Kapal HDPE Miliki Banyak Keunggulan, Salah Satunya Ramah Lingkungan

12.57
KAPAL HDPE RAMAH LINGKUNGAN - Produk ramah lingkungan merupakan produk yang diupayakan tidak berdampak negatif pada manusia dan lingkungan. Di masa kini, hampir tiap saat manusia diingatkan mengenai betapa pentingnya menjaga lingkungan sebagai tempat kita melangsungkan hidup. Banyak orang yang sadar kemudian tergerak melakukan aksi nyata, namun tak sedikit yang belum memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Lembaga pemerintah, non-pemerintah, dan industri sudah melakukan upaya memproduksi produk ramah lingkungan. Produk-produk tersebut bisa dijumpai di keseharian, misalnya produk rumah tangga seperti aneka barang elektronik hemat energi (AC, rice cooker, Kloset, Lampu, dll), kantong plastik degradable, kertas tissue, dan lain-lain. Bahkan, dunia fashion pun kini sudah membuat produk dengan konsep ramah lingkungan.

Industri kapal juga tak mau ketinggalan. Dengan menggunakan material HDPE, kini banyak kapal tangguh buatan anak bangsa dibuat dengan konsep ramah lingkungan. 

kapal patroli hdpe
KAPAL PATROLI HDPE  

Kapal HDPE 

Kapal HDPE merupakan kapal yang terbuat dari bahan HDPE (High Density Polyethylene).  

HDPE adalah bahan yang dikenal elastis, kuat, tahan benturan, tahan cuaca dan ramah lingkungan. HDPE diproduksi oleh industri petrokimia yang mengolah hidrokarbon (crude oil) yang menghasilkan produk nafta dan berlanjut menjadi HDPE. 

HDPE memiliki ketangguhan yang mumpuni sehingga ideal sebagai bahan pembuatan kapal. Aplikasi  penggunaan HDPE juga terdapat pada bumper mobil, pipa PDAM, dan road barrier.  

Dalam hal pembuatan kapal, ada sejumlah aspek yang harus jadi perhatian. Jika dikaitkan dengan aspek lingkungan dan manusia, pembuatan Kapal berbahan HDPE memiliki banyak keunggulan dibandingkan kapal yang terbuat dari bahan kayu, fiber, kayu kombinasi fiber, maupun aluminium.

Penggunaan bahan kayu pada kapal yang dilakukan secara terus menerus berdampak tidak baik terhadap kelestarian lingkungan. Ditambah bila penebangan kayu tidak disertai reboisasi yang benar. Lama-lama kayu akan habis dan menjadi langka, padahal menumbuhkan sebatang pohon butuh waktu puluhan tahun dan baru bisa dipanen setelah berumur 25-30 tahun. Pembuatan kapal tentu tidak bisa menunggu selama itu.

Saat kayu berkurang, industri kapal akan tersendat, padahal kebutuhan kapal dan perahu tidak pernah berhenti. Kayu-kayu yang tersisa akhirnya bernilai tinggi. Hal ini justru memberi peluang pada kelompok orang yang diam-diam melakukan pencurian dan akhirnya melakukan penebangan liar. 

Bahan fiber pun tak kalah berdampak pada kesehatan manusia. Pada saat pengerjaan, serbuk fiber dapat beterbangan mengenai pekerja maupun warga yang berada di sekitar lokasi pembuatan. Serat fiber mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan. Bila terjadi kontak dapat menyebabkan gatal di kulit, mata, hidung dan tenggorokan. Serat debu fiber yang terhirup dapat mengganggu saluran pernapasan, menyebabkan batuk dan mengeluarkan lendir berlebihan, kondisi ini disebut sebagai bronkitis. Kerusakan permanen pada paru-paru, atau kanker paru-paru bukan tak mungkin akan terjadi.

Oleh karena itu, pembuatan Kapal HDPE bisa menjadi solusi bijak dalam upaya menjaga manusia dan lingkungan.
kapal hdpe
Kapal Patroli HDPE di Raja Ampat

Kapal HDPE Ramah Lingkungan

Material HDPE merupakan material yang ramah lingkungan karena HDPE tidak bereaksi dengan zat kimia apapun. Dan apabila digunakan untuk menjadi Kapal HDPE, dimulai dari proses produksi sangat ramah lingkungan. 

Saat proses produksi, tidak terjadi pencemaran polusi udara dan debu seperti  yang terjadi apabila proses produksi kapal fiber. Selama proses produksi Kapal HDPE, pekerja tidak perlu menggunakan masker, karena tidak berbau sama sekali. 

Secara material usia HDPE bisa sampai 50 tahun. Ketika sudah menjadi Kapal HDPE, usia kapal bisa bertahan sampai 15 tahun. Setelahnya, HDPE bekas kapal tidak akan menjadi sampah karena dapat  di-recycle menjadi produk turunan lainnya.

Di Indonesia, Kapal HDPE ramah lingkungan diproduksi oleh PT. Iqra Visindo Teknologi.

Aplikasi penggunaan Kapal HDPE di antaranya untuk Ship Agencies, Diving Boat, Passenger Transportation, Harbour & Marina Services, Security, Health, Search and Rescue. 

Kapal HDPE PT Iqra Visindo Teknologi dapat dibuat sesuai pesanan. Sejauh ini, Kapal HDPE buatan PT Iqra Visindo Teknologi adalah kapal patroli HDPE yang digunakan oleh TNI AL, Korpolairud,  dan Sea Rider di Raja Ampat, Manokwari, dan Bintuni. 

Baca juga: Kapal HDPE, Solusi Unggul Transportasi Bahari Indonesia
kapal hdpe tahan lama
Kapal HDPE PT Iqra Visindo Teknologi hadir di Egypt Defence Expo 2-5 Desember 2018

Cintai Produk Lokal Ramah Lingkungan

Industri kapal HDPE oleh PT Iqra Visindo Teknologi didasari keprihatinan terhadap lingkungan yang semakin rusak serta keinginan untuk lebih peduli lagi terhadap konsumen dan lingkungan dengan memproduksi produk ramah lingkungan.

Di balik sifatnya yang ramah lingkungan, Kapal HDEP handal sebagai kapal ringan tapi kuat, tidak mudah bocor meski terkena tembakan senjata tajam, tidak mudah getas meski terkena sinar UV, tidak bereaksi meski terkena zat kimia, tidak mudah retak meski terjadi benturan, tidak menjadi sampah meski usianya sebagai kapal telah tamat, dan tidak tenggelam meski bila mengalami karam.

Dengan mengembangkan material selain fiber dan aluminium untuk membuat kapal, PT Iqra Visindo Teknologi menunjukan aksi nyata terhadap lingkungan. Selanjutnya ditunggu keberpihakan kita sebagai konsumen. 

Jika sekarang kita sudah mencintai produk-produk Indonesia, sekarang waktunya mencintai produk-produk ramah lingkungan Indonesia!

Share this

Wanita. Menikah. Kelahiran Palembang. Istri. Ibu 1 putra & 1 putri.

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon!