Cara Menemukan Domain Expired

19.05

Cara Menemukan Domain Expired - Expired domain banyak digunakan untuk monetisasi blog, tanpa harus khawatir dengan domain yang dioptimasi itu sendiri, baik dari Backlink, Page Authority maupun Domain Authority. Sudahkah teman-teman melihat/mencari tahu tentang domain yang kedaluwarsa? 


Bagi seorang blogger pemula tentunya tidak tahu apa itu domain expired, drop dan delete. Domain Expired banyak digunakan untuk monetisasi blog, tanpa harus khawatir dengan optimasi domain itu sendiri, baik dari Backlink, Page Authority maupun Domain Authority atau biasa disebut PA dan DA. 

PA dan DA memiliki nilai 1-100, semakin tinggi PA dan DA maka semakin bagus kualitas blognya. Teman-teman bisa mengecek PA dan DA masing-masing domain di Page One, tentunya semua domain tersebut memiliki PA dan DA yang tinggi. DA adalah mengapa pemutar domain kedaluwarsa. 

Ini adalah kompetisi mencari expired domain dengan PA dan DA serta backlink tinggi agar artikel bisa dengan mudah berada di Page One mesin pencari Google. Lalu bagaimana cara menemukan expired domain dengan kualitas tinggi? Jangan khawatir, di sini saya akan memberikan 4 cara mencari expired domain dengan kualitas bagus dan mudah dioptimasi.

Pengertian Expired Domain

Expired domain adalah nama domain yang tidak diperpanjang oleh pemiliknya setelah memasuki masa kadaluarsa. Kalau domain baru biasanya bisa dibeli di hosting dan penyedia layanan domain, Indoworx misalnya. 

Sedangkan expired domain bisa didapatkan dengan melalui lelang yang diadakan oleh register. Dan kita mungkin juga harus membayar harga yang lebih tinggi daripada membeli domain baru. Expired domain juga bisa disamakan dengan domain bekas. 

Meski begitu, ternyata ada sebagian orang yang lebih memilih membeli domain expired daripada domain baru. Menurut mereka, ada banyak keuntungan membeli domain bekas, salah satunya adalah tidak perlu membangun popularitas domain dari awal. 

Domain yang kadaluarsa juga biasanya menyimpan banyak backlink, yang tentunya dianggap berguna untuk perkembangan blog kedepannya. Itulah beberapa alasan mengapa banyak blogger profesional lebih memilih domain expired daripada domain baru. 

Namun bukan berarti dengan membeli domain expired kita hanya mendapatkan banyak keuntungan, ada juga beberapa dampak negatif dari membeli domain bekas. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas kelebihan dan kekurangan membeli domain expired.

Apa Nama Website Penyedia Domain Expired Gratis?

Untuk mencari expired domain dengan kualitas yang baik tentunya kita akan bingung bagaimana cara mencari list/daftar expired domain. Saya sering mencari domain yang berkualitas dengan menggunakan website yang menyediakan expired domain secara gratis, website tersebut adalah expired domain. net. Kalian dapat mencari ribuan domain, dari yang dijatuhkan, kedaluwarsa, dan dihapus. 

Nah untuk menemukan domain expired dengan kualitas bagus, kita harus melakukan 4 langkah sebelum benar-benar membeli domain tersebut. Apa saja langkah tersebut? Berikut ini adalah cara mendapatkan expired domain dengan kualitas tinggi. Namun sebelumnya kita akan membahas kelebihan dan kekurangan menggunakan expired domain, sehingga kita bisa mempertimbangkan kembali apakah ingin membeli domain baru atau expired domain.

Apa Kelebihan Domain Expired ?

  1. Memiliki banyak sekali Backlink
  2. Memiliki PA dan DA yang tinggi
  3. Gampang untuk SEO optimazed

Apa Kekurangan Domain Expired ?

  1. Nama domain tidak akan sesuai dengan yang kita hendaki
  2. Domain bekas spam atau Sandbox
  3. Domain sara atau porn

Nah setelah kita membaca tentang kelebihan dan juga kekurangan menggunakan domain  expired, apakah kalian masih ingin menggunakan ataupun membeli domain expired untuk kelangsungan blog? Namun semua kekurangan tersebut bisa kita atasi jika kita benar-benar teliti dalam menyaring domain expired.

Bagaimana Cara Menemukan Domain Expired?

Cara Mencari Domain Expired Berkualitas

1. Cek domain masih terindeks ke Google atau tidak

Untuk cara pertama ini adalah salah satu faktor yang paling penting, dimana domain kamu bisa digunakan atau tidak tergantung apakah domain tersebut masih terindeks oleh Google atau tidak, bagaimana cara mengetahui domain  masih terindeks oleh Google atau tidak? 

Caranya cukup ketik site: nama domain-mu di Google, jika domain masih terindeks oleh Google maka akan muncul beberapa artikel atau link, namun jika hanya muncul Google Search Console saja maka domain tersebut tidak layak untuk dibeli

2. Cek PA dan DA

Jika cara pertama sudah dikerjakan dan masih terindeksi, kamu bisa mengecek PA dan DA domain-mu. Untuk domain expired yang layak dibeli yaitu domain yang memiliki PA dan DA minimal 20+, namun jika menemukan domain dengan nama yang cocok dan memiliki PA dan DA 10 itu bukanlah suatu masalah.

3. Cek Backlink dan Kualitas Backlink

Berikutnya yaitu dengan mengecek kualitas backlink. Domain expired biasanya memiliki banyak sekali backlink, untuk itu kita perlu cek agar kita mendapatkan backlink yang berkualitas. Untuk cara mengecek backlink-nya bisa tinggal masuk ke dalam web bernama Ubersuggest dan selanjutnya masukan nama domain kalian pada web tersebut. Backlink dengan kualitas baik adalah .com dan .edu

4. Cek Ketersedian Nama Domain pada penyedia Domain

Cara terakhir adalah mengecek apakah domain tersebut sudah  registrasi atau masih tersedia, kalian bisa masuk ke situs domain paling murah yaitu DomaiNesia. Apabila cara pertama sampai ketiga sudah lolos dan masih tersedia Anda bisa beli domain tersebut. 

Cukup mudah bukan untuk mencari sebuah domain expired dengan kualitas yang bagus, tentunya semoga artikel ini dapat memberikan gambaran kepada teman-teman ketika ingin membeli sebuah domain expired nantinya. 

Demikianlah ulasan tentang cara menemukan domain expired semoga bermanfaat.

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

37 Comments

  1. Hunting domain expired perlu kecermatan agar nantinya ketika akan monetisasi tisak mudah ke banned.

    BalasHapus
  2. Mbaaa

    aku auto keingat bloggers yg udah almarhum, kayak mas CumiLebay, Pakde Cholik, itu kan blognya keren2 dan kemungkinan besar domain expired ya.

    bisa nih, ditelusuri dgn metode yg mba Rien jabarkan

    BalasHapus
  3. Jadi kepikiran untuk bikin wasiat kalo nanti saya meninggal, blog saya saya hibahin ke siapa gitu :D
    Lumayan peringkat di alexa udah di bawah sejuta
    Sekaligus beli domain expired untuk blog saya yang khusus bahas lingkungan hidup ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dihibahin ke anak-anaknya kak, atau keluarga lain yang dirasa bisa dipercaya.. hehe..

      Hapus
  4. Harus teliti ya kalau mau beli domain expired ini. Kalau nemu nama yang cocok, nilai DA juga lumayan, baiknya segera ditindaklanjuti ke pembelian. Ntar keduluan orang baru nyesel.

    BalasHapus
  5. Wah, betul juga ya, Mbak? Kita bisa menemukan domain berkualitas dari domain expired ini. Layaknya properti, kita seperti membeli rumah yang masih bagus, bisa langsung ditempati, paling hanya butuh didekor aja bisa lebih indah dan rapi.

    Sebelumnya nggak kepikiran, loh. Terus, kalau ketemu, urusnya di Domainesia aja ya yang jelas terpercaya.

    BalasHapus
  6. Saya pernah juga ditawari domain expired. Spam scrorenya tinggi ya mbak tapi kalau rutin nulis organik bisa turun drastis

    BalasHapus
  7. Saya pernah juga ditawari domain expired. Spam scrorenya tinggi ya mbak tapi kalau rutin nulis organik bisa turun drastis

    BalasHapus
  8. Selama ini mikirnya nulis di blog hanya -- ya gitu deh,
    seperti kita punya buku jurnal atau diary milik pribadi yang menyuarakan pendapat - opini

    ternyata bisa diwariskan juga one day! Ah senangnyaaaa

    BalasHapus
  9. Saya ada nih blog bule (berbahasa inggris) untuk dipasang Google AdSense dan dulunya itu daftarin expired domain dan memang jos banget kinerjanya karena masih ada backink aktifnya dan situs masih terindeks Google, jadinya saya ambil dan sampai sekarang domain dan webnya masih awet walaupun ada badai Algoritma Google gak terpengaruh.

    Tips di atas sangat bermanfaat memang untuk menemukan expired domain untuk blog baru, tapi saya kemaren pas menemukan domain expired itu nyarinya di >> archive.org

    BalasHapus
  10. Aku pernah beli domain expired tapi punyaku sendiri mbak yang dulu ga aku perpanjang. Nah bener memang ada kelebihan dan kekurangannya ya, domain aku itu spam scorenya tinggi jadi ya udah aku lepas lagi :) Entah kenapa bisa gitu gak ngerti, harusnya dicek dulu ya sebelum aku beli lagi.

    BalasHapus
  11. Asik kali ya beli expired domain yang namanya bagus, berkualitas tinggi pula. Saya kira kalo domain udah expired, itu DA PA nya kembali jeblok. Ternyata kalo udah dasarnya tinggi, tetap tinggi ya mba.

    BalasHapus
  12. Dunia kerjaku pun menjual domain2 expired/domain baru yang telah dioptimasi. Tapi akan lebih baik mendingan yang baru2 aja deh. Dari oengalamanku, kalo yang udah expired kadang DA/PA gede namun riwayat blognya dengan backlink yg ga berkualitas akan susah dioptimasi, ga segampang itu buat dioptimasi.
    Mendingan website/domain yang perawan aja deh.
    Etapi, baru bulan lalu temen ga sanggup memperpanjang domain/hosting, aku beli murah banget. Lumayan buat mainan dimassa pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wikss, Teh Nchie mainannya cihuy banget :D
      Memang selalu ada plus minus yaaa utk utak-atik domain expired ini

      Hapus
    2. Aku jadi pengen ikutan ngobrol di lapak ten Nchie.
      Aku tertarik banget ternak blog, hehhe...dan baru tahu mengenai expired domain yang masih bisa dihidupkan kembali.

      Pertanyaanku nih..kalau domain expired kan sudah ada artikel sebelumnya. Jadi itu dipertahankan? Atau dihapusin?

      Kalau di hapus, kebayang di mata google kan...eemm,
      "Lagi galau niih...sang pemilik blog."

      Kalau digituain ntar gimanaaa??
      ((dengan kata lain, google jadiin si expired domain bukan pilihan utama lagi untuk masuk jajaran pejwan))

      Hapus
  13. Sebenarnya aku punya pertanyaan soal blogku sendiri nih, mbak Rien. Seandainya aku udah meninggal, nasib blogkku gimana? Berarti masuk expired domain gitu ya? Kepengen dikasihkan ke anak2ku sih kan sejak awal ngeblog memang buat warisan :) Aku bingung langkah2 apa yang harus dilakukan supaya blog ini tetap bisa dimiliki dan dibaca nantinya. #seriusbangettanyannya Thanks mbak Rien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab ya,

      Kalau platformnya blogspot mah bisa dikembalikan lagi ke domain blogspot.
      Dijamin gak bakal expire deh, karena jadi domain gratis jadinya.

      Kalau selain itu, aku kurang tahu.
      Coba dibrowsing mba.

      Hapus
    2. Yang WordPress kayak nya juga bisa balik ke domain gratisan. Atau ga bisa mbak?

      Hapus
  14. eh ga kepikiran beli domain expired. Itu DA PA masih ada dengan skor yang lama? ku pikir kalau udah kelamaan kedaluwarsa ya balik jadi nol.
    domainku pernah enggak ku perpanjang, dikirimin email melulu untuk bayar lagi. Tahu enggak mbak, itu harga domain yang sudah expired malah jadi jutaan lho padahal kalau bayar ontime cuma 160ribuan.

    BalasHapus
  15. Aku malah baru ngerti domain expired bisa dibeli lagi gitu.. Ada untungnya juga ya nggak perlu bangun blog dari nol lagi.

    BalasHapus
  16. Baru tau nih tentang nasib domain yang udah expired, ternyata bisa diperjualbelikan ya...
    Saya malah melow inget blog sendiri, gimana ya nasibnya kalau saya udah enggak ada...

    BalasHapus
  17. Pernah ngobrol sama Blogger tekno dan adsens yang bahas tentang domain expired, katanya kalau untuk ads mending cari bekas dari oada bikin baru emang ya kak Erin. Saya sebagai blogger pemula tadinya nggak paham, baca ulasan disini jadi paham deh

    BalasHapus
  18. Pernah ngobrol sama Blogger tekno dan adsens yang bahas tentang domain expired, katanya kalau untuk ads mending cari bekas dari oada bikin baru emang ya kak Erin. Saya sebagai blogger pemula tadinya nggak paham, baca ulasan disini jadi paham deh

    BalasHapus
  19. Wah Hal yang baru aku tahu nih mbak rien.. trims banyak... Selama ini selalunya hunting domain baru otomatis harus besarin sendiri dulu hehehe labih praktis ya mbak

    BalasHapus
  20. Aku belum pernah mba terpikir gunakan domain expired. Bahkan baru tahu nih kalau bisa dipakai juga dan ada plus minusnya

    BalasHapus
  21. Ilmu baru untuk saya yang masih bau kencur mam. Menarik sekali ya domain expired ini, apalagi untuk naikin DA/PA kan ngga gampang, kalau bisa dapat yang DA/PA tinggi kan lumayan.

    BalasHapus
  22. Saya yang newbie merasa sangat terbantu dengan sharing, Mba ini. Makasih...

    BalasHapus
  23. Beberapa waktu lalu sempat ada obrolan ini di grup sebelah tentang domain expired. Kebetulan emang ada yang cari, aku waktu baca grup tuh sempat bingung kenapa yang dicari domain expired apalagi itu bekas orang. Setelah ku baca keseluruhan isi chat di grup, ternyata emang buat monetasi ya, tapi ya itu sih nama domainnya bisa gak sesuai dengan keinginan kita ya mbak/

    BalasHapus
  24. Pernah denger sih tentang domain expired yang diperjualbelikan. Cuman Nama domain berarti tetep yang lama, engga bisa sesuai yang Kita mau, cuman kayanya DA PA udah lumayan. Nah, Kalau bikin domain baru Kan mulai dari nol lagi.

    BalasHapus
  25. Kirain kalau domain expired, hilang juga DA dan PA nya mbak ternyata masih tetap ada ya tapi pemiliknya sudah berganti lagi bukan pemilik yang lama.. Kendalanya ya nama blognya apalagi kalau pakai nama blogger hehe

    BalasHapus
  26. Nah aku udah pernah nyoba beli 2 domain expired mbak. Tapi memang sih perlu dicek bener karena ada satu domain yg aku beli tuh di banned sama google hehe

    BalasHapus
  27. Baru tahu kalau ada situs yang menyediakan domain expired dan sudah banyak yang reuse domain expired itu ya. Kemana aja sayaaa. Hmmm jadi kepikiran kalau saya udah nggak ada nanti gimana ya dengan domain saya.

    BalasHapus
  28. Untuk beli domain expired gini memang harus teliti. Karena bisa jadi dulu nya pernah untuk post artikel yang memuat SARA atau konten dewasa. Jadi banyak faktor yang harus dicermati lagi, nggak hanya ngecek backlink berkualitas atau tidak, DA dan PA nya gimana. Meski sampai detik ini aku belum tertarik untuk membeli domain expired, Mbak

    BalasHapus
  29. Dulu ada istilah blog zombie. Dan konon itu hsl dr membangkitkan domain2 expired. DA n PA biasanya tinggi n ini dimanfaatin para pembisnis blog untuk pasang2 backlink. Plus nawarin jasanya. Kalo backlinknya bagus gpp ya ini mba? Kdg tuh kn backlinkny sk ke yg aneh2. Jd mmg lbh baik hrs ditelusuri gini ya. Thanks bangett infonya.

    BalasHapus
  30. wah aku beneran baru tahu soal domain expired ini mbak
    mungkin ini ya yang membuat blog dengan domain expired bisa tinggi DA PA nya dan sering muncul di page one
    jadi pengen punya domain expired juga

    BalasHapus
  31. Kemarin sebelum beli domain, sempat kepikiran beli domain expired tp takut gak berkualitas, ternyata ad caranya yah. Makasih loh infonya mam

    BalasHapus
  32. Aku belum pernah kepikiran beli domain ekspired. Tapi setelah baca ini jadi kepikiran. Siapa tahu ada domain expired yg nama domain nya traveling banget, bisa tuh dioptimasi. Hehe ngayal dulu aja deh

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!