Main Bowling di Funworld Central Park Mall, Aktivitas Menyenangkan dan Menyehatkan di Akhir Pekan

Funworld Bowling Central Park Mall

Akhir pekan lalu, tepatnya hari Sabtu tgl. 12 November 2022, aku dan teman-temanku main bowling di Funworld Central Park Mall, Jakarta. 

Bowling merupakan permainan baru dan pertama dimiliki Funworld. Selain jadi satu-satunya yang dimiliki Funworld (untuk saat ini), juga jadi satu-satunya tempat main bowling yang ada di Central Park Mall.

Funworld Bowling Central Park Mall Ramah Keluarga

Di Jakarta, boleh jadi ada beberapa pilihan tempat bermain bowling. Tapi yang ramah keluarga, hanya ditawarkan dengan gembira oleh Funworld. 

Yup. Funworld memang sangat ramah keluarga, sekaligus ramah anak. 

Jika datang ke Funworld Central Park Mall dengan anak masih kecil hingga usia jelang remaja, mereka gak hanya menonton bapak dan ibunya main bowling, tapi juga bisa bermain. Sebab, di Funworld ada lebih dari 105 mesin permainan, di antaranya Soccer Stars, Strom Shoot, Redemption Machine, Pump It Up, Time Crisis, dan MT6RR. 

Begitupun sebaliknya, jika ortu sengaja mengajak anak bermain di Funworld Central Park Mall, mereka bisa sekalian bermain bowling. Jadi, semua bisa bermain.

Ada yang belum pernah berkunjung ke Funworld di Central Park Mall?

Bagi yang sudah sering berkunjung ke Central Park Mall tentu tahu ya kalau Funworld sudah lama ada di sana, yakni di lantai 2. Nah, yang di lantai 3 ini adalah outlet baru dengan konsep baru. Berikut adalah permainan yang ada di Funworld Central Park Mall:




Funworld Central Park Mall (Foto: Amanda Desty)

Manfaat Olahraga Bowling

Aku pernah dengar ada yang bilang olahraga bowling kurang diminati di Indonesia. Padahal, di negeri Paman Sam, olahraga bowling sangat terkenal. Apa benar bowling kurang diminati di sini (Indonesia)?

Ternyata, cukup diminati kok. Buktinya, di Jakarta saja ada 3 tempat main bowling favorit. Bahkan di Tangsel ada 2, salah satunya di BSD, di tempat aku tinggal. Tapi kenapa aku baru tahu? Ya karena memang gak pernah main, ga pernah tahu ada teman yang gemar bowling, dan ga pernah cari tahu juga info seputar bowling. 

Padahal bowling olahraga bagus lho. Dalam artikel kesehatan yang dimuat halodoc.com disebutkan bahwa olahraga bowling manfaatnya baik untuk fisik, dan juga mental. Karena itu, bowling bisa banget jadi salah satu pilihan yang tepat untuk berolahraga sekaligus hiburan keluarga.

Nah, pas aku tahu ada tempat main bowling di Central Park Mall, aku antusias untuk mencoba. Tentunya, sebagai pemula. Buat yang sudah pro, tentu recommended banget dong main bowling di Funworld Central Park Mall ini. 

Main bowling bareng teman

Main bowling bareng teman

Tempat bermain bowling di Funworld Central Park Mall

Mencoba hal baru selalu menyenangkan. Kayak main bowling di Funworld Central Park Mall ini, aku jadi tahu langkah-langkah untuk bermain bowlingnya gimana, rasanya seperti apa, dan hasilnya apa.

Funworld buka setiap hari mulai pukul 10.00 -  22.00 WIB. Pastikan datang pada jam buka. Kalau datang lebih pagi, itu namanya pegawai Funworld 😂

Tempat main bowling di Central Park Mall ada di lantai 3. Kita tinggal naik aja, bisa lewat lift atau eskalator. Kemarin aku naik lewat lift. Keluar lift langsung belok kiri, liat ke seberang, langsung keliatan Funworld, kita tinggal langkahkan kaki ke sana untuk masuk.

Kawasan Funworld di Central Park Mall ini terbilang luas. Arena main bowlingnya saja menempati hampir 50% luas Funworld. Letaknya di sebelah kanan, mudah kelihatan karena ada tulisan BOWLING dengan huruf berukuran besar warna silver. Di situlah tempat kita mulai untuk main.

Funworld Central Park Mall Lantai 3 (Foto: Hanum - jurnaland.com)

Tempat sewa sepatu Bowling Funworld (Foto: Katerina - dokumentasi pribadi)
 

Cara Bermain Bowling di Funworld Central Park

Pertama, kita mesti daftar dulu ke kasir untuk mendapatkan kartu bermain yang disebut Fun Card. Terdiri dari 3 jenis tipe kartu: Swipe Card, Tap Card, dan Tach Card. 

Kartu mana pun yang kita pilih harus diisi dulu (top-up) supaya bisa digunakan untuk bermain. Untuk kartu baru pengisian pertama senilai 100K. Setelahnya bisa 20K saja.

Yang membedakan ketiga kartu Fun Card adalah sistem pengoperasian setiap lokasi. Oleh sebab itu, ada beberapa lokasi yang berbeda untuk aplikasi kartunya. Hal tersebut sesuai regulasi yang ada di Funworld saat ini.

Untuk saldo yang terpakai hanya bisa berlaku di tempat top up saldo pada kartu saat itu, begitupun ticket yang terkumpul dan ingin di-insert ke dalam kartu, maka akan menjadi history tersimpan dan dapat ditukarkan dengan merchandise di lokasi yang sama. 

Untuk bermain bowling namanya Tach Card. Karena kartu baru, maka pengisian 100K, senilai 50 Goldie yang mana satu Goldie itu senilai 2K. Murah bukan main bowlingnya? Yoi 😎

FYI, Tach Card yang dibeli di Funworld Central Park Mall ini bisa dipakai di Funworld lokasi lain yang menggunakan sistem Tach Card. 

Kasir Funworld Central Park Mall Lantai 3 (Foto: Amanda - amandadesty.com)

Kartu untuk bermain bowling "Tach Card" (Foto: Katerina - dokumentasi pribadi)

Kedua, pergi ke tempat bermain bowling, mendaftar untuk main, lalu sewa sepatu GRATIS. Yak, Funworld sudah sedia sepatu khusus dengan ukuran bervariasi mulai 37 sampai 42. Tinggal pakai saja, asal jangan kabur dibawa pulang haha. 

Ada bangku dekat tempat penyewaan sepatu, khusus untuk tempat ganti sepatu. Jadi, gantinya di situ, jangan ndelosor di lantai yak, gak elok. Kalau udah pakai, simpan sepatu kita di tempat sewa sepatu tadi. 

Jangan lupa, pakai kaos kaki saat memakai sepatu untuk menjaga kebersihan kaki kita. Penggunaan sepatu sewa juga dimaksudkan agar area bermain bowling tetap bersih. Kalau pakai sepatu kita kan belum tentu bersih ya, karena abis dari luar. Bisa jadi ada pasir dan kotoran lainnya, dan bila ini terbawa ke tempat bermain bowling, dapat mempengaruhi kondisi tempat bermain.


Ketiga, mulai deh masuk arena bowling. 

Untuk diketahui, Funworld Bowling terdiri dari 8 Lane, yang setiap Lane dapat dimainkan maksimal 4 orang, sudah termasuk sewa sepatu. Aku kemarin main di lane 3, berdua Amanda. Ada 2 orang lainnya di lane 4.

Sistem bermain Funworld Bowling menggunakan sistem Tach Card, setiap pemain yang ingin bermain menggunakan Fun Card seperti saat mereka akan bermain mesin permainan lainnya.

Nah, untuk mulai bermain, kita mesti tapping Tach Card dulu di mesin permainan untuk memilih mau main berapa round dan berapa jumlah pemain. Kalau masih newbie, bisa minta tolong sama mbak petugasnya yang baik dan ramah banget itu, mereka mau bantuin kita sampai bisa mulai main.

 

Permainan Funworld Bowling terdiri dari beberapa kategori Rounds, yaitu: 3 Rounds, 6 Rounds, dan 10 Rounds. 

Kemarin aku pilih 6 Rounds dengan 3x Tap sebanyak 18 Goldie. Artinya aku cuma bayar Rp 36ribu udah bisa buat lempar bola sampe puas. Puasnya sih pas strike ya, liat pin pada rubuh girang banget 🤣 

Kalo belum strike penasaran pengen coba lagi dan lagi. Padahal pas coba lagi banyakan masuk paritnya daripada kena pin 🤣 Parit bowling, ada juga yang sebutnya gang. Kalau kata orang luar, gutter.

Puas, penasaran, girang, gregetan. Inilah rasa yang muncul ketika bermain, rasa yang membuat diri terhibur, dan pada akhirnya menjadi sesuatu yang menyenangkan.



Bola Bowling 

Perihal bola, dalam olahraga bowling menggunakan bola khusus yang digelindingkan untuk menjatuhkan pin yang disediakan. 

Standar bola bowling 14-16 pon (7-8 kg) untuk pria dewasa, dan bola 10-14 pon (5-7 kg) untuk wanita dewasa. 

Bola bowling yang tersedia di Funworld terdiri dari 6, 8, 10, dan 12 kg. Kita tinggal pakai bola sesuai dengan kemampuan angkat. Bolanya cantik-cantik. Kayak balon pesta, warna-warni mengkilat, bahkan kayak berpijar kena pantulan titik-titik cahaya lampu. Berasa kayak bukan sedang mau olahraga, tapi mau pesta haha 

Pas main, aku gak gitu merhatiin berat masing-masing bola yang ada di mesin bola. Mana yang ada aja, itu yang aku angkat. Awalnya kukira berat, eh ternyata biasa aja di tanganku. Mungkin karena udah biasa angkat beban hidup yak, makanya angkat bola hingga 12 kg mah gampil hahaha

Bola Bowling Funworld. Berat bola bowling di Funworld 6 ,8, 10, dan 12 Kg (Foto: Hanum - jurnaland.com)

Main Bowling Baik Untuk Kesehatan

Aku kemarin main bareng Amanda. Ngabisin 18 Goldie. Ternyata lama juga mainnya. Kukira bakal ada limit waktu gitu. Ternyata enggak. Main aja sepuasnya sampai abis rounds. 

Hasilnya? Ya keringatan haha. Dikira gak pake energi lempar bola? Pake dong. Ha ha. Setiap melempar bola udah pasti pakai gerakan tertentu dan berulang.

Itu kenapa, jika rutin bermain bowling, maka dapat manfaatnya. Dalam artikel kesehatan halodoc.com disebutkan, bermain bowling dapat mengencangkan dan memperkuat otot, menurunkan berat badan, mengurangi risiko kesehatan, melatih koordinasi tangan dan mata, jantung lebih sehat, bahkan membuat kesehatan mental jadi lebih baik. Karena, saat pergi bemain bowling kita bisa bertemu dengan orang banyak, misalnya teman dan sahabat, atau orang lain yang bikin kita memiliki koneksi baru. Cara ini dapat mengurangi rasa kesepian, menurunkan perasaan stres hingga depresi. 

Jika bermain bikin kita jadi gembira, lalu bertambah bahagia, kemungkinan memiliki umur yang lebih panjang bukan hal yang tak mungkin, ya nggak? 



Jangan Ragu Untuk Bermain, Kebersihan Funworld Terjaga

Mengenai standar kebersihan tempat bermain bowling, PT Funworld Prima dalam hal ini Funworld telah menerapkan peraturan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Jadi kita gak usah khawatir.

Dengan standar operasional yang ada para pegawai Funworld telah melakukan vaksin hingga tahap booster. Untuk standar kebersihan telah dilakukan secara berkala pagi hari sebelum jam operasional, disela-sela jam operasional, dan setelah jam operasional berakhir. 

Seluruh pegawai maupun pengunjung yang memasuki area bermain wajib menggunakan masker, diukur suhu tubuh,menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan di area pintu masuk area bermain, serta mengedepankan kondisi jaga jarak agar meminimalisir terjadinya penularan virus covid19. Serta para pegawai selalu mengingatkan para pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.


Cobalah bermain bowling. Mulai aja dulu. Sesekali. Kalau bisa rutin, tentu bagus. 

Main bowling rutin gak cuma menyehatkan badan, tapi juga menyenangkan hati. Bisa jadi cara asyik menikmati akhir pekan bersama keluarga! Bisa juga dengan teman-teman, di kapan pun waktu senggang, jadi cara asyik untuk bersua. 

Funworld Bowling Central Park Mall bisa jadi tujuan bermain bowling asyik dan menyenangkan di Jakarta.

Terima kasih FUNWORLD sudah bikin aku dan teman-temanku happy!

Kalau kamu, kapan akan main bowling di Funworld?

Funworld Bowling Central Park Mall
Lantai 3, Central Park Mall, Jakarta
Buka Pukul 10.00 - 22.00 WIB
Instagram @funworld

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion

Leave your message here, I will reply it soon!