Traveling ke Rangkasbitung, Ikhtiar Mencari Kesembuhan Lewat Pengobatan Herbal

Traveling ke Rangkasbitung untuk Pengobatan Herbal

Seberat apapun ujian mendera, aku tak pernah ingin menyerah dan putus asa...

Suamiku menderita sakit batu empedu, total hampir 20 hari dirawat di Rumah Sakit. Biaya  banyak keluar, namun tak jua dioperasi agar sembuh. Bukan mauku, bukan pula mau para dokter yang menangani untuk menunda, tapi ada kondisi di mana nilai lipase dan amilase yang sangat tinggi tak mau turun menjadi normal yang membuat semuanya ditunda. Nilai normal sangat penting supaya aman menjalani operasi. Berharap ada obat penurun yang bisa ditelan, sayangnya tak ada.

Apakah kami harus diam saja di rumah sakit tanpa kepastian kapan operasi bisa dilaksanakan? Tentu tidak. Argo RS jalan terus, amilase dan lipase stag selama 1 minggu, operasi tak jelas kapan bisa dilakukan. So? Kami keluar!

Jelang keluar dari rumah sakit aku mencari keberadaan Pak Reza, herbalis yang pernah menanganiku dan Alief saat sakit parah di masa lampau. Namun, nomor HP beliau yang dulu aku simpan sudah mati tak bisa dihubungi. Aku kehilangan kontak. Terakhir pernah kontak sewaktu bapak mertua mau berobat kaki, sebelum berangkat naik haji. Setelah itu tak pernah lagi, hingga akhirnya hilang tak pernah kucari.

Segala cara baik ingin kulakukan demi suami, membuatku mencari Pak Reza di internet. Kugunakan kata kunci Reza Herbalis Rangkasbitung dan Pengobatan Herbal Reza. Subhanallah ketemu! Nama, alamat, nomor HP bahkan jadwal periksa pun terpampang jelas di sebuah web. Aku langsung percaya orang yang kucari ada di web itu. 

Apa nama website pengobatan herbal yang telah aku kenal sejak 20 tahun lalu itu? Akan kuceritakan dalam tulisan ini. Lengkap dengan drama proses pendaftaran yang banyak gagalnya sampai bikin aku nangis sedih campur kesal. Simak terus, ya.


Perjalanan ke Rangkasbitung, Banten

Keluar Kota di Saat Pandemi

Di tengah wabah begini, aku gagal mengikuti anjuran pemerintah #DiRumahAja guna mencegah penularan Covid-19. Aku banyak keluar rumah pergi ke Rumah Sakit. Kulakukan itu sejak Mei (saat Ramadan) sampai sekarang bulan Juli. Aku bahkan bepergian keluar kota! 

Yak, segera setelah keluar dari RS dan aku berhasil mendaftar berobat ke herbalis Pak Reza, aku langsung membawa suamiku ke Rangkasbitung. Kami dapat nomor antrian 23, pukul 13.00. Teringat dulu belum pakai daftar online segala, tinggal datang kapan aja. Sistem geser, siapa yang duluan tiba dia yang duluan diperiksa. Pasien melimpah kadang sampai jam 1 dini hari keesokan pagi baru kelar diobati. Kini sistem daftar online. Siapa cepat dia dapat nomor antrian. Hanya terbatas untuk 30 orang perhari.

Tgl 16 Juni 2020, kami berangkat pukul 7 pagi. Aku membawa makan masakan sendiri, tak mau beli di luar. Suami masih dalam perawatan pencernaan, tak boleh makan sembarang. Diet protein hewani dan nabati, hanya makan nasi dan sayur, serta buah (bukan duren tentunya ya). Karena baru keluar RS, suami masih lemes dong, tapi mendadak sehat demi nyetir mobil. Katanya, lebih aman dia yang nyetir dari pada aku yang sok berani membelah tol Jakarta - Merak yang ramai.

Ternyata pemirsa, jalan tol yang biasanya padat dan panjang hingga gerbang tol Cikupa, sepiii kayak kuburan. He he gak ding. Pokoknya nggak seramai kayak sebelum musim pandemi, perjalanan kami pun lancar jaya. Ada Google map yang menuntun dengan rute terpendek dan ternyata jalannya mulus banget kayak pipi Lee Min Ho. Pukul 9 kami sampai di Rangkasbitung. Hanya 2 jam perjalanan saja dari BSD. Tapi, jelas kami kepagian! 
Di bawah pohon beringin ini, drama mogok di Kota Rangkasbitung terjadi

Drama Mogok di Rangkasbitung

Kami menemukan Indomaret di Jalan Otista Raya, Cijoro Pasir, Rangkasbitung, Lebak. Klinik Pak Reza tinggal 2 km saja dari Indomaret tersebut. Di samping Indomaret ada Hotel Kharisma dan Kafe Kharisma. Tempat yang cocok buat istirahat. Aku beli minuman di Indomaret, biar nggak cuma numpang parkir. 

Jam 9 sampai 10 kami cuma duduk santai ngobrol macem-macem. Beberapa saat sama-sama sempat ketiduran. Jelang jam 11 mulai lapar akhirnya buka kotak bekal dan kami makan dengan lahap. Alhamdulillah bawa makanan, gak perlu sibuk kelayapan cari warung/restoran.

Kelar makan, rencana kami mau langsung lanjut jalan biar nanti pas salat zuhur bisa dilakukan di musala rumah pak Reza. Tapi anehnya mobil tiba-tiba gak mau di-starter. Aku dan suami langsung cari penyebabnya tapi nggak ketemu. Nggak mau sembarang utak-atik juga nanti malah tambah parah, akhirnya buka youtube cari tahu. Ada beberapa saran trik yang langsung kami praktekkan, tapi nggak berhasil hidup. Kenapa gak didorong lalu minta tolong orang lain untuk dijumper? Honda BRV yang kami bawa matic, mana bisa didorong. Sementara itu, layar headunit di dasboard berubah tampilan. Lalu mati.



Untung Ada Bengkel 

Tak jauh dari Indomaret ternyata ada bengkel. Suami langsung ke sana dan manggil orang buat periksa. Yah, ternyata masalah aki, abis! Ah, kenapa nggak kepikiran.

Kalau di BSD sih jika butuh aki tinggal telp shop & drive, bisa diantar ke rumah atau di lokasi kejadian, dan dipasang. Di manapun selama di wilayah Jabodetabek, Shop & Drive ini mudah dipanggil, ada di mana-mana. Tapi di Rangkasbitung nggak ada. Akhirnya aku gugling, dapat beberapa toko aki terdekat. Harganya beragam. Aki kering ada yang 700ribuan, aki basah 600ribuan. Di toko lain ada yang 600 dan 500ribuan. Gimana dengan bengkel si mas yang tadi bantu periksa? Ternyata ada. 

Nah, sebelum memutuskan beli, kami ajak orang bengkel periksa lagi mungkin ada hal lain penyebab mogok, katanya udah fix karena aki. Ah iya bener, pas aku periksa ulang tertulis jelas di aki ada tgl 4 Juni 2018. Itu artinya, umur si aki sudah 2 tahun, sesuai masa berlaku aki pada umumnya. Pantesan mati!

Akhirnya beli aki sama bengkel, cuma 450 ribu (aki kering), dan langsung dibantu pasang. Alhamdulillah setelah itu mobil bisa nyala lagi. 

Honda BRV mogok karena aki habis

Asyik Gak Jadi Nginap di Bawah Pohon Beringin

Sebelum mobil diperiksa dan dipasang aki baru, aku sempat menghubungi Mas Indra, asisten Pak Reza yang mengkoordinir para pasien harian yang akan berobat. Aku bilang ke dia kalau kami sudah berada di Kota Rangkasbitung, tinggal 2 kilometer lagi sampai tapi mobil mogok. Selain mengatakan bahwa kami bakal telat, kutanyakan juga apa klinik bisa dicapai dengan GOCAR, katanya bisa.

Sesaat merasa lega karena tetap bisa datang dengan naik taksi online. Tapi kemudian sadar, bagaimanapun mobil harus bisa jalan karena kami butuh buat balik ke BSD. Katakanlah aman ditinggal di depan Indomaret, kami pun bisa menginap dulu di hotel Kharisma, pulang esok hari sambil menunggu bantuan dari bengkel terpercaya. Tapi itu solusi terakhir. Masih ada solusi yang bisa diusahakan saat itu juga yaitu segera cari bengkel, mumpung masih pagi. Gak sangka ternyata lokasi kejadian dekat bengkel.

"Jangan sembarang bawa ke bengkel ya bu, nanti dimahalin. Tinggal aja di situ dulu mobilnya, ke sini naik Gocar," begitu pesan dari Mas Indra. Bener sih, tapi di kondisi butuh begini, kalau memang dimahalin ya tinggal dihadapi dan diatasi. Kalau bisa nego ya nego. 

Tapi syukurlah masalah ketemu dan ada solusi. Nggak jadi deh naik GOCAR. Nggak jadi juga mobil diinapkan di bawah pohon beringin yang aku yakin banget kalau malam aura horornya keluar he he.

Kejadian ini sebetulnya agak bikin jengkel. Bawa suami sakit, perjalanan jauh, eeeh si aki tiba-tiba mati nggak ngabarin dulu. Dasar aki-aki! haha

Padahal sebetulnya banyak sekali yang bisa disyukuri saat itu. Mogok di depan Indomaret, kalau butuh makan minum mudah tinggal masuk dan beli. Samping Indomaret ada hotel, kalau kemalaman ada tempat nginap. Cari toko aki yang bisa anter, ketemu beberapa di internet dan mudah dihubungi. Cari bengkel ternyata ada dan dekat banget. Banyak kemudahan toh di balik drama mogok? Jadi, buat apa jengkel dan marah-marah. Setiap ada kesulitan ada kemudahan menyertai. Masya Allah.
Perjalanan ke Rangkasbitung ini jauh, periksa kendaraan sebelum berangkat, bawa bekal makan buat jaga-jaga selama di jalan

Klinik Herbal Reza Palaton

Ini bagian yang ditunggu-tunggu para pembaca tulisan ini. Betul apa betul? he he. 

Pukul 12 lewat beberapa menit kami tiba di rumah Pak Reza. Rumah tersebut sekaligus  merupakan klinik dan kafe yang beliau kelola. Letaknya di Komplek BTN Palaton. Kalian bisa temukan lokasinya pada map yang ada di web www.rezapalaton.comCek sendiri ya!

Awal mula kenal Pak Reza tahun 2002, saat aku masih gadis. Setelah menikah, aku punya masalah pada rahim, ada kista berukuran cukup besar, penyebab sakit haidku selama ini. Aku sudah periksa ke dokter kandungan di RS Siloam di Karawaci, dengan dokter Christapora SpOG, dan dianjurkan untuk operasi. Karena takut operasi, aku berobat ke Pak Reza. Setelah diperiksa dengan hasil pemeriksaan yang sama persis dengan pemeriksaan kedokteran, aku diberi resep untuk diminum selama 14 hari.

Aku masih ingat beberapa resep itu terdiri dari akar alang-alang, benalu teh, dan yang lainnya aku lupa. Paling sulit dicari benalu teh. Dulu aku nitip sama teman yang tinggal di puncak, alhamdulillah dapat. Resepku harus diminum rutin tak boleh putus, dan hanya diminum sebelum datang haid. Aku patuh pada saran Pak Reza, kuikuti semua sesuai petunjuk.

Hingga kemudian aku haid, sesuatu terjadi. Kotoran haidku berwarna kehitaman dan sangat kental. Ada semacam gumpalan darah yang tidak biasa. Tapi aku tidak merasa sakit. Kelar haid aku ke dokter lagi, periksa lagi. Setelah di USG ternyata kista di rahimku sudah tak ada. Dokter sempat bertanya, lalu aku jelaskan bahwa aku minum herbal.

Setelah kejadian itu, bulan depan aku tidak haid lagi, subhanallah ternyata aku hamil. 

Inilah pengalaman pertamaku berobat dengan pak Reza yang selalu kuingat dalam hidupku. 
Lapangan kecil di komplek rumah Pak Reza jadi tempat parkir tamu

Pengalamanku Berobat Herbal

Pengalamanku berobat herbal dengan Pak Reza berlanjut ketika aku memiliki Alief. Dulu, di usianya yang belum mencapai 1 tahun, Alief pernah punya masalah dengan kepalanya. Ada cairan berlebih di kepala, menyebabkan perenggangan pada otak, dan kepala membesar tak wajar. Bukan hydrocepalus ya, beda. 

Alief kami bawa ke dokter bedah syaraf di RS Siloam Karawaci. Aku masih ingat nama dokternya Dr Eka. Berdasarkan hasil MRI saat itu, Alief memang harus menjalani operasi bedah kepala guna pemasangan selang untuk membuang cairan di kepala pindah ke perut. Dan itu maksimal dilakukan sebelum usianya 3 tahun.

Bagai disambar geledek, anak kesayangan kami punya penyakit semacam itu, harus operasi pula. Sudah tak terkira banjirnya air mata, tiap malam tumpah di atas sajadah, di sprei ranjang, dan di mana-mana. Sedih bukan kepalang.

Tapi Allah selalu memberi petunjuk, digerakannya langkah kami ke Pak Reza, berikhtiar di sana. Hasil pemeriksaan Pak Reza sama dengan hasil pemeriksaan alat-alat canggih kedokteran. Bedanya, Alief diusahakan tidak operasi. Kami diberi resep herbal yang harus diminum rutin, dan harus sering kontrol. Maka, hampir tiap 2 minggu kadang tiap 1 bulan selama 2 tahun kami ke Pak Reza untuk mengobati Alief. Bolak-balik dari BSD ke Rangkasbitung. Capek tak lagi dirasa, hanya ada kobaran semangat berobat agar Alief sembuh.

Tuhan Maha Besar, usaha kami tak sia-sia. Lingkar kepala Alief berhenti membesar, dan ketika diperiksa kembali ke dokter, cairan di kepala sudah tidak ada. Allah yang mengalirkan cairan itu ke perut Alief tanpa operasi melalui Pak Reza dan tanaman obat yang diminum Alief. 

Ada yang bisa bayangkan bagaimana cara Alief kecil minum ramuan herbal? Pakai botol dot. Bayi 7 bulan sampai 2 tahun hanya tahu rasa susu dari botol dot. Tapi Alief tahu rasa ramuan herbal dari botol dot nya. Mudah kah? Allah yang memudahkan.
Rumah Pak Reza merangkap klinik pengobatan herbal dan kafe DeumDee

Daftar Berobat Herbal di www.rezapalaton.com

Dulu, Pak Reza praktek sore hingga malam hari, selepas ia bekerja di Kantor Pos. Tidak ada nomor antrian. Hanya sistem geser. Siapa duluan tiba, duluan diperiksa. Pengobatan tidak dilakukan di ruang tertutup. Jadi, kami bisa melihat ketika pasien lain diobati. Jumlah pasien tidak dibatasi. Pernah sampai jam 12 malam kami baru kebagian giliran. Pulang ke rumah sudah subuh. Begitu terus selama 2 tahun mengobati Alief. 

Kini jumlah pasien dibatasi hanya 30 orang perhari. Pak Reza juga sudah pensiun dari kantor pos. Prakteknya kini tiap hari kerja dari jam 7 sampai 16 sore saja. Sabtu dan Minggu libur. 

Pasien berobat herbal harus melakukan pendaftaran di website https://rezapalaton.com/ Tidak bisa datang begitu saja ke rumahnya untuk berobat. Harus punya nomor antrian yang didapat via website, dan harus menerima konfirmasi dari satu-satunya nomor yang digunakan untuk konfirmasi. Tanpa itu semua, jangan pura-pura nggak ngerti lalu ujug-ujug datang berharap belas kasihan supaya kedatangan diterima dan diobati. Gak akan!

Cara mendaftar pengobatan Reza Palaton:

Pertama,
Buka website https://rezapalaton.com/ Saat terbuka tampilannya akan seperti ini (lihat gambar di bawah). Muncul informasi sbb:
  • Pastikan nomor telepon yang didaftarkan adalah nomor telepon yang aktif 
  • Bagi yang mendapatkan nomor antrian, akan dilakukan verifikasi panggilan ke nomor telepon yang didaftarkan 
  • Verifikasi panggilan HANYA dilakukan melalui Nomor Resmi Reza Palaton: 0877-7272-3339 (Hati-hati penipuan!) 
  • Apabila saat diverifikasi panggilan nomor tidak aktif atau tidak merespons, maka nomor antrian tidak berlaku 
  • Pasien yang ingin berobat harus menggunakan namanya sendiri, jika masih menggunakan nama orang lain maka antrian tidak bisa digunakan
Tampilan awal website www.rezapalaton.com 

Kedua,
Tutup text box / text alert, lakukan pengisian data sebagai pasien. Jika baru, tinggal pilih PASIEN BARU. Kita hanya perlu mengisi nomor telpon, nama, dan alamat, lalu simpan. 

Kenapa harus disimpan? Supaya memudahkan saat melakukan pendaftaran berobat. Bagian pengisian data pasien ada di sini. Kalau nggak ketemu, scroll down saja layar utama halaman website. Ada di pojok kanan bawah di atas Google Map alamat rumah Pak Reza.



Isi data di sini

Ketiga,
Setelah mengisi data, mulai melakukan pendaftaran. Nah, yang perlu diketahui adalah jadwal mendaftar hanya bisa dilakukan hari Minggu sampai Kamis. Jika berencana berobat hari Senin, berarti harus mendaftar hari Minggu. Kalau mau berobat hari Selasa, mendaftarlah di hari Senin. Begitu seterusnya. Jadi, hari saat mendaftar adalah untuk pengobatan esok hari. Di website tidak menyediakan pilihan hari yang bisa kita pilih sesuka hati.

Hari Jumat kolom pendaftaran ditutup karena tidak ada praktek di hari Sabtu. 

JAM DAFTAR hanya bisa dilakukan mulai pukul 17. Artinya, tepat jam 5 sore kamu harus standby di website Reza Palaton. Berdasarkan pengalaman saya nih, baru 1 detik langsung full.

Kotak merah itu hanya akan berubah jadi kolom pendaftaran setiap hari Minggu-Kamis hanya pada pukul 17.00WIB

TRIK ANTI GAGAL DAFTAR

Aku pernah mendaftarkan suamiku selama 6 hari berturut-turut, tapi hasilnya gagal terus. Padahal sudah mantengin website sejak 30 menit sebelum pukul 17. Internet kencang. Tapi, baru sampai pada tahap ke 2 pendaftaran website langsung kayak hang, pas jalan lagi tahu-tahu sudah full 30! Aku pernah sampai nangis lho gara-gara itu haha. Daftar ke-7 kali baru berhasil. Kok bisa?

Begini, biasanya saat mendaftar aku buka web pakai HP. Yang mendaftar hanya aku. Sekarang ubah strategi, gak sendiri saja tapi bertiga dengan Alief dan suami, pakai laptop masing-masing. Alhamdulillah berhasil. Ternyata harus diserbu bertiga. Buka web pakai laptop ternyata membantu. Mungkin karena prosesnya lebih cepat.

Teknik anti gagal lainnya:
Sebelum jam 5, posisikan kotak merah (seperti pada gambar di bawah) tampil di layar. Karena letaknya di bawah, jadi silakan scroll ke atas.

Tepat jam 5 website di-refresh. Tutup text box secepat mungkin.

Ingat, tepat jam 5 kotak merah ini sudah berubah putih dan di situ ada pilihan DAFTAR Sekarang. Jadi, jangan kaget kalau kotak merah menghilang. Justru mata harus fokus ke kotak yang sudah berubah putih itu.

3 langkah di atas kelihatannya sepele tapi sangat menghemat waktu di tahap awal. Selanjutnya, jika kita berhasil, akan dapat pemberitahuan berhasil. Tinggal ikuti cara selanjutnya sesuai tampilan di website yang mengarahkan kita ke data pribadi. 

Jika berhasil pada tahap terakhir, kita akan mendapatkan nomor dan jam antrian. 
Text Box merah ini akan berganti warna dan isi tepat jam 5 sore. Di sinilah tempat melakukan pendaftaran. Biasanya dalam hitungan 1-2 detik langsung full. Jika sudah full, akan berganti warna ke merah lagi.

Berapa tarif Pengobatan Herbal Reza Palaton?

Sejak pertama kali berobat tahun 2002 lalu, hingga berkali-kali berobat kemudian sampai sekarang, aku tidak pernah melihat Pak Reza meminta bayaran. Ketika ada yang memberikan uang ke tangannya, ditolak dengan halus oleh beliau. Katanya, pakai buat beli resep ramuan saja. 

Namun, orang-orang tetap memberikan amplop. Nilainya, tentu saja hanya si pasien dan Allah yang tahu. Tidak ada tarif, tidak pula ada petunjuk di mana meletakan amplop. Kebanyakan pasien meletakkan amplop diam-diam, entah dekat meja, kursi, atau di lantai tempat pak Reza duduk.

Itu dulu. Bagaimana dengan sekarang, setelah 18 tahun berlalu?

Masih sama. Aku tanya Mas Indra, katanya kalau mau sedekah taruh saja dekat kotak tisu di atas meja tempat Pak Reza bertemu pasiennya. Kalau diberikan langsung, gak akan diterima. 

Aku sendiri selalu mengisi amplop sesuai kemampuan dan keikhlasan. Nilainya aku samakan dengan biaya konsul ke dokter spesialis, seringkali bahkan aku lebihkan. Aku menghargai keilmuannya, juga waktu dan konsultasi bergizi yang diberikan. 

Jadi, buat yang mau berobat ke Pak Reza, jangan mentang-mentang beliau tidak pasang tarif, lantas belagak miskin hanya memberi selembar 10 ribuan saja dalam amplop. Jangan ya!

Dua kali datang. Juni berdua suami saja. Juli bertiga dengan Alief. 

Lulusan S2 Parmasi UI

Aku dapat informasi ini dari adik iparku. Adikku lebih dulu kenal Pak Reza. Dulu bosnya adik tinggal di Puspita Loka BSD, sering berobat ke Pak Reza. Pasien pak Reza dari dulu bukan hanya dari dalam kota, tapi luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri. Mereka dari kalangan mampu dan tidak mampu semua diterima dan diobati.

Pak Reza bekerja di Kantor Pos, istrinya bekerja di bank. Tentunya, beliau bukan orang yang kekurangan. Kini Pak Reza sudah pensiun. Aku tidak tahu bagaimana dengan istrinya, tak punya informasi. 

Kehebatan beliau dalam memberikan resep herbal ternyata bukan sembarangan, sebagai lulusan S2 Parmasi UI, beliau memiliki ilmunya, insha Allah berkompeten dalam mengobati.
Kafe Deum Dee

Klinik dulu dan kini, ada Kafe Deum Dee

Dulu, fasilitas untuk pasien dan pengantar yang disediakan oleh Pak Reza berupa toilet dan musala saja. Kini ada tempat parkir dan kafe. Kafe Deum Dee namanya. Kafe ini ada di lantai dasar dan dua. Paling luas di lantai 2, di atas klinik.

Aku masih ingat betul dulu kalau mau berobat selalu bawa bekal makan. Sudah sangat biasa tiba di Rangkasbitung itu selalu malam. Antrian lama, tempat makan tidak ada, perut lapar tak ada makanan. Ada sih tempat makan lain, tapi jauh dari klinik. Kalau ditinggal, berarti antrian akan disalip pasien lain.

Kini ada Kafe Deum Dee. Ada bermacam makanan dan minuman kekinian bisa dipesan di sana. Nggak ada beda lah dengan menu-menu enak ala kafe-kafe di mall.

Kafenya bersih dengan interior bernuansa modern. Bisa duduk di ruang ber-AC, bisa juga di ruang terbuka dengan kipas angin saja, atau dengan AC alami dari angin yang bertiup. Buat pasien yang datang dari jauh luar kota, kafe ini akan berguna sekali sebagai tempat beristirahat sebelum dapat giliran periksa.

Santai di kafe Deum Dee

Dulu nggak ada yang jaga klinik dan atur-atur antrian pasien. Sekarang ada, ya si mas Indra itu. Kalau kita sudah datang, baiknya langsung lapor, bisa lewat WA. Biar dia tahu. Trus duduk deh di kafe leyeh-leyeh nunggu antrian. 

Dulu pasien, pengantar, dan Pak Reza duduk di lantai rumah. Sesi pengobatan pun duduk di lantai. Ruangan terasa sesak karena banyak pasien masuk sekaligus. Meskipun ada AC udara tetap terasa panas. 

Kini pasien dibatasi 30 orang saja lewat pendaftaran online. Ada ruang tunggu ber-AC dengan bangku panjang yang nyaman buat duduk. Ada tempat wudhu, toilet, dan musala. Ruang praktek Pak Reza layaknya ruang praktek dokter. Ada meja dan bangku-bangku yang nyaman untuk pemeriksaan dan konsultasi. Sang herbalis dan pasien tidak lagi duduk di lantai seperti dulu. 
Ruang tunggu antrian pasien

Pak Reza seorang muslim. Seringkali saya lihat jika sudah tiba waktu salat beliau berhenti dan minta pasien menunggunya sebentar untuk salat.

Dulu pengalamanku berobat kista dan toxo pemeriksaan selalu lewat telapak kaki. Kini semua pasien diperiksa lewat tangan saja (di pergelangan). Pemeriksaan oleh Pak Reza layaknya pemeriksaan lewat MRI/USG/Lab/Rontgen. Durasinya kadang 5-10 menit, kadang 15 menit. 

Saya sudah terbiasa mendapatkan hasil pemeriksaan Pak Reza sama dengan hasil pemeriksaan di RS. Buat yang baru pertama, mungkin akan heran, gimana caranya kok bisa sama dengan pemeriksaan di RS? Misal, melalui USG di Radiologi RS ukuran kista 5cm, melalui pemeriksaan pak Reza juga 5cm. Contoh terbaru nih, nilai lipase suamiku 400 melalui cek lab di RS (cek lab 1 minggu sebelum datang ke Pak Reza). Nah, saat dicek Pak Reza sudah 350. Perbedaan karena ada jeda 7 hari ya. Tapi pada intinya saya mau bilang bahwa hasil pemeriksaan manual ("scan" pergelangan tangan) itu adalah metode pemeriksaan ala Pak Reza. Hanya orang tertentu yang punya keahlian begini ya. Masya Allah.

Kira-kira begitu gambaran pengobatan di Pak Reza. Kita akan menjalani pemeriksaan dan pengobatan melalui resep tanaman herbal yang tentu saja harus rutin dan sabar jika mau mendapatkan hasil yang diharapkan. Jangan lupa, yakini bahwa Allah yang menyembuhkan, dan kita berusaha lewat semua jalan baik.
Santai di Kafe Deum Dee

Resep Ramuan Herbal

Nah, soal resep ramuan tanaman herbal ini tidak pernah sama antara pasien yang satu dengan yang lain meskipun penyakitnya sama. 

Misalnya nih, aku punya kista. Dikasih resep herbal akar alang-alang, benalu teh, dan lain-lain. Lalu, orang lain dengan kista juga mau coba resepku. Itu nggak boleh lho. Karena kondisi tubuh seseorang berbeda dengan orang lain. Misalnya nih, saat aku punya kista aku juga menderita maag, ada alergi, radang di tenggorokan, dan anemia segala....nah, herbal-herbal yang diresepkan itu akan disesuaikan dengan sakit-sakit lain selain kista itu.

Dosisnya pun tidak akan sama. Misal, di aku akar alang-alangnya harus 5 batang dalam sekali rebus, bisa jadi orang lain cukup 2 batang saja. Tergantung kebutuhan tubuhnya.

Jadi, jangan tanya resep ke pasien lain untuk diterapkan pada tubuhmu meskipun penyakitnya keliatan sama. Lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Jika sudah periksa ke dokter, bawa saja hasilnya. Misal hasil rontgen. Meskipun nanti saat jumpa Pak Reza akan diperiksa lagi sih. 
Ini adalah tanaman herbal obat suamiku. Ada yang bisa sebutkan namanya apa saja?

Warung  Tanaman Herbal di Rangkasbitung

Selama ini, semua resep yang aku terima bisa aku dapatkan. Ada yang mudah, ada yang sulit. Dulu, aku pernah cari tanaman pegagan sampai ke Bogor dan Bekasi. Eeeh ga tahunya di lapangan kosong dekat rumah ada banyak. Trus pernah juga cari meniran sampai ke Pamulang, gak tahunya depan rumah banyak banget. 

Seperti sekarang nih, salah dua tanaman herbal yang dipakai untuk suamiku adalah meniran dan tapak liman. Aku beli di Rangkasbitung banyak banget, gak tahunya di komplekku bejibun tumbuh liar.

Dulu susah cari tanaman herbal. Sekarang enggak lagi. Dekat rumah Pak Reza, ada tetangganya kini buka warung herbal. Bermacam herbal yang diresepkan Pak Reza bisa kudapatkan di sana. Ada Warung Wildan dekat lapangan tempat parkir di Komplek BTN Palaton, sekitar 50 meter saja dari rumah Pak Reza. Warung herbal lainnya Warung Jamu Bu Neneng. Lokasinya sekitar 3 km dari rumah Pak Reza. 

Aku awalnya beli di Warung Wildan dulu. Kalau ada yang kurang atau gak ada, baru ke Warung Jamu bu Neneng. Alhamdulillah semua yang aku cari ada di dua warung tersebut. Jadi nggak perlu kemana-mana lagi. 
Berbagai jenis tanaman herbal segar dan kering ada di sini

Tanaman herbal segar lebih banyak di sini

Jangan Pernah Menyerah dan Berputus Asa!

Aku dan keluargaku sudah dari dulu melakukan pengobatan herbal Pak Reza Palaton. Bapak dan ibu mertua, tanteku dari Palembang, suami dan anakku, adik iparku, hingga kerabat lainnya yang tinggal di tempat jauh semua sudah pernah menjalani. Namun, karena lama tidak pada sakit lagi, pun Pak Reza sudah ganti nomor HP sehingga sulit dihubungi, kami cukup lama tak lagi berkunjung sebagai pasien. Jika ada yang sakit ya pergi ke dokter, berobat di rumah sakit.

Dalam pikiran sederhanaku, Allah yang menuntunku menemukan Pak Reza, sebagai jawaban atas doa-doa dan usaha kerasku, juga doa dari banyak orang yang tahu sakitnya suamiku.

Di sini aku ingin bilang bahwa aku bukan orang yang menganggap bahwa "ini lho satu-satunya jalan untuk sembuh", tidak begitu ya. Aku cuma mau bilang bahwa ada banyak jalan menuju sembuh yang bisa diusahakan, asal berkemauan keras, optimis, dan tak kenal menyerah. 

Aku pribadi sudah menjalani proses pengobatan kedokteran, dan sangat berterima kasih pada tenaga medis di RS tempat suamiku dirawat. Aku pernah menuliskannya di blog ini. Sekarang giliran pengobatan herbal yang aku bahas. Keduanya sama-sama kubutuhkan.

Aku memerlukan pengobatan kedokteran dan herbal, karena keduanya baik. 

Pengobatan herbal suamiku sudah berjalan 1 bulan. Sedangkan Alief baru 1 minggu. Tadinya tidak ada kondisi yang membuat Alief harus dibawa ke Pak Reza. Operasi tulang tangan sudah selesai dan berjalan lancar, luka-luka sudah sembuh, Alief juga sudah sehat lagi. Namun, saat kontrol ke-3 paska operasi, kami mendapati Alief tidak bisa memutar telapak tangannya dengan baik, dokter ortopedi menyebutkan kemungkinan adanya saraf otot tangan yang bermasalah sehingga perlu penanganan lebih lanjutdengan  operasi.

Mendengar kata operasi, aku lunglai lagi. Belum lagi nanti operasi lepas pen (6 bulan lagi), eh sekarang harus operasi otot tangan. Nah karena alasan inilah aku bawa Alief ke Pak Reza buat diperiksa. Jadi, pas suamiku kontrol ke-2 kali kuajak sekalian.

Pak Reza bilang, dokter yang mengoperasi tulang tangan Alief pintar (bagus). Operasinya rapi dan bersih. Selain itu, terkait telapak tangan yang tak bisa diputar, sudah diperiksa oleh Pak Reza. Tak ada saraf yang putus. Otot tangan baik. Alief lalu dites dengan cara mengepalkan tangan, jika bisa berarti aman. Ternyata bisa. Alhamdulillah. Nanti kalau pen sudah dilepas, gerakan memutar telapak tangan akan kembali normal seperti semula. Insha Allah.
Tanaman herbal segar dan kering untuk obat suami dan anak

Pengobatan herbal itu baik

Saat ini kegiatanku setiap hari membuat ramuan herbal untuk suami dan anak. Untuk suami ramuan akan diminum selama 3 bulan. Sedangkan untuk Alief cukup 14 hari saja. Ada 2 rebusan di waktu pagi untuk suami, untuk diminum pagi, siang, dan malam. Ada 1 rebusan di waktu pagi untuk Alief, untuk diminum pagi dan malam. 

Aku akan menceritakan secara detail perihal tanaman herbal yang jadi obat suami dan anakku pada tulisan lain yang akan aku posting di lain waktu. Jika teman-teman tertarik membacanya, silakan nantikan di blog ini ya. Aku juga akan membahas tanaman-tanaman berkhasiat yang tumbuh liar di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Aku sudah melalui pengobatan kedokteran, dan sudah habis banyak uang. Jika aku kini berikhtiar pengobatan herbal, bukan karena aku tidak mempercayai pengobatan dokter lagi.

Seperti pernah kubilang, kami menemui jalan buntu untuk operasi batu empedu karena lipase dan amilase tak kunjung normal. Tak ada obat untuk menurunkan nilai keduanya. Jika dengan tanaman herbal bisa dilakukan, kenapa tidak? 

Ya, setelah satu bulan, lipase dan amilase suamiku sudah turun banyak. Nyeri hebat di perut yang berulangkali datang sepanjang Mei - Juni kini tak pernah muncul lagi. Tubuh suami juga sudah segar, kulitnya kini kemerahan, berisi, dan bugar lagi. Tidak pucat, lesu, dan kuyu seperti bulan lalu. 

Insha Allah, batu empedu nya pun semakin mengecil menuju tiada, kata Pak Reza. Yang artinya, tidak usah lagi memikirkan tentang operasi. Alhamdulillah.
"Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah: 6).

Aku percaya kemudahan itu ada. 

Aku percaya ada pelangi selepas hujan.

KABAR TERBARU



Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

55 komentar

  1. MasyaaAllah usahanya mbk... Semoga Allah segera memberikan kesembuhan dengan ikhtiar yang luar biasa begini. Sayapun jd inget kembali dengan kasus antara alm mama saya dan alm papinya teman saya. Kebetulan keduanya sama-sama menderita sakit gula. Dan memang benar setiap orang dengn penyakit yg sama sekalipun bisa saja berbeda kondisinya. Alm mama saya pecinta herbal, papinya teman pun pecinta herbal. Hingga mama pas lg dinas saat itu dikenalkan degn yg ngerti herbal. Gulanya lebih mudah dikontrol dgn herbal. Cmn dasarnya rada bandel, malah jd merasa mudah. Kadang suka nambahin dosis sendiri dan ga Konsul lg. Ga tau apa Krn sakit gula atau ke herbal yg ga sesuai dosis, jd kena ginjalnya. Kt dokter herbal atau obat kimia kalo ga sesuai bs jadi racun. Berhati-hatilah, ginjal bs kena mskipun diabet bs jg.
    Cerita alm papi temen malah jd ngaco.. ketika tau alm mamaku gula darah terkontrol dia ikut2an pake, tapi Krn berasa laki2 dan badan lebih besar malah nambah dosis sendiri. Sedih sebenrnya, tp yang terjadi ketika pakai beberapa waktu merasa berhasil dan cepat turun (pdhl itu jg ga baik), hanya hitungan hari , beliau koma mendadak. Entah apa takdir atau gula darah yg menurun drastis hingga hilang kesadaran.

    Semoga dengan membaca tulisan mbk, semua orang memang berhati2 dalam pemakaian. Jika bukan bertanya dengan ahlinya, lebih baik ga usah menebak2. Apalagi cmn tau dari khasiatnya.
    Trus aku tiba2 keinget Drakor Jewel the palace di Jang geum yg ngmng obatpun bisa menjadi racun.

    Aakhh...panjang bgt ya cerita aku.. hanya ikut berbagi🙏
    Semoga kita semua selalu diberi kesehatan, aamiinnn yaa rabbal alaamiin...selalu kuat dan tetap menginspirasi ya mbk ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Resep tiap orang tidak sama. Tergantung kondisi tubuh masing-masing. Itu kenapa harus konsul langsung dan diperiksa. Alfatihah untuk alm. mama mbak Lia.

      Ada rempah yang bisa kita minum tanpa resep, tapi ada yang tidak. Tanaman herbal tidak selalu dikatakan sebagai rempah, seperti sambiloto, meniran, tapak liman dll itu bukan kategori rempah. Penggunaan untuk obat harus menggunakan resep. Tidak sembarang rebus.

      Minuman rempah tanpa resep seperti cengkih, serai, pala, jahe, daun salam banyak dijual. Umum diminum sebagai wedang. Itupun ada takarannya.

      Hapus
  2. wuih jalan-jalan sekaligus berobat,,semoga diberikan kesembuhan ya kak..krn manusia boleh berusaha sekuat tenaga...sambil terus meminta pertolongan dariNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya berobat sekaligus jalan-jalan haha. Yang pokoknya kan berobat.
      Ya, semangat berobat jangan menyerah pada keadaan pokoknya.

      Hapus
  3. Masyaallah mbak bermanfaat sekali tulisannya. Mau tanya dong kalau untuk yg pny masalah psikis atau psikologis apakah bisa juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah kuliat dan dengar kalau untuk pengobatan psikis mbak. Konsen ke sakit fisik aja.

      Hapus
  4. Masya Allah luar biasa mba informasi nya, langsung aku bookmark posting an ini di hp ku. Buat coba ikhtiar membawa anakku nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mbak. Dengan senang hati :)
      Silakan dicoba mbak. Semoga tercapai apa yang menjadi tujuan

      Hapus
  5. Perjuangan ya pake acara mogok hehe
    Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah: 6).
    Setiap sakit pasti ada obatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mas.
      Karena Allah Maha Pengasih lagi Penyayang :)

      Hapus
  6. Pengalaman yang berharga sekali ya mbak, aku jadi belajar nih di setiap kesulitan pasti ada kemudahan bagi yang berusaha dan berdoa tentunya. Keren juga pak Reza ya yang ternyata lulusan S2 yang tentunya tak main-main dalam memberikan resep herbal ke pasiennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Beliau berkompeten di pengobatan herbal :)

      Hapus
  7. Masya Allah usahanya Mba. Semoga kondisinya lekas membaik.

    Wah saya malah baru tau tentang Pak Reza ini. Langsung saya share ke bunda, mana tau kelak kami butuh mencoba juga.

    Terima kasih banyak Mba.

    BalasHapus
  8. Masya Allah mbak, speechless mau berkomentar apa dari perjuangan mbak. Hanya yang bisa daku tarik adalah pembelajaran buat daku kedepannya saat menjadi isteri yang mendampingi suami. Lekas sembuh untuk suaminya mbak, dan tetep SemangatCiee jaga kesehatan juga ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mbak. Terima kasih support dan doanya. Semangat buat kita semua! :)

      Hapus
  9. Kadang Kita memang enggak boleh lelah berusaha, ya, Mbak. Ikhtiar lewat jalan herbal pun perlu dicoba buat kesembuhan suami. Terima kasih sudah berbagi informasinya lengkap banget. Saya pun pas lagi pandemi ke RS buat kuret, jadi paham banget kondisinya. Moga cepat membaik dan sehat seperti sedia kala buat suaminya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin. Terima kasih mbak. Semoga keadaan Mbak Lia kini sudah membaik paska kuret ya.

      Tetap semangat dan berjuang di setiap cobaan :)

      Hapus
  10. Semangat ya mba...semoga suami sehat selalu. ikhitiar itu perlu. semoga cocok dengan pengobatannya. Ramuan herbal udah terpercaya sejak nenek moyang kita ya.

    BalasHapus
  11. Sebenarnya semua intinya kita yakin mba, mau herbal or jalur klinis, semuanya namanya ikhtiar. Wah ikutan deg-degan juga ikutin perjalanan ikhtiar herbalnya pake drama mobil mogok pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku menjalani dua metode pengobatan, kedokteran dan herbal karena yakin pada keduanya. Tentunya dengan mengutamakan keyakinan bahwa semua kesembuhan datangnya dari Allah.

      Hapus
  12. kabita say ....
    Lututku udah bertahun tahun sakit
    Udah diperiksa lab, gonta ganti dokter belum ada hasilnya
    KMau coba ke pak Reza ah,nunggu dianter anakku ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan datang ke Pak Reza bu, ikhtiar sembuh dengan herbal. Barangkali cocok dan ada jalannya. Jangan sungkan untuk WA saya kalau butuh informasi terkait ya.

      Hapus
  13. Kak 🤗🤗🤗 ini related sama postingan IG yang kemarin yah. Aku selalu happy sama teman yang semangat berobat mencari kesembbuhan.. semoga usaha mbak sekeluarga membuahkan hasil yam ijin share tulisan ini ke tante di cilegon ya mbak. Beliau juta sakit belum sembuh beberspa tahun, biar dicoba karena dekat juga.

    Untuk mogoknya, pernah banget di tengah jalan mogok bahkan berasap. Ternyata selain mesij bermasslah, radiator kering , hadeehh pelajaran bangett. Mana di tol haha ribet csri air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya relate dengan postingan di IG. Aamiin. Terima kasih doanya ya Sofia :)

      Semoga kita terhindar dari mogok di tempat sepi dan jauh dari kemungkinan cepat tertolong ya. Aamiin

      Hapus
  14. Buat kesehatan segala ihtiar dicoba ya mbak.., termasuk pemgobatan herbal juga
    Semoga lekas sehat ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Selama HALAL patut dicoba. Makasih ya mbak. Aamiin

      Hapus
  15. Hebat banget ini, sekarang jadi tambah bagus ya.. Pengobatan alternatif memang bagus, intinya semua ikhtiar harus dicoba ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus, asal telaten. Karena pengobatan herbal butuh waktu untuk mendapatkan hasil :)

      Hapus
  16. Alhamdulillah, Masya Allah, penyakit di keluarga Mba sudah pada sembuh lewat Pak Reza :D
    Dibayarnya pun seikhlasnya, semoga Allah selalu memberikan kesehatan buat Pak Reza biar bisa menyembuhkan lebih banyak lagi...

    BalasHapus
  17. Masyaallah, Mba Rien. Trimakasih sudah membagikan tulisan ini. Sungguh sebuah renungan, inspirasi dan juga tambahan pengetahuan, sebagai bekal ke depan, kita ga pernah bisa prediksi apa yang menimpa kita kelak, terutama dalam hal penyakit, setelah berbagai upaya medis belum membuahkan hasil, tentu pengobatan alternatif/herbal menjadi opsi terbaik yang juga harus diupayakan, ya?

    Dan, semoga Allah SWT menyegerakan kesembuhan bagi pak suami, ya, Mba. Mba Rien juga, tetap jaga kesehatan yaaa. Salam sayang selalu. Muaaach! Thanks for share, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga Mbak Alaika sudah membaca. Senang bila tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi pengobatan herbal. Yang penting jangan berhenti berupaya. Harus tetap semangat dan yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik.

      Terima kasih banyak atas dan supportnya. Sangat berharga. Salam sayang selalu.

      Hapus
  18. Pengobatan alternatif juga bisa jadi pilihan ketika pengobatan medis belum membuahkan hasil ya bun

    BalasHapus
  19. herbal itu harus tau takarannya dan harus ahlinya ya ga bisa sembarangan. makasih infonya ya mba

    BalasHapus
  20. Masya Alloh mbak...
    Saya pengin tunjukin tulisan ini ke kakak ipar. Beliau juga didiagnosa batu empedu dan udah langganan bolak-balik RS. Tapi ... sayang beliau bukan tipe orang yang mudah menerima masukan, apalagi 'hanya' lewat tulisan.

    Padahal namanya berobat kan ya, siapa tahu jodoh, namanya juga ikhtiar :(

    BalasHapus
  21. Semoga sehat selalu ya Mba Katerina dan keluarga, jadi ingat ibuku suka banget sama pengobatan herbal kayak gini

    BalasHapus
  22. Syukur ya mba bisa sembuh, memang aku bisa sembuh harus berupaya ya tidak mentok pada satu opsi pengobatan saja

    BalasHapus
  23. Betul mbak Katerina. Aku juga percaya dengan keilmuan dokter dan resep obat herbal. Semuanya baik dan atas izin allah tentunya. Semoga keluarga mbak sehat selalu ya.

    BalasHapus
  24. Asalamualaikum mba . Setelah membaca cerita mba . Saya smgt 45 utk berobat ke pak reza dkarnakan ad keluhan skt dtg bln n dokter blg ad kista coklat. Smoga saya bs sembuh n berhsil memilki ank yg soleh n solehah. Aamiin. Oh ya mba klo sudah bershil daftar diweb berarti hrs tunggu tlp dr pihak pak reza ny ya? Biasany dhubungi ny lgsg malam ini atau gmn? Terimksih sblmnya

    BalasHapus
  25. stay safe and stay healthy everyone :D

    BalasHapus
  26. Teh������ mohon maaf sebelumnya saya bingung harus gimana lagi, saya udh nyoba daftar k dokter Reza tpi ttp GK bisa, saya nggak paham... Saya minta tolong sama teteh tolong teh daftarin suami saya berobat d sana, krna tth kan udh pengalaman k sana, saya nggak mau penyakit suami saya tambah parah ������ tolong bantuan nya teh dengan sangat... Saya bakalan lakuin apa aja demi kesembuhan suami saya ���� tolong tehhhh ����������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bu, harus daftar sendiri. Saya juga sering gagal, pernah selama 6 hari berturut-turut ga berhasil. Harus coba terus ya. Ulangi dari awal dengan memasukan data pasien. Nanti tinggal daftar pas jam 5 sore. Ikuti petunjuk yang sudah saya jelaskan di atas. Semoga berhasil ya bu.

      Hapus
  27. Mlm mba... setelah.baca blog ini kebetulan saya jg ada batu empedu. Dan coba ikhtiar ke pak haji reza. Dtg pertama kali dan dkasih resep herbal.untuk di minjum 21 hari.

    Yg mau saya tanya. Selama minum herbal
    Apa aja menu yg boleh dmakan suami nya mba..
    Karna sy jd takut macem2.
    Paling cm bubur nasi pakai kecap dan dada ayam.
    Sill

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada menu khusus, bebas makan apa aja. Kecuali yang dipantang sesuai yang diberitahu oleh Pak Reza.

      Hapus
  28. Mbak Katerina, terima kasih. Infonya sangat bermanfaat. Saya mau ikhtiar berobat ke Pak Haji Reza. Pertanyaannya, apakah kita bisa memilih tanggal saat kotak merah berwarna putih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa mbak. Tgl keluar secara otomatis. Jika tgl 1 kita daftar, berarti untuk berobat tgl. 2. Kalau kita daftar tgl. 2 berarti jadwal berobatnya tgl. 3.

      Hapus
  29. Sore mba ak mau tanya di ksh resep obat herbalny kita cari sendiri apa sudah di sediakan sama pak Reza ya jadi kita tinggal bayar obatnya saja.soalnya saya pernah coba pengobatan seperti pak Reza di pasar Minggu mereka sudah meresepkan kita tinggal ambil di bagian obat rempahnya sudah di sediakan tinggal di rebus.makanya kalau pak Reza beliau hanya kasih resepnya kita cari sendri atau sudah di sediakan ya mba.mksh byk mba

    BalasHapus
  30. Maaf mba lupa satu lagi kalau kita belum tahu kita menderita sakit apa,apa bisa mba kita berobat ke pak Reza apa beliau nanti tau mba kita sakit apa.mksh ya mba mohon ya di blas

    BalasHapus
  31. Masayaallah mba rien. Banyak banget info yang lagi aku perlukan. Karena saat ini ibu saya menderita batu empedu. Dan sudah minum obat hampir 6 bulan ini.. pingin banget datang ke pengobatan herbal pak reza

    BalasHapus
  32. Informasinya sangat bermanfaat dan inspiratif, kesembuhan hanya milik Allah Sang Pencipta. Kuncinya Sabar dan ikhlas serta tidak berputus asa dalam berihktiar mencari kesembuhan.
    Jazakillah khoir

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum Bu.. sekarang kabar suami Ibu bagaimana? Sudah sehatkah dan tidak kambuh lagi? Kebetulan suami saya juga ada batu empedu dan tertunda operasi karena pandemi ini. Suami maunya operasi laparoskopi, tapi disini juga laparoskopi semua tempat ditiadakan selama masa pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam. Alhamdulillah sejak Oktober tahun lalu (2020) suami saya sudah sehat tidak ada lagi batu empedunya bu. Bisa dibuktikan melalui pemeriksaan medis di RS. Terapi herbalnya sangat membantu. Alhamdulillah sampai saat ini dan semoga seterusnya suami saya sangat sehat bu. Semua keluhan yang dirasakan saat sakit tahun lalu sudah tak ada. Silakan dicoba sebagai bagian dari ikhtiar bu. Semoga suami ibu mendapatkan kesembuhan ya.

      Hapus
  34. https://rezapalaton.com/ info terbaru kabar duka H. Reza

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!