ASUS ZenBook 14 UM425 Laptop Mewah Sangat Ringkas dengan AMD Ryzen 4000 Series

ASUS ZENBOOK 14 UM425 - Laptop Ultra Ringkas yang ditenagai Prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 Series.  Ini laptop serba bisa dengan desain mewah, body ultra-tipis, port lengkap, batre awet tapi harganya nggak mahal cuy!

asus zenbook 14 um425
ASUS ZenBook 14 UM425 Ryzen 7
 
Saya punya kesempatan untuk melihat langsung dan pegang-pegang ZenBook 14 UM425. Jadi informasinya bisa saya tulis untuk saya sampaikan kepada pembaca blog ini supaya menambah wawasan seputar laptop terbaru yang layak dipertimbangkan untuk dimiliki sebagai daily driver guna menunjang dan meningkatkan produktivitas kerja.

Hal pertama yang harus saya informasikan bahwa laptop ZenBook dari ASUS yang hadir kali ini menggunakan Prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 series. Laptop ini akan memberi kita pilihan akan laptop premium yang ringan, ngebut, awet, tapi lebih terjangkau. 

ZenBook Classic

Zenbook yang diperkenalkan oleh ASUS kali ini masih di seri ZenBook Classic yaitu ZenBook 14 UM425. Apa itu ZenBook Classic?

ZenBook Classic umumnya memiliki desain yang simpel namun tetap elegan, dengan aksen warna yang tidak mencolok namun tetap bisa menjadi pusat perhatian. Secara keseluruhan, lini ZenBook Classic merupakan varian base model dengan desain yang mengacu pada ZenBook yang pertama kali diperkenalkan tujuh tahun silam. 

Pada versi terbaru, ZenBook Classic sudah mengalami banyak perubahan. Selain tampil dengan spesifikasi dan performa yang lebih baik, ZenBook Classic terbaru hadir dengan desain lebih ringkas dan kokoh, serta memiliki serangkaian fitur yang memudahkan penggunanya. 

Prosesor Ryzen Mobile 4000 Series

Kehadiran ZenBook 14 UM425 melengkapi jajaran laptop ASUS yang mengusung prosesor Ryzen Mobile 4000 Series. Nah, prosesor ini sebelumnya sudah diperkenalkan di jajaran laptop gaming ASUS yaitu TUF Gaming A15 dan ROG Zephyrus G14. 

Prosesor inilah yang akan memberikan kita pengalaman penggunaan terbaik melalui teknologi terkini. Tentunya ini akan membuat konsumen Indonesia jadi punya pilihan untuk memiliki laptop premium yang ditenagai prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 Series

Kombinasi antara ZenBook dengan prosesor 7nm terkini AMD menghasilkan sebuah laptop yang tidak hanya ringkas, ringan dan premium, tetapi juga memiliki performa kencang.

Performa Kencang, Kerja Lancar

ZenBook 14 UM425 ditenagai oleh prosesor hingga Ryzen 7 4700U yang memiliki konfigurasi 8 core, serta memiliki boost clock hingga 4,1GHz. Konfigurasi tersebut sangat pas untuk sebuah ultrabook seperti ZenBook 14 UM425 karena memastikan performa kencang dan tidak boros daya. Jumlah core yang banyak juga memastikan bahwa laptop ini dapat digunakan untuk kegiatan multitasking. Dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi AMD Radeon Graphics, ZenBook 14 (UM425), pengguna juga dapat menikmati berbagai konten hiburan dan multimedia dengan nyaman

amd ryzen  4000 series
Prosesor AMD Ryzen 4000 Series
 
 
Prosesor AMD Ryzen 4000 Series ini jadi yang pertama dan satu-satunya prosesor mobile x86 dengan arsitektur 7nm untuk laptop

Penyimpanan Besar

ZenBook 14 UM425 dilengkapi dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe 3.0 x2 SSD berkapasitas 512GB. Penyimpanan tersebut tidak hanya sangat kencang sehingga dapat membuat waktu loading aplikasi serta booting semakin singkat, tetapi juga lebih tahan banting. Hal tersebut dikarenakan SSD tidak memiliki komponen bergerak dan bergantung sepenuhnya pada chip NAND Flash sehingga jauh lebih tahan banting ketimbang HDD.

Untuk memori, laptop ini mengandalkan modul RAM LPDDR4X terbaru berkapasitas hingga 16GB. Kapasitas memori yang lebih lega serta lebih kencang dari LPDDR3X membuat ZenBook 14 (UM425) semakin gesit. Berbagai aplikasi pun dapat dijalankan dengan sangat lancar, bahkan sangat optimal untuk multitasking.

Prosesor AMD Ryzen 4000 Series jelas dong memberikan performa #BeneranCepat untuk melakukan aktivitas.

Fitur-fitur Unggulan dan Kekinian

Prosesor AMD Ryzen 4000 Series yang digunakan pada ZenBook 14 UM425 ini memberikan sejumlah fitur unggulan yang nggak main-main. 
  • Pertama, Ryzen 4000 U series ini hadir untuk pertama kali di laptop ultrathin hingga 8core/16thread hanya dengan tdp 15watt yang memberikan kinerja beneran cepat untuk laptop ultrathin.
  • Kedua, dukungan vga radeon series sekelas kartu grafis diskrit
  • Dan ketiga peningkatan efisiensi daya yang lebih baik membuat nyala baterai lebih lama

Kerja Seharian Tanpa Perlu Charger

Di bodinya yang ringkas, laptop ini punya kapasitas baterai mencapai 67Whr yang dapat bertahan hingga 16 jam. Salah satu alasan mengapa daya tahan baterai ZenBook 14 (UM425) sangat panjang adalah berkat penggunaan komponen yang rendah daya seperti prosesor 7nm AMD Ryzen Mobile 4000 Series yang telah hadir dengan GPU terintegrasi yang sudah powerful untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari.

Laptop ini juga mendukung teknologi USB Power Delivery yang memungkinkan pengisian daya baterai melalui port USB Type-C yang tersedia di laptop ini. Selain mempermudah proses pengisian daya, teknologi USB Power Delivery juga memungkinkan penggunaan power bank untuk mengisi ulang daya baterai. 


 
Bicara soal desain, ZenBook sudah punya cirinya sendiri sebagai laptop premium yang mewah dan berpenampilan elegan. Ada beberapa hal yang membuatnya demikian

Mewah dan Premium

Kalau bicara soal kualitas, desain dan material, ZenBook selalu terbaik di kelasnya. ZenBook 14 UM425 ini menggunakan bahan aluminium alloy yang dibentuk dengan desain diamond-cut yang sangat presisi, sehingga membuat bodinya terlihat lebih mewah serta memiliki kesan premium yang kuat. 

Salah satu ciri khas ZenBook yaitu Desain Zen, bahkan hadir di laptop ini. Tahu kan desain Zen? Ini nih yang melingkar pada bagian belakang layar. Desain ini dibuat melalui proses panjang dengan finishing khusus agar ZenBook 14 tampil lebih indah.

laptop premium asus zenbook
Logo ASUS kini di pinggir, dikelilingi desain ZEN pada bagian belakang layar

Windows Hello

Ok selanjutnya Fitur Windows Hello. Fitur ini amat disukai karena sistem login jadi sangat mudah, cepat, dan pastinya bikin laptop aman gak mudah dibuka oleh orang lain.

3D IR camera yang digunakan pada laptop ini sudah mendukung fitur Windows Hello. 

Berkat kamera ini, kita bisa masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password. Cukup biarkan kamera memindai wajah sebagai akses untuk masuk ke dalam sistem. Windows Hello tidak hanya membuat proses login menjadi lebih mudah dan cepat, tetapi juga lebih aman. Kamera tersebut dipasang pada bezel atas layar yang sangat tipis. Bezel tipis yang hadir berkat teknologi NanoEdge Display di ZenBook 14 (UM425) memungkinkan laptop ini tampil dengan layar yang memiliki screen-to-body ratio hingga 90%.

windows hello
Tampilan layar ketika laptop belum bisa diakses. Kamera menunggu wajah untuk dipindai agar bisa masuk ke sistem

Tipis dan Ringan

Ketebalan laptop ini hanya 14,3mm. Selain itu, bobotnya juga sangat ringan hanya 1,22kg karena menggunakan bodi berbahan aluminium alloy. Tentu saja laptop ini lebih leluasa untuk dibawa bepergian. Mudah dimasukkan ke dalam tas berukuran kecil dan tidak membuat pundak mudah sakit.

Military Grade

ZenBook 14 Um425 juga memiliki bodi yang sangat kokoh dan telah mendapatkan sertifikasi lolos uji standar militer AS (MIL-STD 810G) mulai dari uji fungsional di ketinggian hingga lebih dari 15.000 kaki, uji jatuh dari ketinggian 100mm dalam keadaan hidup dan diuji di setiap sudut jatuh, hingga uji operasional di suhu rendah yaitu hingga -33 derajat Celcius.


Office Pre-Installed. 

Ya, karena sudah hadir dengan Microsoft Office Pre-Installed jadi kita tidak perlu lagi  mamasang aplikasi office lainnya atau bahkan menggunakan aplikasi bajakan karena di laptop ini sudah terdapat aplikasi Microsoft Office Home & Student 2019 orisinil dan dapat digunakan selamanya.

Microsoft Office merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh sebagian besar institusi di dunia. Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Selain dilengkapi dengan fitur Office terkini, Microsoft Office Home & Student 2019 juga dapat terus di-update sehingga pengguna dapat terbebas dari berbagai ancaman celah kemanan dan malware. Microsoft Office Home & Student 2019 sudah tersedia tanpa biaya tambahan. 


Kenyamanan Terbaik

ZenBook14 UM425 adalah laptop yang sangat nyaman ketika digunakan. Berkat apa?
  • Pertama, berkat fitur edge-to-edge keyboard. Fitur ini membuat keyboard di ZenBook 14 (UM425) dihadirkan hingga ke dua sisi bodinya. Artinya, ZenBook 14 (UM425) memiliki format keyboard lebih luas dan tombol yang lebih besar. Berkat fitur ini, mengetik menjadi lebih nyaman.
  • Kedua berkat fitur ErgoLift yang membuat bodi utama laptop terangkat dan membentuk sudut tiga derajat ketika sedang digunakan. Posisi tersebut membuat posisi mengetik menjadi lebih ergonomis, sekaligus meningkatkan performa pendinginan berkat rongka udara ekstra yang diciptakan dari posisi bodi utama yang terangkat.
  • Ketiga, karena adanya fitur NumberPad 2.0. Kali ini fitur ini hadir tidak hanya dengan tombol pengontrol tingkat kecerahan saat mode numpad digunakan, tetapi tombol pengontrol tersebut juga kini dapat digunakan untuk membuka aplikasi kalkulator yang ada di Windows 10 Home.
Keyboard lebih luas dengan fitur Backlit Keyboard dan Number Pad

Desain Ergolift
 

Semakin Mudah Berkat Konektivitas Lengkap

ZenBook 14 Um425 masih hadir dengan port USB Type-A dan HDMI supaya pengguna tetap bisa menggunakan aksesori yang masih menggunakan USB Type-A serta menghubungkan laptop ke monitor eksternal tanpa harus menggunakan USB dongle.

Sebagai laptop modern, ZenBook 14 (UM425) tentu saja dilengkapi dengan port USB Type-C yang telah mendukung teknologi USB Power Delivery. Artinya, laptop ini dapat diisi dayanya melalui port USB Type-C.

Laptop ini juga telah dilengkapi dengan konektivitas wireles menggunakan WiFi 6 (802.11ax). WiFi generasi terbaru yang memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah. ASUS juga menghadirkan fitur WiFi Master yang memungkinkan laptop mampu menangkap sinyal WiFi lebih baik. Mendukung WiFi 6 terdapat juga Bluetooth 5.0 yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai aksesori mulai dari headphone hingga mouse wireless.

1x USB Type-A, HDMI, 2x USB Type-C
 
Aplikasi MyASUS

Laptop-laptop terbaru ASUS kini sudah dilengkapi dengan aplikasi MyASUS, termasuk ZenBook 14 UM425 ini. 

Jadi di laptop ini pengguna juga bisa memaksimalkan software yang disediakan oleh ASUS yaitu MyASUS yang bisa digunakan untuk terkoneksi dengan smartphone untuk keperluan transfer file dan URL, menerima pemberitahuan pop-up, membaca dan mengirim pesan, menerima atau melakukan panggilan, dan layar cermin, semua aktif pada ASUS ExpertBook B9 tanpa harus menggunakan kabel data ataupun menyentuhnya. Secanggih itu, wow!


Hasil Benchmark pada ZenBook 14 UM425

Berikut hasil Benchmark pada ZenBook 14 UM425


Penasaran dong berapa harga ZenBook 14 UM425 ini. Berikut harganya:

Rp14.299.000 (Ryzen 7 variant)

Rp12.299.000 (Ryzen 5 variant

Setiap pembelian ZenBook 14 UM425, otomatis dapat 2 tahun garansi global ya.

 

Kesimpulan:

Menurut saya, ini laptop mewah yang sangat ringkas, mudah dibawa bepergian. Sangat nyaman ketika digunakan berkat fitur-fiturnya yang kekinian. Batre awet, penyimpanan besar, dan sangat bertenaga, tapi tidak boros daya. Harga? Wah... laptop ini bisa banget jadi pilihan yang layak dikejar, karena dengan keunggulan yang dimilikinya, harganya sangat terjangkau. Apalagi, laptop ini kan serba bisa, cocok untuk berbagai kalangan dari pelajar, mahasiswa, content creator, hingga profesional. 

Buat menunjang dan meningkatkan produktivitas kerja, recommended banget. 

Nah, bagaimana dengan Anda?

Main Spec.

ZenBook 14 (UM425)

CPU

AMD Ryzen™ 7 4700U Processor 2.0 GHz (8M Cache, up to 4.1 GHz)

AMD Ryzen™ 5 4500U Processor 2.3 GHz (8M Cache, up to 4.0 GHz)

Operating System

Windows 10 Home with Office Pre Installed

Memory

16GB LPDDR4X (Ryzen 7 variant)

8GB LPDDR4X (Ryzen 5 variant)

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 x2 SSD

Display

14.0" (16:9) IPS FHD (1980 x 1080), 100% sRGB, Anti-glare, NanoEdge Display

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.0a, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-C, Micro SD card reader

Camera

HD camera with IR function to support Windows Hello

Connectivity

Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

31.90 x 21.00 x 1.43 ~ 1.43 cm

Weight

1,22Kg

Colors

Pine Grey, Lilac Mist

Price

Rp14.299.000 (Ryzen 7 variant)

Rp12.299.000 (Ryzen 5 variant)

Warranty

2 tahun garansi global


Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion

Leave your message here, I will reply it soon!