Main ke Medan? Lakukan 9 Hal Ini Supaya Tak Menyesal!

05.10

wisata medan
WISATA MEDAN - Istana Maimun (Foto Merdeka.com)

Indonesia kaya akan ragam budaya. Setiap tempat memiliki hal-hal unik sendiri-sendiri yang tak dimiliki di daerah lain. Itu sebabnya, saat berkunjung ke suatu tempat, pastikan kita mencoba, mampir, atau menjajal hal-hal unik tersebut. 

Tak terkecuali dengan Medan. Punya keragaman budaya dan kebiasaan sendiri. Jadi saat ke Medan, supaya tak menyesal, lakukan hal-hal berikut ini.

1. Naik Bentor

Bentor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan ada di Sumatera Utara. Selain karena cepat, juga karena murah. Saat ke Medan, jangan lupa untuk mencoba naik bentor. Di setiap penjuru di sana, kita akan dengan mudah mendapatinya. 

Bentor Medan

2. Mencicip Kuliner Medan

Medan banyak disebut sebagai surganya kuliner. Berbagai jenis makanan ada di sana. Dari mulai makanan asli khas tanah Karo, hingga ke makanan yang bukan makanan asli sana, namun terkenal di Medan. 

Ada yang namanya Arsik ikan mas. Sebuah olahan ikan mas yang konon sangat enak di sana. Kemudian ada juga makanan khas India, ada juga Mie Aceh Titi Bobrok, serta durian. Untuk durian,  Durian Ucok adalah yang paling populer. Gak ke Medan namanya jika tak mencicip Durian Ucok. 

Durian Ucok Medan

3. Menyambangi Bangunan Tua Bersejarah

Seperti halnya di kota lain, Medan juga punya banyak bangunan-bangunan tua yang bersejarah. Misalnya saja bangunan peninggalan masa kolonial Belanda. Istana Maimun dan Tjong A Fie merupakan contohnya. 

Untuk para pencinta sejarah, wajib deh mengunjungi dua tempat yang unik ini. Dan jangan lupa, befoto juga di sana untuk diposting di media sosial!

Rumah Tjong A Fie (Foto: Merdeka.com)

4. Shalat di Mesjid Raya Medan

Umat muslim, setiap kali menyambangi suatu tempat pasti akan melakukan shalat di masjid setempat. Sebab 5 waktu shalat tak bisa ditinggalkan sekaligus. 

Nah saat berkunjung ke Medan, shalat di masjid Raya Medan merupakan pilihan yang bagus. Selain memenuhi kewajiban sehari-hari sebagai muslim, juga bisa sekalian berwisata religi di masjd ini. 

Ada pun buat yang non-Muslim, menyambangi masjid ini bisa berarti wisata sejarah, sebab Mesjid Raya Medan mempunyai nilai sejarah di zaman Sultan Makmoen Al Rasjid Perkasa Alamsyah.

Masjid Raya Meda (Foto KSMTour.com)

5. Berwisata Religi Umat Kristen ke Apostel Batak di Salib Kasih Siatas Barita Tarutung

Jika umat muslim berwisata religi itu ke Mesjid Raya Medan, nah umat kristiani, bisa ke Salib Kasih Siatas Barita Tarutung. Sebuah tempat yang sejak tahun 1993 menjadi tempat wisata rohani.  

Salib Kasih berlokasi di Dolok atau Bukit Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatra Utara. Salib Kasih ini sebenarnya merupakan sebuah monumen yang dibuat untuk mengenang orang yang berjasa dalam penyebaran agama kristen di sana. Ingwer Ludwig Nommensen adalah namanya. Beliau berasal dari Jerman. Atas jasanya, beliau sudah dianggap sebagai orang Batak dan mendapat julukan Aspotel Batak. 

Salib Kasih Siatas Tarutung (Foto: Bocahudik.com)

6. Rekreasi ke Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini berlokasi di Desa Tongkoh, Kabupaten Tanah Karo. Ada sebuah pagoda indah di Taman Alam Lumbini ini. Dan jangan salah, pagoda ini merupakan pagoda tertinggi di Indonesia, yang konon merupakan replika dari Pagoda Swhe Dagon di Myanmar itu. 

Meski tempat ini berjarak sekitar dua jam perjalanan dari kota Medan, akan tetapi pemadangan yang akan di dapat di sana, membuat semua menjadi sebanding. 

Taman Alam Lumbini (Foto: KSMTour.com)

7. Trekking di Bukit Lawang

Anda gemar berkunjung ke kebun binatang? Jika ke Medan, mampirlah di Bukit Lawang. Meski yang akan anda lihat adalah orang utan, sebab Bukit Lawang merupakan area konservasi Orang Utan, Anda tak akan menyesal. Pemandangan alamnya yang asri dan sejuk akan membuat anda rileks di sana. Bukit Lawang berlokasi di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. 

Bukit Lawang Medan (Foto: IDNTimes.com)

8. Melihat Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso adalah air terjun tertinggi di Indonesia. Selain alasan tersebut, yang membuat Anda wajib mampir ke Air Terjun Sipiso-Piso juga adalah pemandangannya. Ya, di sebelah kanan air terjun ini ada sebuah tebing yang tinggi. Ada pun di bagian kirinya adalah danau yang sangat terkenal di Sumatera Utara. Danau apa lagi jika bukan Danau Toba. Sungguh, mampir ke tempat ini akan semakin membuat Anda mencintai Indonesia.

Air Terjun Sipiso Piso Sumatera Utara (Foto: BocahUdik.com)

9. Berwisata ke Danau Toba

Tempat ini adalah tempat yang keterlaluan sekali jika Anda ke Medan tapi tak disinggahi. Ya, Danau Toba. Keindahan Danau Toba dan juga Pulau Samosirnya sudah sangat terkenal. Tak hanya ke seantero nusantara, tetapi juga ke mancanegara. 

Danau Toba sendiri sebenarnya adalah danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi, yang konon terjadi sekitar 75.000 tahun yang lalu. Meski memakan waktu hingga 4 sampai 5 jam perjalanan dari kota Medan ke sini, Anda tak akan menyesal.

Danau Toba Sumatera Utara (Foto: GoodNewsFromIndonesia.com)

Itu dia 9 hal yang harus dilakukan saat ke Medan supaya tak menyesal. Kesemuanya unik dan hanya bisa dilakukan di Medan. Ada rencana ke Medan dalam waktu dekat? Cek ke Traveloka. Banyak tiket pesawat Traveloka termurah di sana. Harganya sudah pasti ringan di kantong. Dan waktunya juga bisa dipilih yang mungkin pas dengan waktu kosong Anda. 

Jangan khawatir dengan transportasi dari dan ke bandaranya. Ada kereta bandara yang siap mengantar Anda. Jangan lupa juga, sebelum ke Medan, selama di Medan, dan setelah dari Medan, selalu taat protokol kesehatan ya. Supaya Anda dan keluarga selalu dalam keadaan sehat. Sehingga apa pun aktivitas yang dilakukan akan menjadi lancar.

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

17 Comments

  1. Kalo kota Medan itu surganya kuliner Rien. Setiap sudut kota padat ruko yang isinya usaha kuliner. Termasuk diantaranya duren. Kapan yok main ke Medan. Sekalian liat rumah masa kecilku di Medan Baru

    BalasHapus
  2. Medan, Sumatera Utara kapan ya bisa kesana?punya beberapa teman profesi peksos, dosen tinggal disana. Danau Toba, dan tempat bagus lainnya akan mudah dijumpai jika kesana. Semoga suatu aaat ada penugasan kesana.

    BalasHapus
  3. Karena pernah tinggal 5 tahun di Langkat jadi sikit-sikit sudah tahu Medan awak nih hihi
    Pernah ke semua tempat di list ini kecuali 5. Juga 6 karena dulu pas tinggal di sana belum ada.
    Duh, jadi kangen Medan, pengin puas-puasin makan durian yang kalau musim belinya karungan bukan bijian saking murahnya...

    BalasHapus
  4. Saya pernah tuh sholat di masjid raya medan....lingkungannya bersih, segar, dan nyaman untuk beribadah. Di bukit lawang juga dah pernah tuh...soal kulinernya di medan banyak sih, hehe.... soto medan juga beda banget cita rasanya sama soto yang dijual di pulau Jawa....thanks mbak rien atas informasinya.

    BalasHapus
  5. Pengen kuliner pokoknya saya kalau ke Medan. Dulu setiap kali ke sana dalam rangka kerja terus. Gak sempat pula jalan-jalan. Pokoknya harus kulineran ^_^

    BalasHapus
  6. Gak pernah kepikiran bakalan ke Medan, hehehe. Tapi bila suatu saat dikasih rezeki melimpah, pengen juga menginjakkan kaki ke sana

    BalasHapus
  7. huhuhu destinasi idaman nih

    karena sebetulnya relatif dekat dibanding Papua

    dan yang nomor satu bakal saya kerjain di Medan adalah hunting kuliner :D :D

    BalasHapus
  8. Banyak juga ya obyek wisata di Medan. Katanya kulinernya endez yaa? Memang sih kalau wisata pasti yg dicari kuliner setempat sih...
    Pernah hampir ke Medan tuh acara seminar...eh...pandemi. Batal deh...
    Hiks...

    BalasHapus
  9. Kalo suatu hari nanti ke Medan, no. 3,4,5 deh yang akan kuutamakan hehe. Kalo bisa lebih dari 3 nomer itu ya oke juga, karena aku pribadi sukanya traveling yang santai.

    BalasHapus
  10. Mba Rien,
    aku baru satu kali doang ke Medan.
    Dan nyeseelll kok ngga ke Danau Toba yaaa
    padahal waktu itu udah ditawari ama temen2
    cuma, entahlah, lupaaa aku alasannya kenapa.

    Yg jelas, Ucok Medan aku udah coba sampe sepuasnyaaaaa

    BalasHapus
  11. aku belum pernah main ke Medan, cuma dengan dengar cerita teman di Medan, salah satu yang perlu itu kulinernya buat dicicip hahaha..

    BalasHapus
  12. Sholat di masjid Raya Medan memang gak boleh dilewatkan nih kalau sedang berada di Medan. Apalagi melihat foto Bukit Lawang dari atas, ini pun juga bisa jadi wishlist. Ah semoga dapat terwujud singgah ke sana

    BalasHapus
  13. Jadi inget naik bentor hujan-hujan sama teman aku di Medan, seru banget lho, kangen main ke sana lagi hihi!

    BalasHapus
  14. siap mba rien, makasih ya, bakal jd catatan krn sangat ingin sekali ke medan lewat jalur darat dari Bengkulu-Medan.

    BalasHapus
  15. Salah satu list saya nanti kalau berkesempatan ke Medan adalah ingin sholat di Masjid Raya Medan, ke Danau Toba, dan ke Taman Alam Lumbini. Tapi karena baca artikel mba, saya jadi ingin juga ke Air Terjun Sipiso-Piso dan Bukit Lawangnya. Indah banget

    BalasHapus
  16. Wah kesukaanku adalah kuliner dan keliling liat bangunan tua yang merupakan heritage. Hihihi, liat foto bangunan jadul malah jadi semangat sendiri. Kapan yaa bisa ke Medan.....

    BalasHapus
  17. Wah, ternyata banyak juga yang belum kulakukan saat main-main ke Medan. Next, setelah Covid kalau ke Medan lagi aku akan main-main ke bukit Lawang dan menyambangi Air Terjun Siposo-poso.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!