Festival Tanjung Kelayang 2019 | Semarak Lomba Vlog Pesona Pelangi Belitong

15.48
Festival Tanjung Kelayang 2019 telah usai dilaksanakan di Belitung pada tgl. 15 - 19 November 2019. Festival tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung tersebut merupakan gelaran ke-2 sejak dimulai pada tahun 2018. Serangkaian kegiatan menarik ditampilkan dalam rangka menyemarakkan festival, diantaranya pameran, pertunjukan seni, lomba, hingga parade budaya, dan masih banyak lagi. 



Let's go Belitung

Festival Tanjung Kelayang termasuk 1 dari 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2019 yang didukung oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. 

Sebagai salah satu destinasi 10 Bali Baru, Belitung memiliki banyak daya tarik. Ia terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, hamparan batu granit raksasa yang artistik, pulau-pulau kecil nan cantik, kuliner khas yang lezat, seni & budaya yang unik, punya rempah lada yang mendunia, serta masyarakat yang ramah. 

Belitong tentu bangga memiliki beragam keunggulan dibidang pariwisata, maka ia ingin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara lewat berbagai cara, salah satunya melalui  Festival Tanjung Kelayang yang menjadi ajang promosi wisata Belitong.

Sebagai salah satu orang Indonesia yang gemar berwisata, Belitung bagi saya adalah destinasi wonderful dan unforgettable. Menyaksikan festival, merupakan bentuk dukungan saya terhadap pariwisata Belitong.

"Slogan Let's go Belitung bukan bermakna ayo pergi ke Belitung, tetapi "Belitung ayo pergi" yang artinya Belitong bergerak untuk terus tumbuh dengan subur dan melaju dengan pesat di berbagai sektor, termasuk pariwisata," ungkap Pak Rohili, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Belitung yang saya temui di Belitung (18/11/2019)


Rangkaian Kegiatan Festival Tanjung Kelayang 2019

Lomba Vlog "Pesona Pelangi Belitong"

Salah satu kegiatan yang digelar dalam Festival Tanjung Kelayang adalah Lomba Vlog bertema Pesona Pelangi Belitong. Lomba digelar mulai bulan September sampai 18 November 2019. 

Melalui Bapak Rohili, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung kembali mengundang saya menjadi salah satu juri dalam gelaran lomba tersebut. Jika tahun lalu saya menjadi juri bersama Mas Setiadi Darmawan, seorang photographer profesional (IG @setiadidarmawan), maka lomba tahun ini saya menjadi juri bersama Mirwan Chocky, seorang Travel Blogger asal Pekanbaru (IG: @mirwanchoky).

Lomba Vlog digelar secara nasional sehingga vlogger se-Indonesia Raya bisa turut serta berpartisipasi. Periode lomba berlangsung selama 3 bulan. Untuk periode pengambilan video hanya video yang dibuat pada bulan Agustus - November 2019 saja. Ketentuan tersebut dimaksudkan agar pada periode tersebut terjadi kunjungan dari wisatawan luar Belitung. 

Saya turut serta mempromosikan lomba tersebut, dan cukup berhasil membuat teman-teman luar Belitung yang kebetulan akan ke Belitung, maupun yang nggak berencana ke Belitung akhirnya pergi ke Belitung, jadi tertarik mengikuti lomba vlog.

Alhamdulillah peserta lomba tahun ini makin ramai dan jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dari lomba tahun lalu. Dari segi isi, kesesuaian tema, dan kualitas juga jauh lebih baik. 



Liburan Belitung Blogger & Vlogger

Tentu menjadi sebuah kehormatan bagi saya ditunjuk kembali menjadi juri lomba Vlog Festival Tanjung Kelayang 2019. Sebuah festival di negeri Laskar Pelangi yang namanya begitu fenomenal di Indonesia berkat novel Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata dan difilmkan oleh Mira Lesmana.

Untuk tugas menjadi juri inilah saya dan Mirwan diundang ke Belitung pada tgl. 18-20 November 2019. Selain untuk melakukan penjurian, juga untuk menyaksikan pengumuman pemenang di malam puncak Festival Tanjung Kelayang tgl. 19/11/2019. Selain saya dan Mirwan, rekan saya Afith dari UrbanDigital.id juga mendapat undangan sebagai media.

Kunjungan saya ke Belitung kali ini merupakan yang ke-6 kalinya. Saya sangat tahu kenapa selalu ingin kembali, karena Belitung memang tak cukup hanya didatangi 1 atau 2 kali, tapi berkali-kali. Meskipun berkali-kali, tak juga ada rasa bosan yang menghinggapi. Dan setiap saya kembali, saya selalu ingin mengajak siapa saja pergi bersama saya mengunjungi Belitung, menikmati segala pesona secara langsung.

Daya tarik Belitung yang amat kuat, membuat sejumlah teman yang saya ajak sama sekali tak ragu untuk ikut berangkat ke Belitung. Total ada 12 orang termasuk saya dan anak saya, Alief. Mereka membeli paket tour Belitung 3D2N melalui Picniq Tour (IG @picniqtour) dengan biaya masing-masing. Ini mengharukan!

Akhirnya saya, Mirwan, dan Afit pergi lebih awal ke Belitung, berangkat bersama teman-teman blogger dari beberapa kota. Ada Yuk Annie dari Cikarang, Tami dari Tangsel, Lidya dan anaknya dari Bekasi, Fauziah dari Pandeglang Banten, Mbak Tuti dan Mbak Ida dari Cirebon, Rara dan anaknya dari Tangsel. 

