Jelajah Kuliner Nusantara di Hotel Grand Zuri BSD

09.54

Sabtu tanggal 15 Agustus 2015, Hotel Grand Zuri BSD menggelar acara launching Nusantara Food Festival. Acara berlangsung mulai pukul 05.00 p.m. Bertempat di Restaurant Cerenti yang terletak di lantai dasar Hotel Grand Zuri BSD. Dalam acara tersebut hadir teman-teman blogger yang semuanya merupakan anggota dari komunitas Indonesian Food Blogger (IDFB). Atas undangan dari Dhini, Executive Secretary Hotel Grand Zuri, saya turut hadir dalam acara tersebut.

Sebagian besar teman blogger yang diundang berasal dari Jakarta. Berhubung lokasi hotel berada di BSD Serpong, pihak hotel menyediakan penjemputan bloggers di FX Jakarta. Tak hanya dijemput, seusai acara juga diantar kembali ke Jakarta. Grand Zuri baik banget ya! 

Pasukan jelajah kuliner :D

Beberapa blogger lainnya seperti Ruth dari Cinere dan mbak Maya dari Parung, datang sendiri tanpa dijemput pulang tanpa diantar *jailangkung kalee*. Mereka bawa mobil. Saya jadi blogger yang bertempat tinggal paling dekat dengan hotel. Hanya perlu waktu sekitar 5 menit berkendara dari rumah. Blogger terjauh adalah mbak Oline. Dia datang dari Bekasi! :D Selamat datang di planet BSD mbak Oline! :))

Meski paling dekat, tapi saya jadi blogger paling telat. Acaranya sendiri sebetulnya baru dimulai jam 06.00 p.m. Di rumah, saya menunggu waktu salat magrib dulu. Setelah itu baru meluncur menuju hotel. Untunglah Dhini mengerti, karena pagi hingga siangnya saya juga sudah berada di hotel, mengikuti acara lomba tujuhbelasan.

eh ada Monas di belakang *abaikan para model haha

Chef Robby ga ikut foto di sini :(

Saat tiba di hotel, rombongan blogger sudah berkumpul di Restaurant Cerenti. Mereka terlihat sedang foto bareng Chef Roby! Saya berusaha berjalan cepat agar bisa ikut foto bareng. Tapi kamera sudah dijepret. Saya terlambat.

Ya sudah tak apa datang telat, yang penting salat tidak lewat *emak soleha ceritanya :D Meski telat, namun tidak telat sekali. Dinner belum mulai. Meja makan masih bersih dan rapi. Belum ada makanan satupun. 

Meski acara makan belum dimulai, tetapi teman-teman sudah selesai mengambil gambar berbagai kuliner yang terhampar di meja prasmanan. Tinggal saya yang belum.  Mumpung belum pada makan, saya segera memotret dengan Kamera DSLR kesayangan

Restaurant Cerenti

dining area (outdoor)
Festival Kuliner Nusantara yang digelar Hotel Grand Zuri ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut HUT RI ke 70. Seluruh kuliner yang disajikan merupakan makanan asli Indonesia. Tentunya, festival ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan setiap orang Indonesia terhadap kuliner negerinya sendiri. Ada rasa nasionalisme yang hendak ditinggikan melalui kecintaan tersebut.

Kuliner Nusantara sangat kaya. Dari Sabang sampai Merauke semua ada dan sangat beragam. Jujur, saya sendiri tidak mengetahui semuanya. Mungkin pernah makan, tapi tidak tahu namanya. Mungkin tahu namanya, tapi tidak pernah makannya. Mungkin pernah melihat dan mendengar, tapi tidak tahu bahan, resep dan cara mengolahnya. 

Tumpeng tujuhbelasan
aneka jajanan pasar

kue tradisional

Saya merasa masih perlu panjang waktu dan langkah agar kekayaan kuliner lokal mampu mengayakan pengalaman dan pengetahuan saya. Hadir di festival-festival kuliner seperti ini merupakan cara untuk tahu. Meskipun menjadi TAHU saja tentu tak cukup. Perlu usaha lebih lanjut untuk tujuan yang lebih berarti lagi. Tak sekedar tahu dan menikmati, tetapi juga melestarikannya sebagai kekayaan kuliner bangsa. Di sini, nasionalisme itu punya makna. Mampukah rasa itu selalu ditinggikan?

Di Restaurant Cerenti, tamu atau pun bukan tamu yang menginap di hotel, bisa bersantap menikmati kelezatan rendang daging padang, ikan bakar woku manado, soto betawi, sate maranggi, tumis genjer oncom, tahu aci tegal, terik ayam semarang, aneka sambal dan masih banyak lagi menu daerah lainnya. Ada aneka kue jajanan pasar, buah-buah lokal, serta minuman tradisional. 

Tumis oncom genjer, rendang padang, ikan woku bakar manado, tahu aci tegal

aneka sambal tradisional
lincah melayani pesanan

sate maranggi, ikan, ayam,

sate maranggi + ayam, sesuai request

sate maranggi+ikan, sesuai request

penghangat badan


Di antara semua makanan, rendanglah juaranya. Ya, buat saya masakan ini seperti tak pernah tertandingi. Apalagi diolah oleh tangan chef berpengalaman seperti Chef Roby, cita rasa rendangnya jadi lebih spesial. Daging sapi empuk dalam olahan bumbu kaya rempah dengan rasa yang khas, terasa lezat menggoyang lidah. Hal ini diakui oleh Dedy (foodblogger yang femes banget itu lho) dan kawan-kawan lainnya. Kami suka!

Menu lainnya pun tak kalah menarik. Ada tumis oncom genjer yang genjernya sangat empuk. Dedy sempat memberi tips kepada saya tentang bagaimana cara membuat batang genjer jadi empuk. Saya juga suka dengan ikan woku bakar manado. Sebagai penggemar ikan, kuliner satu ini tentu tak akan saya lewatkan.

kalem aja Dhin makannya he he

sebelum makan

saat makan

Jelajah rasa di Restaurant Cerenti malam itu cukup memuaskan, walaupun faktor kekenyangan membuat saya tak dapat mencoba semuanya. Namun, dari apa saja yang sudah saya cicipi, cukup mewakili bahwa kuliner yang tersaji di restoran ini punya kualitas rasa yang tak diragukan lagi. Untuk harga per package IDR 150,000 nett.

Terima kasih kepada Hotel Grand Zuri atas undangan kulinernya yang mengesankan.

Selamat hari HUT Kemerdekaan RI ke 70.

Lestarilah kuliner Nusantara!
ini baru kostum bernuansa tujuhbelasan hehe *ga janjian lho*
 


Hotel Grand Zuri BSD
Jl.Pahlawan Seribu Kavling Ocean Walk
Blok CBD Lot.6 BSD City
Telp: +62 21 29404955
Fax: +62 21 29404966
Email: reservation.bsd@grandzuri.com
Website: www.grandzuri.com


*semua foto dokumentasi Katerina

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

17 comments

Write comments
17 Agustus 2015 23.20 delete

Seru banget. Penataannya apik. Makanannya terlihat lezat2. Dan potonya juga bagus banget, Mbak Rien. ira.

Reply
avatar
18 Agustus 2015 09.09 delete

Seru banget acaranya ya mba, rame trus itu penampakan sambal nusantaranya menggoda banget

Reply
avatar
18 Agustus 2015 11.27 delete

Semoga kelak ada kesempatan untuk kopdar dengan para foodblogger yang keceh-keceh ini dan menimba ilmu dari belio-belio

Reply
avatar
18 Agustus 2015 23.25 delete

Jadi mbak Rien, apa tips supaya batang genjer jadi empuk? Genjer ini sayuran favorit aku banget ini, aku biasanya menumisnya dengan tauco dan cabai hijau. Tapi kurebus dulu supaya gak pahit :D

Reply
avatar
19 Agustus 2015 15.16 delete

Aiih semua poto makanannya menggiurkaaannn

Reply
avatar
19 Agustus 2015 17.41 delete

Pilihan makanannya lengkap bangeeeet. Tumpengnya cantik ;)

Reply
avatar
19 Agustus 2015 23.33 delete

waduuh~ ada banyak makanan enak disini XD

Reply
avatar
20 Agustus 2015 10.04 delete

Sambelnya bikin laper jadi pingin makan ya mbak :D

Reply
avatar
20 Agustus 2015 10.05 delete

Istrimu foodblogger kece lho, Wan.

Reply
avatar
20 Agustus 2015 10.07 delete

Kata Dedy, saat dimasak, wajannya jangan ditutup. Biarkan terbuka sampai airnya rebusannya berkurang. Tapi aku belum cobain cara itu :D Aku biasa saja sama genjer. Tapi sempat ga mau makan gara-gara pernah nyangkut. Yang masak, genjernya ga dipotong pendek. Udah ga bisa digigit, pas ditelen nyangkut hahaha. Untung bisa ditarik keluar lagi. Abis itu rada kapok :D

Reply
avatar
20 Agustus 2015 10.08 delete

foto makanan kebanyakan begitu ya mbak

Reply
avatar
20 Agustus 2015 10.09 delete

Iya setuju, tumpengnya cantik :)

Reply
avatar
20 Agustus 2015 10.12 delete

Ke Grand Zuri kalau pingin makan XD

Reply
avatar
20 Agustus 2015 11.01 delete

Wajan jangan ditutup.. Wah, berarti itu sama kayak cara mamakku merebusnya selama ini mb rien. Aku pun ngikut cara mamakku juga. Pantesan genjer buatan mamakku enak kali, hihiii

Reply
avatar
20 Agustus 2015 13.58 delete

Duh makanannya kelihatan enak dan cantik :)

Reply
avatar
3 Juni 2016 13.17 delete

wow enak banget kayaknya! Indonesia memang penuh dengan masakan lezat yang beraneka rasa. cek disini Beautiful Indonesia untuk lihat keanekaragaman Indonesia lainnya ya

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon