7 Penyebab Munculnya Flek Hitam yang Perlu Anda Tahu

Sumber: Freepik.com (hanya untuk ilustrasi)

Mempunyai wajah yang mulus bening dan glowing menjadi salah satu keinginan dari kalangan wanita. Akan tetapi, sampai dengan saat ini ada berbagai masalah wajah yang muncul. 

Salah satu masalah wajah yang sering terjadi adalah flek atau noda hitam pada wajah. Meski dirasa bukan menjadi penyakit yang kronis tapi permasalahan tersebut sangat mengganggu. 

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai penyebab terjadinya flek hitam pada wajah. Untuk anda yang penasaran apa saja penyebabnya bisa langsung simak lebih jelasnya di bawah ini. Dengan mengatahui penyebab munculnya flek hitam, diharapkan Anda bisa menemukan produk terbaik untuk menghilangkan flek hitam tersebut.

Baca juga: Cerahkan Wajah dengan Produk Facecare Scarlett

7 Penyebab Munculnya Flek Hitam Pada Kulit Wajah 

Terjadinya flek hitam pada kulit wajah ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Untuk beberapa penyebab yang harus diketahui oleh anda dan khususnya para wanita adalah:

1. Pengaruh Hormon

Penyebab yang paling pertama munculnya flek hitam bisa disebabkan karena pengaruh hormon. Ada beberapa hormon yang menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit wajah. 

Beberapa hormon tersebut adalah estrogen, MSH dan progesteron. Apalagi untuk kalangan wanita yang lagi hamil sudah biasa ketika wajah nya muncul noda hitam atau flek. 

2. Polusi Udara 

Munculnya flek hitam pada kulit wajah juga bisa disebabkan karena sering terkena serangan polusi udara. Pada saat kulit wajah terkena polusi udara secara terus menerus dapat menyebabkan iritasi. 

Selain itu, kulit yang sering terkena polusi udara juga bisa menimbulkan inflamasi dan merusak lapisan kulit. Dengan hal tersebut akan memicu produksi melanin dan menimbulkan noda atau flek hitam pada wajah. 

3. Bekas Jerawat 

Tidak hanya jerawat saja yang menjadi permasalahan krusial bagi seorang wanita. Akan tetapi, bekas jerawat yang ada di di permukaan wajah juga menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan. 

Kebanyakan untuk jerawat akan meninggalkan bekas hitam dan sehingga sangat mengganggu penampilan. Maka dari itu untuk cara mengatasinya bisa dengan menggunakan krim yang mempunyai kandungan vitamin C dan kojic acid. 

Selain itu, ada teknik yang dapat digunakan pada penyebab kali ini. Teknik yang bisa digunakan adalah melakukan pemencetan jerawat supaya tidak meninggalkan bekas. 

4. Terkena Sinar Paparan Matahari 

Pada saat kulit wajah terkena sinar paparan matahari yang berlebih akan menyebabkan munculnya noda atau flek hitam. Tanpa disadari untuk wajah yang sering terkena sinar paparan matahari dapat menyebabkan kanker kulit. 

Maka dari itu, ada satu cara yang dapat dilakukan supaya bisa mengatasi permasalahan tersebut. Satu langkah yang dapat dilakukan adalah menggunakan sunscreen atau tabir surya sebelum beraktivitas di luar rumah.

5. Tidak Cocok Dengan Kosmetik yang Digunakan 

Ada beberapa kosmetik yang mempunyai kandungan beberapa bahan kimia tertentu. Bahkan juga ada beberapa kosmetik yang mengandung bahan kimia dan memproduksi melanin secara berlebihan. 

Selain itu, dengan salah pemilihan kosmetik ini juga dapat mengakibatkan fotosensitifitas. Sehingga kulit wajah akan mudah muncul noda atau flek hitam secara berlebih. 

Tips singkat: Penggunaan cream penghilang flek hitam dengan kandungan vitamin C atau kojic acid dapat menjadi upaya pertama untuk memudarkan flek hitam. Bila produk yang dipilih mengandung hydroquinone, minta petunjuk dari dokter kulit terlebih dulu.

Sumber: Freepik.com (hanya untuk ilustrasi)

6. Faktor Gen 

Untuk penyebab kali ini masih banyak kalangan masyarakat yang mengabaikan. Tanpa disadari dengan adanya faktor gen ini juga menjadi penyebab utama terjadinya flek atau noda hitam pada wajah. 

Selain itu, untuk orang yang yang mempunyai faktor tersebut biasanya akan rentan terkena penyakit seperti melasma atau alergi ringan. Apalagi di saat terkena sinar paparan matahari penyakit tersebut akan muncul satu persatu. 

7. Kurang Asupan Vitamin 

Penyebab yang paling akhir bisa disebabkan karena anda kurang mempunyai asupan vitamin. Vitamin adalah salah satu hal penting yang dapat menjaga kesehatan kulit. 

Tidak perlu heran lagi ketika pigmentasi akan terlihat jelas ketika kurang mengonsumsi makanan yang banyak kandungan vitamin. Usahakan dalam sehari-hari anda mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan vitamin B12, K dan E supaya bisa mencegah flek atau noda hitam wajah. 

Nah, itu dia beberapa penyebab terjadinya flek atau noda hitam pada wajah. Dengan penjelasan di atas diharapkan dapat membantu anda yang sedang mengalami permasalahan kulit wajah. 


A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Share this

Previous
Next Post »

11 komentar

  1. Buat saya flek hitam lebih bikin gregetan daripada jerawatan. Karena saya jarang jerawatan. Kalau ada pun mudah kempes. Tetapi, pernah ninggalin flek hitam yang lumayan kelihatan setelahnya. Memang bisa sih ditutupin ma make up kalau lagi keluar. Tapi, kalau lagi ngaca suka gregetan juga. Semoga jangan ada lagi deh flek hitam :)

    BalasHapus
  2. auto pegang kulit wajah hehehe ....karena selama pandemi di rumah aja malah tambah flek
    harus lebih banyak mengonsumsi vitamin nih

    BalasHapus
  3. Kalau ada flek hitam memang bikin gak tenang.
    Mau make-up an bingung menutupinya.
    Cuma memang perlu diketahui dengan baik dulu ya apa penyebabnya, sehingga bisa dicari solusinya

    BalasHapus
  4. Polusi udara, maupun karena salah penggunaan atau pemilihan kosmetik akan menjadi perhatian utama.

    BalasHapus
  5. Jadi penasaran, bagaimana tekniknya mencet jerawat tanpa meninggalkan bekas, supaya gak berpotensi flek hitam ke depannya.

    BalasHapus
  6. Masalahku banget ini flek hitam dan melasma. Penyebab utamanya gen, karena Ibuku persis begini, juga kakak-kakakku. Aku ketambahan faktor lainnya, terkena paparan sinar matahari. Lengkap sudah jadinya huhuhu

    BalasHapus
  7. Wah, saya pas keluar nih flek hitamnya. Bisa jadi karena ga cocok kosmetiknya ya. Kayaknya perlu konsul ke dokter nih.

    BalasHapus
  8. Aku ada mba di pipi kanan kata inik dulu kb entah karena apa. Tapi aku kayaknya sih karena paparan sinar matahari dan nggak melindungi dan hormon pengaruh sepertinya.

    BalasHapus
  9. Polusi udara sekarang memang udah semakin tidak baik ya untuk kulit wajah. Saat muncul flek hitam tentu menjadi kurang percaya diri juga sih. Hmmm, perawatan yang tepat sepertinya harus dilakukan agar bisa merawat kulit dari berbagai penyebab muncul flek hitam tersebut.

    BalasHapus
  10. jangan lupa untuk pakai sunscreen ya mbak biar flex hitam tidak bertambah akibat paparan sinar matahari.

    BalasHapus
  11. Huhu aku banyak nih flek hitam, Mbak. Penyebab yang paling jelas buat aku mah paparan matahari. Aku kalo lari, males pake sunscreen dan sunblock. Huhu soalnya sering perih ke mata kalo kena keringat. Kudu berubah deh kebiasaan ini. :(

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!