Live on Board Komodo 3D2N, Pengalaman Seru Naik Kapal Semi Phinisi Lamborajo

Live on Board Komodo - Teman traveler yang pernah trip ke Pulau Komodo pernah berkata kepada saya: “Kamu harus ke Pulau Komodo, Rien. Minimal satu kali seumur hidup. Masih di Indonesia kok, dekat, nggak mahal.”  Ok, bulan Maret tahun 2019 lalu saya sudah ke sana. Saya akui trip Pulau Komodo memang istimewa. Bahkan, berbeda dari trip ke destinasi lainnya. Keindahan alam yang tiada dua, baik di darat maupun lautnya, serta beragam aktivitas super menarik yang bisa dilakukan, membuat Trip Pulau Komodo memang layak memuncaki bucket list liburan saya di Indonesia.
Live on board Komodo 3D2N - KLM Lamborajo
Live on board Komodo 3D2N - KLM Lamborajo

Bagi saya, trip Pulau Komodo adalah trip sarat petualangan. Butuh kekuatan, keberanian, dan ketangguhan untuk menjalaninya. Live on board selama 3 hari 2 malam mengelilingi Taman Nasional Komodo jadi pengalaman paling membekas yang akan saya ceritakan dari trip ini. 

Perencanaan Perjalanan 

Saya ingin trip Pulau Komodo berjalan dengan sempurna. Karena itu saya membuat persiapan matang sejak jauh hari.

Perencanaan trip Pulau Komodo tidak saya lakukan secara mandiri melainkan oleh Gamanesia Holiday. Mulai dari tiket pergi sampai pulang, akomodasi selama di Labuan Bajo, pencarian informasi seputar Labuan Bajo dan Pulau Komodo, hingga kapal untuk sailing keliling Pulau Komodo dan gugusan pulau lainnya. Saya hanya mengurus keperluan pribadi saja.

Persiapan paling penting dari tiap perjalanan berlibur adalah uang, waktu luang, kesehatan prima, dan tentunya niat yang kuat serta hati yang bahagia. Ketika saya memiliki niat untuk jelajah Pulau Komodo, otomatis uang, waktu luang, dan kesehatan saya usahakan. Hati yang bahagia? Itu pasti.

Tanpa niat yang kuat, sehebat apapun destinasi, liburan tidak akan pernah jadi menyenangkan, hanya rasa lelah yang didapat. Trip Pulau Komodo bukan trip leyeh-leyeh manja yang cuma duduk santai di kapal, melainkan trip yang kental dengan petualangan. Ada kegiatan berenang, snorkeling, dan trekking yang memerlukan kekuatan fisik. Menjaga kesehatan jasmani dan rohani sebelum dan selama pergi sangat penting agar perjalanan jadi lebih nyaman dan menyenangkan. 
Live on board Komodo 3D2N - KLM Lamborajo

Sehat Selama Trip Itu Penting

Itinerary Trip Pulau Komodo berikut ini menunjukkan banyak tempat yang kami datangi, dan banyak pula kegiatan tak santai yang dilakukan. Semua jadi alasan mengapa badan harus sehat. Sebisa mungkin jangan sampai sakit, biar nggak merepotkan orang lain.
  
Day 1 - 15/3 : Start sailing trip dari Labuan Bajo-Pulau Kelor-Pulau Rinca-Pulau Kalong
Day 2 - 16/3 : Pulau Padar-Pink Beach-Taka Makasar-Gili Lawa
Day 3 - 17/3 : Gili Lawa-Pulau Kanawa-Pulau Bidadari

Total waktu trip cuma 3 hari. Faktanya, saya berada di Flores selama 6 hari. Saya memang datang lebih cepat dari peserta trip lain (13/3) dan pulang paling akhir (18/3). Buat saya seorang ibu rumah tangga, 6 hari terhitung lama meninggalkan rumah. Oke lah saya sudah diijinkan penuh oleh keluarga, jadi nggak ada beban soal waktu. Yang dikhawatirkan adalah jika selama 6 hari tersebut saya kelelahan dan jadi sakit, keluarga bakal kepikiran, bisa-bisa next trip nggak ada ijin lagi.

Selain jumlah destinasi dan aktivitas yang padat, faktor cuaca juga jadi alasan kenapa stamina harus kuat. Selama trip kemarin, cuaca sungguh tak menentu. Kadang panas terik, kadang hujan. Angin kencang dan udara dingin bikin pilek saya tambah jadi. Belum lagi jika ombak sedang tinggi, kapal berguncang dan berayun tanpa henti, perut seperti diaduk-aduk. Saya sampai pusing dan muntah-muntah. 

Trip Pulau Komodo tak hanya menuntut keberanian, tapi juga ketangguhan. Khususnya buat orang seperti saya. Kecil, mungil, mudah sakit, usia juga sudah kepala 4, beuuuh mikir banget kalau mau bertualang tuh. Jadi ya, di balik segala pesona trip Komodo yang saya perlihatkan di galeri feed IG saya, ada hal-hal yang nggak semudah kelihatannya.

Apapun itu, yang penting persiapkan saja segala sesuatunya dengan matang. Insha Allah perjalanan akan menyenangkan dan segala lelah akan terbayar lunas. 
Taman Nasional Komodo - Pulau Rinca
Taman Nasional Komodo - Pulau Rinca

Sakit Selama di Perjalanan (Kapal)

Uang, waktu luang, dan kesehatan sudah saya usahakan. Tapi apa mau dikata, 2 hari sebelum berangkat (11/3/2019) saya haid. Seperti biasa, bila haid kondisi badan jadi drop, saya sakit. Mual, mulas, muntah, sakit kepala, semua menerpa.

Mundur dari trip? Oh tentu tidak. Sakit haid cuma 1-2 hari. Saya cukup siapkan obat-obatan pengurang rasa sakit saja buat dibawa. Kenapa? Karena di kapal nggak ada apotik cyiiin, apalagi dokter! Jadi kudu bawa sendiri dan jadi dokter untuk diri sendiri. Obat yang saya bawa obat-obatan sesuai kebutuhan pribadi saja. Kalau punya maag, pastinya saya bawa Mylanta atau Promag. Selain itu saya juga bawa obat sakit perut/diare, imboost buat daya tahan tubuh, Vitamin Ester C, dan Kiranti. 

Masalah sakit saat haid kelar ketika saya masih berada di Labuan Bajo (13-14 Maret 2019). Tapi esok hari (15/3) saat kapal mulai berlayar membawa kami menjelajah perairan Taman Nasional Komodo, batuk pilek menyerang dan akhirnya saya demam. Tak mau ambil resiko jadi makin sakit, seluruh kegiatan di air seperti berenang, berendam, dan snorkeling di Pulau Kenawa terpaksa saya hindari. Kecewa? Tentu. Sudah jauh-jauh lho ke NTT masa nggak menikmati keindahan bawah lautnya? Rugi! Tapi saya sadar, jika terus memaksakan diri bisa-bisa tambah parah. Nanti malah jadi sakit sepanjang trip, bakal lebih kecewa lagi. 

Hari ke-3 -masih di Labuan Bajo- saya sudah agak baikan. Imboost habis. Obat flu tak ada. Arrrgh saya nggak terpikir untuk bawa obat flu. Syukurlah waktu di kapal dapat tambahan imboost dari Alvira dan dikasih obat flu oleh Siau Bun. Alhamdulillah 2 hari kemudian sudah baikan. Jadi bisa treking ke Pulau Padar dan pulau-pulau lainnya dengan sehat.

Sedia obat dan vitamin buat jaga-jaga

Teman Perjalanan Trip Pulau Komodo

Trip Sailing Pulau Komodo itu mahal, bila sendirian. One day tour saja 15 jutaan. Kalau 3D2N 37 jutaan! Berapa pun pesertanya - tetap sesuai kapasitas ya - biayanya sama. Harga sewa kapal jadi murah bila bepergian dengan rombongan. Misalnya dengan cara ikut open trip.

Peserta trip kami berjumlah 11 orang. Ada Celly Marcelina (owner Gamanesia), Siau Bun, Bayu Afriadi, Katarina Indrawati, Kevin, Alif, Alvira, Qorry, Rossa, dan Feibe. Mestinya ada Jeffrey dan Kohar juga. Tapi karena mendadak ada musibah, mereka buru-buru kembali ke Jakarta. Padahal sudah sampai di Labuan Bajo lho. Resiko ya. Meski Kohar sudah bayar penuh, uang trip nggak bisa kembali. Hangus.  

Saya hanya mengenal Celly dan Bayu karena pernah satu trip saat ke Nusa Penida Bali. Yang lainnya adalah teman-temannya Celly. Mereka sudah saling kenal dan pergi bareng. Tak soal tak ada yang saya kenal. Orang baru berarti tambah teman baru dan pengalaman baru. Selama di kapal saya satu kamar dengan Katarina (nama kami sama!) Muatan kamar kami harusnya bisa buat 4 orang. Tapi Celly menempatkan kami berdua saja. Katanya biar lapang. 2 bed lainnya bisa digunakan buat menaruh barang. Ok sip!

Berapa biaya trip Pulau Komodo via Gamanesia? Maret lalu 3,7 jutaan per pax. Tapi tenang, sekarang trip Pulau Komodo hanya 2,5 jutaan. Nanti di akhir tulisan akan saya jelaskan secara rinci. 

Teman perjalanan

Kapal Semi Phinisi KLM Lamborajo 

Ada banyak kapal di Labuan Bajo yang bisa disewa untuk trip Pulau Komodo. Masing-masing kapal beda kapasitas dan fasilitas. Dari yang biasa-biasa saja dengan kamar kecil cuma pakai kipas angin, sampai yang mewah pakai AC dan kamar mandi dalam kamar juga ada. Calon penyewa tinggal pilih sesuai selera, kemampuan, dan kebutuhan. 

Kapal kami bernama Lamborajo, kapal semi phinisi. Ketika pertama kali melihatnya, Lamborajo tampak begitu anggun dengan cat warna putih yang membalut hampir keseluruhan kapal. Dua tiang dengan layar hitamnya terkembang gagah menyibak angin. Kata Pak Deddy guide, pemilik KLM Lamborajo orang Riau. Di Labuan Bajo, pemilik kapal wisata memang bukan warga lokal saja, kebanyakan justru orang luar daerah. Warga setempat biasanya bekerja sebagai guide, kru kapal, dan chef. Beberapa ada yang jadi nahkoda.

Lamborajo sudah dipesan oleh Gamanesia sejak tahun 2018. Saya lupa Celly bilang sejak bulan apa, kalau tak salah ingat sejak September 2018. Kapal-kapal wisata di Labuan Bajo umumnya memang harus dipesan dari jauh-jauh hari, tidak bisa dadakan. Apalagi buat weekend. Bisa nggak kebagian.

KLM Lamborajo - Doc. Katerina
KLM Lamborajo - Doc. bajotravel.com
KLM Lamborajo - Doc. Bajotravel.com

Kapal di Labuan Bajo mahal? Itu Benar!

Saya tidak punya informasi detail mengenai Lamborajo. Kapan kapal itu dibuat, kapan pertama kali digunakan, di mana kapal dibuat, semua itu membuat saya penasaran. Saya sempat melakukan penelusuran dan menemukan Lamborajo dalam website bajorental.com. Sayangnya di sana cuma ada info penyewaan saja. Di situ disebutkan harga sewa Lamborajo Rp 37.500.000 untuk 3D2N dengan 10 destinasi. Mungkin sejumlah itu juga Gamanesia membayar untuk perjalanan kami kemarin. Mahal? Tentu, jika private trip. Misalnya, hanya saya sendirian yang berangkat #horangkaya ! Trip sailing Komodo bisa murah jika pergi dengan rombongan. Makanya, ikut open trip biar terjangkau oleh kantong 😛

Selama di Labuan Bajo saya dua kali diajak Celly ikut cek kapal. Katanya untuk keperluan trip-trip berikutnya, jika cocok. Ada 4 kapal yang sempat kami lihat sampai ke isi dalamnya. Dari sana saya jadi tahu kalau ukuran dan desain tiap kapal tidak ada yang sama. Di antara kapal-kapal itu, ada satu yang mirip Lamborajo. Sama besar dari segi ukuran, tapi punya kamar lebih banyak, dan tiap kamar pakai kamar mandi dalam.

Yang di belakang itu, kapal phinisi Adishree

Jika Lamborajo masih disebut semi phinisi, lantas seperti apa kapal phinisi? Seperti Adishree. Yup, kapal cakep satu itu memiliki body sedikit lebih besar dan panjang dari pada Lamborajo. Saya tidak tahu seperti apa isi dalamnya karena cuma lihat dari jauh, tidak mendekat apalagi masuk.

Kata Jeffrey, pemilik kapal Adishree dan Hotel Escape Bajo yang saya inapi selama 3 malam dengan Celly dkk adalah orang yang sama. Oh pantesan mentereng. 

Oh ya, teman saya travel blogger Irham Farid juga punya kapal di Labuan Bajo. Kapalnya baru, launching bulan April kemarin dengan nama Segara Liveaboard. Saya sudah lihat profil dan fasilitas kapalnya, keren banget euy! Berasa pingin tiap minggu merasakan sailing. Saya sudah informasikan ke Celly, siapa tahu kapan-kapan mau bawa tamu pakai kapal barunya Farid. Cek IG Farid di @irhamfarid

Ratusan kapal wisatawan di Labuan Bajo

Pertanyaan Tentang Kapal

Tidur di kapalnya gimana? Ada kasurnya nggak? Nyaman nggak? Makan dan mandinya gimana? Itulah sederet tanya yang menyerbu DM IG @travelerien saat saya live IG Stories dari atas kapal Lamborajo. Dulu, sewaktu belum ikut Trip Komodo, saya juga bertanya-tanya hal yang sama. Semacam penasaran ingin ikut sailing tapi diliputi rasa khawatir soal kenyamanan kapal. Wajar sih ya, namanya juga belum pernah. Nah, sekarang setelah punya pengalaman sendiri, giliran saya yang memberikan informasi. 

Begini, ketika saya berangkat dengan niat bertualang, ekspektasi saya terhadap kapal yang akan ditinggali tidak terlalu tinggi. Pikir saya, namanya bertualang, rasa kapalnya ya rasa petualang. Bukan kapal rasa turis tajir nan manja seperti Syahrini hehe. 

Sudah pada tahu kan kalau Pulau Komodo masuk 10 destinasi terbaik Asia bahkan dunia? Destinasinya lho yang mewah. Kemewahannya terletak pada objek wisata alamnya yang tiada dua. Soal kapal, bagi saya yang penting tempat tidur, makan, dan toiletnya memadai. Mewah itu kriteria spesifik. Harganya juga khusus. Kalau jadi mantunya Aburizal bakrie mah cus pesan yang super wah, nggak usah mikir susah-susah. Kalau saya? Lha bayar 3,7 jutaan saja mikir lama dan nggak jadi-jadi kecuali ada yang bayari wkwk.

Soal kenyamanan kembali ke standar masing-masing. Begitu juga dengan rasa enak pada makanan, tiap orang punya selera yang nggak sama dengan orang lain. Alhamdulillah selama di kapal saya bisa tidur nyenyak di kamar ber-AC, makan kenyang menu lengkap 3x sehari, dan bisa mandi bersih dengan air yang cukup. Sangat memadai. 

Mewah kah? Mewah untuk standar para petualang yang lebih mementingkan kegiatan wisata. Tidak mewah bila standarnya gaya liburan ala Syahrini or Nia Ramadhani hehe.

Kapal wisatawan - ukurannya lebih kecil
Kapal wisatawan - Ukurannya serupa dengan KLM Lamborajo
Kapal kami - KLM Lamborajo


Kapal Layak Berlayar

Hal paling penting dari sebuah kapal adalah kelaikan berlayar. Kapal jenis apapun syaratnya pasti sama. Begitu juga kapal wisata. Sebagai peserta trip kita nggak bisa memilih ingin naik kapal yang mana. Karena kita tinggal ikut dan berangkat. Semoga saja setiap kapal yang dipakai untuk sailing komodo adalah kapal yang baik kondisinya, sehingga aman digunakan. Namanya manusia, ada cemas dan khawatirnya. Takut bocor dan tenggelam lah, takut terbakar di laut lah, takut mogok lah, dll. 

Sebagai travel blogger, saya mencari tahu banyak hal atas apa yang saya jumpai ketika traveling. Soal kelayakan berlayar pun saya korek. Kalau ada yang bilang saya mau tahu aja, ya memang perlu tahu. Namanya juga blogger, jurnalisme warga hehe. Wajib kepo!

Pak Dedy guide kami memberi saya informasi seputar kapal. Katanya, seperti halnya mobil, kapal juga ada uji kelaikan. Pemeriksaan kapal di Labuan Bajo rutin dilakukan. Kadang bisa tiap hari, kadang seminggu 2 kali. Pemeriksaan kadang dilakukan terang-terangan, kadang diam-diam (semacam sidak). Pernah ada kapal yang kedapatan membawa penumpang melebihi kapasitas. EO nya disuruh keluar buat cari kapal tambahan. Kalau sudah begitu, resiko tambah biaya harus ditanggung. Makanya harus sama-sama taat pada aturan.
Berkeliling melewati pulau-pulau cantik yang sunyi
Pemandangan yang tak jemu untuk dinikmati dari kapal

Nahkoda, Guide, dan Chef Bersertifikat

Pak Deddy menambahkan, selain nahkoda, chef dan guide yang ikut dalam pelayaran harus memiliki sertifikat. Tanpa sertifikat mereka tidak boleh bertugas dalam pelayaran. Syarat seperti ini diberlakukan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan wisatawan. Walau memang, takdir celaka/mati ada di tangan Tuhan, sebagai manusia wajib berusaha menghindari bahaya. Tentunya, harus diiringi dengan doa juga ya biar selamat.

Chef di kapal bukan juru masak sembarangan. Ia sudah dibekali ilmu memasak yang benar, menghidangkan menu yang tepat, dan memastikan wisatawan hanya memakan makanan yang sehat dan bergizi. Kalau masaknya nggak benar, wisatawan jadi sakit, harus tanggung jawab.

Lain asal wisatawan, lain pula menu yang dihidangkan. Jika wisatawan asing, chef hanya memasak makanan sesuai dengan lidah si wisatawan. Kalau wisatawan Nusantara sih tidak ada menu khusus. Semua diseragamkan. Kalau misal ada satu atau dua peserta yang nggak cocok dengan menu yang dihidangkan, bukan chef yang disuruh ganti menu, tapi pesertanya yang nggak usah makan. Toh, menu yang dihidangkan dalam sekali makan itu bukan 1 macam, ada menu lain yang bisa dipilih. Misal nggak bisa makan ikan laut, nah ada ayam atau telur yang bisa dipilih.

Saya percaya sekali Pak Deddy adalah guide yang berpengalaman. Meski baru satu kali trip bersamanya, saya bisa menilai beliau bukan guide kemarin sore. Dari cara beliau membersamai peserta, kata-katanya, dan sikapnya, Pak Deddy handal sebagai guide trip Pulau Komodo. Saya senang sekali beliau piawai menggunakan kamera dslr EOS 70D saya. Jadi punya banyak foto bagus dipotret oleh Pak Deddy.
Senja terindah selama 3 hari di kapal

Bersantai di deck depan

Fasilitas KLM Lamborajo

Saya rasa Gamanesia Holiday tidak selalu menggunakan KLM Lamborajo di tiap tripnya. Kalau teman traveler tertarik trip Pulau Komodo via Gamanesia, semoga saja kapal yang dipakai adalah KLM Lamborajo seperti yang kami gunakan. Ok kok kapalnya.

Kapal
- Phinisi KLM Lamborajo
- 4 Cabin AC
- 2 Sharing bathroom
- 5m dinghy
- Fresh Water
- Mineral Water
- Freeflow coffee and tea as you pleased
- Meals 1x (One day Trip), Meals 5x (2 Day Trip), Meals 7x (3 Day Trip), Meals 10x (4 Day Trip)
- Life Jacket
- Snorkeling Set
- 24 Hours Electricity

Kapten kami di ruang kemudi
Deck atas di bagian belakang kapal ini jadi tempat makan dan berkumpul

Kamar Tidur AC

Kapal Lamborajo memiliki 4 kamar tidur dengan AC. 1 kamar VIP di lantai atas, dan 3 kamar standar di lantai dasar. Kamar atas bersebelahan dengan kamar awak kapal dan ruang kemudi. Terdapat 1 bed besar yang bila dipaksakan bisa untuk 4 orang. Sedangkan 3 kamar di bawah masing-masing berkapasitas 4 orang dengan bunk bed. Semua kamar memiliki jendela dengan pemandangan langsung ke luar kapal/laut.

Lampu kamar menyala 24 jam. Namun untuk penghematan bahan bakar solar, jenset lebih sering dimatikan di siang hari. Kecuali ada kebutuhan untuk mengecas baterai HP/kamera, baru dinyalakan. Di dalam kamar ada 2 colokan listrik, masing-masing ada 2 terminal. Jadi kalau misal dikamar ada 4 orang, bisa dipakai serentak.

Siang hari kalau sedang panas terik suhu kamar jadi panas. Malam hari agak sejuk tapi tetap perlu AC. Selama sailing tiada hari tanpa hujan. Tapi nggak sampai lama dan deras. Di hari terakhir hujannya serem. Lebat, lama, dan disertai angin. Seluruh bagian luar kapal basah. Air bahkan sampai masuk kamar. Masuk dari pintu yang terbuka, bahkan bocor dari lantai atas. Kena kasur, bantal dan selimut. Untunglah saat itu dalam perjalanan pulang ke Labuan Bajo. Kami sudah nggak perlu lagi tidak tidur di kapal.

Kamar di deck atas - Doc. Bajotravel

Kamar di deck bawah dengan bunk bed - Doc. Bajotravel

Kamar yang saya tempati bersama Katarina - Doc. Katerina.S

Kamar Mandi di Kapal

3 hari di kapal mandi nggak? Mandi dunk! Tiap hari bersih pokoknya. Mau keluyuran di pulau seharian main pasir or main apa aja nggak khawatir, ada kamar mandi buat bersih-bersih badan. Terdapat 2 kamar mandi di deck bawah di bagian belakang kapal. Sebelahan dengan dapur dan ruang logistik. Dua kamar mandi untuk 11 (apalagi 16 orang) orang memang tidak cukup. Kami harus bergantian. Tak apa juga sih sesekali merasakan antri mandi, biar nggak seperti suasana di rumah terus.

Kamar mandinya nggak terlalu besar, tapi dilengkapi kloset duduk, wastafel, dan gantungan handuk/baju. Mandinya pakai shower. Airnya bersih, mengalir lancar dari tanki air tawar yang ada di deck paling atas. Air baru mengalir jika jenset dihidupkan. Pernah jensetnya dimatikan, air di kloset kosong. Akibatnya pas abis BAB/BAK mau di-flush nggak bisa. Akhirnya cuma cebok, trus buru-buru ambil air di laut pakai ember. Kebetulan pintu kamar mandinya dekat dengan air laut. Mudah tinggal ambil. Bisa juga sih minta awak kapal hidupkan listrik biar klosetnya terisi air. Tapi mereka kan nggak selalu standby dekat kamar mandi. Daripada merepotkan orang, mending usaha dulu. Kalau gak bisa baru teriak 😂

Besok-besok kalau ada yang naik kapal ini lagi, pesan saja sama awak kapalnya untuk selalu sedia air cadangan pakai ember besar/drum di depan kamar mandi, buat siram-siram.

Oh ya, air di kamar mandi dibuang ke laut. Air sabun mandi dan air samphoo, semua mengalir ke laut. Ini termasuk pencemaran bukan sih? 😢Kalau misal mandi puasa pakai sabun dan samphoo pada tahan nggak ya?

Kamar mandi shower
Lorong di depan kamar mandi dan deretan kamar dengan pintu yang langsung menghadap ke laut

Makan Enak dan Kenyang

Perkara makan jangan khawatir. Terjamin dan nggak bakal kelaparan. Kami dapat makan 3 kali sehari. Menunya selalu berganti, pagi siang sore nggak ada yang sama.

Dalam satu hidangan makan ada beberapa menu, jadi kita bisa pilih kalau misal ada yang nggak cocok. Menu yang disajikan kebanyakan menu seafood. Biasanya ada saja yang nggak bisa makan  ya kan, alasannya karena alergi. Syukurlah kemarin nggak ada yang bermasalah dengan menu yang disajikan. Andai ada yang nggak bisa seafood, bisa memilih telur atau ayam untuk lauknya.

Sayur dan buah lengkap, selalu ada. Minuman hangat dan dingin tersedia. Sore hari ada suguhan snack (pisang goreng) dan minuman teh/kopi. Biasanya kami nikmati sambil bersantai menunggu sunset, atau sepulang keluyuran dari pulau-pulau.  

Chef-nya bolehlah untuk urusan makan.

Menu sarapan
Hidangan 5 macam menu dalam sekali makan
Puas makan dengan menu Seafood 
Menu makan malam

Di luar dari yang sudah disediakan oleh kapal, kita boleh banget jika mau bawa sendiri makanan/minuman buat persediaan selama di kapal. Jadi sebelum berangkat naik kapal kami belanja-belanja dulu di Labuan Bajo. Teman-teman pada belanja mie instan. Katanya enak pas malam dingin-dingin, atau sore-sore pas bersantai. Benar juga sih, siapa tahu kan malam-malam lapar, bisa numpang masak mie di dapur kapal. Akhirnya saya ikut beli 5 bungkus Indomie. Ternyata pas di kapal cuma 1 yang dimasak. Mungkin karena selama di kapal lebih sering merasa kenyang dan nggak pingin makan macam-macam lagi ya.

Menu selalu berganti
Nggak bakal kelaparan
Suasana yang bakal selalu dikangenin

Speed Boat & Life Jacket

Ada yang tanya saya soal alat keselamatan di kapal. Dia parnoan sama laut tapi penasaran ingin menjajal sailing Komodo. Ok saya ceritakan. Siapa tahu abis baca ini dia langsung cusss daftar trip Komodo nya Celly hehe

Life jacket? Ada banyak di kapal. Jumlahnya sesuai dengan jumlah keseluruhan orang yang ada di kapal. Selain sebagai alat keselamatan, life jacket juga digunakan untuk snorkeling. Life jacket bukan buat yang nggak bisa berenang saja, buat yang jago berenang juga perlu. Kalau terjadi apa-apa, emang bisa berjam-jam ngapung di laut? Nggak.

Selama 3 hari di kapal saya nggak merasa perlu pakai life jacket. Nah, hari terakhir (Minggu 17/3), mendadak cuaca jadi nyeremin. Hujan deras, angin kencang, gelombang tinggi. Kapal kami basah kuyup, air sampai masuk kamar. Kapal berayun-ayun, kepala jadi pusing, dan saya muntah-muntah. Kengerian menyelimuti, pikiran saya jadi jelek. Jika terjadi sesuatu, saya akan lari ke depan menyambar life jacket. Syukurlah itu tak terjadi. Kondisi menyeramkan akhirnya berlalu. Hujan reda, dan kami sampai di Pelabuhan Labuan Bajo dengan selamat.

Life jacket

Kapal Lamborajo dilengkapi sebuah speed boat. Ukurannya tak terlalu besar, berkapasitas 8-9 orang. Jika sedang tak digunakan biasanya diikat di bagian belakang kapal, dibawa kemana pun kami berlayar. Selama kami berlayar, kapal tak pernah bisa merapat ke dermaga karena laut tak cukup dalam untuk dilalui kapal. Speed boat berfungsi untuk mengantar kami mencapai daratan. Karena tak bisa sekali angkut, naiknya bergantian. 

Dalam kondisi aman dan normal, satu speed boat sudah cukup untuk sekedar dipakai mengantar dan menjemput ke daratan. Tapi bila terjadi kondisi darurat dan gawat, satu speed boat pasti kurang. 16 peserta trip, 1 guide, 2 awak kapal, 1 chef, 1 kapten, 2 orang kru speed boat, total ada 23 orang. Setidaknya harus ada 3 speed boat dalam 1 kapal baru aman.

Jika berlayar di musim hujan dan ombak tinggi, sedia speed boat yang cukup tentu lebih aman. Btw, saya berterima kasih pada pak kapten, ia sungguh hebat telah membawa kapal kami kembali dengan selamat ke Labuan Bajo.

Ini adalah speed boat yang kami gunakan untuk menyeberang dari kapal ke daratan/pulau-pulau

Trip Pulau Komodo Gamanesia

Sebenarnya, kita tidak perlu bingung mencari perusahan travel yang melayani trip ke Pulau Komodo. Jika kita mau meluangkan waktu berselancar di dunia maya, ada banyak jasa tour yang bisa kita temukan untuk kita pilih sebagai teman perjalanan. Tapi kadang kita kurang sreg menggunakan perusahaan travel yang belum kita kenal karena kita tidak tahu seperti apa testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya. Itu sebabnya kadang saya lebih suka mencari referensi dari orang-orang yang saya kenal saja. Misal dari teman yang sudah punya pengalaman pergi dengan perusahaan travel yang saya incar. Biasanya lebih jujur dan sesuai fakta.

Saya kebetulan berteman dengan sejumlah owner perusahaan travel yang memiliki banyak rekomendasi dan informasi mengenai trip yang saya tuju. Jadi tidak perlu capek-capek lagi mencari perusahaan travel terpercaya. Seperti Gamanesia.id ini, saya direkomendasi oleh Jeffry, owner Picniq Tour. Kebetulan pula, saya sudah pernah jalan bareng dengan Celly, empunya Gamanesia. Langsung deh daftar ikut trip, nggak pakai mikir.  

Bersama Gamanesia saya berkeliling pakai kapal menjelajah Taman Nasional Pulau Komodo dengan sangat menyenangkan. Dalam rentang waktu tiga hari, kapal Lamborajo membawa saya dan peserta lain hampir ke seluruh tempat yang disebut dalam itinerary. Beragam jenis aktivitas kami lakukan, seperti snorkeling, trekking, menikmati spot-spot menawan di pulau-pulau kecil, sekedar berenang dan bersantai di atas kapal.

Bagi yang ingin melakukan perjalanan ke Labuan Bajo dan merasakan sailing trip Pulau Komodo, bisa contact: Celly Marcelina HP: 085103828270 Instagram: @gamanesia.id

Trip Komodo by  Gama Holiday @Gamanesia.id
Hubungi Celly Marcelina di HP: 085103828270  untuk pemesanan trip😊

Open Trip Sailing Komodo Gamanesia.id

Berapa biaya trip sailing Komodo? Nah, ini nih yang dari kemarin ditanyakan oleh teman-teman kepada saya. Sebetulnya biaya trip sudah saya informasikan di IG, sudah pade ngeh juga. Baiklah, biar afdol saya informasikan juga di sini.

Bulan Maret lalu biaya trip Pulau Komodo Rp 3,7juta /pax. Kalau sekarang harganya udah beda jauh. Cuma Rp 2,5 juta per pax. Aiih murah ye kaaaan?! 😍

Open trip Pulau Komodo 3 hari 2 malam cuma IDR 2,5juta. Harga termasuk:
-Penjemputan dan pengantaran sesuai itinerary
-Boat Cabin AC
-Tour dan konsumsi selama trip
-Air minum, buah, teh, dan kopi di kapal
-Snack dan jus buah (evening snack)
-Snorkeling equipment (mask, snorkel, fin, dan life jacket)
-Entrance fee
-Guide lokal yang akan memandu
-Dokumentasi Photo dan Video

Tidak termasuk:
-Tiket pesawat
-Asuransi Perjalanan
-Tips untuk guide dan crew kapal

Notes:
-Daftar minimal 1 orang. Diskon spesial buat yang daftar minimal 2 orang. 
-Berangkat setiap hari Jumat - Minggu
-Meeting Point di Bandara Komodo / hotel jam 09.30 WITA
-Selesai tour di bandara Komodo jam 13:00 WITA (penerbangan diharapkan setelah jam 14:00 WITA)
-Untuk mendaftar mohon membayarkan DP 50%
-DP yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan

Padar Island

Snorkeling di Pulau Kenawa

Ribuan kalong di Pulau Kalong -  in frame Fe

Itinerary Trip Pulau Komodo

Hampir semua tempat yang disebutkan dalam itinerary berikut kami datangi. Di antaranya Pulau Kenawa, Pulau Kalong, Pulau Padar, Pink Beach, Gusung Island, Taman Nasional Komodo Pulau Rinca, dan Manta Point. Yang lainnya terpaksa skip karena karena terkendala hujan dan angin kencang.

Kondisi cuaca memang mempengaruhi komplit atau tidaknya tempat yang kami kunjungi. Bila berhalangan, kita tentu tidak bisa memaksakan diri agar terpenuhi, karena ada keselamatan yang harus diutamakan. Kalau nggak jadi, memang kecewa. Tapi, anggap saja ada hutang yang belum lunas, biar suatu hari bisa balik lagi dan jalan-jalan lagi ke Pulau Komodo.

Itinerary:
Day 1: (L/D)
Kelor Island, Manjarite, Kalong Island

Day 2: (B/L/D)
Padar Island, Pink Beach, Taman Nasional Komodo, Gusung island, Gili Lawa

Day 3: (B/L)
Gili Lawa, Manta Point, Kanawa Island, Airport

Pink Beach
Gusung Island

Jadwal Pesawat Jakarta - Labuan Bajo

Terbang ke Labuan Bajo sekarang ada pilihan penerbangan langsung. Enak, jadi bisa lebih cepat sampai. Sebelumnya mesti mampir dulu ke Bali, Lombok, Ujung Pandang, Kupang, atau ke kota-kota lainnya. Kadang males, ya, mesti mampir-mampir dulu. Kecuali memang ada perlu di kota-kota transit tersebut, tak soal transit dulu.

Bulan Maret lalu saya dipesankan tiket PP dengan flight langsung. Berangkat bareng Kohar, pulangnya bareng Kevin. 

Berikut flight dan harga tiket saya saat itu. Bisa jadi acuan bila ingin ambil jadwal yang sama. Tapi sebaiknya cek lagi di situs online booking tiket untuk mendapatkan harga dan jadwal terbaru. 
CGK Jakarta - LBJ Labuan Bajo 13/3 Jam 12:00-15:20 Citilink Rp1.537.195
LBJ Labuhan Bajo - CGK Jakarta 18/3 Jam 14:40-16:10 Batik Air Rp1.537.195 
Pesawat dari Jakarta ke Labuan Bajo ada yang langsung, ada yang 1 kali transit, dan ada yang 2 kali transit. Begitu juga sebaliknya. Untuk saat ini direct flight ke Labuan Bajo baru dilayani oleh maskapai Batik Air dan Garuda. Bulan Maret lalu saya masih bisa direct flight dengan Citilink. Entah kenapa saat saya cek lagi untuk bulan Juni dan seterusnya saya tidak menemukan ada layanan flight dari Citilink lagi. 

Bandar Udara Komodo - Flores NTT

Berikut adalah daftar maskapai yang melayani flight Jakarta - Labuan Bajo dengan 1 dan 2 kali transit

Transit 1x:
Lion+wings CGK-(LOP) Lombok-LBJ
Lion+wings CGK-(DPS) Denpasar-LBJ
Lion+wings CGK-(SUB) Surabaya-LBJ
Batik+wings CGK-(LOP) Lombok-LBJ
Batik+Wings CGK-(DPS) Denpasar-LBJ
Batik+Wings CGK-(KOE) Kupang-LBJ
Sriwijaya+NAM CGK-(DPS) Denpasar-LBJ
Garuda CGK-(DPS) Denpasar-LBJ

Tansit 2x:
Lion + Wing CGK-SUB-KOE-LBJ
Garuda CGK-SUB-DPS-LBJ
Garuda CGK-JOG-DPS-LBJ
Garuda CGK-UPG-DPS-LBJ
Batik+wing CGK-KOW-BJW-LBJ

Gugusan pulau di perairan Taman Nasional Komodo

Direct flight Labuhan Bajo - Jakarta hanya dilayani oleh Batik Air dan Garuda. Berikut adalah jadwal terbang dengan transit 1 dan 2 kali:

Transit 1x:
Wings+Lion LBJ-LOP Lombok-CGK
Wings+Lion LBJ-DPS Denpasar-CGK
Wings+Batik LBJ-LOP Lombok-CGK
Wings+Batik LBJ-DPS Denpasar-CGK
Nam+Sriwijaya LBJ-DPS Denpasar-CGK
Garuda LBJ-DPS Denpasar-CGK
Batik LBJ-SUB Surabaya-CGK

Transit 2x:
Garuda LBJ-DPS-LOP Lombok-CGK
Wings+Lion LBJ-BJW Bajawa NTT-KOE Kupang-SUB Surabaya
Garuda LBJ-DPS Denpasar-SUB Surabaya-CGK
Garuda LBJ-DPS Denpasar-SRG Semarang-CGK
Garuda LBJ-DPS Denpasar-JOG Jogja-CGK
Garuda LBJ-DPS Denpasar-PLM Palembang-CGK
Garuda LBJ-DPS Denpasar-UPG Palu-CGK
Garuda LBJ-DPS Denpasar-PLM Palembang-KNO Kualanamu

Terbang nyaman ke Pulau Komodo

Trip Pulau Komodo Seru dan Menyenangkan

Tak ada kata lain selain Luar Biasa untuk saya jadikan pujian pada trip Pulau Komodo. Sependek saya pernah keliling Indonesia, sensasi berlayar selama 3 hari 2 malam memberikan pengalaman yang berbeda dari trip-trip lainnya. Saya sudah pernah merasakan berjalan di daratan berhari-hari, tapi berlayar selama 3 hari sambil singgah di pulau-pulau kecil cantik nan aduhai, baru kali ini. 

Banyak spot-spot cantik buat berfoto. Sebagai penggemar fotografi, perasaan saya seperti diliputi rasa cinta, berdebar-debar dan ingin berlama-lama menikmati setiap tempat tanpa terburu-buru. Segala yang terlihat, membuat jemari seakan tak ingin berhenti menekan tombol shutter kamera, bila perlu sepanjang hari. 

Kegiatan trekking naik dan turun bukit sangat menyenangkan. Terlebih, ketika menikmati pemandangan dari ketinggian, indah tiada dua. Rasanya mustahil bisa saya temukan ada pemandangan alam yang sama di tempat lain. Bentuk gugusan pulau yang unik, pantai-pantai beragam warna, ada pantai pasir putih, pantai pasir hitam, dan pantai pasir pink, semua berdekatan dan bisa dipandang sepuasnya hanya dari satu tempat. Seluruh kawasan Taman Nasional Komodo menarik dari sudut mana pun mata melihatnya. 
Taman Nasional Komodo - NTT

Pesona Taman Nasional Pulau Komodo memang tiada dua. Tak heran bila masuk daftar 10 destinasi  wisata terbaik Asia dan dunia. Memang keren!

Saya belum puas karena banyak tempat yang skip, pun tidak merasakan snorkeling dan berenang di Kenawa, apalagi melihat manta. Belum lengkap trip Komodo tanpa nyebur di lautnya yang keren banget itu kan? Saya bakal balik lagi!

Saya akan menceritakan semua tempat yang saya kunjungi selama trip Pulau Komodo pada tulisan yang lain, termasuk pengalaman saya berjumpa 13 ekor komodo di Pulau Rinca. Semoga berkenan menantikannya. Tunggu ya! 😘

Semoga ulasan tentang kapal dalam tulisan ini dapat memberi pencerahan pada teman-teman traveler mengenai kondisi kapal yang akan dipakai sailing komodo. Mungkin tidak sedetail yang diharapkan, tapi setidaknya sudah ada gambaran. Bila ada pertanyaan lebih lanjut, bisa contact Gama Holiday ya.

Gama Holiday
Contact: Celly Marcelina 
HP: 085103828270 
Instagram: @gamanesia.id

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

15 komentar

  1. Baru tahu kalau air toilet dibuang ke laut ya mbak Rien, pencemaran donk😢 semoga ke depan ada tempat pembuangan khusus di kapal ya, btw panjang sekali artikelnya dan super lengkap, jadi makin pengen ke Labuan Bajo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, satu hal tersebut cukup mengganggu pikiranku. Cara paling mudah saat ini menurutku adalah cukup mandi saja dengan air tanpa sabun dan samphoo. Menahan diri selama 3 hari aku rasa pasti bisa.

      Hapus
  2. Haaa seru sekali perjalanannya. Aku baca cerita di blog ini aja sudah bisa ngerasain keseruannya, apalagi kalo bisa merasakan secara langsung. Ah semoga aku bisa ke sana juga. Udah lama banget pengen ke sana tapi belum kesampaian huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Agendakan waktu yang tepat kalau sail komodo ya, Puspa :D

      Hapus
  3. Mudah-mudahan suatu saat nanti bisa kesana

    BalasHapus
  4. Kerennnn banget mb kate, jadi pengen ke sana bareng bebeb.#ehhhh

    BalasHapus
  5. luar biasa! artikel nya panjang banget, harus diapresiasi nih (prok prok prok) walaupun panjang tapi tetap informatif sekali isinya dan super lengkap! aku pun enjoy bacanya dan jadi pengen juga ngerasain perjalanan seru ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Isma. Seru banget, mbak. Mesti ke sana juga.

      Hapus
  6. Detail sekali Bund.

    Sempat kepingin nyobain sailing yang nginap di kapal gini karena nontom OG Story nya Ernest Prakasa. Tapi hitung biaya per pax dan tiket, hihihi ... nabung dulu nampaknya.

    Penasaran deh rasanya nimba air laut buat siram siram di toilet. Dan ya, kalo traveling harus sehat. Selalu bersyukur kalau dapat teman seperjalanan yang baik dan perhatian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya ke sana sepadan dengan apa yang didapat mbak. Pokoknya bagiku, terbayar lunas! :D

      Pengalaman yang didapat berharga banget, tak terlupakan.

      Hapus
  7. Ternyata obat bawaannya sama, Mba. Daku juga kalau bepergian selalu sedia Imboost, terutama. Tulisannya bener-bener detil, jadi bisa buat rekomendasi kalau pas pergi ke sini. Penasaran, meski tiketnya huwow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sudah jadi obat daya tahan tubuh sejuta umat ya mbak Imboostnya :D
      Terima kasih sudah mampir. Semoga Mbak Tengu nanti juga punya pengalaman ke sana dan berbagi seperti ini. Aamiin

      Hapus

Leave your message here, I will reply it soon!