Best Medical Travel Influencer International, Pengalaman Berharga di Event Medical Travel Media Award 2021 (MTMA 2021) Malaysia

22.25

Alhamdulilah. Sangat senang dan bersyukur terpilih menjadi Best Medical Travel Influencer International Category di ajang Medical Travel Media Award 2021 (MTMA 2021) di Malaysia. Bersaing dengan participant dari 14 negara, dinilai oleh 8 juri yang merupakan pemimpin dan ahli di industri media (Malaysia, Singapura, Indonesia), dan pastinya jadi membawa nama negara meraih juara. Sebuah pengalaman indah dan berharga yang saya peroleh sebagai seorang content creator

Medical Travel Media Awards 2021
Best Medical Travel Influencer (international category) MTMA 2021

Medical Travel Media Award 2021 Virtual Awards Presentaton Ceremony

Acara pengumuman penghargaan Medical Travel Media Award 2021 (MTMA 2021) digelar secara virtual pada hari Kamis tanggal 9 Desember 2021 Pukul 07.00PM waktu Malaysia. 

Acara ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan Malaysia Yang Berhormat Khairy Jamaluddin, Chief Executive Officer Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) Yang Berusaha Mohd. Daud Mohd Arif, para juri (8 orang), para participant, serta pihak lainnya yang ada dalam daftar undangan MHTC.

Saya menyaksikan dari rumah di BSD, bukan datang ke Malaysia. Kita semua tentu paham bahwa situasi pandemi saat ini membuat sejumlah event masih banyak digelar secara virtual. Para participant dari berbagai negara yang terpilih sebagai finalist atau pun bukan, bisa hadir dengan mudah hanya dari rumah saja.



Mr. Mohd Daud Mohd Arif, Chief Executive Officer Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) 

The Honourable Khairy Jamaluddin, Minister of Health Malaysia 

Tentang Medical Travel Media Award (MTMA)

The Medical Travel Media Awards (MTMA) is a first-in-the-world international awards event that recognises both the media and influencers for playing an instrumental role in growing Malaysia Healthcare and the medical travel industry.

Medical Travel Media Award (MTMA) adalah ajang penghargaan untuk jurnalis dan agensi media yang telah berkontribusi dalam mempromosikan industri perjalanan medis Malaysia. 

Penghargaan MTMA dipersembahkan oleh Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) yang merupakan lembaga kesehatan pemerintah Malaysia.

The Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) is a government agency that has been entrusted with the responsibility of curating the country’s healthcare travel scene. Founded in 2009, MHTC works to streamline industry players and service providers in facilitating and growing Malaysia’s healthcare travel industry under the brand “Malaysia Healthcare” with the intended goal of making Malaysia the leading global healthcare destination.

Event penghargaan MTMA telah diadakan sejak tahun 2019, dan tahun 2021 ini merupakan gelaran yang ketiga. Saya sendiri baru tahu tahun ini, tepatnya sejak diinformasikan secara pribadi oleh agency yang ditunjuk oleh pihak MHTC (mengenai hal ini, akan saya ceritakan pada paragraf berikutnya, simak terus ya).

Medical Travel Media Awards (MTMA) 2021 is an event that recognizes and rewards excellence in journalism for local and international media as well as influencers sharing stories that promote medical travel in Malaysia.

Dilihat dari nama penghargaan yang menyebut nama media, tentunya penghargaan MTMA ini ditujukan untuk mereka para jurnalis. Lantas, bagaimana ceritanya saya yang bukan dari kalangan jurnalis ini  bisa diundang untuk berpartisipasi di MTMA? 

Penyelenggara MTMA

Sponsor dan Partner MTMA 2021


Kategori Penghargaan MTMA 2021. Best Medical Travel Influencer Kategori Terbaru!

Ada enam kategori yang sangat kompetitif pada ajang penghargaan MTMA 2021, terdiri dari:

  1. Best Print Medical Travel Report 
  2. Best Online Medical Travel Report
  3. Best Broadcast Medical Travel Feature
  4. Medical Travel Editorial Team of the Year
  5. Medical Travel Journalist of the Year
  6. Best Medical Travel Influencer

Untuk penghargaan Best Print Medical Travel Report, Best Online Medical Travel Report, Best Broadcast Medical Travel Feature, dan Best Medical Travel Influencer masing-masing diberikan untuk kategori Malaysia dan International.

Kategori ke-6 Best Medical Travel Influencer merupakan kategori baru untuk MTMA tahun 2021 karena di MTMA tahun 2019 dan 2020 belum ada. Itu sebabnya saya yang bukan berasal dari kalangan jurnalis ini bisa ikut serta karena menurut pihak agency yang terlibat dalam event ini, saya dianggap layak berpartisipasi untuk kategori influencer

"Hello and hope you're well. I'm NA (inisial nama orang yang DM saya) from L (inisial nama agency) Communications, on behalf of Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC). On behalf of our client, we would like to invite you for the 'Best Medical Travel Influencer' category, under the Medical Travel Media Awards 2021 (MTMA 2021). Do let me know if you're keen to know more. Happy to drop an email on this. Thank you!" 

Pesan itu dikirim via DM IG, disertai link dari IG post yang pernah saya publish pada bulan November 2020. 

Artinya, undangan untuk berpartisipasi di MTMA 2021 ini tidak serta merta datang, tapi memang sudah ada "modalnya", yakni berdasarkan postingan terdahulu yang kemudian entah bagaimana caranya bisa ditemukan oleh pihak MHTC. Jadi di sini bukan saya diundang dulu baru bikin konten tapi karena memang sudah ada konten lama yang dilihat oleh MHTC. Baru kemudian saya bikin konten lagi, sebagai tambahan.

Dari pesan yang dikirimkan tersebut, pihak MHTC juga menyebutkan kategori yang tepat untuk saya, jadi bukan saya yang memilih sendiri ingin berkompetisi di kategori yang mana. 

Dari sinilah awal mula saya masuk ajang penghargaan MTMA 2021. Saya membalas DM dari NA dan kemudian mengirim email. Selanjutnya diundang untuk mengikuti briefing melalui Zoom Meeting. Dalam pertemuan online itu kami (saya dan participant lainnya) dijelaskan mengenai cara mengikuti ajang penghargaan MTMA 2021. Apa yang akan dinilai, siapa jurinya, kapan deadline submit, dan apa saja hadiahnya, semua diterangkan dengan sejelas-jelasnya. 




Judging Criteria MTMA 2021 - Best Medical Travel Influencer Category

Setiap kategori penghargaan memiliki kriteria penjurian. Untuk kategori Best Medical Travel Influencer, penghargaan dievaluasi berdasarkan lima bidang utama berikut ini:

  1. Kualitas Penelitian
  2. Kualitas Teknik / Presentasi
  3. Kreativitas
  4. Konten/ Judul
  5. Digital/ Social Presence/ Shareability

Pedoman Topik:

  • Setiap artikel, video, dan postingan media sosial yang terkait dengan promosi Malaysia Healthcare dan Malaysia Healthcare Travel Council. Sebagai contoh: Sebuah liputan berita terkait dengan Malaysia Healthcare / pengumuman perusahaan MHTC / pengalaman sendiri atau pengalaman perawatan kesehatan fisik / virtual pasien di Malaysia. Ini berlaku untuk semua Kategori Penghargaan.
  • Laporan terkait COVID-19 yang terkait dengan promosi dan penyebutan Malaysia Healthcare akan memenuhi syarat untuk diajukan sebagai entri, kecuali laporan yang hanya berfokus pada angka COVID-19 di Malaysia. Misalnya: Sebuah artikel atau cerita tentang bagaimana COVID-19 telah mempengaruhi industri Perawatan Kesehatan Malaysia di Malaysia / Profesional perawatan kesehatan Malaysia perhatian penuh ketika Anda atau pewawancara Anda terpengaruh oleh COVID-19 / cerita terkait gelembung perjalanan wisata medis. Ini berlaku untuk semua Kategori Penghargaan.

Word and social posting limit:

  • Influencer / Key Opinion Leaders (KOL) / Freelancer;
  • Platform yang memenuhi syarat: Facebook, Instagram, YouTube TikTok, Blog

Minimal 1 konten media sosial dalam bentuk:

  • 1 video dengan durasi video minimal 15 detik; ATAU
  • 1 postingan media sosial statis dengan satu atau beberapa foto; ATAU
  • 1 artikel blog dengan panjang minimal 500 kata ATAU
  • Commentary/Surat/Opini: 1 artikel dengan panjang minimal 500 kata

Dengan catatan penulis tidak harus jurnalis yang terkait dengan publikasi media apa pun. Boleh seorang KOL dalam industri kesehatan, misalnya, dokter, ahli bedah, dosen, peneliti, dan pakar industri, dll. Namun, penulis harus mendapatkan persetujuan dari platform yang menerbitkan komentar, surat, atau pendapatnya. Jika KOL adalah seorang jurnalis, maka dapat mengajukan untuk kategori Best Online Medical Travel Report (Malaysia / International) / Medical Travel Journalist of the Year (Malaysia / International).

Ada 6 konten yang saya ajukan di MTMA 2021. 3 IG post, 2 artikel Blog, dan 1 video di Youtube. 1 blogpost dan 1 IG post diposting sebelum diundang berpartisipasi di MTMA 2021. 

1 Video di Youtube

1 dari 3 IG Post

1 dari 2 artikel blog

Para Juri Kompeten di Industri Media, Salah Satunya dari Indonesia.

Ada delapan juri dari Malaysia, Singapura, dan 1 orang dari Indonesia yang terlibat dalam penilaian untuk penghargaan MTMA 2021.

Para juri tersebut adalah Mohd Daud Mohd Arif (MHTC Chief Judge), Ms. Manminder Dhillon (Head Judge), Dr. Izzal Asnira Zolkepli, Haikel Fahim, Hanizah Hamzah, Kiranjit Kaur, Shannon Teoh, dan Cristian Rahadiansyah (Indonesia).

MTMA2021 will be judged by an esteemed panel of industry leaders and experts. The well-established judging panel will be unlike no other, as each judges is an expert in their own areas.

Berikut adalah profil para juri:


Finalist MTMA 2021 Kategori Best Medical Travel Influencer International

Periode pengajuan konten untuk diikutsertakan dalam MTMA 2021 sejak Maret hingga Oktober 2021. Saya mungkin termasuk yang telat tahu (telat diberitahu?), tapi alhamdulillah masih punya cukup banyak waktu untuk menambah entri. 

Berdasarkan informasi yang saya dapat, penghargaan untuk kategori Best Medical Travel Influencer ini diramaikan oleh participant dari berbagai negara. Saya mengetahui ada dua blogger Indonesia yang ikut serta dalam event ini, namun ternyata jumlah influencer Indonesia yang berpartisipasi lebih banyak dari yang saya ketahui.  

Periode penilaian sejak Oktober hingga November, dan pengumuman dilaksanakan pada tgl. 9 Desember 2021.

Pada minggu terakhir bulan November, undangan untuk acara pengumuman penghargaan dilayangkan lewat email. Begitu pun pengumuman finalist. Lalu apa yang terjadi??

Subjek email yang dikirim oleh pihak MHTC membuat saya terkejut gembira disertai rasa tak percaya:  [MTMA2021] Congratulations! You’ve been shortlisted as one of the MTMA2021 finalists.

Masya Allah, saya terpilih jadi finalis! 


Persiapan Untuk Kemenangan di Tengah Ketegangan

Tidak menerima kabar siapa yang jadi finalis ternyata beda rasanya dengan setelah dikabari jadi finalis. Deg-degannya double bahkan triple. #halah 😛😆 Yang tadinya santai menanti hari H pengumuman, setelah tahu jadi finalis malah jadi gak tenang. Selain itu diminta pula menyiapkan award speech buat nanti bila menang.

“How do you feel being shortlisted as one of the MTMA2021 finalists?”

Jujur, saya belum pernah menang (sebagai content creator) di ajang penghargaan level internasional begini. Satu-satunya yang ada di benak saya jika terpilih jadi pemenang adalah bersyukur pada Allah SWT dengan mengucapkan Alhamdulillah. Tapi kan nggak sampai di situ saja, mesti dilanjut dengan kata-kata lain berupa kalimat penuh makna mengandung kesan dan pesan positif yang dapat menjadi inspirasi bagi orang lain yang mendengarkan. 

Kenapa sih mesti dipersiapkan? Karena kemenangan adalah kejutan yang  mendatangkan rasa haru sekaligus bahagia. Momen ini seringkali bikin orang jadi rada shock, bahkan menangis (dan itu terjadi di saya!), lalu sibuk menyeka air mata, nafas jadi susah, akhirnya sulit berkata-kata. Berdiri tegar sih masih bisa, tapi yang namanya mendadak nge-blang bisa terjadi, akhirnya apa yang mau dikatakan jadi lupa semua.

Berkata-kata di panggung kemenangan memang gak sesederhana yang dikira. Saya sampai gugling dan nonton video para artis yang menang piala citra atau pun oscar, tapi saya gagal (lagian kenapa nonton award film bukan award yang lain?? haha), yang ada malah ketemu artis yang award speech-nya dibully netizen haha.

Intinya, saya nggak ingin sembarangan berkata-kata. Harus bikin yang bagus, harus menarik, tapi tetap sesuai kata hati dan isi pikiran sendiri. 

Akhirnya, saya konsultasi dengan Mbak Sara, seorang praktisi, pengajar dan trainer keterampilan komunikasi dalam bidang public speaking, radio dan content creative, yang telah tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), pernah menyabet gelar sebagai Penyiar Radio Terbaik se- Jawa Tengah tahun 2018 dan saat ini mendirikan SPEAKING.id (sebuah lembaga pelatihan keterampilan komunikasi), saya mendapat pencerahan secerah-cerahnya sehingga award speech berhasil saya susun dan saya juga dibekali ilmu tentang bagaimana nanti sikap dan ekpsresi saat speech

Untuk hasil akhir yang lebih mantap dan manis, saya juga konsul dengan Yuk Annie yang memiliki kemampuan berbahasa tingkat tinggi. "Yang itu ganti ini, yang ini tambahin itu," kata Yuk Annie. Alhamdulillah award speech yang saya buat akhirnya menjadi lebih indah. Saya berlatih setiap hari di depan cermin supaya terbiasa dan tidak gugup 😅 

Kok sampai segitunya sih hanya untuk award speech berdurasi 2 menit? Padahal belum tentu menang juga wkwk. Iya lho, wong baru jadi finalis saja, belum jadi pemenang. Tapi entahlah, saat itu yang saya pikirkan hanya harus mempersiapkan diri agar tak mematung ketika terpilih.

Bagi saya, penting menghargai pihak penyelenggara acara dengan sebaik-baik cara. Jika belum terbiasa tampil bicara di panggung kemenangan level internasional begini, maka saya harus belajar! Saya yakin apa yang saya pelajari tidak akan sia-sia.

Alhamdulillah Terpilih sebagai Best Medical Travel Influencer International Category

Akhirnya tampil untuk award speech di MTMA 2021

Alhamdulillah terima kasih MHTC untuk penghargaan dan hadiah

Best Medical Travel Influencer (International) MTMA 2021

The Medical Travel Media Awards (MTMA) is a first-in-the-world international awards event that recognises both the media and influencers for playing an instrumental role in growing Malaysia Healthcare and the medical travel industry 💜

Penghargaan di ajang MTMA 2021 sebagai Best Medical travel Influencer International menjadi hadiah paling indah di tahun 2021. Hadiah terbaik saat ini sependek saya menjadi content creator.

Penghargaan yang melenyapkan rasa kecewa atas beberapa hal yang kadang diharapkan terjadi tapi belum terwujud bukan karena saya tidak pantas, but because you deserve better, kata suami. 

Dan, award speech yang dibuat itu memang tak sia-sia.

Hello everyone. Assalamualaikum.

I'm Katerina, an Indonesian content creator.

I am flattered to be selected as a winner of the MTMA, in the Best Medical Travel Influencer International Category for this valuable event. I hope that my participation, will widen my experiences and able to improve the bilateral connections between Indonesia and Malaysia, today and for the coming future.

I am happy to be able to participate, and never expected to be one of the great finalists. Hence, it’s such a great honour to be part of this. I write and share wonderful things, so others can experience my point of view and able to feel what I’m trying to say. 

I wish those sharing stories will leave some gorgeous footprint, in the vast universe of the internet, no matter how small, strongly memorable and useful to others. 

Once again, thank you for holding this event. I wish it can motivate and inspire other writers and influencers, in creating more quality contents, especially in the medical travel issue.

I also would like to extend my sincere thanks to my husband and kids. The ones who always give their rapid support and tons of love.  

Thank you! 

 

Event MTMA 2021 ini kelihatannya tidak heboh digemborkan, cenderung senyap, tapi berjalan dengan pasti, teliti, rapi, dan sukses menghasilkan penghargaan yang penuh arti. 

Terima kasih tak terhingga kepada Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) dan Kementrian Kesehatan Malaysia!

👉 Malaysia Healthcare Honours Media Frontliners at MTMA2021 (theiskandarian.com)

👉 Malaysia Healthcare Honours Media Frontliners at MTMA2021 (theeditor.id)

👉 Medical Travel Media Award 2021 Announces Winner

👉 BERNAMA Wins Medical Travel Editorial Team of The Year Award

👉 Big Victory for The Star at Medical travel Media Awards 2021

Video acara pengumuman pemenang MTMA 2021 dapat ditonton di channel saya berikut ini: 

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

48 Comments

  1. Selamat ya, mbak Rieeeen.. Im proud of you!
    Btw aku juga dapet DM dari mbak NA itu, udah lanjut ke email juga. Tapi aku gak ikut virtual briefingnya, soalnya udah repot mau lahiran hehehe.. Emang belum jodoh dan rejeki. Semoga tahun depan bisa ngikutin jejak mbak Rien yaaa... Udah dikasih bocoran pula di sini 😄

    Sekali lagi, selamat ya mbaaaak 😘😘😘

    BalasHapus
  2. Selamat ya mbRien. Keren banget pencapaiannya di akhir tahun 2021 ini. Tapi memang sepadan sih. Tulisan mbak Rien memang selalu totalitas.

    BalasHapus
  3. Masya Allah tabarakallah, sempat dapat notifikasi email serupa nih. Tapi itu tadi jalan rezekinya belum hihi, Allahu Akbar mbak. Ikut senang dengan pencapaiannya :)

    BalasHapus
  4. Congratulation! Keren euy bisa menang. Jadi pengen juga euy hehe. Tapi ya mungkin usaha & rejeki belum nyampe. Sekali lg selamat ya. Moga di tahun berikut mendapatkan pencapaian yang lebih lagi.

    BalasHapus
  5. Masya Allah..sampai merinding baca detilnya.
    Barakallah untuk pencapaiannya, mbak Rien. Salut dan ikut bangga.Semoga jadi penyemangat untuk terus berkarya yang terbaik.
    Saya setuju dengan suaminya Mbak Rien, jika ternyata ada yang hasilnya di luar harapan itu artinya 'you deserve better'...and now you prove it! sekali lagi selamaat!!

    BalasHapus
  6. Ya ALLAH luar biasa, Mbak!
    It's amazing! Beneran keren lho, juri2nya aha TOP gitu.
    Selamat ya Mbak atas pencapaian nya, menginspirasi banget ini..

    BalasHapus
  7. Masya Allah sungguh prestasi dan capaian yang luar biasa Mb Rien. Membayangkan bagaimana sibuknya mempersiapkan speech 2 menit. Tentunya ga hanya butuh sehari atau dua hari. Bangga mendapatkan kabar gembira ini mb.

    BalasHapus
  8. Mba selamat ya terpilih sebagai Best Medical Travel Influencer International Category di ajang Medical Travel Media Award 2021 (MTMA 2021) di Malaysia. MasyAllah mba kerena banget sih. Bagi ilmunya dong mba 😍. Aku sangka mba datang ke Malaysia tapi syukurlah ya acadannya bisa virtual karena pandemi. Apapun itu semoga ga mengurangi rasa bahagia ya teh sebagai pemenang. Sekali lagi makasih Teh

    BalasHapus
  9. Masyaallah tabarakallah selamat ya mbak
    So proud of you. Bisa baca detail ceritanya.di sini jd takjub deh. Tapi dirimu emang keren sih you totally deserved it

    BalasHapus
  10. Congratulations mba atas prestasinya yang sangat membanggakan. Walaupun digelar virtual, tapi excitednya pasti gak kalah dari gelaran offline di jiran. Jurinya semua on point dan kompeten di bidang masing-masing.

    BalasHapus
  11. Alhamdulilah, selamat Mbak Rien

    turut bangga atas prestasinya

    semoga semakin berprestasi dan bermanfaat ya Mbak Rien

    BalasHapus
  12. MasyaAllah ikut bahagiaaa mbaa. Baca tulisannya detail dan lengkap sekali. Menjadi motivasi nih mba. Selamat ya mba sekali lagi. Semoga selalu menginspirasi. Kebayang deg2an dan happy juga pas pengumuman sebagai salah satu finalis dan bahkan jaid pemenang! Keren

    BalasHapus
  13. Masyallah selamat ya atas pencapaian, ikut senang tetap berkarya dan bahkan menjadi pemenang

    BalasHapus
  14. Spesialisnya publisher travel, konsisten di niche travel memang keren

    BalasHapus
  15. Wow... Keren banget kak... Selamat ya... Ditunggu artikel-artikel ciamiknya... Salam kenal dari saya, sang pemula yang biasa-biasa aja...

    BalasHapus
  16. Woow congrats Mbak.. Ikut senng dan bangga lihatnya... Sejujurnya aku nggak heran sih kalau dirimu menang, karena emang kontennya cakep2 dan enak dibaca..

    BalasHapus
  17. Masya Allah, akhirnya membaca cerita mba Rien mendapat MTMA 2021 Best Medical TRavel Influencer International. Masya Allah banget waktu ikut nonton videonya, meski telat, tapi suasananya tetap sama. Bikin ikutan merinding, terharu, enggak aku yang menang tapi hepi bangeeeet.

    Ternyata mesti dipersiapkan juga urusan award speech, keren mbak Rien dengan persiapan yang lengkap plus minta saran juga. Pantas menjadi pemenang, dan benar nggak ada yang sia-sia untuk berlatih seperti ini. Saluuuut!

    BalasHapus
  18. Congrats kak Rien yang sudah mendapatkan penghargaan internasional yang luar biasa itu. Mudah2an semakin terus berkiprah bermanfaat untuk sekitarnya, aamiin.

    BalasHapus
  19. uwoowww.... Masya Allah... kereeennn kak Erien.... pencapaian jelang tutup tahun yang luar biasa nih menurutku. Awardnya juga keren banget... selamat ya

    BalasHapus
  20. Mbak Rien selalu keren
    ini jadi pengalaman yg berharga banget ya mbak
    awardnya keren
    hadiahnya pun uwoo banget

    BalasHapus
  21. Mbak Rien selamat yaaaa, aaahh ikut bangga dan bahagia. Kebayang ajang internasional pasti persiapannya gak main-main, apalagi jurinya banyak banget, expert semua. Sekali lagi congratulation, terus semangat menginspirasi ya kak

    BalasHapus
  22. Bulu kuduk merinding membaca tulisan mbak Rien ini :D Bangga tentunya! Ikut bahagia juga pastinya! Memang deh, ga ada yang instan ya. Mbak sudah punya modal tulisan terdahulu. Jadi ini memamng rezeki disertai usaha dan doa mbak sekeluarga dapat undangan lomba MTMA 2021. Masuk kategori dan juara Best Medical Travel Influencer International tuh kereeeeeeennya minta ampyun. Salut!

    BalasHapus
  23. wah selamat yaaa mba, keren banget deh terpilih sebagai finalis dan berhasil menang di ajang penghargaan internasional gini, prestasi yang membanggakan banget nih ya dan pengalaman tersendiri

    BalasHapus
  24. MasyaAllah ya Rien, rejekinya luar biasa jadi i nspirasi kita semua, menang kejuaraan internasional itu keren banget dan usahanya nggak menghianati hasilnya.

    BalasHapus
  25. Selamat banyak-banyak untuk kemenangannya, kak Rien..
    Best Medical Travel Influencer ini tentu membutuhkan perjuangan dan aku salut banget, kak Rien termasuk blogger yang tidak pernah sama sekali memposting kesulitan membuat konten. Yang ada malah jadi candaan yang menghibur yaa..

    Gaya bahasa kak Rien memang sudah branding banget.
    Dan selamat lagi kak Rien atas penghargaannya. Semoga kontennya membawa energi bagi yang membaca dan menonton.

    Kak RIEN....BRAVO!!!
    Kok aku yang gak ikutan menang jadi ikutan terharu yaa...

    Love you, kak Rieeen~
    Saranghae!

    BalasHapus
  26. Kece banget mbak Rien. Selamat alhamdulillah dapat hadiah penutup tahun yang indah. Aku baru tahu sampai mau bikin ucapan konsul ke Mbak Sara haha. Keren banget pokoknya usahanya sejak awal sampai akhir yaa.

    BalasHapus
  27. Masya Allah, Mba Rien.. Alhamdulillah Alhamdulillah. Aku ikut bangga dan bahagia.

    Selamat ya, Mbak. Semoga makin sukses di dunia ngeblog dan atau influencer. Go go Internasional.

    BalasHapus
  28. mbaakk keren banget dirimuuu! seneng banget lho bacanya akutuu..
    menang lomba internasional pula ya mbak! btw speechnya super keren banget

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah. Selamat ya Mbak Rien
    Perjuangannya tidak dia sia. Sekali lagi selamat. Semoga saya bisa mengambil banyak hikmah dan pelajaran dari kemenangan Mbak Rien ini

    BalasHapus
  30. mbak Rien emang keren deh
    sekarang prestasi ngeblognya sudah internasional
    semoga aku bisa juga mengikuti jejak mbak Rien
    Harus banyak belajar bikin tulisan yang bagus

    BalasHapus
  31. Masyaallah selamat ya mbak. Menjawab rasa penasaran ku tentang speech nya mbak Rien gimana caranya bisa nampak tenang dan tertata dengan baik. Apakah sudah dipersiapkan karena tahu bakal menang? Atau gimana? Ternyata persiapan tetap dilakukan walaupun belum tentu menang. Dan masyaallah ternyata menang. Salut!

    BalasHapus
  32. Masya Allah.. Mbak Rien emang pantas banget memenangkan penghargaan itu. Konten-kontennya bagus dan ada 6 biji ternyata! Wihhh..
    Dan persiapan buat speech-nya itu, lho.. ckckckkk.. usaha emang gak mengkhianati hasil, ya..

    Barakallah, Mbak Rien 👍😍

    BalasHapus
  33. maasyaallah mba kamu sungguhh luar biasa hebat meraih MTMA 2021 sebagai Best Medical Travel Influencer International. kece pisan lah

    BalasHapus
  34. Wah keren mbak Rien selamat ya sdh jadi Best Medical Travel Influencer..semoga bisa jadi motivasi buat blogger yang lain

    BalasHapus
  35. selamaaaat mbakkk 30 juta kurang dikit luar biasaa
    mb rien emang sering share tentang malaysia jadi pengen ke sana
    selamatttt yaa mbaaa

    BalasHapus
  36. Congratz, Mbak. Luar biasa prestasinya. Penghargaan yang diperoleh karena ketulusan dalam membagikan informasi bagi masyarakat. Keren, Mbak. TOP banget, saya yang baca aja merinding, apalagi Mbak Rien yang harus speech di panggung internasional.

    BalasHapus
  37. Deep in my heart I know that you deserve it mbak Rien!

    Sejak pertama kali kenal, ketemu acara yang ada Husin Idol, lalu lanjut acara di Grand Zuri, aku tuh terharu karena dirimu selalu menjadi orang yang sangat perhatian, sangat memancarkan energi positif, ga pernah peduli dengan "uang atau fee" karena at the end semua tergantikan dengan indah ...


    Looove this article (eh i love all of your article sih hahahhahaha) congrats once again and ....huuuuuuggggssssss

    BalasHapus
  38. MasyaAllah barakallah Mbak, bacanya ikut deg-degan. Nulisnya buat saya hanyut terbawa suasana.

    Pingin baca tulisannya yang menang ini Mbakk

    BalasHapus
  39. Keren banget sih Mba bisa menjadi winner ya,tentunya pasti bangga banget donk bisa membawa prestasi menutup akhir tahun. Dulu pernah juga ikutan event dari Malaysia Healthcare Travel Council ini,program yang mereka miliki memang keren sih. Btw, selamat ya Mba Rien atas prestasi yang diraih nih.

    BalasHapus
  40. mbak, keren banget masya Allah. selamat ya, barakallah. btw ulasannya lengkap banget, tumben aku nyaman baca artikel yg panjang gini, loh. semoga semakin membumi ya mbak :*

    BalasHapus
  41. MasyaAllah selamat ya mba keren banget ini sabet award MTMA apalagi dapat hadiahnya wow banget selamat sekali lagi ya mba

    BalasHapus
  42. Oh My Goodness, Mba Rien, congratulations! You are so amazing! Masyaallah, so proud of you, Mba. Merinding aku nonton video YTnya. Kereeen. Keep the good work, Mba cantik!

    BalasHapus
  43. Selamat ya mbak, mendapat penghargaan sebagai Best Medical Travel Influencer International Category, walau agak telat tahu informasinya, tapi tetap bisa jadi juara.

    Keren lho speech awardnya, walau cuma dikasih waktu 2 menit, tapi persiapannya benar-benar totalitas, sebagai bentuk penghargaan juga buat pihak penyelenggara ya mbak.

    Penutup tahun yang indah ini. Semoga menjadi pembuka untuk kesuksesan-kesuksesan lain di tahun 2022

    BalasHapus
  44. Selamat ya mbak Riean, sebuah usaha dan proses itu memang gak akan menghianati hasilnya deh. Turut senang dengan pencapaian mbak hingga hari ini

    BalasHapus
  45. Masya Allah hebat, selamat ya mbak Rien, the best memang nih. Semoga terus menebarkan positif yah mbak

    BalasHapus
  46. Selamat ya Mbk, ikut bangga dan bahagia dengan keberhasilannya Mbk dan tentunya bisa makin happy dengan kesuksesan Mbk

    BalasHapus
  47. Salut banget Mbk selamat ya Mbk sudah berhasil dan memberikan panutan untuk memberikan yang terbaik sebagai influncer, keren sekali.

    BalasHapus
  48. Congratulation and all the best yo, Kak..

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!