Terkesima ROG Monster di Acara Dinner ROG Reborn 2019

17.17
ROG Reborn 2019 – Selasa (29/1/2019) ASUS merilis tiga laptop gaming terbaru berbasis NVIDIA GeForce RTX. Ketiganya merupakan laptop gaming yang berada di bawah bendera Republic of Gamers (ROG) dan merupakan laptop gaming berbasis GeForce RTX pertama di Indonesia. 

ROG Reborn 2019

Sebelum saya ulas tentang laptop gaming terbaru dari ASUS, saya mau cerita dulu tentang keriaan acara peluncurannya ya. Kalau bahas spek, saya rada pening alias gaptek karena nggak semua spek saya paham. Saya tahunya itu laptop gaming super kece yang harganya luar biasa bikin shock 😂  

Kalau mau langsung baca spek, langsung aja meluncur ke tengah artikel. Tapi tolong baca dululah cerita saya yang norak-norak bergembira abis dapat jaket ROG dan ROG G-Shock berikut ini.

Jadi, kemarin tuh saya diundang oleh Mbak Marisa untuk acara Dinner ROG Reborn di Henshin Westin Hotel, Kuningan Jakarta. Acaranya dari sore sampai malam, mulai pukul 18.00 - 22.00, dihadiri oleh media, youtuber, ROGers, dan beberapa member BLUS Jakarta. 

Dari Blus ada saya yang hadir bersama Mas Eko, Askar, Andre, Horas, dan Shintaries. Saya mengajak mas Arif ke acara karena memang ditawari oleh Mbak Marisa boleh ajak suami, soalnya malamnya ada @diskopantera segala. Biar ramai dan saya ada temannya jika pulang malam. Asyik kan? Iya dong. Jadilah sore itu saya berangkat seorang diri dari BSD, dan suami menyusul dari kantornya. Kami bertemu di Henshin.  

Henshin, Westin Hotel lt. 67, Jakarta (29/1/2019)

Henshin, Westin Hotel lt. 67, Jakarta (29/1/2019)
Henshin, Westin Hotel lt. 67, Jakarta (29/1/2019)

Tiba di Westin Hotel hampir pukul 18. Saya langsung menuju Henshin di lantai 67. Belum ramai. Beberapa orang terlihat di balkon, bercengkerama dan ngobrol entah apa. Katanya sih mereka para youtuber dan media. Karena banyak nggak kenal, saya belagak asyik, padahal merasa sendirian. Eh ada Mikail deng. Ya, cuma dia doang yang saya kenal 😂

Untunglah ada Mas Eko yang menemani saya berfoto-foto gembira mengabadikan suasana petang Jakarta dari ketinggian. Oh ya, ada Punipun juga saat itu, BA ASUS ROG yang imut cantik dan menggemaskan. Tapi dia kan nggak kenal saya 😂

Acara diawali dengan makan malam dulu. Menu-menu enak tersaji, bebas untuk diambil dan disantap. Saya sedang makan ketika suami datang. Ia langsung ke musola untuk salat magrib, setelah itu ikut makan. Ini pertama kalinya suami ikutan acara ASUS, atas ijin Mbak Marisa. Makasih ASUS! 

Sore bersama mbak Erlyn (Caroline) dan Mas Eko

Pasukan BLUS: Mas Eko, Shintaries, Horas, dan saya.

Askar dan mas Eko lagi 😃

Mikail (baju biru) dan rekan-rekan youtuber

Usai makan malam, langsung deh ke pokok acara. Malam itu acara dipandu oleh Jessica, MC andalan ASUS yang cantik ulala. 

Peluncuran serta presentasi produk dilakukan oleh 3 pejabat ASUS yakni Galip Fu (Marketing Manager ASUS Indonesia), Alistair Wu (Country Product Manager ASUS), dan Hendra Wijaya (ASUS ROG Product Marketing). 

Sesi kuis Kahoot dan doorprize menambah keseruan acara. Bahkan diujung acara, ada @diskopantera segala. Suasana jadi meriah! Oh tapi, malam itu Mas DJ @diskopantera nya diangguri oleh media dan youtuber. Musik dan lagu sudah jrang jreng menghentak, tapi nggak ada yang nge-dance, apalagi bernyanyi. Dasar anak Milenial! 😂😂😂😂😂 

Beda banget deh ah dengan after party waktu di Pullman (17/1/2019). Dari awal sampai akhir nggak ada Blus yang nggak seru. Semua menggerakan badan, mengikuti irama musik. Bahkan saat DJ nya kelar, semua masih minta nambah saking larut dalam suasana pesta. Ya, malam itu berbeda. Dan saya berusaha untuk tidak lekas-lekas pulang, biar mas DJ nya nggak merasa ditinggal sendiri 😁 Tapi akhirnya pulang juga, sebelum acara berakhir. 

Khas @diskopantera banget nih. Kepala diikat tali, wajah ditempelin stiker 😂



Saya nyimak presentasi nggak? Nyimak dong. Meski suara media malam itu berisik banget haha. Sampai diingatkan beberapa kali oleh MC supaya diem dulu saat presentasi berlangsung. Kenapa saya nyimak? Biar nggak buta-buta amatlah tentang ROG. Masa cuma ngerti Zenfone dan Zenbook doang tapi ROG nya enggak 😄 

Selain itu, kalau nyimak dan ngerti dengan apa yang dibahas, bakal berguna banget saat ikutan kuis Kahoot! Biar bisa jawab pertanyaan dengan mudah, dan berpeluang bawa pulang ROG G-Shock. Yeay! 

Sesi kuis ROG

Nah, saya kan ikut kuisnya tuh, tapi selalu kalah cepat. Sebabnya selalu kelamaan mencari pilihan jawaban yang ada di bawah layar, ketutup oleh para media yang duduk di barisan depan. Saya yang mungil duduk belakang jadi nggak keliatan. Wassalam dah wkwk. Akhirnya cuma bisa memotret keseruan acara kuis. Ealah pas lagi seru-serunya, kuisnya diulang karena ada kesalahan haha. Makin maleslah ikutan. Akhirnya pasrah, lupakan kuis. Eeeh nggak tahunya malah menang dapat jam dari doorprize. Huaaaa…hatiku gembira! Alhamdulillah. Ditambah, pulangnya dikasih goodie bag yang ada jaket ROG nya, huaaa makin senang! 







Mengenai jaket ROG, saya memang sudah lama pingin punya. Tapi ya sekedar pingin saja, nggak sampai minta-minta. Nggak enak euy kalau bukan pas acaranya. Jadi, nunggu dibagi-bagi saja lah. Eh, siapa sangka di event ROG Reborn ini goodie bag-nya berisi Jaket ROG. Warbiyasaaaak ASUS mah ya. Jaket kece dijadiin gudibek

Mas Danu yang membagikan goodie bag. Saat tahu di dalamnya ada jaket, auto girang dong. Eh, abis itu gantian Mas Firman ikut kasih goodie bag, tapi ke Mas Arif. Jiyaaaah jadi dapat lagi. Kita udah nolak dong, masa dapat dua? Tapi kata Mas Firman gak apa-apa. Ya udaaaaah rejekiiiii kami. Alhamdulillah. 

Nah, gitu deh cerita norak-norak bergembira dapat hadiah. Happy pokoknya. Mau bilang aja sih, ASUS tuh murah hati banget, selalu bagi-bagi hadiah. Jadi semangat terus kan buat hadir di tiap undangan acaranya. Pastinya jadi makin suka untuk turut berbagi info tentang produk-produknya ASUS. 

G-Shock GA-710 1ADR

Jaket ROG

Selanjutnya yuk mari kita ulas tentang ROG monsternya.

Laptop gaming pertama berbasis chip grafis GeForce RTX

ASUS memperkenalkan laptop gaming pertama berbasis chip grafis GeForce RTX pertama di Indonesia, yaitu ROG G703GX. Laptop yang dikategorikan sebagai ROG Monster ini hadir dengan performa ultra-kencang yang disokong oleh hardware kelas atas terbaru, salah satunya adalah chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2080.

“Jika ada sebuah laptop gaming yang sangat bertenaga, ROG G703 adalah jawabannya,” ujar Jimmy Lin, Country Manager ASUS Indonesia. “Laptop gaming ini dirancang khusus untuk gamer yang haus akan performa dan bisa menampilkan framerate tiga digit dengan mudah,” lanjutnya.



Selain ditenagai oleh chip grafis GeForce RTX 2080, ROG G703GX juga hadir dengan prosesor ultra-kencang yaitu Intel Core i9 versi factory overclocked. Berbagai keunggulan dari seri pendahulunya juga tetap dihadirkan, seperti sistem pendingin khusus sehingga memastikan performa stabil disegala kondisi.

Penakluk PC desktop

Tidak seperti ROG Strix GL504GW Scar II dan ROG Strix GL704GV Scar II yang juga dirilis hari ini, ROG G703GX hadir dengan bodi yang lebih besar. Namun di balik ukuran bodinya tersebut, terdapat segudang fitur premium yang membuat ROG G703GX hadir untuk menantang langsung dekstop PC kelas high-end yang ada saat ini. 



Sama seperti desktop PC, ROG G703GX dilengkapi dengan port yang sangat lengkap mulai dari USB 3.1 Gen2 (Type-C dan Type-A), HDMI 2.0a, hingga Mini DisplayPort. Yang menarik lagi, port USB Type-C pada laptop ini sudah mendukung konektivitas Thunderbolt 3 yang memiliki kecepatan transfer data sangat tinggi. Salah satu port USB Type-A pada ROG G703GX juga telah dilengkapi dengan fitur AUS USB Charger Plus sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone atau gadget lainnya.

Tambahan port lainnya adalah LAN port untuk gamer yang ingin bermain dengan konektivitas lebih stabil, serta sebuah SD Card Reader untuk memudahkan transfer data antar gadget. Berbeda dengan laptop pada umumnya, ROG G703GX hadir dengan dua audio jack. Satu didedikasikan untuk mikrofon dan satu lagi merupakan combo audio jack.

Berbicara soal audio, ROG G703GX mengoimbinasikan ESS patented HyperStream DAC dan Time Domain Jitter Eliminator agar dapat menghasilkan suara yang sangat realistis. Tentu saja dukungan teknologi 7.1-Channel Surround Sound dari Sonic Studio III hadir di laptop ini untuk menghasilkan suara yang jernih dan powerful.



Beralih ke layar, ROG G703GX menggunakan layar ultra-responsive berukuran 17,3 inci. Layar dengan panel IPS-level tersebut hadir dengan refresh rate 144Hz dan response time 3ms (grey-to-grey). Ditambah dengan dukungan NVIDIA G-Sync, ROG G703GX dipastikan dapat menghadirkan tampilan grafis terbaik di dalam game dengan lancar, tanpa tearing dan stuttering.

“ROG G703GX tidak hanya hadir untuk menantang semua laptop gaming yang ada saat ini. Ia juga merupakan pesaing kuat desktop PC,” jelas Jimmy. “Fitur terbaik yang ada di desktop PC didesain ulang dan dihadirkan di laptop ini, menjadikannya perangkat terbaik untuk menggantikan desktop PC Anda.” 

ROG G703GX juga hadir dengan keyboard yang dirancang khusus untuk bermain game yang telah dilengkapi dengan teknologi eksklusif HyperStrike Extreme. Selain menghadirkan hotkey dan tombol khusus, teknologi HyperStrike Extreme juga membawa desain ergonomis ke setiap tombol keyboard ROG G703GX.

Setiap tombol keyboard laptop ini memiliki travel distance sejauh 2,5mm yang ideal untuk bermain game sekaligus mengetik. Didukung dengan teknologi N-Key Rollover dan fitur anti-ghosting, keyboard pada ROG G703GX dapat memastikan setiap input ditampilkan secara akurat, memastikan gamer mendapatkan kontrol yang akurat dan nyaman.

Setiap tombol keyboard ROG G703GX juga dirancang dengan durabilitas tinggi dan tahan ditekan berkali-kali. Tingkat ketahanan tombol keyboard pada laptop ini bahkan mencapai 20 juta kali tekan. Ditambah dengan fitur Aura RGB Lighting, tampilan keyboard ROG G703GX dapat disesuaikan dengan selera setiap gamer. 



Sistem pendingin super 

Berbeda dengan laptop gaming lainnya, ROG G703GX dilengkapi dengan sistem pendingin khusus heavy-duty HyperCool Pro. Sistem pendingin eksklusif ini membuat setiap komponen di dalam ROG G703GX tampil dengan performa maksimal tanpa terhalang oleh masalah overheat.

Heavy-duty HyperCool Pro memanfaatkan dua kipas 12v yang sangat bertenaga untuk menghasilkan aliran udara kencang. Didukung dengan chassis khusus yang memiliki empat jalur pembuangan udara panas, ROG G703GX dipastikan tetap dapat tampil dengan performa maksimal meski sedang dalam keadaan full-load.

Gamer juga memiliki kontrol penuh terhadap sistem pendingin khusus di ROG G703GX. Melalui aplikasi Armoury Crate, gamer dapat mengatur kecepatan kipas pada sistem pendingin ROG G703GX secraa manual atau membuat sistem mengatur kecepatan kipasnya secara otomatis. 



Performa ultra-powerful 

ROG G703GX merupakan laptop berbasis GeForce RTX dari ASUS dengan spesifikasi tertinggi saat ini. Ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 yang dilengkapi dengan memori GDDR6 sebesar 8GB, ROG G703GX merupakan salah satu laptop dengan performa grafis terbaik yang ada saat ini. Berdasarkan hasil benchmark menggunakan 3DMark Fire Strike, GeForce RTX 2080 memiliki performa 23% lebih kencang dibandingkan GeForce GTX 1080 yang merupakan chip grafis generasi sebelumnya.

GeForce RTX merupakan GPU gaming terbaru dari NVIDIA. GPU yang menggunakan arsitektur Turing tersebut hadir dengan CUDA Core serta RT Core yang dapat menghadirkan kualitas visual luar biasa berkat dukungan teknologi ray tracing. GeForce RTX juga sudah dilengkapi Tensor Core yang dapat mengakselerasi performa AI. Gabungan teknologi terbaru tersebut membuat jajaran laptop terbaru ROG mampu menghadirkan sajian visual lebih nyata sekaligus menetapkan standar baru di industri laptop gaming.

ROG G703GX ditenagai oleh prosesor super cepat Intel Core i9-8950HK yang memiliki konfigurasi 6 core 12 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4,8GHz. Intel Core i9-8950HK juga merupakan prosesor Intel untuk laptop consumer paling kencang saat ini dan telah menggunakan arsitektur 14nm.



Performanya semakin powerful berkat penggunaan teknologi penyimpanan HyperDrive Extreme yang mengkombinasikan tiga NVMe PCIe SSD berkapasitas masing-masing 512GB pada konfigurasi RAID 0  sehingga bisa menghadirkan kecepatan baca hingga 8700MB/s, tercepat di antara semua laptop gaming yang ada hingga saat ini.

Main Spec.
ASUS ROG G703GX
CPU
Intel Core i9-8950HK Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.8GHz) 
Operating System
Windows 10
Memory
64GB DDR4 2666MHz SDRAM
Storage
3 x M.2 NVMe PCIe SSD 512GB with RAID 0 configuration
Display
17,3” (16:9) IPS-level FHD (1920x1080), 144Hz 3ms G-Sync
Graphics
Nvidia GeForce RTX 2080 8GB GDDR6 VRAM
Input/Output
1 x HDMI 2.0a, 1x Mini DisplayPort 1.4, 1 x USB 3.1 port (Gen 2) with Thunderbolt 3, 3 x USB 3.1 (Gen2), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x Ethernet port, 1 x Microphone Jack
Camera
HD Web Camera
Connectivity
802.11ac Wave 2 Wi-Fi, Bluetooth 5.0
Audio
2x 2W speakers + 2x 4.5W speakers with Smart AMP technology, ESS Hi-Fi DAC, Array Microphone
Battery
71WHrs, 4S2P, 8-cell Li-ion
Dimension
42.5(W) x 31.9(D) x 4.75 ~ 5.10(H) cm
Weight
4,7Kg with Battery
Colors
Titanium Metal
Price
Rp80,999.000
Warranty
2 tahun garansi global


Laptop Gaming Berbasis GeForce RTX Pertama di Indonesia
Tiga laptop gaming ASUS ROG terbaru hadir dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX yang powerful

GeForce RTX merupakan GPU gaming terbaru dari NVIDIA. GPU yang menggunakan arsitektur Turing tersebut hadir dengan CUDA Core serta RT Core yang dapat menghadirkan kualitas visual luar biasa berkat dukungan teknologi ray tracing. GeForce RTX juga sudah dilengkapi Tensor Core yang dapat mengakselerasi performa AI. Gabungan teknologi terbaru tersebut membuat jajaran laptop terbaru ROG mampu menghadirkan sajian visual lebih nyata sekaligus menetapkan standar baru di industri laptop gaming.

ASUS ROG G703GX, laptop gaming super kencang pengganti PC desktop

ROG G703GX merupakan laptop gaming NVIDIA GeForce RTX 2080 pertama di Indonesia. Laptop ini juga memiliki spesifikasi paling tinggi di antara tiga laptop gaming yang dikenalkan ASUS hari ini.  ROG G703GX diposisikan sebagai desktop replacement dan hadir dengan hardware serta performa kelas PC desktop.

“ROG G703GX dirancang untuk satu tujuan: menaklukkan semua game yang ada saat ini pada pengaturan grafis maksimal seperti halnya bermain game di PC desktop high-end,” jelas Jimmy. “Untuk itulah ASUS menyematkan berbagai komponen hardware terbaik untuk menghasilkan performa luar biasa yang bisa menyaingi PC desktop,” tambahnya.


ROG G703GX ditenagai oleh prosesor super cepat Intel Core i9-8950HK yang memiliki konfigurasi 6 core 12 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4,8GHz. Intel Core i9-8950HK juga merupakan prosesor Intel untuk laptop consumer paling kencang saat ini dan telah menggunakan arsitektur 14nm. 



Menemani prosesor tersebut adalah chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 yang juga merupakan salah satu chip grafis paling kencang dari NVIDIA saat ini. GeForce RTX 2080 yang diusung di ROG G703GX kali ini hadir dengan memori GDDR6 terbaru yang sangat kencang berkapasitas 8GB. Dukungan teknologi ray tracing terbaru pada chip grafis ini memastikan ROG G703GX dapat menghadirkan kualitas visual terbaik untuk para gamer.

ROG G703 menggunakan layar dengan panel IPS-level yang memiliki refresh rate hingga 144Hz, 3ms grey-to-grey (GTG) response time, serta dukungan teknologi NVIDIA G-SYNC untuk pengalaman bermain super lancar tanpa stuttering dan tearing bahkan di pengaturan grafis tertinggi. ROG G703 juga hadir dengan teknologi penyimpanan HyperDrive Extreme yang mengkombinasikan tiga NVMe PCIe SSD berkapasitas masing-masing 512GB pada konfigurasi RAID 0  sehingga bisa menghadirkan kecepatan baca hingga 8700MB/s, tercepat di antara semua laptop gaming yang ada hingga saat ini.

Meski masih menggunakan desain laptop gaming tradisional, ROG G703 tetap bisa diandalkan sebagai perangkat bergerak. Laptop ini tetap bisa digunakan di atas pangkuan penggunanya dan tetap tampil layaknya sebuah laptop. Di sisi lain, ROG G703 merupakan laptop gaming dengan performa kelas desktop yang dapat melahap semua game terkini tanpa kompromi.

ASUS ROG Strix GL504GW Scar II, semakin powerful dengan GeForce RTX 2070
ROG Strix GL504GW Scar II merupakan generasi terbaru dari lini laptop gaming ROG GL504 Scar II yang sangat populer di kalangan gamer. Kali ini, ASUS menghadirkan pembaruan melalui penggunaan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 yang membuat ROG Strix GL504GW Scar II bagaikan terlahir kembali dengan performa yang lebih kencang dari sebelumnya.

Laptop gaming ini hadir dengan prosesor Intel Core i7-8750H yang memiliki 6 core serta 12 thread. Prosesor yang memiliki kecepatan pemrosesan hingga 4,10GHz ini juga ditemani oleh RAM DDR4 2666MHz berkapasitas 16GB. Dikombinasikan dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2070, ROG Strix GL504GW Scar II dapat menghadirkan performa gaming terbaik dalam bodi yang ringkas.

ROG Strix GL504GW Scar II masih hadir dengan beragam keunggulan dari seri sebelumnya. Teknologi eksklusif seperti NanoEdge Display dan Anti-Dust Cooling tetap dihadirkan di laptop gaming ini. Sementara layarnya masih mengusung standar eSports dunia dengan refresh rate 144Hz dan response time 3ms (grey-to-grey), menjadikan ROG Strix GL504GW Scar II sebagai salah satu laptop terbaik untuk gamer eSports. 



ASUS ROG Strix GL704GV Scar II, performa kencang dalam sajian layar besar
Gamer yang menginginkan laptop ROG Strix dengan layar lebih besar dapat memilih ROG Strix GL704GV Scar II sebagai senjata utamanya. Laptop berlayar 17 inci ini kembali hadir dengan chip grafis yang lebih powerful dari seri sebelumnya, yaitu GeForce RTX 2060. Penggunaan chip grafis tersebut membuat ROG Strix GL704GV Scar II kini dapat mendukung ray tracing, sebuah teknologi visual baru yang dapat membuat pengalaman bermain game lebih realistis.

ROG Strix GL704GV Scar II juga mengandalkan prosesor Intel Core generasi ke-8 serta dibekali dengan RAM DDR4 berkecepatan 2666MHz yang memiliki kapasitas sebesar 16GB. Agar performanya lebih optimal, laptop gaming ini juga dibekali dengan M.2 NVMe PCIe SSD serta sistem pendingin khusus agar setiap komponen dapat berkerja sempurna.

Harga dan ketersediaan
Tiga laptop gaming terbaru ASUS yang mengusung chip grafis NVIDIA GeForce RTX kali ini mulai dapat dipesan di mitra e-commerce ASUS yaitu JD.id, BliBli.com, Tokopedia, Lazada, Bhinneka, dan Shopee pada tanggal 29 Januari 2018 pukul 21.00 WIB. Untuk harganya, ROG Strix GL704GV Scar II dibanderol Rp36.999.000 dan ROG Strix GL504GW Scar II dibanderol Rp40.999.000. Sedangkan ROG G703GX dibanderol Rp80.999.000.





Tentang ASUS

ASUS kembali menunjukkan pertumbuhan yang positif di 2018. Sampai bulan November 2018, GfK menyebutkan, pangsa pasar laptop consumer ASUS di Indonesia naik ke angka 41,8 persen. Meningkat dari angka 41,2 persen pada kurun waktu yang sama setahun sebelumnya.

Di segmen notebook ultrathin, ASUS juga terus mengalami peningkatan market share. Berdasarkan catatan GfK hingga November 2018, ASUS berhasil meningkatkan eksistensi di pasaran Indonesia, menjadi 23,0 persen. Sebagai gambaran, di tahun sebelumnya, pangsa pasar Asus di segmen ultrathin hanya 5,4 persen saja. Catatan tersebut menunjukkan bahwa laptop seri ASUS ZenBook ataupun VivoBook sudah semakin meraih perhatian pengguna di seluruh Indonesia.

Pada segmen notebook gaming berbasis Nvidia GTX, ASUS juga kembali menorehkan prestasi. Sampai penghujung November 2018, market share ASUS untuk seluruh laptop gaming berbasis Nvidia GeForce GTX mencapai 60,1 persen. Secara spesifik, Asus mendominasi di segmen GTX1050 dengan 47,5 persen pasar, di segmen GTX1050Ti dengan 78,2 persen serta 60,5 persen di pasar laptop gaming berbasis Nvidia GeForce GTX1060.

ASUS juga merupakan salah satu perusahaan yang termasuk dalam daftar World’s Most Admired Companies dari majalah Fortune dan berdedikasi untuk menghadirkan berbagai jenis produk komprehensif seperti Zenbo, ZenFone, ZenBook dan rangkaian perangkat IT serta komponen lain, termasuk AR, VR dan IoT.

Saat ini ASUS memiliki lebih dari 16.000 orang karyawan di seluruh dunia, di mana 5.000 orang di antaranya adalah insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) berkelas dunia. Di tahun 2017 lalu, ASUS juga berhasil mendapatkan revenue sebesar 13 milar dolar AS. Sebagai bukti dari komitmen terhadap inovasi, desain dan kualitas, ASUS telah memenangkan 4.511 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT sedunia di tahun 2016, dan telah meraih lebih dari 721 penghargaan untuk seri Zenfone sejak tahun 2014. 

Sudah share? Saya sudah dong. Cek IG @katerinadaily

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon