Intip 3 Resep Dessert yang Mudah Dibuat dan Dijamin Lezat

16.50

Dessert atau makanan penutup akan selalu memiliki tempat untuk siapa saja. Makanan penutup ini bisa dikonsumsi ketika Anda ingin bersantai ataupun ingin ngemil. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap bahwa membuat dessert adalah kegiatan yang sulit dan lama. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar. 

3 Resep Dessert yang Mudah Dibuat 

Ada beberapa olahan dessert yang mudah dibuat dan tidak ribet. Seperti berikut ini: 

Cake Pandan Ogura (foto bakingscorners.blogspot.com)

1. Cake Pandan Ogura

Bahan 1:

  • 5 btr kuning telur
  • 1 telur utuh
  • 40ml Minyak goreng
  • 80ml Santan Kental
  • Setengah sdt Pasta Pandan
  • Setengah sdt pasta vanilla
  • 85gr terigu protein rendah
  • 2sdt poppy seed

Bahan 2:

  • 5 btr putih telur
  • Seperempat sdt garam
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 95gr gula pasir

Cara Membuat:

  1. Pertama, panaskan oven dengan suhu 160 derajat celcius, masukkan loyang yang sudah diisi air setinggi 1 cm. 
  2. Aduk bahan 1 jadi satu sampai rata lalu sisihkan. 
  3. Untuk bahan 2 aduk semua bahan kecuali gula, jika sudah rata baru masukkan gulanya.
  4. Tuang semua adonan pada Loyang dan panggang selama satu jam.
BOLU KOPI (foto: resepuntukpemula.netlify.app)

2. Bolu Kopi

Bahan 1:

  • 8 kuning telur
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm maizena
  • 170gr terigu protein rendah
  • 90ml minyak
  • 65ml santan
  • 2bks kopi 3 in 1 merk sesuai selera
  • 70ml air panas
  • 1/4sdt garam halus

Bahan 2:

  • 8 putih telur
  • 1sdt air jeruk nipis
  • 110gr gula pasir
Bahan Kacang Nougat: 

  • 100 gr kacang tanah, cincang 
  • 60 gr gula pasir 

Cara membuat:

  1. Larutkan kopi dengan air panas, aduk rata lalu sisihkan dan biarkan dingin. 
  2. Sementara itu, campur tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk lalu diayak. 
  3. Aduk semua bahan 1 lalu sisihkan. 
  4. Kemudian mixer bahan 2 sembari tambahkan air jeruk nipis sedikit-sedikit. Jika sudah tuang gula sedikit-sedikit, kocok sampai terlihat lembut. 
  5. Aduk rata putih telur sedikit dan kuning telur. Tuang adonan tersebut ke dalam loyang lalu panggang sampai matang. 
  6. Sambil menunggu bolu matang, buat kacang nougat dengan memanaskan gula sampai mencair dan masukkan kacang sambil diaduk. Jika sudah, tuang ke loyang dan biarkan dingin. Jika sudah dingin, hancurkan dan nantinya akan ditaburkan diatas bolu. 
  7. Jika bolu sudah matang, maka tunggu agar dingin dahulu. Setelah itu, olesi butter cream  diatas bolu dan terakhir, taburi dengan kacang nougat yang sudah dibuat sebelumnya. 

PROL TAPE (Foto: hargaweb.id)

3. Prol Tape

Bahan:

  • 500gr tape singkong, haluskan
  • 100gr gula pasir
  • 3/4 sdt garam
  • 3 butir telur
  • 50gr terigu protein sedang
  • 150ml santan
  • 250gr kelapa dikerok
  • 100gr margarin cair
  • 1 buah kuning telur
  • 35gr almond 

Cara membuat:

  1. Mixer dengan kecepatan rendah telur dan gula pasir. 
  2. Remas-remas tape singkong, buang serat tengahnya. Masukkan singkong ke adonan telur sambil diaduk pelan. 
  3. Masukkan terigu perlahan dengan ayakan, santan, margarin leleh, kelapa muda, dan garam. Kemudian tuang di loyang. 
  4. Panggang kurang lebih selama 25 menit dengan suhu bawah 180 derajat. 
  5. Jika sudah matang, keluarkan prol tape dan olesi kuning telur. Lanjutkan dengan menaburi almond di bagian atasnya. 
  6. Oven lagi sampai matang dan prol tape siap disajikan. 

Itu dia sedikit ulasan resep dessert yang mudah dibuat. Sederhana sekali bukan membuat dessert menggunakan santan? Agar bisa membuat banyak kreasi dessert dengan santan lebih mudah, Anda bisa memakai santan kelapa instan dari SASA. 

Santannya kental dan gurih, karena bahan yang dipakai adalah kelapa berkualitas. Membuat kue atau dessert dengan kelapa jadi lebih menyenangkan dan tidak ribet. Coba santan SASA dan buat dessert unik yang enak dan lezat untuk kerabat dan keluarga di rumah. Selamat mencoba resep ini ya! 

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

8 Comments

  1. Langsung saya tandain. Soalnya anak-anak sudah bolak-balik pengen cemilan, langsung bisa untuk proyek bebikinan sama krucil. Makasih kakak resepnya.

    BalasHapus
  2. Aku sukaakk banget prol tape.
    Ternyata gampil cara bikinnya ya mba Rien.
    Pengin coba praktik resepnyaaa

    Mayan nih buat kegiatan selama d rumah aja

    BalasHapus
  3. Mbak Rien saya sukaaaa.....semuanya #nyam #nyam
    karena rasanya gurih santan, enggak eneg seperti susu

    jadi pingin bikin bolu kopi ah

    BalasHapus
  4. ah iya mbak, suamiku paling sering bikin ogura di rumah
    emang ini camilan yang paling pas buat dinikmati sambil santai bersama keluarga
    next mau coba resep bolu kopi dari mbaj Rien ah

    BalasHapus
  5. hmm.. resep cake pandan ogura enak nih ... boleh recook ya .. kak resepnya buat camilan dirumah dikala kejar dateline. terima kasih 3 resep desset-nya

    BalasHapus
  6. Minum kopi menjadi inspirasi ngonten, diganti bolu kopi sepertinya suatu saat bisa merasakan.

    BalasHapus
  7. Ibuku suka sekali bikin prol tape, aku yang awalnya gak suka tape kalau diolah jadi cake kok jadi doyan. Ah, jadi kangen makan ini.

    BalasHapus
  8. Wah, harus ditandai nih. Pas banget lagi nyari-nyari inspirasi buat bikin camilan teman ngopi.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!