Pencapaian Terbaik di 2020 Bukan Materi dan Popularitas

09.50

Tahun 2020 tak lama lagi akan berganti 2021. Alhamdulillah aku masih diberi Tuhan kesempatan untuk sampai di tahap ini. Menilik ke belakang, banyak memori yang membuatku tersenyum sendiri ketika mengingat apa saja yang telah kualami.

Banyak resolusi yang tercapai, tak sedikit pula yang kandas dan masih menjadi wacana yang entah kapan terwujudnya. Dan sekarang, waktunya untuk mulai memantapkan hati lagi untuk mewujudkan resolusi yang terus tertunda.

Awal yang Manis di Tahun 2020

Suka cita mewarnai awal tahun 2020. Kala itu harapanku sebagai travel blogger punya lebih banyak job event, artikel placement, dan sponsor post. Alhamdulillah langsung terwujud di bulan Januari, sejumlah tawaran kerjasama serentak menghampiri. 

Ada undangan trip ke Korea, tawaran liburan ke Pulau Bintan untuk review resort, trip liburan ke Pulau Togean, Bali dan Lombok, serta melancong ke Jawa Timur untuk promosi wisata. Semua jadwal ke tempat-tempat tersebut sudah disusun, dan aku tinggal berangkat. Rasanya senang sekali bakal jalan-jalan, dapat duit pula. 

Selain itu aku juga dapat tawaran jadi narasumber di beberapa acara talkshow pariwisata, dan mengisi beberapa acara workshop penulisan travel blog

Namun, Corona menghentikan semuanya. Aku gigit jari, tapi nggak sedih, karena aku sadar akan lebih bahaya jika rencana itu terealisasi, sebab jadwalnya tepat saat Covid-19 merajalela di negeri ini. 

Tawaran-tawaran tak terduga itu merupakan bagian dari resolusi yang tercapai, tapi di sisi lain semuanya terhempas begitu saja tanpa realisasi. 

Pencapaian 2020 di Tengah Pahitnya Kenyataan

Ada beberapa kejadian yang menimpa keluargaku di tahun 2020, dari bapak mertua meninggal, kucing kesayangan mati, suami sakit parah, hingga putraku kecelakaan. 

Dengan semua peristiwa duka itu, bagaimana caraku menghitung pencapaian? Semua seakan lenyap tertimpa musibah. Tapi bagaimanapun, tetap ada pelangi buatku, bahkan di tengah hujan, di antaranya:

  • Jadi juri Lomba Instagram Hari Bumi - Event Climate Reality Indonesia
  • Jadi juri Climate Smart Recipe Contest - Event Climate Reality Indonesia
  • Jadi juri Lomba Vlog Belitung - Dinas Pariwisata Belitung
  • Juara Lomba Video #LebaranWithAsus berhadiah 1 unit Laptop ASUS
  • Pemenang Lomba Blog ExpertBook B9 berhadiah OVO Cash 1,5 juta
  • Juara Lomba Blog ROG Phone 3 berhadiah 1 unit ROG Phone 3
  • Sejumlah job artikel placement
  • Sejumlah job event (online)
  • Sejumlah job sponsor post

Secara daftar, tak panjang. Secara nominal boleh jadi tak banyak, tapi bagiku semua itu sangat berarti, karena di masa pandemi begini, krisis terjadi di mana-mana, banyak orang kehilangan pekerjaan, tak ada pendapatan, aku masih beruntung sebagai blogger masih bisa mendapatkan rejeki dan kesempatan.


Sebetulnya, pencapaian terbaikku tahun 2020 adalah hal-hal yang tidak terkait materi dan popularitas, inilah yang sangat aku syukuri:

  • Berhasil mendampingi anak-anak dan suamiku di saat terburuk mereka
  • Berhasil memperjuangkan kesembuhan untuk suami dan anakku
  • Berhasil melewati badai yang bertubi-tubi
  • Berhasil membimbing anak bungsuku menyelesaikan ujian kelulusannya hingga ia masuk SMP yang kami inginkan
  • Berhasil membimbing anak sulungku mengikuti tes masuk Binus University, dan ia lulus dengan beasiswa 100%
  • Berhasil memiliki kesehatan yang baik, karena dengan itu aku bisa kuat mengurus keluargaku, terutama di saat tersulit 💗


Untuk hal-hal yang belum tercapai berikut ini, aku yakin itu yang terbaik dari Allah. Aku percaya setiap hal yang terjadi ada maksudnya, dan yang belum teraih ada hikmahnya:

  • Mudik sekeluarga ke Sumsel bertemu keluarga besar ibu
  • Ziarah ke makam bapak
  • Umroh bersama ibu
  • Lebaran Idul Fitri di Sumsel
  • Tabungan meningkat. (Realitanya: Pendapatan tak menurun, pengeluaran tak bertambah, tapi tabungan banyak berkurang terkuras oleh biaya-biaya di RS yang tak ditanggung asuransi)
  • Punya mobil baru lagi yang lebih besar dan gagah 😄
  • Liburan sekeluarga ke Bali/Lombok
  • Beli tanah di Ciwidey Bandung dan di Belitung, kelak buat bikin usaha dibidang pariwisata, merupakan bagian dari cita-cita masa depan


Sebab hidup harus semakin baik, maka selalu ada target yang diperbarui di tiap tahun berikutnya.

Belajar dari pengalaman sepanjang 2020, betapa kesehatan begitu penting, maka yang ingin aku capai di periode berikutnya dan seterusnya adalah:

  • Seluruh keluargaku sehat lahir dan batin
  • Olah raga lebih teratur
  • Makan lebih terjaga
  • Memiliki tambahan perlindungan asuransi kesehatan dan jiwa
  • Manajemen waktu yang lebih baik
  • Lebih berhati-hati di jalan
  • Lebih perhatian lagi terhadap keluarga

Dari segi ibadah, resolusiku di tahun berikutnya meliputi:

  • Salat kusyuk tepat waktu
  • Konsisten baca Quran
  • Rutin hadir di kajian-kajian agama (online/offline jika nanti sudah aman dari Covid-19)
  • Rutin beramal/sedekah
  • Umroh berdua ibu
  • Umroh sekeluarga bersama suami dan anak-anak

Hal lainnya yang aku ingin capai di tahun 2021 nanti:

Pertama, membeli tanah di daerah dekat kawasan wisata, entah di pantai atau pegunungan, yang penting bagus bila nantinya kujadikan tempat penginapan dan rumah makan. Pinginnya sih kalau daerah pegunungan di Ciwidey Bandung, kalau daerah pantai di Belitung. 

Kedua, membeli ruko yang akan aku jadikan tempat usaha untuk jualan barang dan jasa. Nah, soal ini, aku tuh dari dulu punya beberapa keinginan sederhana yang terkait dengan kebahagiaanku di masa kecil kala masih SD dan SMP.

Di masa lalu, ada hal-hal sederhana yang membuatku sangat bahagia. Saat masih SD, aku paling suka diajak belanja ke toko alat sekolah. Saat beranjak dewasa, aku paling senang jika pergi ke toko yang menjual alat-alat untuk keperluan traveling. Saat masih SMP aku suka sekali pergi ke tempat foto copy yang menyediakan jasa cetak undangan, poster, buku yasin, dll. Dan saat masih SD hingga SMP aku selalu kagum pada layanan jasa pengiriman yang telah mengantarkan  surat-surat dan paketku buat sahabat pena, teman yang telah berpisah jarak, bahkan pacar zaman cinta monyet.


Connecting Happiness

Seperti tagline JNE “Connecting happiness”, itulah yang kurasakan pada toko alat sekolah, toko perlengkapan traveling, percetakan, dan jasa pengiriman dokumen/barang. Keempat hal inilah yang menjadi dasar keinginanku punya ruko untuk kujadikan tempat berdagang barang dan jasa.

Jika ruko sudah ada, aku tinggal mengurus ijin usaha, mencari karyawan, dan mulai melakukan pengadaan barang. Buka jasa pengiriman seperti JNE itu nggak sulit ya katanya, tinggal mendaftar dan ikuti ketentuan yang sudah ada. 

Dua target di atas, untuk memiliki atau menambah tanah dan ruko, akan terus ada dari tahun ke tahun, baik sudah tercapai maupun belum. Jika sudah tercapai tetap jadi target, berarti aku akan menambah di lokasi lain. Dengan begitu aku akan terus termotivasi untuk lebih rajin menabung dalam rangka menyiapkan kegiatan membahagiakan yang menghasilkan untuk masa tua saat suami sudah pensiun nanti.  

Rasanya, bahagia sekali jika sukses menciptakan lapangan kerja buat orang-orang yang membutuhkan. Tak harus muluk-muluk mendirikan perusahaan raksasa dengan ribuan karyawan, yang penting niat baik yang ada terwujud dulu, dijalani dengan hati, dan menjadi bahagia dengan membahagiakan orang lain.

Harapanku, tahun depan kualitas hidup harus lebih baik dari pada saat ini. Semoga saja, semua hal baik yang kuinginkan dapat terwujud. Tentunya, aku berharap pandemi ini segera berakhir, sehingga tak lagi menghalangi target banyak orang. Aamiin.


Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

19 Comments

  1. Lagi lihat foto pembukaan blog ini, duh aku selalu kesengsem sama ootd nya mbak katerin. Anyway tulisannya mbak katerin mengingatkanku kalau lebih bisa meningkatkan produktivitas. Tulisannya cantik mbak, sungguh! Tak terasa ada bagian dalam tulisan ini yang membuat saya mbrebes mili

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Julia.
      Mari tetap semangat menghadapi apapun yang terjadi, optimis dan selalu positif ya. Semoga tahun yg akan datang lebih baik lagi buat kita semua 😘

      Hapus
  2. Aku AMIN-kan semuanyaaaa Mbaaaa
    AAMIINN paling serius!!
    Mba Rien secara langsung maupun tdk langsung telah menjadi ROLE MODEL dalam kehidupan kami, para content creator. Jadi Ibu yg sigap, istri yang tangkas, bloger/vloger/fotografer yg super duper mumpuni. Semogaaaaa 2021 menjadi tahun yg lebih baiikkk dan banyak berkaaahh untuk kita semua yaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum sehebat itu mbak 😄
      Tapi kata-katamu yang sangat positif, wajib kuaminkan karena bagiku itu adalah doa. Semoga semua yang baik² jadi milik kita ya mbak. Aamiin 😇

      Hapus
  3. AMIN semoga semua doa dan usahanya terwujud dengan indha ya mbak..aku belum meluangkan waktu untuk memikirkan dan merefleksikan tujuan dna target untuk tahun mendatang semoga kita semua masih diberikan waktu dna kesempatan untuk melewati tahun-tahun mendatang ya Mbak...semangat

    BalasHapus
  4. Connecting happiness.
    Tagline nya pas banget ya Mbak Rien?
    JNE selalu mengantar paket yang membuat penerima nya bahagia
    Apalagi sering datang lebih cepat dibanding estimasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget ambu, semoga setiap hal yang membuat kita bahagia bisa jadi inspirasi buat membahagiakan orang lain. Aamiin

      Hapus
  5. Wah, luar biasa pencapaiannya. Semoga harapan di th 2021 bisa tercapai ya😀👍

    BalasHapus
  6. Aamiin, semoga diberi kemudahan dan mencapai semua impiannya Mba :)
    Sungguh pencapaian yang indah di tengah pandemi ini ya.

    Dan siap membuka lembar di tahun depan dengan indah dan semangat, semoga pandemi ini juga segera berakhir :)

    BalasHapus
  7. keren mba pencapaiannnya yaa, memang kita hidup itu harus optimis dan terus berusaha aja, apalagi di masa pandemi kaya gini kan, semoga tahun depan juga lebih baik yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu pasti, harus selalu optimis. Aamiin Shin :)

      Hapus
  8. Tetep optimis ya mba ;). Aku yakin kok, Indonesia dan semua negara yg terdampak pandemi ini bakal bangkit lagi. Ekonomi sudah kliatan membaik, terlihat juga dari IHSG yg sudah 6000 an skr. Hrg saham udah ga kebakaran :D. Krn itu aku yakin badai sudah hampir berlalu. Hanya saja kerusakannya masih ada. Waktu nya membangun kembali ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss semangat dan optimis, badai pasti berlalu, kita tinggal berlari memeluk pelangi!

      Hapus
  9. Keren bgt mbak, terutama di pencapaian tahun ini yg jadi stepping stone utk goal di masa depan (buat bisnis pariwisata). Really insipiring :")

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!