Lockdown Staycation di Hotel Grand Zuri BSD City

20.09
Telah berminggu-minggu suami bekerja di rumah (work from home), anak-anak belajar di rumah (home learning), dan saya pun tidak kemana-mana betah #DiRumahAja mengikuti aturan pemerintah selama Corona Virus melanda, demi kebaikan bersama. Lalu, apa yang akan terjadi bila kemudian saya mencari suasana berbeda dengan pergi ke hotel? Masih bisakah #SocialDistancing? Sukses kah bila #WorkFromHotel? Inilah pengalaman saya #LockdownStaycation di Hotel Grandzuri BSD City, Serpong pada tgl. 21-22 April lalu.
hotel grand zuri bsd city terbaik
Hotel Grandzuri BSD City, Serpong

Hotel di Seluruh Dunia Bernasib Sama


Sejak dunia dilanda Virus Corona, dunia pariwisata luluh lantak, hotel pun terkena dampak. Penawaran harga kamar terjun sebebas-bebasnya. Paket menginap 3 juta per bulan bahkan ditawarkan dengan gencar oleh beberapa hotel di Bali. Dalam kondisi normal, harga murah meriah tersebut adalah kabar gembira, namun di situasi seperti saat ini, banting harga bikin hati tidak tega untuk bertamu, bahkan saya merasa sangat nelangsa melihat sejumlah hotel tutup dan merumahkan karyawannya. 

Bagaimana dengan hotel-hotel yang ada di BSD City tempat saya tinggal?

Sejak pemerintah menetapkan aturan PSBB, beberapa hotel sekitar BSD City tutup sementara waktu karena wabah Covid-19, namun Grand Zuri BSD City  tetap beroperasi. 


Grand Zuri BSD tetap buka adalah kabar baik di tengah kondisi buruk, yang artinya hotel masih bisa bertahan karena masih bisa melayani tamu yang akan menginap,  serta mempekerjakan dan menggaji para karyawan, meskipun mungkin disertai dengan kebijakan tertentu. Buruknya tentu dari penurunan jumlah tamu, bahkan bisa saja tak ada tamu sama sekali. Siapa coba yang ingin keluar rumah di situasi seperti sekarang? Selain khawatir tertular saat berpapasan dengan orang lain yang kita tidak tahu apakah sehat atau sakit, juga bakal ada pengeluaran tambahan, padahal di situasi tak tentu saat ini mestinya banyak berhemat.


Benarkah di kondisi seperti sekarang menginap di hotel tidak aman dan buang-buang duit? Simak terus ya tulisan ini....

pengalaman menginap di hotel grand zuri bsd
Bertiga bertamu ke Hotel Grand Zuri BSD City. Situasinya sepi.

Paket Lockdown Staycation 


Paket Lockdown Staycation yang diluncurkan oleh Grand Zuri BSD City sesungguhnya merupakan bentuk dukungan terhadap kampanye Social Distancing dan anjuran Stay at Home dengan menginap untuk karantina pribadi atau bagi tamu yang bosan di rumah untuk suasana yang berbeda. 


Kalau saya pribadi, pergi ke hotel bukan karena alasan bosan di rumah. Rasa aman dan nyaman ada kok di rumah, dan selalu merasa betah. Jika akhirnya pergi ke hotel, salah satu alasannya untuk mendapatkan suasana berbeda terkait dengan kegiatan bekerja. Tapi memang ada banyak orang yang bosan di rumah saja dan ingin berganti suasana dalam beberapa hari, setelah puas lalu kembali lagi ke rumah. 


"Paket Lockdwon Staycation ini juga sangat menarik bagi tamu yang tidak bisa kembali ke daerah atau negara asalnya dan membutuhkan akomodasi yang terjangkau, aman, dan nyaman," ujar Pak Anton Hartanto, GM Hotel Grand Zuri BSD City.

Benar juga, saat banyak orang yang tak bisa keluar kota atau negara, katakanlah "terkurung" karena aturan pemerintah di kota asal atau negara asal terkait Corona, staycation di hotel bisa jadi pilihan. Bahkan, ketika merasa sangat perlu mengkarantina diri, berdiam diri dalam kamar hotel juga bisa dilakukan. 


Jelang lebaran begini biasanya orang-orang bersiap mudik. Nah, berhubung sedang nggak boleh mudik, bila memang ingin pergi, coba deh pergi ke tempat yang aman buat didatangi, misalnya hotel dekat rumah, atau hotel mana saja yang masih dalam kota. Yang penting, pastikan hotelnya aman, kitanya bisa jaga diri, dan mau mengikuti aturan hotel dalam pencegahan Covid-19.

promo hotel bulan ramadan

Paket Menginap Harga Istimewa


Bicara soal rate kamar, selama wabah banyak sekali hotel banting harga. Sebut saja ME Hotels dan SB Hotel, mereka menawarkan harga 3 juta per bulan room only. Dari segi harga jelas sangat terjangkau, jadi nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam jika saat ini ingin menginap manja di hotel mewah.


Kenapa saya nggak ambil? Enggak lah, hotel dengan paket 3 juta perbulan itu jauh di Bali. Jika ke sana bakal terbang melewati bandara, tempat melintasnya orang dari berbagai kota dan negara. Ada resiko lebih besar terhadap Covid-19. Kalau hotel dalam kota masih bisa saya pertimbangkan. Seperti Hotel Grand Zuri BSD City ini, lokasinya dekat dari rumah, berjarak sekitar 4,8 kilometer saja. 


Menginap di hotel buang duit? Siapa bilang?


Saat ini banyak hotel menawarkan paket menginap dengan harga istimewa. Ketika ada orang mampu mengambil paket tersebut, saya tidak beranggapan bahwa orang itu sedang buang-buang duit. Saya justru melihatnya sedang berbagi rejeki agar hotel bisa tetap hidup dan para karyawan hotel bisa tetap bekerja. Lagipula, rate sedang turun toh? Hemat banyak namanya. 


Rate paket lockdown staycation Grand Zuri memang menarik, walau tidak sampai anjlok seperti dua hotel yang saya sebutkan, tapi tentu ada alasan tersendiri kenapa ditawarkan dengan harga IDR 4,5 juta per malam. Selain bukan room only, juga karena benefitnya beragam. 


Simak deh rangkaian paket menginap di Grand Zuri BSD City berikut ini, terdapat beberapa pilihan 7days/14Days/30Days. Penawaran ini berlaku untuk periode menginap sampai 30 June 2020. Ini baru April. Paketnya masih lama!

Paket Lockdown Staycation Hotel Grand Zuri BSD City
7 Days
(Consecutive Night)
14 Days
(Consecutive Night)
30 Days
(Consecutive Night)

Rp. 4.500.000

Superior room
Breakfast 1 or 2 person
Free upgrade
Free laundry 4 pieces
Free early check in
Free late check out
Discount 20% F&B
Discount 20% laundry
Free 1 complimentary voucher superior (after check out)

Rp. 8.000.000

Superior room
Breakfast 1 or 2 person
Free upgrade
Free laundry 4 pieces
Free early check in
Free late check out
Discount 20% F&B
Discount 20% laundry
Free 1 complimentary voucher superior (after check out)


Rp. 16.000.000

Superior room
Breakfast 1 or 2 person
Free upgrade
Free laundry 4 pieces
Free early check in
Free late check out
Discount 20% F&B
Discount 20% laundry
Free 1 complimentary voucher superior (after check out)

STAYcation #STAYsafe #STAYhealthy


Saya percaya, setiap orang yang melek Covid-19 pasti berupaya agar bisa aman dan terhindar dari penyakit tersebut. Baik ketika di rumah maupun di luar rumah. Bagaimana dengan hotel? Saya yakin orang-orang yang bekerja di hotel pun tidak mau ambil resiko menjadi sakit. Mereka ingin aman, tamu juga harus sehat dan selamat.


Ketika memilih untuk tetap beroperasi, Grand Zuri BSD menjalankan secara serius tindakan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di seluruh area hotel dengan fasilitas pendukung pencegahan serta disinfectan treatment secara detail dan teratur baik untuk area seluruh tamu, karyawan serta perlakuan ekstra hati-hati kepada pemasok bahan-bahan kebutuhan makanan dan hotel sesuai standar kebersihan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) dan pemerintah.


Secara teori, hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Pak Anton Hartanto, General Manager Grand Zuri BSD City kepada saya ketika bertamu ke hotel pada hari Rabu tgl. 22 April 2020 lalu. Sedangkan secara praktek, saya menyaksikan dan mengalaminya langsung sejak berangkat, setiba di hotel, selama di hotel, hingga meninggalkan hotel pada Kamis siang tgl. 23 April 2020.

Layanan jemput ke rumah. Saat tiba di rumah, driver sudah mengenakan masker dan sarung tangan, serta menjaga jarak aman selama duduk di dalam mobil. Sesuai aturan PSBB, satu mobil hanya membawa 3 orang, yaitu driver, saya, dan suami. Sedangkan anak laki-laki saya berkendara motor ke hotel.
Diantar sampai hotel. Kami langsung diarahkan ke tempat cuci tangan terlebih dahulu.
Tempat cuci tangan di pojok kanan area drop off, depan lobby hotel.
Area cek tamu. Wajib pakai masker, setelah cuci tangan boleh pakai hand sanitizer lagi bila perlu, dan diukur suhu tubuh dulu sebelum masuk, dan diberi arahan untuk tidak berlama-lama di tempat check-in. 
Pembatasan penggunaan lift ditandai kotak sebagai tempat boleh diisi pengguna

Protokol Kesehatan Masuk Hotel


Biasanya bila hendak ke Grand Zuri saya akan datang dan berkendara sendiri bersama keluarga. Kali ini saya memesan layanan antar jemput. Alhamdulillah bisa. Supir hanya perlu berkendara sejauh 4,8 kilometer ke rumah, dan kami hanya perlu menghabiskan waktu tempuh kurang dari 10 menit untuk mencapai hotel. Dekat bukan? Iya, kalau jauh saya pasti akan pikir-pikir lagi 😃


Ketika tiba di rumah, supir sudah mengenakan masker dan sarung tangan. Ia memasukkan barang-barang kami dengan rapi di bagasi. Saat berada dalam mobil, saya dan suami diingatkan untuk menjaga jarak meskipun kami adalah keluarga. Supir duduk sendiri di bangku depan, kami berdua di bangku tengah. 


Sampai di hotel, begitu turun dari mobil, kami langsung diarahkan ke tempat cuci tangan yang tersedia di area depan lobby. Setelah itu baru melewati area pengecekan pribadi sesuai protokol kesehatan Covid-19 yaitu pengukuran suhu tubuh, pemakaian masker, dan tangan yang sudah dalam keadaan bersih. Bila salah satu tidak lengkap, maka akan ditahan dulu untuk tidak masuk hotel.


Area lobby hotel tampak sepi karena pihak hotel memang meminta agar tamu tidak berlama-lama di lobby bila tidak ada perlu. Proses check-in juga dipermudah agar tidak terjadi antrian dan penumpukan tamu. Sedikit atau banyak tamu, aturan ini tetap diberlakukan. Saat kami tiba kunci sudah disiapkan dan langsung diberikan, kami langsung dipersilakan menuju lift dan diminta agar segera pergi ke kamar.


Ada pembatasan penggunaan lift yaitu melalui tanda kotak di lantai lift sebagai letak pengguna berdiri, sehingga isi lift tidak terlalu rapat dan padat. 

Social distancing juga berlaku di hotel. Tamu secara otomatis mengisolasi diri dalam kamar. Menghindari tempat yang memungkinan berkumpul/bertemu tamu lain

Fasilitas Hotel Masih Dibuka


Hotel tidak berlebihan dalam melakukan pembatasan terhadap fasilitas untuk tamu. Kolam renang dan pusat kebugaran sampai saat ini masih dibuka. 


Selama 2 hari di hotel saya lihat kolam renang hanya dipakai oleh anak-anak, itu pun satu keluarga. Tak ada orang dewasa di dalam air. Ibu dari anak-anak yang berenang saya lihat hanya duduk mengawasi dari bangku di pinggir kolam. Situasi ini saya lihat pada Rabu sore dan Kamis pagi.


Di pusat kebugaran, tampak hanya beberapa orang saja, dan masing-masing memakai masker. Bila ada yang memakai alat fitnes di pojok kiri, yang lainnya pergi ke pojok kanan. Menurut keterangan Pak Anton, semua peralatan di gym rutin disemprot disinfectan, baik sebelum digunakan maupun setelah digunakan, demi menjaga kesehatan tamu dari Covid-19.


Kapasitas lift hotel saat ini dibatasi hanya untuk 6 orang. Tapi pada prakteknya bila sudah terisi 4 orang, yang lain tidak mau masuk lagi. 


Aturan social distancing juga diterapkan di restoran. Letak antar meja kini dibuat berjarak. Sarapan kini diantar ke kamar, tidak di restoran seperti biasanya. Untuk makan siang dan makan malam pun tamu kini lebih suka memesan untuk diantar ke kamar, itu sebabnya restoran kini tampak sepi.


Dengan adanya kesadaran tamu dalam menjaga jarak, pihak hotel tentu jadi terbantu dalam bekerja. 

Sendirian saja di gym
Akhirnya berdua di gym, sama anak.
Anak-anak dari satu keluarga bermain di kolam renang

Work From Hotel


Saya pergi ke hotel di musim social distancing sekadar untuk ganti suasana, bukan datang dengan bergaya seperti orang hendak liburan, tapi untuk bekerja.


Yak, pergi ke hotel kan cuma ganti suasana, kerja ya tetap kerja. Suami bekerja dari hotel, anak belajar dari hotel, saya pun sama dengan mereka, berkarya dari hotel. Sebut saja kami Work From Hotel 😀


Yang membedakan adalah kegiatan saya. Bila di rumah mesti sambil memasak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, kalau di hotel tinggal makan dan fokus saja sama pekerjaan saya di media sosial dan blog. Di saat tidak bekerja, apa yang kami lakukan? Nonton film bareng di TV! he he.


Anak perempuan saya tidak saya ajak, sebab di rumah ada ibu. Di situasi seperti sekarang, mengajak orang tua keluar rumah cukup rentan. Jadi, biarlah saya, suami, dan anak lanang saja. Ibu dan anak gadis berdua di rumah. Tahu sendiri kan, anak saya yang cewek itu kalau ketemu kolam renang nggak tahan untuk nggak nyebur. Nah, kalau sudah nyebur bakal lama, bahkan seringnya sampai pilek. Jadi biar aman, biarlah dia di rumah, toh kami cuma menginap 1 malam.

Work from hotel
Work From Hotel

Mencicipi Menu Rice Bowl, Topping Melimpah Bikin Kenyang


Ini bagian paling menyenangkan untuk diceritakan, makanan! 😍 


Sejak diberlakukannya Social Distancing, hotel melakukan sejumlah penyesuaian termasuk di restoran. Letak antara meja yang satu dan meja lainnya dibuat berjarak. Kini sarapan diantar ke kamar, tidak lagi disajikan prasmanan di restoran. Bahkan untuk makan siang dan malam tamu dianjurkan memesan makanan dan minuman yang diantar ke kamar.


Saat staycation, hotel sedang menawarkan beberapa paket makan yang nantinya akan digelar selama Ramadan. Salah satunya paket makanan Ayam Mamak's berupa rice bowl dan rice box dengan berbagai topping menggugah selera.


Pilihan menu rice bowl di antaranya Rice Bowl Ayam Teriyaki, Rice Bowl Empal Daging Suwir Balado, Rice Bowl Chicken Katsu, Rice Bowl Ayam Suwir Rica, Rice Bowl Dory Fish Lada Garam,  Rice Bowl Cakalang Suwir Dabu.


Pilihan menu rice box di antaranya Nasi Timbel, Nasi Ayam Bakar, Nasi Ayam Geprek, Nasi Ikan Asam Manis, Nasi Ayam Lada Hitam, dan Nasi Ayam BBQ.


Nah, saya mengawali bersantap di hari Rabu siang dengan menu Rice Bowl Empal Daging Suwir, Rice Bowl Ayam Teriyaki, dan Rice Box Ayam Geprek. Dessert-nya Pisang Goreng Geprek. Semua sajian ini berporsi besar. Topping melimpah, dan mengenyangkan!

Rice Bowl Ayam Teriyaki, cocok banget jadi pilihan suamiku yang saat itu nggak bisa makan pedas
Rice Bowl Empal Daging Suwir Balado. Paling juara! Topping melimpah dan bikin kenyang!
Favoritnya Alief, Rice Bowl Ayam Geprek. Potongan ayamnya gede!
Terenak! Pisang Goreng Geprek.
Menu dinner Rabu 22/4/2020: Rice Bowl Ikan Lada Garam, Rice Bowl Ayam Katsu, Rice Bowl Cakalang Dabu

Sarapan di Kamar


Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saat ini sarapan tamu hotel diantar ke kamar. Tamu hanya diminta memilih 2 menu sarapan, Indonesian Breakfast atau Continental Breakfast. 


Continental Breakfast terdiri dari toast bread or croissant, butter & jam, omelet/fried egg/sramble/boiled, slice fruit, tea/coffee.


Indonesian Breakfast terdiri dari fried rice/fried noodle/chicken porridge/soto ayam, orange juice/guava, tea or coffee, slice fruit.

Sarapan bertiga di teras kamar. 

Food Festive Ramadan 1441H


Food Festive yang digelar oleh Grand Zuri BSD City selama bulan Ramadan menunjukkan kreativitas yang pantang mati meskipun di tengah pandemi. 


Melalui kepiawaian Chef Abdul Malik, hotel menyajikan secara khusus pilihan menu makanan dan minuman kepada tamu hotel menginap maupun yang hanya ingin memesan dan menikmati bersama keluarga bersantap di rumah.


Ada pula Drive Thru, pilihan sajian untuk berbuka puasa/ takjilan yang dapat dibeli mulai Jam 16.00 – Jam 19.00.  Lokasi di Teras Hotel Grand Zuri dan hanya melayani makanan untuk take away.


Ayam Mamak's, Pilihan Makanan Utama dari Rice bowl hingga Nasi timbel dapat di pesan dan antar ke rumah, dengan minimal pembelian 100.000 dan maksimal pengantaran berjarak 5Km dari Grand Zuri BSDCITY.


Family Package Delivery merupakan Pilihan Makanan Traditional dan sajian khusus dari Chef hotel yang dikemas untuk makanan siap antar dan disantap di rumah atau di kantor. Paket pilihan mulai untuk 4 Pax/8Pax/12Pax, atau harga mulai dari 250.000 – 600.000. Pemesanan sudah diterima H-1, harga belum termasuk biaya pengantaran. Pembayaran diterima sebelum pengantaran makanan, dan hanya berlaku untuk area BSDCITY dan Tangerang Selatan.







Standar kebersihan WHO 


Ada nggak sih rasa was-was terhadap makanan yang disajikan hotel? Oh tentu ada. Tetapi saya tidak terlena pada ketakutan yang ada, saya mencari tahu tentang bagaimana hotel memberi rasa tenang pada tamu ketika bersantap.

Rasa tenang itu ada karena Grand Zuri BSD menjalankan secara serius tindakan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 pada karyawan serta perlakuan ekstra hati-hati kepada pemasok bahan-bahan kebutuhan makanan dan hotel sesuai standar kebersihan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) dan pemerintah.


Chef Abdul Malik

Stay Safe, Happy, and Healthy

Menginap di Hotel Grand Zuri BSD City, sebuah pengalaman yang mungkin akan menjadi sejarah, staycation di tengah pandemi.

Ini bukan sekadar staycation biasa, ini mungkin bagian empati saya terhadap salah satu sektor industri yang terkena dampak. 

Saya kagum pada orang-orang yang tetap bersemangat menjalani pekerjaan, pantang menyerah meski corona deras menerjang. Semoga kesabaran dan ketabahan selalu menyertai setiap langkah. 

Suatu hari musibah global ini insha Allah akan berakhir, dan bila hari itu tiba, kebahagiaan akan kembali mekar pada setiap nafas.

Terima kasih Grand Zuri BSD, atas keramahan dan kehangatan yang diberikan. 
Saya merasa aman, dan sangat merasa sehat. 
Stay safe and healthy with @grandzuri.bsd


Buat teman-teman pembaca yang ingin mencoba staycation di tengah pandemi saat ini, pastikan memilih hotel terpercaya yang serius melaksanakan tindakan pencegahan Covid-19 di seluruh area hotel, termasuk karyawan, dan pemasok bahan makanan.

Jika tak yakin hotel yang dituju aman, tunda kedatangan. 

Kenakan masker selama berada di hotel, terutama di area yang sering berpapasan dengan tamu seperti di lobby, lift, lorong kamar, restoran, kolam renang, dan tempat gym. 

Seperti halnya di lingkungan perumahan orang-orang banyak tinggal di rumah saja, maka di hotel banyaklah tinggal di kamar saja.

Selalu jaga kebersihan diri sendiri, rajin cuci tangan, hindari kontak dengan siapapun, jaga jarak, dan jangan lupa berdoa semoga selalu sehat dan selamat dari Covid-19.

Stay safe and healthy with @grandzuri.bsd









Share this

Wanita. Menikah. Kelahiran Palembang. Istri. Ibu 1 putra & 1 putri.

Related Posts

Previous
Next Post »

7 Comments

  1. dunia pariwisata emang bener2 lagi luluhlantak ya.. semoga semua bisa melewatinya dengan tegar, semoga covid-19 cepat menghilang..

    di Padang pun ada paket menginap buat sebulan cuma 3juta doang di hotel bintang 2 atau 3 gituu..

    -Traveler Paruh Waktu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Insha Allah dengan banyaknya doa dari manusia di bumi yang saat ini menderita karena wabah, dapat Allah kabulkan dengan segera. Tidak tega rasanya melihat kondisi pariwisata, dalam hal ini perhotelan, saat ini. Nanti kalau pandemi berakhir, mari kita datangi tempat2 wisata dalam negeri. Kita makan di warung-warung, belanja di tukang sayur, dan apa saja yang bisa kita lakukan agar mereka yang kini jatuh bisa kembali berdiri dan hidup baik lagi.

      Hapus
  2. Alhamdulillah, Grand Zuri tetap buka ya Mbak, ada inovasi baru dan protokol pencegahan Corona juga jadi merasa nyaman tamunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Alhamdulillah :)
      Mbak Dewi udah jadi belum ya nginap di Grand Zuri? Sejak zaman dahulu kala kayaknya jadi cita2 haha

      Hapus
  3. Wahhh lumayan banget yaa berarti, dengan harga yang segitu bisa dapat fasilitas yang seperti biasanya.. Wahhh enak bangett, apalagi kalau misal 30 hari disitu bisa gemuk badan hha

    BalasHapus
  4. dunia pariwisata emang bener2 nagis mab, apalagi saya yang terkena dampak dgn bner2 kga ada penghasilan sdah dari awal corona masuk indonesia sdah brasa bnget untuk usaha saya
    semoga kita selalu di berikan kesehatan dan terhindar dari covid-19 dan semoga wabah ini cepet berlalu agar indonesia ceria kembali

    BalasHapus
  5. Sedih banget ya mba, ngerasain begitu terpuruknya kondisi dunia saat ini. Yang bergerak di bidang pariwisata dan perhotelan pun terkena imbasnya. Semoga hotel-hotel seperti Grand Zuri hingga hotel lainnya bisa kembali aktif segera ya. Semoga doa seluruh umat manusia untuk memohon pandemi segera berakhir dapat dikabulkan oleh Allah.

    Ntar kalau corona telah berlalu, pengin banget bisa ajak anak-anak staycation lagi mba. Atau ngetrip bareng olenkers yaaa... :)

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!