Kami terbang murah dan mudah dengan AirAsia, menjelajah Belitung selama 3 hari dari tanggal 15-17 November 2019. Island hopping Tanjung Kelayang, mengunjungi Batu Burung Garuda, Pulau Lengkuas dengan mercusuar-nya, snorkeling, makan seafood di Pulau Kepayang, singgah main di Pulau Kelayang, ke Pantai Tanjung Tinggi tempat syuting film Laskar Pelangi, makan seafood enak di Resto Dynasti, makan bedulang di Wan Bie, minum Kopi Kong Djie, belanja Batu Satam, bersenang-senang di Pulau Leebong, mengunjungi Danau Kaolin, dan berbelanja oleh-oleh khas Belitung di Klapa. 

Unforgettable!
Liburan Belitong, Island Hopping Tanjung Kelayang
Pulau Leebong

Malam Puncak Festival Tanjung Kelayang 2019

Hari Minggu sore (17/11/2019) seluruh peserta trip sudah kembali ke Jakarta, selanjutnya mereka langsung menuju ke kota masing-masing. Tinggal saya, Mirwan dan Afit yang masih tetap di Belitung sampai hari Rabu (20/11/2019). 

Hari Senin (18/11/2019) Belitung diguyur hujan sejak pagi sampai sore, saya dan Mirwan sibuk melakukan penjurian lomba vlog. Senin malam kami berangkat ke Tanjung Kelayang, menghadiri malam puncak Festival Tanjung Kelayang. Malam itu ada gala dinner, penampilan seni dan budaya Belitung, pengumuman pemenang lomba yang digelar selama festival, dan suguhan kembang api di akhir acara. 

Malam menjadi meriah karena hujan yang turun sedari pagi telah reda sesaat jelang acara. Masyarakat pun berdatangan menyaksikan. Meskipun Kadispar dan Bupati Kab Belitung sedang bertugas ke luar kota dan ke luar negeri, ada wakil Bupati dan Ibu Larasati dari Kemenpar RI yang bisa hadir di tengah keriaan acara malam puncak festival.  

Menurut Bapak Rohili, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Belitung, gelaran lomba vlog bertujuan untuk mengajak anak-anak muda di Belitung menjadi aktif dan kreatif memanfaatkan channel digital yang ada sebagai wadah untuk membuat karya yang bisa yang digunakan sebagai promosi wisata Belitong.

Bapak Rohili juga menyatakan kegembiraannya karena peserta lomba vlog tahun ini membludak dengan kualitas vlog yang makin baik dari pada tahun sebelumnya, baik dari segi isi maupun gambar.

Bersama 2 MC acara (pojok kiri dan kana), Bapak Rohili (pakai topi), Mirwan, Afit, dan ibu dari Dispar Belitung
Salah satu penampilan di awal acara, tarian dan lagu dari tim Papua

Melalui tulisan ini saya ingin turut menampilkan nama-nama pemenang Lomba Vlog Festival Tanjung Kelayang bertema "Pesona Pelangi Belitong", sbb

1. Selviana Putri - Kuliner Gangan https://youtu.be/du7Xh0mIjXw

2. Widiyanto Yudi - Wastra Belitong https://youtu.be/-In0x5mSIWQ

3. Lenny Diary - Geosite Tanjung Kelayang https://youtu.be/U4ACip9KM_o

Harapan 1: Hero Gunung Riting - Rempah Belitong https://youtu.be/Qh6eer__EBM

Harapan 2: Rosdian Asri Prihatono - Gusong Bugis https://youtu.be/i00woxx-pPo

Selamat kepada seluruh pemenang!

Informasi mengenai kegiatan dan pemenang berbagai lomba yang digelar selama Festival Tanjung Kelayang 2019 dapat dilihat pada akun instagram Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung. Silakan kunjungi @belitung.tourism

Selamat dan Sukses Belitung

Saya turut senang dan bangga karena gelaran Festival Tanjung Kelayang 2 tahun 2019 telah usai dan berjalan dengan lancar dan sukses. 

Semoga melalui festival tersebut, sektor pariwisata Belitung semakin baik dan maju, melesat cepat dan tinggi, menjadi destinasi terbaik yang memberi andil untuk Indonesia menjadi destinasi wisata nomor satu di dunia.

Terima kasih Dinas Pariwisata Kab. Belitung!








Let's Go Belitung Pekan UMKM dan Wisata Belitung yang digelar oleh @belitung.tourism diadakan di @sms_serpong sejak tgl 29 Oktober s.d 3 November 2019. Beragam produk UMKM dan wisata Belitung bisa disaksikan di sini. Buat yang sedang mencari tempat tujuan berlibur, atau sedang berencana akan liburan ke Belitung, coba datang ke pameran ini untuk mendapatkan informasi menarik seputar Belitung langsung dari pelaku wisata di Belitung. Fyi, tak lama lagi akan ada gelaran Festival Tanjung Kelayang 2 yang akan diselenggarakan pada tgl 15-19 Nopember 2019 di Belitung. Dalam festival tersebut ada banyak kegiatan yang menarik untuk disaksikan dan diikuti. . Jadi, kapan ke Belitung? Yuk ketemu di sana bulan depan 😍 . @belitung.tourism @leebongofficial @picniqtour @belitung_impiantourofficial @ambotourtravel @havanamutiara #travelerien #belitungtourism
A post shared by Katerina S. | Travelerien.com (@travelerien) on

Share this

Wanita. Menikah. Kelahiran Palembang. Istri. Ibu 1 putra & 1 putri.

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon