5 Tips Memilih Rumah Murah di Jakarta Pusat

tips memilih rumah murah di jakarta pusat
5 Tips Memilih Rumah Murah di Jakarta Pusat *Sumber foto: Pexels*

Beli rumah di Jakarta, terutama di tengah-tengah kota, seperti Jakarta Pusat, memang bukan permasalahan mudah. Faktor utamanya adalah karena harganya. Di pusat ibu kota tentunya harga properti, seperti rumah sangatlah tinggi sehingga mustahil mendapatkannya dengan harga yang cukup murah di kawasan tengah-tengah kota.

Untuk mendapatkannya, tentu kamu harus berusaha lebih keras lagi jika memang meniatkan diri untuk memiliki rumah di daerah Jakarta Pusat. Tentunya dengan berbagai macam kekurangan dan kelebihannya dan berbagai faktor lain yang tidak memenuhi ekspektasi kita.

Oleh karena itu, dibutuhkan usaha ekstra untuk mendapatkan rumah yang nyaman sesuai kriteria di tengah-tengah kota. Dengan harga murah, pastinya kamu tidak perlu berekspektasi terlalu tinggi. Mencari rumah dijual di Jakarta Pusat bukanlah mustahil, tetapi memang harus cermat, apalagi jika mencari yang sesuai dengan bujet terjangkau.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika hendak mencari rumah murah di Jakarta Pusat.

Mencari Sendiri Rumah yang Diinginkan

Salah satu faktor mahalnya harga rumah di Jakarta Pusat adalah karena adanya perantara atau agen. Agar kamu tidak mendapatkan tambahan biaya lainnya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari sendiri rumah yang diinginkan tanpa bantuan jasa agen atau perantara.

Harga rumah yang ditawarkan oleh para agen biasanya nilainya berbeda dengan harga asli rumah yang diberikan oleh pemilik. Kenapa bisa berbeda? Karena harga yang diberikan oleh agen sudah termasuk perhitungan komisi yang akan didapatkannya ketika rumah tersebut laku dijual. Meskipun beli rumah langsung kepada yang memilikinya, kamu juga harus tetap memeriksa kelengkapan dokumen yang ada, seperti sertifikat rumah. Pastikan semuanya komplet dan tidak ada masalah. 

Mencari Lewat Pameran Properti

Pameran properti bisa menjadi alternatif untukmu agar memudahkan pencarian rumah. Tidak ada salahnya bila kamu untuk berkunjung ke berbagai pameran properti yang ada. Dalam setiap kegiatan pameran, biasanya akan ada banyak developer yang turut berpartisipasi dan memberikan promosi menarik di dalam acara tersebut.

Pastinya, langkah ini bisa menjadi alternatif untukmu yang sedang mencari rumah dijual di Jakarta Pusat dengan mudah. Tidak akan mustahil kamu mendapatkan rumah dengan harga yang terjangkau karena di setiap kegiatan pameran properti, selalu ada diskon dan promo menarik.

Membeli Rumah Lelang atau Over Kredit

Mulai kumpulkan informasi tentang rumah lelang dari sekarang. Informasi ini salah satunya bisa kamu dapatkan melalui bank. Bank tentunya memiliki daftar rumah dengan kredit macet yang terpaksa harus dilelang ke publik. Harga yang dipatok untuk rumah lelang biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran. Siapa tahu, kamu bisa mendapat rumah di Jakarta Pusat yang sesuai lewat lelang.

Rumah hasil lelang ini memang bisa menjadi alternatif, tetapi kamu juga harus siap dengan berbagai kondisinya. Pastinya, karena rumah second ada beberapa hal yang perlu disesuaikan. Terutama, pastikan terlebih dahulu jika rumah masih dalam kondisi aman dan nyaman untuk ditempati.

Mencari Rumah Inden

Dalam mempromosikan proyek barunya, berbagai pengembang tentu memberikan penawaran-penawaran yang sangat menarik. Salah satu penawaran yang biasa dilakukan adalah potongan harga untuk rumah inden atau rumah yang masih dalam tahap pembangunan. 

Promosi semacam ini dilakukan karena pengembang membutuhkan kucuran dana untuk investasi dan menjalankan bisnis propertinya. Cara ini bisa dipilih, tetapi dengan catatan kamu harus bersabar karena harus menunggu rumah selesai dibangun terlebih dahulu baru bisa ditempati.

Mencari Alternatif Rumah di Lokasi Lainnya

Bila keempat cara di atas telah kamu lakukan dengan maksimal, tetapi tetap tidak dapat menemukan rumah murah yang tepat di Jakarta Pusat, kamu bisa mencoba untuk mencari alternatif lokasi hunian lainnya yang ada di kota-kota penyangga Jakarta, seperti Bogor, Depok, atau Bekasi.

Beli rumah di kota-kota tersebut tidak ada salahnya. Kamu juga masih bisa menemukan rumah murah yang kondisinya bagus, fasilitas lengkap, dan tentunya aman dan nyaman pada saat ditinggali.

Nah, selamat mencoba untuk berburu rumah murah! 


A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Share this

Previous
Next Post »

19 komentar

  1. dari 5 tips diatas, aku paling suka yang Mencari Sendiri Rumah yang Diinginkan, jadi bisa sekalian hunting rumah 1 dengan rumah lainnya, yaa memang kudu sabar kalau hunting ya mba, dan spend waktunya juga lumayan :)

    BalasHapus
  2. Aku kemarin sempat ditawarin sih kak, rumah di Salemba, Jakarta Pusat. Namun kayaknya sertifikat tanahnya lagi bermasalah tuh. Ya aku langsung balik kanan.

    Duh emang harga tanah di Jakpus gila2an sih. Ada yang agak murah tapi akses mobil ngga bisa. Rata2 emang lokasinya di gang sempit gitu sih.

    Emang kita harus rajin blusukan plus cek2 di aplikasi penjualan rumah sih kalo ingin dapat. Plus cek2 sosmed. Biasanya banyak yg nawarin jual rumah akibat pandemi.

    BalasHapus
  3. kalau aku prefer over kredit kayanya, tapi bukan di jakarta. disini di Bandung, harganya bisa agak miring, hehehe. kalau ada budget lebih tentu lebih enak nyari di pameran sih ya

    BalasHapus
  4. Rumah murah di Jakarta mungkin sih kalau yang punyanya lagi BU alias butuh uang. Kabarnya rumah-rumah lama pun harga nya sudah astagfirullah. Apalagi rumah baru hiks mau nangis. Akhirnya saya dan suami memilih melipir di Depok aja deh. Alhamdulillah dapat sesuai kebutuhan dan budget

    BalasHapus
  5. Saya no satu walau blm ada bayangan apakah saya atau jodoh bakal nyasar di jakarta nanti, tapi kalau lihat harga n kondisi langsung lihat dompet n diri gk gk cocok sekali 😂

    BalasHapus
  6. Mbak, kebetulan tahun ini saya dan suami alhamdulillah diberikan kemudahan akhirnya membeli rumah impian kami. aku setuju loh sama tips yang diberikan mbak, nomer 1 otu lokasi. yang lain bisa menyesuaikan. kalau udah pengen jakarta pusat, ya cari terus aja.

    BalasHapus
  7. Banyak juga yang kemudian menjadikan proses mencari rumah ini ibarat memilih jodoh, lho kak. Karena bersifat jangka panjang bahkan seumur hidup, jadi memang dalam menentukan saat akan memilih rumah perlu mempertumbangkan banyak hal, termasuk hal-hal yang dianggap kecil.

    Bisa dibilang rejeki nomplok dan jodoh kalau kemudian bisa mendapatkan rumah sesuai harga pasaran pada umumnya, serta pas dengan budget kita.

    Apalagi di jakarta yang notabene harga properti sudah bernilai invesasi yang selangit. Tapi ya itu tadi, kalau memang jodoh, insyaAllah pasti terbeli.

    BalasHapus
  8. Sekarang kalau mau cari rumah bisa dengan banyak cara ya mbak
    Hal yang paling penting untuk disiapkan sebelum cari rumah ya harus ada duitnya
    Hehe
    Dari duit itulah baru bisa menentukan mau beli rumah yg seperti apa

    BalasHapus
  9. Kalau nyari rumah lelang gini tuh di mana ya kak??? Adakah komunitasnya atau siapa yang ngdainnya gitu.

    BalasHapus
  10. Sepengalaman aku, rumah di daerah jakpus itu udah muahal banget. Jadi dulu alternatifnya nyari di daerah luar jakarta yang masih bisa menjangkau jakarta, kayak di Bogor, Depok, Serpong, atau yang agak jauh di Maja.

    Eh, jadinya aku beli rumah di kampung halaman karena waktu itu lelah sama covid, hehe
    Di sini juga suasana lebih damai dan tenang. Walau nggak ada mall, huhu

    BalasHapus
  11. Lokasi sama harga jadi bidikan utama.
    Sehingga lebih bermanfaat kalau dekat dengan kantor. Apalagi memang di Jakarta Pusat banyak perkantoran, dengan begitu jarak dari rumah ke kantor sangat terjangkau.

    BalasHapus
  12. Rumah skrng harganya makin gila2an, apalagi yg di kota besar macam Jakarta pula. Kalau aku sih menghindari beli rumah lelang atau over kredit untuk menghindari konflik sm pemilik sebelumnya. Bnyk cerita rmh lelang pemilik sebelumnya ga trima dan ya gitulah akhirnya yg dimusuhi malah pemilik baru.

    BalasHapus
  13. Dari kelima tips memilih rumah yang ada di tulisan ini, ketika saya mencari rumah, saya lebih memilih untuk mencarinya lewat pameran property dan juga bisa mencari rumah dengan cara oper kredit, karena biasanya jika oper kredit itu memiliki keunggulan rumah sudah direnovasi, jadi tidak menambah anggaran lagi hehehe

    BalasHapus
  14. Sempet kepikiran juga sih pengen punya rumah di Jakarta, tapi di Jakarta Selatan bukan Jakarta Pusat hehe. Menurut saya daerah Jaksel relatif lebih nyaman. Dan dari kelima tips di atas saya ga masalah asalkan nemu yang cocok di hati, sesuai kebutuhan dan sesuai budget pastinya.

    BalasHapus
  15. Kalau kata orang di awal memilih rumah itu harus accept dulu resikonya. Kalau mau rumah deket tempat kerja ya siap ngorbanin duit. Kalau mau jauh ya siap ngorbanin waktu

    BalasHapus
  16. Di saat pandemi seperti ini banyak lelang rumah yang diumumkan pihak bank, kemungkinan banyak usaha yang gagal bayar karena bisnisnya turun. Aku penasaran harga lelang ini lebih mahal atau lebih murah dari harga yg ditetapkan pertanahan ya mbak?

    BalasHapus
  17. Sama dengan komentar yang lain, saya ikut penasaran sama harga rumah yang dilelang karena gagal bayar berapa ya? Seperti yang kita tahu kalau harga rumah di Jakarta apalagi tengah kota pasti mahal banget ya mbak.

    BalasHapus
  18. Benar sekali mbak. Kalau mau beli di pusat kota Jakarta, harga yang jadi kendala. Akhirnya ya melipir ke Bodetabek. Yang penting msih masuk budget dan akses ke Jakartanya mudah

    BalasHapus
  19. Harga rumah di Jkt udah luar biasa. Kudu cek and ricek dulu. Saya jadi kepikiran mau beli rumah yang dilelang atau over kredit.

    Semoga tahun ini kami bisa punya rumah. Aamiin..

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!