Pengalaman Menginap di Clove Garden Hotel & Residence Bandung

23.56

Clove Garden Hotel & Residence menawarkan suasana berlibur setiap hari. Terletak di dataran tinggi Bandung, hotel bintang empat ini menyuguhkan pemandangan Kota Bandung dari ketinggian, barisan punggung perbukitan, matahari terbenam, matahari terbit, hutan alam yang asri, serta udara sejuk setiap saat. Keunggulan inilah yang menjadi daya tarik hotel sehingga membuat keluarga kami ingin berkunjung untuk menikmati akhir pekan pada tanggal 8 – 10 April lalu.
 

Melaju santai di jalan Tol Purbaleunyi 

Bandung sebenarnya bukan daerah yang asing bagi saya karena kota ini sudah sering jadi tujuan keluarga kami untuk berlibur. Ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi di Bandung, juga pilihan penginapan yang bisa kami tempati. Namun, tatkala hendak menyambangi daerah Awiligar, tempat di mana Clove Garden berada, di sana barulah saya merasa gagap lokasi. Dimanakah Clove Garden Hotel dan Residence sebenarnya berada dan bagaimana cara mencapainya?  Berkat bantuan Mas Yudha (marcomm Clove Garden), akhirnya saya mendapat petunjuk mengenai arah dari Jakarta menuju Awiligar Bandung.
 

Setelah 4 jam perjalanan sampai juga di Bandung

Kami berangkat Jumat pagi (8/4/2016) dengan membawa kendaraan pribadi. Perjalanan memakan waktu sekitar empat setengah jam, lebih disebabkan kemacetan di beberapa gerbang tol yang kami lewati dari BSD hingga Bekasi. Ditambah waktu istirahat untuk makan siang dan suami salat Jumat di Masjid At-Taubah  Rest Area KM 57 tol Jakarta-Cikampek. Sekitar satu setengah jam kami di sini. Karena itu perjalanan ke Bandung jadi lama.
 

Kota Bandung seusai diguyur hujan lebat
Pukul 13.30 kami sudah di Bandung. Setelah keluar dari tol Pasteur, kami ambil arah ke jalan layang Pasupati. Dari sana lurus terus sampai ke jalan Surapati. Setelah Kantor Imigrasi Klas 1 Bandung ada perempatan, kami belok kiri ambil jalan ke arah Taman Makam Pahlawan. Dari sana jalan lurus sampai mentok, lalu belok kiri. Sekitar 1 km kemudian ada Alfamart di sebelah kanan, di sebelahnya ada jalan belok kanan, namanya Jalan Cukangkawung. Kami masuk ke jalan tersebut, lalu melaju ke arah atas (menanjak) sampai ke Awiligar. 

Hotel Clove terletak di Jalan Awiligar Raya 1 No. 2. Hotelnya di sebelah kiri jalan. Mudah dicapai kok. Jalannya biasa saja, tidak sulit. Ada yang bilang jalannya parah. Mungkin yang dimaksud jika datang dari arah Dago Pakar. Dari sana memang kurang bagus. Saya sempat menanyakan soal akses ini ke pihak hotel (Bp. Sanov). Menurut mereka saat ini jalan tersebut sedang dalam perbaikan (seperti yang saya lihat), dan ke depannya akan menggunakan aspal.
 

Sampai juga di Awiligar...

Kunjungan Perdana di Clove Garden
Kesan pertama saya sudah muncul sejak menjalin komunikasi via email dengan Pak Sanov (Direktur Marketing Clove Garden Hotel & Residence) sekitar seminggu sebelum kunjungan. Tanggapan beliau cepat dan responsif, termasuk menanyakan jumlah anggota keluarga yang dibawa, smooking room atau tidak, akan kulineran di luar hotel/tidak. Personal touch seperti ini yang bernilai di mata saya sebagai tamu hotel.

Kedatangan saya di lobi hotel disambut dengan ramah dan dilayani resepsionis dengan tangkas. Kejutannya, kami juga disambut oleh Pak Andi R. (General Manager Clove Garden). Lobi hotel bernuansa futuristik dengan aksen abu-abu pada sofa dan keramik lantai. Terdapat empat kursi logam warna hitam di depan meja resepsionis sehingga tamu bisa duduk selama menunggu proses check-in maupun check-out. Di tengah lobi terdapat tiang kayu dengan desainnya yang unik, menjulang hingga menyentuh plafon. Tiang ini dikelilingi oleh sofa untuk tamu. Bersandar pada dinding lobi, terdapat meja kayu yang diatasnya dipenuhi snack tradisional berupa aneka keripik pisang dan singkong yang dapat dibeli jika suka. Unik!
 

tamu sedang check-in


bangku-bangku di lobi


pojok snack di lobi


menjulang di tengah lobi :D

Di sebelah lobi terdapat restoran yang menempati area antara dua tower hotel sehingga sangat terbuka dan dapat terlihat dari lantai delapan. Di bagian luar lobi utama terdapat lobi transit. Di sini terdapat Coffee Shop Eugene The Goat. Tampak cozy dan asri dengan banyaknya aksen tanaman hias dan hydroponic di sisi luar yang menghadap barat. Duduk di kafe ini bisa sambil menikmati pemandangan lembah. Kafe Eugene masih di bawah manajemen yang sama dengan Clove Garden Hotel & Residence yaitu Willson Hospitality.
 

Executive Suite

Room Experience: Executive Suite ( 2 Room w/ Private Jacuzzi)
Kami sekeluarga tinggal di kamar tipe Executive Suite yang terletak di lantai satu. Hotel ini berada di perbukitan, karena itulah bangunannya menyesuaikan kondisi tanah. Jika letak lobi ada di lantai 2, maka kamar kami turun satu lantai (di lereng bukit). 

Saat kamar dibuka, saya mendapat kejutan. Ternyata Executive Suite serupa apartemen, punya dua kamar di dalamnya. Satu kamar dengan kamar mandi di dalam, satu kamar dengan kamar mandi di luar. Selain dua buah kamar, tersedia juga ruang duduk keluarga yang nyaman. Tak ketinggalan dapur kering yang dilengkapi dengan peralatan makan, microwave, wastafel, kulkas dan pemasak air untuk membuat minuman. 


Executive suite mempunyai 2 buah kamar, dapur, dan ruang duduk

Jendela di salah satu kamar menghadap ke taman dan lembah

Ada satu kejutan lagi yang lebih istimewa hadir dari Executive Suite yaitu Private Jacuzzi!

Ya, inilah fasilitas yang hanya dimiliki oleh kamar tipe paling top di hotel ini. Sebuah jacuzzi modern dengan tombol sentuh yang dapat digunakan untuk memilih musik yang ingin di dengar saat berendam, pengatur suhu air, pengatur lampu yang dapat menimbulkan efek air berwarna-warni di dalam jacuzzi. 

Handuk berbagai ukuran, sabun, samphoo, hingga lotion pun sudah disediakan di ruang jacuzzi. Yang tak kalah menarik, dari jendela kacanya yang transparan, kita bisa berendam sambil menikmati pemandangan taman dan lembah yang ada di luar jendela. Tidak usah khawatir ada yang melihat karena di luar kamar itu tidak ada pemukiman atau pun akses untuk orang lain lalu lalang sambil melihat ke dalam. Tapi jika masih khawatir, tinggal turunkan saja krei sampai jendela kaca tertutup rapat dan tak terlihat dari luar.
Private Jacuzzi
Jacuzzi dengan desain futuristik

Udara dalam kamar seluas 87sqm ini terasa bersih dan segar. Masing-masing ranjang di kedua kamarnya amat empuk dengan enam bantal ukuran berbeda (dua yang lebih kecil bisa dijadikan guling). Komplimen yang saya terima di dalam kamar mencakup buah-buahan dan minuman jus buah jambu. Segar dan sehat!

Sebagai blogger yang aktif bersosial media dan tentunya memegang banyak gadget (ponsel/tablet/laptop/kamera DSLR/power bank) tentu yang selanjutnya saya cari adalah Power outlet. Jumlahnya banyak! Total ada empat di dalam tiap kamar. Dua kamar berarti ada delapan. Plus satu di kamar mandi dan dua di dapur.

Wifi connection. FAST & FREE! Saya bahagia bisa cek blog sambil update status di semua akun sosmed. Suami pun gembira bisa terus online memantau pekerjaannya di kantor.

Saat masuk kamar disambut buah-buahan dan minuman buah segar ini

Kelengkapan lainnya:
Pendingin udara. AC ada di ruang duduk dan ada di tiap kamar. Masing-masing dengan tombol pengatur layar sentuh yang terpasang permanent di dinding. Bisa dihidupkan, dimatikan ataupun diatur sendiri suhunya (tidak sentral). Total ada 3 AC.
Plasma TV. Ukuran 32 inci dengan puluhan channel. Terdapat di tiap kamar. Total ada 2 TV dalam kamar Executive Suite ini.
Mini hot water dispenser. Ada pilihan kopi, teh, krimer, gula pasir, brown sugar, hingga pemanis rendah kalori. Lengkap! Bahkan kemasannya terlihat indah dengan logo Clove Garden.
Air mineral. Ada 4 botol sekaligus, kemasannya pun khusus dibuat untuk Clove Garden.
 




Selain itu ada pula meja yang terletak di antara dapur dan ruang duduk yang dapat berfungsi sebagai meja makan. Meja inilah yang kami gunakan untuk makan makanan yang kami pesan dari room service.

Di tiap kamar ada meja kerja yang nyaman dan terang. Sebuah lemari terbuka (tanpa pintu) di dekat pintu kamar mandi mencakup beberapa buah hanger di dalamnya. Sebuah kimono mandi tergantung di dalamnya. Safe deposit box pun terselip di sana.




Rak baju model terbuka & meja kerja yang nyaman


Saya senang sekali melihat slipper tersedia dua pasang. Slipper ini mesti 'dirakit' dulu agar bisa digunakan. Bentuknya masih rata, belum seperti slipper pada umumnya. Ada bagian mesti ditarik dan dikaitkan, setelah itu baru jadi dan bisa dipakai. Bentuknya mirip sandal jepit :D

Bagaimana halnya dengan kamar mandi? Terdapat wastafel berukuran agak kecil (but that’s not a problem at all), toiletries lengkap dimana sabun dan shampoo-nya bisa saya gunakan (saya termasuk selektif untuk urusan ini), kloset duduk, dan shower dengan keran air panas & dingin yang berfungsi baik. Handuk yang tersedia cukup lembut dan harum.




Dine Experience
Selama 3 hari 2 malam menginap di Clove Garden Hotel & Residence kami sekeluarga tidak keluar hotel sama sekali. Tidak kulineran di luar hotel, tapi tidak pula makan di Verbana Restaurant yang ada di hotel. Kami lebih banyak menghabiskan waktu dengan bersantai di kamar. Untuk urusan makan kami lakukan dengan memesan makanan melalui room service. 

Di kamar ada daftar menu, berisi nama-nama makanan yang cocok di lidah kami orang dewasa dan juga untuk anak. Mulai dari pasta, burger, sandwich, ayam goreng, hingga aneka olahan pisang yang digoreng dengan bermacam topping. Untuk menu tradisional tersedia sop buntut, iga bakar, soto, nasi goreng, nasi bakar, ayam bakar, mi kuah/goreng, sop ayam, gado-gado, hingga tom yam. Semua menu kami coba di beberapa waktu, baik saat makan malam maupun makan siang. Alhamdulillah tak ada yang mengecewakan. Porsi maupun cita rasa cukup memuaskan. Sesuai dengan harapan lidah dan perut he he. Harga mulai dari Rp 17 ribu hingga Rp 77 ribu belum termasuk tax & service 21%. 


Room service

Nasi Goreng Awiligar dan Ayam Bakar

Sop buntut kuah, soto betawi, club sandwich

Tomyam, Mie Kuah, Fish n Chip, Pisang Goreng, Jus Jambu.

Breakfast Ala Buffet

Saya gembira karena Verbana Restaurant menyediakan infused water dan minuman tradisional jamu, sesuatu yang jarang saya temui di hotel sejenis. Selain itu tentu ada minuman lain seperti air putih, teh, kopi, sari buah, hingga susu. Hidangan pun beragam, mulai salad, aneka pastry, nasi goreng, mie goreng, dll. Menu sarapan kesukaan saya: salad buah & sayur, bubur ayam, dan omeletnya yang disajikan fresh. Untuk minumannya, jamu kunyit beras kencur paling favorit. Tiap sarapan, saya pasti minum ini. 

Sarapan di Verbana Restaurant

Minuman buah + sayur pesananku sedang dibuat :D

Sarapan Bubur ayam + Omelet + Minuman Jamu

Minuman kesukaan lainnya adalah jus sawi+wortel+lemon tanpa gula. Untuk mendapatkan minuman ini saya mesti datang ke pojok minuman. Saya pesan, langsung dibuatkan, tunggu sebentar, minuman jadi, baru saya bawa ke meja. Waktu sarapan mulai dari pukul 7 – 10 WIB. Di hari ketiga, saya agak telat sarapan karena lama menunggu anak berenang. Jam 9 saya dihubungi, ditanya apakah saya sudah sarapan. Hal kecil seperti ini berarti bagi saya, karena ada perhatian yang ditunjukkan kepada saya sebagai tamu.  

Pojok Jamu - Hotel memberdayakan masyarakat sekitar hotel

Jamu favorit: Beras kencur + kunyit :D

Minuman sehat di pagi hari: Jus sawi+wortel+lemon kesukaan suami & Jus wortel+susu kesukaan anak

Fasilitas
Coffee Shop Eugene The Goat. Kafe ini terletak di lobi transit. Tempatnya asik buat nongkrong. Konsepnya kafe tanpa sekat. Punya view ke lembah dan perbukitan di seberang. Untuk ngobrol, bersantai, atau bertemu kawan enak di sini. Udara di sini sangat sejuk. Apalagi ada kebun hydroponic di pojoknya, bikin segar mata. Seusai sarapan, saya dan keluarga biasanya duduk-duduk di sini. Mulai dari sekedar menikmati suasana, sampai bercengkrama dan foto-foto gembira. 


Coffee Shop Eugene The Goat

outdoor
Pojok favoritku

Setiap tamu punya akses menggunakan fasilitas hotel, seperti gym center & swimming pool. Bagi penggemar fotografi, boleh naik ke rooftop di kedua tower hotel, baik sky garden maupun sky lounge. Dari kedua tempat ini bisa memotret pemandangan kota Bandung, hutan alam yang di baliknya ada Pindad, serta pegunungan dan perbukitan.

Tersedia 2 meeting room di lantai 2 untuk 300 pax. Letaknya di tower pertama dekat lobi, satunya lagi di tower kedua yang berada di sisi atas kolam renang.
 

Kolam renang anak (air hangat) & kolam renang dewasa

Jogging track dan tempat yoga
Ballroom *foto Clove Garden Hotel & Residence

Room Type

Tipe kamar terdiri dari 97 unit tipe Deluxe (21sqm), 4 unit Studio Deluxe (28sqm), 9 unit Deluxe Suite (32sqm), 32 unit Junior Suite (43sqm), dan 4 unit Executive Suite (43sqm). Harga mulai dari Rp 480 ribu – Rp 1.980.000 untuk weekdays, dan Rp 550 ribu – Rp 2.280.000 untuk weekend.


Bagi yang ingin menggelar pesta pernikahan, Clove Garden Hotel & Residence menawarkan dua paket menarik senilai Rp 46 juta net dan Rp 59 juta net untuk minimum 300 person of buffet order. Paket Green Forest Rp75.900.000, dan paket GH Universal Rp 79.500.000,- Di hotel terdapat sebuah tempat yang disebut Gua Cinta dan Jembatan Cinta. Ini adalah tempat yang bisa dipakai untuk acara wedding. Sewaktu saya lihat penampakannya biasa, tapi kalau sudah disulap untuk acara pesta, akan terlihat luar biasa. Di depannya ada taman, biasanya dijadikan untuk acara pesta dengan konsep garden party. Yang menarik, ada hidrolik untuk menurunkan pengantin wanita dari lantai atas ke lantai bawah (gua cinta). Dari tempat turunnya hidrolik, pengantin akan berjalan melewati jembatan cinta, sementara pengantin prianya menunggu di ujung jembatan. Begitu settingannya. So sweet ya! 


Gua cinta dan Jembatan cinta

Taman di bawah itu bisa digunakan untuk acara tim atau pun garden party (ultah/wedding)

Kuliner dan Wisata di sekitar Clove Garden
  • Hotel berlokasi tidak jauh dari Dago Pakar yang memiliki banyak pilihan tempat kuliner seperti Warung Lela, Warung Nasi Inul dll.
  • Factory Outlet Rafles City, Blossom dll
  • Mountain View Golf CLub – 1.7 KM
  • Taman Hutan Raya – 6.3 KM
  • Saung Angklung Udjo – 5,9 KM
  • Dago Shopping Area (FO) – 6 KM
  • Cihampelas Shopping Area – 7,1 KM
  • Gedung Sate – 5 KM
  • Trans Studio Bandung – 9,6 KM
  • ITB / Sasana Budaya Ganesha – 7 KM
  • Riau Shopping Area – 6,2 KM
  • Pusdai – 6,1 KM

Tempat belanja terdekat *foto Clove Garden Hotel & Residence
Kuliner di sekitar hotel
*foto Clove Garden Hotel & Residence*
 

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan selama menginap di Clove Garden Hotel & Residence
Nah, hal ini akan saya ceritakan pada tulisan berikutnya. Mulai dari berenang di kolam air panas (bukan air mendidih lho ya hehe), kelas yoga, kelas hidroponik, coffee class, hingga Sunday Running ke arah atas bukit. Seru pokoknya. Sarana bermain dan berlibur untuk anak memadai, untuk kami para orang tua juga lengkap banget. Ditambah suasananya yang masih alami banget, bikin betah dan enggan pulang. Seperti apa cerita selanjutnya? Nantikan pada postingan berikutnya.


View kota Bandung

What I Say
Bagi saya keunggulan Clove Garden Hotel & Residence adalah suasana alamnya, pelayanan prima, serta fasilitasnya yang juara. Saya sangat suka dengan private jacuzzi-nya. Cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga sambil tetap memantau dunia dalam jaringan. Jadi, sudah memutuskan untuk hotel experience bersama Clove Garden Hotel & Residence? 
 

Pemandangan dari Sky Garden

Pemandangan dari Sky Lounge

Clove Garden Hotel & Residence
Jl Awiligar Raya 2 Bandung – West Java Indonesia
Phone. +62 22 8252 6363
Fax. +62 22 8252 6262
Email: reservation@clovegardenhotel.com
Facebook: Clove Garden Hotel & Residence
Twitter: @Clovegarden_BDG
Instagram: @Clovegardenhotelbandung



Baca yang ini juga yuk :)
- Menginap di Star Hotel Semarang, Menikmati Kolam Renang Tertinggi di Indonesia 
- Hotel Padma Bandung, Everyday is Holiday
- Watu Dodol, The Best Sea View Resort
- Bermalam di Suite Room Atria Hotel Gading Serpong
- Atria Residences Gading Serpong, Apartemen Rasa Hotel
- Pop Hotel, Murah dan Ramah Lingkungan 
- Omah Akas, Penginapan Berbasis Syariah di Bandar Lampung 
 

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

23 comments

Write comments
20 April 2016 08.35 delete

Waaaah... keren pisan mbak Rien... jaccuzinya keliatan nyaman banget buat berendam ya.. Abis perjalanan Jakarta-Bandung, sampe di Clove langsung berendam. Hmmmm....

Trus minuman jamu + jus buah segar itu enak banget. Aku bisa betah nih kalo nginep di sini. Apalagi Lala.. bisa-bisa gak mau pulang dia nanti :)

Reply
avatar
20 April 2016 09.22 delete

Aku juga naksirr private jacuzzinya, bisa berendam bareng keluarga setelah menempuh perjalanan yang jauh.
Emang enak dan seneng kalo nginap di hotel yang full facilty, jadi ga bingung cari hiburan di luar. Konsep hotel-hotel kekinian sekarang adalah bukan sekedar tempat menginap ya Mbak.

Reply
avatar
20 April 2016 09.35 delete

Wuiihhh ini dia cerita jacuzy unik itu. Penasaran ama jacuzy transparannya. Lengkap banget reviewnya

Reply
avatar
20 April 2016 09.37 delete

Kalau ada privat jacuzzi gtu, bakal berendam lama2 hahaha.

Deket sama tempat belanja dan wisata juga, ya, hotel ini ternyata :D

Reply
avatar
20 April 2016 12.08 delete

Jacuzzi itu bikin rasa lelah setelah jalan dari Jkt-Bandung langsung ilang mbak :D

Bukan Lala saja yang bakal betah, bapak ibunya juga kali :D

Reply
avatar
20 April 2016 12.11 delete

Yup betul, bukan sekedar bermalam, tapi berlibur.
Apalagi didukung suasana alam yang indah, makin kerasan :)

Reply
avatar
20 April 2016 12.12 delete

Haha jacuzzi-nya nggak transparan mbak, jendelanya saja.
Kalo mbak Maya berendam sekeluarga muat nggak ya? haha

Reply
avatar
20 April 2016 12.14 delete

Berendam sampai melar :D

Ya cukup dekat, paling jadi jauh kalau ketemu macet di kota :D

Reply
avatar
20 April 2016 12.20 delete

Aduuh, makin gk sabar kepingin ke sana. Whoaaa.. Jacuzzi ituuuhh. Oaoaaaa

Reply
avatar
20 April 2016 13.24 delete

Tempatnya asyik buat liburan bareng keluarga. Mbak Noe kapan ke Clove?

Reply
avatar
20 April 2016 16.55 delete

Hotel kelas atas dengan pelayanan maksimal ya Mbak :hehe. Fotonya bagus-bagus, saya tumben melihat jalan tol Purbaleunyi dengan kontur dan kelokan seperti itu, keren sekali. Saya baru dengar ada Jalan Awiligar dan sepertinya lingkungan di sana masih sangat asri, posisi Bandung yang di perbukitan memang sangat mendukung untuk view yang unik dan sejuk :)).

Reply
avatar
20 April 2016 21.04 delete

Waah.. Keliatannya nyaman banget ya mba ^^ kalau untuk tipe yang dibawah executive apa aja yang didapat ya mba?

Reply
avatar
21 April 2016 05.06 delete

Wah ini mah bener-bener hotel yang bikin lupa pulang
Kalau selengkap dan semewah ini fasilitasnya, udahlah memang gak perlu kemana-mana sama sekali
Cukup jelajahi dan nikmati semua fasilitasnya. Puaaaaas

Reply
avatar
21 April 2016 07.00 delete

kebetulan bngt lagi diketiran jawa ini, boleh lah mampir nyobaik pizza itu, makasih udah diinformasi

Reply
avatar
22 April 2016 08.03 delete

Terima kasih Mas Gara. Saya pun baru kemarin tahu Awiligar, ternyata di puncak, daerah pegunungan yang sejuk dan indah. Bandung punya banyak pesona bagi warga Jabodetabek seperti saya yang tiap harinya ga bisa lihat gunung dan merasakan udara sejuk seperti di Awiligar...

Reply
avatar
22 April 2016 08.04 delete

Semua dapat kecuali fasilitas jacuzzi...

Reply
avatar
22 April 2016 08.05 delete

Tiga hari dua malam nginap di sini, kami ga kemana-mana tapi puas banget. Weekend enak kemari mbak...

Reply
avatar
28 April 2016 10.14 delete

jacuzzi-nyaaaaa huwaaaa kalo nginep sini pasti udah malesm kemana-mana laaahh :D

Reply
avatar
18 Agustus 2016 21.43 delete

wuuuih mahal ini mba, ga sanggup saya hehehe

Reply
avatar
21 November 2016 23.20 delete

Kemarin melakukan pemesanannya dimana mba? Thx

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon