ZenFone Max Pro M2 dan ROG Phone Tonggak Sejarah Baru Dunia Gaming Mobile

19.13
Kehebohan Blogger Merayakan  kehadiran Sang Juara Mobile Gaming Zenfone Max Pro M2

Tonggak sejarah baru bagi dunia gaming mobile

Sudah 3 minggu berlalu sejak ASUS meluncurkan secara resmi 2 smartphone gaming fenomenal yang ditujukan khusus untuk para pecinta game, yaitu ZenFone Max Pro M2 dan ROG Phone. Kemeriahannya masih terasa, bahkan melekat dalam ingatan saya sebagai peluncuran smartphone yang sukses menggebrak dunia mobile gaming. 

Yeah, event peluncuran pada Selasa tanggal 11 Desember 2018 tersebut memang menjadi tonggak sejarah baru bagi dunia gaming mobile di mana keduanya diklaim sebagai smartphone gaming terbaik di kelasnya yang membawa nama sebagai perangkat #NextGenerationGaming.



No.1 Mobile Gaming Has Arrived

ASUS Zenfone Max Pro M2 dan ROG Phone hadir dengan konsep yang keren dan didesain special untuk memanjakan para pecinta games. 

ZenFone Max Pro M2 hadir sebagai smartphone gaming penerus ZenFone Max Pro M1 yang menawarkan performa lebih kencang, baterai lebih tahan lama, bodi lebih tangguh, serta desain lebih elegan. Inilah yang membuat hape gaming satu ini sebagai juaranya smartphone gaming kelas konvensional. 

Buat yang masih penasaran dengan speknya yang serba unggul, simak terus tulisan ini ya. Namun sebelum itu, baca juga cerita saya tentang kemeriahan di balik peluncuran juara baru smartphone gaming ini. 



Indonesia Sambut Juara Baru Smartphone Gaming

Acara peluncuran smartphone ZenFone Max Pro M2 di Indonesia ini merupakan yang pertama di wilayah Asia Pasifik. Tak heran bila disambut penuh antusias. Tercatat ada 900 lebih undangan yang hadir di acara peluncuran, terdiri dari para media, blogger, ZenFans, ROGers, distributor, dealer, hingga para mobile gamers profesional.

Saya menyaksikan sendiri bagaimana membludaknya para undangan yang sempat mengalami sedikit “kemacetan” di area registrasi, sangat ramai namun acara tetap berjalan seru. 

Komentar-komentar seru mengenai kehadiran smartphone gaming ini berseliweran di dunia maya hingga dunia nyata. Masih jauh dari agenda acara saja sudah ramai diperbincangkan, apalagi setelah resmi diluncurkan. 

Saya mungkin bukanlah seorang gamers, tapi bukan berarti tidak jatuh cinta pada ZenFone Max Pro M2. Karena spek smartphone ini cocok untuk mendukung kegiatan sehari-hari saya sebagai seorang travel blogger.  






Mobile Gaming Terbaik dari ASUS Resmi Diluncurkan!

Selasa (11/12/2018) tiga smartphone gaming terbaru telah sah diluncurkan oleh ASUS yaitu ZenFone Max Pro M2, ZenFone Max M2, dan ROG Phone. Ketiganya hadir dengan spesifikasi dan fitur terbaik di kelasnya yang memastikan penggunanya mendapatkan pengalaman gaming maksimal. 

“Bersiaplah untuk pengalaman bermain game yang maksimal karena smartphone gaming terbaik telah hadir di Indonesia,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia.

“Melalui tiga smartphone gaming terbaru ini, ASUS juga memastikan posisinya sebagai produsen smartphone gaming terdepan, dan menjadi number one in mobile gaming Indonesia,”  lanjut Jimmy.

ASUS ZenFone Max Pro M2

Zenfone Max Pro M2

ZenFone Max Pro M2 membawa misi “Next Generation Gaming” dengan menawarkan kombinasi spesifikasi dan harga terbaik di kelasnya. Dibanderol dengan harga Rp 2.799.000 (3/32), Rp 3.199.000 (4/64), dan Rp 3.699.000 (6/64), inilah spek dari Zenfone Max Pro M2:

Max Battery
Performa baterai tahan lama merupakan tradisi dari seri ZenFone Max sejak pertama kali hadir, tidak terkecuali untuk ZenFone Max Pro M2. Dengan kapasitas bateri 5.000 mAH, ZenFone Max Pro M2 mampu memiliki waktu standby di jaringan 4G hingga 35 hari. Bahkan baterai ini juga mampu menghadirkan pengalaman bermain game hingga 10 jam non-stop serta menonton YouTube selama 19 jam. 

Max Camera
Sistem kamera ganda di ZenFone Max Pro M2 merupakan yang terbaik dari semua seri ZenFone Max. Sistem kamera sudah dilengkapi dengan fitur AI Scene Detection yang sama seperti yang ada di seri ZenFone 5. Kamera canggih tersebut membuat pengguna ZenFone Max Pro M2 bisa mengambil foto berkualitas dan merekam video beresolusi 4K dengan mudah.

Sistem kamera ganda di ZenFone Max Pro M2 menggunakan sensor premium beresolusi tinggi Sony IMX486 yang memiliki kepekaan lebih tinggi terhadap cahaya ketimbang sensor kamera lain sekelasnya. Sensor ini mampu menghasilkan gambar yang lebih nyata baik dalam kondisi terang maupun minim cahaya. Ditambah dengan fitur Phase-detection Autofocus (PDAF) dan Electronic Image Stabilization (EIS), pengguna ZenFone Max Pro M2 akan bisa mengambil gambar yang stabil bebas dari blur. Agar bisa menghasilkan foto potrait yang cantik, kamera kedua ZenFone Max Pro M2 memiliki teknologi depth-sensing sehingga bisa menampilkan efek bokeh dengan sangat baik. Kamera ini juga bisa memberikan efek tajam pada bagian yang fokus serta efek blur pada background yang sangat natural. 



Max performance
ZenFone Max Pro M2 ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 660 yang dibangun di atas arsitektur 14nm. SoC tersebut sudah dilengkapi dengan AI Engine untuk performa yang lebih lancar. Didukung dengan RAM hingga 6GB, Snapdragon 660 memiliki peningkatan performa CPU hingga 11% dan performa GPU hingga 33% dari generasi sebelumnya. Snapdragon 660 dipastikan mampu menghadirkan performa superior ketika bermain game.

Max durability
ZenFone Max Pro M2 merupakan smartphone pertama di kelasnya yang menggunakan Corning Gorilla Glass 6. Dalam pengujiannya, smartphone yang dilapisi Corning Gorilla Glass 6 bisa bertahan hingga 15 kali uji jatuh dengan ketinggian satu meter. Performa ketahanannya setara dengan dua kali lipat dari Corning Gorilla Glass 5 yang merupakan seri sebelumnya. 

Max entertainment
ZenFone Max Pro M2 menggunakan layar all-screen high-res 6,3 inci FHD+ (2280 x 1080) dengan aspect ratio lebar 19:9. Kualitas tampilan layarnya lebih baik dari geneasi sebelumnya dengan color gamut NTSC hingga 94%, tingkat kecerahan hingga 450cd/m2, dan rasio kontras 1500:1. Dengan layar tersebut, ZenFone Max Pro M2 cocok digunakan untuk menikmati beragam konten multimedia.

Untuk pengalaman multimedia yang lebih baik, ZenFone Max Pro M2 juga menggunakan lima speaker dengan voice coil berbahan metal. Speaker tersebut dikontrol oleh teknologi NXP low-distortion smart amplifier sehingga mampu menghasilkan detail suara dengan sangat baik.

Premium design, max convenience
ZenFone Max Pro M2 merupakan varian ZenFone pertama yang menggunakan desain dengan tampilan Wave Pattern yang eye-catching. Bodinya juga didesain sangat ergonomis dengan bentuk 3D-curved di untuk bagian belakangnya, sehingga sangat nyaman digenggam. Tidak hanya itu, desain tersebut juga membuat ZenFone Max Pro M2 terlihat lebih mewah dan elegan.

ZenFone Max Pro M2 sudah hadir dengan fitur triple-slot yang bisa mengakomodasi dua kartu SIM dan satu kartu MicroSD. Dua slot kartu SIM tersebut sudah mendukung teknologi 4G LTE (dual SIM / dual stancby). Sementara slot MicroSD memungkinkan penyimpanan tambahan hingga 2TB.

ASUS ROG Phone

ASUS ROG Phone Rajanya Dunia Gaming Mobile

ASUS ROG Phone merupakan smartphone gaming kelas premium pertama di Indonesia. Hadir membawa nama Republic of Gamers, kehadiran smartphone ini juga mengulang kesuksesan ASUS di ranah premium gaming setelah merilis laptop gaming pertama di Indonesia, yaitu ASUS ROG G1 dan G2 tahun 2007 silam.

“ROG Phone merupakan salah satu mahakarya ASUS yang kembali menghadirkan standar baru untuk industri gaming mobile,” ujar Jimmy.

ROG PHone dibanderol dengan harga Rp12.999.000 (8/128) dan Rp14.499.000 (8/512).



Berikut Spesifikasi ROG Phone

Tangguh dengan Gorilla Glass 6
Hadir menggunakan 2.5D dan 3D-curved Gorilla Glass 6 yang dibuat secara presisi dengan diamond-cut highlights serta copper detailing. Rangka menggunakan metal frame yang dirancang sedemikian rupa sehingga sudah tahan air dan mengantongi sertifikasi IPX4 splash resistant. Ketangguhannya memastikan gamer bisa bermain kapanpun serta di manapun.

Performa ultra-kencang
Smartphone ini memastikan game bermain tanpa hambatan, tanpa lag, dan tanpa delay karena memiliki respon yang tinggi. Dukungan SoC Snapdragon 845 Speed-Binned serta GPU Adreno 630 membuat ROG phone tampil sebagai gaming powerhouse dengan performa grafis luar biasa. ROG Phone juga mampu menghadirkan framerate yang tinggi serta stabil tanpa lag sedikitpun, bahkan ketika digunakan terus menerus. Untuk mendukung performa komputasinya, ASUS juga menanamkan konektivitas premium di smartphone ini, yaitu Cat 18 LTE serta 802.11ad gigabit-class Wi-Fi yang super kencang. Sesi bermain game online pun dipastikan tidak akan mengalami gangguan.



Tetap dingin
Salah satu tantangan dalam merancang sebuah smartphone gaming adalah sistem pendinginannya. Smartphone yang digunakan untuk bermain game dalam waktu lama dipastikan akan mengganggu performa serta kenyamanan bermain. Untuk itulah ROG Phone dilengkapi dengan teknologi pendingin khusus bernama GameCool system yang memanfaatkan 3D vapor-chamber cooling. Ditambah dengan copper heat spreader dan carbon cooling pads, ROG Phone dapat menemani gamer bermain dalam waktu yang lama tanpa ada masalah dengan suhu yang tinggi. Untuk memaksimalkan pendinginan, ROG Phone sudah dibekali dengan aksesori khusus bernama AeroActive Cooler yaitu kipas tambahan yang bisa dipasang di ROG Phone. Kipas ini mampu menurunkan suhu ROG phone hingga 4,7 derajat Celcius.

Layar kelas gaming
Smartphone gaming terbaik membutuhkan layar terbaik. ROG Phone menggunakan layar dengan panel AMOLED dan sudah memiliki refresh rate 90Hz dengan response time 1ms, spesifikasi yang sangat dibutuhkan oleh gamer esports. Layar tersebut menjanjikan pengalaman bermain game yang sangat responsif serta animasi di dalam game yang sangat mulus. Selain memiliki performa tinggi, layar ROG Phone sudah mampu menampilkan warna dengan sangat baik dengan tingkat color gamut DCI-P3 sebesar 108.6% dan sRGB sebesar 145%. Tampilan visual yang dihasilkan menjadi sangat detai berkat dukungan HDR Visual dan dukungan rasio kontras 100,000:1, membuat gamer bisa melihat objek di game dengan jelas meski digambarkan dalam gelap. 



Tetap nyaman bermain game
Mengisi daya smartphone sambil bermain game sangatlah tidak nyaman karena kabel akan mengganggu posisi tangan. Di ROG Phone, gamer tidak akan mendapatkan masalah tersebut karena ASUS menghadirkan port tambahan khusus bernama side-mounted ports di bagian sisi bodi ROG Phone. Melalui port tersebut, ROG Phone akan tetap nyaman digunakan ketika bermain game dalam mode landscape sambil mengisi daya baterai. Side-mounted ports di ROG Phone bukan sekadar port biasa. Para engineer ASUS merancang port ini tidak hanya sebagai jalur pengisian daya alternatif, tetapi juga memiliki jalur data yang bisa mentransmisikan audio dan video. Side-mounted ports juga merupakan fasilitas utama untuk menghubungkan ROG Phone dengan aksesorinya.

Take control
Smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur AirTrigger yang memberikan pengalaman kontrol layaknya di konsol. AirTrigger merupakan ultra-responsive sensor yang ditempatkan di samping bodi ROG Phone. Gamer bisa menggunakan AirTrigger sebagai pengganti tombol virtual yang ada di dalam game. ROG Phone juga memiliki pengaturan khusus untuk AirTrigger di setiap game. Berkat AirTrigger, gamer seperti memiliki dua jari ekstra sehingga memberikan keuntungan lebih ketika bermain game. Gamer bisa menghadirkan kemampuan penuh ROG Phone dengan mudah melalui fitur X Mode. Hanya dengan satu kali tekan, X Mode secara otomatis akan mengosongkan memori dan mengalokasikannya untuk bermain game. X Mode juga akan mencegah berbagai aplikasi yang rakus daya dan memori untuk aktif sehingga sesi bermain game dengan ROG Phone bisa lebih nyaman serta lancar. 



Immersive stereo sound
Bermain game tanpa dukungan suara terbaik tentu tidak akan nyaman. ROG Phone sendiri sudah dilengkapi dengan sistem audio yang sangat immersive. Sistem audio tersebut menggunakan ultra-powerful front-facing stereo speaker yang dikontrol oleh amplifier khusus sehingga bisa menghasilkan suara kencang yang minim distorsi. Sistem audio di ROG Phone juga sudah mendukung Hi-Res Audio lewat 24-bit/192KHz audio engine yang tertanam di dalamnya. Sistem audio ROG Phone didukung oleh teknologi DTS:X Ultra 1.0 terbaru yang bisa menghasilkan suara sangat realistis. Mendukung fitur 7.1 channel surround sound, ROG Phone sudah memenuhi standar audio untuk game virtual reality.

Pengisian daya cepat, aman, dan tetap dingin
Dengan kapasitas baterai 4.000 mAh, gamer sudah bisa bermain game cukup lama. Namun inovasi ROG Phone tidak hanya menghadirkan baterai besar saja. Smartphone gaming ini sudah mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4.0 yang dapat mengisi daya dengan cepat. ROG Phone juga merupakan smartphone ASUS pertama yang hadir dengan teknologi ASUS HyperCharge, membuat smartphone ini bisa mengisi daya dari kondisi baterai kosong hingga 60% hanya dalam waktu setengah jam saja. Hebatnya lagi, teknologi ini tidak membuat smartphone panas karena chip khusus HyperCharge justru berada di dalam adapter ROG Phone.



Aura RGB
Menambah keunikannya, ROG Phone juga merupakan smartphone ASUS pertama yang mengadopsi RGB LED menggunakan ASUS Aura RGB Lighting. Gamer bisa mengubah efek tampilan RGB LED yang ada di ROG Phone seperti static, breathing, strobing or color cycling. Selain itu, para gamers juga bisa mengatur tampilan tertentu untuk skenario khusus. Misal menampilkan warna biru ketika ada panggilan telepon dan lain-lain. Dengan demikian, ROG Phone punya kepribadian yang berbeda dengan ROG Phone milik rekan yang lain.

Premium camera
ROG Phone sudah dibekali sensor kamera kelas flagship yaitu Sony IMX363 dengan aperture lebar yakni f/1.7. Sensor kamera tersebut punya ukuran 2,55 inci dengan besar pixel 1,4 micron untuk pengambilan gambar maksimal. Meskipun bukan merupakan camera phone, ASUS juga membekali ROG Phone dengan serangkaian mode pemotretan, mulai dari potrait, landscape, hingga mode profesional. Artinya, pengguna pun masih bisa bereksperimen lebih lanjut terkait fotografi, dengan smartphone gaming yang satu ini.



Game the way you want
ROG Phone merupakan smartphone gaming ultimate yang memiliki ekosistem solid dan hadir dengan serangkaian akesori eksklusif. Aksesori yang dijual secara terpisah ini akan membuat gamer merasakan pengalaman baru ketika bermain game mobile. Aksesori yang ditawarkan dalam paket penjualan terdiri dari AeroActive Cooler dan GameVice controller. Namun demikian, pengguna yang membutuhkan nantinya akan dapat membeli TwinView Dock dan Mobile Desktop Dock secara terpisah. ROG Phone juga merupakan satu-satunya smartphone di dunia yang bisa menggunakan eksesori tersebut.

Zenfone Max M2

Zenfone Max M2

ZenFone Max M2 merupakan smartphone gaming kelas mid-range yang terjangkau. Generasi penerus ZenFone Max M1 ini kini hadir dengan performa yang lebih kencang, layar yang lebih lebar, dan sistem audio serta kamera yang lebih baik. Meski merupakan perangkat kelas mid-range yang terjangkau, ZenFone Max M2 tetap tampil dengan performa yang mumpuni untuk bermain game.

“ZenFone Max M2 tetap tidak bisa dipandang sebelah mata,” ujar Jimmy. “Smartphone ini masih sangat mumpuni untuk menjalankan semua game terkini dengan sangat lancar. Semua itu berkat peningkatan dari sisi SoC, dimana kini Zenfone Max M2 menggunakan Qualcomm Snapdragon 632 yang lebih powerful.”


Zenfone Max M2 dibanderol Rp 2.2999.000 (3/32) dan Rp 2.699.000 (6/64). 



Berikut adalah spesikfikasinya:

Max performance
Di dalam ZenFone Max M2 terdapat SoC terkini Qualcomm Snapdragon 632 yang dibangun dengan arsitektur ARM 14nm dan ditemani oleh RAM hingga 4GB. Penggunaan SoC terbaru tersebut membuat ZenFone Max M2 tampil dengan performa CPU 40% lebih tinggi dan performa grafis 10% lebih baik dari perangkat yang menggunakan Snapdragon 626. ZenFone Max M2 juga sangat efisien dalam hal konsumsi daya sehingga bisa menemani penggunanya seharian.

Max battery
Performa baterai merupakan salah satu fokus utama di seri ZenFone Max. ZenFone Max M2 kali ini menggunakan baterai lithium-polymer berkapasitas besar  4.000 mAh. Baterai yang diproduksi secara khusus tersebut mampu membuat ZenFone Max M2 memiliki waktu standby di jaringan 4G selama 33 hari. Selain itu, smartphone ini juga bisa menemani penggunanya menonton video selama 21 jam, berselancar di internet menggunakan WiFi selama 22 jam, hingga bermain game selama 8 jam non-stop. 

Max display
ZenFone Max M2 merupakan smartphone pertama di seri ZenFone Max yang menggunakan layar 6,3 inci all-screen 19:9 HD+ (1520 x 720). Layar tersebut hadir dengan screen-to-body ratio hingga 88% sehingga dapat memperkaya pengalaman penggunaan. Baik untuk berselancar di internet, menonton video ataupun bermain game, layar ZenFone Max M2 sudah bisa mengakomodasi semuanya.

Layar pada ZenFone Max M2 juga membuat smartphone ini tetap ramping dengan ketebalan hanya 7,7mm, lebih tipis dari pendahlunya yang memiliki ketebalan bodi hingga 8,7mm. Meski lebih ringkas, smartphone ini tampil lebih powerful dan masih mengusung baterai besar. 



Max camera
Sistem kamera ganda di ZenFone Max M2 mengusung sensor beresolusi 13MP dengan aperture lebar f/1.8 yang bisa menghasilkan gambar dengan detail di situasi apapun. Kamera tersebut sudah didukung fitur AI Scene Detection yang memungkinkan ZenFone Max M2 mengenali 13 jenis foto. Agar hasil pengambilan gambar tetap stabil dan tidak blur, kamera ZenFone Max M2 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS).

Kamera kedua di ZenFone Max M2 merupakan kamera khusus untuk menghasilkan efek bokeh di foto potrait. Kamera ini mampu menghasilkan efek blur pada background yang sangat natural layaknya diambil menggunakan kamera profesional.

Max audio
Agar pengalaman multimedia semakin maksimal, ZenFone Max M2 kini hadir dengan lima magnet speaker dengan metal voice coil. Lima speaker tersebut dikontrol oleh teknologi NXP low-distortion smart amplifier agar menghasilkan suara yang jernih dan keras.

Nah, itulah tadi 3 smartphone gaming terbaru yang diluncurkan oleh ASUS sebelum tutup tahun 2018. Heboh dan fenomenal. Mau pilih yang mana? Sesuaikan dengan kebutuhan dan isi kantong saja.   




Silaturahmi Keluarga Blogger ASUS

Acara peluncuran produk ASUS selalu jadi ajang kumpul para blogger Nusantara. Bahagia sekali bisa bertemu dan kumpul saling melepas kangen. Jika biasanya chit chat saja di grup WA dan media sosial, saat acara ASUS jadi bisa ngobrol langsung. Serunya tiap kumpul ada acara bongkar oleh-oleh segala. Pemanis di tengah acara lepas kangen. 

Blogger - Grand Mercure  Harmoni (11/12/2018)

Galip Fu (ASUS Regional Marketing Manager) dan blogger - Pullman Central Park Jakarta 11/12/2018

Gala Dinner di Grand Mercure Harmoni 11/12/2018

#NoMoreGhoib 😂

Berikut adalah tempat penjualan resmi Zenfone Max Pro M2 dan Max M2:
Nama Toko
Lokasi
Duta Ponsel
Jl. Jend. Sudirman No. 79, 81, 83, Pekanbaru
Maxx Mobile
Jl. Kolonel Abunjani, Sipin – Jambi
Goeboek Imut Expo
BEC 2, Jl. Purnawarman 13-15, Lt. LG Main Road   (Depan Blok G)
Sinar Mas Selular
Matahari Plaza Simpang Lima, Lt. 1
Semarang (Depan Escalator naik)
Hartono Mobile (Hartono Elektronika)
WTC Lt. 5 No. 5028 E-Mall. Surabaya
Cellular World
Jl. Teuku Umar, Denpasar
(M) Deltasindo Sagita Mandiri - Jayapura
Jl. Raya Sentani Rt.001/010 Waena Jayapura
Surya Phone - Samarinda
Jl. KH. Abul Hasan No.36 Samarinda
Rappang Cellular (AES Bekasi)
Bekasi Cyberpark, Lt. GFX-AT03 - Bekasi
Prima Phone (AES Roxy)
ITC ROXY MAS Lt. Dasar No 5 – Jakarta Pusat
CV Mobile generation/Aries Cell (AES Cempaka Mas)
ITC CEMPAKA MAS Lt.4 Blok G No. 491, Jakarta
Asus Exclusive Store - Medan
Plaza Medan Fair Lt.4 No. 40-42 Medan


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Response to "ZenFone Max Pro M2 dan ROG Phone Tonggak Sejarah Baru Dunia Gaming Mobile"

  1. penasaran juga buat review hp satu ini... mumpung lagi booming...
    eh dua kali nyari kok langsung ludes semua hpnya di toko toko...

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon