Glamping Kaliurang Bersama INDEKOSTOUR Untuk Liburan Seru di Yogyakarta

INDEKOSTOUR - Glamping Jogja di Kaliurang jadi cerita seru yang bisa saya ceritakan kala menikmati Yogyakarta di musim hujan. Menginap di dataran tinggi Pakem Sleman yang berudara dingin, jadi tantangan sendiri buat saya yang mudah menggigil. Tapi suasana dan panorama alam sekitar kaki Gunung Merapi, cukup sakti menghipnotis mata dan hati. Nyaman bikin happy

glamping kaliurang jogja
Glamping Kaliurang Yogyakarta Bersama INDEKOSTOUR

Nge-KOST Mudah dengan INDEKOST, TOUR Seru Bersama INDEKOSTOUR

Rejeki baik untuk saya bisa mengenal applikasi INDEKOST, di mana kemudian saya mengenal anak usahanya yang bernama INDEKOSTOUR, tempat saya mendapatkan layanan menginap dan tour di Jogja selama 3D2N. INDEKOSTOUR membuat saya menjejak Kaliurang tepat di ujung bulan November 2018. Sebuah wilayah yang belum pernah saya sentuh sebelumnya meski telah beberapa kali ke Jogja. 

Sebelum saya bercerita tentang keseruan menginap di tenda, jumpa blogger-blogger Jogja di malam yang basah, serta jalan-jalan cantik ke tempat-tempat wisata hitz, baik kiranya saya kenalkan dulu  sekilas tentang INDEKOST dan INDEKOSTOUR. 



INDEKOST Aplikasi Untuk Pencari Kost

Teman-teman tentu sudah familiar ya dengan kata nge-kost dan kost-kostan. Nah, kalau aplikasi INDEKOST, sudah pernah dengar belum? Belum? Okay baiklah. 

INDEKOST adalah aplikasi untuk pencari kost. Aplikasi ini dibentuk untuk mempertemukan para pemilik kost dan pencari kost dalam satu aplikasi. Kenapa pencari kost memerlukan aplikasi INDEKOST? 
  • Karena nge-kost via aplikasi INDEKOST jadi lebih mudah
  • Lewat aplikasi ini, nggak ada lagi setor gepokan duit ke penjaga kost dan pulang ke kamar tanpa bukti bayar
  • Nggak ada lagi ketokan sayang yang berisi tagihan 
  • Kita bisa bayar lewat transfer dari bermacam-macam bank, e-Money kaspro dan Gopay, Indomaret, dan Alfamart
  • Invoice bulanan pun dikirim via email 
  • Anak kost bisa dapatkan juga bukti bayar otomatis dan record bayaran bulanan selama nge-kost
  • Menariknya nih, jika booking kost via INDEKOST, kita juga dapat potongan harga di bulan pertama serta surprise promo diskon di bulan-bulan berikutnya
  • Selain itu, Indekost juga punya bermacam-macam promo yang bisa dinikmati selama kost 

Nge-kost kini bisa seasyik ini, banyak untungnya pula. Siapa yang nggak mau? 😍

Saya memang belum coba cari kost lewat INDEKOST, karena saat ini belum ada kebutuhan. Tapi yakin deh applikasi ini berguna. Entah itu buat saya sendiri, atau untuk bantu info ke orang lain. Jadi saya tetap install. Dua tahun ke depan anak saya akan kuliah, siapa tahu kuliahnya di kota lain dan dia butuh kost, maka saya pasti akan mencarikannya lewat applikasi INDEKOST. Kalau sekarang nih, saya adalah mama-mama yang sedang berada di masa ingin banyak piknik. Nah, INDEKOSTOUR dong yang saya butuhkan. Mau pesan penginapan bisa, mau tour juga bisa.

Glamping Kaliurang Yogyakarta Bersama INDEKOSTOUR

INDEKOSTOUR Untuk Wisatawan dengan Budget Minim

Menginap cantik nggak berarti cuma bisa dilakukan dengan memesan kamar hotel yang mewah. Dengan glamping pun bisa. Seperti namanya; glamourous camping, glamping adalah camping mewah yang nggak bikin repot, apalagi menderita.

Trend glamping di Indonesia sebetulnya sudah lama ada. Saya baru 2 tahun terakhir ini saja merasakan enaknya glamping. Jika dulu glampingnya di kawasan Lembang Bandung yang berudara dingin, kali ini di kawasan Kaliurang Yogyakarta yang tak kalah sejuk.

Rencana glamping sudah ada sejak bulan Oktober, tapi baru terealisasi di ujung November. Kondisi cuaca di bulan November sedang banyak hujan bikin jadwal dan tempat glamping jadi berubah. Awalnya akan glamping di Jawa Timur, lalu dipindah ke Yogyakarta. Oke tak soal ubah waktu dan tempat, yang penting jalannya tetap dengan orang yang sama. 
Baca juga: Glamping di Trizara Resort Bandung
Glamping dan Tour Jogja bersama travel blogger dari Surabaya, Malang, Jakarta

Travel Blogger Glamping Bareng

Teman glamping saya kali ini adalah Mbak Dian (www.adventurose.com), Mbak Nurul (www.bukanbocahbiasa.com), April (www.keluargahamsa.com), dan Ivon (www.keluargabiru.com). Semuanya blogger, sama-sama suka jalan-jalan dan menulis blog. Cocok! Saya dan April dari Jakarta, Mbak Dian dan Mbak Nurul dari Surabaya, dan Ivon dari Malang. Bersama merekalah saya liburan selama 3D2N di Yogyakarta.

Selain glamping, kami juga tour Jogja. Nah, karena kami adalah para mom traveler yang sedang ingin liburan manja, tapi di sisi lain ingin banyak berhemat, maka segala urusan penginapan dan tour kami serahkan kepada INDEKOST dan INDEKOSTOUR yang biasa menangani paket wisata minim budget. Mom seperti kami paling senang kalau bisa menekan biaya hingga sekecil-kecilnya, tapi bisa meraih kepuasan sebesar-besarnya *lol

Buat yang ingin tahu pengalaman saya glamping bersama INDEKOST dan tour dengan INDEKOSTOUR, simak terus cerita saya berikut ini ya. 

Glamping Kaliurang INDEKOSTOUR

Glamping Kaliurang INDEKOSTOUR

Glamping hemat ala INDEKOSTOUR memang benar-benar hemat. Harga paket per orang hanya Rp95.000. Terakhir saya glamping di Lembang harganya Rp2jutaan per malam. Maka itu di awal-awal saya sempat mengira jangan-jangan saking ekonomisnya nanti tidurnya beralas terpal tipis. Jangan-jangan tendanya tipis dan bocor, bikin kebasahan bila turun hujan. Jangan-jangan sarapannya sederhana, hanya semangkok mie instant dan minuman teh kurang gula. Bahkan, mungkin saja toilet kamar mandinya cuma satu dan kami harus gantian. Tapi ternyata, setelah saya tiba di camp ground INDEKOSTOUR, semua dugaan itu keliru!

Glamping Kaliurang Indekostour ternyata nyaman dan menyenangkan. Bahkan saya merasa inilah glamping yang saya cari-cari. Mewah sampai kelewatan enggak, sederhana juga enggak. Pas banget pokoknya!   
 Baca juga: 5 Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan Saat Berkemah
Deretan tenda glamping Kaliurang INDEKOSTOUR

TENDA INDEKOSTOUR

Tendanya INDEKOSTOUR itu benar-benar tenda seperti yang dipakai oleh orang-orang yang berkemah. Beda dengan tenda yang saya gunakan saat glamping di Jawa Barat. Di sana tendanya sangat besar dan berbentuk segi empat. Material tendanya berat dan tebal seperti tenda-tenda (barak) tentara. Bagian dalamnya luas, bisa memuat 2 ranjang besar, kamar mandi pribadi berukuran luas, serta fasilitas lengkap ala hotel berbintang. Memang terasa mewah, dan saya pun senang bisa menikmatinya. Hanya saja, glamping di tenda seperti itu mengurangi rasa asli yang didapat dari berkemah di tenda-tenda kecil dan sempit seperti yang saya alami kala remaja. Mewah sih mau, tapi rasa berkemahnya juga harus tetap ada. Nah, glamping INDEKOSTOUR inilah saya dapat merasakannya.

  • Glamping INDEKOSTOUR pakai tenda seperti tenda pada umumnya. Kecil tapi bagus. Ada pula yang agak besar, bisa untuk keluarga. Tenda kecil berkapasitas 2 orang, yang besar bisa hingga 5 orang
  • Tendanya mempunyai bagian depan dan dalam. Bagian depan seperti teras, dilengkapi meja dan kursi mini yang bisa diduduki dengan aman. Jika ingin menghindari hujan atau panas, teras ini bisa ditutup. 
  • Bagian dalam tenda untuk tidur. Tenda kecil bisa muat 2 kasur ukuran 1x2 meter. Di antara 2 kasur itu masih ada ruang longgar untuk meletakan barang
  • Di dalam tenda sudah tersedia bantal bersih dan selimut hangat
  • Saat kami datang tenda sudah dipasang, kami tinggal masuk
  • Tendanya tenda bagus. Kabarnya dibeli di Singapura. 3 hari bermalam di Kaliurang selalu turun hujan di malam hari. Tapi alhamdulillah kami tetap bisa tidur nyenyak, tak ada kebocoran yang membuat basah
  • Kami datang cuma bawa badan, pakaian, dan perlengkapan pribadi untuk mandi 
  • Api unggun dibuatkan. Jadi nggak perlu cari-cari kayu bakar, apalagi repot menyalakannya
  • Ada 10 kamar mandi dan toilet yang memadai. Kamar mandinya menggunakan keran dan shower. Airnya banyak, mengalir lancar. Ada wastafel di luar kamar mandi yang dilengkapi cermin, buat ngaca saat dandan sehabis mandi.
  • Sarapan dibuatkan, menunya nasi goreng dengan telur, serta minuman kopi/teh.
Glamping versi ekonomis ini memang tidak menyediakan perlengkapan mandi seperti handuk, sabun, sampho, odol, dan sikat gigi. Jadi kita mesti bawa sendiri. Tak jadi soal buat saya karena menginap di hotel yang sudah lengkap pun biasanya lebih suka bawa peralatan mandi sendiri. 

Kursi dan meja di bagian "teras" tenda


Ruang tidur dalam tenda dengan kasur empuk, bantal, dan selimut hangat
Deretan kamar mandi; bersih ,tidak sempit, airnya lancar

Sarapan di Cafe

Lokasi glamping INDEKOSTOUR berada di belakang sebuah coffee shop yang terletak di Jl. Kaliurang KM.23, Dusun Banteng, Hargo Binangun Pakem Sleman, Yogyakarta. Jika menuju Kaliurang dengan menggunakan bantuan Google Map, tinggal sebut nama cafe, Google akan mengarahkan langsung ke lokasi.






Cafe M memiliki area terbuka yang tergolong luas. Bagian belakangnya agak menurun. Di sana terdapat aula besar, panggung, kebun cabe dan sayur, lapangan terbuka, hingga camp ground yang dilengkapi deretan kamar mandi dan sebuah aula. Nah, di area belakang inilah tenda glamping berada.

Selama glamping kami sarapan di cafe. Antara tenda dan cafe cukup berjarak. Kami harus jalan kaki sekitar 50 meter menanjak ke atas. Area belakang cafe memang di bawah, di pinggir lembah yang di bawahnya ada sungai. Dekat sih, hitung-hitung jalannya sambil olah raga pagi. 


Menu sarapan pagi kami berupa nasi goreng dengan telur. Porsinya mengenyangkan buat saya. Minumannya teh dan kopi. Menunya satu macam saja. Itu pun sudah cukup. Setidaknya kami tak perlu repot bikin sarapan sendiri. Tempat sarapannya juga nyaman, punya view yang bikin adem. Yang saya suka, tempatnya bersih. 

Makan siang dan malam tidak termasuk dalam paket glamping. Tapi kita bisa request dengan tambahan biaya. Jika selama glamping banyak keliatan di luar, mungkin baiknya kulineran di luar. Seperti kami kemarin, kulineran di luar untuk makan siang dan malam. Namanya wisatawan, pinginnya menikmati kuliner-kuliner khas di tempat-tempat kuliner hitz. 

Rekomendasi tempat kuliner dari INDEKOSTOUR adalah Warung Kopi Klotok, Gudeg Jogja Yu Djum, dan angkringan Lik Man. Kulineran di 3 tempat ini nanti akan saya ulas dalam postingan tersendiri. 

Sarapan 

Paket Glamping Kaliurang

Paket Glamping bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika dengan rombongan teman, enaknya ya berdua saja dalam satu tenda. Biar lebih leluasa. Kalau bertiga bisa sih, paling rela sedikit bersempit ria. Nah kalau bersama keluarga dengan dua anak, bisa pilih tenda family. Biar kumpul dalam satu tenda. Kemarin kami ambil paket Rp95.000 minimal 6 orang.

Dengan harga tersebut kami sudah mendapatkan:
  • Tenda (2 orang per tenda)
  • Kasur, bantal, selimut
  • BBQ Party + Api unggun
  • Kopi + Teh
  • Simple Breakfast

Untuk penerangannya menggunakan lampu listrik. Lampunya lucu, mirip petromak mini, digantung di dalam tenda. Jadi ingat dulu waktu masih jadi pelajar remaja, pernah kemping pramuka di tenda sederhana, pakai lampu minyak buat penerangan. Meski kali ini glamping ada rasa mewahnya, tetap sanggup membawa saya pada kenangan kala belia. Bikin saya kangen sekaligus bahagia bisa merasakan rasa itu kembali walau sesaat.

Di tenda tidak diperlukan AC karena udara di Kaliurang sudah dingin. Siang hari pun meski matahari bersinar cerah, udara masih tergolong sejuk. Saat beraktivitas di luar tenda, misalnya bepergian keliling kota, tenda-tenda kami dibersihkan dan dirapikan kembali oleh yang tugas. Saat kami kembali, tenda sudah rapi jelly lagi. Siap ditiduri lagi. 

Tempatnya tenang, bersih, dan adem


Panorama Merapi Dari Tempat Glamping

Camping di kaki Merapi otomatis membuat saya bisa menyaksikan panorama Merapi kapan saja. Saya baru menyadari itu ketika suatu pagi sedang jalan kaki hendak sarapan. Saat itu Merapi menampakan dirinya dengan jelas, saat langit sedang begitu biru. Pemandangan ini jadi nilai tambah saat glamping di Kaliurang. 

Selain Merapi, panorama lembah dengan sungai dan hutan di seberang tebing, jadi pemanja mata yang enak untuk dinikmati kala pagi atau sore. Kabut tipis di atas sungai, saya temukan saat matahari sedang merangkak naik dari singgasananya. Saya melihat sisi timur agak memerah, tampak indah, dan rasa hangat pun menyerbu. Sebuah pemandangan yang saya nikmati agak berlama-lama sebelum pergi mandi. 

View Gunung Merapi

Pemandangan Alam nan Hijau

Hijau. Itulah yang tampak di sekeliling tenda. Rumput, semak, pohon-pohon bambu dekat kamar mandi, hutan di seberang, dan pohon-pohon yang tumbuh di belakang tenda, semuanya membawa suasana alam yang meyenangkan untuk dirasakan selama glamping. 

Suara burung dan jangkrik, menambah suasana kemping kian menyatu dengan alam. Saya bisa menemukan serangga-serangga seperti tonggeret dengan mudah. Ada di aula, juga di kamar mandi. Serangga-serangga itu mirip kumbang tapi tak menyengat. Malah terkesan lemah, dan lambat sekali bergerak. Mereka ada bukan untuk diinjak. Jadi saya biarkan saja mereka ada. 

Suasana tenang di area kemping ini cocok sekali bila ingin dijadikan sebagai tempat istirahat dengan cara berkemah. Jauh dari hingar bingar, apalagi bising kendaraan seperti di ibukota. Ada hammock di antara pohon-pohon. Kalau saya baring di situ, yakin ketiduran. Anginnya lembut, sekali tiup kena mata, bisa merem lama hehe. 

Di bawah lembah ada sungai

Hammock buat bersantai di tengah sejuknya udara Kaliurang

Kegiatan Seru Selama Glamping

Tiap orang punya cara sendiri untuk menikmati liburannya. Ada yang cuma ingin bersantai, leyeh-leyeh manja sambil ngobrol dan ngemil makanan kesukaan. Ada pula yang ingin sibuk dengan berbagai kegiatan seru dan menyenangkan. Kalau kami, memilih seru-seruan dengan jalan-jalan ke destinasi-destinasi favorit di Jogja. Berangkat sejak pagi, pulangnya hampir tengah malam. Capek iya, tapi hati senang dan bahagia.

Nah, bagi yang ingin berkegiatan di sekitar camp ground saja, nggak perlu repot dan bingung mesti melakukan apa. INDEKOSTOUR punya beragam kegiatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tinggal request saja, nanti ada paketnya. Salah satunya paket outbond yang terdiri dari kegiatan berikut ini:
  • Paintball
  • ATV trail
  • River Trekking
  • Fun Games
  • Lava Tour
Untuk satu paket itu saja kegiatannya terbilang banyak. Ini sih bisa dijamin seru bila diikuti. Apalagi kalau sama rombongan kawan. Bakal jadi kegiatan yang mengakrabkan dan menggembirakan. Kalau saya sangat tertarik dengan River Trekking-nya. Membayangkan trekking di tempat yang sehari-harinya tidak saya jumpai, rasanya akan menjadi kegiatan penuh tantangan yang sangat berkesan.  

Jika suatu hari saya glamping di sini, saya ingin ajak keluarga. Cukup pesan 1 tenda family, 1 paket outbond, dan 1 paket tour. 3D2N pasti akan jadi momen penuh kesan bersama keluarga.

Api unggun
Barbque party


Kami kedatangan teman-teman blogger Jogja 😍

Tour Asik Menyambangi Destinasi Hitz di Yogyakarta

Menikmati alam Jogja dengan cara glamping, makin penuh kesan kala disertai tur ke tempat-tempat wisata hitz. INDEKOSTOUR memilihkan kami tempat-tempat recommended untuk dikunjungi. Dan kami pun senang dengan pilihan yang diberikan.

Sebagai teaser, saya akan ceritakan sekilas kegiatan wisata yang kami lakukan pada Sabtu dan Minggu (1/12-/2/12), yaitu Stonehenge, Hutan Pinus Mangunan, Tebing Breksi, Canji Ijo, Tamansari, dan Alun-alun Kidul. 

Nah kalau kulinerannya, kami diajak menikmati kuliner-kuliner legend di Jogja, di antaranya gudeg Yu Djum, angkringan Kopijoss di Stasiun Tugu, Soto Kadipiro di Wates, dan ke Kopi Klotok yang namanya lagi hitz banget di kalangan para pemburu kuliner.

Cerita tour ke tempat-tempat tersebut akan saya ulas pada tulisan lain dan akan segera saya posting di blog ini. Nantikan ya… 

Stonehenge


Hutan Pinus Mangunan


Tebing Breksi




Tamansari
Candi Ijo

Paket Tour INDEKOSTOUR

Glamping dan tour bersama INDEKOSTOUR memberi saya pengalaman baru tentang cara lain menikmati Jogja. Fasilitas dan layanan yang baik, menjadi catatan bagus buat saya yang bisa diajak berwisata dengan berbagai kondisi dan suasana. 

Selama tour kami ditemani oleh Mas Sunny, sosok riang yang paham banget dengan keinginan kami yang hobi difoto. Saya berikan kamera dslr padanya, urusan foto-fiti jadi beres. Sebetulnya nggak tega juga sih pas ajak Mas Sunny nanjak di hutan pinus, tapi dia malah semangat mau motretin hehe. 

Lalu ada Mas Herry, dia yang bawa mobil selama antar dan jemput kami keliling Jogja. Orangnya sih kalem, tapi sekali guyon bikin geger. Asal tahu saja, Mas Hery Wahyu Prasetyo ini pembalap mobil legendaris di Jogja lho. Tapi kemarin nyetirnya santai banget, gak kayak pembalap 😂

Ada juga Ve, perempuan manis ini mendadak jadi fotograferku ketika ke Tamansari. Baik-baik ya pada mau nurutin mak-mak rempong pepotan haha. Ada pula Mas Imung. Mas satu ini kocak banget. Saya diajak uji suci hati atau uji nyali ya, entah deh apa namanya, di alun-alun kidul pada malam hari, jalan tutup mata melewati dua pohon beringin. Hasilnya bikin deg-degan 😀

Intinya, saya senang sekali ditemani oleh orang-orang dalam tim INDEKOSTOUR ini. Nggak bosenin, dan pastinya nggak nyebelin. Semuanya asyik! 

Jepretan Mas Sunny - Warung Kopi Klotok


Makan siang gudeg legendaris Yu Djum


Soto Kadipiro, Soto legendaris di Wates Jogja


Angkringan Kopijoss di Stasiun Tugu


Oleh-oleh legendaris Bakpia Pathok 25

Ingat Tour, Ingat INDEKOSTOUR 

Nah, kalau ada yang penasaran ingin mencoba glamping dan tour seperti kami, silakan kontak INDEKOST ya. Sebagai tambahan, saya ceritakan sekilas tentang INDEKOSTOUR

INDEKOSTOUR managed by INDEKOST merupakan anak usaha PT Indonesia Digi Ekosistem yang berlokasi di Jakarta. INDEKOSTOUR adalah perusahaan startup lokal yang bergerak dibidang TOUR. INDEKOSTOUR menangani budget tour dengan segmentasi 60% grup instansi, 33% mahasiswa dan pelajar, dan 7% private tour wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara. 



Produk INDEKOSTOUR terdiri dari paket tour dalam negeri, luar negeri, penyedia jasa sewa akomodasi, dan trip organizer. Melayani grup trip, study tour, family/communal trip, diklat trip, outbond trip.

Layanan lainnya berupa bus pariwisata, guesthouse by Indekost or upon request accomodation, event space (indoor & outdoor) for gala dinner, dan catering. Area pelayanan meliputi Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, dan Bali.

INDEKOSTOUR juga memiliki penawaran Paket Umroh Reguler mulai dari Rp18juta (10 hari), Trip Eropa Barat (9 negara dalam 12 hari), Trip Derawan, dan masih banyak lagi paket menarik lainnya yang asli bikin saya ngiler ingin ambil semuanya 😂





  






INDEKOST adalah solusi yang tepat untuk anak kost, dan
INDEKOSTOUR adalah solusi untuk tour berkualitas dengan harga terjangkau.


INDEKOSTOUR
Prudential Centre
Kota Kasablanka Unit B 5th Floor
Jl. Kota Kasblanka Raya Kav 88
South Jakarta - 12870
Contact: 021-29475518
Instagram: @indekostour
Facebook: Indekostour
Website: www.indekostour.com

INDEKOSTOUR dan Blogger 💛



Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

9 komentar

  1. Wah seru banget nih klo bisa ajak keluarga glamping dengan harga terjangkau. Makasih mbak ulasannya lengkap banget. Informatif bisa bookmarked dulu.

    BalasHapus
  2. Aduh aku mupeeng neh liatnya, nanti kalau anak-anak udah agak gedean pengin deh ajak mereka kamping gini. Semoga Indekostour makin sukses yaa biar nanti pas anak-anak siap kamping bisa langsung booking, aamiin.

    BalasHapus
  3. Wihh Seru banget glamping sama indekost tour. nggak usah bingung cari toilet atau aduk aduk tanah. hehehe.

    BalasHapus
  4. Lengkap ya trip yang ditwarkan indekost tour.

    Kebetulan pingin banget ngajak Najin camping. Tapi nggak pingin ribet urusan toilet dan makannya. Indekost tour, glamping di jogya menjadi pilihan yang cocok.

    BalasHapus
  5. Keren mba.... trimakasih infonya..

    BalasHapus
  6. Seru banget Mbak cerita liburannya :D Aku juga ada rencana ke Jogja nih. Tapi ada gak ya paket di bawah 5 orang di Indekostour? Makasih sebelumnya Mbak :)

    BalasHapus
  7. Saya tertarik sekali nih paket glamping family nya. Utk booking dan info harga boleh dikirim via email saya?

    BalasHapus
  8. Aih...serunya yang glamping bareng. Pengen deh kapankapan glamping gini juga. Entah itu bareng keluarga atau sama temanteman blogger. Pasti asyik.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!