Berkat Teknologi Digital Aktivitas Belanja Online Jadi Lebih Aman dan Mudah

08.38

fenomena digital
Fenomena Digital, E-Commerce, dan Peran Logistik

Tahun 2020 sudah mau habis nih. Kurang dari dua bulan lagi tahun ini akan berganti menjadi 2021. Semoga tahun baru bisa membawa suasana dan hal-hal positif baru yang lebih baik dari tahun 2020, khususnya harapan terbebas dari pandemi COVID-19 sehingga saya bisa jalan-jalan keliling Indonesia lagi. Amiiin!

Nah, sebelum berganti tahun, masih ada sisa 2 bulan lagi yang harus dilalui, dan masing-masing bulan tersebut memiliki tanggal belanja yang asyik banget, yaitu 11.11 (11 November yang jatuh sebagai Hari Belanja Online Nasional atau HARBOLNAS) dan 12.12 (12 Desember).

 

Kalau ibu-ibu seperti saya yang doyan belanja online sih, pasti menantikan tanggal kembar itu karena akan ada banyak promo yang diberikan oleh marketplace e-commerce Indonesia. Pada momen inilah, harga barang yang didagangkan akan sangat sangat terjangkau. Yah, walaupun kadang-kadang juga ada yang cuma kasih potongan seribu dua ribu perak, haha 😂



Di era digital seperti saat ini, belanja online tidak lagi menjadi sesuatu yang sulit. Apabila 5 atau bahkan 10 tahun yang lalu belanja online itu masih menggunakan PC atau laptop, sekarang bisa melalui smartphone.


Belanja online di atas 10 tahun yang lalu mungkin terbilang sebagai aktivitas yang hanya digemari anak-anak muda. Namun di tahun 2020, dengan semakin majunya teknologi dan akses internet, nampaknya belanja online sudah menjadi kegiatan yang mudah untuk dilakukan oleh semua kalangan, khususnya ibu dua anak seperti saya.

Antarmuka online shop dan e-commerce juga sudah semakin mudah dimengerti, cara pembayaran fleksibel (bisa transfer bank lokal, kartu kredit, pembayaran melalui dompet digital hingga layanan “bayar nanti”), dan yang bikin ingin terus belanja, promonya yang berjubel dalam setiap kesempatan.


Apalagi di masa pandemi, ketika belanja di toko fisik menjadi aktivitas yang serem banget. Belanja online adalah suatu pilihan yang menenangkan hati. Tidak perlu capek cari parkir, hemat waktu, gak perlu panas-panasan, dan tidak butuh antri di kasir. Pokoknya tidak perlu khawatir bertemu banyak orang (bukan berarti saya tidak suka berjumpa orang, ya!).

Ketika belanja online, kita hanya perlu ketemu dengan abang-abang kurir ekspedisi pengiriman barangnya saja. Dan setelah paket pengiriman diterima, jangan lupa dong, semprot kotak atau kemasannya menggunakan cairan desinfektan, supaya aman. Meminimalisir resiko adanya virus yang ikut nempel.

Nah, setiap belanja e-commerce atau online shop, setelah menentukan barang mana yang ingin dibeli, pastinya kita juga bakal diminta memilih layanan kurir yang digunakan untuk pengiriman. Dari sekian banyak pilihan kurir ekspedisi yang ditawarkan, saya biasanya memilih JNE-Express.


Alasan saya mempercayakan barang belanjaan saya kepada JNE adalah yang pertama, mungkin ini agak personal sih, karena dari dulu sudah pakai jasa JNE, sebagai salah satu jasa ekspedisi yang eksis di Indonesia. Bisa dibilang, cinta pertamanya sudah jatuh ke JNE gitu.


Kemudian, alasan berikutnya adalah harga yang terjangkau dengan berbagai pilihan layanan sesuai kebutuhan, lalu ada pilihan packing kayu untuk melindungi barang berharga yang dikirim, dan yang tidak kalah penting, ketepatan waktu pengiriman barangnya dong.

 

Ada banyak pilihan paket pengiriman yang bisa dipilih berdasarkan waktu tempuhnya. Yang biasa saya gunakan adalah paket REG (Reguler) dan YES (Yakin Esok Sampai). Atau, kalau lagi bokek, bisa pilih paket OKE (Ongkos Kirim Ekonomis).

 

Saya jelaskan sedikit deh mengenai paket-paket langganan tersebut.

Yuk intip di bawah ini, ya.


Reguler merupakan layanan pengiriman JNE ke seluruh wilayah Indonesia, dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman antara 1 hingga 7 hari kerja, tergantung dari daerah yang menjadi tujuan pengiriman.


Lalu, OKE. Layanan ini juga ke seluruh wilayah Indonesia dengan tarif ekonomis dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman lebih lama dari paket Reguler, dan waktu sampai barangnya itu tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan.


Terakhir adalah YES. Paket ini memiliki waktu penyampaian di tujuan yang sangat cepat, dipastikan untuk sampai pada keesokan hari (termasuk hari Minggu dan hari libur nasional). Namun, layanan ini memiliki zona wilayah yang terbatas.

 

Kemajuan zaman dan teknologi di era digital ini sudah sangat memudahkan saya dalam melakukan aktivitas belanja secara online.

 

Nah, kalau kamu, biasanya belanja di online shop atau e-commerce mana? Dan, menggunakan jasa kurir apa? Yuk cerita di kolom komentar!


Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

20 Comments

  1. iya mbak skrg aku juga lebih sering belanja di marketplace, banyak promo..
    dan kirimnya pun pake JNE jadi pasti aman

    BalasHapus
  2. kalau di tanya, siapa pandemi ini jadi doyan belanja
    aku ngacung paling cepet mbak

    beneran lo, padahal dulu saya nggak suka banget yg namanya olshop
    terus akhirnya nyoba dan nyaman banget
    tapi memang harus super hati2 dan teliti
    terutama yg menyangkut paket....pastinya pilih JNE juga dong
    yang sudah tidak diragukan kredibilitasnya

    BalasHapus
  3. Aku suka banget belanja online. JNE masih jadi langganan sih, aman dan kurirnya juga ramah

    BalasHapus
  4. Mbak Rien cantik banget sih, betah lihatnya ....

    Hihihi maaf OOT
    Tapi setuju banget dengan statement mbak Rien, saya juga selalu pakai JNE walau jasa lain bermunculan.
    Saya pilih yang pasti pasti aja
    Layanan JNE sangat memuaskan, saya sering pilih paket reguler karena nggak buru-buru, ternyata sehari udah sampai!
    Alhamdulilah banget ya?

    BalasHapus
  5. Saya termasuk yang berlangganan pakai JNE. Mengapa? Selain dekat dari rumah, jasa pengiriman barang yang satu ini terpercaya. Saya ingat banget waktu mendekati lebaran sudah deg-degan kalau paket yang dikirim belum sampai, jadilah menghubungi pihak JNE dan ditanggapi dengan cukup baik.

    BalasHapus
  6. Kalau saya suka gonta-ganti ol shop. Tetapi, kalau jasa pengantaran biasanya pilih JNE. Karena sampenya seringkali paling cepat

    BalasHapus
  7. Tahun 2020 ini benar-benar melahirkan kebiasaan baru hampir semua keluarga, termasuk keluarga saya. Dulu yg getol belanja online itu memang hanya anak remaja, sekarang bapaknya jg ikutan. Pengiriman yg sering dipilih jg JNE ini.

    BalasHapus
  8. JNE dong, karena ada di dekat gerbang komplek eh...maksudnya karena layanannya juwaraa, belum pernah dibikin kecewa jadi ya gitu pilih yang pasti-pasti aja, enggak mau pindah ke jasa kurir lainnya sayaaa

    BalasHapus
  9. Bener ya kak sekarang pilihan belanja online jadi pilihan utama dah gitu Pengiriman yg Aman juga menunjang kyk JNE ini

    BalasHapus
  10. Aku biasa belanja di shopee suka banyak promo nya hehehe .
    kalau ada pilihan jasa kurir jne yes, aku suka pake itu biar cepet nyampe barangnya ^^

    BalasHapus
  11. di masa pandemi memang belanja online jadi pilihan paling tepat ya ka, dan sekarang sy jd keranjingan untuk beli segala macam via online selain praktis lebih aman pastinya, aplagi ada pilihan pengiriman via JNE yang pastinya rekomen banget nih lebih cepat sampainya

    BalasHapus
  12. Sekarang semua serba mudah sekarang nih,enak memang kalo uda serba mudah gini ya mba. Belanja tanpa ribet secara online ya mba gunakan ekspedisi yang tepat. Saya biasanya juga mengirimkan barang ke customer pakai JNE nih.

    BalasHapus
  13. pandemi seperti ini akubjuga makin sering brlanja online mbak...dan selalu pipih jne buat pengiriman barangnya, lebih aman soalnya

    BalasHapus
  14. Selama pandemi berasa banget ya Rien belanja on-line. Efisien dan efektif dalam banyak hal. Plus menjauhkan diri kita dari ancaman virus yang masih merebak hingga saat ini.

    JNE saat ini jadi layanan pengiriman/jasa kurir yang terbaik di kompleks ku. Ada 1 yang di dalam kompleks (jaraknya selemparan celana kolor raksasa). Kalau mau ngirim tinggal telpon. Ntar staff nya mampir ke rumah. Nah kalau butuh yang 24 jam, ada juga 1 yang masih dalam kompleks LIppo Cikarang. Itu juga bisa dijemput paketnya. Keren lah pokoknya

    BalasHapus
  15. Kalau belanja onlen yang langsung dicek selain harga adalah jasa pengirimannya apa aja, kalau ada JNE lanjut shoppingnya soalnya gampang dilacaknya dengan JNE

    BalasHapus
  16. Aku tuh penyuka sejati e-commerce. Sejak adanya e-commerce doyan banget belanja apalagi gratis ongkir hehe

    BalasHapus
  17. JNe selalu di hati. Saya setiap tanggal kembar keranjang belanja di E-Commerce penuh, dan saya suka pake JNE.

    BalasHapus
  18. Sejak masa pandemi ini aq lebih sering belanja online mbak, pilihan pengiriman juga pakai JNE yang paling cepat dan murah

    BalasHapus
  19. Sejak 2016, semua yg aku belanjakan, mg rata2 online dan JNE lah kurirny.

    BalasHapus
  20. aku sekarang hampir semua online sih. Kebutuhan rumah gt juga akhirnya ya udah beli online gitu, jne oke sekarang pelayanannya. trus enaknya lagi kalau aku kirim2 barang pun udah bisa cashless. mantep lah

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!