ASUS ROG Pimpin Inovasi Teknologi Gaming di CES 2022

Deretan laptop gaming terbaru ROG hadir di CES 2022 membawakan teknologi inovasi gaming terdepan.  

ASUS ROG mengumumkan secara resmi jajaran laptop gaming terbaru di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat, pada tgl. 5 Januari 2022, sekaligus memperkenalkan serangkaian teknologi serta inovasi terkini di industri laptop gaming. 

Diumumkan pada acara virtual bertajuk For Those Who Dare: The Rise of Gamers, laptop gaming terbaru ROG tidak hanya tampil dengan desain yang telah diperbarui tetapi juga ditenagai oleh hardware serta fitur terkini.

“Menghadirkan performa terbaik melalui inovasi teknologi untuk para gamer merupakan manifesto lini laptop gaming ROG di tahun 2022,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. 

“Laptop ROG terbaru akan ditenagai oleh CPU dan GPU generasi terbaru serta dibekali teknologi dan fitur terkini. Beberapa di antaranya adalah penggunaan MUX Switch serta sistem pendingin ROG Intelligent cooling™ terbaru yang dilengkapi Liquid Metal Conductonaut Extreme di model flagship-nya.”

Seluruh lini laptop gaming yang diperkenalkan di ajang CES 2022 juga dapat disaksikan secara virtual melalui aplikasi ROG Citadel XV. Dalam update terbarunya, ASUS berkolaborasi dengan Aim Lab untuk menghadirkan konten baru berupa mini FPS game yang berisi alur cerita baru, kualitas grafis yang telah ditingkatkan, hingga area eksplorasi yang lebih luas. ROG Citadel XV kembali hadir sebagai sarana untuk menikmati acara CES 2022 sekaligus cara yang menyenangkan untuk mengetahui rangkaian produk ROG terbaru secara virtual.

Berikut adalah jajaran laptop gaming ROG terbaru yang diperkenalkan di ajang CES 2022:

ROG Zephyrus Duo 16

ROG Zephyrus Duo merupakan seri laptop gaming dua layar terbaik yang ada saat ini. Kali ini, layar kedua ScreenPad Plus™ kembali hadir dengan ukuran yang lebih besar di ROG Zephyrus Duo 16. Mirip dengan pendahulunya, ScreenPad Plus™ di ROG Zephyrus Duo 16 juga dibekali dengan mekanisme khusus. Layar kedua tersebut akan terangkat ketika layar utama ROG Zephyrus Duo 16 dibuka. 

Namun kali ini ASUS membekali ROG Zephyrus Duo 16 dengan mekanisme engsel empat arah baru yang memungkinkan ScreenPad Plus™ bergerak ke arah layar utama saat dibuka. Dengan demikian, celah antara ScreenPad Plus™ dan layar utama menjadi sangat kecil dan membuat tampilan layar lebih imersif.


ROG Zephyrus Duo 16 tampil dengan dua opsi layar utama

Opsi pertama menggunakan layar ROG Nebula HDR, yaitu teknologi layar yang mengadopsi resolusi QHD (16:10) dengan panel mini-LED yang mampu menghadirkan refresh-rate 165Hz serta tersertifikasi VESA DisplayHDR yang memiliki rasio kontras 1:100.000. 

Sementara opsi kedua menawarkan layar khusus yang dikembangkan oleh ROG bekerjasama dengan BOE. Layar bernama Dual Spec tersebut memungkinkan pengguna ROG Zephyrus Duo 16 untuk mengganti mode layar dari resolusi 4K 120Hz ke Full HD 240Hz. Layar tersebut memberikan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya dan menawarkan opsi untuk berkarya sekaligus bermain game secara nyaman tanpa kompromi.

Laptop gaming layar ganda ROG Zephyrus Duo 16 juga telah ditenagai oleh sistem operasi terbaru yaitu Windows 11. Sementara komponen utamanya ditenagai oleh CPU AMD dan GPU NVIDIA generasi terbaru yang powerful. 

Selain memiliki rongga udara ekstra berkat fitur AAS Plus 2.0 yang terintegrasi dengan mekanisme ScreenPad Plus™, ROG Zephyrus Duo 16 juga dibekali dengan sistem pendingin generasi terbaru yang menggunakan Liquid Metal Conductonaut Extreme untuk mendinginkan laptop kelas atas tersebut. 

Keberadaan MUX Swith di ROG Zephyrus Duo 16 juga akan membuat gamer mendapatkan performa penuh dari kombinasi CPU dan GPU yang terpasang di laptop ini.

ROG Zephyrus G14

Meneruskan jejak sebagai laptop gaming paling populer, ROG Zephyrus G14 kembali tampil stylish dengan desain yang telah diperbarui. Laptop gaming ultra-portable ini tidak hanya dibekali dengan Windows 11, tetapi juga CPU AMD dan GPU Radeon generasi terbaru serta dilengkapi dengan MUX Switch untuk pengalaman bermain gaming yang maksimal. 

Sistem pendingin ROG Intelligent cooling™ yang telah dibekali dengan Liquid Metal akan membantu mendinginkan seluruh komponen termasuk modul memori DDR5 RAM serta PCIe SSD 1TB yang terpasang di ROG Zephyrus G14.


Didesain sebagai laptop gaming yang menawarkan performa premium dalam bodi ultra-potrtable, ROG Zephyrus G14 tampil dalam dua varian warna yaitu Moonlight White dan Eclipse Gray. 

ROG Zephyrus G14 terbaru kali ini juga dibekali dengan fitur AniMe Matrix™, yaitu panel khusus yang terdiri dari ribuan mini LED di bagian belakang layarnya. Fitur ini dapat menampilkan tulisan, status laptop, jam, hingga animasi, AniMe Matrix™ membuat ROG Zephyrus G14 tampil lebih personal dan berbeda dengan laptop lainnya.

ROG Zephyrus G14 juga merupakan salah satu laptop pertama yang mengadopsi teknologi layar ROG Nebula. Teknologi layar tersebut menawarkan resolusi QHD dan refresh rate 120Hz sehingga cocok untuk beragam aktivitas. 

Layar tersebut juga memiliki tingkat kecerahan hingga 500 nits, color gamut 100% DCI-P3, dan response time 3ms. Didukung oleh Dolby Vision, Adaptive Sync, dan telah memiliki sertifikasi PANTONE Validated Display membuat ROG Zephyrus G14 sempurna untuk hiburan dan pembuatan konten.

ROG Strix SCAR dan Strix G

ROG Strix SCAR kembali tampil di tahun 2022 sebagai laptop untuk para penggemar eSports. Berfokus pada performa, laptop gaming ini telah dibekali dengan CPU Intel dan GPU NVIDIA generasi terbaru yang didinginkan oleh sistem pendingin ROG Intelligent cooling™ yang telah menggunakan liquid metal. ROG Strix SCAR juga dibekali dengan MUX Switch, penyimpanan PCIe SSD 4x4, serta memori DDR5 4800MHz untuk pengalaman bermain game yang maksimal.


Kecepatan adalah ciri khas ROG Strix SCAR dan untuk itulah laptop ini dibekali dengan opsi layar hingga Full HD 360Hz dan QHD 240Hz. 

Laptop khusus untuk para atlet eSports ini juga dibekali dengan teknologi dari Dolby Vision HDR serta dilengkapi Adaptive Sync agar gamer terhindar dari efek screen tearing dan stuttering. 

Sementara itu, response time yang cepat 3ms memastikan pengguna ROG Strix SCAR selalu unggul di medan pertempuran.

Mirip dengan saudaranya, ROG Strix G juga hadir dengan sistem pendingin ROG Intelligent cooling™ yang menggunakan liquid metal untuk mendinginkan CPU AMD dan GPU NVIDIA generasi terbaru yang diusungnya. 

Sementara untuk layarnya, ROG Strix G mengadopsi layar Full HD hingga 360Hz dan QHD hingga 240Hz. Layar tersebut juga memiliki response time 3ms untuk mendukung gamer yang gemar bermain game kompetitif. 

ROG Strix G tampil dalam tiga varian warna yaitu Eclipse Gray serta dua warna bernuansa neon yang unik dan berbeda dari laptop gaming pada umumnya.

ROG Flow Z13 dan XG Mobile

Berbeda dengan semua laptop yang diperkenalkan sebelumnya, ROG Flow Z13 merupakan gaming tablet paling powerful di dunia. Meski sangat ringkas, ROG Flow Z13 memiliki performa powerful karena ditenagai oleh CPU Intel dan GPU NVIDIA terbaru. 

Tidak hanya itu, tablet gaming ini juga dibekali memori LPDDR5 5200MHz serta MUX Switch untuk performa gaming maksimal. ROG Flow Z13 juga tampil dengan desain futuristik yang terinspirasi dari tema luar angkasa di abad ke-20 namun tetap mengedepankan konsep utamanya, yaitu portabilitas.

ASUS menghadirkan dua opsi layar untuk ROG Flow Z13. Pertama adalah layar 4K 60Hz dengan color gamut 85% DCI-P3. Sementara opsi kedua adalah layar Full HD 120Hz dengan color gamut 100% sRGB. Keduanya mengadopsi rasio layar 16:10, mendukung teknologi Dolby Vision, dilapisi Corning® Gorilla® Glass, dibekali Adaptive-Sync, serta mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display.


Karena merupakan sebuah tablet, ROG Flow Z13 dapat dioperasikan menggunakan layar sentuh yang terintegrasi. Terdapat pula keyboard dengan touchpad yang dapat dilepas-pasang serta penyangga bodi utama yang dapat dibuka hingga 170⁰. 

Karena komponen utamanya terdapat di belakang layar, ROG Flow Z13 memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dibandingkan dengan laptop tradisional. Hal tersebut pula yang membuat ROG Flow Z13 mampu menampung hardware kelas gaming meski tampil dengan bodi yang sangat ringkas.

Jika Anda membutuhkan performa yang lebih kencang, ROG Flow Z13 dan ROG Flow X13 terbaru juga dapat dihubungkan ke ROG XG Mobile yang merupakan solusi GPU eksternal terbaik saat ini. 

Tidak hanya kompatibel dengan seri pertama yang dirilis tahun 2021, ROG Flow Z13 dan ROG Flow X13 juga dapat digunakan bersama ROG XG Mobile terbaru yang ditenagai GPU NVIDIA generasi terbaru. 

Tentu saja ROG XG Mobile tetap dibekali dengan berbagai port ekstra serta dapat berfungsi sebagai adapter daya ketika dihubungkan ke ROG Flow Z13 dan ROG Flow X13.

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion

Leave your message here, I will reply it soon!