Sukses Lomba VLOG WAUU Belitung Festival Tanjung Kelayang 2020

15.23

Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali menyelenggarakan event Festival Tanjung Kelayang. Tahun ini merupakan gelaran ke-3 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2018. Sejumlah kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan festival, salah satunya Lomba Vlog bertema WAUU Belitung. Alhamdulillah tahun ini saya kembali didaulat menjadi juri untuk Lomba Vlog tersebut, dan saya hadir di Belitung untuk penjurian.


Festival di Tengah Wabah

Festival Tanjung Kelayang 3 tahun 2020 merupakan event berskala nasional yang menjadi bagian dari Calender of Events Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Dalam keterangannya, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Edy Wardoyo mengatakan ditengah wabah pandemi Covid-19 pelaksanaan Festival Tanjung Kelayang 2020 sudah melalui pertimbangan yang sangat matang dan memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat.

"Walaupun angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Belitung sangat rendah tetapi pelaksanaan Festival Kelayang ke-3 tahun ini tetap prioritas utama mengutamakan protokol kesehatan," kata Edy dalam keterangan pers, Minggu (15/11/2020).

Baca juga tulisan saya lainnya tentang Festival Tanjung Kelayang:



Juri Lomba VLOG WAUU Belitung

Bapak Rohili, Kabid Promosi Pariwisata Kabupaten Belitung menghubungi saya via Whatsapp pada tgl. 28 September 2020. Beliau menyapa sambil mengirimkan flyer event Festival Tanjung Kelayang, dan memberitahu tentang adanya Lomba VLog pada event tersebut. 

Sapaan dan informasi tersebut membuat saya gembira dan merasa bahagia. Pasalnya, beliau masih mengingat saya dengan begitu baiknya, dan kembali mengajak saya untuk berpartisipasi sebagai juri. Sebuah kejutan yang indah di tengah wabah yang masih mendera.

Menjadi juri di event berskala nasional yang diselenggarakan olek KEMENPAREKRAF RI tentu menjadi sebuah kehormatan, sekaligus kebanggaan karena 3 tahun berturut-turut masih dipercaya melakukan penilaian terhadap lomba Vlog yang bertema pariwisata Belitung.

Dengan segenap kemampuan dan rasa terima kasih, saya menyanggupi kesempatan baik itu.





Belitung Terindah Covid Terendah

Amankah traveling di era new normal? Rasa ragu itu menghinggapi saya karena ini perjalanan ke Belitung, saya harus naik pesawat, bertemu banyak orang di bandara, dan bersama dalam satu pesawat. 

Wajar jika saya merasa khawatir. Bahkan, kekhawatiran itu saya sampaikan kepada Pak Rohili. Namun, beliau meyakinkan saya bahwa perjalanan ke Belitung akan baik-baik saja jika saya taat menjalankan protokol kesehatan serta menjaga diri dengan baik. "Bismillah Mbak Katrin," ujar beliau.

Saya sempat berargumen dengan Pak Rohili, di antaranya tentang cara penilaian lomba yang bisa dilakukan tanpa harus datang ke Belitung. Panitia tinggal mengirimkan daftar peserta dan link video yang dilombakan, lalu saya menilai dari rumah. Hasilnya nanti saya kirim lagi via email. Zaman serba online begini, penilaian lomba seperti ini bisa dilakukan dari jarak jauh. Kecuali, lomba Fashion misalnya, juri harus ada di tempat karena peragaan busana harus dilihat langsung dari dekat. Sedangkan lomba vlog, tinggal saya tonton dari youtube di channel masing-masing peserta.

Tapi kemudian, setelah saya mendengar penjelasan Pak Rohili, bahwa kehadiran saya di Belitung akan punya arti sendiri bagi event, membuat saya bukan hanya luluh dan yakin, tapi jadi bersemangat. Akhirnya, saya menyatakan berangkat, dan siap berada di Belitung sesuai permintaan.

Setelah fix akan berangkat, saya mulai melakukan persiapan. Membaca berbagai berita terbaru mengenai kasus Covid-19 di Belitung, dan ternyata Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi dengan kasus Covid-19 terendah dan Belitung jadi yang terendah di provinsi. Itu sebabnya pula pelaksanaan festival Tanjung Kelayang mendapat restu dari Kemenparekraf RI. 

Jika saya lihat lagi, iya juga ya. Festival di daerah lain, yang biasanya heboh dan banyak diperbincangkan, tahun ini pada sepi tak ada suaranya. Mungkin karena kasus Covid-19 di daerah-daerah tersebut tergolong tinggi dan beresiko besar jika festival tahunan tetap diadakan? Mungkin aja kan? Yang pasti ada data sehingga "restu" bisa turun atau enggak.

Dapat cinderamata dan oleh-oleh dari Dispar Kab Belitung yang diserahkan oleh Pak Rohili, Kabid Promosi Dispar Belitung.
 

Sukses Lomba VLOG WAUU Belitung

Kedatangan saya ke Belitung kali ini terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya saya datang bersama rombongan blogger yang ingin berangkat bareng dengan saya untuk berlibur di Belitung, kali ini sepi, saya hanya berdua anak. 

Tiba di Belitung 1 hari lebih cepat dari jadwal undangan Pak Rohili, saya hanya pergi ke Pulau Leebong untuk mengajak anak saya berlibur di sana. Setelahnya, saya kembali ke Tanjung Pandan. Selama di Tanjung Pandan saya tidak kemana-mana, jangankan jalan-jalan mengunjungi objek wisata, pergi kulineran di kota saja enggak.

Saya sengaja di hotel saja. Selain agar anak saya istirahat setelah 2 hari puas bermain air di Pulau Leebong, saya juga punya banyak pekerjaan yaitu menonton 78 video lomba Vlog WAUU Belitung. 

Alhamdulillah peserta lomba video tetap ramai meski masih pandemi. Lomba Vlog digelar sejak bulan September hingga November, memang waktu yang cukup untuk berpartisipasi, terutama bagi para vlogger lokal. Kualitas video peserta kini makin baik, dan konten kian beragam.

Ada beberapa aspek yang saya perhatikan dalam melakukan penilaian vlog, di antaranya: kesesuaian tema, gaya dan susunan dari isi video, kreativitas, konten, kualitas, tata bahasa, dan pastinya si vlogger wajib ada/hadir untuk bercerita dalam video, serta beberapa hal khusus lainnya. Setelah memperhatikan hal-hal tersebut, saya dapat memberikan kesimpulan atau kesan secara keseluruhan, apakah video yang disampaikan atau dipresentasikan menarik dan menambah minat penonton terhadap pariwisata Belitung😉

Setelah sehari semalam menilai video, saya akhirnya mendapatkan TOP 30 video. Untuk mengerucutkannya menjadi 5, saya harus menonton ulang sampai 3 kali. Dari 78 menjadi 30, dari 30 menjadi 10, dari 10 menjadi 5, dan inilah yang terbaik dari semua video:

PEMENANG LOMBA VLOG 2020

1. ICHA MUA_BELITONG
Link video: https://youtu.be/k8zUhFJClR0
Tema: Baju adat Belitung
Judul: Penelusuran Baju Adat Belitung || WAUU BELITONG || Vlog Competition Festival Tanjung Kelayang 2020 (durasi 2:59)

2. Vera Pazilia
Link video: https://youtu.be/LA9P-yUhCAE
Tema: Wisata Tanjung Tinggi, Gunung Kubing, dan Gusong.
Judul: Vlog Competition Festival Tanjung Kelayang 2020 | Diary to Tanjung Tinggi, Gunung Kubing, Gusong Dll (durasi 2:59)

3. Gery Genaldy
Link video: https://youtu.be/TrpcJxEb0H8
Tema: Keliling KV senang
Judul: Keliling Kv.senang || Vlog Competition Festival Tanjung Kelayang 2020 (durasi 2:44)

4. Eddie Cheever
Link video: https://www.youtube.com/watch?v=1qdzVMH5bxQ&t=18s
Tema: Belitung Surga Fotografi
Judul: Belitung Surga Fotografi | VLOG COMPETITION FESTIVAL TANJUNG KELAYANG 2020 (durasi2:59)

5. Oscar
Link video: https://youtu.be/waCosSIHRyw
Tema: Makan Bedulang khas Belitong
Judul: Makan Bedulang khas Belitong || WAUU BELITONG || Vlog Competition Festival Tanjung Kelayang 2020 (durasi 3:00)

Pemenang lomba Vlog WAUU Belitung sudah diumumkan oleh Dinas Pariwisata Kab Belitung pada tgl. 19 November 2020 di acara puncak festival (penutupan). Saya tidak hadir di acara pengumuman tersebut karena tgl. 19 saya sudah kembali ke Jakarta.

Selamat buat para pemenang! Sukses buat panitia atas terselenggaranya event Lomba Vlog WAUU Belitung di Festival Tanjung Kelayang 3.

Bersama Pak Rohili saat saya berkunjung ke Kantor Dinas Pariwisata Kab Belitung (Kamis, 19/11/2020)


Terima Kasih Dispar Belitung!
Saya sangat berterima kasih kepada Dispar Belitung untuk banyak hal.

Pertama, telah mempercayai saya kembali menjadi juri pada Lomba Vlog WAUU Belitung di event Festival Tanjung Kelayang Belitung 3 tahun 2020.

Kedua, telah memberikan saya akomodasi yang baik selama di Belitung, diinapkan di Hotel BW Inn, hotel yang sesuai dengan permintaan saya. Dapat kamar yang bagus, serta layanan yang baik di sana, sehingga bisa tinggal dengan nyaman bersama anak saya selama 3 hari 2 malam.

Ketiga, buat Pak Rohili yang telah menyetir sendiri, menjemput saya di Pelabuhan Tanjung Ru saat menuju hotel BW Inn di Tanjung Pandan (17/11/2020). 

Dan masih banyak hal lainnya yang saya terima, yang membuat saya sangat senang sekali menjadi bagian dari festival besar ini, termasuk oleh-oleh khas Belitung yang begitu banyak, alhamdulillah dan terima kasih.

Sukses selalu untuk Pariwisata Belitung. 

Terus bangkit di tengah wabah yang belum berlalu. Semoga event Festival Tanjung Kelayang dapat terus terselenggara dan sukses, menjadikan Pariwisata Belitung maju dan jadi yang terbaik.

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

11 Comments

  1. Khanmaeen dinas pariwisata Belitung ini selalu ALL OUT bin TOTAL buangettt kalo bikin event ya Mba.
    Beneran kece nih penyelenggaraannya, ngga heran banyak yg antusias ikut.
    Vlog Pemenangnya juga keren keren sangaatt!

    BalasHapus
  2. Seru banget pasti ya, eventnya. Cuma bisa mupeng deh, di sini.

    BalasHapus
  3. Dududuuuu itu toh yang kemaren seliweran di instagram feed ke Belitong! Kebayang puyengnya melototin video sebanyak 78 biji!

    BalasHapus
  4. Daaan aku udah kunjungin semua link youtube mereka! Bener bener menonjolkan adat di Belitung ya!

    BalasHapus
  5. Wah... seru sekali kelihatannya acaranya ya Mbak. Ikut senang dengan kesuksesan acaranya. Sehat-sehat terus Mbak Katerina :)

    BalasHapus
  6. seneng bacanya mbak Rien
    Ada lomba vlog di festival tanjung kelayang
    karena sekarang YouTube jadi media murah meriah untuk marketing
    Semua orangbuka YouTube, dari pejabat hingga PKL yang sedang menunggu dagangannya
    Semoga berlanjut diadakan tiap tahun dan sukses ya

    BalasHapus
  7. Masya Allah, pengalaman yang sungguh luar biasa ya Mba. Jadi semakin kagum saja saya sama Mba Katerine. Semangat selalu ya Mba.

    BalasHapus
  8. Barakallahu Mbak Rien yang terus dipercaya menjadi juri Lomba Vlog WAUU Belitung, semoga terus berlanjut dan menginspirasi nih siapa tahu tahun berikutnya daku bisa ikutan lombanya 😍

    BalasHapus
  9. Belitung .... Pengen banget bisa ke sana. Keren ya lomba yang diadakan pemerintah di sana. Btw selamat buat semua peserta dan pemenang! Kalian hebat

    BalasHapus
  10. Lomba-lomba seperti ini akan bermanfaat banget yaa mb untuk pariwisata dan sekaligus membangkitkan semangat generasi muda mencintai budaya sendiri. Keren banget acaranya mana hadiahnya bikin mupeng hihi. Semoga bisa selalu diselenggarakan tiap tahun.

    BalasHapus
  11. Wah..selamat ya mba sukses sebagai juri dalam gelaran lomba Belitung ini
    Pasti jadi sebuah pengalaman dan kesempatan berharga juga menyenangkan

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!