Jalan-Jalan Masih Bisa Tetap Produktif WFA, Begini Caranya

Jalan-Jalan Masih Bisa Tetap Produktif WFA *[Foto Katerina di Bandara Soekarno Hatta]

Khusus buat kamu yang masih menjalani rutinitas remote working dan sedang bosan, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba pengalaman baru dengan tinggal di kota lain. Yup, bisa dibilang kamu akan tetap bekerja sambil liburan. 

Tenang saja, hal ini bukan sesuatu yang mustahil, lho. Kalau karena satu atau dua hal kamu tidak bisa mengajukan cuti, coba rasakan asyiknya bekerja di kota lain. 

Nah, di bawah ini ada beberapa tips dan trik supaya kegiatan melancong dan bekerja tetap aman terkendali:

1. Pilih destinasi yang cocok untuk Remote Work

Sebelum datang ke lokasi tujuan, pastikan untuk melakukan filter destinasi terlebih dahulu. Misalnya, meskipun wisata ke dalam hutan terdengar menggoda, kamu tetap memerlukan koneksi internet yang stabil agar tidak terputus dari jaringan.


Pilihlah hotel atau penginapan yang mendukung aktivitasmu untuk bekerja sekaligus liburan. Selain itu, ketika bekerja di siang hari, coba untuk memilih cafe atau restoran yang tidak terlalu ramai, sehingga kamu dapat lebih fokus saat bekerja di siang hari.


2. Buat plan selama liburan

Setelah memilih tempat untuk bekerja sambil berlibur, buat daftar rencana meliputi tujuan wisata dan kuliner yang bisa didatangi baik di siang maupun malam hari.


Jangan lupa untuk menuliskan semua yang harus kamu lakukan dan juga tenggat waktunya. Jika mengambil waktu selama 6 hari, maka bagilah 6 hari tersebut agar kamu tetap bisa produktif bekerja dan tidak ketinggalan menikmati liburan setelah jam kerja berakhir.


3. Bawa perangkat cadangan

Kemanapun kamu pergi, tidak selalu ada jaminan kalau internet di penginapan akan tetap berjalan dengan lancar. Untuk memastikan agar kamu selalu terhubung ke internet, bawalah modem portabel. Bila perlu, daftarkan kartu selulermu dengan paket internet dengan kuota yang cukup sebelum berangkat liburan.


Selain itu, kamu juga bisa berjaga-jaga dengan membawa printer portabel yang berukuran ringan. Saat ini, printer portabel juga dapat beroperasi secara tanpa kabel dengan menggunakan koneksi bluetooth atau Wi-Fi. Kamu bisa cek harga printer portabel wireless di toko resmi.


4. Tetap disiplin dan buat batasan

Jika waktunya bekerja, gunakanlah jam tersebut untuk beraktivitas semaksimal mungkin. Dengan begini, kamu tidak akan menunda-nunda pekerjaan dan membiarkannya menumpuk. Kalau kamu tidak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu,justru nantinya dapat menurunkan kualitas waktu liburanmu.


Definisi bekerja sekaligus liburan adalah dengan pintar membagi waktu saat siang dan malam hari. Apabila jam kerjamu sudah berakhir, itulah saatnya untuk menghidupkan suasana liburan. Tanpa harus mengajukan cuti, kamu bisa berjalan-jalan santai di pinggir pantai, menikmati pemandangan sambil wisata kuliner, dan mengeksplor destinasi di sekitarmu. Jangan lupa untuk mematikan notifikasi email kantor di waktu liburan, supaya waktumu untuk bersenang-senang tidak terganggu. Selamat mencoba!


A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Share this

Previous
Next Post »

14 komentar

  1. Boleh juga ya, sejenak bekerja di kota lain. Liburan tipis-tipis sembari tetap membawa perangkat cadangan seperti printer portable.

    BalasHapus
  2. Ah senangnya ya jika kita bisa tetap bekerja tapi bisa sambil liburan di kota lain. Kuncinya harus disiplin waktu ya, Mbak. Dan penting juga bawa perangkat cadangan seperti printer portable :)

    BalasHapus
  3. Masukan yang berharga banget buat para pekerja WFA
    aku kok tadi salfok ya baca bekerja jadi..... berbelanja (dasar mata keranjang belanjaan hypermarket)

    BalasHapus
  4. Bekerja sekaligus tetap bisa menikmati liburan? mau banget saya mbak. Emang mesti ada perencanaan yang matang ya. Repot juga kalau mesti nenteng printer yang berat ke mana-mana, jadi emang pilihannya pakai printer portabel yang ringan, ada fasilitas koneksi nirkabel ya mbak

    BalasHapus
  5. Remote working banyak dilakukan oleh orang2 di zaman now. Bisa juga dpng ya kerja sambil berada di destinasi wisata. Yang penting perangkat yang mendukung harus ada dan praktis. Seperti sedia printer portable wireless misalnya, urusan kerjaan beres deh. Penting juga disiplin waktu, mana saat kerja dan yang mana bersenang2.

    BalasHapus
  6. Ini yang mau dilakuin suamiku pas Juni besok ke Medan mba 😄. Krn kerjaan dia juga memungkinkan utk kerja dari mana aja asalkan ada jaringan internet stabil sih. Nah Krn aku mau mudik Juni ke Medan dan sibolga, suami pikir bagusan dia ikut, dan bisa kerja dari Medan. Toh mentok2 nya kalo jaringan jelek, dia bisa ke kantor cabang CIMB di Medan, utk kerja dari sana 😄. Cuma yg ke Sibolga belum tau deh. Soalnya jaringannya trakhir kesana cuma bagus buat tsel 🤣.

    Itulah enaknya kalo kerjaan bisa dilakuin di mana aja Yaa. Gampang mau liburan. Yg liburan aku maksudnya 🤣.

    BalasHapus
  7. Kalau jadi freelancer, kadang bosan juga ya mbak jika harus kerja dari rumah saja
    Makanya, perlu juga kerja di tempat lain
    Kerja sambil jalan jalan misalnya
    Tentu bisa, asal didukung oleh WiFi yang lancar seperti ini

    BalasHapus
  8. Mantap sekali.
    Remote work ini seru dan tetap bisa memenuhi semua deadline dengan baik itu diperlukan manajemen waktu yang oke.
    Salut banget. kini peralatan elektronik pun semua mendukung dengan baik.

    BalasHapus
  9. Aku dan suamiku kalau liburan ke mana2 bawa laptop dan bener memastikan jaringan inet bagus wkwk. Biasanya pagi siang pelesir pas malam di hotel ngerjain kerjaan.
    Wah printer sekarang ada yang portabel gtu buat spek bikin tugas2 yaa, asyik nih gak berurusan sama kabel2 yang rungsing :D

    BalasHapus
  10. Mbak Katerinaaa, kece iihh airport outfitnyaaa. Asik banget ada printer portable bisa tetep produktif, kemajuan banget buat dunia gadget nih yaa.

    BalasHapus
  11. Nikmati aja peran kita sebagai pekerjaan sambil jalan jalan. Yang pastinya persiapan penting agar tidak kacau balau rencana

    BalasHapus
  12. Impian banget nih bisa ngetrip sambil kerja ...setuju banget deh Kak harus bisa pintar bagi waktu saat siang dan malam hari. Jika jam kerja sudah berakhir, suasana liburan Kita hidupkan sendiri

    BalasHapus
  13. Eh harus dimatiin ya notifikasi email, bener juga sih, kalau kerjaan kelar tapi masih ceki ceki email jadinya liburan nggak maksimal. Selama ada internet ya mbak.. jadi poin nomer satu, setuju banget hehehe

    BalasHapus
  14. Aku kangen WFA huhuhu. Udah masuk kerja kantoran lagi nih aku mbak, jadi WFA hanya terjadi ketika tanggal merah atau cuti bersama. Tapi bisa WFA(IO) sih, work from anywhere in office *maksa wkwk

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!