Meet The New ASUS VivoBook Pro and VivoBook Pro X, Laptop Futuristik untuk Para Kreator Muda

Creators Series Media Gathering: Meet The New ASUS VivoBook Pro and VivoBook Pro X

ASUS Creator Series Media Gathering - Meet The New ASUS VivoBook Pro and VivoBook Pro X 

Baru-baru ini ASUS menggelar acara Creators Series Media Gathering: Meet The New ASUS VivoBook Pro and VivoBook Pro X di Hotel Akmani Jakarta. Di acara ini Asus Indonesia mengundang blogger, media, dan youtuber namun terbatas untuk area Jakarta dan sekitarnya saja.

Acara digelar selama dua hari, yakni Minggu (12/12) sampai Senin (13/12). Saya sebagai Blogger dan anak saya --Alief-- sebagai Youtuber, juga diundang. Kami hadir bersama di hari Minggu. 

Hari Minggu memang paling memungkinkan kami untuk datang. Suami libur kerja, dan Alief libur kuliah. Meskipun saat berangkat suami tetap sambil bawa kerjaan juga, dan Alief ternyata masih ada tugas kuliah yang belum kelar 😅 

Suami dan Alief sama sibuknya. Kalau suami tiap hari kadang sampai weekend tetap kerja, kerja, kerja! (biar tiap akhir bulan bawa berlian wkwkw aamiin). Sementara Alief, selama weekdays sampai weekend tetap nugas, nugas, nugas! Nugas teruuusss sampai dapat bintang-bintang wkwkwk. Apapun itu, yang penting semoga suami dan Alief selalu sehat, bahagia, dan sukses. AAMIIN. 

 

Alief sendiri sebetulnya sekarang masih ujian kuliah (abis UTS lanjut UAN), tapi dia tergoda dengan subjek undangan yang dikirim Caroline (PR Asus) bertuliskan: "ASUS Creators Series". Kata-kata itu membuat jiwa kreatornya meronta-ronta dilanda rasa penasaran. Karena itu dia antusias datang.

Padahal saya sudah tanya dulu lho, "Sedang ada tugas (kuliah) gak? Sedang ada kerjaan ngedit video nggak?". "Tugas mah ada terus, Ma,"jawab Alief. Ohiya ya, memang ada terus hihi. 

Saya sempat khawatir lho dengan kesehatan Alief, pagi sampai siang kuliah, sore ngerjain tugas sampai malam, tak jarang sampai begadang jam 3 pagi baru kelar. Wedeeeew 😱 

Tugasnya itu lho, nggambar, nge-desain, motret, dan videoan. Ya anak DKV New-Media memang gitu ya tugas-tugasnya. Saya menyebut daftar tugasnya saja sudah lelah, gimana dia yang jalanin ya 😅 Tapi saya liat dia bawa asyik aja sih, nggak yang sampai gimana-gimana. 

Datang sekeluarga ke acara ASUS karena kami adalah keluarga ASUS 😆

Kesibukan Alief sejak kuliah memang luar biasa. Dia mulai agak kesulitan membagi waktu untuk 3 kegiatan utamanya antara kuliah, kerja (video editor), dan bikin konten. Bagi Alief, ketiganya penting. Di situ ada masa depan, hobi, dan passion. Perpaduan sempurna yang membuat hari-hari dapat dijalani dengan menyenangkan dan penuh semangat. 

Namun, pada suatu ketika, salah satu harus "dikendorkan" untuk sementara, dan yang direm oleh Alief adalah aktivitas ngonten. Bukan berhenti, tapi mengurangi laju kecepatan. Itu sebabnya konten-konten baru di channel Onedox mulai jarang ada. Bukan tak ada ide, tapi tak ada waktu yang leluasa untuk membuat konten. Ide-ide yang ada ditabung dulu. Video akan tetap ada, tapi jumlahnya mungkin 1 atau 2 video saja dalam sebulan, itu sudah paling bagus untuk saat ini.

Nanti jika sudah ada kemudahan lagi dalam hal waktu, ngontennya pasti akan digassss lagi. Satu hal yang pasti, memantau informasi terkait teknologi-teknologi terbaru dari berbagai "senjata" andalan untuk bikin konten, tak pernah ada kata berhenti. 

Itu sebabnya undangan untuk Meet The New ASUS VivoBook Pro and VivoBook Pro X disambut antusias oleh Alief. Begitu juga saya, pastinya. Kami tak mau ketinggalan informasi laptop-laptop terbaru dari ASUS, apalagi yang ada hubungannya dengan kegiatan kami sebagai content creator, cusss lah pokoknya.


VivoBook Pro 14X OLED (N7400) mesin penunjang poduktivitas bagi para kreator

Ada 2 tipe laptop yang diperkenalkan oleh ASUS pada sesi media gathering kali ini yaitu ASUS Vivobook Pro 14X OLED N7400 dan Vivobook Pro 14/15 OLED K3400/K3500.

Total ada 4 laptop yang saya jumpai terdiri dari ASUS VivoBook Pro 14X yang menggunakan prosesor Intel Core i7-11370H dan satunya lagi prosesor Intel Core i5-11300H. Dua laptop lainnya ASUS VivoBook Pro 14 (K3400) dan 15 inch (K3500).

Saya hands-on salah satunya yaitu laptop ASUS VivoBook Pro 14X (N7400).

 
VivoBook Pro 14X OLED (N7400) merupakan salah satu laptop yang dirancang sebagai mesin penunjang poduktivitas bagi para kreator. Laptop ini tidak hanya dibekali dengan hardware yang powerful, tetapi juga memiliki desain serta fitur yang futuristik yang dapat membantu para kreator semakin produktif.

“ASUS mendengar permintaan para kreator, khususnya kreator muda yang membutuhkan laptop powerful untuk kegiatan kreatif, memiliki layar dengan kualitas visual terbaik, serta dirancang khusus untuk berkarya. VivoBook Pro 14X OLED (N7400) adalah jawaban dari ASUS atas permintaan tersebut,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. 

“VivoBook Pro 14X OLED (N7400) lebih dari sekadar laptop yang powerful. Laptop ini adalah senjata andalan para kreator dengan fitur lengkap untuk menciptakan sebuah karya.”


Modern dan Powerful

VivoBook Pro 14X OLED (N7400) ditenagai oleh high performance CPU 11th Gen Intel® Core™, tepatnya hingga Intel® Core™ i7-11370H. 

Prosesor modern yang dirancang untuk laptop ultraportable creator tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur terkini, termasuk Thunderbolt 4 yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan untuk menunjang kegiatan para kreator sehari-hari.


CPU ini juga lebih hemat daya namun tetap memiliki performa kencang, membuat VivoBook Pro 14X OLED (N7400) mampu tampil dengan bodi yang sangat ringkas. 

Menemani  high performance CPU 11th Gen Intel® Core™ adalah GPU NVIDIA GeForce RTX 3050. Tidak hanya sekadar RTX 3050, VivoBook Pro 14X OLED (N7400) hadir menggunakan GeForce RTX Studio Driver yang dioptimalisasi untuk software kreatif seperti photo dan video editor. 

Agar performanya tidak timpang, VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga dibekali dengan memori DDR4 3200MHz berkapasitas 16GB serta penyimpanan menggunakan PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB

Spesifikasi tersebut memastikan VivoBook Pro 14X OLED (N7400) dapat menjalankan berbagai aplikasi kreatif tanpa hambatan.

 

Komponen powerful membutuhkan sistem pendingin terbaik. Untuk itulah VivoBook Pro 14X OLED (N7400) dibekalli dengan sistem pendingin ASUS IceCool Plus terbaru. 

Pengguna VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga dapat mengontrol performa laptopnya melalui aplikasi ProArt Creator Hub yang juga berfungsi sebagai pusat kontrol untuk laptop ini. 

Terdapat empat profil performa yang bisa digunakan di VivoBook Pro 14X OLED (N7400), mulai dari mode Whisper untuk menghemat baterai dan operasional senyap, mode Standard, Performance, hingga Full Speed yang dapat menghadirkan performa maksimal.

ASUS OLED untuk Para Kreator

VivoBook Pro 14X OLED (N7400) merupakan salah satu laptop yang menggunakan layar berteknologi ASUS OLED. 

Teknologi layar tersebut dirancang untuk menghadirkan kualitas visual terbaik dengan standar industri kreatif profesional. 

Layar ASUS OLED memiliki tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi, yaitu 100% pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% sRGB. 

Layarnya juga telah dikalibrasi secara presisi dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated.

 

ASUS OLED juga akan memanjakan para video editor dan animator. Berkat layar yang memiliki refresh rate 90Hz dan response time hanya 0,2ms, tampilan animasi dan video dapat dihadirkan secara detail pada tiap frame-nya sehingga membuat proses produksi lebih nyaman serta praktis tanpa perlu monitor eksternal yang biasa digunakan untuk proses grading.

Bagi para kreator yang ingin memproduksi konten dengan format HDR, VivoBook Pro 14X OLED (N7400) adalah perangkat yang tepat. 

Layar ASUS OLED yang diusung di VivoBook Pro 14X OLED (N7400) telah mendukung teknologi HDR dan memiliki contrast ratio hingga 1.000.000:1. ASUS OLED bahkan mengantongi sertifikasi VESA HDR True Black, menandakan bahwa fitur HDR di VivoBook Pro 14X OLED (N7400) memiliki standar yang telah diakui secara global.


Tidak hanya memberikan kualitas visual terbaik, VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga dapat menjaga kesehatan penggunanya. 

Tidak seperti layar laptop pada umumnya, layar ASUS OLED di VivoBook Pro 14X OLED (N7400) memiliki paparan radiasi cahaya biru yang merusak mata hingga 70% lebih rendah. ASUS OLED bahkan mendapatkan sertifikasi low-blue light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland.

Dirancang khusus untuk para kreator, layar 14-inci VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga memiliki resolusi tinggi yaitu 2,8K (2880x1800 pixel) dan mengusung aspect ratio 16:10.

Spesifikasi tersebut sangat cocok untuk para kreator karena menghadirkan ruang kerja ekstra ketimbang layar dengan aspect ratio 16:9. Resolusi layarnya juga memungkinkan alur kerja produksi konten beresolusi tinggi semakin nyaman.


Stylish dan Futuristik

VivoBook Pro 14X OLED (N7400) merupakan laptop modern dengan desain stylish yang mengedepankan mobilitas penggunanya. 

Bobotnya hanya 1,45Kg dengan ketebalan 17,9mm, membuatnya tampil sebagai salah satu laptop kreator paling ringan dan ringkas saat ini. VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga tampil dengan kesan premium dengan pilihan warna Comet Grey dan Cool Silver. Seluruh aspek desainnya mengedepankan konsep minimalis serta fungsionalitas.

Warna Cool Silver ASUS VivoBook Pro 14X. Warna lainnya Comet Grey. Tidak ada warna-warni ngejreng di sini, karena seri VivoBook Pro untuk kreator ini memang untuk segmen serius, bukan segmen ceria.

Desain unik pada logo timbul

Twill-Pattern ENTER Key

Color-blocked ESC Key

Untuk konektivitas nirkabel, VivoBook Pro 14X OLED (N7400) didukung oleh teknologi WiFi 6 (802.11ax) serta Bluetooth 5.0. VivoBook Pro 14X OLED (N7400) bahkan hadir dengan fitur ASUS WiFi Master yang memungkinkan laptop untuk terhubung dengan router dengan kualitas koneksi terbaik. Dengan demikian, pengguna VivoBook Pro 14X OLED (N7400) dapat beraktivitas tanpa gangguan.

VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga dirancang dengan mengedepankan keamanan dan privasi. Tombol power pada keyboard di laptop ini telah terintegrasi dengan sensor pembaca sidik jari (fingerprint sensor) yang juga mendukung fitur Windows Hello. Webcam yang terdapat di bezel layar atas VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga dilengkapi dengan penutup fisik, memastikan penggunanya untuk tetap dapat menjaga privasinya saat menggunakan laptop ini.

Lebih Produktif dengan ASUS DialPad

ASUS VivoBook Pro 14X OLED (N7400) merupakan laptop futuristik. Laptop ini dirancang khusus untuk dapat meningkatkan produktivitas para kreator. ASUS DialPad merupakan salah satu fitur eksklusif untuk mewujudkan hal tersebut. 


Tampil secara virtual dan terintegrasi dengan touchpad, ASUS DialPad merupakan fitur yang belum pernah ada sebelumnya. Fitur ini memungkinkan para kreator untuk bekerja secara lebih efektif saat berkarya melalui kontrol DialPad virtual. 

ASUS DialPad dapat digunakan untuk mengontrol berbagai fitur-fitur yang ada di aplikasi kreatif yang sebelumnya sering diakses menggunakan mouse dan keyboard seperti mengganti ukuran brush di Adobe Photoshop atau melakukan scrubbing pada timeline di Adobe Premiere. 

ASUS DialPad tidak hanya dapat membuat simpel proses tersebut, tetapi juga membuat keseluruhan proses semakin presisi.


Saat ini ASUS DialPad telah kompatibel dengan empat aplikasi kreatif Adobe, yaitu Photoshop, Lightroom Classic, After Effect, dan Premiere Pro. 

Para kreator juga dapat mengatur konfigurasi serta fitur apa saja yang dapat diakses melalui aplikasi ProArt Creator Hub. 

Kreator yang menggunakan VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga akan menikmati layanan Adobe Creative Cloud secara cuma-cuma selama tiga bulan.
ASUS Vivobook Pro 14X OLED (N7400) sudah dilengkapi dengan Windows 10 Home. Namun pihak ASUS Indonesia menjanjikan bahwa sistem operasinya dapat langsung ditingkatkan menjadi Windows 11.

ASUS pun turut menghadirkan Webcam Shield yang dapat menutup webcam laptop ini ketika sedang tidak digunakan sehingga dapat lebih menjaga privasi pengguna

Harga ASUS VivoBook Pro X

Spek tinggi, desain unik serba menarik, tampilannya pun sangat serius, se-serius pekerjaan yang dilakukan oleh pengguna yang memang mengandalkan laptop seperti ini, pastinya harga nggak bakal murah meriah, begitu pikir saya. Tapi faktanya?

Harganya nggak sampai 20 juta!
  • VivoBook Pro 14X OLED (N7400) Rp16.799.000 (Core i5 / 16GB RAM / 512GB SSD / RTX 3050)
  • VivoBook Pro 14X OLED (N7400) Rp19.799.000 (Core i7 / 1TB SSD)
Sebagus dan semurah itu, kok bisa? Apa sih yang gak bisa dari ASUS? 😃

Buat para kreator, laptop ini bisa diandalkan untuk membuat
 beban kerja kita jadi ringan, supaya kita berkonsentrasi saja pada kreativitas. Kita bisa beradaptasi dan mengendalikan alur kerja sehingga bekerja jadi lebih cepat namun tetap nyaman dan lebih tepat. Menyimpan apapun lebih leluasa pada sistem operasi yang lebih mudah, sehingga pengerjaan editing lebih efisien.

Saya aja pingin punya, masa kamu enggak? 😃

Main Spec.  VivoBook Pro 14X OLED (N7400)

ASUS VivoBook Pro 14X OLED (N7400) Ignite Your Creativity.

Main Spec.

VivoBook Pro 14X OLED (N7400)

CPU

Intel® Core™ i7-11370H Processor 3.3 GHz (12M Cache, up to 4.8 GHz)

Intel® Core™ i5-11300H Processor 3.1 GHz (8M Cache, up to 4.4 GHz)

Operating System

Windows 10 (Upgradable to Windows 11)

Windows 11

Memory

16GB DDR4 3200MHz (dual channel)

Storage

512GB PCIe® Gen3 x4 SSD

1TB PCIe® Gen3 x4 SSD

Display

14”, 2.8K (1920 x 1080) 16:10, OLED, 100% DCI-P3, 90Hz, PANTONE Validated, VESA HDR True Black, TÜV Rheinland low-blue light, anti-flicker

Graphics

NVIDIA GeForce RTX 3050 with Studio Driver

Intel Iris X integrated GPU

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Camera

HD Web Camera with privacy shutter

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in array microphone qith AI noise-cancelling, harman/kardon certified audio

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

31.74 x 22.85 x 1.79 ~ 1.79 cm

Weight

1.45 Kg

Colors

Comet Grey, Cool Silver

Price

Rp16.799.000 (Core i5 / 512GB SSD)

Rp19.799.000 (Core i7 / 1TB SSD)

Warranty

2 tahun garansi global




A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Share this

Previous
Next Post »

26 komentar

  1. Luar biasa mas Alief.. membacanya aja udah bayangin sibuknya yang luar biasa. Selamat mas Alief udah jadi millenial yang produktif ya.. semoga selalu sehat dan maju terus channel Onedox-nya. Asus emang luar biasa.. selalu bikin mupeng pengen punya sejak dulu, semoga kesampaian suatu saat nanti. Asik ya mbak.. rame rame ngevent bareng keluarga hihi

    BalasHapus
  2. Mba Kate sekeluarga adalah keluarga ASUS, dan aku pun jadi ikutan ASUS lover gara2 mba Kate...thank you mba
    Emang ya ASUS moodbooster buangetttt

    BalasHapus
  3. Seru banget bisa ke event sekeluarga gini. Kompak banget sih. Artikel ini datang tepat pas aku butuh referensi karena mau nyari laptop baru.. Kalau liat speknya, laptop ini kayaknya menarik jg sih

    BalasHapus
  4. mbaa.. ini laptopnya keren banget sih, jujur aja anakku lagi nabung buat beli laptop sejak setelah lebaran tahun ini, dia nabung di celengan dan sekarang baru kekumpul sekian rupiah, dia pengen banget beli laptop yang bagus.

    BalasHapus
  5. Aku senang dengan laptop yang stylish desainnya tapi kemampuannya juga oke. Semua produk ASus memang selalu bagus dan jadi pilihan. Dan sepakat sebagai content kreator kita butuh laptop yang mendukung kinerja kita :)

    BalasHapus
  6. wishlist nih vivobook pro x. yang pro pro gini cocok untuk meningkatkan kinerjaku. apalagi dengan OLED-nya. bravo ASUS

    BalasHapus
  7. Anak yang hebat lahir dari ibu yang hebat
    Ya no wonder Alief sekarang jd produktif, karena mamanya emang produktif bangeett sihhh :))

    BalasHapus
  8. Keren banget mbak laptop ASUS OLED nya. Penampakannya memang futuristik sekali ya. Aku paling suka dengan fitur eye care ya. Jelas penting untuk creators yang berlama lama menghadap layar laptop

    BalasHapus
  9. ASUS memang sahabat para creator, ya. Kebutuhan para content creator terus dijawab oleh ASUS dengan mengeluarkan produk terbaru.

    BalasHapus
  10. Asuss memang banyak di minati, semoga makin berjaya selalu produk asus dan harganya yang sesuai kantong

    BalasHapus
  11. baca VivoBook Pro 14X OLED (N7400) sambil bayangin memang yaa content creator itu sukanya berlama-lama di depan laptop sampai butuh dual-fan supaya mesin laptop tetep adem. Trus buka banyak apps sekaligus dan simpan file gede apalagi video. Mumpuni!

    BalasHapus
  12. Harga Vivobook memang sesuai dengan kualitasnya ya. Kalo ada rejeki semoga bisa kebeli nih buat buah hati, berhubung aktivitas studinya lumayan lah untuk ngoding. Belum lagi tugas-tugas video yang tentunya dari video mentah harus diedit dulu sebelum dikumpul ke gurunya.

    BalasHapus
  13. wah keren, keluarga ASUS 😍😍
    Buat konten kreator, latop dgn spek mumpuni emang sangat diperlukan ya mbak
    cocok lah dengan harga segitu, sama speknya
    emang sangat mendukung pekerjaan sebagai konten kreator

    BalasHapus
  14. Mas Alief, sehat-sehat selalu, ya. Salut nih sama anak muda jaman now. Ya kuliah, yang ada kerjaan, terus bikin konten juga. Sibuknya luar biasa.

    Laptop ASUS terbaru ini memang sangat cocok untuk para konten kreator. Speknha komplit banget dan mumpuni.

    BalasHapus
  15. Keren ya layar OLED mba rien, untuk yang aktif seharian di depan layar laptop kayak aku perlu banget biar nggak merusak mata

    BalasHapus
  16. Wah...kece dan keren sekali... ((ada istilah lain yang menggambarkan HEBAT banget gak? hihii...sampai bingung, kak Rien ingin mengekspresikan kekaguman kak Rien dan kekompakan keluarga)).

    Dengan menghadiri Meet The New ASUS VivoBook Pro and VivoBook Pro X jadi bisa produktif bersama. Sama-sama bikin konten terbaik di bidang tekno.

    BalasHapus
  17. wah ternyata jurusan DKV lumayan ya mba tugasnya bikin pusing mba makanya butuh juga yah ASUS OLED pro 14x cakpe banget sama warnanya

    BalasHapus
  18. asik banget jumpa teman2 kayak gini, btw aku baru aja ngobrol ama ponakan soal laptop ASUS Vivobook Pro 14X OLED N7400 , naksir dia pengen beli, ini juga lagi bahas soal kelebihannya, mantap bener deh

    BalasHapus
  19. seneng ya mba bisa dateng ke acara barengan sekeluarga, apalagi ditengah kesibukan semuanya, btw mau juga VivoBook Pro 14X OLED semoga tabungan buat ganti laptop segera cukup

    BalasHapus
  20. Syeebuuukkk banget kakak Alief aku bayangin manajemen waktunya kudu oke banget ya. Emang pas lagi sibuk sebaiknya ada satu yang agak dikendorkan ya mbak biar gak keteteran yg jd prioritas utamanya.
    Cakep banget nih desainnya VivoBook Pro 14X OLED :D

    BalasHapus
  21. Laptopsnya stylish ya, warnanya gak pasaran, ditambah spesifikasinya yang luar biasa menunjang kreativitas. Auto masuk wishlist nih

    BalasHapus
  22. keren banget sekeluarga kompak banget, keluarga kreator ASUS. Salut banget. Jadi bisa saling mendukung ya mbak. Asyik banget ini meskipun sibuk tapi menyenangkan ya, karena bahasannya sama, diskusinya juga pasti seru, kan.

    Btw laptopnya keren ya, ASUS gitu lho. saya juga keluarga ASUS nih heuheu

    BalasHapus
  23. Mbak Rien meren banget, emaknya blogger anaknya youtuber, kalau yang cewek itu sering menang di desain atau apa itu Mbak?
    Btw, Asus sering banget ngeluarin produk2 baru dan bagus2. Wah, kapan ya aku bisa ganti laptop baru?

    BalasHapus
  24. Secara desain, Vivobook Pro termasuk yang jadi inceran saya selama ini. Cantik, elegan, tapi fiturnya juga bisa supoort segala macam pekerjaan berat yang dibutuhkan oleh content creator. Masuk wishlist sih ini!

    BalasHapus
  25. Alief luar biasa ya. Kanal youtube-nya juga bagus dan selalu ditunggu. Semoga dengan laptop yang bagus ini, 3 pekerjaannya bisa digarap semua dengan baik

    BalasHapus
  26. Kenapa judulnya harus pakai kata "muda" 😭
    Saya kan kepingin punya juga

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!