Hands-on Tablet Gaming ASUS ROG Flow Z13 Terbaru dengan prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series

Laptop Gaming ASUS ROG Inovatif dengan prosesor 12th Gen Intel® Core™ H
  
Mengetahui dan melihat kecanggihan laptop gaming ASUS ROG sudah menjadi hal biasa. Selalu ada kejutan di setiap produk terbarunya, dan itu pun sudah biasa. Yang tak biasa bila kemudian ada yang sampai menghantui 👻 😆

Bukan maksud berlebihan. Sebetulnya mungkin bermula dari rasa penasaran saja sih ya, karena saya belum pernah melihat laptop gaming model ROG Flow Z13 yang raganya bisa dicopot-copot dan kemudian menjelma menjadi sebuah tablet, bahkan ada kakinya segala biar bisa tegak dengan kuat.

Ada yang seperti saya nggak, belum pernah liat tablet gaming? Kalau iya, toss dulu 😃 Karena itulah lalu jadi penasaran, akhirnya berasa seperti dihantui. 

Rasa seperti dihantui itu baru lenyap setelah bisa menyaksikannya langsung di acara ASUS Media Gathering bertajuk ROG x Intel 12th Gen yang diadakan di Hotel Mercure Sabang Jakarta pada hari ini Rabu tgl. 26 Januari 2022. *Thanks ASUS atas undangannya

Apa hanya karena bentuknya tablet maka takjub? Tentu saja enggak, karena perangkat gaming satu ini bukan hanya terlihat sangat ringkas buat bermain game, tapi karena performanya yang luar biasa tinggi jadi daya tarik utama, tentunya disertai keunggulan lainnya juga. Apa saja? Simak aja terus, akan saya ceritakan di bawah.

Dan tentu saja, pada acara media gatering ini bukan hanya ROG Flow Z13 yang hadir, ada laptop ROG Strix Scar 15 G533ZX juga.  

ROG Flow Z13

ROG Strix Scar 15 G533ZX

ROG Strix Scar 15 G533ZX dan modelnya 😂

ASUS Perkenalkan Jajaran Laptop Gaming ROG dan TUF dengan Prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series

Seperti yang dijelaskan pada artikel yang pernah saya posting sebelumnya 👉 Laptop Gaming ROG 12th Gen Intel® Core™ H, bahwa setelah diumumkan secara global di ajang CES 2022, ASUS kini mengumumkan jajaran laptop gaming inovatif ROG terbaru yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H di antaranya adalah :

  • laptop gaming terbaik untuk penggemar eSports ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17
  • laptop gaming ultra-portable 16-inci yang tipis dan ramping ROG Zephyrus M16
  • serta inovasi terbaru yaitu tablet gaming paling powerful di dunia ROG Flow Z13

Selain mengusung prosesor Intel® Core™ generasi terbaru, keempatnya juga dilengkapi dengan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 30 Series, MUX Switch, konektivitas paling modern, serta sistem pendingin khusus yang telah diperbarui.

“ASUS menyematkan beragam teknologi dan inovasi paling canggih ke dalam jajaran laptop gaming ROG kali ini, terutama pada bagian prosesor dan chip grafisnya,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. 

“Dengan demikian, laptop gaming ROG tidak hanya sekadar menawarkan performa gaming yang kencang. Laptop gaming ROG terbaru kali ini merupakan sebuah paket komplit yang menawarkan pengalaman gaming terbaik serta desain yang sangat stylish, sehingga menegaskan penggunanya sebagai bagian dari gaming culture dan komunitas pengguna ROG.”

Game with Intel
 

Ditenagai 12th Gen Intel® Core™ H Series Processor

ROG Strix SCAR Series, ROG Zephyrus M16, ROG Flow Z13, dan ASUS TUF Gaming F15 merupakan laptop yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. 

Berbeda dengan generasi sebelumnya, prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). Sesuai dengan namanya, P-core yang memiliki performa tinggi bertugas untuk memproses tugas-tugas berat. Sebaliknya, E-core bertugas menjalankan tugas-tugas ringan namun sangat efisien dan tidak memakan banyak daya.

Kombinasi P-Core dan E-Core menghasilkan sebuah prosesor hibrida yang memiliki kemampuan pemrosesan yang sangat tinggi dan optimal untuk gaming dan content creation, sekaligus mampu tampil sangat efisien dan hemat daya. Tidak heran jika prosesor tertinggi di keluarga 12th Gen Intel® Core™ H Series, yaitu Intel® Core™ i9-12900HK, menyandang gelar sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini berkat konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz. 12th Gen Intel® Core™ H Series juga merupakan lini prosesor yang telah dilengkapi Intel Thread Director yang bertugas melakukan manajemen pemprosesan data agar lebih efisien.

Bukan hanya sekadar prosesor, lini 12th Gen Intel® Core™ H Series merupakan sebuah platform komputasi modern yang juga dilengkapi dengan berbagai teknologi paling canggih saat ini. Keluarga prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series telah mendukung penggunaan memori DDR5 yang lebih kencang, serta dibekali dengan Intel Deep Link yaitu kesatuan teknologi yang mengandalkan sistem kecerdasan buatan untuk pemrosesan yang lebih optimal.


Konektivitas Modern dengan Thunderbolt 4 dan WiFi 6E

Seluruh jajaran laptop ROG dan TUF terbaru yang dibekali prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series telah dilengkapi dengan konektivitas modern baik melalui kabel maupun nirkabel. ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17, ROG Zephyrus M16, ROG Flow Z13 serta ASUS TUF Gaming F15 hadir dengan port USB Type-C Thunderbolt 4 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 40Gbps. 

Selain dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan berbagai perangkat modern, Thunderbolt 4 di laptop juga dapat digunakan untuk menghubungkan monitor eksternal dengan dukungan hingga resolusi 8K serta telah mendukung fitur USB power delivery. Artinya, laptop ROG dan TUF terbaru yang dibekali prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series dapat diisi baterainya menggunakan adapter charger USB Type-C yang lebih ringkas atau bahkan power bank dengan dukungan pengisian daya hingga 100W.

Tidak hanya itu, keempat laptop gaming ini juga telah dilengkapi dengan WiFi 6E. Berbeda dengan pendahulunya yaitu WiFi 6, teknologi WiFi 6E hadir dengan tambahan frekuensi koneksi 6GHz selain frekuensi standar 2,4GHz dan 5GHz. Melalui frekuensi 6GHz, WiFi 6E mampu menghadirkan konektivitas dengan kecepatan lebih tinggi serta stabil, dan sejalur dengan kebutuhan para gamer.


Ditenagai Chip Grafis NVIDIA® GeForce Terbaru

ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 dan ROG Zephyrus M16 merupakan dua laptop pertama yang mengusung chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti dan RTX™ 3080Ti. Keduanya merupakan chip grafis terbaru dengan performa lebih kencang dari seri pendahulunya. 

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti dan RTX™ 3080Ti dibangun menggunakan arsitektur Ampere serta merupakan chip grafis RTX™ generasi kedua. Chip grafis ini telah mendukung berbagai teknologi grafis modern seperti NVIDIA® DLSS 2.0, serta real-time ray-tracing berkat RT core dan Tensor core yang tersemat di dalamnya.

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti dan RTX™ 3080Ti memiliki jumlah CUDA core yang lebih banyak serta tersedia dengan varian memori hingga 16GB GDDR6. 

Kedua chip grafis tersebut juga telah mendukung fitur mulai dari NVIDIA Reflex, NVIDIA Broadcast, Resizeable Bar, NVIDIA Ansel, serta kompatibel dengan Microsoft DirectX 12 Ultimate dan berbagai headset virtual reality (VR).


Dilengkapi MUX Switch

Keseluruhan jajaran laptop gaming ROG tersebut juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.



ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17

ROG Strix SCAR kembali tampil di tahun 2022 sebagai laptop andalan para penggemar esports. Berfokus pada performa, laptop gaming ini telah dibekali dengan prosesor 12th Gen Intel® Core™ dengan varian tertingginya yaitu hingga Intel® Core™ i9-12900H yang mengusung konfigurasi 14 Core dan 20 thread (6 P-Core dan 8 E-Core) dan chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3080Ti. 

Kedua komponen tersebut didinginkan oleh sistem pendingin ROG Intelligent Cooling™ yang telah menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal. 

ROG Strix SCAR juga dibekali dengan MUX Switch, penyimpanan PCIe SSD Gen4 x4, serta memori DDR5 4800MHz untuk pengalaman bermain game yang maksimal.

Kecepatan adalah ciri khas ROG Strix SCAR dan untuk itulah laptop ini dibekali dengan opsi layar hingga Full HD 300Hz dan QHD 240Hz. Laptop favorit atlet esports ini juga dibekali dengan teknologi dari Dolby Vision HDR serta dilengkapi Adaptive Sync agar gamer terhindar dari efek screen tearing dan stuttering. 

Sementara itu, response time yang cepat 3ms memastikan pengguna ROG Strix SCAR selalu unggul di medan pertempuran. ROG Strix SCAR hadir dalam dua varian yaitu Strix SCAR 15 dengan layar 15-inci serta Strix SCAR 17 dengan layar 17-inci. Tidak ketinggalan juga konektivitas berupa USB Type-C Thunderbolt 4 dan WiFi 6E terbaru yang dihadirkan untuk membawa gamere menjadi juara di setiap sesi permainan.


ROG Zephyrus M16

Salah satu pelopor laptop gaming dengan layar 16-inci kini kembali hadir dengan prosesor yang telah di-upgrade ke 12th Gen Intel® Core™ H Series. Dibekali prosesor hingga Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 Core dan 20 thread (6 P-Core dan 8 E-Core) serta chip grafis NVIDIA® terbaru. Tidak hanya powerful, ROG Zephyrus M16 juga sangat portabel karena mengusung bodi dengan desain minimalis, ringkas, dan ringan. 

ROG Zephyrus M16 juga kembali dibekali dengan layar berkualitas dan mampu menghasilkan detail visual terbaik di kelasnya. Layar laptop gaming ini mampu menghasilkan warna yang kaya dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta telah mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display. Hal tersebut membuat ROG Zephyrus M16 juga dapat diandalkan oleh para gamer sekaligus content creator profesional. 

ROG Zephyrus M16 kini juga telah dibekali dengan memori DDR5 serta konektivitas modern berupa USB Type-C Thunderbolt 4 dan WiFi 6E terbaru. 

ROG Flow Z13

Berbeda dengan semua laptop yang diperkenalkan sebelumnya, ROG Flow Z13 merupakan tablet gaming paling powerful di dunia. 

Meski sangat ringkas, ROG Flow Z13 memiliki performa yang tinggi karena ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ dengan varian tertingginya yaitu hingga Intel® Core™ i9-12900H yang mengusung konfigurasi 14 Core dan 20 thread (6 P-Core dan 8 E-Core) dan chip grafis NVIDIA® terbaru. 

Tidak hanya itu, tablet gaming ini juga dibekali memori LPDDR5 5200MHz serta MUX Switch untuk performa gaming maksimal. ROG Flow Z13 juga tampil dengan desain futuristik yang terinspirasi dari tema luar angkasa di abad ke-20 namun tetap mengedepankan konsep utamanya, yaitu portabilitas.

ROG Flow Z13

ROG Flow Z13 setelah raganya dipisahkan dari keyboardnya 😁


setelah ditinggal pergi oleh layarnya

ROG Flow Z13 tampak punggung, eh belakang

ASUS menghadirkan dua opsi layar untuk ROG Flow Z13. Pertama adalah layar 4K 60Hz dengan color gamut 85% DCI-P3. Sementara opsi kedua adalah layar Full HD 120Hz dengan color gamut 100% sRGB. Keduanya mengadopsi rasio layar 16:10, mendukung teknologi Dolby Vision, dilapisi Corning Gorilla Glass, dibekali Adaptive-Sync, serta mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display.

Karena merupakan sebuah tablet, ROG Flow Z13 dapat dioperasikan menggunakan layar sentuh yang terintegrasi.

Terdapat pula keyboard dengan touchpad yang dapat dilepas-pasang serta penyangga bodi utama yang dapat dibuka hingga 170⁰. Karena komponen utamanya terdapat di belakang layar, ROG Flow Z13 memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dibandingkan dengan laptop tradisional. Hal tersebut pula yang membuat ROG Flow Z13 mampu menampung hardware kelas gaming meski tampil dengan bodi yang sangat ringkas.


ROG Flow Z13 boleh jadi merupakan tablet yang sangat ringkas, namun tetap dilengkapi konektivitas paling canggih. Tablet gaming ini telah dibekali dengan USB Type-C Thunderbolt 4 serta WiFi 6E sehingga membuatnya lebih portabel dan mudah digunakan baik untuk gaming maupun memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari.

Jika Anda membutuhkan performa grafis yang lebih kencang, ROG Flow Z13 juga dapat dihubungkan ke ROG XG Mobile yang merupakan solusi GPU eksternal terbaik saat ini. 

Tidak hanya kompatibel dengan seri pertama yang dirilis tahun 2021, ROG Flow Z13 dan ROG Flow X13 juga dapat digunakan bersama ROG XG Mobile seri terbaru yang ditenagai chip grafis NVIDIA® dan AMD Radeon™ generasi terkini. Tentu saja ROG XG Mobile tetap dibekali dengan berbagai port ekstra serta dapat berfungsi sebagai adapter daya ketika dihubungkan ke ROG Flow Z13.

TUF Gaming F15

Tidak hanya jajaran laptop ROG, ASUS juga segera menghadirkan jajaran laptop TUF Gaming F15 terbaru dalam waktu dekat di Indonesia. Seri TUF Gaming kembali hadir dengan desain baru dan tetap menawarkan pengalaman gaming terbaik serta durabilitas bodi yang tangguh. 

Kali ini, TUF Gaming F15 ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ serta chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 dengan TGP hingga 140W, memberikan kombinasi hardware yang sangat powerful untuk bermain game. 


Seri TUF Gaming terbaru kali ini juga telah dilengkapi dengan MUX Switch yang berfungsi untuk meningkatkan performa gaming dengan cara mengalihkan jalur data dari chip grafis secara langsung ke display tanpa harus melalui chip grafis terintegrasi yang ada di prosesor. Dengan demikian, performa gaming dapat meningkat hingga 10% di sebagian besar game modern yang ada saat ini.

Pendinginan juga menjadi fokus pada TUF Gaming F15 kali ini. Keduanya kini telah dilengkapi dengan dua kipas Arc Flow Fans™ yang memiliki lebih banyak bilah kipas (84 bilah). Setiap bilah dari kipas tersebut memiliki ketebalan yang bervariasi dari pangkal hingga ke ujung bilah untuk memaksimalkan aliran udara. Desain tersebut dapat mengurangi turbulensi sehingga aliran udara menjadi lebih lancar tanpa harus membuat kipas berputar lebih kencang. Berkat inovasi tersebut, sistem pendinginan TUF Gaming terbaru dapat tampil lebih senyap namun mampu mengalirkan udara hingga 13% lebih baik dari generasi sebelumnya.

Selain itu, seri laptop gaming ini juga tampil dengan opsi layar Full HD 144Hz, desain yang terinspirasi dari mecha anime, serta tetap tampil tangguh dan telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 801H).

Foto-foto lainnya dari acara media gathering ROGxIntel 12th Gen hari ini:





A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Share this

Previous
Next Post »

24 komentar

  1. Wah...akutu kemarin ditawarin suami, pilih ganti tab atau laptop.
    Setelah liat tablet ROG Flow Z13, jadi berbinar-binar.
    Uwaaah....cantik dan gagak sekali.
    Semua kesuakaan aku. Layar sentuh dan nyala 24 jam, kaya HP.

    Manjiw yaa..

    Tapi maaf kak Rien, layar tablet ROG Flow Z13 berapa inch dan berapa berat tanpa keyboard dan plus keyboardnya?

    BalasHapus
  2. Maaak bisikin harganya dunk?
    Merk asus sudah kami pakai sejak dulu sejak masih kerja kantoran sampai laptop anak juga pakai merk asus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, aku juga udah pakai Asus dari zaman kuliah sampai punya anak 2. Inovasinya selalu aja ada, jd mupeng banget... pengen ganti tp duitnya yg kagak ada... hehehe

      Hapus
  3. Waduh waduuh, raganya bisa dicopot dan berubah jadi tablet? Keren banget deh ini teknologinya. Merinding aku baca spesifikasinya. Dan dari semua kecanggihannya, dipikirin juga sirkulasi udara yang lebih baik, ya. Biar nggak cepat panas dan tetap nyaman saat digunakan. Asus Rog Flow Z13 kereeeen!!!

    BalasHapus
  4. naksir sama ROG Flow Z13, yang bisa dipisahkan keyboard dan layarnya. Jadi kalau di depan kelas, demo sesuatu bisa sambil keliling juga ke meja peserta nih. Nggak harus duduk aja di meja depan.

    Laptop ROG dan TUF terbaru ini juga mendukung pengisian daya lewat port USB, bahkan memungkinkan dari power bank juga. Ini keren juga, udahlah baterainya awet, pengisian daya pun praktis ya.

    Kombinasi P-core dan E-core juga membuat prosesornya nggak bakal keberatan walau dipakai buat ngegame maupun mengerjakan pekerjaan yang butuh kemampuan komputasi tinggi

    BalasHapus
  5. Kenapa aku jadi mupeng dan terkiwir-kiwir setelah baca review mba Rien?
    Ahhhh, ratjoeennn banget ini mah :D
    Asus ngga pernah bosen memberikan inovasi yg mantuulll buat para user yaa.
    Keren maksimal!

    BalasHapus
  6. Saya merasa dihantui nih, Mbak. Dihantui karena belum juga punya ROG. Padahal ASUS nih kayak gak bisa diem. Ada ajaaaa inovasinya hehehe. Keren banget ya bisa dipisah-pisah gitu. Spesifikasinya lainnya juga mantap banget

    BalasHapus
  7. Selalu ada yang baru ASUS nih ya..dan selalu bikin mupeng hahaha.. Termasuk ROG Flow z13 ini..ya ampun ingin kumemilikinya... spesifikasinya mantul banget

    BalasHapus
  8. Mbak Rien selalu meracuni dengan laptop dan ponsel ASUS teranyar nihhh, gemes amat ya laptop gaming nan garang ROG bisa berubah tampilan jadi tablet...keduanya performanya ajibbb...akk mupeng cobain...

    BalasHapus
  9. kalau lihat spesifikasinya memang menggiurkan banget nih mba.. pas buat mereka yang memang punya kebutuhan untuk punya laptop kereen seperti yang satu ini. Boleh juga nih

    BalasHapus
  10. emang kalo mau punya gadget gaming yang memadai dan luarbiasa performance nya harus mau effort merogoh kocek lebih ya mba.. mantul banget lho rog flow z13

    BalasHapus
  11. Kesan pertama pas liat ini wah gagah sekali. Kokoh juga pula. Untuk kemampuannya mah tak perlu diragukan lagi. Penasaran mau lihat langsung ah Rog low z13 ini mba :)

    BalasHapus
  12. Sekarang e-sport sudah banyak diminati. Kalau mau serius, alat tempurnya kudu oke, khusus laptop gaming. Baru tahu juga laptop bisa dibongkar pasang jadi tablet. Menarik ini sih apalagi baca-baca spesifikasinya. Mantap banget

    BalasHapus
  13. Keren banget mbak, laptop gaming rog ini emang mantap yaa. Mana bisa dicopot jadi tablet pula yaa. Spesifikasinya juga bagus banget yaa. Makin ke sini ASUS makin inovatif dan ga ada duanya soal teknologi pergamingan

    BalasHapus
  14. Nah ini mbak kalau sudah dihantui jadi gak bisa tidur gak sih, jadi mikirin terus hehehe, Ini sih konseo dihantui yang gak takut & menyeramkan ya.

    Aku....aku tunjuk tangan, belum pernah lihat tablet gaming, Udah mulai terhantui nih mbak baru baca pembukanya.
    Lebih enak lagi ya gaming pakai tablet, pastinya lebih ringan & mudah dibawa kemana-mana. Spesidikasinya juga tinggi ya ini ROG Flow Z13. Aku tertarik dengan keywboardnya yang bisa dilepas pasang gitu.

    BalasHapus
  15. Maskulin yah, palingan ponakan lanang naksir nih. Kalo anak aku, jarang mau game ,jadi masih belum butuh. Gamer wajib nabung nih

    BalasHapus
  16. Ahh iya, emang laptop ini keren banget ya mbak
    Asus ini emang selalu nomer satu dalam inovasi
    Laptop impian pada gamer

    BalasHapus
  17. Makin banyak ya mbak varian laptop yang kuat yang bisa dipakai tahan lama utk ngegame. Cocok juga buat dipakai mereka yang pekerjaannya butuh laptop yang tangguh gtu.Keren yang Z13 itu bisa dilepas dari keyboardnya. Kalau buat presentasi2 gtu lbh praktis jdnya ya?

    BalasHapus
  18. Hadeuh ASUS ini, gak ada matinya deh dalam urusan inovasi. Belom punya seri sebelumnya, eh nongol seri-seri baru. Makin cakep, makin keren. Apalagi seri ROG. Duh bikin ngileeeer. Bahkan untuk yang bukan gamer. Apalagi gamer ya, pasti udah pada ngecengin nih. 😍

    BalasHapus
  19. ROG Strix SCAR didesain khusus atlet e-sport yah, Kelihatan tangguh, tajam, dan cepat. Kalau dulu laptop gaming itu kesannya bulky, sekarang makin slim. Layarnya tajam dan makin luas aja, 15 dan 17". Buat ukuran laptop itu luas juga. Arahnya apa memang semakin mobile? so, enggak perlu pakai PC, cukup laptop bahkan tablet saja seperti si ROG Flow Z13?

    BalasHapus
  20. Huhhuuu... aku sungguh iri pengin bisa ikutan datang acara. Senang ya mba bisa ketemuan dengan teman2 plus tim ASUS, seruu... Makin mantap pokoknya nih ROG. Luar biasa nih ada yang bisa convertible jadi tablet juga ya.

    BalasHapus
  21. ASUS selalu memberikan inovasi yang keren deh. Gak pernah berhenti untuk menghadirkan laptop terbaru dengan spek yang luar biasa.

    Makin pengen buat memiliki salah satu laptop ASUS ROG ini deh.

    BalasHapus
  22. Asus Rog keren banget, impian para gamer banget bisa berlama2 dan spesifikasinya oke banget . bisa lepas jadi kaya gadget...inovatif banget

    BalasHapus
  23. Huaaa ... Keren sekali tabletnya. Meski bukan gamer, tapi kalau lihat yang ini, aku juga jadi ikutan ngiler. Asus memang keren dengan segala inovasinya.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!