Bin House, Kafe Hits dan Kekinian di Margonda Depok

Kafe estetik di tepi jalan Margonda Raya ini bernama Bin House. Namanya bikin saya jadi ingat Hyun Bin, pemeran utama drakor Crash Landing on You. Ada hubungannya kah? Gak ada! Mirip aja gitu, walau cuma sama Bin nya😆

Terletak di pinggir jalan Margonda Raya, Beji DEPOK. Gak jauh dari stasiun Pondok Cina. Saya menemukannya saat mencari "kafe instagramable di Margonda" di Google. Lalu, Bin House muncul dalam daftar.

Saya secara spesifik menulis Margonda karena memang sedang ada keperluan rawat jalan suami di RS Bunda Margonda. Hari itu Minggu, tanggal 15 Mei 2022. Tepat 1 minggu sejak suami keluar dari RS Bunda Margonda setelah dirawat selama 7 hari karena masalah batu empedu.

Heran gak kenapa dokter dokter spesialis penyakit dalam suami buka praktek di poli pada hari Minggu?

Saya awalnya heran. Kemudian tidak lagi. Dokternya bilang gini: "Jalan Margonda Raya Depok itu kan terkenal macet. Pasien saya sering ngeluh kalau saya praktek hari Senin-Sabtu. Pada stress di jalan. Akhirnya saya buka di hari Minggu, khusus buat pasien saya (yang pernah rawat inap)."

Dokternya baik banget. Rela kerja hari Minggu, demi pasien. Alasannya pun benar adanya. Sebagai orang yang cukup sering melintasi jalan Margonda Raya untuk mengunjungi bapak (kini almarhum) dan ibu mertua yang tinggal di Cimanggis Depok, saya adalah saksi betapa jalan Margonda itu lumayan ngeselin 😁

RSU Bunda Margonda. Kiri: Gedung RS tempat suami rawat inap. Kanan: Atlanta Residence, poli tempat dokter praktek ada di lantai 1-5

Hari Minggu sebetulnya jalan Margonda gak terlalu lengang juga, tapi agak mendingan ketimbang weekdays dan Sabtu. 

Kami berangkat sekeluarga. Jarak dari rumah saya di BSD ke Margonda Depok gak dekat-dekat amat. Berangkat jam 7, sampai jam 9. Harusnya 45 menit saja sampai. 

Waktu tempuh jadi lama karena situasi di jalan sedang padat. Sampai di RS antrian sudah panjang. Suami dapat nomor antri gede. Menurut suster, kemungkinan akan dipanggil setelah Dzuhur. Alamaaak datang pagi tetep aja diperiksa siang 😅

Untuk itulah saya mencari tempat makan. Biar bertenaga buat hadapi antrian panjang. Maunya makan dekat RS, yang tempatnya nyaman buat duduk agak lamaan, dan makanannya cocok buat sekeluarga. 

Akhirnya, ketemu sama Bin House ini, yang ternyata memang deket banget dari RS. Saya happy!

Atlanta Residence Depok: gedung poli, tempat praktek dokter. Laboratorium Diagnosis RSU Bunda Margonda: Gedung utama tempat rawat inap pasien. Bin House Margonda: yang lagi saya ceritakan di sini 😁

Sudah Tahu Dekat, Malah Naik Mobil

Gedung RSU Bunda Margonda itu letaknya di pinggir jalan persis. Bisa keliatan dari jalan. Tapi, yang keliatan itu bukan gedung poli tempat para dokter praktek melayani pasien rawat jalan. Melainkan gedung yang di dalamnya terdapat IGD, pendaftaran, administrasi, kamar rawat inap, lab, dan lainnya. 

Ruang poli ada di gedung terpisah, namanya Atlanta Residence Depok (lihat gambar di peta). Ga nempel sama gedung RS. Ada jarak yang harus ditempuh dengan jalan kaki untuk ke sana. Saya pun nggak nyangka kalau poli ada di sana. Kirain apartemen saja. Ternyata lantai 1-5 dipakai oleh RS.

Atlanta itu kan agak masuk ke dalam. Jalannya mayan juga kalau dari depan. Ini juga yang bikin penampakan Bin House di app Google Maps terlihat agak jauh. Makanya kami mobilan ke Bin House. 

Eh ternyataaaa, bukannya cepat sampai, malah makan waktu sampai 30 menit. Karena pas keluar dari RS itu, mobil harus belok kiri dulu, lalu di depan sana muter balik ke arah UI. Abis itu muter balik lagi ke arah RS sesuai petunjuk G Maps. 

Pas udah dekat dengan titik lokasi, mobil dipelanin, saya memperhatikan pinggir jalan. Lalu shock sendiriiiii....ternyata Bin House itu samping-sampingan sama RS wkwkwk. Gubrak dah. Ngapain coba mobilan. 


Letaknya sangat strategis. Di pinggir jalan persis. 

Meskipun di pinggir jalan, keberadaan Bin House gak langsung keliatan dari jalan. 

Beda dengan Warunk Upormal yang ada di sebelahnya. Gedungnya kentara, dan orang-orang bisa langsung melihatnya dari jalan. Sedangkan Bin House agak ke dalam. Ketutup pohon-pohon dan dua bangunan kecil di depannya. 

Pantesan pas saya posting di IG dan FB, teman-teman blogger yang tinggal di Depok pada nggak tahu ada Bin House di pinggir jalan Margonda. Karena memang kayak tersembunyi.

Memang sih ada signage Bin House, tapi ukurannya kecil. Perlu dilihat lebih dekat baru keliatan. 

Parkir motor dan mobil ada di dalam. Jadi nggak di luar atau makan jalan. Saya termasuk orang yang gak bisa makan dengan tenang kalau meninggalkan mobil di jalan. Kayak tega merampas hak pengguna jalan raya gitu.

Saya suka di Bin House parkirnya masuk. Hanya saja, kalau tempat ini sedang full pengunjung, kayaknya space parkirnya gak muat. Solusinya, cari parkir di tempat lain, atau datang saja pakai taksi online atau ojol. Bebas ribet.



Konsep Glass House dan Area Outdoor yang Luas

Dari jalan raya emang gak begitu keliatan ada kafe estetik, tapi pas ke dalem, beda lagi cerita.

Mengusung konsep industrial, Bin House identik dengan perpaduan warna putih dan unsur kayu yang bikin suasana unik. 

Dari luar saja udah keliatan Bin House ini tempatnya asik banget buat WFC, cukup luas dan lega. Banyak space seating-nya untuk indoor dan outdoor

Kalau di dalam sejuk pakai AC, di luar sejuk pakai AC alami alias angin sepoi-sepoi. Di luar saya lihat ada asbak-asbak. Memang tempatnya di luar buat yang merokok. Yang ga tahan asap rokok seperti saya, sudah jelas gak akan duduk di luar. Selain itu, kalau siang terik, udara di luar lumayan panas. 

Tapi desain outdoor-nya cakep. Cakep buat foto-foto OOTD.

Aesthetic beach vibes gitu gak sih tempat duduk outdoor-nya? 😀



Buka Jam 10, Makanan Baru Ready Jam 12

Kejadian shock karena bermobil dari RSU Bunda ke Bin House itu percuma, berujung dengan prank.

Yessss berasa kayak kena prank. Saya liat di IG @binhouse_ jam buka 10:00 - 22:00 WIB. Jam 10.30 kami sampai sana. Di parkiran belum ada mobil lain. Hanya ada beberapa motor. Karena kafe nya rumah kaca, saya jadi bisa melihat ke dalam. Saat itu sudah ada 3 orang. Perempuan semua. Satu orang duduk. Dua orang mondar-mandir. Di luar ada satu laki-laki. 

Karena sudah ada orang, saya mengira kafenya sudah buka dan siap terima orderan. Tapi ternyata, setelah saya masuk dan bertemu seorang mbak-mbak muda, katanya kafe sudah buka tapi makanan baru ready jam 12. 

Hyaaah masih lama dong. Kami datang ke sana kan niatnya biar bisa duduk-duduk nyaman sambil makan dan minum. Kalau duduk saja belum ada yang bisa dipesan, mending nunggu di ruang tunggu pasien aja hihi

Tapi mbaknya baik, kami boleh duduk aja gapapa, walau belum bisa pesan apa-apa. Tapi kan, saat itu kami haus dan pengen ngemil sesuatu. 

Akhirnya kami keluar kafe, balik lagi ke RS. Markirin mobil, trus jajan ke Indomaret yang ada di lantai dasar Atlanta. Di sebelah Indomaret ada kafe, tapi sejak saya masih menemani suami dirawat sampai suami saya udah keluar, itu kafe belum buka juga. 

Ya sudah jajan minuman dan makanan di Indomaret saja. Setelah haus dan laper terobati, kami balik lagi ke Bin House. Tapi kali ini jalan kaki. Kapok naik mobil malah tambah jauh dan lama😂



Untuk Semua Segment

Bin House punya space yang luas, mencakup semua segment. Buat nongkrong, kerja, ataupun kumpul keluarga.

Suasana di dalam dan di luar sama nyaman, bersih, instagramable. Cocok buat nongkrong agak lamaan. Cocok buat yang suka foto-foto OOTD.

Saat kami di sana, kebanyakan anak muda yang datang dengan kelompoknya. Ada yang datang untuk ngobrol-ngobrol panjang, ada yang sambil bekerja, ada yang duduk tenang bersama pasangannya. 

Hanya kami saja pelanggan yang datang bersama keluarga 😁

Orang-orang yang pernah datang ke Bin House bilang makanan di sini enak-enak, dan paling direkomendasikan buat mereka yang pengen kulineran di Depok. 

Mungkin karena itulah Bin House sering dapat penilaian positif dari segi rasa, kenyamanan, harga, pelayanan, dan kebersihan.

 

Dari daftar menu yang ada, saya lihat produk yang disajikan terdiri dari makanan berat, snack, gelato, minuman kopi dan non kopi, semua ada. 

Cukup lengkap sih. Jadi gak kebingungan kalau ke sini mau pesen apa.

Menurut yang saya baca, biasanya orang ke sini buat minum kopi dan memesan pasta. 

Spaghetti aglio olio dan cumi tepungnya jadi favorit banyak pelanggan. Jika gak ngopi dan gak doyan pasta, masih ada pilihan menu lainnya.

Untuk menu dan harga, bisa dilihat pada gambar yang saya pinjam dari highlight MENU di Instagram @binhouse_

Terlihat beragam dan menggiurkan, bukan? Warna-warni minumannya juga cakep. Terlihat manis dan menyegarkan.







Saya bersama suami dan dua anak saya memesan tiga macam menu saja.

Taichan Kulit (35K), Chicken Teriyaki Rice Bowl (35K), Beef Mentai Rice Bowl (45K), plus 1 Nasi Putih (8K). 

Untuk minumannya kami memesan Taro (27K), Matcha Coffee (29K), Es Kopi Bin (25K), dan Earl Grey Milk Tea (27K).

Harga makanan di sini sangat ramah di kantong. Cocok untuk jajan anak muda yang masih minta uang sama orang tua 😁

Di sekitar sana kan ada kampus, cocok dengan kantong mahasiswa. 

Oh ya mengenai rasa makanannya, enak-enak semua, tapi bukan istimewa. Kalau minumannya, saya suka semua. Rasanya sesuai harapan. Disajikan dalam water jar besar, tapi ga hambar. Manisnya pas, rasanya menyegarkan. 

Semua penyajiannya cakep. Enak dilihat. Menarik untuk difoto. 





Nah, pas tahu di Bin House ini menunya beragam, harganya juga asyik, saya tuh asli kesel banget. Keselnya karena baru tahu. 

Padahal selama enam hari menemani suami dirawat, saya belanja makannya online mulu. Setiap buka aplikasi ojol food, resto yang muncul jaraknya minimal 1 kilometer semua dari RS. Pilihannya pun gak banyak yang sesuai selera. 

Seolah di sekitar RS itu gak ada tempat makan. 

Padahal, di samping kiri dan kanan, bahkan di seberang RSU Bunda itu bederet tempat makan enak-enak. Selain Bin House ada rumah makan Padang, ada warunk Upnormal, Oh My Grill, Sate Kambing Pak Kumis, dan lainnya. 

Itulah akibat males keluar, jadi gak tahu kalau di samping RS ada Bin House. Tempat nyaman buat makan dan minum enak-enak, cocok untuk sejenak melepas penat setelah banyak begadang menjaga suami sakit. 

Tapi ya udahlah, udah jadi rejekinya rumah makan lain, dan rejekinya ojol. Ga baik juga ngeluh dan kesel. Lain kali mesti rajin-rajin cek kiri kanan. Siapa tahu yang dicari tinggal loncat ke sebelah yang jaraknya cuma selemparan kolor.


 

So far, experience ke Bin House ini menyenangkan. Saya sangat menikmati kunjungan.  

Kalau misal sedang terjebak macet di jalan Margonda yang memang jarang lengang itu, bolehlah mampir ke sini dulu. 

Di sini makanan dan minumannya enak-enak. Servisnya juga oke. 

FYI aja, yang melayani gak banyak. Waktu saya di sana cuma dua orang saja. Tapi mereka cekatan. Mondar-mandir gantian antar pesanan, kadang mengurus mesin kasir, kadang mencatat pesanan, kadang memberi perintah ke juru masak. Abis itu saya lihat ada satu orang lagi. Jadinya bertiga. Semuanya masih muda-muda. Entah juga memang bertiga, atau ada yang lain tapi gak keliatan.


 

Buat teman-teman yang suka keliling cari tempat makan enak buat dicobain, yang asyik buat nongkrong, jangan sampai pas ke Depok nggak tahu ada Bin House ini. Memang kayak gak ada karena kurang keliatan dari jalan, tapi sebenarnya ada.

Tempat parkir ada, toilet dan musala juga ada. Yang ga ada cuma Song Joong Ki. Ga dijual dan gak ada dalam daftar menu 😂 

Kalau butuh pasangan buat nemenin duduk, bawa pasangan sendiri aja (ya iyalah masa pasangan orang dibawa 😛). Atau bawa bestie mu buat temen ngobrol sambil ngabisin kopi kesukaan.

Kalau aku, kemarin bawa keluarga. Foto pasangannya ya sama suami. Yuuhuuu 😍😁


Jadi gimana, Bin House ini cocok kan kalau dijadikan list tempat nongkrong kalian?

Terima kasih sudah membaca 💖

🍴 BIN HOUSE

⏰  Setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB.

💰 Sate Taichan Kulit Rp 35.000 | Beef Mentai Rice Bowl Rp 45.000

🎤🎸Live music everyday

📍Jl. Margonda Raya No.35, RW.3, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

24 komentar

  1. Tempatnya luas dan makanannya variatif. Asyik banget nih. Btw, meski minggu kan margonda tetap macet. Cuma mungkin karena hari libur jadi berasa ga kejar2an, ya?

    BalasHapus
  2. Namanya juga Bin House atuh mbak, nyarinya Hyun Bin atau Won Bin aja jangan Song Joongki ehehehe.

    Tempatnya aesthetic banget yah, cucok buat merenung sambil foto2 deh. Harga makanan dan minuman juga masih di bawah 50rb masih okay lah yaaah

    BalasHapus
  3. Kafe Bin House di Margonda ini baru dibuka ya mba? Cakep banget desain interiornya, unik juga, dan range harga makanan dan minuman di sana cukup terjangkau

    BalasHapus
  4. Wah dekat sekali ini dan hampir selalu lewat tapi nggak ngeh. Hehhe. Oh ya kayaknya harus datang jam 12 ya mba biar lebih siap makanannya juga. Tempatnya nyaman sekali, mba. Makasih rekomendasinya :)

    BalasHapus
  5. Cozy dan luas banget tempatnya, betah nih kayaknya kalau work from cafe dari Bin House ya. Ku kira beneran ini punya Hyun Bin Oppa dan dia buka cabang cafe-nya di Indonesia haha.

    BalasHapus
  6. Nah, ini nih, aku juga kok ga ngeh ada kafe Bin House hahaha. Aku dan kan sering konsultasi maupun berobat ke RS. Bunda Margonda. Malah pernahnya makan siang di Up Normal wkwkwkw. Menjorok ke dalam sih ya dan namanya kurang terlihat. Kapan2 mau coba ah menu2nya. Amannya abis adzan dan salat zuhur ya baru ke sana, langsung pesan. Tapi jam 11 pun oke aja sih buat ngobrol2 :) TSf mbak Rien.

    BalasHapus
  7. Jadinya bolak-balik..mobilan, balikin mobil, terus jalan..panjang ya perjalanan ke Bin House Mba Rien hihi. Tapi sepadan, tempatnya asyik, makanan enak, harga hemat dan layanan sigap. Bisa nih disinggahi kalau lewat sini, meski iyes Margonda itu ngeselin..padat merayap melulu. Memang uji kesabaran di situ

    BalasHapus
  8. Margonda memang rada ngeselin jalanannya, putar balik jauh-jauh gitu, naik mobil jadi makin lama kalau ke area sepanjang margonda, keren nih Kafe Bin House suasananya kekinian banget ya, seru juga buat makan sama keluarga...

    BalasHapus
  9. bin house apanya hyun bin dan won bin..eaa.
    simple ya namanya tapi langsung gampang diingat. cozy place juga n menunya asyik. Suasana lengang juga cocok tuk tipe orang kayak saya yg introvert dan cari tempat nongkrong buat sekalian garap sesuatu

    BalasHapus
  10. Bin House ini memang kekinian banget modelnya ya mbak
    Bagus desainnya, bisa bikin konten instagramable disini
    Makanan dan minumannya pun enak enak

    BalasHapus
  11. Bin House bagus juga ya buat nongkrong. Kusuka tempat yang kaya gini. Cahayanya banyak

    Catet ya kalau ke sana di atas jam 12 aja biar bisa langsung order

    BalasHapus
  12. Walah kocak banget sih, sebelahan tapi harus jalan setengah jam gara-gara pakai mobil... Tempatnya memang asyik ya, menunya juga seru-seru...

    BalasHapus
  13. Yuppp bener bangett jalan margonda rameee padet, baik banget dokternya masya Allah...

    Bin House cakep bangett tempatnya, itu kalau ada di seputaran Jakarta Timur sudah diserbu temen-temenku buat adain acara arisan bulanan sambil pepotoan mbak 🤭

    BalasHapus
  14. Mbaaak aku ngakak nih, udah 30 menitan mobilan ternyata Cafe nya sebelahan sama RS. Tiwas pakai acara muter-muter ya mba. Tau gitu jalan kaki aja ya.

    Cafe nya Instagrammable dan terjangkau ya . Gak sia-sia dua kali datang sampai Cafe dan makanannya siap.

    BalasHapus
  15. Bin House nyaman banget nih. Bikin betah nongkrong sambil makan nih. Cocok buat sendirian atau ramai-ramai.

    BalasHapus
  16. Nongkrong disini makin betah yah, makanan enak, tempat pun cozy dan instagramable.

    BalasHapus
  17. Beneran bagus dan kekinian kafenya nih Mba Rien. Bakalan betah nih kayanya kalau ngopi or makan di sini. Suka deh ama designnya cakep. Cocok nih buat kumpul bareng keluarga

    BalasHapus
  18. Estetik banget yaa kafenya, pastinya betah banget, karena ruangan yang nyaman dan menu yang beragam dengan penyajian yang menarik. Pas banget ya ke sana sekeluarga, bisa menikmati kenyamannya bersama.

    BalasHapus
  19. Bin House Cafe ternyata tempatnya tersembunyi nih Mba Rien. Nyaman dan Instagramable juga nih kafenya. Eh tapi itu buka jam 10, makanan baru soap jam 12 ya? Lihat foto makanannya napak menggoda dan menggugah selera

    BalasHapus
  20. Definisi wisata kulineram sembari healing ini maahhh

    Lihat poto ambience nya kok kayak bikin damaiiii gt ya mba Rien.

    Aakkk pan kapan mupeeenng k sanaaaa

    BalasHapus
  21. Hellow, cat!
    Aku suka banget sama konsep cafenya, kak Rien.
    Kalau gini, kapanpun datang ke Bin House sendirian pun tetap nyaman, gak gengges karena privacy antar pengunjungnya terjaga dan ada banyak tipe tempat yang bisa di jadikan tempat buat kerja atau nugas.

    Pesan kopi~

    BalasHapus
  22. Margonda pernah sepi, Mbak, waktu aku jajan kue subuh di depan Detos. Itu pagi banget, hahaha
    eh Bin House ini cakep juga ya buat ngobrol sama pasangan. Mau indoor, outdoor suasananya tenang gitu. Kali aja bosen nunggu di RS, bisa melipir dulu di Bin House. Perlu diingat buat jalan kaki aja, bukan naik mobil 30 menit.

    BalasHapus
  23. Duh tempatnya keliatan cozy bangeeet mbak! Terus minumannya segeeer. Instagramable juga ya, bisa buat hang out sambil foto foto cantik

    BalasHapus
  24. Makin banyak tempat nongki yg cakep ya sekarang. Harganya terjangkau ya dengan tempat senyaman itu

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!