Butuh Laptop Untuk PJJ? Ada ASUS VivoBook 14 (A416) yang Cocok Untuk Semua Kalangan

16.57

ASUS VIVOBOOK 14 (A416)

VivoBook 14 (A416) Gathering

Hari Minggu tgl. 13 Desember 2020 saya hadir di acara Micro Gathering New VivoBook Series yang diadakan di Hotel Artotel Jakarta. Acara ini digelar selama 3 hari sejak Jumat (11/12) sampai Minggu (13/12), dan saya baru bisa hadir di hari terakhir, hari di mana undangan untuk para youtuber saja, sedangkan blogger jadwalnya di hari Sabtu. Jadi ceritanya saya salah hari 😂

Saya datang bersama Alief yang diundang sebagai youtuber. Jadilah saya blogger yang nyempil di antara youtuber he he. Eh, ada Askar juga ding. Jadi ada 2 blogger nyempil di antara youtuber ya 😃

Seperti namanya, micro gathering, maka acara ini digelar terbatas. Selain memang masih dalam situasi pandemi, undangan dibatasi maksimal 20 orang saja perhari. Meski demikian, jumlah yang hadir di hari Minggu tak sampai 20 orang. 

Insha Allah kami aman. Yang hadir taat dengan prokes; jaga jarak dan pakai masker. Pada saat makanpun, disediakan sarung tangan buat ambil makanan, itu pun dibantu pelayan resto. Ruangan ga padat orang, malah terkesan lengang. 

Dan yang pasti, jadi santai nggak rebutan saat liat-liat produk laptop yang dipajang. Nah, seperti apa laptopnya? Ok aku ceritakan.

Aku, Mas Danu ASUS, Askar Blogger, Onedox Youtuber
 

ASUS VivoBook 14 (A416) Laptop Andalan Untuk Semua Kalangan

Jelang minggu ke-2 bulan Desember ini, ASUS memperkenalkan VivoBook 14 (A416), sebuah laptop serba bisa yang dapat digunakan oleh semua kalangan. 

VivoBook 14 (A416) juga merupakan salah satu laptop all-round paling ringkas di dunia yang telah ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, GPU NVIDIA GeForce, serta hadir dengan Office Pre-Installed. VivoBook 14 (A416) juga hadir dengan berbagai konfigurasi spesifikasi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Hadir dengan konfigurasi spesifikasi beragam serta fitur modern, VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang siap diandalkan oleh berbagai kalangan. 

"Sebagai produsen laptop terdepan di Indonesia, ASUS berkomitmen selalu menghadirkan perangkat dengan kualitas tinggi sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman penggunaan terbaik," ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. "VivoBook 14 (A416) merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menghadirkan laptop berkualitas tinggi untuk semua kalangan. Didukung oleh berbagai teknologi serta fitur terkini, VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang selalu dapat diandalkan oleh siapapun, kapanpun dan di manapun."

 
 
Hadir dengan Spesifikasi Beragam serta Fitur Modern

ASUS VivoBook 14 (A416) dirancang sebagai perangkat andalan bagi semua kalangan. Selain memiliki fitur dan teknologi terkini, VivoBook 14 (A416) juga tampil dengan beragam konfigurasi spesifikasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan berbagai kalangan penggunanya. Untuk kebutuhan bekerja atau bermain, VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang memberikan kinerja dan visual imersif.

Simpel dan Ringkas Untuk Mobilitas Tinggi

Hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan. Bobotnya hanya 1,6 kilogram dan ketebalannya hanya 19.9mm membuat laptop ini mudah untuk dibawa bepergian. 

Tidak hanya itu, ASUS bahkan menyediakan charger yang sangat ringkas dan mudah untuk dimasukkan ke berbagai kompartemen di dalam tas.

Salah satu rahasia mengapa VivoBook 14 (A416) dapat memiliki bodi yang lebih ringkas dibandingkan dengan laptop 14 inci pada umumnya adalah berkat teknologi NanoEdge Display. Teknologi eksklusif dari ASUS tersebut memungkinkan bezel layar pada VivoBook 14 (A416) dapat tampil sangat tipis, sehingga laptop ini dapat memiliki screen-to-body ratio hingga 82%.



Layar 14 Inci, Anti Glare, Beresolusi Full HD

Berbicara soal layar, VivoBook 14 (A416) juga telah dibekali dengan layar berukuran 14 inci dengan resolusi hingga Full HD. 

Layar tersebut sangat cocok digunakan baik untuk bekerja maupun untuk menikmati konten multimedia karena sudah dilapisi dengan lapisan anti-silau (anti-glare) serta memiliki sudut pandang hingga 178 derajat.

Praktis, Ergonomis, dan Siap untuk Berbagai Kegiatan

ASUS VivoBook 14 (A416) dibekali dengan keyboard full-size yang telah dilengkapi backlit, membuat laptop ini tetap dapat digunakan meski dalam kondisi gelap. 

Keyboard VivoBook 14 (A416) juga didesain secara ergonomis dan lebih kokoh. Setiap tombol keyboard-nya memiliki key travel sejauh 1,4mm yang sangat ideal untuk mengetik.

Selain keyboard yang nyaman, beberapa varian VivoBook 14 (A416) juga telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Fitur yang biasanya terdapat di laptop kelas premium tersebut memungkinkan pengguna VivoBook 14 (A416) dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, sehingga tidak perlu lagi mengetikkan password.

ASUS telah membekali VivoBook 14 (A416) dengan satu kamera sehingga laptop ini sudah bisa diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja atau belajar di rumah. 


 
Sudah Dilengkapi Microsoft Office Pre-Installed, Siap Digunakan

Pada saat kamu membeli VivoBook 14 (A416), kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office karena laptop ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed.

Microsoft Office merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh sebagian besar institusi di dunia. 

Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Selain dilengkapi dengan fitur Office terkini, Microsoft Office Home & Student 2019 juga dapat terus di-update sehingga pengguna dapat terbebas dari berbagai ancaman celah keamanan dan malware. 

Microsoft Office Home & Student 2019 tersedia secara cuma-cuma atau tanpa biaya tambahan. 


Fitur Konektivitas

VivoBook 14 (A416) dirancang sebagai laptop modern dan mengedepankan mobilitas. Untuk itulah VivoBook 14 (A416) dibekali dengan serangkaian fitur konektivitas mulai dari port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, serta combo audio jack untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehari-hari. 

Sementara di sisi konektivitas nirkabel, VivoBook 14 (A416) dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk terhubung dengan jaringan internet, serta Bluetooth 4.1 sehingga penggunanya dapat menghubungkan berbagai aksesori nirkabel.


Perlindungan Ekstra

ASUS VivoBook 14 (A416) memiliki konstruksi yang tangguh. Berbagai bagian pada laptop ini, seperti pada chasis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya. 

ASUS juga menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD di VivoBook 14 (A416) bernama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya.

Lebih Kencang dan Gesit

ASUS VivoBook 14 (A416) ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, prosesor modern dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini. Varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. 

Konfigurasi dan kemampuan prosesor ersebut membuat VivoBook 14 (A416) dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan mulai dari bekerja, berselancar di internet, atau menikmati konten multimedia.


Ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX330

Beberapa varian VivoBook 14 (A416) juga ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX330 untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra. 

Kehadiran NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan VivoBook 14 (A416) dapat menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti aplikasi photo editing, video editing, hingga game kasual.

Agar dapat memenuhi kebutuhan semua kalangan, VivoBook 14 (A416) hadir dengan konfigurasi hardware yang beragam, termasuk pada jenis media penyimpanan data serta memori. 

VivoBook 14 (A416) telah menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 16GB. Sementara untuk penyimpanannya, laptop ini mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Tergantung konfigurasinya, Anda dapat menyematkan SSD dan HDD ke dalam laptop ini.


Lebih Mudah dengan MyASUS

Satu lagi kelebihan VivoBook 14 (A416) adalah hadirnya MyASUS, sebuah aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop ini. Melalui MyASUS, pengguna VivoBook 14 (A416) dapat memantau status laptopnya sekaligus melakukan troubleshooting. 

MyASUS juga menyediakan fasilitas agar penggunanya dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Tidak hanya itu, MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Yang paling menarik dari MyASUS adalah fitur bernama Link to MyASUS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna VivoBook 14 (A416) untuk menghubungkan smartphone-nya dengan laptop agar dapat beraktivitas secara lebih produktif. 

Link to MyASUS memiliki beberapa fungsi mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Link to MyASUS bahkan menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone.



Main Spec.

VivoBook 14 (A416)

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Operating System

Windows 10

Memory

4GB DDR4 RAM

Storage

1TB 5400 rpm SATA HDD

256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256GB SSD

Display

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare

Graphics

NVIDIA GeForce MX350 (optional)

Intel UHD Graphics 

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader

Camera

VGA Web Camera

Connectivity

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension

32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm

Weight

1,6 Kg

Colors

Transparent Silver, Slate Grey

Price

Rp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)

Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 256GB PCIe SSD)

Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)

Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)

Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)

Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)

Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)

Warranty

2 tahun garansi global

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

21 Comments

  1. Udah lama memggunakan laptop asus. Dan Alhamdulillah awet. Setelah baca yang ini. Rasanya pengen sekali ganti.

    Tapi.. hahaha

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah sampai sekarang merasa cukup nyaman dengan laptop ASUS VivoBook yang digunakan. ASUS memang top lah...

    BalasHapus
  3. Banyak kelebihannya ya laptop Asus Vivobook 14 a416 ini ya Mbak Kate... selain ergonomis (aman, luwes dan nyaman memakainya), juga sudah ada Microsoft Office Pre-Installed. Jadi ekonomis juga, gak mengeluarkan biaya lagi untuk beli software office ya. Sip deh infonya nih, kereen

    BalasHapus
  4. MasyaALLAH, banyak bangeett sik, keunggulan laptop Asus Vivobook 14 iniii
    Harganya ngga bikin dompet sakaratul mauttt
    trus dia salah satu laptop all-round paling ringkas di dunia yang telah ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, GPU NVIDIA GeForce, serta hadir dengan Office Pre-Installed.

    Kece beudsss!

    BalasHapus
  5. Keren banget ASUS ini ya mbak, banyak banget pilihannya. padahal kemarin baru aja muncul seri vivobooknya eh sekarang sudah ada lagi seri terbarunya. Pas liat pricenya, Ya Allah cukup terjangkau. Jadi tergoda, apalagi sepertinya laptopku memang sering berulah sepertinya mau minta ganti.

    BalasHapus
  6. Konektornya lengkap, udah gitu yang ringkas begini ini nih asik buat dibawa belajar dan bekerja karena nggak pakai drama berat. Speknya yang oke, ditunjang dengan harga terjangkau. Hmm, bisa daku incer nih dari salah satu varian memorinya

    BalasHapus
  7. Mantap betul referensi spesifikasi elektroniknya untuk penunjang pembelajaran jarak jauh lebih mengena

    BalasHapus
  8. duh mupeng lihat tampilan dan speknya nih mba, harganya juga cukup oke yaaa, plus tipis juga buat dibawa kemana-mana

    BalasHapus
  9. Asus VIVOBOOK ini memang bagus yaa mba, kece juga nih tampilannya sleek dan profesional juga buat office look yaa, pas banget saya lagi mau ganti laptop dapat rekomendasi bagus nih

    BalasHapus
  10. Laptop aku ASUS juga mba. Tapi lupa Asus yang mana. soalnya suami yang beli dari hasil aku ngeblog hihihi. Rasanya itu seneng banget. Keluarga aku penyuka Asus soalnya dari hape sampai laptop juga asus. Soalnya udah terpecaya kualitasnya sih. Termasuk asus yang ini juga bagus kayaknya ya.

    BalasHapus
  11. Wah, minimal 5 jutaan udah dapat Asus Vivobook A416?
    Speknya lengkap pula
    Tambah bingung nih, sejak tahun lalu ngecengin Asus, moga moga tahun 2021 kebeli

    BalasHapus
  12. Dulu laptop dianggap sebagai barang mewah. Sekarang, semenjak pandemi dan PJJ, sudah masuk kebutuhan primer. Wajib dibeli agar anak bisa belajar dan mengerjakan tugas.

    Semoga dengan harga yang terjangkau begini, makin tinggi kemungkinan para orangtua memenuhi kebutuhan akan laptop ya Rien. Supaya bisa belajar dengan lancar tanpa hambatan.

    BalasHapus
  13. Laptopnya terlihat simpel tapi punya spesifikasi yang lengkap dan bagus dikelasnya. Bobot nya juga tergolong ringan, jadi ga akan kesulitan saat dibawa kemanapun.selan itu udah dilengkapi Microsoft Office Home & Student 2019, ngebantu banget untuk proses WFH/PJJ

    BalasHapus
  14. Iya sih mba Asus dari dulub inovasi speknya yg bikin kita jatuh cinta buat beli, apalagi Untuk PJJ ASUS VivoBook 14 (A416) Cocok buat anak2 jg

    BalasHapus
  15. Jangankan buat anak PJJ, Mbaaak. Aku pun butuh laptop begini biar bisa lebih kenceng kerja.

    BalasHapus
  16. kece banget asus vivobook 14 ini. pasti kalo untuk nulis, kerja juga nge-blog bakal tambah semangat. mantap deh.

    BalasHapus
  17. Selama PJJ dan WFH ini setiap rumah minimal hrus punya satu laptop yg harganya terjangkau dengan performa yg oke utk internet dan bekerja, Asus Vivobook 14 ini bisa banget jadi pilihan. Ringan tp tangguh.
    Duh, jadi pengen ganti laptop.

    BalasHapus
  18. Wah, ada ya produk ASUS yang pas buat PJJ anak-anak sekolah dan mahasiswa. Pas nih harganya, mulai 4 jutaan. Tapinya tetep mumpuni dan cakep, seperti ASUS lainnya. Kalo si bujang tahu, bisa merengek nih ke bapaknya kepengen ASUS Vivobook 14 A416 ini.

    BalasHapus
  19. Cakep ya penampakannya :) mewah, selama pandemi ini kalo mau cari laptop bisa mengandalkan si Asus ini yah :)

    BalasHapus
  20. Duh ini bikin mupeng mba, buat anak PJJ Iyah yah pas banget nih Asus.. anakku mau banget ini. Harganya juga pas yah.. gak mahal2..cocok banget ini 😍

    BalasHapus
  21. Aku suka fiturnya si Vivobook 14 A416 ini, pas bgt buat anakku PJJ.. semoga someday bisa kesampaian punya. Pengen anakku pakai laptop deh, kalau pakai smartphone kasihan matanya soalnya..

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!