Tetap Produktif! Solusi Aman Perangkat Elektronik di Musim Hujan

20.00

Memasuki November, bulan yang akhirannya “ber” itu identik dengan intensitas hujan yang tinggi. Dan faktanya memang bulan ini sudah masuk musim hujan. Hujan-hujan enaknya mager (males gerak alias gelundungan di kasur aja). 


Tapi, sebagai content creator yang dituntut untuk terus produktif, aku dan anakku, Alief (YouTuber di channel Onedox) tetap harus bikin video. Ketika proses rekaman, ada banyak perangkat yang dicolokkan ke sumber listrik, mulai dari dari laptop, lighting, perekam suara, dan lainnya. 


Dalam kondisi yang cukup ribet colokan di mana-mana seperti itu, agar kabel-kabel bisa tetap rapi, aku menggunakan colokan atau terminal yang bisa menyalurkan listrik ke banyak sekaligus. 


Wajib diketahui bahwa pemilihan terminal untuk menopang banyak perangkat listrik sekaligus, apalagi yang tegangan atau voltasenya besar, tidak boleh sembarangan. Kalau sembarangan memilih, resiko terjadi konslet atau short circuit akan sangat besar. Dan, kerugian yang ditimbulkan dari akibat konslet itu, kemungkinannya akan jauh lebih besar.


Selain konslet karena kelebihan voltase, ada lagi risiko lain yang perlu diketahui ketika menggunakan perangkat elektronik, yakni listrik yang kurang stabil (labil) atau naik turun. Ternyata, bukan anak ABG saja yang labil, listrik juga, hehe.


Jika hal tersebut terus terjadi, ada kemungkinan perangkat elektronik yang ditenagai oleh listrik semacam itu akan lebih cepat rusak.


Namun, tidak perlu khawatir berlebihan mengenai masalah tersebut karena teknologi terminal atau colokan listrik sekarang sudah semakin canggih, guys!


Agar alat-alat listrik bisa berjalan dengan baik dan aman dari konslet atau listrik labil, disarankan untuk menggunakan perangkat yang tepat, dalam kasus ini adalah colokan. Disamping menggunakan ukuran kabel atau tembaga yang tentu lebih besar, teknologi yang disematkan pada colokan juga bisa mencegah terjadinya konslet dan voltase listrik berlebih.


Salah satu brand yang menyediakan produk colokan canggih yang aman, adalah APC by Schneider Electric. Mereka memiliki beragam produk colokan yang punya teknologi yang mampu meminimalisir konslet dan listrik labil, salah satunya adalah APC SurgeArrest PM5 Series.

APC SurgeArrest PM5 Series


APC SurgeArrest PM5 Series merupakan colokan 5 output yang lebih dari terminal listrik biasa karena pada setiap output-nya itu dapat memberikan surge protection atau perlindungan dari lonjakan tegangan listrik yang mungkin terjadi akibat aliran listrik yang tidak stabil, terlebih pada saat terkena sambaran petir. 


Seperti yang aku tulis di awal artikel, bulan November ini sudah mulai musim hujan, dan tidak jarang terjadi petir di luar rumah. Amit-amit deh sampai rumah tersambar petir, namun kalau sampai kejadian dan kebetulan aku dan Alif sedang proses syuting, maka APC SurgeArrest PM5 Series bisa menjadi pengaman alat-alat listrik yang sedang digunakan.


APC SurgeArrest PM5 Series bisa menjadi pilihan terbaik bagi pengguna PC atau perangkat elektronik lainnya yang sensitif terhadap lonjakan tegangan listrik. Terminal listrik ini bisa digunakan untuk perangkat elektronik apapun yang rawan mengalami gangguan listrik dan berisiko tersambar petir.

Selain itu, colokan ini juga dapat menyalurkan aliran listrik yang bersih. Jangan sampai PC mahal yang memuat data berharga jadi error karena tegangan listrik yang kurang stabil.

Apabila terjadi lonjakan tegangan listrik, APC SurgeArrest PM5 Series akan menghentikan aliran listrik secara otomatis melalui pemutus sirkuit atau circuit breaker sehingga tegangan yang berbahaya itu tidak akan sampai ke perangkat yang sedang digunakan. Nah, pemutus sirkuit memudahkan pemulihan dari kelebihan beban, jadi kita tidak perlu mengganti sekring.


APC SurgeArrest PM5 Series semakin lengkap karena sudah menggunakan teknologi EMI serta RFI Noise Filter yang bisa mengurangi line error yang dapat menyebabkan kehilangan data dan error pada keyboard.

Aku juga ingin berbagi tips untuk menjaga supaya terminal listrik bisa lebih awet dan bekerja secara maksimal. Jadi, sangat direkomendasikan untuk menggunakan produk colokan kita hanya pada tempat tertutup dengan ruangan yang kering serta sejuk. Jangan digunakan pada tempat lembab dan panas karena bisa merusak komponennya.


Kalau terminal dengan bekerja baik, maka dipastikan perangkat elektronik yang dicolokkan ke sana juga dapat bekerja secara optimal dan tentunya awet tahan lama. Kita jadi tidak perlu keluar uang lebih untuk perawatan atau mengganti baru karena kerusakan perangkat.

Nah, untuk menjamin kualitas produknya, apabila APC SurgeArrest PM5 Series yang kita miliki mengalami kerusakan, APC by Schneider Electric selaku pemilik brand memberikan garansi selama 2 tahun setelah pembelian. Kalau rusak, produk akan digantikan dengan yang baru. Persyaratannya, kita hanya perlu membawa bukti transaksi saat pembelian produk.


Jika kalian tertarik untuk menggunakan terminal listrik yang seperti aku ini, pembelian APC SurgeArrest PM5 Series dapat dilakukan di Tokopedia, atau toko-toko IT lainnya. Mudah ditemukan secara online maupun offline. Detail mengenai produk bisa dibaca pada website apc.com/id.


Berikut link official store dan social media Schneider Official Store 


Oh iya, sebelum mengakhiri. Mampir ke channel YouTube aku, Katerina S., dan Alief, Onedox, ya!


Jangan lupa subscribe juga, lho! 😍

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

11 Comments

  1. WAh iya Mbak .. .musim hujan, bisa tetiba mati listrik, bisa bikin naik tanduk imajiner. Butuh solusi APC by Schneider Electric ini ya. Btw, saya habis lihat channel YouTube anak Mbak Katerina. Mantap, masya Allah ... semoga sukses terus.

    BalasHapus
  2. produknya Schneider Electric ya mbak Rien?
    Pantesan atuh, brand papan atas,pastinya menjamin kualitas
    Rumahku dulu sering terjadi konslet mbak Rien, mungkin kontraktornya asal pilih produk
    Beberapa kali kebakaran
    Untung pernah baca cara mengatasinya, kalo nggak bakal habis deh ngga punya rumah

    BalasHapus
  3. Di rumah saya banyak bgt colokan, karena kan kami ngontrak, saklar terbagas, terpaksa pake cabel terminal tambahan disana sini. Makasih infonya, tdnya ga aware dengan bahaya konsleting ini 🙏

    BalasHapus
  4. Ngomongin listrik aku selalu merinding. Karena pernah kesetrom dan opname sampe 3 hari. Badan lemes dan susah bernafas. Jadi untuk urusan yang 1 ini bener-bener jadi perhatian penting di rumah.

    Produk Schneider memang berkualitas. Tingkat safety nya tinggi. Aku pake untuk colokan meja kerja karena paling sering berada di tempat ini

    BalasHapus
  5. Kalau sedang ikut webinar, colokan banyak wajib tersedia. Soalnya saat di tengah sesi pasti bakal ada salah satu gadget yg lowbat. Makanya harus sedia selalu. Musim hujan memang takut kesambar petir ya. Soalnya kami pernah, laptop suami mati total karena sedang online, tiba tiba petir menyambar. Begitu juga tv dan elektronik lain banyak yg rusak karena listrik sering mati mendadak. Colokannya harus yg bener aman...

    BalasHapus
  6. benar sekali mbak, klo terkait dgn peralatan listrik harus pilih yg aman dan berkualitas, bahaya klo terjadi konsleting karena perlatannya g oke

    BalasHapus
  7. Penting banget perlindungan alat listrik dari petir dan konslet ya mba, jadi pengen nyari merk ini di Jogja.

    BalasHapus
  8. Bicara peralatan listrik, tak diragukan merek schneider memang sudah menjadi pilihan utama. Bicara listrik tidak bisa dianggap sepele karena efeknya fatal jika lalai.

    BalasHapus
  9. Catet. Penting nih mBak Rien. Nanti intip ahhh

    BalasHapus
  10. betul banget, gak boleh sembrono soal listrik harus yang terbaik dan dijaga, Schneider memang ahlinya dan jadi andalan

    BalasHapus
  11. Wah buat vina ini berguna banget. Selain ceroboh main asal colok aja, kadang pernah buat padam listrik satu rumah karena korsleting. Wajib punya iniii

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!