Di Balik Layar Video ROG Phone 3 Onedox, Bikin Konten Nggak Pakai Ribet dengan BARDI Extention Power Strip

18.26

Tetap Produktif! Solusi Mudah dan Aman dengan BARDI Extention Power Strip

Tetap Aktif dan Produktif di Masa Pandemi

Pandemi boleh jadi telah membatasi ruang gerak dan aktivitas di luar rumah, tapi tidak dengan produktivitas. Bagi mereka yang aktif dan memiliki kreativitas tinggi, tetap bisa produktif meskipun dari rumah saja.

Alief anakku, pemilik channel ONEDOX yang biasanya membuat video di luar rumah dengan melibatkan beberapa kawan dekat sekolahnya, sejak pandemi ia videoan sendiri dan dilakukan di rumah saja. 

Apakah kemudian karya Alief jadi tidak menarik dan membosankan? Atau malah semakin baik dan mengalami kemajuan? 

Penonton setia video Onedox tentu bisa menilai sendiri. Berdasarkan catatanku, jumlah video Alief yang tayang sejak Maret sampai Desember 2020 mencapai 26 video dengan rincian sbb:

  1. Fakboi/Badyboy Sekolahan (80K views) 
  2. Giveaway 20K Subs (1K views) 
  3. Tas Gamers ROG Ranger Bacpack (962 views) 
  4. PUBG Mobile (508 views) 
  5. Kelakuan Quarantine (1,1K views) 
  6. Koper Kok Gini? ROG Superpack (1,2K) 
  7. Cara Dapat Duit Dari Rumah (1K views) 
  8. Cara Keren di Sekolah (6K views) 
  9. Alasan Cowok Ditolak Cewek (1K views) 
  10. Akhirnya Ketemu Kelemahan ROG phone 2 (17K views) 
  11. Tipe Tipe Cowok Bales Chat (1,4K views) 
  12. ASUS TUF Gaming A15 (1,6K views) 
  13. Style Sekolah Lama vs Sekolah 2020 (2,7K views) 
  14. Tipe Tipe Murid Baru Jamet VS Normal (3,1K views) 
  15. Laptop Kencang Seringan Kertas ASUS ExpertBook B9 (78K views) 
  16. Tipe Tipe Kelas Online (1,1K views) 
  17. ROG Zephyrus Duo 15 (416 views) 
  18. Laptop Profesional ASUS Pro Art (245 views) 
  19. ZenBook UX425 Ultrabook Mewah (2,8K views) 
  20. Ciri-Ciri Cewek Matre (541 views) 
  21. ASUS ZenBok UM425 AMD Ryzen (2,1K views) 
  22. Laptop Stylish dan Bertenaga VivoBook Ultra 14 (530 views) 
  23. Ciri-Ciri Fakboi (834 views) 
  24. ROG Phone 3 vs ROG Phone 2 (3,2K views) 
  25. ASUS ROG Zephyrus G14 (301 views) 
  26. Beli ROG Zephyrus M15 Bisa Dapet Motor (409 views)

Channel Onedox (screenshot 18Des2020)

Tetap Ngonten Jelang Tutup Tahun 2020

Dalam 9 bulan selama pandemi, rata-rata ada 3 video yang Alief buat di tiap bulannya. 

Oh ya, bulan Desember belum berakhir lho. Alief masih punya daftar 5 video lagi yang akan diproduksi sebelum tahun 2020 berakhir yaitu ROG Phone 3 + Aksesoris, Bardi Smarthome, realme narzo 20 pro, gaming mouse, dan ASUS VivoBook 14 A416.

Jika dihitung sejak Januari sampai saat tulisan ini dibuat total ada 32 video di channel Onedox. Jika 5 video yang baru akan dibuat berhasil tayang, total jadi 37 video. Kurang lebih memang ada 3 video tiap bulannya sepanjang 2020 ini.

Semoga saja semua bisa diselesaikan pada bulan Desember ini supaya Januari 2021 nanti Alief sudah bisa rehat dan fokus dengan operasi lepas pen yang akan dijalani. 

Nah saat ini, Alief sedang mengerjakan video ROG Phone 3 + aksesoris. Pembuatan sudah digarap sejak tgl. 14 Des, hingga hari ini (18/14) masih dalam proses editing. Dan aku, seperti biasa jadi satu-satunya kru yang diandalkan oleh Alief untuk jadi asisten serba bisa 😂

Padahal, tahu sendiri kan, aku ini tiap hari juga ngonten untuk blog, medsos, dan channelku di Youtube. Ketika jadi asisten si youtuber, maka makin sibuklah aku. Sibuk tapi asyik dan SERU!! 

Mau tahu cerita rumah konten kami? OK aku ceritain.

Di balik layar konten video Onedox, ada mama yang jadi asisten serba bisa 😂

Rumah Konten dan Aku Jadi Asisten Serba Bisa

Video selama pandemi yang dibuat Alief maupun olehku tidak 100% dibuat di dalam rumah, ada juga di luar seperti di taman komplek atau di jalan. Hanya saja, sesuai situasi yang lagi berbahaya, shootingnya pilih-pilih waktu, dan nggak bersama orang lain.

Alief baru belakangan ini saja sejak new normal mulai shoot video lagi bersama teman-temannya di luar rumah, tentunya dengan penuh kehati-hatian, seperti pada video teranyar berjudul: Beli ROG Zephyrus M15 Bisa Dapet Motor! dia shooting dengan Charlie, Arka, Rafi, dan Raja. Mereka adalah kawan sekolah Alief.

Shooting di rumah tentu saja paling sering. Nah, untuk hal inilah aku mau cerita, bahwa pandemi ini tuh malah bikin aku sibuk mendekor ruangan buat Alief videoan. Ya semacam bikin studio gitu lah, tapi karena kami ini masih kelas amatir, jadi hasil dekornya cuma ala-ala saja hehe

Yang aku siapkan mulai dari meja kursi yang nyaman buat Alief bikin video review, pernak-pernik, hingga peralatan shooting seperti standing mic, mic meja, tripod mic, lampu RGB, Ring Light kecil, Ring Light besar, sejumlah power extention, kabel, lampu-lampu, beberapa tripod (nggak cukup 1 tripod lhooo), dan lain sebagainya sesuai yang diperlukan untuk menghasilkan suatu karya cetar badai memesona haha

Ternyata ya, kami yang masih amatiran ini aja udah harus rajin beli ini itu, kebayang mereka yang udah profesional kayak David Gadgetin, DK ID, Anjas Maradita, dll, woah...pasti lebih kece lagi perlengkapannya. Studio mereka mah ga usah ditanya, keren parah, tapi penghasilan mereka juga aduhai. Kalau Alief mah belum ada apa-apanya dibanding mereka, tapi aku yakin bila berdoa dan berusaha, nanti Alief juga bisa kayak mereka. AAMIIN!!!

Tugasku tak hanya dalam hal pengadaan peralatan, tapi jadi penulis skrip, penata peralatan, sutradara, penata busana, pengoreksi gaya, tukang pencet tombol on dan off kamera, mencatat apa-apa yang diperlukan lalu membelinya di toko online, bahkan jadi bagian keuangan yang membuat tagihan dan mengecek pembayaran masuk wkwkw. 

Begitulah. Capek? Nggak ada kata capek bagi kami yang hobinya memang  ada di sini.

Rumah Konten 😃

Peralatan Untuk Membuat Konten

Laptop, Smartphone, dan Kamera adalah perangkat paling utama untuk Alief membuat konten. Dari kamera gambar direkam, dengan laptop rekaman disimpan dan diedit, lalu diolah menjadi video yang kemudian siap diupload di channel.

Selain perangkat utama tersebut ada peralatan lainnya yang kami gunakan, di antaranya
- 2 unit ring light (kecil dan besar). Yang kecil lebih sering dipakai berhadapan dengan muka, sedangkan yang besar biasanya buat pencahayaan dari atas kepala. Aku sendiri nggak tahu tadinya kenapa harus pakai ini, tapi kata Alief buat menggantikan lampu shooting profesional yang biasanya pakai led panjang hehe. Lampu studio mahal cuy, penghasilan Alief kudu dihemat biar jadi beberapa alat lainnya.

- 2 buah lampu RGB (20 warna). Ini sebenarnya lampu taman yang bisa disetel dengan 1 warna saja sesuai kesukaan, atau 20 warna sekaligus tapi menyala bergantian. Alief suka banget dengan cahaya warna-warni yang jadi latar video, makanya dia beli lampu ini. Aku sih nggak kepikiran, dianya yang kreatif pakai lampu taman haha

- 3 buah Tripod. Sudah jelas buat pasang kamera ya, tapi yang 2 lagi fungsinya beda. 1 buat narok HP, tempat baca bahan yang akan disampaikan dalam video. Semacam screen text di studio berita gitu. Satunya lagi tripod mini buat mic yang dipakai saat cuap-cuap depan kamera.

- 2 mic. 1 standing mic yang bisa didirikan di atas meja, satunya lagi mesti pakai tripod. 

2 table phone holder stand. Alat ini belakangan menggantikan fungsi tripod yang dijadikan tempat narok HP yang dijadikan layar teks pada saat videoan.

- 3 Extention Power. Banyak yang harus dicolokin ketika shooting, dari ring light, lampu RGB, dan tentu saja kadang sambil ngecas laptop, hp, dan batre kamera cadangan. Tadinya aku pakai colokan biasa, apa adanya di rumah. Tapi sekarang sejak punya BARDI Extention Power Strip, colokan smart ini lebih ideal buat keperluan shooting karena lengkap. 

 - Tanaman artificial dan tanaman hidup. Di antara peralatan elektronik, tanaman ikut nyempil dalam video. Tentu saja sebagai pemanis yang menyegarkan. Tanaman artificialnya kecil saja, biasanya ditarok di meja, di antara produk yang direview. Kalau tanaman hidup biasanya nyempil di latar belakang. Rasanya seger aja gitu kalau ada tanaman masuk frame.

Itu saja peralatan kami saat ini. Masih jauh dari standar sebuah studio, tapi kami bersyukur dengan peralatan seadanya ini kami tetap bisa menghasilkan karya.

Dalam  proses pembuatan video ROG Phone 3

Bardi Smart Extention Power Strip

Di antara peralatan shooting Alief, power extention termasuk peralatan pokok yang paling sering digunakan saat shooting.

Sumber listrik yang menempel di dinding rumah nggak semuanya dekat dengan letak meja yang dipakai untuk membuat video review, jadi perlu tambahan power extention cable yang bisa mendekati titik shooting.

Di luar sana, ada beragam colokan kabel, tapi yang kucari adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan shooting. Maksudku, extentionnya banyak dan canggih biar nggak bikin ribet. 

Ada nggak tuh? Ada dong, namanya Bardi Smart Extention Strip. Kalau baca nama BARDI, tentu sudah tahu ya kalau ini tuh produk smart home. 

Apa saja kelebihan BARDI Smart Extention Power Strip? sbb:

  • Bardi Smart Power Strip adalah stop kontak extension pintar yang bisa di mati nyalakan melalui aplikasi.
  • Dengan Power Extention ini, segala perangkat dengan daya listrik 220v dan 5v dapat di putus sambung arus sesuai keinginan.
  • Power Extention Bardi memiliki 4 soket eu 220v dengan max 10A tiap soket dan 3 soket usb 5v dengan 2.1A tiap soket. Lengkap dengan fitur grounding standar Eropa.
  • Power Extention Bardi sangat mudah di pasang, tinggal hubungkan ke soket EU yang paling umum di Indonesia dan istimewanya tiap soket EU 220v nya dapat di nyalamatikan secara individu di app.

BARDI Smart Extention Strip
 
Spesifikasi BARDI Extention Power Strip 
  • Warna: Putih
  • Voltase: 90V-240V 50/60Hz
  • WiFi Frekuensi: IEEE 802.11b/g/n
  • WiFi Standard: 2.4GHz 802.11 b/g/n
  • Suhu Kerja: -20-70 derajat celcius
  • Sistem Support: IOS/Android
  • Masa Pakai: 100.000 kali

Cara Menghubungkan BARDI Smart Extention Power Strip ke Smartphone
  1. Pertama siapkan Bardi Smart Power Extention Strip dan Smartphone
  2. Pastikan WiFi menyala dan sinyal bagus
  3. Install aplikasi BARDI Smart Home di smartphone bagi yang belum pernah install. Lalu registrasi. 
  4. Tambah perangkat dengan menekan ikon plus (+) di pojok kanan atas. Nanti akan keluar produk-produk Bardi. Lalu pilih "Power Extention Strip"
  5. Selanjutnya tahap pemasangan perangkat. Sesuai petunjuk, pastikan power extention sudah terhubung dengan listrik, lalu tekan tombol power 5 detik sampai lampu berkedip-kedip. 
  6. Tekan "Confirm indicator rapidly blink", lalu proses pemasangan akan berjalan, dan tunggu sampai selesai.
  7. Jika sukses akan muncul "Device added succesfully"
  8. Bardi Smart Power Extention siap digunakan dan dikendalikan dari ponsel 
Proses pemasangan perangkat hingga terhubung ke ponsel

BARDI Smart Power Extention siap dikendalikan dari ponsel, aku tinggal tekan tombol power untuk menyalakan atau mematikan keseluruhan extention. Aku juga bisa memilih extention mana saja yang mau dinyalakan/dimatikan. Fungsi pengaturan ini bisa dilakukan di HP dari mana saja aku berada bahkan saat jauh dari rumah.

 
Teknologi Smart Home Bikin Hidup di Rumah Lebih Mudah dan Nyaman

Sebagai generasi yang lahir di tahun 70-an aku bersyukur bisa mengecap manisnya kemajuan teknologi yang membuat hidup semakin mudah dan nyaman. Dari perangkat komunikasi hingga perangkat rumah tangga, manusia zaman now begitu dimanjakan.

Apabila 40-an tahun yang lalu semua masih serba manual, kini di zaman milenial semua serba digital. Kontrol rumah pun kini hanya dari smartphone di genggaman. 

Betapa rumah telah menjadi pintar sejak sejumlah perangkat dicipta dengan sensor dan fitur yang terhubung dengan Internet of Things (IoT) yang dapat dimonitor, dikendalikan, dan diakses dari jauh. 

Sampai tulisan ini dibuat, ada 6 produk BARDI Smart Home yang aku gunakan di rumahku, 2 di antaranya adalah IP Camera indoor dan IP Camera outdoor. Keduanya telah aku ulas di blog, bisa baca di sini : Kontrol Rumah dari Jauh Pakai Smartphone dengan BARDI Smart IP Static Camera.

Setelah ini aku akan menceritakan pengalamanku menggunakan Smart IR Remote, Smart Plug, dan Smart Light Bulb. 
Teknologi Smart Home bikin hidup di rumah lebih mudah dan nyaman


Tonton Video Terbaru ROG Phone 3 di Youtube Onedox

Total 5 hari video ROG Phone 3 dibuat sejak Senin (14/12) hingga Jumat (hari ini 18/12). Dari shooting, voice, editing, hingga upload yang mungkin baru akan dilakukan pada Sabtu besok (19/12).

Meskipun video kelar dibuat, namun peralatan tidak akan dipindahkan karena video berikutnya sudah menanti untuk dibuat. Di rumah kami tidak ada anak kecil, semua sudah besar, jadi peralatan akan aman di tempatnya. 

Bagiku dan Alief, melakukan hobi adalah kepuasan, apalagi menghasilkan karya bermanfaat, rasanya bahagia. Soal nanti menghasilkan, itu adalah bonus. Yang penting tekuni saja pada apa yang disukai, biarlah karya itu akan menemukan sendiri rejekinya.

Jika sudah tiba rejekinya, bukan tak mungkin nanti bisa beli tempat yang cocok, unit apartemen misalnya, lalu dijadikan studio pribadi. Maka itu aku bilang ke Alief, berapapun penghasilan yang didapat jangan lupa ditabung dan disedekahkan, keduanya sama-sama menjadi jalan untuk mendapat rejeki yang lebih banyak, jika bukan dalam bentuk materi, bisa dalam bentuk amal untuk dibuka di akhirat nanti.

Mau lihat video Alief? Tonton di channel ONEDOX. Jangan lupa Subscribe ya 💚



Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

24 Comments

  1. Otw subscribr Onedox

    Mas Alief berkaahhh selalu yaakk. Tetep sebarkan konten positif kayak Mama yak.otw jadi YouTuber handal kebanggaan INDONESIAAAA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih Mbak Nurul sudah mendoakan. Doa terbaik juga buat Mbak Nurul.

      Hapus
  2. Wiiii... Lengkap sekali peralatan bikin video nya mbak 😱 udah pro ini mah ya. Pantesan hasilnya keren luar biasa. Semoga sukses dan terkabul doa nya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika menurut standar kami, alhamdulillah alat yang sudah ada bisa digunakan untuk berkarya, tapi masih amatir bagi standar profesional mbak :D
      Aamiin dan terima kasih ya mbak

      Hapus
  3. Aaaahhh naksiirrrr bangeett colokannya Bardi, beneran rumah jadi smart kayak pemiliknya ya. Terus berkarya ya kak, kereeeenn onedox! Bangga anak mudanya kayak begini sbg penerus generasinya onty. 🙏🙏😍😍😇😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku suka colokannya banyak nih, Ima. Colokan USB buat lampu dan hp juga lumayan ada 3, jadi ga ganggu colokan dengan kepala

      Hapus
  4. Keren banget Kak Alief dan Mama, semoga apa yang diimpikan tercapai ya Kak, aamiin! Keren amat nih colokannya Bardi, aku juga butuuuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih Mbak Dewi. Oh iya, Mbak Dewi mesti punya nih colokan Bardi yang ini :D

      Hapus
  5. Like Mother Like Son. Siapa dulu Mommy nya... Always be creative ya OneDox.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha siapa dulu....ya mamanya Onedox lah. Thanks bang. Sukses selalu juga buat Bang Dwi ya.

      Hapus
  6. Keren ya inovasinya dari Bardi dah gitu lampu RGB Ada 20 warna bisa disetel dengan 1 warna, bisa diatur pakai hp lagi ya mau cahaya apa ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lampu RGB 20 warnanya bukan dari Bardi mbak, itu lampu lain yang biasa dipakai buat taman. Kalau yang dari BArdi belum aku ulas. Next di postingan berikutnya.

      Hapus
    2. Lampu RGB 20 warnanya bukan dari Bardi mbak, itu lampu lain yang biasa dipakai buat taman. Kalau yang dari BArdi belum aku ulas. Next di postingan berikutnya.

      Hapus
  7. Wow, Mbak Rien dan Alief menginspirasi banget. Udah super keren lah ini mah 😘😘 Colokan yg bagus, segala peralatan kamera, rings kecil dan besar dll iiih canggih pisan udah pro. Produk BARDI mumpuni nih buat support aktivitas kayak gini.

    BalasHapus
  8. Siap, segera Cari channel Alief dan subscribe
    Selama ini saya cuma mantengin channel masak dan takjub dengan kitchen set yang keren
    Ternyata channel gadget juga ngga sederhana ya?

    BalasHapus
  9. Keren banget nih asisten kak Alif, semoga makin sukses bikin video yang mantulll. Aku mupeng colokan Bardi, komplit dan smart juga pastinya

    BalasHapus
  10. Syukaaaaa syukaaaa syukaaaaa! duh dilihatin pojok rumah konten keluarga kreatif ini syukaaa banget aku. Ulasannya mah juga lengkaaaaap banget

    BalasHapus
  11. Wuih, keren deh rumah kontennya. Aku melongoooo. Pantes aja konten Mbak Rien selalu bagus, gear dan gadegtnya lengkap dan mumpuni. Aku mupeeeng. Dari produk-produk ASUS-nya hingga ke BARDI-nya. :)

    BalasHapus
  12. Produk-produknya Bardi ini super keren yaa, inovatif banget colokan aja bisa terintegrasi ke smartphone dan bisa kita remote via smartphone, jadi safetynya tuh juara. Btw, kece banget mba anakmu itu channelnya dan produktif, sukses terus ya mas Alief

    BalasHapus
  13. Colokan dari Bardi ini harusnya yg dibeli untuk anak remaja di rumah biar ga bolak balik beli colokan dan kabel ga awut2an.

    Keren kak Alif, proses kreatif OneDox semakin menuju profesional.
    Selalu menginspirasi remaja2 lain, kak Alif.

    BalasHapus
  14. Colokan dari produk Bardi ini yang seharusnya dibeli juga oleh anak remaja di rumah, agar dia tak bolak balik beli colokan dan kabel ga awut2an.

    Proses kreatif OneDox semakin menuju profesional dengan asisten mommy kece yg selalu mendampingi.
    Terus menginspirasi remaja lain ya kak Alif.

    BalasHapus
  15. MashaAllah. Keren nian Alief. Produktif mesti di tengah keterbatasan ruang gerak. Melahirkan tayangan-tayangan yang membawa manfaat untuk publik. Keep going up Alief. Doa Uwak selalu bersama Alief.

    BTW, itu extension powernya keren nian Rien. Bentuknya dak kaku dengan pinggir yang curvy. Aku referensikan ke suami ah. Biar dia beli

    BalasHapus
  16. Wah ini keren dan canggih. Pengen beli juga ntar, minta ke pak suami dulu hihii

    BalasHapus
  17. Cuzz langsung ke marketplace cek harga Bardi. Mantaff kayaknya. Powerful begitu

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!