6 Kegiatan Menarik Yang Bisa Dilakukan Saat Menginap di Clove Garden Hotel & Residences Bandung

21.09
Kolam Renang Clove Garden Hotel & Residences

Clove Garden Hotel & Residences Bandung menghadirkan suasana berlibur setiap hari. Tak keliru saya mengajak keluarga menginap di hotel bintang empat ini. Kendati menempuh perjalanan jauh Jakarta-Bandung, tetapi apa yang kami dapatkan selama tinggal membuat kami puas dan merasakan bahagia. 

[Baca dulu cerita sebelumnya : Pengalaman Menginap di Clove Garden Hotel & Residences Bandung]

Berlibur berarti bersantai, membiarkan waktu bergerak dengan lamban, bebas dari ketergesaan, dan gembira dalam segala suasana. Kami menikmati waktu demi waktu hanya di hotel. Tak ada niatan untuk menghabiskan waktu di jalan dengan keliling Bandung. Ketenangan dan keindahan sudah didapatkan di hotel, apa lagi yang mesti dicari di luar? Sayang juga melewatkan apa yang sudah disediakan, bukan?
 
Taman yang menyatu dengan alam
Kids corner
Private Jacuzzi dalam Executie Suite yang kami tempati

Jadi, kami di hotel saja. Menemani anak bermain di taman untuk mendengarkan suara serangga, melihat kupu-kupu hinggap dan beterbangan. Menemani suami menghirup udara segar, mengajaknya memotret dari rooftop sky garden dan sky lounge, lalu duduk santai di depan jendela kamar menikmati pemandangan, hingga berlama-lama berendam dalam jacuzzi.

Di antara semua itu, tentu saja ada kegiatan menarik yang telah disediakan oleh hotel untuk tamu, tinggal pilih mana yang disukai. Kalau saya suka semuanya. Mulai dari Yoga Class, Hydroponic Class, Coffee Class, hingga Sunday Running.  

Menikmati suasana malam dari jendela kamar jacuzzi


Anak bermain di taman, mencari sumber suara serangga tonggeret

1. Yoga Class setiap Sabtu jam sembilan pagi. Tempatnya di taman dekat kolam, di area jogging track. Saya sih berharapnya free, tapi mungkin untuk kali ini tidak. Untuk ikut kelas ini dikenakan biaya Rp 50 ribu per orang. Ah, ternyata tidak terlalu mahal ya. Ikut saja enaknya, sayang kalau dilewatkan. 

Kelas Yoga dilakukan di sini, taman dekat kolam renang
Photo by Clove Garden Hotel & Residences


2. Coffee Class tiap dua minggu sekali di Coffee Shop Eugene The Goat. Nah, kegiatan gratis ini mengajak tamu untuk belajar mengenal jenis kopi. Sambil belajar, nanti tiap orang dapat secangkir kopi gratis. Mencicipi dan menikmati langsung di kafe, sambil bersantai menikmati suasana dari ketinggian. Ini tentu asyik sekali, bukan? 

Isinya kopi apa hayooo?
Outdoor-nya Coffee Shop Eugene The Goat
Semi outdoor

3. Hydroponic Class dilaksanakan tiap Sabtu jam 1 siang. Kebunnya ada di pojok lobi transit, dekat Coffee Shop Eugene The Goat. Sayur-mayur tampak berderet, warnanya hijau dan merah segar dalam paralon panjang yang menjadi tempatnya tumbuh. Saya agak kaget sewaktu Mas Yudha (marcomm Clove Garden) bercerita bahwa sayur yang disajikan untuk salad dalam menu buffet saat sarapan adalah sayur dari kebun hydroponic milik hotel. Wah pantesan segar. Rupanya dipetik dari kebun.

Kelas berkebun ini free. Suami saya semangat sekali ingin ikut kelas ini he he. Kalau kamu? 

Segar-segar dan sehat


Dijadikan bahan untuk salad dan disajikan untuk tamu

4. Sunday Running setiap Minggu pagi. Kegiatan lari ditemani oleh pihak hotel. Hari Minggu lalu (10/4), tamu-tamu yang ikut lari ditemani Tata dan Husni dari tim Sales & Marketing Clove Garden Hotel & Residence. Jarak tempuh lari sekitar 1 kilometer dari hotel, menanjak ke arah Mountain View Golf Club. Di atas, pemandangan alam terlihat lebih menakjubkan. Perbukitan dan pegunungan tampak berbaris seperti punggung naga, berwarna kebiruan saking jauhnya, sementara lautan awan tampak putih menutupi apa yang ada di bawahnya. Ya, dari ujung rute lari, awan seperti lebih rendah. Pemandangannya indah sekali. Sehat dengan lari, mata pun dimanjakan dengan keindahan alam.

Lari bareng Husni dan Tata, bisa liat pemandangan ciamik di latar belakang
Sehat dan segar usai olah raga :D


5. Berenang sepertinya sudah menjadi kegiatan wajib yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Tidak peduli dengan suhu udara Bandung yang dingin, pagi-pagi jam enam sudah minta diajak nyemplung ke kolam. Bagaimana tidak peduli dingin kalau air kolamnya ternyata menggunakan air hangat hehe. Ya, kolam untuk anak di hotel ini memang menggunakan air hangat, sehingga tidak akan menggigil kendati berendam lama-lama di tengah dinginnya udara pegunungan Bandung.

Untuk kolam dewasa masih menggunakan air biasa (tidak hangat). Saya yang tidak tahan dingin ini tentu saja ragu untuk nyebur hehe. Pinginnya sih semua hotel di Bandung yang berada di daerah perbukitan atau pergunungan menggunakan air hangat untuk semua kolamnya, baik untuk anak maupun dewasa. Tapi air dingin bagus juga kok, bikin badan segar. Asal tahan dingin saja.
 
Bermain air dengan anak-anak tamu lain


Jadi punya teman


Ga bosan-bosan main air

Kolam renang berada di lereng yang menghadap ke lembah. Sekelilingnya banyak pohon. Terlihat seperti berada di tengah hutan. Di sini banyak sekali serangga. Suaranya sangat berisik di kala malam, membuat siapapun merasa seperti sedang di hutan, menyatu dengan alam. Pagi hari, saat saya berjalan di dekat kolam, serangga yang berbunyi dikala malam itu banyak sekali. Hewan ini ternyata tidak lincah, mudah sekali ditangkap. Bahkan saat saya taruh di telapak tangan dia diam saja.

6. Memotret. Bagi saya yang gemar memotret, tempat ini menyenangkan sekali untuk dijelajahi. Saya menjumpai berbagai macam jenis kupu-kupu. Warnanya beragam. Hinggap di bangku-bangku, bunga, dan kelambu bangku taman. Terlihat sangat jinak. Saya potret dari jarak sangat dekat diam saja. Sepertinya tidak terusik. Anak saya gembira melihat aneka hewan serangga tersebut. Sesuatu yang jarang dijumpai di dekat rumah tentunya. 

Motif sayapnya sangat cantik


Tonggeret


Salah satu dari sekian banyak jenis kupu-kupu yang saya jumpai di taman hotel

Matahari terbit dapat disaksikan oleh tamu yang menginap di tower sebelah timur, di mana jendela menghadap ke arah matahari terbit. Tentu sensasional sekali ya bangun tidur disambut langit kemerahan dengan si bulat terang yang perlahan naik. Saya pernah rasakan itu saat menginap di Padma Hotel. Pendar keemasaan seakan menyerbu masuk kamar, menghipnotis.
 
Pemandangan gunung dan hutan di sebelah timur

Matahari terbenam dapat dinikmati dari tower sebelah barat. Dari sini, matahari yang perlahan turun dan menghilang di balik bukit, akan menjadi pemandangan yang paling disukai. Jika ingin melihat keduanya, bisa saja, tinggal berpindah tower dan naik ke rooftop.  

Pemandangan di sebelah barat

Jika ingin melihat pesona Bandung pada malam hari, tinggal naik ke sky lounge di rooftop tower sebelah timur. Dari sana, pemandangan malam terlihat sangat indah. Cahaya lampu kota mengundang decak kagum. 

Kota Bandung terlihat dari lantai 8


Dikelilingi hutan dan rumah penduduk


Bersantai di Coffee Shop Eugene The Goat
Kalau ingin bersantai sambil ngopi-ngopi cantik, ngopi-ngopi ganteng juga boleh, bisa ke sini. Letaknya di lobi transit, dekat lobi utama. Mau pagi, siang, sore atau malam, silakan saja. Kalau punya janji dengan teman atau rekan bisnis, bisa juga diajak ke sini. Tempatnya asik, nyaman dan bikin betah.  

Asik buat santai sambil ngopi-ngopi dan menikmati cemilan
Coffee Shop Eugene The Goat terlihat dari atas

Nah, itu tadi kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan selama tinggal di Clove Garden Hotel & Residences. Kita tinggal pilih ingin ikut yang mana. Tidak ikut juga tidak apa, tidak diwajibkan. Mau santai-santai saja, atau mungkin ingin tidur nyenyak tanpa gangguan, bisa banget. Suasana di sini amat tenang, jauh dari hingar bingar kendaraan yang lalu lalang. Udara masih bersih, segar dan memanjakan paru-paru. Sehat tentunya. Kapan lagi menginap di hotel dengan suasana berlibur setiap hari seperti ini, bukan?

Bunga di taman Clove Garden Hotel & Residences


Clove Garden Hotel & Residence
Jl Awiligar Raya 2 Bandung – West Java Indonesia
Phone. +62 22 8252 6363
Fax. +62 22 8252 6262
Email: reservation@clovegardenhotel.com
Facebook: Clove Garden Hotel & Residence
Twitter: @Clovegarden_BDG
Instagram: @Clovegardenhotelbandung



Baca yang ini juga yuk :)
- Menginap di Star Hotel Semarang, Menikmati Kolam Renang Tertinggi di Indonesia 
- Hotel Padma Bandung, Everyday is Holiday
- Watu Dodol, The Best Sea View Resort
- Bermalam di Suite Room Atria Hotel Gading Serpong
- Atria Residences Gading Serpong, Apartemen Rasa Hotel
- Pop Hotel, Murah dan Ramah Lingkungan 
- Omah Akas, Penginapan Berbasis Syariah di Bandar Lampung 
 

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

16 comments

Write comments
21 April 2016 21.52 delete

Wah kalau ajak ibu nginap sana bakalan seneng sama hydroponic classnya tuh.

Reply
avatar
21 April 2016 22.15 delete

Woow....pemandangan sekeliling berharga banget Mbak. Bikin hati dan fikiran tenang.

Reply
avatar
21 April 2016 22.26 delete

Trust kpn diajak kesini? Kemarin sama suami kepikiran untuk staycation kayak gini. Slm INI nginep di hotel ya karena travelling, blm pernah yg staycation gini. Aku juga mau kelas hidroponik

Reply
avatar
22 April 2016 00.39 delete

Wah, suamiku pasti jg seneng dengan kelas berkebunnya.

Oooo tu hewan namanya Tonggeret, baru tau :D :P

Reply
avatar
22 April 2016 05.51 delete

Banyak juga ya kegiatannya. Aku sih tertarik sama hydroponik class nya. Baru denger nih hotel yang kasih fasilitas seperti ini.

Reply
avatar
22 April 2016 06.22 delete

Waahh banyak aktifitas seru yaa. Pasti bikin malas ke mana-mana. Cukup nikmati suasana hotel seharian :). Cocok banget buat yg memang cari ketenangan dan jauh dr hiruk pikuk kota

Reply
avatar
22 April 2016 07.33 delete

Nah, ayo ajak ibunya ke sini mas Feb. Bakal seru liburan sambil berkebun di hotel. Masih jarang banget kan ada kelas hydroponic di hotel :D

Reply
avatar
22 April 2016 07.34 delete

Yoi mbak Lina. Suasana alam sekitarnya ini yang jadi daya tarik. Nikmat banget pokoknya...

Reply
avatar
22 April 2016 07.38 delete

Betul mbak Zulfa. Suasana liburannya sudah ada di hotel, ga perlu keluar-keluar lagi. Semua sudah lengkap. Mbak Zulfa kapan-kapan mesti liburan kemari ya...

Reply
avatar
22 April 2016 07.43 delete

Haha iya itu dia tonggeretnya :D

Wah banyak yang suka dengan kelas hidroponiknya ya. Ajak keluarga ke sini Pril :D

Reply
avatar
22 April 2016 07.49 delete

Hotel-hotel yang menawarkan konsep liburan untuk keluarga biasanya memang menyediakan kegiatan2 menarik dan bermanfaat, supaya semua anggota keluarga bisa merasakan suasana berlibur setiap hari. Kalau banyak kegiatan seperti ini jadi nggak bosan.

Reply
avatar
22 April 2016 07.55 delete

Yes mbak Maya, memang cocok banget buat menjauhi hiruk pikuk kota. Saya kalau ajak keluarga pasti milihnya ke tempat2 seperti ini. Dan ketika sudah di hotel, jarang sekali saya ajak keluarga keluar untuk keliling ke tempat2 wisata. Biasanya kalau mau jalan2, saya lakukan sebelum sampai hotel, atau setelah check out dari hotel, abis itu langsung balik ke rumah. Tujuannya supaya selama tinggal benar-benar bisa istirahat dan menikmati suasana dan fasilitas yang sudah disediakan.

Reply
avatar
22 April 2016 08.24 delete

Cocok buat orang yang ingin liburannya banyak kegiatan tapi enggan jauh-jauh. Jadi liburan tidak melulu isinya staycation, tapi ada aktivitas seru seolah-olah sedang pergi ke perkebunan sayur atau hutan wisata :hihi. Cocok, cocok. Saya suka motif-motif sayap serangganya, semoga dengan hadirnya hotel ini fauna sekitar lebih diperhatikan dan akhirnya jadi lebih lestari ya Mbak :amin.

Reply
avatar
22 April 2016 08.25 delete

Waaaah.. seru banget ini siiih.. ada yoga class ama coffee class.. Ini sih, beneran bakal bikin para tamu betah. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dimanjakan dengan segala fasilitas dan kegiatan menarik selama menginap di sini...

Reply
avatar
22 April 2016 12.21 delete

Wah saya terakhir kali ke Bandung belasan tahun lalu. Dari fotonya tampak adem ya Bandung. Thanks for sharing Mbak

Reply
avatar
24 April 2016 23.43 delete

Udah lama ga ke Bandung. Boleh juga nih Mba aku keep infonya. Tfs. :)

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon