Baterai Besar dan 4 Kamera, realme 8 Seru Buat Hunting Foto Seharian

11.16

realme 8 Capture Infinity 64MP AI Squad Camera
realme 8 Capture Infinity 64MP AI Squad Camera

Bulan ini, tepatnya hari Rabu, tgl. 8 April 2021, realme Indonesia meluncurkan produk smartphone terbaru bertajuk Capture Infinity, yaitu realme 8 dan realme 8 Pro yang memiliki kamera beresolusi tinggi, baterai besar, dan Infinite Bold Design yang futuristic sebagai daya tarik utama. 

Buat aku yang hobi foto, gemar mencoba berbagai kamera untuk memotret apapun yang aku suka, entah untuk aktivitas traveling atau harian, kamera pada sebuah smartphone jadi bagian paling menyedot perhatian. 

Setelah kamera, baru deh baterainya. Soalnya, HP yang banyak dipakai buat motret, banyak makan daya, pasti perlu baterai besar, biar nggak dikit-dikit di-charge. Bolak-balik pakai powerbank, atau nyari sumber listrik itu bikin ribet lho.

Nah, bagaimana dengan realme 8 dan realme 8 pro, seperti apa kamera dan baterainya? Ini dia!

realme 8 pro merupakan smartphone pertama realme yang memiliki kamera utama 108MPSementara realme 8 membawa kamera utama beresolusi 64MP.

Kedua varian sama-sama hadir dengan kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP, dan BW 2MP. Bedanya, kamera pada realme 8 pro memiliki sensor Samsung ISOCELL HM2 dan resolusi maksimum 12.000 × 9.000.

Bila ditanya kepadaku maunya varian yang mana, jelas realme 8 pro. Tapi, di sini aku tidak hendak membahas realme 8 pro, karena yang aku miliki adalah varian realme 8 BUKAN PRO! *ngegas 😂😂

Tentang Kamera realme 8

realme 8 membawa kamera beresolusi 64MP yang menghadirkan berbagai peningkatan di mode foto dan video, sehingga memberikan penggunanya (terutama kalangan anak muda) kebebasan bereksplorasi yang tanpa batas melalui kamera.

Selain itu, realme 8 menjadi smartphone number series terbaru dari realme yang membawa trendsetting technology terbaru melalui kemampuan kameranya dan trendsetting design terbaru melalui desain yang lebih berani, fresh, unik dan pastinya lebih tipis.

Paduan antara 64MP AI Quad Camera dan Infinite Bold Design, menjadikan realme 8 sebagai smartphone paling stylish dengan performa terbaik di kelas menengah. 

Sektor kamera tetap menjadi fokus pada realme 8 yang sudah ditingkatkan dengan fitur kamera seperti Tilt-Shift Mode, Starry Mode, Dynamic Bokeh, AI Color Portrait, Neon Portrait dan Dual-view Video. 

realme 8 - warna Cyber Silver

realme 8 - 64MP AI Quad Camera 

realme 8 hadir dengan pengaturan kamera quad yang sangat jelas dan menjadi andalan, terdiri dari:

  • kamera utama 64MP 
  • sudut ultra lebar 8MP 119°
  • lensa makro 
  • dan lensa potret B&W.

✅ Kamera utama 64MP hadir dengan sensor ukuran super besar, bukaan f / 1.79 dan piksel super tinggi 64MP, mendukung Quad Bayer, ukuran piksel hingga 1.4μm. 

Jadi, kalau kita motret dengan kamera ini, bahkan dalam cahaya redup, gambar akan terlihat sangat cerah. Berikut hasil fotonya.

Hasil foto outdoor  kamera realme 8 - Mode "Photo" 1x  

Hasil foto indoor  kamera realme 8 - Mode "Photo" 1x  

 8MP lensa sudut ultra lebar 119°. Dengan apertur f/2.25, resolusi 8MP, kamera dapat mengambil gambar yang sempurna berkat lensa sudut ultra lebar dengan bidang pandang 119° ini. 

Cukup satu klik untuk beralih ke mode sudut lebar, memungkinkan kita untuk menangkap gambar lanskap, arsitektur, dan foto grup. 

Buat kita yang sedang pelesiran dengan rombongan, kan sering tuh ada sesi foto grup. Nah, biasanya yang motret sampai harus mundur-mundur biar semua orang in frame. Kalau pakai kamera wide angle gini, gak perlu repot atur posisi seribet itu. Biarkan kamera yang mempermudah hidup, eh, motret. 

Tidak ultra wide angle

Ultra Wide Angle 119°

 2MP lensa makro: Lensa ultra makro memungkinkan kita lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm saja.

Lensa Potret Hitam & Putih: Sistem filter warna baru yang memungkinkan lensa potret mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret. 

Hasil foto lensa makro realme 8

Fitur- fitur yang ada di kamera realme 8

Mode Tilt-Shift
Mode Tilt-shift dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur, menggunakan semacam ilusi optik mata manusia. Saat kita menatap objek yang sangat dekat dengan kita, latar depan dan latar belakang biasanya tidak fokus. Jika kita menambahkan efek pengaburan yang tepat pada gambar seperti itu, otak kita mengira kita sedang melihat lanskap miniatur yang sangat dekat dengan kita. Biasanya, efek buram ini dicapai dengan lensa tilt-shift yang mahal, yang membuat bagian foto menjadi jelas dan sebagian menjadi buram. Dengan algoritma fotografi tilt-shift pada realme 8 sekarang dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur yang ajaib. Tilt-shift Mode juga memungkinkan kita menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual. Kita dapat dengan mudah memilih dan menyesuaikan efek buram agar sesuai dengan pemandangannya.

Mode Starry
Mode Berbintang generasi kedua yang baru dan ditingkatkan pada realme 8 dapat mengoptimalkan proses pencitraan, memisahkan langkah pencerahan berbintang dari algoritme dan diproses oleh ISP di SoC, yang dipromosikan sebagai efek pencerahan yang pasti dan pengurangan kebisingan.

Neon Portrait
Mode ini membantu meningkatkan efek blur untuk menciptakan bidikan yang lebih "dreamy".

Dynamic Bokeh

Mode Bokeh Dinamis dapat digunakan untuk menyorot subjek dengan latar belakang yang bergerak-gerak, menciptakan kesan gerakan yang menarik.

Aku banyak mencoba menggunakan fitur ini. Hasil terbaiknya ketika aku berpose stabil (tidak bergerak) dan tidak memegang suatu benda karena akan terlhat aneh ketika tangaku seperti memegang sesuatu tapi barangnya tidak kelihatan. Contohnya seperti pada foto berikut, tas di tangan kananku "menghilang", hanya tersisa sedikit di rok.

Hasil foto kamera realme 8 - Mode Portrait menggunakan fitur Dynamic Bokeh (tas di tanganku hilang) 😅
 
Hasil foto kamera realme 8 - Mode Portrait menggunakan fitur Dynamic Bokeh

New AI Color Portrait

Dalam mode ini, orang diberi warna, dan latar belakang hitam putih. Caranya, ambil gambar, dan kita adalah protagonis unik. 

Algoritma Potret AI baru secara otomatis mendeteksi potret dalam berbagai skenario, dan mengoptimalkan bidikan yang sesuai. Pengguna dapat mengambil bidikan potret yang tampak alami dan hidup tanpa menggunakan mode khusus apa pun.  

Aku mencoba fitur ini beberapa kali, dan sekali lagi, bila aku memegang sesuatu (misalnya tas), jika posisi tas ini menjauh dari badan, warna tas akan mengalami perbedaan menjadi hitam putih, sedangkan yang  tersisa (menempel di badan), akan tampil sesuai warna aslinya. Seperti di foto berikut ini:

Hasil foto indoor kamera realme 8 - Mode Portrait menggunakan fitur New AI Color Portrait. Ada perbedaan pada warna tas yang dipegang. Adanya jarak antara saya dan tas akan membuat perbedaan pada warna.

Hasil foto semi indoor kamera realme 8 - Mode Portrait menggunakan fitur New AI Color Portrait. Berpose tanpa memegang barang, meminimalisir kejanggalan antara orang dan latar belakang. (in frame Alief - Onedox)

Hasil foto indoor kamera realme 8 - Mode Portrait menggunakan fitur New AI Color Portrait. Lebih dekat ke kamera, hasil foto AI Color Portrait ini terlihat sempurna (di mataku). (in frame: mas bojoku 😂)

Dual-view VideoFitur menyenangkan buat nge-vlog!

Fitur Video Dual-view merupakan fitur terbaru di smartphone realme. Fitur ini memungkinkan pengguna merekam dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita dapat mengambil berbagai video pendek yang kreatif dan menarik!

Fitur ini cocok buanget buat yang hobi ngevlog kayak aku! 

Kalau kalian pernah mampir dan nonton channelku di https://www.youtube.com/katerinas, kalian akan tahu, kalau aku tuh apa aja suka dijadikan video. Pergi belanja ke pasar saja jadi Video Pasar Modern BSDAtau ketika sedang jalan pagi keliling komplek bersama anak dan suami, jadi video Sepedaan di Komplek. Mama content creator emang gitu, ngonten terus di mana saja kapan saja #caelah 😁

Kalau videoan pakai kamera yang ada fitur dual-view video, jelas menyenangkan sekali! Kita bisa tampil dalam liputan kita tanpa harus mengubah kamera ke mode selfie. Jadi, kita tetap bisa rekaman dengan kamera belakang yang beresolusi tinggi. Akan beda sekali kalau kita merekam dengan kamera depan, biasanya muka dan badan kita akan mendominasi gambar (besar). Sedangkan dengan dual-view video ini, badan kita tidak makan tempat, liputan tempat atau acara utama tetap mendominasi frame

Kita bahkan bisa memindah posisi tampilan video kamera depan ke mana pun kita suka. Tinggal sentuh dan geser ke tempat yang kita inginkan. Nah, seperti ini dual -view video yang saya dapatkan dari kamera realme 8.

Informasi Penting Kamera Untuk Video. Seberapa stabil?

All-around Video Capabilities

Kamera depan dan belakang realme 8 mendukung banyak fitur video trendsetting dan menyenangkan,  sebagai berikut:

Kamera depan:

  • Perekaman video slo-mo 120fps / 1080P
  • Stabilisasi Video UIS

Kamera belakang:

  • Stabilisasi Video UIS
  • Stabilisasi Video UIS Max
  • Video Sudut Ultra Lebar
  • Mode Sinema
  • Perekaman video 4K / 30fps
  • Perekaman video slo-mo 1080P / 120fps, 720p / 240fps
Penasaran nggak seberapa stabil video yang direkam oleh kamera realme 8 ini? Soalnya sudah pakai UIS (Ultra Image Stabilization) dan UIS max (Ultra Image Stabilization Max), harusnya udah stabil dan nyaman ketika ditonton ya. Oke, langsung saja lihat videonya di channel aku berikut ini dan silakan nilai sendiri.


16MP In-display Selfie Camera

Kamera depan 16MP Ultra-clear memenuhi kebutuhan selfie terverifikasi dengan aperture f/2.45, mendukung mode kecantikan pintar, Efek Bokeh, dll. 

Secara khusus, algoritme kecantikan terbaru yang dikembangkan untuk jenis kelamin yang berbeda, jenis kulit yang berbeda, dan bentuk serta fitur wajah yang berbeda memungkinkan kita mengambil foto selfie yang menampilkan kulit alami dan lembut dengan mudah. 

realme 8 juga hadir dengan AI Beauty, Portrait Mode, dan Super Nightscape untuk memastikan setiap selfie tampil sempurna!

Hasil foto selfie realme 8 - 16MP selfie kamera

Baterai 5000mAh dengan 30W Dart Charge, 26 menit dapat mengisi 50% 

Selain kamera, hal penting lain yang kucari dari sebuah smartphone adalah baterai besar. Kenapa?

Karena.... Mama-mana milenial macam aku nih ya, ada banyak hal yang dilakukan di HP, sejak bangun tidur hingga mau tidur lagi. Dari aktivitas harian sebagai ibu rumah tangga yang mengurus keluarga, berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang, mengurus berbagai channel digital, hingga foto-foto, videoan, dan melakukan editing konten yang hendak dibuat, semuanya pakai HP.

Banyaknya aktivitas menggunakan HP, maka banyak pula daya yang terpakai. Kalau sedang di rumah, baterai habis bisa di-charge dengan mudah. Kalau sedang di luar rumah, bisa sih pakai powerbank, atau cari sumber listrik, numpang di kafe gitu, atau charge di mobil, tapi kan ribet bolak balik nge-charge. Makanya kalau ada HP dengan baterai besar, bisa kuat dan tahan lama, mengurangi keribetan ituuuh!

realme 8 hadir dengan Baterai 5000mAH yang lebih besar memberikan masa pakai baterai yang lebih lama dalam penggunaan sehari-hari. Baterai segini, udah oke banget buat mereka yang hobi main game di HP. Kalau bukan buat gaming macam aku, kebayang bakal hemat daya lebih lama. Jadi kalau dipakai buat foto-foto, nggak bakal ngerepotin. 

Siaga

Telepon

YouTube

Online Musik

Gaming

Masa Pakai

952 jam

43 jam

23 jam

98 jam

10 jam

30W Dart Charge + Baterai 5000mAh 

Dengan 30W Dart Charge yang ditingkatkan, baterai 5000mAh dapat diisi hingga 100% dalam 65 menit. Dan hanya dalam 26 menit, smartphone dapat mengisi hampir 50%. realme 8 juga mendukung pengisian daya 15W PD, membuatnya lebih serbaguna.

Algoritma pengisian daya yang dikembangkan untuk realme 8 mencakup lima lapisan perlindungan keamanan dan memberikan perlindungan keamanan tingkat perangkat keras untuk seluruh proses pengisian daya.

Baterai 5000mAh dengan 30W Dart Charge, 26 menit dapat mengisi 50% 

Layar dan Trendsetting Design. 6.4-inch (16.3cm) Super AMOLED Fullscreen & In-display Fingerprint

realme 8 dibekali layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci yang memungkinkan tampilan lebih cerah, dan karena setiap piksel pada layar dapat disesuaikan, efisiensi daya juga ditingkatkan. Dibandingkan dengan layar LCD, layat Super AMOLED dapat reproduksi warna yang lebih baik, kontras yang lebih tinggi, dan tampilan yang lebih realistis.

Berkat layar Super AMOLED-nya, realme 8 juga memiliki fitur Always-on Display, sehingga kita dapat melihat informasi penting dalam sekejap. Pada saat yang sama, layar Super AMOLED juga dilengkapi dengan sensor sidik jari dalam layar yang peka cahaya yang dapat dibuka dengan cepat. Dibandingkan dengan membuka kunci tombol, penempatan dalam tampilan terasa lebih alami dan menawarkan pengalaman yang lebih interaktif dan efisien.

Dari segi spesifikasi, layar Super AMOLED Samsung 6,4 inci ini mencapai resolusi Full HD dan tingkat sampling sentuh hingga 180Hz untuk daya tanggap yang lebih baik saat bermain game. realme 8 juga menyertakan mode sinar matahari hingga 1000nits untuk memastikan layar terlihat bahkan di bawah kondisi sinar matahari yang keras. Layar ini juga mendukung fungsi Peredupan seperti DC dan Mode Pelindung Mata, yang secara efektif mengurangi kelelahan mata.

Layar Super AMOLED Samsung 6,4 inci mencapai resolusi Full HD dan tingkat sampling sentuh hingga 180Hz 

Infinite Bold Design

realme 8 membawa bahasa desain Infinite Bold Design yang trendi dengan dua pilihan warna: Cyber Silver dan Cyber Black

Hal pertama yang dipikirkan banyak orang ketika mereka melihat desainnya adalah betapa kerennya si HP, membangkitkan gaya sci-fi, futuristik! 

Ini adalah pertama kalinya realme memperkenalkan desain yang terinspirasi digital ke produk smartphone. Smartphone ini dibuat melalui Split Design and Splicing Process untuk memberikan dunia digital bentuk visual.

Di sebelah kiri adalah dunia nyata seperti yang kita lihat, sedangkan di sebelah kanan adalah dunia digital yang misterius. Integrasi dinamis dari elemen-elemen ini merupakan perpaduan antara yang nyata dan ilusi dalam gaya visual yang menakjubkan.

Cyber Silver, kental dengan nuansa futuristik. Keren! Sayangnya, aku pribadi kurang suka dengan tulisan Dare to Leap yang sangat besar itu.

177g & 7.99mm Super Slim

Ramping dan ringan jadi fitur penting pada desain smartphone realme 8.

Di tanganku yang biasa menggunakan hp lain dengan bobot yang nggak ringan, jelas terasa berbeda sekali ketika memegang realme 8. Dengan berat 177g dan ketebalan kurang dari 8mm, realme 8 jelas terasa sangat ringan dan tipis.

RINGAN dan TIPIS. Berat 177g dan ketebalan kurang dari 8mm

Performa - MediaTek Helio G95

realme 8 mengadopsi prosesor gaming MediaTek Helio G95. 

MediaTek Helio G95 dirancang secara eksklusif untuk menjadi inti dari pengalaman gaming smartphone yang luar biasa. Prosesor ini dibuat dengan menggunakan proses 12nm, sehingga lebih bertenaga dan efisien. 

G95 juga dilengkapi dengan dua core Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan 900MHz Mali-G76GPU. Dengan kombinasi terbaru dari CPU, GPU, RAM super cepat, dan AI yang kuat, realme 8 menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pecinta mobile game.

realme 8 juga mendukung Sertifikasi Audio Resolusi Tinggi untuk memastikan pengalaman audiovisual berkualitas tinggi. 

Memiliki varian memori besar 8GB+128GB yang juga dilengkapi dengan slot 3 kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD (hingga 256GB).

Copper Liquid Cooling System

realme 8 dilengkapi dengan Sistem Pendingin Cairan Tembaga yang canggih. Dibandingkan dengan Sistem Pendingin Serat Karbon generasi sebelumnya, efisiensi pendinginan meningkat 14,4%, sehingga kinerja smartphone tetap cepat dengan suhu terjaga.

NFC Multifungsi 

Sambungan NFC yang ada pada realme 8 Pro memudahkan untuk terkoneksi dengan speaker Bluetooth dan aksesoris lain yang mendukung. 

Penggunaan NFC juga dapat dimaksimalkan untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik  menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung.

realme UI 2.0

Berdasarkan Android 11, realme UI 2.0 lebih cepat, lebih mulus, dan lebih aman. Salah satu OS yang paling dapat disesuaikan dan mulus di pasar dibuat untuk pengalaman yang sangat dipersonalisasi. Kreativitas, sosialistis, produktivitas adalah tiga pilar utama dari peningkatan baru pada realme UI 2.0.

100+ Opsi Personalisasi  

Sangat dapat disesuaikan adalah salah satu nilai jual utama realme UI 2.0, memungkinkan kita untuk memberikan permainan penuh kreativitas. Ini mendukung lebih dari 100 item yang dapat disesuaikan, termasuk Warna Tema Global, 3 Gaya Mode Gelap, Kustomisasi Ikon dan banyak lagi fitur menarik dan berguna.

Nyaman untuk Berbagi 

realme membuat beberapa fitur berbagi yang ramah untuk anak muda. Buat kamu yang menyukai musik, jangan lewatkan Mode Berbagi Musik Dual untuk berbagi trek favorit kamu saat ini dengan teman-temanmu. 

Dan realme Share yang kuat memungkinkan kita berbagi foto dengan teman dalam sekejap. Fitur subtitle stitching baru memungkinkan kita untuk berbagi film favorit dan kutipan favorit dengan mulus.

Perlindungan Privasi 

Pertam, terdapat Deepsea Privacy Plan yang luar biasa pada realme 8, yang akan memastikan bahwa data & informasi pribadi kita sangat aman dan terlindungi. 

Ruang Pribadi adalah tempat yang aman di mana kita dapat menyembunyikan aplikasi dan dokumen pribadi dan untuk lebih memperkuat keamanan, pintu masuknya disembunyikan dengan kata sandi.

Kedua adalah Perisai Keamanan. realme UI 2.0 sekarang menyediakan perisai pembayaran, sistem pemantauan izin aplikasi, pemblokiran situs palsu, dan akses ke fitur keamanan Android 11. Dengan semua fitur ini, kita dapat berbagi kreativitas tanpa mengkhawatirkan perlindungan data pribadi dan privasi.

Peningkatan Efisiensi 

realme telah meningkatkan kelancaran pada realme UI 2.0 secara signifikan, yang lebih kondusif untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Dengan menggunakan mesin fluida, realme UI 2.0 telah meningkatkan pemanfaatan sumber daya sistem sebesar 45%, peningkatan pemanfaatan sumber daya sistem sebesar 45%, yang menghasilkan peningkatan kecepatan sistem sebesar 32% dan peningkatan stabilitas frame rate sebesar 17% dibandingkan generasi sebelumnya.

realme juga telah meningkatkan kecepatan ketika membuka aplikasi, realme UI 2.0 yang menampilkan metode pra-peluncuran AI menjadi mempersingkat waktu 23,63% untuk peluncuran aplikasi. 

Itulah realme UI 2.0 baru, kesenangan tanpa batas bagi pengguna Gen Z.


realme 8 dijual secara resmi dengan harga Rp 3,599,000,-

Tersedia di Shopee, akulaku, dan realme.com

Bagaimana menurut kalian, worth it gak harga tersebut untuk fitur dan spesifikasi yang aku jelaskan di atas?

Trus, bagaimana kesanku setelah menggunakan realme 8?

Menurutku, fitur-fitur unik pada kameranya menyenangkan untuk digunakan. Aku cukup puas dengan hasil foto outdoor-nya, tidak mengecewakan untuk ditampilkan di galeri instagramku tanpa ribet harus editing macem-macem. Untuk videoan juga seru, terutama fitur dual-view video, sangat cocok untuk video liputan saat jalan-jalan, atau menghadiri suatu event yang menyenangkan. 

Ringan di genggaman. Baterai besarnya juga mantap. 

Teks "dare to leap" di body belakang terlalu besar, agak ganggu menurutku. HP seolah dipasangi sticker, mengurangi kesan elegan. Mungkin gak masalah buat anak muda, tapi buatku kurang nyaman dilihat.

Lumayan sering gagal memuat/menjalankan drama yang aku pilih saat membuka aplikasi Netflix, baik dalam kondisi internet stabil maupun tidak. Tapi jika sudah berhasil, tayangan drama bisa berjalan dengan lancar.

Export video dari aplikasi VN (video editor) tidak secepat dari HP lain yang biasa aku gunakan. Tapi tidak terlalu masalah, karena prosesnya tetap lancar, hanya perlu sedikit menambah sabar saja. 

Lainnya, semua oke, luar biasa.

Teman-teman bisa tonton juga ulasan ini dalam bentuk video di channelku berikut ini:

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

27 Comments

  1. Hasil maksimal untuk dokumentasi kegiatan dan ngonten rutin. Hasil jepretannya mantap, jernih dengan pixel tinggi, spesifikasi bagus.

    BalasHapus
  2. Masyaallahhh makin ke sini ponsel pintar makin canggih... cameranya gak diragukan lagi ini mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau cari kamera hp bagus, ini udah bagus lah pokoknya :D

      Hapus
  3. Memang kelebihannya di fitur kameranya ya Kak. Boleh jadi target inceran selanjutnya nih.

    BalasHapus
  4. Yang daku incer soal UIS nya si realme 8 dijelaskan lengkap di sini. Yes banget nih. Terlebih lagi spek yang sering dicari dari NFC dan ternyata udah G95 yang bakal bikin ngebut performa.

    Kalau untuk foto bokeh, daku suka dengan neon potraitnya karena rapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mode portrait udah pasti bokeh, tinggal pintar2 atur posisi pas motret :D

      Hapus
  5. Realme beneran deh perkembangannya pesat banget. Fitur kameranya kece abis. Ini mah cocok buat postingan instagram maupun blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, puaslah kalau cuma buat IG dan blog

      Hapus
  6. Omaygat, Mbak Rien meracuni saya, hiks

    Saya paling nggak bisa lihat kamera sebagus ini

    hasil makronya kerennnn.....

    Apalagi harganya terjangkau

    Jadinya gimana nih, beli laptop atau realme 8 ? :D

    BalasHapus
  7. suami dan adikku pengguna realme, Mba. Dan kebetulan suami pengen ganti handphoe, haruskan kurekomendasikan si realme 8 ini supaya diriku bisa ikutan menikmati kecanggihan kameranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya mbak, rekomendasikan realme 8 cocok :D

      Hapus
  8. Berat gak ma dari realme edisi sebelumnya? Aku juga sama kayak mba, kalo foto suka banget pakai mode Portrait. Wkwkwk. Pokoknya senang aja kalo belakang kita diblur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. realme ku lainnya Narzo 20 Pro.
      realme 8 ini ringan dan tipis.

      oh soal blur, mode portraitnya bisa dipakai buat itu.

      Hapus
  9. realme makin meningkatkan kepercayaan diri dikancah perandroitan ya. padahal produk baru. keren banget sih ini...
    kelebihan fitur2nya gila banget ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. merk lama, produknya ada aja yang baru :D
      Fitur kameranya unggulan banget lho kalo di sini

      Hapus
  10. HP sekarang banyak terkonsentrasi pada pengembangan kualitas foto ya Rien. Terutama untuk AI Color Portrait. Demi postingan berkualitas di sosial media. Apalagi ditambah dengan harga yang ramah di kantong. Pasti banyak yang minat. Layarnya juga lumayan lebar nih 6.4. Tapi tetap ringan. Biasanya disukai oleh para pecinta game.

    BalasHapus
  11. Fitur DUal View-nya nih jarang di gadget2 jaman now ya mbaaa
    masyaALLAH mbaaa, realme ini kok bikin mupeeng
    apalagi buat kreator konten, terwajib sihh punya gadget yg mumpuni.

    BalasHapus
  12. Bisa dual view video, jadi nggak usah ngulang ngambil video ya, buat bikin view kamera depan dan belakang. Sekali take video udah dapat keduanya.

    Realme 8 ini Ponsel idaman anak perempuanku mbak, sekarang dia pakai realme C11, pas lihat iklannya realme 8 ini dia langsung bilang pengen ganti hp. Hihi... saya suruh nabung dan sabar dulu

    BalasHapus
  13. Hasil fotonya jernih juga ya cakep banget ini Real Me..

    BalasHapus
  14. Harganya cukup terjangkau ya kak real me 8 ini....pastinya semua kalangan bisa memiliki. Cuma lumayan lah kalo memory 8GB bisa dipake

    BalasHapus
  15. Aku kalau mau bel8 hp pasti cek kualitas kamera dulu. Nah ini realme hasilnya keren2. Makro n selfie nya juga bagus. Itu yg bokeh bisa menghilangkan tas mba Rien ya..hehee

    BalasHapus
  16. Hasil jepretannya bagus ya,Mba. Saya pun suka cari smartphone yang punya kualitas kamera oke karena berfungsi untuk jepretan foto-foto saat traveling. Menariknya soal memory dan baterainya juga nih,mau dibawa jalan-jalan dengan banyak foto juga ga mikirin memorynya.

    BalasHapus
  17. woow aku suka dgn smua hasil jepretannya mbak
    efek bokehnya kece banget
    dengan spek mumpuni seperti ini, harga segitu cukup terjangkau ya mbak
    masih ramah dikantong

    BalasHapus
  18. keren ya skrg. kemampuan kamera handphone sudah bisa menyamakan kemampuan kamera DSLR

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!