Rayakan Ulang Tahun ke Enam, Tokopedia Luncurkan Kampanye "Ciptakan Peluangmu"

14.36

Bersamaan dengan hari ulang tahun kemerdekaan ke 70 Republik Indonesia, Senin (17/8/2015), Tokopedia merayakan ulang tahunnya yang ke enam. Acara perayaan digelar di Ballroom InterContinental Mid Plaza, Jakarta.


====

Lebih dari 500 orang hadir dalam acara perayaan, terdiri dari para toppers (sebutan untuk seller Tokopedia), sejumlah media, partner Tokopedia dan para nakama (sebutan untuk tim Tokopedia).

Atas undangan dari tim blogger Tokopedia, saya hadir atas nama blogger. Dibanding toppers yang berjumlah ratusan, blogger hanya segelintir. Diantara 5 blogger yang dikonfirmasi hadir, saya hanya bersua dengan mbak Mira Sahid dan mba Dee Rahma.

exclusive invitation only for special people :D

Seperti yang tertera di undangan, acara akan berlangsung mulai pukul 17.30 hingga pukul 21.00 WIB. Saya dan suami sudah tiba di InterContinental Mid Plaza sejak pukul 17.00. Kami langsung menuju tempat acara. Namun kemudian diarahkan untuk memasuki ruang makan terlebih dahulu. Di sana, tak hanya dipersilakan untuk makan, tetapi juga mengisi buku tamu, mendapatkan nomor bangku, serta menerima goodie bag (power bank dan baju kaos). 

Hore! Belum apa-apa sudah dimanjakan dengan makanan enak-enak dan souvenir kece. Sering-sering begini yah!

Acara dimulai sekitar pukul 18.00. Kami diminta untuk segera pindah tempat.  Berhubung sudah memasuki waktu magrib, kami pergi ke musala dulu untuk salat. Setelah itu baru menuju tempat berlangsungnya acara. Sebelum mencapai pintu masuk, saya lihat ada white board besar penuh coretan berisi ucapan selamat ultah untuk Tokopedia. Saya berhenti. Saya mau ikut nulis, dan mesti foto narsis di depan white board itu juga. Mesti! 

ayo tulis-tulis ucapan

coba sekalian kasih cap bibir juga di situ

corat coret bergembira

Saat memasuki tempat acara, dari pintu yang terbuka lebar terlihat ruangan sudah penuh orang. Acara pun telah dimulai. Di atas panggung yang bergelimang cahaya, tersuguh tarian pembuka yang entah apa namanya saya tak tahu. Ah, tadi saya terlalu lama foto-foto di depan white board. Jadi, ketinggalan deh.

Dimana tempat duduk? Seorang crew wanita mengantar kami menuju bangku sesuai nomor yang tertempel di tiket masuk. Wow, ternyata kami duduk paling depan, persis di depan panggung. Bersebelahan dengan mbak Mira Sahid dan kedua anaknya. Hore. Berasa istimewa. *halah :p


Duduk paling depan sebelahan sama founder KEB itu sesuatuuuuu :))
telat masuk, tariannya udah mau kelar

Saat tarian pembuka usai, layar besar di atas panggung menayangkan video tentang Tokopedia. Tepatnya, sekilas tentang Tokopedia. Ada yang belum tahu apa itu Tokopedia? Kalau ingin tahu lebih banyak, silakan baca-baca di www.blog.tokopedia.com ya. Yang jelas, usai video sekilas tentang Tokopedia itu diputar, suami saya manggut-manggut. “Oh, itu Tokopedia,” ucapnya. *Yaelah si mas.

Pak William Tanuwijaya muncul di panggung. Pak? Panggilannya PAK? Asli saya pangling! CEO Tokopedia itu ternyata masih muda! *dan saya merasa begitu tua haha* Ya, orangnya masih muda. Dalam hati langsung bertanya, semuda itu sudah sehebat sekarang, resepnya apa? 

Oh ya, yang muda bukan hanya William lho, Leon (COO), Melisa (vice president), dan para namaka (termasuk Senny dan Joko), semuanya masih muda-muda. *ngitung uban* Salut ya, masih pada muda-muda tapi karya dan kreatifitasnya keren.

William Tanuwijaya, Co-founder & CEO Tokopedia

muda, sukses & berprestasi

Saya teringat pernah membaca artikel The Rise of Digital Era dalam blog Tokopedia. Di situ ada kalimat inspiratif yang ditulis oleh seorang William Tanuwijaya: "Semuda apapun diri kita, seprematur apapun karya kita, selama kita pupuk dengan penuh dedikasi, semangat, dan kerja keras; pengakuan dan penghargaan akan datang dengan sendirinya."

Saya rasa, itulah resep sukses seorang William; dedikasi, semangat, dan kerja keras.

William Tanuwijaya mengatakan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kreatif dan gigih menciptakan peluang usaha.

“Lihat sekeliling kita, bangsa ini adalah bangsa yang kreatif dan gigih dalam menciptakan peluangnya sendiri. Lihatlah ketika hujan deras mengguyur, selalu ada tawa riang dari para Ojek Payung. Selalu ada kegigihan dari para Pak Ogah yang membantu para kendaraan di tikungan yang terjebak kemacetan total. Ramahnya ibu-ibu rumah tangga yang menawarkan produk dagangan di media sosial. Hal-hal yang unik khas Indonesia ini menunjukkan bahwa peluang itu selalu ada, jika kita mau menciptakannya,” ujar William Tanuwijaya.

Mustika, ibu rumah tangga asal Semarang berusia 27 tahun, membuktikan ia bisa tetap berbisnis di sela kesibukkannya mengurus keluarga. Dengan mengembangkan bisnis batu akik dan monelnya ke ranah online, kini ia mampu meraup omzet ratusan juta perbulan.

Dina, 38 tahun, di kota Malang, memberanikan diri untuk mundur dari pekerjaan kantoran danmembangun bisnis wall sticker, dan kini pendapatannya meningkat 11 kali lipat lebih tinggi dibanding saat masih menjadi karyawan.

Di Bogor, ada Rizki, 27 tahun, yang sempat bekerja serabutan menjadi pengamen dan pemulung di masa sekolahnya. Ia mencoba mendaftar ke berbagai perusahaan, tetapi ditolak di mana-mana, sampai akhirnya mengenal kerajinan tangan dari clay dan memutuskan untuk membangun bisnis di bidang tersebut. Dirinya sempat membuat heboh media sosial dengan salah satu produknya, yaitu gantungan kunci “anti begal”.

William Tanuwijaya, CEO Tokopedia (kanan) dan Leontinus Alpha Edison, COO Tokopedia (kiri) memotong kue ultah

Masih ada lebih dari 300.000 kisah lainnya dari pemilik bisnis kecil yang bergabung di Tokopedia. Mereka datang dari latar belakang yang berbeda-beda, namun mempunyai benang merah yang sama, yakni keberanian untuk bermimpi dan kegigihan untuk bekerja. Kini mereka sudah mengirimkan lebih dari 6 juta produk setiap bulannya ke seluruh Indonesia. 

Tokopedia menyakini bahwa para pemilik UMKM online akan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia di masa yang akan datang, serta menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan baru di tengah kondisi perekonomian yang sedang melemah.

Berdasarkan kepercayaan tersebut, bersamaan dengan ulang tahun ke-6 ini Tokopedia meluncurkan kampanye “Ciptakan Peluangmu”. Tokopedia akan mengajak para merchant mereka untuk berbagi pengalaman, ilmu dan keterampilan melalui kegiatan roadshow ke berbagai kota di Indonesia, sehingga bisa lahir lebih banyak bisnis-bisnis kecil baru lainnya yang mampu membawa dampak positif bagi diri mereka sendiri serta lingkungan sekitar mereka.

Jonathan, sukses berjualan komik bekas di Tokopedia sejak tahun 2011.
Fahrudin, seorang mantan cleaning service, sudah 2.5 tahun jualan mainan anak di Tokopedia. Sekarang sudah punya 3 karyawan.
“Ketika memulai Tokopedia, kami mengalami sendiri sulitnya mendapatkan kepercayaan saat memulai bisnis baru tanpa modal kredibilitas dari track record masa lalu. Kami sempat ditolak dimana-mana, namun kami yakin walau masa lalu tidak lagi bisa diubah, masa depan ada ditangan kita sendiri. Dari pengalaman inilah, kami berkomitmen untuk meruntuhkan tembok-tembok penghalang bagi masyarakat Indonesia yang ingin memulai bisnis dengan cara menyediakan platform marketplace yang gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja untuk menciptakan peluang mereka."

"Kami akan tumbuh bersama mimpi-mimpi besar dari para UMKM Indonesia karena di Tokopedia, kami selalu percaya bahwa kesuksesan hanya bisa didapatkan dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses. Bagi kami, inilah model bisnis paling indah di dunia,” tutup William Tanuwijaya.

Tepuk tangan pun membahana, memenuhi seisi ruangan, mengiringi punggung William yang menghilang dibalik tirai besar di belakang panggung. Ada haru dan bangga yang saya rasa saat itu. Terlebih ketika menyaksikan video kampanye Ciptakan Peluangmu yang ditayangkan di layar besar di atas panggung. Tersirat pesan sarat makna, bahwa inilah CARA orang besar mendekati orang kecil, agar yang kecil terangkat jadi besar. 

MC Tije dan Kemal
Komikus Arie Kriting, materi dan bahasa publiknya bagus!
Project Pop dengan "Dangdut is the music of my country" menggoyang Ballroom InterContinental Mid Plaza
penampilan yang menghibur
akhirnya pada berdiri dan maju mendekati panggung

Duet Tije dan Kemal sebagai MC, menyemarakan acara malam itu. Dua sosok selebriti yang tak asing tentunya. Terkenal jenaka dalam setiap penampilan. Amat menghibur. Bikin mata melek terus sepanjang acara. 

Kehadiran Arie Keriting, pelawak tunggal yang dikenal sebagai juara 3 Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season ketiga pada tahun 2013, sukses mengocok perut kami dengan materinya yang berbobot. Penampilan Project POP menjadi klimaks acara. Lagu dan musik yang dipersembahkannya berhasil mengguncang suasana ballroom malam itu. Banyak yang bangkit dari kursi, lalu pindah mendekati panggung untuk ikut bernyanyi dan menari.

Saya mengacungkan jempol kepada segenap kru Tokopedia yang telah mengemas acara HUT dengan begitu apik dan menghibur. Nuansa komedi dari humor yang mengundang tawa, terasa begitu segar berkat kehadiran Tije & Kemal, Arie Kriting, dan Project Pop. Sebuah hiburan yang elegan, berkelas dan berkesan.

Melisa (tengah) vice president Tokopedia, bersama 4 pemenang kategori: Shopaholic, Pemborong, Explorer, Dropshipper

Leon (tengah) bersama para pemenang kategori Tokopedia New Seller & Trending Awards 2015
 
William Tanuwijaya bersama para pemenang Tokopedia Inspiring Story 2015

Tika Project P menyerahkan hadiah kepada pemenang kategori Top Seller Tokopedia 2015 : Nin's Collection.

Tak hanya berupa hiburan, perayaan HUT Tokopedia juga diisi dengan pengumuman pemenang sekaligus pemberian hadiah kepada pembeli maupun penjual di Tokopedia sesuai dengan kategori penghargaan. 

Penghargaan yang diberikan kepada para penjual di Tokopedia, diantaranya kategori gold merchant, most wanted seller, most wanted item, rookie of the year, top commitment seller, best service seller, most favorite seller, top akik seller, top bibit seller, new seller & trending, dan top seller 2015.

Penghargaan untuk pembeli di Tokopedia terdiri dari kategori shopaholic, pemborong, explorer, dan dropshipper.

Untuk doorprize dan grandprize, hadiah yang diberikan oleh Tokpedia berupa: Samsung Microwave, Phillips home teater, Xiaomi Redmi 2 4G LTE, kulkas mini portable Toshiba, 4 in 1 Jumbo Oven Oxone, dan LG LED TV 43. Siapa saja pemenangnya? Silakan lihat foto-foto yang saya tampilkan di sini.

Selamat buat semua peraih Tokopedia Awards 2015, door prize, dan grand prize. Kalian beruntung.

Pemenang doorprize


Pemenang doorprize


Pemenang grand prize : LG LED TV 43. Wow selamat!


Seorang undangan mendapat hadiah CD lagu Project POP

Akhir kata, selamat ulang tahun ke 6 buat Tokopedia. 
Semoga SUKSES membantu orang lain menjadi lebih SUKSES, dengan model bisnis paling indah di dunia.

Terima kasih atas undangannya. 
Hadir di acara ini membuat saya kembali membuka mata, bahwa kesuksesan itu juga berupa keberhasilan kita membuat orang lain menjadi sukses.

Terima kasih atas souvenirnya yang bermanfaat.
Terima kasih atas jamuannya yang lezat.

Terima kasih atas kesempatan berpartner yang telah diberikan selama ini.

Para nakama, partner, media, toppers dengan dress code batik

souvenir dari Tokopedia untuk setiap foto-foto yang diupload di Instagram dgn hastag #Tokopedia6 (live upload IG)
souvenir power bank dan baju kaos
bersama Joko (spesialis SEO Tokopedia) & mbak Mira Sahid


Tentang Tokopedia
Tokopedia merupakan perusahaan internet yang memiliki visi untuk membangun Indonesia lebih baik lewat internet, dengan cara memungkinkan setiap individu maupun pemilik bisnis asal Indonesia untuk membuka dan mengembangkan bisnis online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memungkinkan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman.

Pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil menjadi perusahaan internet pertama asal Asia Tenggara yang mendapatkan investasi sebesar 100 juta Dollar dari SoftBank dan Sequoia Capital. SoftBank merupakan investor dibalik kesuksesan Alibaba, sementara Sequoia Capital merupakan investor di balik kesuksesan Apple, Google, Youtube, Instagram, dan WhatsApp. Investasi ke Tokopedia membuktikan bahwa Indonesia sudah dipandang mampu melahirkan perusahaan teknologi kelas dunia yang mampu bersaing secara global.

*semua foto dokumentasi Katerina


Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

22 comments

Write comments
19 Agustus 2015 15.52 delete

TOKOPEDIA yang jadi pererat silaturahim maya kita ya mbaaak :) :)
BRAVO, BRAVO Tokopediaaa...!

Reply
avatar
19 Agustus 2015 16.25 delete

Betul mbak. Itu dia manfaat terbesar buat kita para blogger. Bravoooo!

Reply
avatar
19 Agustus 2015 16.45 delete

Aku jadi kepikira mau jualan di Tokopedia nih mbaak hehehe

Reply
avatar
19 Agustus 2015 16.57 delete

Ayo mbak Rahmi buka toko di Tokopedia. Ntar aku intip-intip dan beli :D

Reply
avatar
19 Agustus 2015 17.18 delete

wah, tokopedia ini ternyata udah lama berdiri ya :D kadang belanja disini sih~

Reply
avatar
19 Agustus 2015 17.29 delete

Merinding bacanya kalimat yang diucapkan Mas William Tanuwijaya, dalem banget. Salut buat karyanya yang mampu membawa kebahagiaan dan kesukesan bagi banyak orang.
Mbak Rien beruntung dan chosen people karena diundang dalam acara ini, aku bangga deh menjadi sahabatmu :-)

Reply
avatar
19 Agustus 2015 17.44 delete

Hmmm.. Sama dengan mak irits, aku kok jadi pengen jualan jugaaa di tokopedia .. Seruuu kayaknyaaa ;)

Reply
avatar
19 Agustus 2015 19.10 delete

Wah enak yah dapet undangan. Aku kok gk diundang :D

Reply
avatar
19 Agustus 2015 21.46 delete

Aaah karena Tokopedia pun, akhirnya kita bertemu ya, mba, hihihi. Senang bisa ketemua mba Rien. Asyik, dan menyenangkan. Moga bisa ketemuan lagi ya, mbak

Reply
avatar
20 Agustus 2015 08.56 delete

Ternyata dah lama juga ya Tokopedia, kirain baru setahun dua tahun. Jualan online memang bisa jd peluang mbak, btw acaranya keren yaa

Reply
avatar
20 Agustus 2015 09.29 delete

Iya sudah lama. Aku pernah mengira Tokopedia baru berdiri 1-2 tahun, ternyata sudah sejak 2009 :)

Reply
avatar
20 Agustus 2015 09.56 delete

Iya beruntung, tapi bukan karena spesial, melainkan karena keterbatasan undangan saja :)

William menginspirasi. Dalam hidup ini sukses itu memang ga melulu tentang kita, tapi juga tentang orang lain. Sukses membuat orang lain sukses pasti lebih membahagiakan :)

Reply
avatar
20 Agustus 2015 09.57 delete

Ciptakan peluangmu di Tokopedia mbak :)

Reply
avatar
20 Agustus 2015 09.58 delete

Alhamdulillah. Tokopedia membawa berkah, berbuah silaturahmi buat kita ya mbak. Aamiin. Semoga bertemu lagi. Terima kasih banyak mbak Mira :)

Reply
avatar
20 Agustus 2015 10.00 delete

Mungkin gaung namanya baru setahun belakangan :D Iklannya di TV memang unik sih ya mbak, makanya cepat akrab di mata dan di telinga. Dulu-dulu waktu ga ada iklannya di TV, ga kenal Tokopedia itu apa. hehe.

Acaranya meriah dan berkesan. Keren :)

Reply
avatar
20 Agustus 2015 10.30 delete

Suka banget ama kalimat ini : "kesuksesan hanya bisa didapatkan dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses"
Happy anniversary buat Tokopedia, semoga terus bisa membantu setiap orang menjadi lebih sukses! Ditunggu roadshow-nya di Batam yaaa... :)

Btw, powerbank-nya kereeeen...

Reply
avatar
20 Agustus 2015 10.58 delete

Aaaaaaa....kerennya acara Tokopedia. Mbak rien dan mbak Mira sama-sama cantik malam itu <3

Reply
avatar
noe
20 Agustus 2015 11.49 delete

Duuh, aku tuh kalo inget tujuan mulia tokopedia, yg pernah aku dpt materinya wkt temu bloggers, rasanya bahagia bs kenal toped, dan saluut utk cita2 mulianya. Kepikiran mau buka lapak jg di toped, tp blm tau mau jualan apaaa. :v

Reply
avatar
20 Agustus 2015 14.33 delete

Seru yaaa mbak acaranya, kmrin liat timeline dirimu dan mbak Mira..
Kirain di ultah Toped brand ambasadornya di Chelsea Islan bakal hadir..hehe.

Reply
avatar
20 Agustus 2015 16.45 delete

Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS dan dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

Buruan ikutan dan jangan sampai ketinggalan, ya!

Reply
avatar
20 Agustus 2015 19.05 delete

Huaaa ada powerbank nya ^_^

Keren2 ya pemuda Indonesia. Haduh jadi tersulut gini semangatnyaa <3

Reply
avatar
26 Agustus 2015 11.59 delete

Kalo aku di sana bisa-bisa ikutan naik panggung dan goyang dangdut. Kapan ya bisa ikutan acara Tokopedia hiks

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon