Wedang Beras Kencur Cinta, Kreasi Minuman Kesukaanku dan Suami

05.57
Herbadrink Beras Kencur
Ada kebiasaan yang saya sukai di tiap akhir pekan, yakni pergi berduaan dengan suami ke Granada Square dekat rumah yang senantiasa ramai oleh penjual aneka kuliner. Mau cari minuman tradisional hingga modern dan kekinian, atau cari makanan ringan hingga makanan berat yang mengenyangkan, semua ada. Nah, salah satu tempat favorit kami adalah tenda jajan Saung Bandung yang menjual minuman wedang dan sekoteng.

Saya dan suami memiliki kesamaan dalam soal minuman, sama-sama penggemar jamu. Mungkin ini juga ya yang bikin kami berjodoh hehe. Tentu saja, tak hanya di akhir pekan kami pergi untuk minum minuman rempah, hari-hari biasa di rumah pun kadang kami menikmatinya bersama anak-anak. Kalau beli di luar kadang untuk alasan berduaan saja sih, misalnya untuk malam mingguan ala anak muda 😄

Kami menyukai beberapa varian minuman rempah. Favorit kami minuman jahe, sereh, kunyit asem, dan beras kencur. Jika berupa wedang, biasanya ibu saya yang akan berkreasi. Misalnya, dibuat menjadi wedang jahe sereh, wedang bajigur, wedang ronde, dan wedang uwuh. Pada dasarnya minuman ini sama-sama dibuat hangat/panas, lalu ditambah topping sesuai nama wedang yang akan dibuat. 

Bila sedang senggang, tentu saja kami akan membuat sendiri dengan menggunakan bahan alami. Bila sedang sibuk, maka saya akan menggunakan minuman siap saji dalam bentuk bubuk seperti Herbadrink. Herbadrink terbuat dari bahan-bahan alami, dikemas secara modern, praktis, dan bisa dikreasikan menjadi bermacam olahan seperti wedang, bahkan puding, bila suka.

Minuman Beras Kencur, Hangat dan Menyegarkan

Beras Kencur merupakan salah satu minuman yang paling saya sukai. Dulu sewaktu saya kecil ibu penjual jamu langganan sering berkata kepada saya tentang khasiat Beras Kencur untuk menambah nafsu makan. 

Sampai saya besar, hal tersebut masih sering saya dengar, seolah itu saja manfaat yang bisa diambil dari Beras Kencur. Padahal, kombinasi beras dan kencur ini kaya dengan vitamin B yang tidak hanya dapat meningkatkan nafsu makan, tetapi juga menebalkan dinding lambung dan dapat menyembuhkan sakit maag.

Di dalam produk Herbadrink Beras Kencur terkandung komposisi ekstrak kencur 2.4 g, tepung beras 1.4 g, gula dan bahan lainnya hingga 18 g. Cara membuat minuman Herbadrink Beras Kencur sangat mudah, dengan melarutkan isi satu sachet Herbadrink ke dalam 1 gelas air panas atau dingin (kurang lebih 150 ml). Saya sendiri lebih suka disajikan panas, lebih nikmat, dan lebih terasa khasiatnya sebagai ramuan tradisional Indonesia.

Ada banyak varian produk Herbadrink yaitu Sari Jahe, Sari Temulawak, Chrysantemum, Beras Kencur, Lidah Buaya Sugar Free, Wedang Uwuh, Kunyit Asem, Kunyit Asem Sirih Madu, Sari Jahe Sugar Free, dan Sari Temulawak Sugar Free. Favorit saya Beras Kencur dan Sari Jahe

Produk Herbadrink tersebut bisa di dapatkan di minimarket dan supermarket. Nah, untuk varian Beras Kencur ini jarang ada di beberapa minimarket dekat rumah saya. Saya bisa mendapatkannya di supermarket seperti Giant, Superindo, dan Carefour. Herbadrink bisa juga dibeli online di konimexstore.com, Shopee, dan Tokopedia

Diminum beras kencur saja, atau diolah menjadi kreasi minuman wedang, tetap sama enaknya

Wedang Beras Kencur. Anda pernah mencobanya? Wedang adalah sebutan umum untuk minuman hangat tradisional yang terbuat dari air rebusan jahe dan gula aren. Namun, kesukaan saya pada Beras Kencur membuat saya tertarik untuk mencoba membuatnya menjadi wedang. Ternyata, enak kok. Yang penting, tambahan isi minuman tidak mengubah rasa asli dari beras kencur. 

Untuk membuat Herbadrink Beras Kencur saya cuma menambahkan roti tawar dan ronde. Kadang, roti tawar dan kacang tanah goreng. Di lain waktu kolang-kaling dan roti tawar. Topping tersebut saya tambahkan sesuai selera, dan seadanya bahan. Yang penting topping tidak kebanyakan supaya tidak mengubah rasa. 

Kreasi olahan Herbadrink Beras Kencur saya namakan Wedang Beras Kencur Cinta. Nama tersebut terinspirasi dari Ronde warna pink, warna cinta. Soal warna, nggak harus pink, bisa hijau pakai pewarna daun pandan, atau putih sesuai warna tepung beras. Nah berikut kreasi resep Wedang Beras Kencur Cinta, kesukaan saya.

Bahan-bahan :
1 sachet HerbaDrink Beras Kencur
150 ml air panas untuk menyeduh 
1 sendok makan kacang tanah sangrai, buang kulitnya 
1 lembar roti tawar potong dadu
5 biji ronde

Cara membuat:
1.Seduh 1 sachet Herbadrink Beras Kencur dengan air panas, tuang ke dalam mangkok berisi ronde yang sudah ditata
2.Tambahkan roti tawar sebagai topping
3.Taburi kacang tanah
4.Siap dinikmati selagi hangat

Isi wedang sesuaikan dengan selera. Kadang saya cuma menambahkan roti tawar, kadang dengan ronde dan kacang tanah, kadang dengan kolang-kaling saja, kadang tidak menambahkan apa-apa, murni Beras Kencur saja. Wedang Beras Kencur Cinta ini jadi minuman kesukaan saya dan suami. Saya menganggapnya sebagai minuman cinta, minuman yang menghangatkan rasa.

Wedang Beras Kencur CintaKreasi Olahan Beras Kencur

Nah, teman-teman pembaca. Itulah cerita saya tentang Herbadrink Beras Kencur. Minuman sehat ini membantu menyegarkan dan menghangatkan badan, apalagi di musim hujan dan berudara dingin seperti sekarang. Dengan kreasi olahan Beras Kencur menjadi wedang, saya mendapatkan cara enak minum Beras Kencur yang dapat saya nikmati berdua pasangan.

Anda boleh coba resep sederhana saya. Praktis dan sangat mudah membuatnya. Selamat mencoba ya :)

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon!