Pengalaman Pakai SCARLETT Acne Serum dan Acne Cream Pada Anak Remaja Laki-Laki

18.29

Produk Perawatan Wajah Untuk Kulit Berjerawat 

Pada artikel kali ini saya akan menceritakan pengalaman anak remaja saya menggunakan produk facecare Scarlett yaitu Acne Serum dan Acne Cream

Untuk produk facecare bukan Acne yaitu Brightly Ever After Serum,  Brightly Ever After Cream Day, Brightly Ever After Cream Night, dan Whitening Facial Wash sudah saya tuliskan lebih dulu, dapat teman-teman baca pada artikel : Cerahkan Wajah dengan Produk Facecare Scarlett (klik). 

Nah, hasil positif yang saya dapatkan dari pemakaian Brightly Ever After, baik serum maupun krim, membuat saya berani untuk memakaikan Acne Serum dan Acne Cream pada Alief yang memiliki kulit wajah rentan berjerawat.

Rangkaian produk facecare SCARLETT yang saya gunakan bersama keluarga di rumah

Kenali Penyebab Jerawat

Seperti yang umum diketahui, penyebab jerawat itu bermacam-macam, di antaranya produksi minyak yang berlebih, peningkatan hormon testosteron (pada remaja), faktor keturunan, perubahan hormon pada wanita (misalnya saat haid), tidak cocok dengan suatu produk kosmetik/skincare, efek samping sejumlah obat-obatan, penggunaan barang tertentu seperti topi, masker, dan ikat kepala yang menyebabkan kulit jadi mudah kotor. 

Nah, kalau bicara keturunan, saya dan suami tidak memiliki kulit yang rentan berjerawat. Saya hanya sesekali saja, pada saat haid. Sedangkan suami, kulit wajahnya bersih sejak muda. Tapi faktanya, Alief berjerawat.

Wajah Alief juga tidak berminyak dan tidak kering, normal saja. Dia juga tidak sering minum obat, karena jarang sakit, alhamdulillah. Kemungkinan karena efek samping obat-obatan yang diminum, sangat kecil. Pemakaian skincare, ini tidak bisa dipastikan ya. karena Alief hanya memakai 1 merk produk untuk pembersih muka, krim, dan obat jerawat. Selama ini hasilnya baik. 

Mengenai pemakaian masker, selama pandemi Alief jarang keluar. Sesekali saja, dan pakai masker sebentar saja. Dia juga rajin cuci wajah, setiap pagi dan sebelum tidur.

Kemungkinan nih, berasal dari hormon testoteron. Atau, bisa jadi stres. Pasalnya, satu bulan terakhir jerawatnya bermekaran bak bunga di musim semi. Apa ada hubungannya dengan ujian kelulusan yang dia hadapi? Bisa jadi. 

Produk facecare dikirim dalam box exclusive yang reusable. Berwarna hijau segar dengan motif dedaunan, dan terdapat tulisan inspiratif yang ditujukan untuk kita sebagai pengguna “You are the mirror of divine beauty”. 

PERTAMA KALI PAKAI FACECARE SCARLETT

Alief mulai pakai krim dan serum Scarlett pada tgl 24 Maret 2021. Pada saat pertama pemakaian, saya mengambil foto wajahnya, tampak depan dan samping. Pada saat tulisan ini saya buat, waktu pemakaian sudah berjalan selama 15 hari. Pada tgl 7 April 2021 saya juga mengambil foto wajah Alief tampak depan dan samping. Tujuannya supaya ada foto before dan after-nya.

Untuk mendapat hasil optimal, Alief saya minta menghentikan pemakaian krim dan pembersih wajah yang biasa dia pakai. Jadi, selama 15 hari ini dia benar-benar hanya memakai produk Scarlett saja.

Produk yang digunakan Acne Serum, Acne Cream Day, Acne Cream Night, dan Whitening Facial Wash. Sebagai catatan, Facial Wash ini bukan untuk Acne. Mari saya mulai dengan membahas sabun pembersih wajah Scarlett.

SCARLETT Whitening Facial Wash. Kemasan produk berbentuk tabung/botol bening setinggi 15,5cm berisi cairan sabun sebanyak 100ml. Tutupnya berbentuk flip top yang mudah dibuka tetapi isinya tidak mudah tumpah, pastinya travel friendly banget.

Scarlett Whitening Facial Wash

Sebelum menggunakan serum dan cream, wajah harus dalam keadaan bersih. Untuk membersihkan wajah dari kotoran yang menyumbat pori, minyak, dan lainnya, Alief memakai Scarlett Whitening Facial Wash. Saya juga pakai sabun wajah ini, setiap hari.

Kemasan box Whitening Facial Wash berwarna putih dengan nuansa ungu muda dan pink yang manis dan elegan, serta bersih. Pada box setinggi +/- 16,5 cm tersebut, terdapat informasi jenis dan varian produk, benefits, directions, ingredients, expire date, Nomor BPOM NA 18181202303, info isi 3,4 FL, Oz./100ml dan kode hologram yang bisa kita cek keasliannya di web resmi Scarlett Whitening.

SCARLETT Whitening Facial Wash mengandung Glutathione, Aloevera, Rose Petal, dan Vitamin E. Bahan-bahan tersebut berguna untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati, meregenerasi, sekaligus melembabkan dan mencerahkan kulit. 

Facial wash ini memiliki wangi bunga yang manis, tapi wanginya tidak bertahan lama. Setelah dicuci, saat kulit masih basah, ada rasa agak licin pada kulit, dan diwaktu bersamaan, kulit juga terasa lebih bersih, halus dan lembap. 

Cairan sabun berwarna bening dengan bulir-bulir berwarna merah yang sangat banyak di dalamnya, tapi bukan scrub. Jadi tenang aja, yang tidak suka pakai scrub, ini tidak bikin perih. Dalam cairan sabun juga ada lembaran-lembaran tipis berwarna merah, saking lembutnya nggak terasa apa-apa ketika digosokkan ke kulit. 

SCARLETT Acne Serum

SCARLETT Acne Serum Atasi Jerawat Membandel

Pengaplikasian serum adalah setelah membersihkan wajah, namun sebelum menggunakan pelembab. Sebab serum terdiri dari molekul yang lebih kecil yang dapat menembus jauh ke dalam kulit dan memberikan konsentrasi bahan aktif yang sangat tinggi. 

Kemasan box SCARLETT Acne Serum berwarna putih dengan kombinasi warna ungu yang manis. Pada box setinggi +/- 9,5 cm tersebut, terdapat informasi jenis dan varian produk, benefits, how to use, ingredients, expire date, Nomor BPOM: NA18200104454, info isi 15ml / 0,5 fl. oz dan kode hologram yang bisa kita cek keasliannya di web resmi Scarlett Whitening.

Kemasan SCARLETT Acne Serum berupa botol kaca frosted tutup pipet ukuran 15ml. Serum ini memiliki tekstur cair dengan warna putih keruh. Sedangkan aromanya tercium seperti wangi teh. Dengan ukurannya yang mini tentu saja produk ini sangat travel friendly, ya. 

Manfaat dan kandungan SCARLETT Acne Serum

1. Tea Tree Water melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi jerawat, melembabkan kulit, membantu mengurangi bruntusan & mengurangi minyak di wajah
2. Jeju Centella Asiatica menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit
3. Vitamin C Membantu menghilangkan fleks & bekas jerawat, mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit 
5. Salicylic Acid Meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul, mengangkat kotoran penyumbat pori pori yang berpotensi menjadi komedo 
6. Liquorice Extract Kaya akan vitamin dan mineral untuk menutrisi kulit, melindungi kulit dari pada paparan sinar matahari, mengatasi jerawat dan kulit kemerahan, mencegah hiperpigmentasi dan menyerap kelebihan minyak diwajah 

SCARLET Acne Cream Day dan Acne Cream Night

SCARLETT Acne Cream (Day & Night) Untuk Merawat Kulit Berjerawat agar Kembali Bersih dan Mulus

Scarlett Serum Cream terdiri dari krim siang dan krim malam. Krim ini digunakan khusus untuk mereka yang memiliki masalah jerawat. 

Acne Cream dikemas dalam tube kaca dengan 2 lapis penutup yaitu penutup dalam dan penutup luar model putar. Kemasan box maupun kemasan tube sama-sama berwarna ungu. Pembedanya ada pada warna putih yang mendominasi kemasan day cream.

Pada kemasan tube SCARLETT Acne Cream terdapat informasi jenis dan varian produk, benefits, how to use, ingredients, expire date, Nomor BPOM: NA 18200107956 (day cream) dan BPOM NA18200107955 (night cream), info isi 20 gr dan kode hologram yang bisa kita cek keasliannya di web resmi Scarlett Whitening. 

Tekstur kental tipis, berwarna putih susu, aromanya kadang seperti wangi bunga segar, dan kadang tercium seperti aroma bedak bayi. 

Cara pemakaian yaitu dengan dioleskan ke kulit wajah telah dibersihkan dan dalam keadaan kering, atau setelah pemakaian serum. Lalu pijat lembut sampai merata. 

 

Manfaat dan Kandungan SACRLETT Acne Cream

Acne Cream Day:

1. Double Action Salicylic Acid bekerja paling baik untuk jerawat, juga membantu mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.

2. Natural Squalane meningkatkan hidrasi dapat membantu kulit tampak lebih cerah dan sehat.

3. Hexapeptide-8 membantu mengurangi kerutan

4. Natural Vit-C untuk antioksidan dan melindungi sel kulit dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV

5. Triceramide membantu untuk melembabkan, anti penuaan dan anti kerut

6. Aqua Peptide Glow untuk meningkatkan hidrasi kulit dan persepsi kulit bersinar

Acne Cream Night:

1. CM Acnatu berperan sebagai anti bacterial alami dan anti inflamasi yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

2. Natural Squalane meningkatkan hidrasi dapat membantu kulit tampak lebih cerah dan sehat.

3. Hexapeptide-8 membantu mengurangi kerutana

4. Triceramide membantu untuk melembabka, anti penuaan dan anti kerut

5. Poreaway untuk mengencangkan pori-pori

6. Natural Vit-C untuk antioksidan dan melindungi sel kulit dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV

7. Aqua Peptide Glow untuk meningkatkan hidrasi kulit dan persepsi kulit bersinar.

Sebelum (atas) dan Sesudah (bawah)

Hasil pemakaian Acne Serum dan Acne Cream pada Alief selama 15 hari

Sebelum saya ceritakan hasilnya, saya informasikan dulu beberapa hal berikut.

- Alief mulai pakai tgl. 24 Maret 2021, dan kali terakhir pakai pada tgl. 7 April 2021

- Pada saat pemakaian, semua produk dari merk lain di-stop.

- Foto before dan after di atas saya ambil tgl. 24 maret (before) dan tgl. 7 April (after). Menggunakan kamera hp yang sama. Mode PHOTO, tanpa editing.

- Warna kulit pada foto before lebih putih, foto after lebih gelap. Hal ini pengaruh dari pencahayaan. Aslinya warna kulitnya tetap sama.

Setelah 15 hari pemakaian, Alief pergi ke dokter Spesialis Kulit

Teman-teman silakan baca penjelasan berikut sambil lihat foto wajah Alief di atas ya.

1.  Dari foto tampak depan sebelum pemakaian, tidak terlihat jerawat merah di pipi kanan. Pada foto setelah pemakaian, tampak 2 jerawat menonjol dan kemerahan di pipi kanan. Tampak samping wajah sebelah kiri sebelum pemakaian terlihat bekas jerawat yang berwarna kehitaman. Pada saat sesudah pemakaian, noda hitam bekas jerawat berkurang, tapi ada jerawat baru tumbuh di beberapa titik (ada 3 titik). 

2. Kulit wajah sebelum pemakaian tampak kesat. Setelah pemakaian acne serum dan acne krim, tampak sedikit berbeda, licin dan tampak bercahaya. Tak terlalu keliatan karena kulit wajah Alief banyak jerawat. Mungkin, pada wajah yang mulus, kilau di kulit akan lebih nyata.

3. Saya lupa memotret wajah bagian kanan dari samping yang kondisi jerawatnya agak parah. Tapi masih bisa sedikit keliatan dari foto tampak depan.

Saran Penggunaan, Penting Diperhatikan!

Kondisi wajah Alief memang sedang berjerawat berat dalam 2 bulan terakhir, sejak Maret sampai sekarang. Seperti yang telah saya ceritakan, bulan Maret itu Alief sibuk ujian untuk kelulusan SMA. Sebelum ujian tertulis, dia sibuk ujian praktek, salah satunya membuat video. Proses pembuatan video tampak menguras tenaga, pikiran, dan waktu. Dia syuting berhari-hari bersama temannya, sampai malam. Belum editingnya. Setelah itu lanjut ujian tertulis, berhari-hari. Keadaan tersebut, bisa jadi faktor penyebab tumbuhnya banyak jerawat. Kurang istirahat, stres, lelah, kotor, dan banyak pikiran.

Pada kondisi tidak normal tersebut, saya tiba-tiba menyetop produk perawatan yang selama ini dia pakai (sabun wajah dan krim), lalu beralih ke Scarlett. Sepertinya di sinilah letak salah saya. Mengganti produk pada kondisi jerawat "berat", sungguh tidak tepat. 

Karena tidak membaik, dan jerawat makin parah, tepat tgl. 7 April kemarin Alief saya bawa ke dokter spesialis kulit di sebuah klinik kecantikan & kesehatan kulit yang ada di BSD. Di klinik tersebut, Alief pernah mendapatkan perawatan intens, dan jerawatnya pernah sembuh. Saya membawa Alief ke dokter yang sama. Wajah Alief diperiksa dan kemudian diberi resep untuk krim dan obat minum. Pemakaian Scarlett untuk sementara harus di-stop.

Berhentinya pemakaian Acne Serum dan Acne Krim Scarlett saat ini, bukan karena produknya buruk atau tidak memberikan manfaat. Seperti yang sudah saya tulis di atas, salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah tidak cocok dengan skincare yang dipakai. Tidak cocoknya Alief di sini bukan salah produknya, tapi pada kasus jerawat yang sedang dialaminya berada pada level "parah". 

Jika sedang dalam kondisi parah, ganti produk/brand bukan hal utama, tapi pergi konsultasi ke dokter dan minta penanganan serius. Jika nanti sudah aman, pakai produk yang dijual bebas, bisa dilakukan kembali. 

Saat ini Alief sedang dalam pengobatan penuh, dari luar dan dalam (minum pil). Doakan semoga membaik ya, dan wajahnya mulus lagi. Kalau saya sendiri, saat ini masih pakai Scarlett serum dan krim Brightly Ever After. Hasil baik, tak ada masalah. 

Rangkaian produk facecare Scarlett Whitening

Harga Facial Wash, Serum dan Cream Scarlett Whitening

Seluruh produk perawatan kulit wajah dari Scarlett Whitening masing - masing dibandrol dengan harga Rp 75.000,-

Cara Mendapatkan Produk Facecare Scarlett Whitening

Produk-produk Scarlett Whitening bisa didapatkan melalui platform pembelian Scarlett di Instagram, Whatsapp, dan Shopee.

Kalian bisa cek di Shopee Official Scarlett Whitening untuk kesempatan pembelian bebas ongkir dengan langsung klik tautan berikut https://shopee.co.id/scarlettofficialshop 

Atau, melalui whatsapp (0877 0035 3000), dan line (@scarlett_whitening).

 

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

14 Comments

  1. Scarlett membantu perawatan kulit, jerawat karena minyak berlebihan dan pengaruh hormon testosteron. Terus menggunakan agar lima belas hari kemudian muncul hasil penggunaan scarlet.

    BalasHapus
  2. Ternyata ada buat cowok, ya? bisa nih buat rekomendasi teman-teman aku nih.

    BalasHapus
  3. Jadi catatan nih, kalau harus berpindah produk benar-benar harus dalam kondisi kulit yang tidak terlalu parah jerawatnya, sebab kulit harus beradaptasi lagi terhadap produk baru. Produk perawatan jg cocok-cocok an ya, mba. Semoga kulit Alief kembali bersih dan bebas jerawat.
    Nak bujang saya juga berjerawat krn perubahan hormon ini, semoga scarlett acne serum cocok untuk memuluskan wajahnya.

    BalasHapus
  4. Awalnya aq cuma nyoba-nyoba doang serumnya. Kekeke. Eeeh tahunya pake dong sampai sekarang. Nah, facial washnya nih, suka sold out. Huhuhu. Belum nyobain sampai hari ini.

    BalasHapus
  5. Keren ya produk Scarlett ini saya juga sudah coba mba..ampuh buat hilangkan acne dan fleknya..hebat formulanya keren Scarlett ini ya

    BalasHapus
  6. Banyang yang bilang kalau acne serum Scarlett ini bagus. Kayaknya saya pengen cobain juga, deh. Tetapi, bukan untuk saya. Sama kayak Mbak Rien, saya mau coba tawarin ke anak laki-laki saya. Sekarang kan laki-laki juga harus terawat ya kulitnya

    BalasHapus
  7. Wah, mbak dirimu memilih solusi yang tepat. Memang benar kalau tahapannya sudah di level berat, rasanya perlu konsultasi ke ahlinya. Akan tetap Scarlett produknya memang oke kok. Saya dan sulung saya suka pakai sabun dan scrubnya. Jadi penasaran juga dengan produk wajahnya. Terima kasih mbak reviewnya keren.

    BalasHapus
  8. bagus hasilnya ya Mbak Rien?

    jadi pingin pakai juga

    Tiba2 muncul jerawat di dagu nih, ngeganggu dan pasti bakal meninggalkan bekas

    penyebabnya mungkin saya lupa bersihin muka pakai cleanser dan toner

    lupa = malas :D :D

    BalasHapus
  9. Mpo setuju tulisan mba. Walaupun kurang cocok sama produk Scarlett bukan berarti produk jelek. Mungkin di orang lain cocok tapi tidak untuk kita

    Memang memilih produk kaya memilih jodoh harus yang pas banget

    BalasHapus
  10. Sebelum Alief memulai menggunakan produk baru di tanggal 24 maret, apakah jeda dari produk sebelumnya agak jauh mbak, misal seminggu atau 2 minggu gitu?


    Soalnya daku pernah, jedanya kurang lama (hanya 2 hari waktu itu) sehingga saat menggunakan yang lain jadinya muncul jerawat baru.

    BalasHapus
  11. wah ... mas alief terlihat hasilnya ya sebelum dan sesudah menggunakan produk scarlett, aku juga dapat produk scarlett untuk direview, tapi mau coba pakai dulu baru di review

    BalasHapus
  12. Jadi memang perlu penyesuaian bagi kulit juga ya mbak, tidak tiba-tiba aja ganti produk. Apalagi pas kondisi jerawat di wajah lagi parah

    Ini kayak orang udah biasa sarapan nasi, terus tiba-tiba nggak boleh sarapan nasi, diganti buah. Pasti pencernaannya bakal kaget, secara psikis juga.

    BalasHapus
  13. Eh keliatan banget ya Rien perubahan berkurangnya jerawat di wajah Alief. Kulit yang non-jerawatnya juga terlihat lebih bright/cerah dan bersih. Pengen nyoba untuk Fiona nih. Lagi jerawatan juga. Kebanyakan di jidat. Siapa tahu cocok dan berhasil pake Scarlett.

    BalasHapus
  14. wajah saya memang sensitif dan cenderung berminyak. jerawat kadang sering muncul padahal ortu semuanya muka bersih tanpa jerawat. sama halnya seperti alief yang mungkin faktor stress, sibuk, perubahan hormonal dll bisa memicu munculnya jerawat. thanks kak atas pengalamannya.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!