Reward Program dengan cara menulis review di toko tempat pembelian.


Main Spec.

ASUS ZenBook S (UX393)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 10 Home

Memory

16GB LPDDR4X

 

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

13.9" (3:2) IPS 3.3K (3300 x 2200), 500 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display

Graphics

Intel® Iris® X Graphics

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery, Micro SD card reader

Camera

HD camera with IR function to support Windows Hello

Connectivity

Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Audio by ICEpower®, Built-in speaker Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

30.60 x 22.40 x 1.57 ~ 1.57 cm

Weight

1.35 kg

Colors

Jade Black

Warranty

2 tahun garansi global


 
Ada harga ada nilai. ZenBook S (UX393) memberikan fitur dan spesifikasi serba premium yang akan memberikan pengalaman lebih kaya dalam dunia komputasi.

Balik ke soal "ingin", tentu INGIN!



Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

9 komentar

  1. Pas kemarin acara peluncuran Zenbook ASUS itu, dari ketiganya yg paling mupeng si Zenbook S ini, aku pengen nyobain yg rasio 3:2 ini seperti Anya bilang :)
    Dan pengen ngerasain flip S tapi yg ada numberpad nyaaa :)
    Ahhh ASUS emang selalu okee sih produk2nyaa.. selalu bikin aku mupeng teruuuss...

    BalasHapus
  2. Amazing Asus ini untuk support hobi, pekerjaan, usaha. Spesifikasi baik ram, maupun lainnya cukup sip di kelasnya. Pengerjaan jadi cepat loadingnya. Di kantor juga Asus bagus juga

    BalasHapus
  3. Nah nah naahhh, aku juga mulai teracuni INGIN dan BUTUH laptop ini mbaaa 😆😆😆 ya karena emang makin k.sini tugas emak dan anak sama2 banyaknya yaaa

    Zoom, editing poto/video dan aneka kewajiban yg kudu dijalankan, itu semua pastilah butuh soulmate laptop yg mumpuni.

    Harganya memang cukup WOW, tapiii sebanding dgn spek dan performanya ya mbaaaa

    BalasHapus
  4. Duh cuma bisa nelan ludah aja nih dengan semua kecanggihan laptopnya
    Sejka 2019 rumah kemasukan maling, semua barang di rumah raib digondol maung termasuk laptop Asus, sampai sekarang blm bisa mendapat gantinya. Mungkin kembali ke rasa syukur seperti di awal artikel aja. Saya masih bersyukur meski bermodalkan hp Asus Zenfone jadul, tetap bisa ngeblog...

    BalasHapus
  5. Punya laptop setipis ini , pastinya bisa dibawa kemana saja. termasuk saat travelling ya mbak
    jadi bisa tetap produktif dimanapun dan kapanpun

    BalasHapus
  6. Hiks laptop kelas premium nih ZenBook S (UX393) ya Mbak Rien
    Semua yang diimpikan tersedia, Apalagi bobotnya cuma 1.35 kg, bakal kemana mana bawa laptop nih

    BalasHapus
  7. Microphone adalah fitur yang sangat kubutuhkan saat ini, apalagi saat zoom meeting. Biasanya pakai bantuan headset. Punya Asus Zenbook pasti sangat membantu waktu conference nih

    BalasHapus
  8. Statement tentang ASUS kini tidak hanya sekadar mengejar "prestige", tetapi juga menunjukkan kepeduliannya terhadap pengalaman pengguna secara menyeluruh. Ini penting banget. Karena memenuhi kebutuhan pelanggan bukan hanya soal TEKNOLOGI tapi juga semua aspek lain yang justru SANGAT DIBUTUHKAN oleh pengguna. Percuma sebuah produk lengkap ini dan itu tapi tidak memberikan pengalaman plus bagi customer.

    Selalu salut dengan improvement ASUS di dunia laptop. Gerakannya melesat terus. Kalo Zenbook yang satu ini terlihat cantik banget tampilan fisiknya. Apalagi yang warna hitam. Kelihatan elegan. Red Copper juga jarang ada yang punya ya Rien. Pilihan warna yang jitu.

    BalasHapus
  9. Cakep nih asus, fisik ringan tapi buat kerja berat sangat mendukung.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!