Zenfone 5, Wujud Resolusi #2018GantiHP, Kameranya Juara!

15.17
ASUS Zenfone 5 - Awal tahun 2018 saya membuat resolusi: #2018GantiHP. Alhamdulillah rejeki menghampiri, pada bulan Juli resolusi itu terwujud. Sejak itu saya pakai Zenfone 5, sampai sekarang. ASUS Zenfone 5 hadir menggantikan Zenfone 3 yang telah 2 tahun menemani keseharian saya dalam berbagai aktivitas. 6 bulan berlalu sejak pertama menggunakan, dan ini saatnya saya berbagi pengalaman menggunakan kameranya. Yes, kamera Zenfone 5.  

ASUS ZenFone 5 #Backto5

ASUS ZenFone 5 adalah sebuah mahakarya dalam desain dan bentuk. Dibuat dengan sekumpulan inovasi tinggi dari para engineer yang bekerja tidak hanya dengan skill yang tinggi, tetapi juga dengan passion luar biasa. Pada 17 Mei tahun 2018 lalu, Zenfone 5 diperkenalkan pertama kali di Indonesia sebagai sebuah kesempurnaan terbaru untuk para pengguna smartphone di Indonesia. 

Satu hal yang paling ingin saya katakan tentang Zenfone 5 adalah: Kameranya juara! Juara dari semua HP ASUS yang pernah saya punya ๐Ÿ˜Š

ASUS Zenfone 5

AI Cameras that Think for You
Intelligent cameras that learn to think like you
AI Scene Detection. Real Time Portraits. AI Photo Learning. Real-time Beautification.

ZenFone 5 dilengkapi dengan sistem dual kamera dengan fitur AI (Artificial Intelligence) yang pintar yang dapat memenuhi kebutuhan dan juga menyesuaikan kebutuhan pengguna. AI pada ZenFone 5 membantu untuk mengambil foto yang sempurna setiap saat dan apapun objeknya, tanpa harus berpikir. Jadi kita bisa fokus pada objek, bukan pada kamera dan selalu mendapatkan hasil yang terbaik setiap saat. ZenFone 5 mengubah fotografi mobile, memberikan cara yang lebih sederhana untuk mengambil dan membagikan setiap momen berharga. 

Dalam pengertian yang lebih sederhana, teknologi AI Camera pada ZenFone 5 akan meningkatkan kualitas fotografi menjadi lebih baik lagi. AI akan memanfaatkan kamampuan hardware dan software yang telah ada untuk kemudian melakukan improvisasi yang lebih maksimal dalam aspek fotografi.  

ASUS Zenfone 5: Tanjung Tinggi, BELITUNG

Beragam Teknologi Artificial Intelegent (AI)

Sejak pertama kali diperkenalkan pada khalayak, ASUS ZenFone 5 digadang-gadang sebagai smartphone dengan segudang kecanggihan di dalamnya. Termasuk di antaranya adalah adanya teknologi kecerdasan tiruan (artificial intelegent) pada setiap fitur-fiturnya. 

Artificial Intelegent (AI) melekat pada setiap fitur di ZenFone 5, seperti misalnya pada kamera, baterai performa, hingga ringtone. Semua teknologi AI ini hadir untuk memberikan suguhan pengalaman penggunaan yang luar biasa, serta ingin menunjukkan bahwa ASUS merupakan salah satu vendor smartphone terbaik dalam hal inovasi teknologi.  

ASUS Zenfone 5: Museum Fatahillah, Kota Tua JAKARTA

Teknologi AI Camera

Teknologi AI camera pada ZenFone 5 memuat beberapa teknologi turunan seperti AI Scene Detection yang dapat mengenali hingga 16 skenario momen ataupun objek pemotretan secara pintar. AI akan melakukan analisa pada objek foto untuk kemudian melakukan enhance secara otomatis pada setting kamera dengan algoritma yang dimiliki untuk mendapatkan hasil foto yang lebih sempurna.

Sebagai contoh, semisal ingin memotret objek dari dekat seperti dedaunan atau hewan peliharaan. Tanpa perlu pusing melakukan setting khusus pada kamera, teknologi AI akan mengenali objek apa yang ingin difoto untuk kemudian membuatnya hasil fotonya memiliki saturasi warna yang pas, tajam dan jelas. 

Kameranya juga masih memiliki teknologi AI lain seperti Photo Learning dan Real Time Beautification. Fitur yang pertama, AI Photo Learning, akan mempelajari karakteristik dan keunikan hasil fotografi yang kita buat, untuk kemudian menyesuaikan tone warna foto sesuai dengan karakteristik ke depannya.

Sementara Real Time Beautification mampu secara pintar membawa keunikan wajah, seperti misal warna kulit dan sebagainya. Untuk kemudian melakukan enhancement pada foto selfie yang diproduksi menjadi lebih baik lagi dengan meningkatkan tone warna kulit menjadi lebih bersih dan menarik. 

ASUS Zenfone 5, 120° Wide-angle camera: Festival Kebudayaan Arab di JAKARTA

DxOMark Mengakui Kualitas Hasil Foto Zenfone 5 

Kualitas hasil foto kamera ZenFone 5 telah diakui oleh DxOMark, lembaga pemeringkat kualitas kamera, lensa dan hasil foto terkemuka di dunia. Untuk ZenFone 5, smartphone ini meraih angka 90 DxO Mark Mobile dan 93 DxO Mark Photo. Hasil ini sangat baik dibandingkan smartphone-smartphone yang beredar di pasaran pada umumnya. 

ASUS Zenfone 5: Memotret dengan mode depth effect

AI Pada Performance

Selain pada kameranya, ZenFone 5 juga memiki AI pada perfomance yang dinamakan dengan AI Boost. Fitur tersebut berfungsi untuk mengoptimasi performa CPU menjadi lebih baik. Melalui sebuah test yang dilakukan secara internal, score benchmark Antutu ASUS ZenFone 5 tanpa menggunakan AI Boost adalah 126.813. Sementara ketika AI Boost dinyalakan performa meningkat drastis menjadi 142.945. Adapun perfoma untuk ZenFone 5Z merupakan yang tertinggi yakni mencapai 267.587 dalam kondisi standar dan mencapai 271.360 saat menggunakan AI Boost.

ZenFone 5 juga memiliki AI Display. Ketika kita tidak sedang menatap layar, display akan dimatikan. Tetapi ketika melihat terus ke arah layar, display akan tetap menyala.

ASUS Zenfone 5: Surabaya

ASUS Zenfone 5: Yogyakarta

Dual Camera
Built to capture your whole wide world
Sony IMX363. 5x light sensitivity. F 1.8 aperture. Sensor size 1/2.55. 1.4ยตm Pixel size. 120° Wide-angle camera. Night HDR.

Sistem dual kamera pada ZenFone 5 menggunakan hardware yang paling bagus sehingga dapat meningkatkan kualitas fotografi dan mendapatkan hasil foto yang paling jernih dan terang setiap saat dan dalam kondisi apapun. 

ZenFone 5 memiliki sistem dual-camera cerdas yang bisa menyesuaikan dan belajar, memberikan foto yang sempurna setiap saat. Dilengkapi dengan sensor Sony IMX363 andalan terbaru dengan besar piksel 1,4ฮผm, lensa dengan bukaan f/1.8, kamera sekunder wide angle 120°, stabilisasi four-axis optical image (OIS) dan fitur kamera AI - termasuk AI Scene Detection untuk 16 scene dan objek yang berbeda, AI Photo Learning, Potret Real-time dan Real-time Beautification ZenFone 5. 

Dengan kamera utama yang sangat sensitif dan juga wide angle pada kamera kedua, subjek apapun, seperti pemandangan, pantai, pemandangan malam, foto keluarga atau selfie, ZenFone 5 dapat mengabadikannya dengan sempurna. ZenFone 5 tidak membatasi kreativitas, jadi kita bisa fokus pada subjek yang ingin kita abadikan. 

ASUS Zenfone 5: Cottage Bukit Berahu BELITUNG

AI-powered performance
SDM636 14nm Qualcomm® Snapdragon™ 636 Mobile Platform. Advanced AI capabilities. AI Boost. 6GB Up to 6GB RAM. 64GB Up to 64GB ROM. 2.4/5GHz. Dual-band 802.11ac Wi-Fi. Featuring NFC with Google Pay2. 600Mbps. Up to 600Mbps Cat 12 LTE. 

Snapdragon 636
Model ZenFone 5 adalah smartphone pertama yang tersedia di seluruh dunia yang didukung oleh Platform Mobile Qualcomm Snapdragon 636 terbaru.

Di dalam ZenFone 5 terdapat prosesor Qualcomm Snapdragon 636 yang kuat dengan kapabilitas AI yang menggabungkan antara performa yang lancar dan responsif dengan daya tahan baterai yang kuat. ZenFone 5 didesain untuk menjalankan aplikasi yang berat dengan sangat lancar. ZenFone 5 juga memiliki konektivitas terbaik di manapun berada.

Tak perlu diragukan, ASUS ZenFone 5 hadir sebagai smartphone paling canggih saat ini yang dimiliki oleh ASUS. Selayaknya sebuah masterpiece, perangkat ini diciptakan dengan kesempurnaan, mulai dari desain hingga fitur-fitur unggulan untuk memuaskan pengguna yang haus akan teknologi mutakhir.  

ASUS Zenfone 5: Monas JAKARTA

Dukungan Performa dengan Prosesor Mutakhir
System on Chip (SoC) Snapdragon 636 menawarkan performa hingga 75 persen lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 625. Prosesor tersebut didukung oleh RAM sebesar 4GB ditambah dengan kapasitas memori internal 64GB.

Prosesor terbaru Qualcomm untuk segmen performance tersebut memiliki set instruksi dan teknologi fabrikasi 14nm untuk membuatnya lebih efiesien dan hemat dalam hal performa. Ada 8 buah core prosesor yang siap dan cepat menjalankan perintah ataupun instruksi yang diberikan untuk memproses sebuah informasi. 

Untuk urusan grafis, ZenFone 5 memiliki dukungan chipset Adreno 509 yang performanya meningkat 10 persen lebih baik dibandingkan versi 308. Sementara sang prosesornya sendiri memiliki peningkatan 40 persen performa lebih baik dibandingkan prosesor Snadragon 630. 

ASUS Zenfone 5: Mie Ayam gerobak KKP JAKARTA


Mahakarya dalam Desain dan Bentuk
Elegantly beautiful design, robust durability.

ASUS ZenFone 5 dibuat dengan sekumpulan inovasi tinggi dari para engineer yang bekerja tidak hanya dengan skill yang tinggi, tetapi juga dengan passion luar biasa.


ZenFone 5 didesain memukau hanya dengan menggunakan material terbaik berbahan kaca yang spesial yang dibuat dengan nano molding technology (NMT), melapisi body berbahan allumunium alloy aeorspace grade di bawahnya. Memiliki potongan desain yang paling elegan. Sudut dengan kelengkungan 2.5D digabungkan dengan bodi yang mulus, memberikan tampilan yang elegan dan cantik.

Layar smartphone ini memiliki resolusi Full HD+ yakni 2.246 x 1.080 piksel. Secara keseluruhan luas penampang layarnya adalah 6,2 inci yang dikemas dalam tubuh 5,5 inci. Dibandingkan dengan smartphone full full lainya ZenFone 5 ZE620KL mempunyai aspek rasio 19:9 dengan screen to body ratio 90 persen. Artinya smartphone ini hampir tidak memiliki bezel sama sekali dan terlihat sangat indah dengan notch di atasnya.  



AI CHARGING
Charge faster, go further
3300mAh High-capacity battery 5 mins fast charging for 2 hours talk time. 60% capacity. 38 mins fast charging to 60% capacity. 22days Up to 22 days of 4G standby time. 25hrs Up to 25 hours of 3G talk time. 17hrs Up to 17 hours of Wi-Fi web browsing. AI Charging. 

ZenFone 5 memiliki stamina yang paling kuat, dan pada saat daya harus disii, teknologi ASUS BoostMaster dapat mengisi daya dengan sangat cepat. ZenFone 5 memperkenalkan pengisian daya dengan AI-powered intelligent yang memaksimalkan daya tahan baterai dan menyediakan proteksi penuh. Ini juga dapat membantu memperpanjang umur baterai. 

Dengan baterai sebesar 3.300 mAh, perangkat ini telah di-support adapter 18W untuk memaksimalkan proses pengisian baterainya. 

ASUS Zenfone 5: Wefie di Tanjung Kelayang BELITUNG

AI CALL EXPERIENCE
Clearly better calls

ZenFone 5 dapat membantu semua aktivitas Anda dengan pintar, termasuk berkomunikasi dengan orang. Ia dapat dengan pintar mengatur suara ringtone tergantung dimana Anda berada, jadi ZenFone 5 memiliki AI Ringtone yang dengan pintar mengatur volume suara sesuai dengan tingkat keributan. Waktu Anda berada di tempat yang ramai, ia akan meningkatkan volume, pada saat sunyi, volume akan dikecilkan sehingga tidak menggangu Anda. Fitur telepon yang dilengkapi AI memungkinkan ZenFone 5 beradaptasi dengan lingkungan, jadi Anda dapat selalu menikmati kualitas telepon dan rekaman. 

ASUS Zenfone 5: Wedges Kesayangan


AI MOBILE EXPERIENCE
Two easy ways to unlock your phone
Fast face unlock.  0.3S Fingerprint unlock

ZenFone 5 sekarang dapat digunakan dengan mudah. Fitur Face Unlock terbaru memungkinkan Anda untuk membuka ZenFone 5 Anda dengan mudah dengan melihatnya saja, sangat cocok saat Anda menggunakan sarung tangan. Ada juga sensor sidik jari yang dapat digunakan untuk membuka smartphone dengan cepat, dan dikombinasikan dengan kemampuan NFC pada ZenFone 5, Anda dapat menikmati keamanan semua servis, seperti Google Pay. 

ASUS Zenfone 5: The Brezze BSD

AUDIO
Intelligent immersive sound to delight your ears. AudioWizard. Dual speakers. Dual Smart AMP. Hi-Res Audio. DTS Headphone:X 

Audio pada smartphone sangatlah penting. ZenFone 5 memiliki audio yang diciptakan oleh tim audio khusus yang memastikan ZenFone 5 menggunakan hardware yang kuat, software AI dan juga kualitas audio yang dapat memuaskan telinga Anda! 

“Nama ZenFone 5 untuk pengguna di Indonesia mungkin terdengar seperti romantisme masa lalu yang kembali digaungkan-gaungkan,” ucap Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia. “Namun percayalah, ASUS ZenFone 5 tidak hanya mengandalkan romantisme masa lalu semata, tetapi lebih dari yang Anda bayangkan. Perjalanan Backto5 merupakan sebuah pencarian akan kesempurnaan,” ucapnya.

ASUS Zenfone 5: Warung Kopi Klotok Jogja 

ASUS Zenfone 5: Warung Kopi Klotok Jogja

Zenfone Paling Cerdas yang Pernah Ada

ZenFone 5 Series adalah seri ZenFone paling cerdas yang pernah ada, dengan memanfaatkan algoritma AI canggih dan analisis big data untuk memberi pengguna fitur kamera cerdas yang unik, fitur komunikasi dan kenyamanan.

Dengan desainnya yang indah, sistem dual-camera yang menakjubkan, dan didukung oleh Platform Seluler Snapdragon 636 terbaru, Zenfone 5 adalah si juara yang akan saya pertahankan dalam waktu lama  ๐Ÿ˜Š

ASUS #WeLovePhoto

Catatan:
Semua foto dalam artikel ini diambil dengan kamera Zenfone 5. Editing minor pada cropping.
Size diperkecil dari ukuran asli, resolusi ikut turun. Watermark auto dari kamera. Foto tanpa watermark berarti tidak diset terlebih dahulu.

Foto-foto lainnya bisa dilihat berikut ini:

Wefie tanpa mode beautification

Di teras rumah

Balkon Resto di The Breeze BSD

Senayan


Tanaman hias di teras rumah

Jember Fashion Carnival

Grand Zuri BSD City

Kyriad Hotel Airport Tangerang


Model
ASUS ZenFone 5 ZE620KL / ZenFone 5Z ZS620KL
CPU
Qualcomm Snapdragon 636 (64-bit 8x 1.8GHz Kryo 260) ZE620KL
Qualcomm Snapdragon 845 (64-bit 4x 2.7GHz Kryo 385 + 4x 1.7GHz Kryo 385) ZS620KL
GPU
Qualcomm Adreno 308 (ZE620KL) / Qualcomm Adreno 630 (ZS620KL)
RAM
LPDDR4 4GB (ZE620KL) / LPDDR4 6GB/8GB (ZS620KL) 
Storage
eMCP 64GB (ZE620KL) / 128GB/256GB (ZS620KL) + 100GB Google Drive (free 1 year)
Micro SD
Yes (up 2TB)
Connectivity
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac 2.4GHz/5GHz, WiFi Direct, Bluetooth v5.0
Network
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat12 600/100 Mbps (ZE620KL)
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (5CA) Cat18 1200/100 Mbps (ZS620KL)
SIM Card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 3: Supports up to 2TB MicroSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
Navigation
GPS, GLONASS, BDS
Display
6.219:9 display in 5.5" body size, FullHD+ 2246 x 1080, 90% screen-to-body ratio
550nits brightness for outdoor readability, 96% NTSC color gamut, supports DCI-P3
Auto color temperature, Smart screen on, Corning Gorilla Glass for best screen protection, Front and rear strong 2.5D glass
Video
4K @30fps, 2160x1080 @30fps, FHD @30/60/120fps, HD @30/120fps
Take still photo while recording video
Battery
3.300mAh with fast charging, AI & Scheduled Charging for battery protection
Main Rear Camera
Sony IMX363 12MP dual pixel image sensor, 1/2.55" large sensor size, 1.4ยตm large pixel size, F/1.8 aperture, Focal length 24mm / 83˚ field of view / 6p lens
5x light sensitivity low light photos (compared with a typical camera with 16MP, F1.7 & 1.12ยตm pixel size)
4-axis, 4 stops optical image stabilization (OIS) for steady photos
3-axis electronic image stabilization (EIS) for shake-free videos
World fastest 0.03s dual pixel autofocus (100% pixel used for focusing)
Subject tracking autofocus for both photos and videos
Color correction (RGB) sensor for the best white balance and natural-looking colors
2nd Rear Camera
8MP AF (OV8856), F/2.0 aperture, 120° wide-angle camera
200% wider view for more friends and scenery in the frame
Front Camera
8MP FF (OV8856), F/2.0 aperture, 1.12um pixel size, 5P lens, Screen Flash
Beauty mode /140°selfie panorama / YouTube Live
Camera Mode
Rear: Auto mode with Night HDR and Protrait / Pro mode for 32s long exposure / Beauty mode / Super Resolution mode for 48MP / GIF animation mode / Panorama mode / Slow Motion mode / Time Lapse mode
Front: Auto mode with Night HDR and Protrait / Beauty mode / GIF animation mode / Selfie Panorama mode
AI Camera Features
16-scene AI Scene Detection: Food, Sky, Green Field, Plant, Ocean, Sunset, Snow, Flower, Stage, Dog, Cat, People, Text, Tripod, QR code, Night View
AI Photo Learning, Real-time Portrait (Dual camera effect), Real-time Beautification
Sensor
Accelerator, E-Compass, Proximity sensor, Ambient light sensor, Gyroscope, RGB sensor, fingerprint, NFC, Face unlock
OS
Android™ O with new ASUS ZenUI 5.0 (will update to Android P)
Dimension
153*75.6*7.7 mm
Weight
155 grams
Harga
Rp3.999.000 (flash sale) / Rp4.299.000 (reguler) – ZenFone 5 ZE620KL
Rp6.499.000 (6GB/128GB) / Rp7.499.000 (8GB/256GB) – ZenFone 5Z ZS620KL
Warna
Deepsea Black, Sunlight Gold

Jatijajar Depok

Ramen Hong Tang AEON Mall BSD City

RM Betawi Teras Kota BSD

Masjid Roudhotul Muchlisin Jember

Naik Commuter Line
ASUS Zenfone 5: Tanjung Tinggi BELITUNG

Pengalaman saya memotret dan dipotret menggunakan Zenfone 5 belum lama, baru 6 bulan. Masih singkat, masih belum dahsyat membuat foto-foto cetar, tapi inilah dari saya. Kenapa saya menonjolkan foto-fotonya saja? Karena HP satu ini memang saya andalkan untuk aktivitas foto-foto kapan pun  dan di mana pun saya ingin. 

HP canggih dengan kamera mumpuni sudah lekat dalam genggaman, berikut segala fitur yang menyertainya. Namun bagus atau tidaknya foto, tergantung dari siapa yang pegang kamera. Kalau saya pribadi, masih harus banyak meningkatkan skill memotret supaya smartphone ini betah di tangan saya.

Zenfone 5 cocok buat para lifestyle shutterbug seperti saya yang gemar mengabadikan dan berbagi momen sehari-hari dalam foto-foto berkualitas. Ia juga cocok bagi para technology enthusiast yang selalu memperhatikan perkembangan teknologi tertentu.

Zenfone 5 adalah teman baik ๐Ÿ‘



ASUS Zenfone 5 
ZE620KL 4GB/64GB
Harga resmi di pasaran saat ini Rp 4.499.000,-



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
11 Januari 2019 16.52 delete

2019 ganti HP, pokoknya keren :)

Reply
avatar
12 Januari 2019 06.47 delete

ZenFone 5 memang keren kameranya. Aku dipotret beberapa kali oleh Deddy pake ini. Seeenneenng banget sama hasilnya

Reply
avatar
13 Januari 2019 13.56 delete

Emang juara hasil foto Zenfone 5 untuk kelas smartphone ya... Seandainya kapasitas batre lebih tinggi lagi ๐Ÿ˜

Reply
avatar
15 Januari 2019 14.49 delete

Iya, Mba. Kameranya juara banget. Bikin mupeng...hihihi

Reply
avatar
1 Februari 2019 20.53 delete

tahun baru, pastinya ponsel baru mbak. hehehe

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon