Nongkrong di VIVACIOUS Bintaro, Tempat Kuliner Sekaligus Belanja Produk Hobi dan Sembako

12.49

VIVACIOUS namanyasemacam taman jajan. Tempat kita bisa nongkrong sambil kulineran, dan belanja produk hobi maupun sembako. Di sini ada Dealing Room, sebuah galeri yang menjual tanaman kekinian, pot terakota, produk home dekor, fashion, dan lainnya. Ada Saruga Indonesia, toko sembako curah yang mengusung konsep ramah lingkungan dengan belanja bebas plastik. Ada toko mainan, food court, kedai kopi, dan garage sale di waktu tertentu.  

Ini cerita saya kala nongkrong di Vivacious pada Sabtu tgl. 13 Maret 2021. 

VIVACIOUS Bintaro - Instagram @vivacious_bintaro

Mas Arif suami saya dan teman-teman alumni SMA-nya, bulan April ini rencananya akan touring ke Sawarna, Banten. Untuk kegiatan tersebut, setelah sebelumnya hanya diobrolkan di grup Whatsapp, akhirnya akan dibahas secara offline, tempatnya di Vivacious Bintaro. Untuk itulah suami ke Vivacious, dan saya pun diajak.

Saya tidak pernah tahu Vivacious itu apa. Belum pernah dengar juga sebelumnya. Hanya ada info bahwa suami dan teman-temannya akan bertemu di sana jam 12, sambil makan siang. Nah, dari sanalah saya menebak bahwa Vivacious itu tempat makan. 

Memang benar Vivacious itu ada tempat makan/minum, tapi ternyata, bukan hanya itu ferguso! Di Vivacious itu ada toko, galeri, kedai kopi, dan food court. Jadi, kalau kita datang ke sana, nggak cuma nongkrong sambil makan, tapi juga bisa sambil belanja. Atau, sengaja datang ke Vivacious untuk belanja sembako isi ulang, lalu sambil jajan/makan dan ketemu teman. 

Alamat Vivacious Jl. Kesehatan VI Sektor 1 Bintaro - Tangsel

Lokasi dan cara ke Vivacious

Vivacious terletak di Jalan Kesehatan VI, Sektor 1 Bintaro, Tangerang Selatan. Kita bisa temukan lokasinya di Google Map dengan mengetik Vivacious, dan tinggal ikuti arah yang diberikan, dijamin sampai.  Saya dari BSD, pergi ke sana kurang lebih 20 menit saja jika berkendara mobil lewat tol. Jika naik motor bisa sampai 30 menit karena muternya jauh, lewat jalan belakang.

Di Google Map, titik lokasi Vivacious sama dengan Posarang Korean BBQ. Dari Superindo Bintaro atau dari Geprek Bensu Bintaro 2, Vivacious sudah dekat. Letaknya persis di pinggir jalan, dan ada nama Vivacious dalam ukuran besar, mudah terlihat dari jalan.

Tempat parkirnya sangat terbatas, berkapasitas kurang dari 10 mobil. Jadi kalau datang ke sana pas ramai, tidak mudah buat dapat tempat parkir. Enaknya sih pakai motor saja kalau dekat. Tapi susah juga kalau misal datang untuk tujuan belanja tanaman atau produk-produk di Saruga Store, pasti perlu mobil buat memuat barang. 

Tampak depan Vivacious ini seperti tak ada apa-apa. Setelah masuk, baru deh kita bisa lihat di dalamnya itu ada galeri, toko, dan food court . Bahkan, ada panggung segala, buat live musik pada waktu tertentu. Nah, untuk masuk lewat turunan pendek yang ada di sisi kanan area parkir. Kalau bingung, di situ ada tukang parkir sih, tinggal tanya. 

Yuk saya ceritakan satu persatu ada apa saja di Vivacious, ya.

Di ujung sana, di atas tanjakan & tangga, adalah jalan masuk Vivacious.

Di kanan warung kopi, di kiri arah belakang galeri tanaman dan toko Saruga, di atasnya food court.

Ada tempat praktek dokter gigi. Galeri di kiri yang di dalamnya terlihat tumpukan container adalah galeri mainan ToyZone. Di depannya sedang ada garage sale baju dan sepatu.

Tak Sengaja Jumpa Kawan Lama, Pemilik Tunas Kecil di Galeri Dealing Room, Vivacious

Sebelum saya cerita tentang apa saja yang ada di Vivacious, saya mau cerita dulu momen bertemunya suami dengan salah satu sobat SMA nya yang telah lama tak jumpa dan bersapa. Namanya Anto.

Memang benar Mas Arif ke Vivacious itu untuk bertemu dengan teman alumni SMA, tapi tidak termasuk Mas Anto. Mas Anto itu, kata Mas Arif, nggak ada di Whatsapp Grup alumni. Jadi, mereka lama tak ada komunikasi. Tahu kabar satu sama lain paling dari cerita teman lain. Makanya, pas bertemu di Vivacious itu Mas Arif seneng banget.

Ceritanya, saya dan Mas Arif sedang di food court menunggu kawan lain yang belum datang. Food court itu ada di atas. Tempatnya semi terbuka. Kalau duduk di sana, kita bisa melihat ke mana saja, termasuk ke area bawah yang terbuka. Saat sedang duduk-duduk itulah tiba-tiba Mas Arif berdiri, pandangannya tertuju ke beberapa orang yang sedang kumpul di bawah.

"Itu kayaknya Anto deh. Anto bukan ya? Iya kayaknya Anto..." ucap Mas Arif. Nanya sendiri jawab sendiri, antara ragu dan yakin.

"Antoo...to....Antooo...." teriak Mas Arif. Busyet, laki gue teriak haha. Untung food court sedang sepi. Cuma kami berdua. Jadi nggak malu dong saya haha. Sesaat kemudian Mas Arif melepas masker, biar Mas Anto mengenali wajahnya. Lalu saya lihat, seorang pria berjenggot, memakai topi, menoleh. Pandangannya tertuju ke Mas Arif.

"Arif ya??" Wow, Mas Anto langsung mengenali suami saya. Tak lama, Mas Anto bergegas naik, menghampiri kami. Maka, bertemulah dua sobat lama itu. Setelah dikenalkan pada Mas Anto, lalu saya sengaja pergi, keliling Vivacious, membiarkan suami dan sobatnya ngobrol berdua saja. Suasana gembira tampak menyelimuti pertemuan itu.  

Kami kira Mas Anto juga pengunjung Vivacious. Ternyata beliau pemilik galeri tanaman Tunas Kecil di galeri Dealing Room

Dealing Room IG @dealing-room

Mas Anto, saya, dan Mas Arif. Satu pot berisi Philodendron Erubescens saya adopsi dari galeri Tunas Kecil milik Mas Anto. IG Tunas Kecil @tunas.kecil_

Dealing Room, Galeri Tanaman, Ada Terakota, Home Dekor  dan Lainnya

Dealing Room adalah nama galeri. Galeri ini berisi bermacam produk dan barang. Terdapat aneka tanaman yang sedang kekinian. Tanaman yang sering saya lihat wara-wiri nampang di IG para selebgram. Tanaman yang lagi booming, kata orang-orang. Tanaman yang dijual dengan harga tidak murah, tentunya. Tanaman yang dirawat dengan hati dan dijual pakai hati 😄

Buat kalian penyuka tanaman, di Galeri Tunas Kecil ada jenis - jenis tanaman yang bisa kamu beli untuk dibawa pulang, sbb:

1. Philodendrons
2. Monstera
3. Epipremnums
4. Scindapsus
5. Ficus (spt Ketapang Biola/Ficus Lyrata, Karet Kebo/Ficus Elastica)
6. Heliconia (pisang-pisangan)
7. Begonia
8. Ferns (pakis-pakisan)
9. Anthuriums

Tunas kecil juga kerjasama untuk pot terakota dengan K.l.e.i untuk Plantstyling-nya. Pot dan tanaman, pasangan yang sangat serasi, tentunya. 

Lalu ada produk home dekor.  Banyak macamnya. Dari pajangan yang bisa ditempel/digantung di dinding, diletakkan di atas meja/bufet/rak, hingga ditaruh begitu saja di lantai. 

Ada pula T-Shirt, jaket, sepatu, sandal, meja, kursi, meja, rak. Kalian bisa lihatlah di foto-foto berikut ya. Harganya beragam, dari 100 ribuan saja sampai berjuta-juta juga ada he he. 

Buat yang ingin tahu lebih banyak bisa juga cek Instagram @dealing.room @tunas.kecil_ @k.l.e.i

Pot Terakota dari K.L.E.I (IG @k.l.e.i)

Plants make people happy





Saruga Indonesia Toko Isi Ulang Sembako, Jual Produk Tanpa Kemasan, Toko Bebas Plastik

Toko Saruga merupakan toko isi ulang sembako pertama yang ada di Jakarta. Saya merasa surprise ketika mengetahui apa-apa yang dijual di toko ini, khususnya kampanye bebas sampah plastik melalui cara belanja "Beli Isi Bukan Kemasan".

Dari artikel yang saya baca, latar belakang toko Saruga didirikan berasal dari kisah pribadi pendirinya yang merasa sangat terganggu dengan banyaknya sampah plastik yang dihasilkan dari belanja bahan kebutuhan rumah tangga, seperti sembako. Dari sanalah, konsep toko zero waste dibuat.

Produk yang bisa diisi ulang di Toko Saruga seperti sabun mandi cair, sampho, sabun cuci tangan cair, sabun cuci piring cair, deterjen cair. Produk-produk tersebut merupakan produk bermerk dari Unilever. Ada juga kecap Bango. Kita bisa mengisinya melalui dispenser khusus, dan mengisi hanya sesuai kebutuhan, dibayarpun sesuai jumlah yang kita ambil. Setiap tetesnya ditimbang secara tepat.

Ada banyak sekali jenis bumbu dan rempah curah, serta bahan makanan dan masakan yang bisa kita beli di sini. Bila butuh, kita tinggal ambil sesuai keperluan, lalu dimasukkan ke dalam wadah yang harus kita bawa sendiri dari rumah. Sekali lagi, toko tidak menyediakan kantong apapun untuk setiap barang yang kita beli.

Toko menyediakan kantong belanja bukan plastik yang sangat ramah lingkungan yaitu kantong yang terbuat dari singkong. Kantong ini sangat aman, bisa larut bila kena air dan bisa terurai di tanah. Tentunya, ketika digunakan ada cara pakainya ya.

Tersedia juga pembalut kain, sponge mandi loofah, produk mandi sabun dan lulur, buah lerak deterjen alami, madu, minyak, kurma, air zam-zam, dan masih banyak lagi.

Cara pembayaran yang berlaku cashless. Silakan cek Instagram Saruga Indonesia di @sarugaindonesia untuk info lainnya, ya.

Saat datang ke toko ini, saya bertemu dengan Youtuber David Gadgetin. Ternyata, dia dan istrinya suka belanja di sini. Hebat David, mau turut serta menjaga lingkungan dengan belanja di toko bebas plastik.

Toko Saruga Indonesia IG @sarugaindonesia

Kantong ramah lingkungan, terbuat dari singkong. Bisa larut dalam air, terurai di tanah.

Kantong kemasan singkong

Lulur curah

Buah Lerak curah, deterjen alami, biasanya buat cuci batik 

Di belakang saya adalah dispenser isi ulang Kecap Bango

Jual serba curah karena Beli Isi Bukan Kemasan, karena bantu jaga lingkungan itu baik gaes!

Aneka rempah serba curah

Madu kemasan botol kaca, air zam-zam curah, extra virgin curah, madu curah

Loofah dan produk terbuat dari kain. Ada catatan di kasir: Transaksi debet minimal 20 ribu, Kredit 50 ribu

Pembalut kain

Produk mandi dan lainnya

Weko Coffee, Food Court, dan Berpapasan dengan Youtuber David Gadgetin

Siang itu harusnya acara meeting Mas Arif dan teman-teman touring-nya terjadi, tapi yang datang hanya suami dan 2 orang lainnya. Karena cuma bertiga, ya gak jadilah meeting-nya. Lantas, kemana yang lain? Yang lain gak pada datang karena pada mengira ketemuannya gak jadi. Soalnya di grup ga ada yang konfirmasi mau datang. Hadeuuuh 😂 

Saya tanya suami, "Emang mas juga gak konfirmasi mau datang hari ini?"

Suami: " Enggak." (jawab dengan muka polos).

Saya: "Yang lain juga?"

Suami: "Iya."

Haha. Ya pantes. Nah, karena hari itu gagal, ketemuan dijadwalkan ulang pada minggu depannya, di Vivacious juga. Tapi ternyata minggu depannya masih pada sibuk, acara meeting mau nggak mau ditunda dan dijadwalkan ulang lagi. Sayangnya, pada saat jadwal sudah dibuat, suami gak bisa datang karena ada jadwal kerja keluar kota. Seperti biasa, bila mau ke luar kota, suami kudu isolasi dulu seminggu di hotel, periksa covid dan macem-macem, baru berangkat. Durasi di luar kotanya bisa seminggu atau lebih, total gak di rumah bisa 2-3 minggu. Kegiatan touring sudah pasti bye, karena jadwalnya bersamaan dengan suami yang masih di luar kota.

Meskipun hari itu tidak jadi meeting, kami tidak merasa sia-sia datang ke Vivacious. Suami malah happy bisa ketemu sobat lamanya, Mas Anto. Tetap bisa ketemu dan ngobrol dengan 2 sobat lainnya juga. Sementara saya? Girang bisa liat-liat tanaman, pot, home dekor, produk sembako di Saruga, dan yang paling seneng, hobi motret terpuaskan. Saya jadi bisa punya bahan buat bikin konten di medsos, youtube, dan blog! 

WEKO Coffee IG @wekocoffee

Di food court. Santai dan nyaman. Hari itu hanya ada 3 gerai makan yang buka. Beberapa lainnya tutup permanen. Kabarnya sejak pandemi sepi, itu sebabnya tutup.

Tak sengaja jumpa Youtuber kondang David Gadgetin. Kalau kalian lihat side bar di kanan blog ini, ada video saat saya dan David satu frame dalam video ASUS ZenBook. Nah, dialah David dalam video tersebut yang ada dalam foto ini 😃
Es Kopi Susu @WekoCoffee. Hari itu (13/3) Beli 2 gratis 1 😅

Abis ngobrol di food court, pindah tempat ngobrol di Weko Coffee

Di atas tempat makan/minum, di bawah tempat belanja

Vivacious ini menurut saya cocok buat ketemuan dengan teman, baik dalam skala kecil 3 atau 4 orang saja, atau hingga 20 orang. Bisa kumpul sambil makan. Di bawah ada meja dengan bangku-bangku buat duduk. Untuk kumpul bareng teman, cocok di food court. Di bawah banyak orang lalu-lalang, apalagi pas ada garage sale, mungkin agak keganggu. Di bawah mudah panas karena tanpa atap. Di food court beratap, pastinya adem. Meski tempatnya semi terbuka, tapi nggak bakal langsung kepanasan kena sinar matahari atau kebasahan jika mendadak hujan.  

Nongkrong sama teman di Weko Coffee juga asyik. Meski tempatnya kecil, berkapasitas kurang lebih 20-30 orang saja, tapi tempatnya nyaman. Ruangannya ber-AC. Misalkan di food court gerah, bisa nih pindah ke Weko Coffee. Di sini ada banyak pilihan menu minuman kopi. Kita tinggal pesan sesuai selera. Sewaktu ke sana, lagi ada promo Es Kopi Susu beli 2 gratis 1. 

Vivacious buka tiap hari kecuali Senin libur. Otomatis, galeri yang ada di sana juga ikut libur. Buat kalian yang berada di Tangsel, khususnya sekitaran Bintaro, jika suatu waktu cari tempat nongkrong yang asyik, bisa deh ke Vivacious ini. Tapi perlu diketahui bahwa tempat parkir mobilnya minim ya. Dan, jangan bayangkan tempatnya semewah di mall, tapi di sini nyaman. 



Satu hal yang perlu saya pesankan, karena saat ini masih pandemi, HARAP BERHATI-HATI bila berkumpul. Saya tidak menyarankan untuk datang dan berkumpul dengan bebas di situasi saat ini. Bila memang ada perlu kumpul, lakukan dalam jumlah terbatas dan patuhi protokol kesehatan. 

Ada hikmahnya juga acara kumpul suami dan teman-temannya batal, atau ditunda, bahkan akhirnya suami nggak jadi ikut touring karena bentrok dengan jadwal kerja, mungkin supaya bisa fokus menyelesaikan pekerjaan, mungkin juga supaya terhindar dari penularan virus corona. 

Tetap jaga kesehatan ya teman-teman, jangan lupa bahagia. Nah untuk bahagia, banyak banget caranya, salah satunya lakukan kegiatan hobi, misal sibukkan diri dengan berkebun, beli tanaman di Tunas Kecil, mendekor rumah, atau berpartisipasi jaga bumi dengan belanja di Saruga Indonesia, bagi saya itu semua bikin bahagia. Kalau kamu gimana?

Buat yang mau nonton video saya berada di Vivacious ini, bisa kunjungi channel youtube saya, berikut linknya:
1. Video VIVACIOUS Bintaro (klik)
2. Video Galeri Dealing Room (klik)
3. Video Weko Coffee (klik)
4. Video Toko Saruga Indonesia (klik)


Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

24 Comments

  1. Tempatnya asyik mbak, sekali jalan mau makan beli tanaman hingga kumpul teman bisa dilakukan. Tapi sayangnya parkirnya terbatas

    BalasHapus
  2. Semacam destinasi nongkrong dan shopping yg anti mainstream ya mba

    Terutama yg konsep refill sembako. Brilian bgt idenya.

    Aakk, pingin coba beli kecap yg pake dispenser ntuh.
    Pastinya daku bawa botol kosong dari rumah yak

    BalasHapus
  3. Wah, kebeneran weekend ini mau ke rumah adik di Bintaro. Kayaknya boleh juga yaaa diajak ke sini. Saya lihatnya ini seperti mall kecil yang outdoor ya mba. Di sana banyak jualannya yang menarik, mulai dari tanaman, tempat makan, hingga toko sembako.

    BalasHapus
  4. Masyaa Allah.. ini tempatnya amazing banget mba..

    itu gimana ceritanya ada kecap Bango dijual curah gitu. Jadi penasaran, apa kerjasama langsung sama produsennya atau gmn ya .

    Semoga dikota-kota lain segera ada tempat belanja yg zero waste kayak gini.

    Dan saya ngakak dong, baca pas bagian ternyata ngga ada yg konfirmasi mau datang di wa grup. Duh bapack-bapack... Terlalu praktis berpikirnya.. konfirmasi itu penting bapaack.. wkwkw..

    Ini ulasannya juga lengkap banget. ngga ngebosenin bacanya meskipun panjang. Ada yucub nya juga eh.. super super lengkap.

    Vivacious ini the real one stop shopping , ya. Kereen!

    BalasHapus
  5. Pengen ngajakin 1 kampung ibu-ibu ke sini nih. Jualan yang semua serba zero waste. Bagus banget idenya! Itu ada yang buat cuci piring juga yang terbuat dari ampas gambas apa sih namanya. Keren banget deh ni Vivacious

    BalasHapus
  6. pertama mau komen tentang konfirmasi, sesebapak di rumah pernah gitu juga...janjian meeting sama temen alumni di grup WA eh yang datang cuma tiga hahaha
    aku langsung merasa nyaman lihat foto-fotonya aja. Sering lewat area situ bisa nih disinggahi nih Vivacious lain waktu. Mau ngopi dan bebelian di warung curah atau sepot dua pot tanaman. Asyiiik!!

    BalasHapus
  7. Menarik banget Mba, tempatnya asyik dan cozy ya.
    Sayang banget malah sepi dan jadi tutup beberapa gerainya.

    Padahal ini mah paling pas buat hangout sekaligus belanja-belanja.
    Konsepnya juga bagus banget tuh zero waste, meski kalau dipikir repot juga, tapi memang kudu punya niat lebih agar kita bebas dari plastik bekas belanjaan atau semacamnya :)

    BalasHapus
  8. Ih, seru tempatnya. Ada rumah makan, toko mainan, penjual tanaman, dan bisa beli barang-barang sembako itu sebuah paket lengkap buat tempat tujuan pergi-pergi di kala pandemi begini. Biar enggak mampir-mampir, enak banget kalau ada tempat seperti vivacious gini. Sekali pergi sudah bisa tercapai beberapa tujuan. Masukkan ke list jalan-jalan berikutnya ini

    BalasHapus
  9. Wiw, aku pusiiiing lihat foto2nya wkwkwkwk takut jadi ngeborong semua hahaha :) Kayak spot serba ada ini. Baju ada, tanaman banyak, makanan dan minuman melimpah, dll. Itu toko unik dan lucu bener ya roduk2 jualannya menarik. Kepengen lihat, pegang, bawa pulang wkwkwkwk :) Ada besan mamahku di Bintaro nih, tapi aku jarang main ke arah sana. Maybe next time aku mau mampir ke Vivacious deh, TFS mbak Rien.

    BalasHapus
  10. Vivacious menarik banget konsep belanja, makan, serta nongkrong yang ditawarkannya. Konsep belanja zero waste yang ditawarkan Saruga sangat jempolan sekali. Boleh dibilang semua kebutuhan pokok ada, mulai dr kecap isi ulang hingga lerak. Keren.
    Harusnya konsep belanja dengan slogan beli isi bukan kemasannya mulai diterapkan juga oleh tempat belanja lainnya.

    Hahaha, kaum bapak2 kalau janji memang beda ya, mba.

    BalasHapus
  11. Aslinya gaanteng juga David Gadgetin, hahahhaha ......(mangkaning udah ditutup masker :D)

    Mau kesana ah, kalo ke Jakarta lagi
    Kayanya saya bakal betah di Vivacious, Dealing Room daan Saruga tuh gue banget
    Sayang di Bandung nggak ada
    Semoga kelak ada yang mencontek idenya :D :D

    Sssttt.... saya ngebayangin divisinya Mas Anto ngelap daun satu peersatu, kinclong dan sehat pisan ya?

    BalasHapus
  12. Saya penasaran dgn kantong belanjaan yg terbuat dari daun singkong ya mbak. Sangat kreatif sekali ya orang2 membuat barang dalam meminimalisir penggunaan plastik. Btw tempatnya sangat nyaman dan hampir semua ada ya mbak bahkan doktergigi sekalipun..bisa betah kalau saya ke vivacious

    BalasHapus
  13. Seru banget ini tempatnya. Kangen main ke Bintaro. Bakalan saya mampirin, deh. Kalau suami saya udah pasti bakal tertarik dengan tanamannya. Karena yang suka menanam tuh dia. Tapi, kalau saya pasti bakal ke toko sembakonya hehehe

    BalasHapus
  14. Hallo kak Katerina, spot yang paling keren dari tulisan kakak yaitu dealing room yang lengkap dengan macam tanaman hias. Sangat antik2 juga potnya, keren juga dalam satu kali kunjungan suami kakak ketemu temen lama dan juga kakaknya pun sama ketemu teman lama. Silaturahim yang terus terjaga, joss. Makasih sudah kubaca tulisannya.

    BalasHapus
  15. Tempatkan cozy banget, memang kelihatan asik buat kumpul bareng teman-teman. Jika tidak Pandemi lokasi itu pasti ramai.
    Tapi..konsep design luar ruangnya jadi ngingetin Aku sama setting lokasi sebuah film yang dibintangi Reza Rahadian. "toko Barang Mantan"
    Mirip..

    BalasHapus
  16. Tempatnya oke punya Mbak
    Jadi ini bakal ada terus ya tempatnya, bukan sementara.
    Semoga nanti bisa ke sana.

    BalasHapus
  17. Wah jadi pengen mampir ke sini kalo pas main ke Jakarta. Betah banget kayaknya berlama-lama disini. Tapi emang gak terlalu luas ya tempatnya kak..jadi harus pilih-pilih waktu di jam sepi biar lebih aman dan nyaman

    BalasHapus
  18. Oalah rekomendasi tempat nongkrong lengkap mulai ruangan, fasilitas, isi ruangan nonhkrong semi terbuka di Tangerang Selatan ini. Kapan-kapan klo ke Pamulang mampir kesini, tata ruang ok

    BalasHapus
  19. Tempatnya unik dan adem ya Rien. Luar biasa ini yang ngerjakan external interiornya. Penghijauannya juga bikin nyaman dan cantik untuk berfoto. Aku kalau di sini mungkin bisa berjam-jam liat produk handmade di situ. Bahkan kalau seandainya dekat rumah, pengen buka lapak di situ hahahaha.

    BalasHapus
  20. wah ... asyik nih ada tempat kumpul bareng teman-teman, tempat-nya cozy banget karena mulai dari ruangan, fasilitas dan isi ruangannya terbuka

    BalasHapus
  21. Tempatnya menarik banget, mana ada ijo-ijonya pula. Bisa nih jadi pilihan kalo kapan-kapan nyeberang ke Jawa

    BalasHapus
  22. Keren banget yaa Kak, tempatnya zero waste. Kapan-kapan ke sana ah! Save nih!

    BalasHapus
  23. wah senang lihat tempat berbelanja seperti ini mbak
    rapi dan instragramble
    sudah gitu pro zero waste , dgn adanya belanja tanpa plastik

    BalasHapus
  24. Lihatnya sekelilingnya daku jadi inget film Toko Barang Mantan, ada yang mirip seperti tangganya, bagian atas nya kafe, terus ada lambang dokter gigi. Apa iya di situ atau nggak nya shootingnya entah lah, mirip aja, haha.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!