Bukan Gamer Pakai ROG Phone, Boleh Dong!

13.37
ASUS ROG Phone

"Kamu kan bukan gamer, emang cocok pakai HP gaming?" 

Pembaca yang budiman....berbudi dan menawan, jika Anda seorang gamer, penggemar HP gaming high end, follower sejati Republic of Gamer, dan Anda sedang mencari ulasan detail super kece dari seorang pengguna ROG Phone, maka berhentilah membaca tulisan ini setelah tanda titik berikut ini.

Iyaaak, saya akan cuap-cuap tentang ROG Phone, tapi bukan sebagai gamer, melainkan sebagai travel blogger yang pernah ngincer HP Gaming ASUS hanya biar merasakan disebut Sultanwati *lol. Sebagai blogger bukan spesialis konten tekno, saya jamin Anda tidak akan mendapatkan informasi menarik dalam tulisan ini.

Jadi, saya pakai buat apa HP gaming tidak murah ini? Buat selfie doang? Buat videoin anak kucing doang? Buat main medsos doang? Bah!
Mobile Gaming kelas flagship 

ASUS ROG Phone sudah lama diluncurkan di Indonesia, tepatnya pada tgl. 11 Desember 2018 lalu. Saya beruntung waktu itu diundang ke acara peluncuran di Pullman Jakarta Central Park, melihat kemeriahan acara, hands on buat menjajal beberapa saat, dan wefie bareng dengan gaya norak luar biasa biar dikata punya hiahaha

7 bulan setelah peluncuran, saya baru punya kesempatan memakai HP ROG di keseharian. Saya pakai buat bikin konten, editing foto/video, medsos-an, hiburan (nonton film/musik), dan "pamer" di semua channel digital πŸ˜‚

Sekali lagi, saya bukan mobile gamers. Saya hanya seorang istri sekaligus ibu dua anak yang mendedikasikan banyak waktu untuk mengurus keluarga, tetapi kerap bekerja dengan gawai karena memiliki beberapa channel digital berisi hobi yang kerap mendatangkan pekerjaan. Orang bilang, saya content creators. 
EPIC PERFORMANCE. UNBEATABLE VISUALS. TOTAL CONTROL 

HP Sultan!

ROG Phone yang saya pakai ini type SZ600KL RAM 8GB/128GB, per unit dibandrol dengan harga Rp 12.999.000. Harga termahal saat ini Rp 14.499.000 untuk RAM 8GB/512GB.

Harga ROG Phone memang nggak murah, nominalnya bisa bikin ambyar ketenangan jiwa sobat misqueen. Itu kenapa bila sedang posting di socmed, HP gaming premium ini mengundang pemirsa berkomentar : "Wow kamu sultanwati, kakak!" (sebutan sultan buat wanita) πŸ˜‚

Ya wajar mahal, karena spesifikasi dan fitur yang dimilikinya memang eksklusif, punya performa superior yang nggak ada di smartphone lain, diklaim sebagai terbaik di dunia pula.

Tapi tentunya, nggak ada istilah mahal bagi sobat tajir melintir, harga segitu enteng kayak kerupuk. Kalau butuh, tinggal jentikan jari sedetik, HP ROG udah digenggaman, ye kan? Atau, katakanlah nggak tajir-tajir amat, tapi buat bungkus 1 unit, bisa dibayar dengan satu kali gajian tanpa harus memangkas biaya hidup perbulan.

Garang euy!

ROG Phone diakui serba garang, baik pada spesifisikasi, desain, bahkan tampilan pada case-nya. Apakah kegarangan tersebut akan menulari penggunanya?

Faktanya memang iya! Saya auto disebut garang setiap kali pegang ROG Phone. Padahal, sudah tampil sangat wanita, bergaya imut-imut nyebelin, lemah lembut dan gemulai, tetap saja terlihat sebagai sosok kekar nan tangguh ketika ROG Phone di tanganπŸ˜›

Buat Anda yang terobsesi tampil garang, monggo pakai ROG Phone wkwk

Eksklusif!

Coba saja berada di antara kerumunan orang yang sedang sibuk dengan smartphone, logo ROG yang menyala dengan warna yang berubah-ubah akan membuat perhatian orang-orang teralihkan. Tatapan takjub, dari sekedar diam saja memandang, sampai akhirnya bersuara untuk memuji; "Keren banget HP lu!"

Sekadar logo mampu bikin seseorang tampil beda. Cuma ROG Phone yang pernah bikin saya begini. Pernah sih petantang petenteng pegang hp merk buah seharga belasan juta (punya suami), tapi nggak gini-gini amat menyedot perhatian πŸ˜…
Di tangan travel blogger jadi apa?

Bagus Buat Videoan

Hobi saya melancong. Kadang sendirian saja, berdua pasangan, sekeluarga, dan tak jarang dengan rombongan. Pastinya, aktivitas melancong nggak pernah lepas dari urusan foto-foto dan video-videoan ye kan? Namanya kamera sudah pasti wajib dibawa. Nah, sepuas apa saya menjajal kamera ROG Phone buat foto-foto dan video-video?

Camera feature:PixelMaster 4.0 camera mode: Auto (with Night HDR and Portrait), Beauty, Pro (RAW file support / up to 32 seconds long exposure), Super Resolution (48MP), GIF Animation, Panorama, Time Lapse (with power saving mode). AI Photography: AI Scene Detection, AI Photo Learning, Real-time Protrait, Real-time Beautification, 4K video recording, Slow Motion video (1080p at 240 fps / 720p at 240 fps), ZeniMoji live emoji 

Sependek saya jadi pengguna HP ASUS, baru HP ROG yang mampu bikin saya puas videoan pakai kamera HP. Hasilnya STABIL meskipun tanpa stabilizer. Beberapa video pakai HP ROG yang pernah saya buat bisa dilihat di channel Katerina S pada video yang diupload periode Juli - Desember 2019. Salah satunya Video Rumah BSD (klik) yang saya rekam sambil naik motor. Di waktu lain dengan tema berbeda, saya coba ambil video sambil jalan, lari, naik mobil, naik motor, naik sepeda, hasilnya tetap stabil. 

Anak saya, youtuber Onedoxx, membuat beberapa video di channel-nya dengan menggunakan ROG Phone. Katanya, gambar yang ia ambil lebih stabil ketimbang pakai kamera mirrorless F dan DSLR C yang biasa ia pakai. Di sini, yang ia bandingkan adalah soal kestabilan gambar yang diambil sambil bergerak cepat. Silakan liat juga review dan video HP SEHARGA MOTOR (klik) buatan Onedoxx. 

PREMIUM CAMERA: ROG Phone sudah dibekali sensor kamera kelas flagship yaitu Sony IMX363 dengan aperture lebar yakni f/1.7. Sensor kamera tersebut punya ukuran 2,55 inci dengan besar pixel 1,4 micron untuk pengambilan gambar maksimal. Meskipun bukan merupakan camera phone, ASUS juga membekali ROG Phone dengan serangkaian mode pemotretan, mulai dari potrait, landscape, hingga mode profesional. Artinya, pengguna pun masih bisa bereksperimen lebih lanjut terkait fotografi, dengan smartphone gaming yang satu ini.

Mobil Gaming terbaik di dunia

HP Gaming Serba Guna

Saya dapat melakukan banyak hal dengan ROG Phone. Namun, yang paling berkesan untuk saya adalah penggunaan kamera untuk pengambilan video. Sebatas untuk konten di channel pribadi, atau pun di socmed, video yang diambil dengan menggunakan kamera ROG Phone sangat memuaskan, tak jarang menuai pujian.

Anda tidak boleh berhenti kagum pada ROG Phone, apalagi surut minat, sebab meskipun saya hanya menyebut satu kesukaan aja, yaitu pada video camera, HP gaming ini memiliki banyak sekali keunggulan. Anda bisa membaca detail HP ini di bawah, jadi teruslah membaca sampai selesai.

Oh ya saya harus beritahu, HP Gaming ini tetap dipakai main game, tapi bukan oleh saya, melainkan oleh anak saya, si Onedoxx πŸ˜‚ Apa katanya setelah nge-game di ROG Phone? Hebat, Ma! Hoho hebatnya seperti apa, cuma dia yang tahu. Tonton saja testimoni nya di channel Onedox πŸ˜„

Highlight ROG Phone

1. Desain Berkarakter ala ROG dan Perlindungan Gorilla Glass 6
2. Chipset Super Kencang yang di-Overclock
3. Baterai Besar dengan Quick Charge 4+
4. RAM dan penyimpanan luas
5. Dipenuhi fitur gaming
6. Harga Tinggi, sebanding dengan performa
7. Tanpa Micro SD Card, hanya hadir dengan dua buah port USB Type C, headphone jack serta port pada bagian samping.
8. Kamera depan cuma 8MP
9. Bobot berat, 200 gram, saya lebih sering pegang dengan 2 tangan
10. Resolusi layar terbatas pada resolusi 1.080 x 2.160 piksel (Full HD+). Meski begitu, Asus ROG Phone memiliki teknologi layar super canggih berjenis AMOLED dengan refresh rate sebesar 90 Hz serta response time sebesar 1ms. 


ROG Phone ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 845 Speed-Binned yang berjalan di kecepatan 2,96GHz, lebih cepat dari Snapdragon 845 di smartphone lain. 

Snapdragon 845 dibekali dengan GPU Adreno 630 yang sangat powerful serta teknologi GameCool vapor-chamber cooling system yang didukung AeroActive Cooler, membuatnya tampil dengan performa luar biasa dan bisa menaklukkan game apapun yang ada di platform Android.

ROG Phone didesain untuk gamers sehingga tetap nyaman digunakan dalam sesi game panjang. Salah satu fitur paling unik yang hanya dimiliki oleh ROG Phone adalah side-mounted ports yang berguna untuk menghubungkan ROG Phone dengan berbagai aksesorinya. Selain itu, side-mounted ports bisa digunakan sebagai port untuk mengisi daya dan karena posisinya berada di samping, gamer bisa mengisi daya tanpa mengganggu kenyamanan saat bermain game.

Tangguh dengan Gorilla Glass 6
Hadir menggunakan 2.5D dan 3D-curved Gorilla Glass 6 yang dibuat secara presisi dengan diamond-cut highlights serta copper detailing, ROG Phone merupakan salah satu smartphone paling tangguh. Rangka smartphone ini menggunakan metal frame yang dirancang sedemikian rupa sehingga sudah tahan air dan mengantongi sertifikasi IPX4 splash resistant. Ketangguhannya memastikan gamer bisa bermain kapanpun serta di manapun.

Performa ultra-kencang
Semua produk yang membawa nama ROG tidak pernah berkompromi soal performa. Sejak awal, ASUS menghadirkan ROG sebagai brand dengan produk berperforma tinggi dan DNA tersebut kembali hadir di ROG Phone. Smartphone ini memastikan game bermain tanpa hambatan, tanpa lag, dan tanpa delay karena memiliki respon yang tinggi. Dukungan SoC Snapdragon 845 Speed-Binned serta GPU Adreno 630 membuat ROG phone tampil sebagai gaming powerhouse dengan performa grafis luar biasa.

ROG Phone juga mampu menghadirkan framerate yang tinggi serta stabil tanpa lag sedikitpun, bahkan ketika digunakan terus menerus. Untuk mendukung performa komputasinya, ASUS juga menanamkan konektivitas premium di smartphone ini, yaitu Cat 18 LTE serta 802.11ad gigabit-class Wi-Fi yang super kencang. Sesi bermain game online pun dipastikan tidak akan mengalami gangguan.

Tetap dingin
Salah satu tantangan dalam merancang sebuah smartphone gaming adalah sistem pendinginannya. Smartphone yang digunakan untuk bermain game dalam waktu lama dipastikan akan mengganggu performa serta kenyamanan bermain. Untuk itulah ROG Phone dilengkapi dengan teknologi pendingin khusus bernama GameCool system yang memanfaatkan 3D vapor-chamber cooling. Ditambah dengan copper heat spreader dan carbon cooling pads, ROG Phone dapat menemani gamer bermain dalam waktu yang lama tanpa ada masalah dengan suhu yang tinggi.

Untuk memaksimalkan pendinginan, ROG Phone sudah dibekali dengan aksesori khusus bernama AeroActive Cooler yaitu kipas tambahan yang bisa dipasang di ROG Phone. Kipas ini mampu menurunkan suhu ROG phone hingga 4,7 derajat Celcius.

Layar kelas gaming
Smartphone gaming terbaik membutuhkan layar terbaik. ROG Phone menggunakan layar dengan panel AMOLED dan sudah memiliki refresh rate 90Hz dengan response time 1ms, spesifikasi yang sangat dibutuhkan oleh gamer esports. Layar tersebut menjanjikan pengalaman bermain game yang sangat responsif serta animasi di dalam game yang sangat mulus.

Selain memiliki performa tinggi, layar ROG Phone sudah mampu menampilkan warna dengan sangat baik dengan tingkat color gamut DCI-P3 sebesar 108.6% dan sRGB sebesar 145%. Tampilan visual yang dihasilkan menjadi sangat detai berkat dukungan HDR Visual dan dukungan rasio kontras 100,000:1, membuat gamer bisa melihat objek di game dengan jelas meski digambarkan dalam gelap.



Tetap nyaman bermain game
Mengisi daya smartphone sambil bermain game sangatlah tidak nyaman karena kabel akan mengganggu posisi tangan. Di ROG Phone, gamer tidak akan mendapatkan masalah tersebut karena ASUS menghadirkan port tambahan khusus bernama side-mounted ports di bagian sisi bodi ROG Phone. Melalui port tersebut, ROG Phone akan tetap nyaman digunakan ketika bermain game dalam mode landscape sambil mengisi daya baterai.

Side-mounted ports di ROG Phone bukan sekadar port biasa. Para engineer ASUS merancang port ini tidak hanya sebagai jalur pengisian daya alternatif, tetapi juga memiliki jalur data yang bisa mentransmisikan audio dan video. Side-mounted ports juga merupakan fasilitas utama untuk menghubungkan ROG Phone dengan aksesorinya.

Take control
Dalam game apapun, kontrol merupakan hal terpenting yang menentukan kemenangan. Sayangnya, smartphone tidak memiliki banyak kontrol fisik dan game mobile sangat bergantung pada tombol virtual yang sulit dikontrol, kecuali di ROG Phone. Smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur AirTrigger yang memberikan pengalaman kontrol layaknya di konsol.

AirTrigger merupakan ultra-responsive sensor yang ditempatkan di samping bodi ROG Phone. Gamer bisa menggunakan AirTrigger sebagai pengganti tombol virtual yang ada di dalam game. ROG Phone juga memiliki pengaturan khusus untuk AirTrigger di setiap game. Berkat AirTrigger, gamer seperti memiliki dua jari ekstra sehingga memberikan keuntungan lebih ketika bermain game.

Gamer bisa menghadirkan kemampuan penuh ROG Phone dengan mudah melalui fitur X Mode. Hanya dengan satu kali tekan, X Mode secara otomatis akan mengosongkan memori dan mengalokasikannya untuk bermain game. X Mode juga akan mencegah berbagai aplikasi yang rakus daya dan memori untuk aktif sehingga sesi bermain game dengan ROG Phone bisa lebih nyaman serta lancar.

Immersive stereo sound
Bermain game tanpa dukungan suara terbaik tentu tidak akan nyaman. ROG Phone sendiri sudah dilengkapi dengan sistem audio yang sangat immersive. Sistem audio tersebut menggunakan ultra-powerful front-facing stereo speaker yang dikontrol oleh amplifier khusus sehingga bisa menghasilkan suara kencang yang minim distorsi. Sistem audio di ROG Phone juga sudah mendukung Hi-Res Audio lewat 24-bit/192KHz audio engine yang tertanam di dalamnya.

Sistem audio ROG Phone didukung oleh teknologi DTS:X Ultra 1.0 terbaru yang bisa menghasilkan suara sangat realistis. Mendukung fitur 7.1 channel surround sound, ROG Phone sudah memenuhi standar audio untuk game virtual reality.

Pengisian daya cepat, aman, dan tetap dingin
ROG Phone dibangun di atas hardware yang memang sangat membutuhkan daya ketika digunakan bermain game. Dengan kapasitas baterai 4.000 mAh, gamer sudah bisa bermain game cukup lama. Namun inovasi ROG Phone tidak hanya menghadirkan baterai besar saja. Smartphone gaming ini sudah mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4.0 yang dapat mengisi daya dengan cepat.

ROG Phone juga merupakan smartphone ASUS pertama yang hadir dengan teknologi ASUS HyperCharge, membuat smartphone ini bisa mengisi daya dari kondisi baterai kosong hingga 60% hanya dalam waktu setengah jam saja. Hebatnya lagi, teknologi ini tidak membuat smartphone panas karena chip khusus HyperCharge justru berada di dalam adapter ROG Phone.

Aura RGB
Menambah keunikannya, ROG Phone juga merupakan smartphone ASUS pertama yang mengadopsi RGB LED menggunakan ASUS Aura RGB Lighting. Gamer bisa mengubah efek tampilan RGB LED yang ada di ROG Phone seperti static, breathing, strobing or color cycling. 

Selain itu, para gamers juga bisa mengatur tampilan tertentu untuk skenario khusus. Misal menampilkan warna biru ketika ada panggilan telepon dan lain-lain. Dengan demikian, ROG Phone miliknya punya kepribadian yang berbeda dengan ROG Phone milik rekannya yang lain.
Buat saya, ROG Phone adalah HP Gaming Serba Bisa 

Game the way you want
ROG Phone merupakan smartphone gaming ultimate yang memiliki ekosistem solid dan hadir dengan serangkaian akesori eksklusif. Aksesori yang dijual secara terpisah ini akan membuat gamer merasakan pengalaman baru ketika bermain game mobile. 

Aksesori yang ditawarkan dalam paket penjualan terdiri dari AeroActive Cooler dan GameVice controller. Namun demikian, pengguna yang membutuhkan nantinya akan dapat membeli TwinView Dock dan Mobile Desktop Dock secara terpisah. ROG Phone juga merupakan satu-satunya smartphone di dunia yang bisa menggunakan eksesori tersebut.

Model
ROG Phone (SZ600KL)
Display, Resolution
6-inch 18:9 (2160 by 1080) 90Hz, 1ms response time AMOLED display, 550nits brightness, Gaming HDR and Mobile HDR supported by dedicate hardware display chip, 108.6% DCIP3 and 100,000:1 contrast ratio AMOLED display with Corning Gorilla 6 Glass
SoC Processor
CPU
Super fast 14nm Qualcomm Snapdragon 845 Speed-Binned Processor at 2.96 GHz
GPU
Qualcomm® Adreno™ 630 GPU
Memory
RAM / Storage
LPDDR4X 8GB RAM
Camera System
Rear (main)
Camera
Sony flagship IMX363 12MP dual pixel image sensor with F1.7 aperture
Rear (wide)
Camera
8 Megapixel wide angle camera
Front camera
8MP, F2.0, 84 degree view angle with LED Flash
Camera feature
PixelMaster 4.0 camera mode: Auto (with Night HDR and Portrait), Beauty, Pro (RAW file support / up to 32 seconds long exposure), Super Resolution (48MP), GIF Animation, Panorama, Time Lapse (with power saving mode)
AI Photography: AI Scene Detection, AI Photo Learning, Real-time Protrait, Real-time Beautification, 4K video recording, Slow Motion video (1080p at 240 fps / 720p at 240 fps), ZeniMoji live emoji
Wireless
WLAN 802.11a/b/g/n/ac 2.4 & 5GHz, WLAN 802.11ad 60GHz (32 Antennas)
Bluetooth 5.0, Wi-Fi direct, NFC
Sensor
Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face recognition, Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor, Hall Sensor, Ultrasonic sensor for AirTriggers and grip press
SIM card and SD slot
Dual SIM dual standby
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Network
GSM/GPRS/EDGE; WCDMA/HSPA+/DC-HSPA+; TD-SCDMA; CDMA 2000; FDD-LTE; TD-LTE
Data rate:
LTE Cat13 UL up to 150Mbps / Cat18 DL up to 1.2Gbps, DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42Mbps, DL 5CA and UL 2CA supported, 4x4 MIMO and CA w/ 4x4 MIMO supported
5CA 4x4 MIMO up to 1.2Gbps supported
GPS
GPS, GLONASS, BeiDou, Galileo, QZSS
OS
Android™ Oreo 8.1 and ROG UI
Battery
4.000mAh capacity
AI & scheduled charging for battery protection
Audio / Microphone
Dual front-facing speakers
5-magnet speaker with dual NXP 9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect
Triple internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology
Size / Weight
158.83 x 76.16 x 8.3mm / 200 grams
LED
Aura lighting support

Anda juga bisa mengunjungi website ASUS untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai ASUS ROG Phone (klik)



ROG Phone 2 
Segera Hadir di Indonesia 5 Des 2019

Dalam waktu dekat, ASUS Indonesia akan meluncurkan ROG Phone 2. Kabarnya, jauh lebih dahsyat dari versi pertama. So, nantikan kehadirannya tgl. 5 Des 2019. 

Informasi selengkapnya dapat di baca di blog saya berikut Smartphone Gaming Paling Cangggih di Dunia, ROG Phone II Akan Hadir 5 Desember di Indonesia (klik).

Simak informasi menarik dari kehadiran ROG Phone 2 :



Beli ROG Phone II dan Dapatkan Hadiah Eksklusif

ASUS juga menghadirkan program promosi khusus bagi gamer yang membeli ROG Phone II saat hari peluncurannya di Indonesia. Berbagai hadiah eksklusif telah disediakan khusus untuk 300 gamer pertama yang membeli ROG Phone II, berikut detailnya:

-Antrian 1 hingga 100 akan mendapatkan ROG X G-Shock Watch, ROG Jacket - We Own The Game Limited Edition, serta ROG Cap seharga Rp4.000.000

-Antrian 101 hingga 200 akan mendapatkan ROG Phone 2 30W Adapter, ROG Jacket - We Own The Game Limited Edition, serta ROG Cap seharga Rp1.400.000

-Antrian 201 hingga 300 akan mendapatkan ROG Jacket - We Own The Game Limited Edition, serta ROG Cap seharga Rp1.000.000




Gamer yang membeli ROG Phone II saat hari peluncurannya di Indonesia berkesempatan untuk menyaksikan acara peluncuran ROG Phone II secara langsung. Tidak hanya itu, gamer juga berkesempatan bertemu langsung dengan tamu-tamu istimewa yang akan hadir di acara peluncuran ROG Phone II di Indonesia.

Antrean untuk pembelian langsung ROG Phone II akan dimulai pada tanggal 5 Desember 2019 pukul 00.00 WIB, sementara penjualan akan dimulai pada pukul 16.30 WIB. Lokasi penjualan perdana dan peluncuran ROG Phone II adalah di Grand Ballroom Hotel Pullman, Central Park, Jakarta.

ASUS juga akan menggelar sesi pre-order untuk gamer di seluruh Indonesia secara online. Gamer yang melakukan pre-order untuk ROG Phone II akan mendapatkan ROG T-Shirt secara cuma-cuma selama persediaan masih ada. 

Pre-order dapat dilakukan melalui URL berikut ini: 

https://www.asus.com/id/event/ROGPhone2_PreOrder/index.html







Share this

Wanita. Menikah. Kelahiran Palembang. Istri. Ibu 1 putra & 1 putri.

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon