Traveling dengan Kereta Api Brantas Kenapa Tidak!

17.04
Kereta Api Brantas - Saat ini, layanan yang diberikan oleh PT KAI terus ditingkatkan, hal tersebut dapat terlihat dari berbagai fasilitas umum yang ada di dalam kereta, terutama kereta ekonomi. Jika dahulu kereta ekonomi identik dengan suasana yang kurang nyaman, maka kali ini tidak lagi. Suasana dingin, karena dilengkapi dengan AC, serta kursi yang empuk, membuat para penumpang semakin merasa nyaman. 
Kereta Api Brantas (Foto: Wikipedia)

Salah satu kereta yang juga mendapatkan peningkatan layanan adalah kereta api jurusan Jakarta Blitar atau sebaliknya. Kereta yang satu ini dahulu lekat dengan sebutan kereta api ekonomi, namun kini, kereta tersebut sudah menggunakan layanan ekonomi AC dan juga eksekutif. Dengan adanya layanan tersebut, maka Anda yang ingin bepergian ke Blitar atau ke Jakarta, tidak perlu khawatir lagi ketika menggunakan kereta api yang satu ini. Karena fasilitas yang ditawarkan kali ini terbilang semakin nyaman. 

Layanan pada kereta api ekonomi AC

Cobain kereta Brantas dengan layanan ekonomi AC, walaupun fasilitasnya terbilang cukup standar, namun tetap nyaman untuk digunakan. Dengan total kursi yang ada sekitar 106 buah, dalam setiap gerbongnya, masing-masing kursi disusun 3-2, dengan 3 kursi di kanan dan 2 di kiri. Posisi tempat duduk, akan disusun saling berhadapan, dengan sandaran punggung yang dapat diatur posisinya. Namun tidak dapat diatur kemiringannya.  

Pada masing-masing dinding yang dekat dengan kursi penumpang, dan tepat di bawah jendela, terdapat 2 buah stop kontak yang di atasnya ditutupi oleh sebuah meja kecil. Anda yang ingin mengisi daya baterai ponsel atau yang lainnya, dapat menggunakan fasilitas tersebut. Sedangkan pada fasilitas seperti bantal dan selimut dapat diperoleh dengan biaya sewa tertentu. Demikian pula dengan fasilitas makan, yang dapat dipesan langsung pada pramugasi atau memesan langsung di gerbong khusus makan.  

Layanan pada kereta api eksekutif

Layanan yang diberikan untuk kereta api eksekutif, tidak terlalu jauh, dengan fasilitas standar. Yang dimaksud dengan fasilitas standar disini adalah, adanya stop kontak di masing-masing kursi, yang membuat Anda mudah mengisi baterai ponsel atau daya lainnya. 

Untuk kursi sendiri, tentunya lebih nyaman, lebih empuk, dengan desain yang cukup elegan. Masing-masing kursi dibuat terpisah dengan sekat pada lengan di bagian tengah. Tidak hanya itu, pada masing-masing kursi sudah dilengkapi dengan bantal dan juga selimut. Jadi dalam hal ini, Anda tidak perlu menyewanya seperti di kereta ekonomi AC. 

Kursi yang digunakan dapat diatur kemiringannya, caranya adalah dengan menggerakkan tuas yang ada di samping kursi. Di bagian depan, Anda akan menemukan saku, yang dapat digunakan, untuk menyimpan beberapa barang kecil, dan sering digunakan. Tepat di bawahnya, terdapat pijakan, yang dapat digunakan guna mengistirahatkan kaki, dan yang paling menyenangkan adalah sandaran kakinya dapat diatur sesuai kebutuhan. 

Fasilitas toilet

Tidak hanya fasilitas tempat duduk yang juga diperbaiki dan direnovasi, tetapi fasilitas toiletnya juga turut direnovasi. Jika diperhatikan terdapat 2 buah toilet yang akan Anda temukan, 1 toilet duduk dan 1 toilet jongkok. Interiornya terbilang cukup nyaman, dan sudah menggunakan septic tank, yang artinya tidak ada lagi suara bising, yang umumnya terjadi di dalam toilet Kereta Api. Toilet ini juga sudah dilengkapi dengan tempat sampah, wastafel dan juga sabun cuci tangan. 


Harga tiket    

Karena subkelas yang dimiliki oleh kereta api yang satu ini cukup beragam, maka harga tiket yang ditawarkan juga beragam. Keberagaman ini, akan ditentukan oleh, sub kelas dan juga posisi tempat duduk yang Anda pilih. Selain itu harga tiket tersebut juga tergantung dari tanggal pemesanan, umumnya semakin jauh dari tanggal keberangkatan, maka harganya akan semakin murah.  

Rangkaian gerbong 

Salah satu hal yang menarik lainnya dari Kereta api Brantas ini adalah jumlah gerbong yang ada umumnya kereta api ini akan membawa 8 buah gerbong penumpang. Karena lokasinya yang jauh, maka layanan yang diberikan hanya 1 kali dalam sehari, baik dari Jakarta, maupun dari Blitar. 

Dari Jakarta, yaitu stasiun Pasar Senen akan berangkat pada pukul 17.00. sedangkan dari Stasiun Blitar, adalah jam, 12.50. Mengingat ini adalah kereta ekonomi, maka jumlah stasiun pemberhentian atau stasiun singgahnya terbilang cukup banyak. 

Share this

Wanita. Menikah. Kelahiran Palembang. Istri. Ibu 1 putra & 1 putri.

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon