Kawasan Konservasi Tanah Tingal, Lokasi Syuting Sinetron si Doel

13.53

Ciputat Tangerang, 01 September 2011 

Banyak yang tidak mengetahui keberadaan tempat wisata Tanah Tingal, termasuk saya. Tempat asri yang menghadirkan wisata hutan kota ini terletak Desa Sawah Baru Jombang, Ciputat. Saya menemukannya dari internet. Tak disangka, lokasinya hanya 10-15menit dari BSD. Ketika saya berkunjung suasananya sedang sepi. Padahal tempat ini sangat layak untuk dikunjungi. Baik sendiri, dengan keluarga, maupun dengan rombongan.


 
Suasana pedesaan langsung terasa begitu pertama kali memasuki kawasan seluas 9 hektar ini. Hamparan pepohonan hijau nan rindang, sungguh menyejukan. Berbagai kegiatan dan program petualangan menjadi daya tarik yang luarbiasa. Khususnya buat anak-anak. Tetapi ternyata banyak pula rombongan dewasa dari kalangan pelajar dan karyawan yang melakukan kegiatan outbond disini. Kegiatan yang bisa diikuti antara lain membuat keramik, mengenal jenis binatang, memberi makan binatang, panen padi, flying fox, bermain kano, meniti jembatan tali, melihat burung, melukis dengan cat alami. 


Tiket masuk dewasa hanya 10.000. Kalau rombongan minimal 50 orang dengan biaya Rp. 200.000 – Rp. 800.000 per orang. Tetapi bagi yang perorangan juga bisa jika sekadar ingin jalan-jalan. Biaya permainan flying fox dan kano Rp. 40.000,- per orang. Sayangnya ketika saya kesana air danau sedang kering sehingga tidak bisa bermain kano.  


Bengkel Doel


Warung emak Doel

Tanah Tingal tidak hanya menyediakan fasilitas permainan, tetapi juga fasilitas penginapan, café, lapangan futsal, ruang pertemuan dan kolam renang. Ohya, disisi kolam renangnya berdiri rumah panggung yang diberi nama Kungkum ayu. Letaknya bersisian dengan resto. Selama duduk dan makan (bakso) disana, saya bisa menikmati karya seni fotografi hasil bidikan alm. Boediardjo yang terpajang di dinding resto. Disana juga terdapat sebuah galeri khusus yang memamerkan seluruh petualangan mantan Menteri Penerangan tersebut .
Terdapat juga galeri seni (kayu dan ukiran), perlengkapan bercocok tanam, tanaman hias, dan kebun Anggrek yang terdapat di bagian belakang.


bale


sumur keluarga Doel


Menurut pak Satpam yang menjadi guide saya selama disana, Tanah Tingal yang berkontur itu dibuat atas prakarsa alm. Bapak Boediardjo (mantan Menteri Penerangan RI). Di sini tertanam hampir 10.000 macam pohon. Dari tanaman tersebut maka jadilah hutan kota yang mempesona. Terdapat berbagai jenis spesies dan tanaman silangan seperti anggrek.  

Tanah Tingal mengusung “Konservasi demi keserasian hidup”, merupakan pusat pendidikan, pelatihan dan kegiatan luar ruang dan juga merupakan pusat tanaman yang difokuskan pada kegiatan workshop, informasi rawat tanaman, rumah koleksi dan penjualan tanaman dengan segala pernak-pernik kebutuhan hobies tanaman. Bagi anda pecinta tanaman hias dan hobby berkebun, tempat ini layak untuk dikunjungi. 







Saya juga menyempatkan diri melihat area belajar murid-murid Sekolah Alam Tanah Tingal. Menurut keterangan, muridnya berjumlah ratusan dengan masing-masing kelas di isi sekitar 20 murid. Murid yang belajar disana berasal dari berbagai tempat disekitar Tangsel dan Jaksel (BSD, Bintaro, Pamulang, Ciputat, dll)   



kafe

ada kolam renang


pendopo


bengkel mebel


lapangan futsal


taman anggrek


kantor


Tanah Tingal
Jl. Merpati Raya 32b Desa Sawah Baru Jombang, Ciputat
Telp.:021-740944,7412912
Fax.: 021-7412912 www.tingal.com


Share this

Wanita. Menikah. Kelahiran Palembang. Istri. Ibu 1 putra & 1 putri.

Related Posts

Previous
Next Post »

18 Comments

  1. Si Doel anak Sekolahan edisi I sampai III yg tayang di RCTI tahun 1993 bukan di sini lokasi syutingnya, tapi di kampung Karang Tengah Cinere, saat itu lokasinya masih alami & asri, termasuk rumahnya. Kalau gambar di atas sepertinya si Doel yg sudah edisi ke 6 atau ke 7, sekitar tahun 2006 atau 2008, Kampung Karang Tengah Cinere tempat lokasi syuting pertama kali sudah berubah, karena itu lokasinya di pindahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas keterangannya :)

      Hapus
    2. Kira2 kalo yg di cinere tau kaga alamat lengkapnya kasi tau dong

      Hapus
  2. wah mantap..tapi sayngnya saya belum pernah kesitu,,masalahnya jg gak tau tempatnya,,

    BalasHapus
  3. Jadi dejafu nih, asli kangen bgt sama bang doel,sarah,zenab,mak nyak,karyo dll. Pasti aku cari tuh lokasi, tp kl dari keluar tol bsd kmana tuh ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, sama aku juga kanget banget sama temen2 lamaku.. :)

      Hapus
  4. Sinetron Si Doel menurut saya merupakan salah satu sinetron terbaik yang pernah ada. Ceritanya sederhana. Namun di sanalah nilai lebihnya.

    Masing-masing tokoh benar-benar memiliki karakter yang jelas dan berbeda. Sehingga penontong bisa mengenali masing-masing dari mereka.

    Jika menonton sinetron sekarang, saya tidak bisa melihat karakter dari tokoh. Sepertinya semuanya sama.

    Mudah-mudahan kita ada lagi sinetron berkelas seperti si Doel.

    BalasHapus
  5. bentuk2 rumah dan suasananya memang mirip sama di sinetron si Doel.

    BalasHapus
  6. Mbak, websitenya kok nggak bisa dibuka ya? Padahal, saya pengen tahu informasi untuk sekolah alamnya itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. website sekolah Tanah Tingal berwawasan lingkungan : tanahtingal.sch.id

      silahkan kunjungi alamat tersebut untuk mendapatkan informasi sekolah tanah tingal sebagai referensi pencarian sekolah buat anak-anak disekitar anda.

      Hapus
  7. Wah pengen banget kesitu,kenangan Alm Bang Benyamin s

    BalasHapus
  8. Kangen banget jujur sama babe sabeni,kong ali,bang doel,bang mandra,mas karyo,mak nyak,atun,sarah,jaenab,nyak rodiyeh,,saya beeulang kali nnton di youtube,,kangen sinetronya bang doel,apalagi sekarang prihatin liat sinetron masa kini,,,,,sumpah....

    BalasHapus
  9. Pernah mampir kemari bbrp tahun lalu :)
    bongkar harddisk aah..

    BalasHapus
  10. Kangeeeen bangett aslii sama2 tokoh2nya, jalan ceritanya, aktingnya...bener2 realisasi dkm khdpn nyata..harunya diputar ulangnya jam keluarga dong

    BalasHapus
  11. Kangeeeen bangett aslii sama2 tokoh2nya, jalan ceritanya, aktingnya...bener2 realisasi dkm khdpn nyata..harunya diputar ulangnya jam keluarga dong

    BalasHapus
  12. Kirim alat pas nya dong untuk lokasi syuting nya si doel the muvie.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon