Hidup Lebih Indah dengan Pikiran Bahagia

19.33
Saya Katerina, saya menua dengan bahagia

Hidup adalah sebuah perjalanan. Di dalamnya terdapat momen-momen tak terlupakan.

Menemukan cinta di usia 24. Memiliki rumah idaman di usia 25. Melakukan banyak perjalanan menyenangkan di usia 26 dan 27. Merasa paling sehat di usia 28. Paling percaya diri pada tubuh sendiri di usia 29. Mengalami seks terbaik di usia 31. Punya gaji impian di usia 32. Paling kaya di usia 34.

Semua saya kenang sebagai beberapa titik di mana pencapaian memuncak. Pada masa itu, saya merasa paling bahagia. Tapi, ada pula beberapa titik di mana saya tak mencapai apa-apa, justru kehilangan dan membuat kesalahan. Pada saat itu, saya merasa paling sedih.

Semua merupakan bagian dari proses hidup. Saya belajar darinya.

Ketika usia 35 berubah menjadi 36, 37, lalu 38 dan tak lama lagi mencapai 40, daya tahan dan metabolisme tubuh tak lagi sama seperti sebelum 35. Masalah kesehatan dan keterbatasan fisik pun menghantui. Pandangan saya tentang kebahagiaan yang ingin saya capai lagi seperti di usia-usia sebelumnya pun berubah. 

Merangkai cerita indah di usia yang terus menua

Bertambah usia, kebebasan berkurang, kesehatan menurun, kesibukan mengurus keluarga dan rumah tangga meningkat, bagaimana bisa ada pencapaian lagi? Saya mengeluh. Tapi ternyata, sibuk mengeluhkan pertambahan usia, justru membuat saya tidak menikmati waktu yang saya punya.

Sedangkan waktu terus berjalan, tak pernah mundur, tak bisa dilawan. Begitu pula usia, terus bertambah.

Tidak semua orang mendapat berkah umur yang panjang, bukan? Jika saat ini saya masih mendapatkannya, saya ingin melakukan banyak hal sebagai bentuk menerima pertambahan usia.

Lantas, pencapaian apa lagi yang ingin saya raih?

Sebuah Pencapaian Bernama Pikiran Bahagia
Melihat kondisi saat ini, mestinya yang saya inginkan bukan lagi tentang pencapaian materi, gelar atau pun kedudukan, melainkan tentang hati.

Sudah banyak hal yang terjadi dalam hidup. Ada kebahagiaan dan ada ujian. Dari ujian berat hingga yang ringan-ringan, namun terjadi setiap hari. Nah, dalam hal menyikapi ujian inilah saya merasa masih kurang baik. Mudah sedih. Mudah kecewa. Terkadang marah. 





Saya fulltime ibu rumah tangga. Punya suami mapan. Alhamdulilah. Sudah tidak kurang lagi dalam hal materi, tapi masih kurang dalam hal lapangnya hati. Hidup jadi tak berarti. Bisa tertawa hanya kala bahagia, tapi masih marah saat diuji. Padahal usia kian tua, tapi tak jua dewasa. Sungguh saya belum mencapai apa-apa.

Saya kerap merenung dalam-dalam di malam yang panjang. Baru setelah itu, akhirnya saya tahu apa yang sebenarnya saya inginkan dalam hidup yaitu memiliki pikiran bahagia.

Saya merasakan betul disaat jiwa terkontaminasi oleh pikiran bahagia, maka ujian yang datang bisa saya sikapi dengan baik. Saya tidak mudah tertekan. Tetap merasa tenang, senang, dan anggap ujian itu hanya ‘ladang permainan’.

Menumbuhkan pikiran bahagia dalam segala suasana itu gampang-gampang susah. Sebab rasa marah, sedih dan kecewa sudah menjadi sifat alami manusia. Tapi sesulit apapun, pikiran bahagia harus saya miliki, agar hidup ini tidak ruwet, agar banyak kisah cantik jadi tampak menarik. 



Waktu tidak pernah bisa dilawan, lanjutkan hidup dan capai bahagia

Saya punya penyakit maag kronis sejak lama. Saat terbebani masalah, emosi jadi tidak stabil, penyakit itu kambuh. Jadi parah. Yang paling ekstrem, pernah hampir mati jika tak lekas ditangani oleh dokter ahli. Di lain waktu ketika saya menatap segala masalah yang datang dengan hati lapang, pikiran jernih, ikhlas, tak sedetik pun penyakit itu muncul menyerang lambung. Saya jadi sadar, pikiran bahagia punya pengaruh baik dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi stres, sehingga melancarkan peredaran darah, detak jantung, bahkan menyehatkan lambung. Jadi, sehat adalah salah satu efek positif bahagia.

Begitu pula ketika terjadi masalah dalam hubungan pertemanan yang saya jalin. Ada yang pergi dan bersikap memusuhi, bahkan melakukan perbuatan tidak menyenangkan. Kalau saya sikapi dengan cara yang sama, tidak mengikhlaskannya, saya yakin bakal sakit sendiri. Hanya pikiran bahagia yang membuat hati jadi tenang, sesakit apapun perbuatan yang orang lain lakukan.

Memiliki pikiran bahagia di #Usiacantik merupakan titik di mana puncak pencapaian saya berada di atas pencapaian-pencapaian sebelumnya. Kini, apapun yang saya alami, baik saat senang atau susah, pikiran bahagia membingkainya menjadi indah dan bermakna. 



Hidup ini indah bila pikiran bahagia

Aktif Traveling, Produktif Menulis
Saya tidak membatasi hidup dengan berkeluarga. Saya lakukan juga hal lain yang saya sukai (atas dukungan keluarga), sehingga saya bisa tetap merasa bahagia. Menekuni dunia menulis, bergerak melakukan perjalanan, mengenal tempat-tempat baru, bertemu orang baru, mendapat pengalaman baru, bisa membuat saya merasa muda lagi.

Saya suka menulis, dan blog www.travelerien.com adalah tempat yang asik untuk saya menulis. Hampir 4 tahun terakhir ini saya tekun menjadi penulis perjalanan. Ada lima ratusan tulisan di blog, dan ada 70 tulisan perjalanan di berbagai majalah dan koran. Lalu, siapa sangka lewat tulisan itu mengantarkan saya pada banyak pengalaman berharga yang tidak saya duga sebelumnya. Bahkan berbuah apresiasi dan prestasi, menyandang juara di beberapa lomba menulis yang digelar oleh penyelenggara ternama. Beberapa kali pula memperoleh hadiah berupa sejumlah uang tunai, tiket perjalanan gratis, penginapan gratis, dan gadget-gadget terkini dengan gratis. Tawaran menulis untuk promosi produk pun berdatangan. Alhamdulillah.

Aktivitas traveling dan menulis yang tadinya saya lakukan hanya sebagai hobi, ternyata tak hanya datangkan rasa bahagia, tapi juga rejeki berupa materi. Satu lagi pencapaian di #Usia Cantik yang patut saya syukuri. 

9 dari 70 artikel cerita perjalanan yang pernah dimuat di media cetak ^_^

Perawatan Kulit Wajah untuk Traveler
Aktivitas traveling membuat saya banyak beraktivitas di luar. Sebagai penyuka wisata alam, berhadapan dengan berbagai kondisi cuaca sudah menjadi hal biasa. Kena panas dan debu, kulit pun menjadi kering, kotor, kusam dan bernoda. Jika dibiarkan, wajah bersih berseri tak bisa lagi dimiliki, kekencangan kulit pun ikut menurun.

Lantas, apa saya harus menghindari traveling agar kulit wajah saya terjaga dari segala kemungkinan buruk yang dapat merusak penampilan? Berhenti traveling hanya karena takut tak cantik lagi? Tentu tidak. Itu bukan solusi.

Cantik adalah ketika saya bisa menampilkan segala yang terbaik dari diri. Potensi, keunikan, juga keindahan luar dan dalam dapat menjadi sesuatu yang menginspirasi. Untuk itu, kini saya gunakan produk L’oreal Revitalift Dermalift dari L’Oreal Paris Skin Expert untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah saya. 

Meski sering terkena cuaca panas, kulit wajah yang dirawat tetap bersih berseri

L’oreal Revitalift Dermalift dari L’Oreal Paris Skin Expert terbaru memiliki kandungan tanaman Centella Asiatica. Pro Retinol A dan Dermalift Technology yang terdapat dalam produk ini mampu mengurangi kerutan sebanyak 27% dan meningkatkan kekencangan sebanyak 35% di 8 zona utama wajah (dahi, di antara alis, kontur mata, kerutan ujung luar mata, pipi, garis senyum, rahang, serta leher) yang rawan dan mudah tumbuh garis penuaan. 

  


Untuk membersihkan wajah, saya gunakan L’Oreal Revitalift Milky Cleansing Foam. Bahan aktif pembersihnya bekerja lembut membersihkan kulit wajah dari kotoran dan sisa make-up. Revitalift foam ini juga diperkaya dengan Glycerin yang membantu menghaluskan kulit sehingga tampak lebih halus.  



L’Oreal Revitalift Milky Cleansing Foam

Produk perawatan Revitalift Dermalift dari L’Oreal Paris Skin Expert ini memang tepat untuk saya, karena memang ditujukan untuk perempuan berusia 35 tahun ke atas seperti saya. Di atas usia 35, kemampuan kulit untuk meluruhkan sel kulit matinya sudah berkurang dibandingkan saat usia 20-an. Karena itu kulit wajah pada usia menuju 40 memang mulai harus dibantu untuk proses eksfoliasi yaitu pengangkatan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit wajah.

Dengan tetap rutin melakukan rangkaian perawatan wajah, saya tidak takut lagi traveling ke alam bebas. Saya tetap bisa aktif melakukan hal yang saya sukai, dan saya tetap memiliki kulit wajah yang bersih dan terawat di usia saya yang tak lagi muda.

Untuk mendapatkan L’Oreal Paris #RevitaliftDermalift bisa kunjungi http://bit.ly/UsiaCantik




Merayakan #UsiaCantik
Perubahan fisik saat bertambah tua memang tidak bisa dihindari. Tapi bukan berarti jiwa juga harus berubah, kan? Saya bisa tetap merasa bahagia dan produktif bahkan di usia tua.
Saya pun tidak ingin membandingkan diri dengan penampilan dan prestasi orang lain, nanti jadi malah tertekan. Yang penting adalah tetap sehat, aktif, produktif, dan tampil sebaik mungkin.

Saya percaya kebahagiaan itu datang dari dalam diri sendiri. Dari pikiran bahagia, dari rasa syukur akan nikmat sekecil apapun yang Tuhan beri. Rayakan segala hal yang telah terjadi dalam takdir kehidupan ini, termasuk merayakan #UsiaCantik dengan pikiran bahagia.

Tetap menarik di berapapun usia, lebih berarti dari sekedar awet muda.  So, jalani #UsiaCantik dengan pikiran bahagia agar kebahagiaan selalu ada di berapapun usia.  


Bahagia di #UsiaCantik

Punya kisah tentang masa #UsiaCantik juga? Yuk tuliskan cerita usia cantik yang inspiratif dan dapatkan hadiah menarik dari L’Oreal Paris Skin Expert. baca ketentuannya di http://bit.ly/usiacantik_blogcomp

Akan ada reward dari Loreal Paris Skin Expert untuk kisah yang paling menginspirasi.

Gerakan #UsiaCantik ini sepenuhnya didukung oleh L’Oreal Paris Revitalift Dermalift.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

72 Comments

  1. Wow itu deretan artikel di majalah dan terus bertambah di #UsiaCantik ias usia yang tidak muda lagih <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terus bertambah. Doakan ya mbak supaya aku tetap sehat dan kuat biar bisa terus lakukan perjalanan, biar masih ada yang bisa ditulis untuk disebarkan dan jadi manfaat buat banyak orang :)

      Hapus
  2. Mbak Rien, aku nggak percaya kalau dirimu udah mau masuk usia 40. Masih kayak anak kuliahan ah nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap keliatan kok Dew jelang 40-nya. Mungkin semangat dan jiwa mudaku yang bikin tampak muda ya. Makasih Dewi :)

      Hapus
  3. Sungguh imut diusia yang cantik. Benar mbak, sehat datangnta dari pikiran baru pola makan. Yuk, keep positive thinking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Imut dari sananya ini haha. Pingin gede kok ga bisa-bisa. Ya wis disyukuri imut hihi. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan ya mbak Zulfa. Aamiin :)

      Hapus
  4. Mbaaa Rien aku padamuh...
    Selalu cantik, fresh meski jelong2 teruus.

    Bener apa kata Mba loh, Pikiran no 1 agar kita selalu sehat, pikiran bahagia, positif insyaallah yaa bakalan membuat kita sehat dan tentunya memancarkan kecantikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, itu dia pointnya.
      Sehat, bahagia, positif, pasti jadi cantik.

      Semoga kita semua selalu dilimpahi ketiga hal itu ya mbak.

      Hapus
  5. Keep inspiring, mbak Rien. Traveler cantik dengan segudang prestasi ^_^ :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Sary. Aku masih terus belajar dan memperbaiki diri untuk bisa menginspirasi :)

      Hapus
  6. Tulisannya seksi dan seseksi orangnya....saya sepertinya harus banyak belajar dari mba, pengen banget dapat tawaran menulis dari berbagai majalah traveling khususnya, apalagi dapat tawaran traveling gratis plus akimodasinya jujur bikin saya ini, saya sudah mencobanyq tapi rupanya keberuntungan itu masih belum datang, pengen banget "mencuri" sedikit keberuntungan itu....tapi bagaimna caranya ya....hehehehe sukses ya mba, mimpi pengen bisa copdar buat mencuri ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat mbak Marita. Untuk menulis di majalah, aku yang antar 'bola', nggak nunggu diminta. Jarang ada majalah yang minta. Kecuali sudah kenal dan sebelumnya tulisan2ku sudah pernah dimuat. Ayo mbak kirim tulisannya ke majalah, banyak kesempatan yang bisa diraih. Kapan-kapan ketemu dan belajar bareng yuk...

      Hapus
  7. Mbak Rien ini kok ya langsing, padahal makannya (seingatku) banyak hwhw alias gak yang jaga makan banget kayak cewek2 yg demen bilang, "duh nggak deh, lagi diet"

    Hahaha sehat terus ya mbak Rien, biar bisa jalan2 terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...aku banyak kunjung ke tempat makan saja Yan. Makannya sih nggak banyak, kemampuan perutnya kecil. Mudah kenyang juga. Sering ga habis kalau makan. Yang abisin makanan biasanya yang nemani makan haha.. Mungkin karena itu ga gede2. Padahal pingin gede lho

      Aamiin. Terima kasih sudah doakan. Yayan juga ya, sehat2 dan cepat lahiran :p

      Hapus
  8. Indah dan bahagia itu memang bukan dicari ya, tapi dibuat sendiri oleh kita terutama dari pikiran. Bersangka baik dan syukuri nikmat sekecil apapun.
    Suka banget bacanya :)

    BalasHapus
  9. Pencapaiannya banyak Mbaaak...
    Keyeeeen ... usia cantik makin produktif yaaak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama sehat, bisa aktif, insha Allah produktif mbak ^_^

      Hapus
  10. Keren Mbk udah 4 tahun fokus di blog dan kisah perjalanannya udah banyak menuai prestasi, semoga makin bahagia ya Mbk

    BalasHapus
  11. Mbak kesayangan akuuu... Suka banget baca ini.. Tetap sehat dan bahagia ya mbak :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu juga dengan mbak Dian, teman jalan kesayanganku yang selalu menginspirasi. Semoga selalu sehat dan bahagia. Semangat terus untuk berkarya ya mbak ^_^

      Hapus
  12. Sejauh aku mengenal mbak rien, di usia cantik, makin fisik dan hatinya.
    Prestasinya juga cantiik 😍😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jadikan doa ya, Aamiin. Terima kasih ya mama duo Ai. Semangat terus untuk berkarya dengan masakan2nya ya ^_^

      Hapus
  13. akuuuuuu mauuuu bahagiaaaa ajak akuuuu halan2 biar awettt mudaaaa

    BalasHapus
  14. Cakep sekale foto yuk Rien... Berkilau hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aura bahagia membuat segalanya berkilau hehe Thanks Dedy ^_^

      Hapus
  15. Wow keren bangeeettt. Produktif dan wajahnya tetap kinclong, cantiiikk. Sukses terus ya di Usia Cantik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses juga buat mbak Liany yang tetap bugar dan menarik di usia cantiknya ^_^

      Hapus
  16. Subhanalloh... aku merasa ikut cantik dan bahagia hanya dengan membaca artikel ini.

    Benar banget mbak, bahagia itu adalah bagaimana cara kita memandang sesuatu.

    "be happy... not because everything is good BUT because you see good in everything!"

    So, be happy and smile :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang sekali bisa baca kata2 bijak dalam komentar kak Ros ini. Jadi teringatkan kembali tentang cara melihat sesuatu. Thanks kak Ros.
      Kak Ros sudah berada di usia yang jauh melampauiku, tapi salut dengan kulit wajahnya yang tetap bersih dan cerah. Pertanda tak cuma dirawat, tapi juga karena punya pikiran bahagia level atas yang patut diacung jempol. Kak Ros bahkan masih kuat mendaki Gunung Krakatau sampai puncak pertama, aku saja tidak sampai. Sehat selalu ya Kak Ros. Aku padamu *kiss

      Hapus
    2. You are one of the reason I am becoming me, right now, my dear
      Keep inspiring! Love you... as always

      Hapus
  17. Kece banget mba Rien ini! Aktifitasnya malah bikin tetep awet muda. Ah, traveling itu memang candu dan bikin hepi ya, mba. Hehehe. Keep traveling and always happy ;).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Traveling bikin happy. Jiwa pun jadi selalu muda. Mari traveling mbak Molly ^_^

      Hapus
  18. Mbaaa dirimu sungguh luar biasa! Cantik dan bijak pun :) Sangat setuju dengan tulisanmu Mbak bahwa bahagia itu amat sangat penting untuk kita semua. Sukses terus ya Mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih mbak Maureen. Moga kita semua selalu bahagia :)

      Hapus
  19. Duh, keren banget nih mbak! Memang sih konon katanya : happiness is a state of mind yah mbak :)

    Dan itu deretan majalahnya bikin takjub banget deh, semoga semangat terus biar makin sakses yah mbaaaak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terus bahagia dan membuka pikiran di #UsiaCantik :)

      Hapus
  20. Foto-fotonya cantik dan natural. Ada pohon kapas di mana itu mba Rien?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pohon kapuk mbak, di Taman Kota 2 BSD, dekat Taman Tekno :D

      Hapus
  21. What? 500 artikeldi blog dan a samp70 di majalah/koran? Di blog aja tulisan jalan-jalanku kayaknya ga sampai sepersepuluhnya deh. Pasti banyak cerita dan hikmah yang dipetik setiap habis traveling ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak hikmah dari perjalanan. Kadang ada yang manis, kadang pahit. Semua jadi pelajaran. Tapi semua membawa pada perenungan panjang. Masih berjuang untuk menjadi lebih baik dan menjadi selalu bahagia ^_^

      Banyak tulisan jalan2 karena blog ini memang tentang traveling mbak Efi :D

      Hapus
  22. Mbak Riiiien, keren bgt ih tulisan perjalanannya *mupeng berat*, dan sepakat, berhenti traveling demi menjaga tetap cantik bukan solusi lah ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Traveling lanjut, cantik juga lanjut, ga ada masalah ^_^

      Hapus
  23. waah produktif banget mbaa kegiatan penulisannya.... luar biasssaaah.
    bener2 deh #UsiaCantik yang penuh pencapaian.
    Btw kayaknya jalan2 bikin awet muda niih, mau ah banyakn jalan2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan-jalan atau nggak jalan-jalan, yang penting bahagia mbak Orin :D

      Hapus
  24. Kak Rien.... kangeeeen...
    Eh ternyata kita beda tipis lo usianya. Ha..ha...
    Dirimu cantiknya bikin iri ih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kah beda tipis? wah....kukira Widya jauh di bawahku, masih terlihat muda banget. Manis pula. Kapan-kapan jalan bareng yuk Wid. Mau ajak ke Banyuwangi kan ya katanya hihi

      Hapus
  25. Suka dengan perjalanannya...sukses terus ya mak

    BalasHapus
  26. Mbak Rien udah cantik terus yang moto fokus banget ya. Jadinya tambah cantik. Duh 70 tulisan di media? Cuma mau bilang wow.😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum seberapa 70 itu mbak. Karya mbak Ira, mbak Rosi, mbak Zulfa, lebih banyak lagi. Ayo mbak Lina kita berkarya bareng-bareng ^_^

      Hapus
  27. ajarin dong mbakk ilmunya.. ama bloger baruu nih.. kece - kece tulisanya menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menulis sambil belajar dan merenung untuk diri sendiri ^_^

      Hapus
  28. Mbak Rien perjalannya panjang ya .... Tunggu aku juga sampai di usia cantik.
    Moga makin sukses. ^^/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makin sukses juga buat Anisa ya ^_^

      Hapus
  29. Pantes banget mbak ini jadi model :) tulisannya bagus, bisa jado baham buat renungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terpaksa jadi model, demi blog hihi
      Terima kasih ^_^

      Hapus
  30. Mba rien aslinya emang udah cakep. Terus tambah awet muda deh pakai Loreal ini..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Kita para wanita semuanya cantik dan sama-sama suka mengupayakan cantik lebiih lama dengan perawatan yang tepat ^_^

      Hapus
  31. Jadi, kapan kita ketemu mbak yu? Mumpung usia cantiknya belum expired lho :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga saat liburan ke Jogja ya Priyo. Aamiin

      Hapus
  32. Wow... Aku suka foto-fotomu, Mak :)

    BalasHapus
  33. Aku juga bahagia bisa kenal mbak Katerina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama-sama bahagia saling kenal. Masih terkenang pernah jalan-jalan bareng di Palembang ^_^

      Hapus
  34. Aku jadi penasaran sama produknya, buat yang menjelang usia cantik boleh kan ya mbak? :D

    BalasHapus
  35. Kisah cantik di #usiacantik ... keren :D

    BalasHapus
  36. Kata-kata yang menarik dan membuat terenyuh. Bagus sekali (y)

    Pointnya adalah pikiran harus selalu positif dan bahagia di saat kondisi apapun.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon