Pilihan Event Wisata Kuliner untuk Cicipi Cita Rasa Nusantara

Event Wisata Kuliner Cita Rasa Nusantara *Foto: Freepik.com (gambar hanya ilustrasi)
  
Dunia wisata kuliner Indonesia saat ini bukan lagi hanya sekadar menjadi urusan mengisi perut, tapi sudah menjadi gaya hidup. Dari sisi industri, kuliner Indonesia juga terus mengalami revolusi yang cukup masif. Beragam aneka sajian kuliner baru terus bermunculan. Bahkan untuk saat ini dunia wisata kuliner juga menjadi bagian dari pendorong pariwisata. Hal ini tentunya menjadi sebuah kesempatan menarik bagi kamu yang hobi mencicipi masakan lokal khas nusantara dalam satu venue tanpa harus mengunjungi banyak tempat.

Agar tidak ketinggalan momen-momen penting festival kuliner khas Nusantara, ikuti tips wisata kuliner asyik dan catat jadwal food festival Indonesia di bawah ini.

Tips Berwisata Kuliner yang Asyik

1. Buat list kuliner yang akan dicicipi

Pertama-tama, buat daftar lengkap mengenai kuliner yang akan dicicipi. Jika perlu, sebelum berangkat liburan kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk mencari beberapa referensi tempat. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai jajanan atau makanan apa saja yang patut dicoba.

2. Jangan lupa mencari informasi atau rekomendasi makanan

Carilah keterangan lengkap mengenai jenis makanan, tempat terbaik, hingga harganya. Sebagai tambahan, kamu juga bisa bertanya pada teman maupun kerabat dari daerah yang akan dituju. Jangan lewatkan kesempatan mencicipi sajian khas atau legendaris daerah yang akan kamu kunjungi.

3. Cari yang berbeda atau tidak ada di kota asal

Berikutnya adalah cari jenis makanan yang berbeda atau tidak ada di kota asal kamu. Beranikan diri mencoba makanan baru. Meski terkadang nama, bahan baku, atau cara pengolahannya nampak aneh, jangan takut mencicipi. Tak ada salahnya melakukan sedikit petualangan rasa. Sebab mungkin kamu takkan berkesempatan mencicipi sajian tersebut di masa mendatang.

Jadwal Wisata Kuliner Indonesia 2022

1. Aceh Culinary Festival,  24-26 Juni 2022

Sumber: Freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Siapa sih yang tidak terlena dengan tampilan kue meuseukat yang cantik? Dodol khas Aceh ini berbahan dasar nanas, yang memang terkenal sebagai kue cantik di dunia. Kamu juga bisa merasakan lembut dan hangatnya Bubur Kanji Rumbi dengan rasa rempah khas Aceh, ditambah irisan daging dan taburan sayur yang menggugah selera. Semua bisa kamu rasakan dengan mudah dalam satu tempat ketika menghadiri Aceh Culinary Festival pada bulan Juni 2022.

Aceh Culinary Festival adalah event yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Ide utama Aceh Culinary Festival adalah mengumpulkan kuliner tradisional dari seluruh provinsi di Indonesia, terkhususnya Aceh, untuk dapat dinikmati para food travelers di satu tempat sekaligus.

Rangkaian acara dari Aceh Culinary Festival terdiri atas Launching Ensiklopedia Kuliner Nusantara, Food Hunt VIP, Festival Budaya Tematik (Festival Seni Tradisi Gayo Highland, Festival Seni Tradisi Aceh Pesisir), dan Festival Musik Tematik (Cross Genre Music Fest). Selain itu, Aceh Culinary Festival 2022, bekerja sama dengan operator tour dan travel di Aceh, akan menyusun paket wisata kuliner ke objek-objek wisata kuliner yang ada di Aceh. Tidak hanya rumah makan, paket wisata ini juga berisi berbagai aktivitas seru seperti jelajah pasar, belajar memasak masakan khas Aceh, dan sebagainya. Paket Wisata Kuliner Aceh Culinary Festival 2022 meliputi Paket Open Trip dan Private Trip ke event offline Aceh Culinary Festival melalui tiga jalur utama food traveling, yaitu Aceh Besar, Bkamu Aceh, Sabang dan Takengon. Pemilihan ketiga area ini bukan hanya karena potensi wisata kulinernya, tetapi juga didukung oleh daya tarik alamnya.

2. Jakarta Dessert Week,  2- 23 Oktober 2022

Sumber: Freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jakarta Dessert Week adalah sebuah transformasi online menikmati wisata kuliner khas Jakarta tanpa harus keluar rumah. Ada lebih dari 100 varian dessert yang bisa kamu temukan dalam food festival ini.

Di Jakarta Dessert Week kamu bisa menemukan jajanan tradisional seperti Kerak Telor. Kerak Telor adalah makanan khas dengan cita rasa ala Betawi. Rasa Kerak Telor yang nikmat dan enak dimakan selagi hangat dijamin akan membuat kamu ketagihan. 

Selain Kerak Telor, ada juga Asinan Betawi yang wajib dicoba kala berwisata kuliner di Jakarta Dessert Week. Selain sehat dan memiliki rasa yang unik, makanan satu ini juga cukup lezat dan segar dinikmati saat cuaca Jakarta sedang panas. Makanan hasil kombinasi Budaya Betawi dengan Budaya Cina ini banyak digemari dan wajib kamu coba selain jenis dessert lainnya.

Berpindah dari sistem offline di tahun 2019, ke sistem online di 2020 dan 2021 dengan menggandeng marketplace Tokopedia, saat ini Jakarta Dessert Week melebarkan jangkauan pasar dan menjadikan festival wisata kuliner makanan khas Jakarta menjadi lebih inklusif .

Jakarta Dessert Week 2022 akan membawa perubahan besar adaptasi resto fisik ke platform e-commerce. Pada festival ini, para pelaku usaha didukung untuk memahami strategi berniaga online dan menampilkan produk yang delivery-friendly.

Jakarta Dessert Week 2022 akan dilakukan secara hibrida, menyatukan kepraktisan belanja digital, serta pengalaman sensori dalam bentuk festival offline. Jakarta Dessert Week 2022 akan menampilkan pesan penting tentang potensi wisata kuliner Indonesia melalui celebrity chef pilihan. Selain itu, akan ada penampilan chef terbaik di industri kuliner Indonesia yang sekaligus menghadirkan edukasi bagi publik serta prestise bagi Kota Jakarta.

3. Keuken, Bandung Food and Beverage Festival, 7 Agustus 2022

Sumber: Freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Bandung tidak hanya dikenal dengan wisata alamnya yang melimpah tapi juga dengan wisata kuliner yang nikmat dan penuh cita rasa.

Jika kamu berjalan-jalan di Bandung, kamu akan menemukan banyak makanan khas yang sulit dilupakan. Sebut saja makanan Batagor yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng dengan siraman kuah kacang yang sudah sangat terkenal di Indonesia.

Atau kamu juga bisa mencicipi segarnya Rujak Cuka yang merupakan kuliner dari buah-buahan hingga sayuran yang bercampur dengan kuah asam dengan rasa pedas manis asam dan menggugah selera. Semuanya tentu bisa kamu dapatkan dengan mudah di satu tempat dalam festival Keuken, Bandung Food and Beverage Festival.

Event dengan tema identik food and beverage festival ini sudah berlangsung sejak tahun 2011. Festival ini sempat diselenggarakan di beberapa lokasi di Kota Bandung. Di tahun 2022, Keuken kembali hadir dengan konsep dan tema yang berbeda dari sebelumnya, yaitu “Reclaim The Street, Eat!”. Keuken mengusung konsep 6 event dengan 6 lokasi yang berbeda-beda, mulai dari Keuken Surprise Stove, Keuken Round Table, Keuken Coffee Week, Keuken Delightful Discoveries dan Keuken, The Festival.

Keuken bertujuan menyatukan antara spatial intervention, food stories dan community gathering dalam satu wadah rangkaian acara yang dikemas apik serta unik, dengan beberapa program-program menarik. Selain itu, Keuken juga menjadi ajang untuk meningkatkan potensi para pelaku wirausaha bidang food and beverage di kota Bandung khususnya, dan Indonesia pada umumnya agar dikenal oleh cakupan Nusantara maupun mancanegara.

4. Jakarta Fashion & Food Festival, 1 September – 16 Oktober 2022

Memadukan dunia fashion dan kuliner adalah tujuan utama diadakannya Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF). Tema besar mode dan kuliner JFFF diwujudkan pada tiga rangkaian utama acara, yaitu Fashion Extravaganza, Food Festival, dan Gading Nite Carnival.

Jakarta Fashion & Food Festival yang diadakan sejak tahun 2004 oleh Summarecon dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini secara konsisten dari tahun ke tahun menggandeng para pelaku industri mode dan kuliner dengan skala kecil dan menengah.  Jakarta Fashion & Food Festival ini menghadirkan cita rasa kuliner khas nusantara dan internasional dalam Kampoeng Tempo Doeloe dan Wonderful Culinary Expo. 

Tujuan dari JFFF adalah menikmati cita rasa Indonesia dalam satu tempat. Selain menumbuhkan kepraktisan, juga menumbuhkan rasa cinta terhadap masakan khas asli Nusantara yang tidak kalah nikmatnya. Namun, wisata tidak hanya sekedar mencicipi lezatnya kuliner Nusantara, tapi juga mengenal budayanya. Ingin tahu juga tentang event festival lainnya? Kunjungi website Indonesia Travel Event dan segera catat tanggalnya. Pastikan kamu hadir bersama kerabat maupun saudara dengan mematuhi aturan protokol kesehatan!


A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Share this

Previous
Next Post »

13 komentar

  1. Saya suka makan tapi ngga brani nyicip makanan yang asing. Lah nyicip belut aja ngga brani.

    Jadi kalau ke luar kota pasti cari aman aja. makan yang sajiannya udah kenal hehee

    Cuma saya selalu rindu sama sajian tauge goreng, pertama kali makan di Bogor dan belum nemu di luar kota Bogor. Mirip gado2 tapi rasanya ada beda dikit.

    Btw, kenapa food festival ini ngga ada di Medan 😭😭

    BalasHapus
  2. Event wisata kuliner seperti ini bisa jadi kesempatan bagi kita semua untuk mengenal dan mencicipi cita rasa kuliner Nusantara. Di satu tempat aneka ragam hidangan khas setempat puas bakal menggoyang lidah kita.
    List ini perlu ditandai nih, kapan waktunya...dan cus ke tekape di jadwal yang tertera. Nandain yang di Jakarta ah sayaaa
    Btw, itu Keuken yang di Bandung cuma satu hari ya..wah cepat sekali

    BalasHapus
  3. Event wisata kuliner gini kesempatan menikmati ragam kuliner dalam satu lokasi aja ya, dan bener banget mesti dibuat listnya nih apa aja prioritas yang mau dicicipi, soalnya kan kapasitas lambung juga terbatas.

    BalasHapus
  4. Wah makan-makan, mauuuu.....
    yang paling deket Aceh Culinary Festival, banyak kuliner Aceh yang belum saya coba, malah saya cuma tahu Mie aceh, hihihi bikin malu ya?
    Kalo Keuken, dulu selalu datang karena konsepnya menyenangkan. Salah satu sudut kota (lengkap jalan yang mengitari) ditutup dan pengunjung makan-makan bisa makan-makan sambil menikmati kesibukan masyarakat Bandung
    Dulu, sebelum Kang Emil menjadi politikus, pasti datang ke event ini dan kita bisa ngobrol panjang lebar tanpa ajudan :D :D

    BalasHapus
  5. Wah iya tahun 2020-2021 semuanya serba online, 2022 ini ada yang offline dan online berarti ya mbak?
    Keinget tahun kemarin masih nonton streaming YT tentang kuliner Aceh dan pameran kopi.
    Agustus ke Bandung enak nih keknya :D
    Moga tahun ini lebih meriah lagi jd penggemar kuliner juga bisa dimanjakan nyicipin makanan enak2 sekaligus bikin konten hehehe

    BalasHapus
  6. Kalau kulinernya bukan dari kota asal itu memang seru sih, karena kan cita rasanya unik, menggugah selera, jadinya ada cerita yang akan disampaikan saat kembali ke kota asal. Serta nyarinya juga gak susah bisa ikutan food festival ini, tinggal pasang alarm jadwalnya

    BalasHapus
  7. Event wisata kuliner tu paling kudemen nih. Aku pingin datang ke event yang di Bandung. Aku demen makanan Bandung karena sempat nonton salah satu channel Youtube cewek Bandung yang nikah sama orang Korea. Dan beliau sering bikin konten tentang masak makanan Bandung. Dan itu bikin ngiler.

    BalasHapus
  8. Rasa-rasanya dulu pernah datang di event Jakarta Fashion & Food Festival ini. Tapi sudah lupa tahun berapa. Yang pasti jauh sebelum pandemi. Waktu itu diadakan di Kelapa Gading. Acaranya luar biasa rame. Tenant festivalnya juga beragam dengan kekayaan kuliner daerah yang ditampilkan. Sempat juga ada lomba makan (kalau gak salah burger dan mie). Dan itu seru banget.

    Mudah-mudahan ah bisa hadir lagi di event yang sama tahun ini. Jadi punya kesempatan menyicipi dan memotret. Pasti seru banget.

    BalasHapus
  9. Penikmat kuliner ini ada review event kuliner setidaknya bisa dihadiri agar menambah wawasan terbaru dan langsung dari masakan chefnya.

    BalasHapus
  10. Kereenn ternyata ada banyak sekali ya event2 kuliner di Indonesia, hmm jadi kepengen membelah diri supaya bisa ikut2 eventnya haha.

    BalasHapus
  11. Setuju nih tipsnya ...cari makanan yg berbeda dengan kota asal.." emang harus berani ya mbak untuk coba makanan setempat supaya cita rasa kuliner kita beragam

    BalasHapus
  12. Ini aku bangetttttt, suka nyobain aneka makanan yg khas, walopun belum coba sebelumnya. Aku tipe penasaran sih mba. Mau orang2 pada bilang ga enak, tapi kalo aku blm icipin sendiri, aku ga bakal percaya. Tetep akan coba.

    Nah kalo travelingpun, aku selalu tuh bikin list kuliner apa aja yg ada di kota/negara tsb. Dan sebisa mungkin bakal cobain semua.

    Agghhhh aku nungguin yg Aceh food festival. Semoga aja masih ada pas aku ke Aceh nanti ❤️

    BalasHapus
  13. Event event kayak gini tuh nyenengin hati dan pastinya nyenengin perut, asik banget nyicip nyicip makanan. Hehe

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!