ASUS ZenBook Blogger Gathering Roadshow BANDUNG

ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung - Akhirnya, gelaran Roadshow ASUS ZenBook tiba di kota ketiga; Bandung! Acara diselenggarakan hari Sabtu tgl. 13 April 2019 bertempat di Hotel Savoy Homman. 47 peserta terdiri dari blogger Bandung yang tinggal di Bandung dan sekitarnya hadir mengikuti kegiatan sejak pukul 12:00 - 19:00. Saya masih bersama Anjas Maradita, berdua saja menangani seluruh kegiatan, mengkoordinir blogger, menyiapkan tempat, serta  mengisi acara. Kegiatan tour blogger bersama ASUS ZenBook menyusuri tempat-tempat bersejarah Bandung jadi kegiatan paling seru dan penuh kegembiraan. Inilah ceritanya.

ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung -  Gedung Merdeka 13/4/2019
ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung -  Gedung Merdeka 13/4/2019

Naik Kereta Argo Parahyangan ke Bandung

Saya sudah sangat sering ke Bandung, tapi tak pernah sekali pun naik kereta. Maka, naik kereta untuk roadshow ASUS ZenBook di Bandung jadi pengalaman pertama kali buat saya. Berhubung baru mau pertama, saya banyak bertanya pada Anjas tentang hal-hal yang belum saya tahu. Misalnya, hal-hal sepele seperti barang bawaan semacam koper, apakah ringkas? Bahkan, sempat nggak merasa aman karena jadwal berangkat pukul 23:00. Alangkah malamnya. Tapi karena berangkat bareng Anjas, saya tidak merasa khawatir.

Baca dulu: ASUS ZenBook Blogger Gathering Roadshow Batam

Stasiun Gambir  12/4/2019 22:49

Jumat 12/4/2019 pukul 19:00 saya berangkat dari BSD ke Lippo Karawaci untuk jemput Anjas. Sendiri saja, karena hari itu suami pulang kerja sudah malam, jadi dia tak bisa antar. Kami janjian di Menara Matahari, tapi saya menunggu Anjas di depan Books & Beyond, samping Maxx Coffee. Pukul 21 lewat baru ketemu, kami langsung berangkat naik taksi online ke Gambir.

Perjalanan ke Gambir lancar. Sampai di stasiun langsung check in, lalu naik ke ruang tunggu. Sempat jajan dulu buat isi perut. Setelahnya baru ke peron. Dan, ternyata tengah malam ramai sekali penumpang yang mau berangkat. Saya agak bingung kereta mana yang akan dinaiki. Naiknya dari sebelah mana? Untung ada Anjas, saya ikuti kemana dia melangkah. Hingga akhirnya kami masuk kereta, duduk di bangku yang sudah kami pesan sejak 2 minggu sebelumnya.

Kereta Argo Parahyangan 12/4/2019 23:06

Pukul 23.00 kereta Argo Parahyangan mulai bergerak membawa kami ke Bandung. Saya ingin menikmati perjalanan, tapi mata sudah berat digelayuti kantuk. Akhirnya saya tertidur tapi tak nyenyak, kadang terjaga tapi tak bisa melakukan apa-apa. Begitu terus sampai akhirnya kereta tiba di Stasiun Bandung hari Sabtu pukul 3:00 pagi.

Entah bagaimana dengan  Anjas, kalau saya agak terseok saat jalan kaki keluar dari stasiun. Untunglah segera dapat taksi online. Kami meluncur menuju Hotel Savoy Homman tanpa hambatan. Sampai hotel langsung check-in, masuk kamar tidur masing-masing. Saat itu, tidur adalah hal paling saya inginkan setelah 4 jam perjalanan berkereta. Ya, 4 jam. Bukankah biasanya tidak selama itu?

Stasiun Bandung 13/4/2019 03:10

Embassy Room Hotel Savoy Homman by Bidakara Bandung

Sesuai jadwal, acara bersama Blogger Bandung akan dimulai pukul 12:00. Jadi, ketika saya bangun pukul 8:00 pagi, saya masih punya banyak waktu untuk bersiap. Istirahat 3 jam sudah cukup untuk membuat badan kembali kuat. Apalagi setelah sarapan, jadi makin semangat. Entah Anjas bangun jam berapa, yang jelas kami bertemu di Embassy Room sekitar pukul 11 siang. Langsung set up ruangan, pasang-pasang banner, menyusun laptop untuk display, hingga memindahkan meja dan kursi yang letaknya tak cocok.

Bang Aswi (ketua komunitas Blogger Bandung) baik sekali telah membantu saya memilih Hotel Savoy Homman sebagai tempat acara, sekaligus sebagai tempat kami menginap. Hotel berusia tua ini ternyata memberikan pengalaman yang bagus buat saya, tentunya juga buat ASUS. Kamar, pelayanan, meeting room, dan makanan, semua serba baik.

Baca juga: ASUS ZenBook Blogger Gathering Bengkulu

We are ready for ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung! 😍
ASUS ZenBook Blogger Gathering 13/4/2019
Embassy Room - Hotel Savoy Homman Bandung
Registrasi - ASUS ZenBook Blogger Bandung

Pukul 12:00 peserta mulai berdatangan. Satu persatu mengisi daftar absen, hingga akhirnya 47 blogger (dari 51 yang saya undang) membubuhkan tanda tangannya di daftar absen. Ah, saya senang!

Syal tenun cantik yang saya siapkan untuk blogger, menjadi pembeda dari blogger gathering di kota-kota sebelumnya. Begini ceritanya. Sebelum ke Bandung saya berdiskusi dengan teh Nchie Hani, si Ratu Blogger dari Bandung, mengenai souvenir. Lalu, mencuatlah ide manis itu: syal tenun. Saya langsung sepakat. Selain unik, harganya pun sesuai budget. Nah, syalnya dibeli di Bandung. Digulung dan dihias pita oleh si teteh. Apik!

Acara diawali dengan makan siang. Menu-menu menggugah selera dihidangkan secara prasmanan di Embassy Room. Ya, ruangannya besar, lebih dari cukup untuk jadi tempat kumpul dan makan sekaligus. Variasi menunya banyak. Citarasanya pun bukan biasa-biasa saja. Anjas makan lahap, sebab ia melewatkan sarapan. Terlalu nyenyak tidur, sampai bangun kesiangan.

Syal tenun souvenir untuk Blogger Bandung

Berebut syal 😂
Menu Lunch

Anjas Mengenalkan ASUS ZenBook 13/14/15” Kepada Blogger

ASUS ZenBook 13/14/15” memang sudah diluncurkan sejak Januari 2019 silam di Jakarta. Laptopnya pun sudah banyak beredar di pasaran. Namun, mengenalkannya langsung kepada kelompok blogger yang tidak hadir di acara peluncuran, bukanlah sesuatu yang terlambat. Sebab mereka yang meminati laptop canggih, bergaya elegan, namun ringkas, akan selalu ada dari waktu ke waktu.

Blogger dan dunianya adalah para penulis kreatif yang membutuhkan perangkat kekinian untuk menunjang aktivitas mereka. Syukur-syukur punya perangkat mumpuni yang serba bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Laptop ASUS sejatinya menjawab kebutuhan akan laptop idaman. Maka, saya dan Anjas sebagai ZenCreator nya ASUS, membantu blogger mengenal laptop terbaru ASUS yang serba wow dari segi spesifikasi dan design.

Melalui pemaparan singkat namun jelas dan padat dari Anjas, diharapkan blogger semakin paham akan keunggulan ZenBook terbaru. Selain itu, blogger juga dapat melihat langsung fisik laptop. Memegang, mencoba menggunakan, dan merasakan ringkasnya laptop saat dibawa bepergian. Nah, yang terakhir itu, nantinya akan dirasakan saat kegiatan tour.

Anjas Maradita  - ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung

Katerina dan ZenBook Teman Setia Perjalanan

Ada yang masih asing dengan sebutan ZenCreator? Saya jelaskan dulu ya. ZenCreator adalah sebutan bagi content creator yang menggunakan ZenBook. Saya sebagai travel blogger dan Anjas sebagai Youtuber selalu menggunakan ZenBook untuk menunjang aktivitas kami dalam menghasilkan konten yang kreatif.

Kenapa saya pakai ZenBook?

Saya boleh jadi dikenal sebagai travel blogger. Tapi sesungguhnya kegiatan menulis saya tidak hanya di blog, melainkan juga di majalah, koran, inflight magazine, bahkan buku. Sebagai seorang penulis yang hobi traveling, kegiatan saya menulis dilakukan di banyak tempat, di mana saja dan kapan saja. Mobilitas yang tinggi membuat saya membutuhkan laptop handal yang gak cuma sekedar untuk menulis atau pun mengedit foto dan video, tapi juga ringan supaya mudah dibawa-bawa.Lebih dari itu, saya butuh laptop yang tangguh. Ia kuat nggak mudah retak dan rusak bila jatuh atau terbentur. Dan tentunya, boleh dong punya laptop yang desainnya penuh gaya. Maka, ZenBook menjawab semua kebutuhan saya. Bersertifikat militer, ZenBook UX331UAL yang saya pakai lolos uji dari benturan, bahkan jika dilindas motor. Dengan bobot 985gram, ia menjadi laptop paling ringan di dunia.

Bagaimana dengan ZenBook 13/14/15”? Spesifikasinya lebih canggih lagi. Karena itu, melalui Roadshow ASUS ZenBook 2019 inilah ajang untuk memperkenalkannya secara lebih dekat ke teman-teman blogger di Bandung.

Bersama Anjas Maradita - ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung

ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung

Embassy Room - Hotel Savoy Homman Bandung

Tour Blogger ke Tempat-Tempat Bersejarah di Kota Bandung

City tour menjadi salah satu agenda pokok dalam rangkaian kegiatan blogger gathering. Tiap kota pasti ada, begitu juga Bandung. Bedanya, jika di Batam dan Bengkulu rombongan blogger naik mobil, di Bandung cukup jalan kaki. Kenapa? Karena objek wisata yang hendak dituju bertebaran di sekitar Hotel Savoy Homman. Bahkan, letak Titik Nol Kilometer dan Auothandle Mascotte Bandoeng (Gd. Pikiran Rakyat) persis di depan hotel. Kami tinggal menyeberang jalan sudah sampai di tujuan. Dari sana lah perjalanan blogger bersama ZenBook dimulai.

Bang Aswi menjadi guide andalan, ia memimpin rombongan. Darinya kami mendengarkan kisah Titik Nol Kilometer, Auothandle Mascotte Bandoeng (Gd. Pikiran Rakyat) yang merupakan dealer mobil brand Morris, NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co (Apotek KF) yang terkenal menjual sediaan kulit Kina sebagai obat malaria, dan Warenhuis de Vries (OCBC NISP) yang pada zamannya disebut sebagai toko serba ada pertama di Bandung milik Andreas de Vries. Lalu, di bawah cuaca yang ga jelas (sesaat panas, sesaat kemudian gerimis), kami berjalan kaki melewati Hotel Wilhelmina (Hotel Ibis Style) yang katanya pernah dikunjungi Lord Louis Mountbatten (mertua Ratu Elizabeth II alias kakek Pangeran Charles). Melihat cafe di Gedung Sarinah (yang sekarang menjadi Hotel de Braga), Gedung Denis (Bank BJB) yang menjadi saksi keberanian dua pemuda yang merobek bendera Belanda, Bioskop Concordia (Majestic) yang pernah memutar film Loetoeng Kasaroeng, dan akhirnya foto bersama di depan Gedung Societeit Concordia (Gedung Merdeka alias Museum KAA). *detail pada bagian ini mengutip dari tulisan Bang Aswi*

City tour ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung

Tour blogger kali ini memang unik. Buat saya pribadi banyak hal menarik yang baru pertama saya jumpai. Aiiih kemana saja saya selama ini? Haha. Gedung-gedung bersejarah, tempat-tempat kuliner, hingga orang-orang yang berkostum ala hantu-hantu menakutkan mengisi cerita city tour kami. 50 blogger menjelajah di Jalan Braga. Hanya 30an saja yang benar-benar tetap dalam rombongan, sisanya menghilang. Kalau bukan sibuk berfoto dengan ZenBook, ya sibuk singgah foto-foto gembira di tiap objek wisata. Btw, saya juga sempat menghilang. Masuk gedung KTT, diajak Kang Ali dan Mbak Fitri. Pintu masuknya dekat, eh pintu keluarnya jauh. Muter-muter dulu lewat lorong-lorong yang entah. Akhirnya kami terpisah dari rombongan, dan 2 kali gagal ikut foto bareng haha.

Alun-alun jadi tempat terakhir yang kami kunjungi. Sebelum sesi foto bersama, kami singgah beberapa saat. Sebagian menuju masjid untuk salat ashar, sebagian lagi langsung mengikuti saya masuk foodcourt untuk minum es kelapa dan jajan cilok telur gulung. Setelahnya baru ke alun-alun, melakukan sesi foto bersama dengan latar menara masjid alun-alun yang mulai digelayuti remang malam.

Jajan minuman es kelapa dan telur gulung di food court alun-alun Bandung

Alun-alun Kota Bandung (1)

Alun-alun Kota Bandung (2)

Dinner Menu Dermaga BBQ di Garden Restaurant

Sesi terakhir kegiatan blogger bertempat di Garden Restaurant yang terletak di lantai dasar Hotel Savoy Homman. Di sini kami makan malam, pengumuman pemenang lomba, dan penyerahan hadiah. Dan, di sini pula akhirnya saya berpisah dengan para peserta.

Malam itu bloggers dimanjakan dengan menu “Dermaga BBQ”, menu istimewa all you can eat yang tidak setiap hari ada, hanya khusus hari Jumat dan Sabtu malam pukul 18:00 – 22:00 saja. Semua menu hanya dipatok Rp138K nett per pax. Murah tapi enak-enak. Terlalu sayang untuk dilewatkan, bukan? Tapi tentu saja, saya makan belakangan karena ada hal yang lebih penting untuk didahulukan: Memeriksa postingan lomba para peserta!

Menu Dinner "Dermaga BBQ"
Dinner - ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung

Kuis dan Lomba IG ASUS ZenBook

Yes, seperti biasa, kami menggelar lomba IG bertema ZenBook. Lomba ini hanya digelar selama acara dan diikuti oleh peserta yang hadir saja. Dari Jakarta, tim PR ASUS Indonesia turut memantau dan melakukan penjurian. Saya tinggal mengumumkan hasil saja. Jadi, hasilnya fair buat teman-teman.

Selain lomba IG, saya dan Anjas juga mengadakan kuis berhadiah uang tunai. Kuisnya sudah dimulai sejak acara dibuka di Embassy Room, dan dilanjutkan kembali saat makan malam. Biasanya, kuis juga diadakan saat tour. Berhubung selama tour rombongan berpencar, akhirnya ditunda sampai semua kumpul kembali. Nah, yang lucu dan seru nih, akhirnya kuis terpaksa diadakan lewat grup Whatsapp. Kenapa? Karena suasana restoran saat itu tidak memungkinkan. Ramai dan berisik. Suara saya dan Anjas tenggelam. Daripada serak dan peserta nggak kedengaran, akhirnya pertanyaan dikirim lewat grup. Maka, keramaian pun terjadi di grup Whatsapp.

Pukul 19:00 para pemenang diumumkan, sekaligus langsung penyerahan hadiah. 10 pemenang kuis masing-masing mendapat uang tunai @Rp 100ribu. Sedangkan 10 pemenang IG masing-masing mendapatkan uang tunai @Rp 250 ribu.

Pemenang lomba Instagram:
@putracikeusik @bdg.terkini @nchiehanie @andrie_potlot @rayafr @lisanuraeni @sputric121 @efi_thea @fathiauqim @niaharyanto

Pemenang kuis:
@abahraka @hilmangraha @rajalubis_ @bdg.terkini @jarhie @deemiiaa @diazhollic @handayani.irma @firdawinandini @sweetdonath

Pemenang lomba Instagram:

Teh Efie, pemenang lomba IG

ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung Seru dan Penuh Kesan

Blogger Bandung sangat seru dan heboh. Saya salut dengan antusiasme yang ditunjukkan. Alhamdulillah berkat mereka juga acara gathering dapat berjalan dengan lancar dan jadi menyenangkan.

Tak ada yang lebih membahagiakan selain melihat para peserta gembira dan tetap bersemangat sampai akhir acara. Rasanya segala letih tak sia-sia. Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir dan berpartisipasi sepanjang acara. Saya bangga!

Terima kasih khusus kepada Bang Aswi yang sudah banyak membantu mengkoordinir blogger, menjadi guide saat tour, serta telah turut membantu menjembatani saya dan pihak hotel untuk mendapatkan fasilitas yang memadai untuk para peserta.

Terima kasih untuk teh Nchie Hanie yang turut membantu menyiapkan souvenir, Mas Diaz Hollic yang sudah membantu mendokumentasikan acara, dan Hilman my bannerman. Terima kasih juga buat mbak Ova dari Savoy Homman atas kerjasamanya yang baik.

Hotel Savoy Homman di latar belakang

Kota Terakhir Roadshow ASUS ZenBook 2019

Seakan baru kemarin acara ASUS di Batam dan Bengkulu digelar, tahu-tahu sudah di Bandung. Saya hampir lupa kalau tugas saya bersama Anjas berakhir di kota ini. Ya, blogger gathering di Bandung menutup seluruh rangkaian kegiatan Roadshow ASUS ZenBook 2019. Sedih? Iya 😭

Sedih karena saya sudah terlanjur jatuh hati dan menyatu dengan segala hal yang ada dalam event ini. Tentang perjalanan yang ditempuh, kota-kota yang dikunjungi, orang-orang yang saya jumpai, dan pastinya dengan segala kegiatan yang dilakukan selama acara.

Pastinya, ada cerita di tiap kota. Maka, cerita perjalanan saya selama roadshow belum selesai sampai di sini. Masih ada cerita jalan-jalan dan jajan-jajan yang akan saya tuliskan. Mau tunggu?

Semoga kehadiran ASUS di kota Batam, Bengkulu, dan Bandung bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih ASUS Indonesia.

Bersama rekan duet selama Roadshow ASUS ZenBook -  Berfoto di Titik Nol Kilometer Bandung

Berikut adalah daftar peserta yang hadir di acara blogger gathering Bandung:

1 Adrian Ramdani Nugraha www.bdgterkini.com
45 Tian lustiana www.tianlustiana.com
46 Widya Sartika www.soradee.com
47 Winursih https://www.uwienbudi.com/

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.