7 Tips Foto Traveling Keren dengan Smartphone

11.32

Samsung
SAMSUNG - Tips Foto Traveling Keren dengan Smartphone

Tidak perlu harus membawa kamera digital atau DSLR ke mana-mana saat mau mengabadikan foto traveling yang menarik. Kamu juga bisa kok mengambil foto traveling yang keren hanya dengan kamera smartphone. Lagipula sudah banyak smartphone kece seperti HP Samsung Terbaru 2020 yang punya kualitas kamera mumpuni dengan berbagai fitur pendukung untuk memaksimalkan hasil foto di berbagai kondisi. 

Kamu pun hanya perlu memaksimalkan smartphone yang kamu punya untuk mendapatkan hasil foto traveling yang memukau. Gimana caranya? Perhatikan beberapa tips sederhana ini deh!

1. Nyalakan Fitur Grid Agar Foto Lebih Seimbang

Jangan biarkan hasil foto traveling kamu miring dan tidak beraturan. Gunakan fitur bawaan yang hampir ada di semua kamera ponsel ini agar framing foto traveling yang kamu ambil jadi lebih seimbang. 

Ketika mengaktifkan fitur ini, kamu bisa melihat garis horizontal dan vertikal yang membagi layar ke dalam 9 bagian. Jadikan garis-garis ini sebagai acuan untuk menempatkan objek pada posisi yang kamu inginkan.

2. Maksimalkan Foto Pemandangan dan Gedung Tinggi dengan Mode Panorama 

Agar foto landscape terbuka yang kamu abadikan lebih terlihat menarik, gunakan mode panorama yang ada di kamera ponsel sehingga tidak ada bagian yang terpotong. 

Cukup nyalakan mode panorama, tekan dan tahan layar untuk mengunci fokus, lalu gerakkan ponsel secara perlahan dari kiri ke kanan. Supaya hasil lebih bagus sebaiknya kamu menggunakan mode ini hanya pada objek-objek yang tidak bergerak ya. 

Kamu juga bisa menggunakan mode panorama ini dalam keadaan tegak seperti ketika ingin mengambil foto dengan latar gedung yang tinggi. Caranya cukup pegang smartphone dalam posisi mendatar, nyalakan mode panorama, lalu mulailah menggerakkan smartphone secara perlahan dari bawah ke atas. Pengambilan foto seperti ini juga bisa membuat kamu terlihat makin tinggi loh. 

3. Perhatikan Pencahayaan

Agar hasil foto traveling dengan smartphone semakin keren, kamu juga perlu memperhatikan pencahayaan ya. Carilah timing dan tempat yang punya pencahayaan terbaik. 

Jika masih gelap, kamu bisa kok menggunakan bantuan flash di ponsel, misalnya untuk mengambil foto ketika kamu sedang berada di pantai saat matahari sedang terik-teriknya. Cara ini bisa membantu menerangi seperti daerah di bawah mata atau hidung yang gelap karena bayangan. 

Pilihan lainnya kamu juga bisa menggunakan mode manual pada kamera smartphone untuk mengatur eksposur, ISO, hingga white balance yang paling sesuai sehingga foto yang dihasilkan juga lebih punya warna yang akurat.

4. Hindari Penggunaan Zoom

Walaupun kamera HP kamu memberi kemudahan untuk menangkap objek dari jarak jauh, tapi cara ini berpotensi membuat hasil foto terlihat lebih buram dan pecah loh. Kecuali, jika memang smartphone kamu termasuk kategori high end dengan optical zoom yang besar. Jika kamera smartphone kamu kurang oke, ada baiknya kamu memilih untuk mendekat secara langsung ke objek yang mau difoto.  

5. Gunakan Mode HDR untuk Hasil Kontras Warna yang Terbaik

Sering melihat mode HDR di kamera smartphone kan? Fitur ini juga jadi pilihan untuk kamu yang ingin hasilkan foto traveling dengan kontras warna yang terbaik. Namun, perlu diingat kalau fitur ini akan lebih maksimal digunakan pada beberapa situasi. Gunakan fitur ini ketika kamu ingin mengambil foto landscape, saat kondisi minim cahaya atau backlight dan saat cahaya terlalu terang saja. 

6. Maksimalkan Fitur Burst untuk Foto Hewan atau Foto Candid yang Natural

Saat kamu ingin mengambil foto hewan atau ketika ingin mengambil foto candid saat liburan, coba maksimalkan hasilnya dengan foto burst. Dengan fitur ini kamu bisa mengambil banyak foto secara berurutan dengan cepat sehingga semua gerakan atau aksi tertentu bisa tertangkap kamera.

7. Unduh Aplikasi Fotografi 

Selain fitur-fitur bawaan di kamera smartphone, kamu juga bisa loh mengunduh berbagai aplikasi fotografi, seperti VSCO, Snapseed, dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi ini bisa memberikan opsi lebih untuk mengatur hasil akhir foto traveling yang kamu ambil dengan lebih nyaman dan cepat. 

Nah, selain tips tadi, kamu sekarang tinggal mengambil foto dengan sekreatif mungkin. Jangan ragu memilih angle yang tidak biasa. Bebaskan kreativitas sehingga foto traveling yang kamu ambil dengan smartphone pun tetap terlihat keren dan menarik ya. 

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

26 Comments

  1. Mpo tidak ada 9 grid makanya suka tes di instagram tapi tidak di pos. Agar lebih indah dan menarik setiap foto travelling kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga diakali begitu ya mpok 😁👍

      Hapus
  2. Mba Rien,
    Aku tu selalu takjub dgn para insan kreatif, travel blogger/instagrammer yg bisa meng-capture foto dgn sedemikian cethaarr. Oww, ilmunya memang harus digali, dicari, dan dipraktikkan ya. Intinya, kudu banyak latihan :D
    makasiiii tipsnya Mbaaa Rieen
    Kangen traveling bareeengggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuncinya di inisiatif, nanti kreativitas akan lahir. Hal lain akan serta merta mengikuti 😀

      Hapus
  3. Nomer 1 & 7 itu jurus emak-emak banget. Kekeke. Biar jadi gampang dan paripurna hasilnya.

    BalasHapus
  4. Sekarang kamera smartphone semakin keceeee. Bagus sih ini. Jadinya lebih praktis dibawanya. Karena kalau bawa smartphone kan gak berat dan gak makan tempat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin ke sini kamera smartphone semakin bisa diandalkan pokoknya 😀

      Hapus
  5. Ya ampun hasilnya cantik banget
    Udah lama pingin ganti HP, apakah tahun ini bisa ngumpul uangnya? 😀😀😀
    Untuk sementara maksimal kan fitur ya?
    Salah satunya dengan foto burst, jarang banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin insha Allah terkumpul dan ambu bisa beli hp baru yg speknya sesuai kebutuhan.

      Yes ambu foto burst itu trik jitu juga

      Hapus
  6. Wahhhh ilmu banget ini mah buat maksimalin foto biar feed ig rapih dan enak diliat. Ternyata berbekal hape kalo tau triknya ga mesti pake kamera mahal yaa
    Makasih tipsnya mak erin...

    BalasHapus
  7. 7 Tips Foto Traveling Keren dengan Smartphone artikelnya berisi informasi bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat. Terima kasih Mas Ferry 🙏

      Hapus
  8. Alamaaaak...kemana saja aku ini, Punya hp samsung tapi gak pernah memaksimalkan fitur-fitur canggihnya. Boro-boro mau moto pake fitur mbak katerina, yang penting moto aja deh, jepret dan jadi.

    Lah,,tapi habis baca tulisan mbak katerin, jadi semangat mencoba kan aku...Jadi kitab buat moto pake samsung ku, asyiik!

    thankiss mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamera terbaik adalah kamera yang ada di tangan kita. Maksimalkan fungsi fitur² yang tersedia, perbanyak praktek, tingkatkan skill, dijamin foto dari kamera apapun yg kita pegang hasilnya akan memuaskan 😍

      Sama-sama ya mbak 🤗

      Hapus
  9. Yang pasti, kita harus PAHAM dulu dengan kemampuan dan fasilitas gear yang kita pake. Biar hasilnya lebih maksimal untuk foto dengan jenis dan angle apapun.

    Aku belakangan memang lebih sering foto dengan smartphone. Karena light, functional (gampang ngedit dll), juga nyaman/gampang untuk dibawa-bawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju nian dengan ayuk. Paham dulu biar pakainya maksimal.

      Betulllll kamera HP lebih praktiss

      Hapus
  10. nah tips fotografi kece pake kamera hape ini aku banyak liat juga nih di tiktok, dan memang benar sih pas dipraktekkin jadi lebih kece hasil fotonya

    BalasHapus
  11. Widiiw keren ah tips-tips fotonya Mbak Kate... terutama yg menggunakan fitur foto grid agar garis2nya tampak seimbang ya Mbak. Dan kl mau moto hewan atau tumbuhan saat liburan pakai foto burst.

    BalasHapus
  12. Saya juga kl traveling, foto pake hape aja. Ga ribet..
    Tq tipsnya, keren nih fitur2nya

    BalasHapus
  13. Andalanku hasil akhir tetep edit pakai Snapseed juga mbak :D poto miring, gelap, udah gampang deh di edit di sana :D emang kalo pakai Hp kudu tahu jurusnya kayak tulisan mbak Rien. Biar makin mantap hasilnya, dan PD dipamerin di Instagram :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha paling andalan ya Snapseed, bikin foto biasa jadi luarbiassaaaa :))

      Hapus

Leave your message here, I will reply it soon!