Begini Jadinya HP Gaming ROG Phone 3 di Tangan Seorang Travel Blogger

12.52

ASUS ROG PHONE 3 - Kebutuhan paling pokok dari smartphone yang akan dipakai traveling adalah baterai besar, penyimpanan besar, dan kamera mumpuni. Apakah kriteria tersebut ada di smartphone khusus gaming? Mari kenali kehebatan hp gaming sekelas ROG Phone 3 yang nggak cuma jadi senjata andalannya para gamer saat bermain game di HP,  tapi juga sangat bisa dijadikan teman setia dalam perjalanan! 

camera rog phone 3
ASUS ROG Phone 3 - HP Gaming Andalan Para Gamer - Sahabat Baik Traveler
 

Aku dan Dunia Traveling

Bepergian untuk jalan-jalan, berkunjung ke tempat baru dan menikmati suasana di luar rutinitas selalu menyenangkan, terutama buat orang yang senang traveling seperti saya. 

Bagi saya traveling adalah hobi terbaik yang bukan sekadar jalan-jalan untuk melepas penat, atau sekadar membahagiakan diri sendiri, tapi untuk mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai oleh angka-angka, seremeh apapun itu bagi orang lain. 

Traveling dapat mengayakan sudut pandang. Saya percaya itu.

Ketika masih banyak orang yang hanya bisa menilai sesuatu dari perspektif dirinya saja, mau itu positif ataupun negatif, maka dengan mengunjungi berbagai tempat, bertemu orang-orang, menyaksikan bermacam budaya dan tradisi, melihat cara suatu masyarakat dalam menjalani kehidupan, seharusnya membuat seseorang bisa melihat bahwa setiap orang punya perspektif yang berbeda terhadap suatu hal. Dari sinilah kemudian kita bisa belajar untuk lebih menghargai pendapat orang lain, menghargai pemikiran orang lain, bahkan menjadikan pemikiran orang lain menjadi inspirasi dalam pandangan kita. 

Berkat traveling saya bisa merasakan menjadi orang yang tahu cara keluar dari zona nyaman, luwes menerima perubahan, tahu cara menjaga emosi, memiliki kepercayaan pada orang lain, dan berani menaklukkan rasa takut.

travel photographer
Traveling - Melihat Pesona Indonesia di Pulau Padar - TAMAN NASIONAL KOMODO
 

Travel Photographer 

Salah satu kegiatan yang paling saya sukai ketika pergi jalan-jalan adalah mengambil foto yang menarik dan membuat video yang mengesankan. Dengan begitu saya dapat mengabadikan momen seru dan unik yang dirasakan ketika traveling. Apalagi saya seorang blogger yang juga travel influencer, semua yang saya jumpai saat jalan-jalan dapat saya jadikan konten.

Saya selalu ingin menceritakan pengalaman mengunjungi suatu tempat dengan cara mengunggahnya di blog dan media sosial seperti Instagram dan Facebook agar orang lain dapat melihat dan ikut merasakan keindahan sebuah objek dari sudut pandang saya.

Kegiatan inilah yang kemudian mengantarkan saya dari seorang travel photographer menjadi travel writer yang tak sekadar menulis di blog dan media sosial, tapi juga di buku, koran, dan majalah. Tak sampai di situ saja, saya kemudian menjadi travel influencer, dan mendapatkan penghasilan dari sana. 

travelgram
Menjadi Travel Photographer 
 

Bersahabat Akrab dengan Camera 

Travel photographer, travel writer, travel blogger, travel influencer, apapun itu namanya, bagi saya banyak kesamaan. 

Sama-sama melakukan perjalanan, mengambil foto & video, dan menulis cerita untuk berbagi informasi wisata di berbagai media offline maupun online. Semuanya menggunakan kamera untuk mengambil gambar, laptop untuk mengolah artikel, dan smartphone untuk mengunggah cepat ke media sosial bahkan ketika sedang jalan-jalan.

Jenis kamera yang saya pakai biasanya menyesuaikan dengan aktivitas yang akan dilakukan saat traveling. Kadang saya membawa kamera DSLR khusus untuk hunting foto, mirrorless untuk kegiatan traveling santai, action cam untuk adventure, atau kamera ponsel saja yang serba ramah untuk berbagai aktivitas.

Dulu saya selalu kerepotan kalau bepergian karena belum pandai memilih mana yang harus dibawa, dan mana yang enggak perlu. Tapi sekarang udah pinter dong, selalu rangking satu kalau soal pilah-pilih barang bawaan 😂

travel fotografer
Senjata Andalan Travel Photographer

Mengabadikan Moment Selama Perjalanan 

Saya termasuk pejalan yang selalu antusias mengabadikan setiap moment yang dijalani termasuk ketika masih di perjalanan seperti saat di terminal, stasiun maupun bandara.  

Dulu, ketika kamera ponsel belum secanggih sekarang, saya selalu mengandalkan kamera DSLR untuk memotret apa saja dan di mana saja. Kepuasan memotret didapat, tapi efek sampingnya menyiksa. Demi foto berkualitas tinggi, sakit di pergelangan tangan dan bahu rela diderita. 

Bagaimana tidak bikin sakit, kamera DSLR yang saya pakai berukuran besar dengan berat lebih dari 2 kilogram! Saya kan nggak selalu bepergian dengan suami, nggak pula punya asisten khusus buat bantu motret, jadi semua peralatan memotret termasuk tripod, lensa, dan lainnya semua dibawa sendiri. 

Betapa tidak ringkasnya membawa kamera profesional jika foto yang diambil moment sekilas saja sekadar untuk keperluan media sosial dan blog. Lain halnya jika untuk keperluan foto serius yang bersifat komersil seperti zaman saya aktif tiap bulan menulis artikel di majalah pesawat, memang wajib pakai kamera DSLR supaya dapat gambar beresolusi tinggi. 

Itu sebabnya kemudian saya beralih ke kamera Mirorrless yang jauh lebih ringan dan kecil. Masalah beban pun teratasi, tapi ternyata masih menyisakan kekurangan lainnya, yang akhirnya membuat saya mulai mengandalkan kamera ponsel ketika membuat foto perjalanan yang sifatnya sekilas. 

Kamera Ponsel Jadi Andalan Untuk Mengambil Foto Sekilas 
[if: ROG Phone 2 - Berfoto di Bandara Internasional Soekarno Hatta]
 

Traveling dengan Kamera Ponsel

Jika bukan digunakan untuk kebutuhan fotografi profesional, maka kamera smartphone sudah sangat cukup untuk menangkap selayang moment dan tempat-tempat tak terlupakan.

Secara kualitas, kamera ponsel memang jauh dibanding DSLR. Tapi itu dulu. Kini seiring berkembangnya teknologi, kualitas kamera ponsel sudah semakin membaik. Ini terlihat dari hasil foto kamera ponsel yang saya ambil 10 tahun lalu, jelas beda banget dengan hasil foto kamera ponsel terbaru yang kini saya pakai. 

Saat ini, standar kamera handphone sudah mencapai puluhan hingga ratusan Megapixel. Mulai dari 40, 50, hingga 108 MP untuk kamera belakang, dan 32 hingga 40 MP untuk kamera depan. Bahkan sudah banyak handphone dengan fitur dual-camera, triple-camera, hingga quad-camera sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan fotografi traveling. 

Mau yang mana, kita bisa bebas memilih di pasaran.

  
 
Ini kelebihan Traveling dengan Kamera Ponsel:
  • Kamera ponsel sudah tentu selalu standby, siap dan mudah di gunakan jika ada moment seru yang mendadak.
  • Hasil foto bisa langsung diunggah ke media sosial secara real time. Memang sih, saat ini kamera DSLR dan Mirrorles sudah pada punya fitur WiFi sehingga praktis untuk transfer foto ke smartphone, tapi tetap ada durasi, nggak secepat mengunggah hasil foto langsung dari kamera ponsel.
  • Praktis membawanya saat berada di lokasi, bisa masuk saku karena kecil dan tipis.
  • Bobotnya ringan. Kita bisa lebih praktis beraktivitas saat mengabadikan momen. Memudahkan untuk bergerak dan memberikan respon cepat terhadap objek yang akan diambil.
  • Kamera ponsel lebih ramah terhadap objek yang hendak difoto, karena tidak intimidatif bila dilihat dari ukuran. Ukuran biasanya sangat berpengaruh sebab orang asing yang kita temui di perjalanan / destinasi, mereka cenderung sungkan difoto jika kita membawa kamera berukuran besar.
  • No sakit dan pegal-pegal. Jelas ramah banget bagi pergelangan tangan, bahu dan punggung. 


Di mana ada kelebihan di situ ada kekurangan. Begitu pun kamera ponsel yang dibawa traveling. Hal yang biasa terjadi di antaranya:
  • Baterai cepat habis. Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan pada sebuah smartphone, bukan? Mulai dari menelpon, mencari informasi dan berbagi informasi, mengerjakan tugas, mengirim berkas, melakukan transaksi jual beli, hingga menikmati hiburan. Gak heran kalau daya cepat terkuras. Ditambah dipakai traveling dengan aktivitas mengambil gambar seharian lalu melakukan editing, wassalam deh baterainya. Repot itu pasti karena mesti mencari sumber listrik untuk mengisi daya. Saya sudah mengalami pergi ke pedalaman tanpa powerbank dan nggak ada sumber listrik, kelabakan! Kegiatan mengambil foto terhenti total. 
  • Ruang penyimpanan terbatas. Semakin banyak mengambil foto dan video, ruang penyimpanan bakal cepat penuh. Apalagi kalau travelingnya lama, gak bawa laptop pula buat transfer file. Wah ngeselin! Sempitnya ruang penyimpanan juga akan mempengaruhi kinerja, hp jadi lemot. Makin nyebelin banget ini. Bisa-bisa hp kena banting saking kesalnya he he.
  • Kamera belum mumpuni. Lensa fix, sensor kecil, shutter buruk, noise banyak, flash kurang kuat, fitur sedikit, semua menghasilkan kualitas foto yang rendah. Sudah capek-capek mengambil gambar, hasilnya mengenaskan. Huh!

Tapi, percayalah. Zaman now, smartphone canggih banyak bermunculan. Semua kekurangan itu kini bisa dilenyapkan dengan mudah, semudah melupakan mantan! Asal punya duit! Kenapa? Karena harganya so pasti nggak murah gaes!😂

Yesss! Pada tahu kan, kini sudah banyak smartphone yang dibekali spesifikasi hampir sama bahkan lebih besar dari kamera profesional. Smartphone dengan kamera berjumlah hingga 4 sekaligus banyak bermunculan. Jadi, sudah bukan saatnya lagi halu untuk punya satu HP yang memiliki banyak kamera. HP dengan banyak kamera ini masing-masing lensanya memiliki peran penting. Terutama untuk pencinta fotografi seperti saya, bakal berguna dibawa traveling. Yuhuuuu!
ROG Phone 3 - Triple Camera


Kamera ROG Phone 3 Melenyapkan Kehaluanku!

Terus terang saat ini saya sedang dilanda resah karena HP yang sekarang jadi daily driver sudah mulai mengalami banyak penurunan. Kinerjanya udah nggak oke, produktivitas jadi ikut turun. Mungkin faktor usia, ia tak lagi semenawan ketika masih muda dan jaya-jayanya. Kehebatannya sudah ditenggelamkan oleh produk-produk hape terbaru yang kameranya udah berbiji-biji. *biji cuy! 😆 

Keresahan lainnya karena kawan saya si Askar, pemilik IG @juarazr, terlalu gencar menyodori saya HP merek buah, katanya; "Ini cocok banget dengan image Katerina."  Duh!

Hellooo Askar....image sih cocok, tapi nih dompet isinya nggak cocok! 

"Ya sudah, beli yang harganya lebih terjangkau tapi kualitas tetap tinggi, sempurna buat kakak foto-foto saat traveling!"

Lalu, saya disodori apa coba? ASUS ROG Phone 3! 

"Apaaa? HP Gaming??? Benarkah yang kau katakan itu, Rhoma?" 😝
 
Drama dimulai, tapi kehaluan memudar seiring dengan terpampangnya spesifikasi sebuah HP gaming yang kedahsyatannya tak tertandingi. 
HP gaming bisa diandalkan buat traveling?

 
HP Gaming Punya Kamera Bagus? Halu??

Saya bertanya pada diri saya sendiri tentang apa yang saya ingin dari sebuah kamera ponsel, baik untuk penggunaan harian, maupun untuk keperluan foto traveling. Pastinya banyak. Ya namanya manusia, maunya nggak bisa sedikit, padahal duitnya sedikit haha. 

Kalau bicara soal travel fotografi, sekali lagi ini dilihat dari sudut pandang saya sebagai penggemar fotografi dan jalan-jalan, berikut kriteria yang akan saya lihat dari sebuah ponsel:
  1. Kamera primer bagus dan kamera selfie mumpuni
  2. Daya tahan baterai dan kecepatan pengisian
  3. Memori internal besar
  4. Desain ergonomis
  5. Tahan benturan dan goresan
  6. Konektivitas handal
  7. Performa keseluruhan bagus

"Ya udah mbak, pakai ROG Phone 3 aja.," lanjut Askar.

Helooow Askar....kalau mau kasih rekomendasi hape dengan kamera kece, kenapa hape gaming? Kesambet apaan deh kamu 😁

"Kesambet ROG mbak! Emang belum tahu kehebatan kamera ROG Phone 3 kayak apa? Nih gue kasih tahu!"

Askar ngegas 💥

Kamera ROG Phone 3


Anti Halu Berkat Kamera MUMPUNI
 
Berhubung saya sudah kenyang pakai hp dual camera, jadi selanjutnya memang mesti coba yang triple camera seperti yang tersemat pada ASUS ROG Phone 3. 

Tapi kan, pinginnya langsung 10 camera aja gitu...

Helow, mau sukses naik gunung aja nanjaknya satu-satu dari bawah buk, gak ujug-ujug loncat langsung sampai di puncak! Hadeuh 😅

Ok baiklah, naiknya satu-satu dulu ya biar ada pengalamannya. Sekarang, hp dengan 4 atau 5 kamera silakan minggir dulu dari hadapan saya, ok?

Jadi gini lho kameranya ROG Phone 3 itu:
  • Main rear camera: 64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2x1 OCL PDAF, LED flash
  • Second rear camera: 13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera
  • Third rear camera: 5MP Macro, F2.0 27mm equivalent focal length in 35mm film camera
 
Dan, ini lho about VIDEO RECORDING-nya:
  • 8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)
  • 4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps
  • 3-axis electronic image stabilization for rear cameras
  • Time Lapse (4K)
  • Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)
  • Take still photo while recording video
 
Gimana? Kaum masih pakai hp yang speknya udah mulai ketinggalan kayak saya langsung kejengkang manja dong. Pasalnya, ini kan HP gaming. Gamer pakainya bukan buat foto-foto gembira, tapi buat bermain game dengan gagah perkasa dan mencapai kemenangan tanpa banyak kendala dan rintangan. Tapi ternyata, kameranya nggak sembarangan!

Saat ada kesempatan buat menjajal ROG Phone 3, hal pertama yang saya lakukan adalah testing video. Hoho. Beda banget ya saya tuh. Jika para gamer langsung ngegas bermain game, saya malah tancap gas motoran sambil videoan 😂 

Nggak percaya? Silakan langsung tonton videonya di channel saya. Masih fresh dari dapur kontennya Katerina lho, check it out:


Anti Goyang Anti Buram Berkat EIS dan OIS

Saya ngebet banget pingin videoan sambil motoran karena ingin melihat sendiri fungsi dari fitur OIS (optical image stabilization) dan EIS (electronic image stabilization) yang dimasukkan dalam kamera ROG Phone 3 akan seperti apa. 

Hasilnya, lihat sendiri pada video tersebut, kamera menghasilkan resolusi gambar yang tajam, nggak goyang meski motor berguncang ketika melewati lubang atau pun speed bump (polisi tidur), gambar tampak mulus laksana wajahnya Kim Soo-Hyun yang berkilau di bawah sinar rembulan 😂

Dulu, fitur image stabilization hanya bisa ditemukan di perangkat kamera profesional, seiring perkembangan teknologi fitur ini kini bisa dijumpai di smartphone mid-range dan high-end. Teknologi tersebut kemudian dikembangkan lagi hingga terciptalah beberapa jenis image stabilization, di antaranya Optic Image Stabilization dan Electronic Stabilization. 

OIS buat mengatasi buram pada video akibat gerakan yang terjadi saat perekaman. Sedangkan EIS mengatasi masalah yang terjadi akibat guncangan, memperbaiki frame demi frame sehingga menghasilkan gambar yang stabil. Nah, berkat kedua sistem image stabilization inilah kamera ASUS ROG Phone 3 bisa menghasilan video yang stabil. 

Di tangan saya gambar yang diambil tanpa teknik perekaman yang disarankan saja bisa enak dilihat, apalagi dilakukan dengan profesional, misal cara meletakan posisi tangan yang tepat saat memegang hp, atau ditambah pakai tongsis/gimbal, wah bisa makin mantap banget videonya.

Kebayang ya kalau dipakai saat traveling, bakal banyak moment seru yang terekam dengan indah dalam sebuah video yang enak dilihat. 

Berterima kasih banget sama Asus yang telah menambahkan fitur perangkat lunak yang ditingkatkan termasuk Pro Video Mode serta Free Zoom, Wind Filter dan fungsi Acoustic Focus untuk membuat kualitas video jadi menakjubkan. 
Pengaturan video 
 
Pengaturan Foto


Foto Keren Berkat Kamera Berkualitas

Setelah video, testing berikutnya baru foto. Sekali lagi, sebagai seseorang yang suka banget jalan-jalan dan melakukan foto-foto saat jalan-jalan, kamera sudah pasti bakal sering digunakan untuk memotret. Dan saya lebih suka memotret dengan mudah tapi hasilnya harus bagus.

Mudah tapi bagus lho ya, bukan murah tapi bagus 😂 Mana ada hp dengan kamera bagus tapi murah meriah kayak harga cabe di pasar.

Sistem triple kamera pada ROG Phone 3 memang dirancang untuk menghasilkan foto berkualitas luar biasa dalam pengaturan apa pun. 

Fitur utama kamera yaitu kamera wide pada HP ini menggunakan sensor kelas flagship yaitu Sony® IMX686 64 MP memang dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan layaknya hasil foto kualitas kamera profesional yang sarat informasi. Apalagi jika ditambah dengan sense sebagai fotografer, hasil foto lanskap dari kamera wide ini tentu akan lebih apik dan dramatis hanya dalam satu kali jepret.

Berikutnya kamera kedua ultrawide angle 13 MP. Kamera ini versi lain dari kamera wide yang dapat menangkap gambar dengan jangkauan yang lebih luas seperti pantai, gunung, dan foto orang banyak dalam satu kali jepret. Hasilnya? Tajam. 

Kamera ketiga adalah kamera makro 5 MP yang cocok buat memotret objek berukuran kecil. Saya sih kalau sedang jalan-jalan jarang memotret objek kecil, tapi kamera ini pasti berguna untuk keperluan foto tertentu.

Terdapat juga kamera depan 24 MP untuk selfie grup dan video streaming langsung berkualitas tinggi. Dengan banyak pilihan kamera, ROG Phone 3 sangat memudahkan dalam pengambilan gambar. 

Pengaturan mode kamera ROG Phone 3 terdiri:
  • Video, Pro Video, Time Lapse, Slow-Mo, Motion Tracking
  • Photo, Portrait, Panorama, Night, Pro, Macro
Mode PHOTO -  f/1.8 - 16:9  

Mode PRO - f/2.4 - ISO 25 - 4:3
 
Kiri: ultra wide camera, Kanan: wide camera

Camera ROG Phone 3

Camera ROG Phone 3

Camera ROG Phone 3


Anti Panik Berkat Baterai Besar, Motret Lebih Puas

Jalan-jalan itu butuh tenaga besar biar kuat keliling dari satu tempat ke tempat lainnya. Begitu juga HP, butuh baterai besar bisa bisa menemani jalan-jalan seharian. Coba kalau kecil dan lemah, duh bikin nggak puas. Ya emang sih, segala sesuatu yang kecil dan mudah lemas itu emang bikin kesal, ye kan? 😜

Nah, ROG Phone 3 punya daya yang sangat kuat dan tahan lama berkat baterai berkapasitas tinggi yaitu 6.000 mAh. Dengan baterai sebesar ini, ASUS ROG Phone 3 sangat cocok untuk jadi partner traveling.  Pastinya, sebagai HP gaming, ROG Phone 3 menjamin para gamer dapat menikmati pengalaman bermain game terbaik dalam durasi yang lebih lama.

Nggak cuma itu, baterai ROG Phone 3 bahkan dilengkapi dengan sistem pengaturan baterai khusus yang memungkinkan pengguna untuk mengatur sendiri mode penggunaan baterainya. ASUS juga menyediakan mode pembatasan pengisian baterai sehingga dapat diisi ulang baterai secara terus-menerus tanpa mengurangi durabilitas baterai secara keseluruhan. 

Dengan kehebatan baterainya, nggak cuma gamer, pengguna seperti saya yang menjunjungnya untuk keperluan jalan-jalan jadi amat dimanjakan. Motret selama liburan jadi makin santai, seru dan tidak khawatir baterai cepat lowbatt.


Anti Macet Berkat Memory JUMBO
Punya storage besar pada sebuah smartphone sangat penting! Segala aktivitas akan lancar dan hp bisa dipakai dalam jangka waktu lama. 

Seberapa besar storage yang ideal tergantung dari aktivitas penggunaan. Jika untuk bermain game, jelas butuh ROM dan RAM yang lapang. Itu kenapa ROG Phone 3 dicipta dengan spesifikasi gahar yaitu storage yang super lega supaya semua game dapat berjalan lancar tanpa kompromi.

ROG Phone 3 menjamin performa terbaik karena didukung memori LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan ultra-cepat UFS 3.1 ROM berkapasitas hingga 256GB. Di tangan travel fotografer, penyematan storage sebesar ini sangat tepat guna terlebih untuk menyimpan foto dan video. Berkat dukungan inilah ROG Phone 3 unggul dari semua smartphone yang ada di pasar saat ini. 

Jika buat bermain game saja bisa sangat kencang, untuk kebutuhan traveling jelas tak ada lawan. Kita bisa sangat bebas mengambil foto dan video sebanyak yang kita mau, melakukan editing sambil memutar musik, diselingi bermedia sosial dan mencari informasi secara bersamaan, semua bisa dilakukan tanpa khawatir hp jadi ngelag. Bahkan mau sambil nonton drakor pun no problemo Ferguso!


Anti Panas berkat Sistem Pendingin Canggih

Pernah nggak HP jadi panas akibat kelamaan dipakai mengambil gambar? Sering banget dong. Salah satu saja nih, tahun 2017 saya pernah Bamboo Rafting di Way Besar dan Trail Adventure di Kab. Way Kanan Lampung. Aktivitasnya seharian! Sepanjang mengarungi sungai dan nge-trail di dalam hutan saya videoan, batrenya awet tapi panasnya astaga, rasanya itu HP mau saya rendam di sungai biar dingin 😂

Nah, ROG Phone 3 jelas beda jauh dong. Baterai jauh lebih besar (2 kali lipat dari  batre hp saya saat itu!), didukung pula oleh sistem pendingin canggih!

Yak, HP sultan satu ini siap mengatasi masalah tanpa masalah berkat adanya sistem pendingin GameCool 3 yang dilengkapi 3D Vapor Chamber dengan dengan heatsink yang lebih besar dari sistem pendingin generasi sebelumnya. Heatsink tersebut dirancang secara spesifik untuk menghantarkan panas dari komponen utama di ROG Phone 3 dan melepaskannya di ventilasi udara yang terdapat di bagian belakang smartphone. 

Berkat pendingin tersebut ROG Phone 3 dapat berjalan sempurna tanpa thermal throttling, nggak cuma saat dalam sesi gaming panjang, saat dipakai motret seharian pun no problemo.

Sudah senang? Tunggu, masih ada lagi AeroActive Cooler 3 untuk performa pendinginan yang lebih baik. Makin mantabs to the max deh pokoknya pakai ROG Phone 3. Dijamin anti resah dibawa jalan-jalan oleh orang seperti saya yang aktivitas motretnya sudah seperti bernafas 😅

GameCool 3 ini biar ROG Phone nya nggak cepat panas gaes

Pakai AeroActive Cooler 3 biar makin dingin


Anti Bosan Berkat Layar Besar
Saat melakukan perjalanan panjang berdurasi lama, ada kalanya dihantui kebosanan. Kalau saya sih banyak cara buat membunuhnya. Bisa dengan menyibukan diri mengedit foto/video, mendengarkan musik, bahkan menonton film atau drama, atau bermain game bagi yang gemar.

Nah, yang bikin happy tuh ROG Phone 3 ini punya visual terbaik yang memang dicipta untuk gaming. Tentu saja, buat nonton drama/film bakal asoy banget. Pasalnya, ROG Phone 3 dilengkapi layar kencang 6,59 inci dengan refresh rate 144Hz dan response time 1ms yang WOW bingits gaes! 

Selain itu, layar yang digunakan ROG Phone 3 ini juga mendukung teknologi 10-bit display dan HDR10+ sehingga dapat menampilkan konten secara detail dengan warna yang akurat. ROG Phone 3 bahkan mengadopsi layar dengan nilai Delta E < 1 yang artinya warna dapat ditampilkan dengan sangat akurat di smartphone gaming ini. 

Untuk meminimalisir efek mata lelah saat digunakan, ROG Phone 3 juga sudah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced. Wah, yang berlama-lama main game bisa santai aja nih ama matanya, cocoklah buat yang suka nonton drakor berjam-jam kayak saya haha

Dengan layar secanggih itu, nggak heran kalau ROG PHone 3 ini dijuluki sebagai The most immersive gaming experience.

Pokoknya ya, saat ingin menikmati hiburan selama di perjalanan, ROG Phone 3 ini bakal jadi teman baik yang mampu bikin kita betah di mana aja kapan saja.

Amoled display pasti oke banget dong buat nonton drakor saat dalam perjalanan 😂

 
Desain Kece Kelasnya Sultan

Aura sultan ROG Phone 3 memancar dengan indah lewat desainnya yang mewah. Berasa sultanwati, apalagi jika berada di tangan saya, ye kan??? Ngaku ajalah daripada benjol 😂

Yak, ROG Phone  3 membawa desain yang lebih sleek, dengan bodi belakang yang dibuat sedikit melengkung, tidak sekaku generasi sebelumnya. Di tangan saya yang mungil, smartphone yang berdimensi cukup besar ini memang agak susah dipegang, apalagi dengan ketebalan hampir 10mm dan memiliki berat 240 gram, kudu dua tangan pegangnya biar mantab. Pegang sebentar sih nggak soal, kalau lama baru terasa pegal.

Frame atau bingkai ROG Phone 3 terbuat dari metal, sementara kaca belakangnya dilapisi Gorilla Glass 3. Permukaannya glossy, cukup mudah membekas sidik jari dan agak licin. Di dalam paket penjualan, ASUS menyertakan Aero Case berbahan plastik yang tidak sepenuhnya menutup bodi layaknya soft case. Namun setidaknya melindungi sudut-sudut penting pada smartphone. Jadi nggak terlalu khawatir kalau terjadi hal-hal tak diinginkan, misalnya tiba-tiba terlepas dari genggaman. Namanya lagi traveling, pasti ada aja kejadian tak terduga ya. 
Desain kece aura sultan 


ROG Phone 3 Smartphone Gaming Serba Bisa

Demikianlah sekilas ROG Phone 3 dari sudut pandang saya sebagai seorang blogger yang suka jalan-jalan.  

Di tengah bejibun produk smartphone kekinian, ROG Phone 3 di mata saya spesial, karena ia hadir bukan hanya sukses menyedot perhatian jutaan para gamer, tapi juga berhasil memikat hati para traveler. Dengan kemampuan yang dimilikinya, jelas ia adalah HP serba bisa.

Kamera berkualitas, Memory Besar, dan Baterai Besar yang melekat pada ROG PHone 3 semuanya hebat!

Hanya perlu diingat, saya tidak pernah mengatakan bahwa kamera HP bisa menggantikan jenis kamera lainnya sebab kamera DSLR, Mirrorless, Action Cam, semua punya perannya sendiri. Jika ada kamera terbaik tertanam pada sebuah HP, ia juga punya perannya sendiri. 

Terlepas mau menggunakan kamera mirrorless, DSLR, pocket atau kamera smartphone, semua kembali pada fotografernya karena pada prinsipnya kamera terbaik adalah kamera yang ada di tangan kita sekarang. Setuju?

Dan yang terhebat adalah ketika perangkat dan penggunanya, sama-sama "canggih" dan bisa "kawin".
ASUS ROG Phone 3 Smartphone Gaming Paling Powerful di Dunia

The Ultimate Winner


Spesifikasi Lengkap ROG Phone 3

ROG Phone 3 adalah smartphone khusus gaming, maka semua fitur unggulan dalam smartphone ini memang dirancang untuk gamer. 

Fitur yang sudah saya sebutkan di atas hanya berhubungan dengan kebutuhan saya sebagai travel fotografer. Tentu saja ada bejibun fitur unggulan lainnya dari ROG Phone 3.

Berikut adalah fitur gaming paling eksklusif dari ROG Phone 3 yang tidak bisa dijumpai di smartphone lainnya. 
  1. ROG Phone 3 merupakan smartphone ultimate gaming pertama yang menggunakan SoC paling powerful saat ini yaitu prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang mendukung fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming 
  2. Dilengkapi sistem pendingin bernama GameCool 3 dan AeroActive Cooler 3
  3. Menggunakan Layar berukuran 6,59 inci dengan refresh rate 144Hz, touch latency 25ms, dan response time 18ms
  4. Baterai berkapasitas super besar yaitu 6.000 mAh
  5. Fitur AirTrigger 3 yang dapat diprogram dan diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna
  6. Konektivitas ultra-cepat 5G dan WiFi 6
  7. Fitur ROG HyperFusion Technology yang memungkinkan gamer untuk menggabungkan 5G dengan WiFi 6 secara bersamaan untuk menghasilkan konektivitas terbaik saat bermain game ataupun menikmati konten digital lainnya.
  8. Memory LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan ultra-cepat UFS 3.1 ROM berkapasitas hingga 256GB
  9. Fitur X Mode agar smartphone dapat memberikan performa yang paling tinggi
  10. Mode Landscape untuk kenyamanan saat bermain game
  11. Motion Sensor sebagai kontrol tambahan yang memungkinkan gamer berinteraksi dengan cara menggerakkan smartphone ke depan dan belakang. 
  12. Side-mounted USB-C sebagai fasilitas untuk mengkoneksikan aksesoris sekaligus charger
  13. Audio kualitas Dirac yang dapat meningkatkan efek suara di dalam game dan membuat pengalaman bermain lebih nyata
  14. Aksesori untuk Pengalaman Gaming Maksimal, terdiri dari ROG Kunai 3 Gamepad, TwinView Dock 3, ROG Clip, AeroActive Cooler 3, Lighting Armour Case, Glass Screen Protector, Waist Pack dan Crossbody Pack

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang ROG Phone 3, kalian HARUS BANGET BACA artikel saya pada tautan berikut:  SPESIFIKASI LENGKAP ASUS ROG PHONE 3

Bisa juga baca rangkuman detail spesifikasi pada akhir tulisan ini.

Dari semua fitur canggih yang dimilikinya, maka saya pun ingin ikut berkata, bahwa memang Hanya ada 2 hape gaming di dunia: ROG Phone dan smartphone lainnya.
 
Sobat Traveler

Untuk traveling, boleh saja punya 5 sampai 8 syarat untuk HP yang pantas menemani bepergian. Tapi ada 3 hal paling penting untuk menunjang kegiatan travel fotografi: Kamera Berkualitas, Memori Besar, dan Baterai Besar. Kalau 3 syarat itu sudah terpenuhi, lainnya aman.

ROG Phone 3 bukan hanya memiliki ketiganya, tapi memberikan lebih dari yang diminta. Kita hanya perlu pandai mengoperasikannya agar HP sultan tak sia-sia menjadi pacar setia. 

Jika dengan HP yang spesifikasinya jauh di bawah ROG Phone 3 saja saya bisa produktif, dengan ROG Phone 3 mestinya bisa lebih luar biasa. 

Kamu ingin menjadi biasa atau luar biasa? 
ASUS ROG Phone 3 - Andalan Para Gamer - Bisa diandalkan oleh Traveler


Harga dan Ketersediaan
ROG Phone 3 tersedia di Indonesia dalam dua varian yaitu model yang menggunakan penyimpanan 128GB dan RAM 8GB, serta penyimpanan 256GB dan RAM 12GB. Keduanya dibanderol dengan harga Rp9.999.000 (128/8) dan Rp14.999.000 (256/12). 

Offline Retail
Erafone : http://bit.ly/Erafone-Location 
Urban Republic : http://bit.ly/UrbanRepublic-Location 
ROG Store & ASUS Exclusive Store : http://bit.ly/ROGStore-Location 


Online (e-commerce)
Eraspace : http://bit.ly/ROGPhone3-Eraspace 
Tokopedia : http://bit.ly/ROGPhone3-Tokopedia 
BliBli : http://bit.ly/ROGPhone3-BliBli 
JD.ID : http://bit.ly/ROGPhone3-JDID 
Shopee : http://bit.ly/ROGPhone3-Shopee 



______________________________________________________________


Specifications ROG Phone 3

Processor

3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU

Qualcomm® Adreno™ 650

UI

Android™ 10 with ROG UI

Display

6.59” 19.5:9 2340x1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;

270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;

650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;

1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memory/Storage

LPDDR5/UFS3.1

8GB/128GB

12GB/256GB

SD storage

no SD-card reader; NTFS support for external HDD

Sensor

Accelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press

Main Rear Camera

64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2x1 OCL PDAF, LED flash

Second Rear Camera

13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera

Third Rear Camera

5MP Macro, F2.0

Front Camera

24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording

8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)

4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)

1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear cameras

Time Lapse (4K)

Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)

Take still photo while recording video

Speaker

Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output

Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality

GameFX audio system for improved in-game audio experience

New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

Microphone

Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Wireless Technology

WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6

2x2 MIMO, Bluetooth 5.1

Wi-Fi Direct support

Navigation

GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),

BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM Cards

Dual SIM dual standby

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate

 

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)

FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps

LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps

DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps

4x4 MIMO and CA with 4x4 MIMO support

Bands

 

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)

Interface

Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge

Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFC

Support (Card mode support in power off)

OS

Android™ 10

Battery

6.000mAh

Charger

Output: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter

Dimensions

171mm, 78mm, 9.85mm

Weight

240 grams

Price

Rp9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage)

Rp14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)





Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

24 Comments

  1. Hanya ada dua hp gaming di dunia, ROG Phone dan hp lainnya. Hehehe... hp lainnya mungkin masih dalam penelitian ya mbak, belum di produksi.

    ROG Phone 3 ini paket komplit banget ya. Punya spesifikasi tinggi baik grafis maupun prosesor, RAM dan juga baterainya. Cocok banget buat ngegame. Tapi juga punya kamera canggih dengan pengaturan yang nggak kalah ama DSLR, cocok buat para content creator buat ngambil gambar diam maupun bergerak

    BTW, saya gendong laptop 2 kiloan aja punggung sering pegal, ini menyandang kamera DSLR 2 kilo di satu bahu gimana pula rasanya. Kuat banget mabk Rien ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu berat mbak bawa kamera gede. Apalagi sekarang, tenaga udah nggak kayak waktu muda haha. Tapi entah kenapa bisa kuat aja ya dulu, mungkin karena motret itu aktivitas hobi, jadi nggak berasa. Atau memang asyik-asyik aja :))
      Memang gak selalu bawa sendiri sih, kadang ada guide yang bantu bawa, atau supir, atau pas lagi suamiku ikut, ya dia yang bawa.

      Gimanapun, kalau soal praktis, tetap ponsel yg paling praktis. Sekarang kegiatanku motret lebih banyak untuk keperluan ringan saja.

      Hapus
  2. Ih keren, speknya oke punya. Maunya sih pengen memilikinya..tapi nabung dulu deh, bbrp bln

    BalasHapus
  3. rog ini untuk jadi gaming aja juarak, ya apalagi travelling
    makin keren hasilnya
    semoga kita sama2 dapat asus rog ini ya mbak rien, aamiin... hehee

    BalasHapus
  4. Keren banget Asus ROG Phone 3 ya?
    Kirain spec nya cuma unggul untuk gaming ternyata camera pun mumpuni
    Worth it lah harga 10 juta - 15 juta ya?

    BalasHapus
  5. Saya sampai tercengang banget mb baca artikelnya. Memang layak Asus Rog Phone 3 ini jadi viral yaa, speknya pun bukan kaleng-kaleng cadassss semua speknya.

    BalasHapus
  6. Harus rajin2 nabung kalo pengen meminang hape idaman ini ya kak, tapi harga emang menentukan kualitas sih 👍

    BalasHapus
  7. meski hp gaming tapi juga nggak kalah oke buat travel blogger ya mbak

    hp ini spek nya dewa banget

    BalasHapus
  8. Wajar memang jadi smartphone gaming paling powerful, chipsetnya aja snapdragon kelas kakap. Itu main game bisa puas banget, udah gitu dukungan spek lainnya yang bagus juga buat konten kreator jadi anti hang

    BalasHapus
  9. Praktis tapi hasil fotonya maksimal meski pakai hape. Mantab nih rekomendasinya nggak cuma buat main game ya bisa mnafaat yang lain juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes mbak, bisa dipakai untuk aktivitas lain selain game

      Hapus
  10. ASUS ini memang luar biasa. Inovatif mengikuti perkembangan jaman.

    Pas liat foto-foto Rien di IG, aku langsung terpesona. Capabilities kameranya luar biasa. Kebayang kalo motret makanan pake Rog Phone 3. Pasti keren maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba yuk, dijamin :D

      Hapus
    2. Tampilan fisiknyo jugo keren yo Rien. Apalagi dibuat dalam seri back elegant cak ini. Dari kesan pertama bae sudah tampak mewah dan istimewa.

      Hapus
  11. Cadassss hasil fotonya, cocok dibawa travelling ya kak. Huhu jadi pengen punya. Gahar sih spesifikasinya

    BalasHapus
  12. Ini dia Mbak yang membuatku tercengang habis-habisan. ASUS ROG Phone 3 tuh beneran ponsel gaming atau ponsel buat para traveler. Aku mikir begini setelah melihat spesifikasi kamera dan videonya. Kukira kan produsennya bakal mikirin tahan banting buat gamingnya aja tanpa ikut mengunggulkan kualitas kamera. Ternyata malah dikomplitin, loh.

    Aku jatuh cintaaa. Mari manfaatkan yang ada, cari duit sebanyak-banyaknya, nabung deh biar kebeli nih ASUS ROG Phone 3.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!