Review Pengalaman Menginap di Airy Rooms Sekaligus Berwisata di Kota Bandar Lampung

14.44

Sepenuh hati, bulan Oktober ini, berkunjung ke Lampung lagi. 

Gerbang Pulau Sumatera yang begitu kaya, indah dan beragam. 

Sejumlah ikon wisata Lampung seperti Taman Nasional Way Kambas, Teluk Kiluan, Gigi Hiu, Air Terjun Puteri Malu, Danau Ranau, serta pulau dengan pantai yang masih alami sudah pernah saya sambangi. Meski demikian, sampai saat ini saya masih penasaran dan ingin datang lagi melihat tempat-tempat lainnya.

Wisata alam Lampung tersebar di beberapa kabupaten. Perlu waktu yang tidak singkat untuk menjangkaunya, bahkan harus menginap. Jika aksesnya sulit, bakal lebih panjang lagi jarak dan waktu yang ditempuh. Memang tidak semua mutiara tersembunyi di Lampung bisa dicapai dengan mudah, tapi di situlah tantangannya. 
Di Way Kambas, berjumpa gajah Sumatera *Foto oleh +yopie franz *
Di Teluk Kiluan, tempat untuk melihat lumba-lumba di habitatnya
*Foto oleh Yopie Pangkey*

Tempat apa yang akan saya kunjungi di Lampung kali ini?

Tidak seperti biasanya saya memburu tempat-tempat eksotis nan jauh, kali ini  saya hanya ingin menikmati suasana kota, wisata kulineran, dan bertemu kawan. Rasanya menyenangkan bersantai di kota saja, memanjakan lidah dengan mendatangi beberapa kedai kopi lokal dan menjajal beberapa makanan tradisional. Bagi saya, hal ini tak kalah asik dengan bertualang menikmati wisata alam.

Ada banyak kedai kopi lokal di Lampung. Sependek enam kali saya ke Lampung dalam tahun 2016 ini, ada beberapa kedai kopi lokal yang sudah saya kunjungi yaitu Kedai Kopi Aceh Jambo Raya (sudah 3x), Dr. Coffee (sudah 2x), El’s Coffee House, Kopi Oey (sudah 2x), dan Selebriti Kafe. 

Masih ada kedai kopi lain yang tak kalah asik untuk dijadikan tempat ngopi sambil ngobrol bareng kawan, di antaranya Warung Kopi Dunia II, Keiko Bahabia, Lapakkopi, Flambojan Kafe, Yellow Truck, Ros 3, Chocotiers, Hardi’s Espresso Bar, The Coffee, N8 Coffee, dll. Lain waktu, saya mau coba juga kedai-kedai itu. 

Baca juga : Menghirup Aroma Kopi di El's Coffee

Menyeruput Kopi Lanang di Dr. Coffee, kamu sudah ke sini?
Makan, ngopi dan ngobrol bareng di Kedai Kopi Aceh Jambo Raya
Kulineran di Selebriti Kafe

Coba juga aneka makanan dan minuman di DeLotuz Kitchen, jangan lupa kopinya...

Belum lengkap berwisata kuliner di Lampung kalau belum mencoba masakan aslinya. Dengan mencicipi masakan tradisional, tak hanya mengayakan lidah dengan cita rasa khas Lampung, tapi juga mengenal budaya masyarakatnya. Di Bandar Lampung, restoran yang menyajikan menu tradisional cukup banyak, bahkan hotel pun menyediakan dalam menu restorannya.

Salah satu restoran di Bandar Lampung yang menyediakan makanan khas Lampung adalah Restoran Cikwo. Di resto ini terdapat sejumlah menu tradisional seperti Sop Tuhuk, Sate Tuhuk, Taboh Iwa Tapa, Pandap, Khetak Belulang, Bekasam, Sambal Khalipu, Pindang Baung, Pepes Baung. 


Aneka menu masakan asli Lampung di Restoran Cikwo
Coba juga kuliner aneka pindang ikan dan pepes ikan ini di Dapur Tatu

Restoran lain seperti Dapur Tatu juga menyediakan kuliner tradisional berupa aneka pindang ikan dan pepes ikan bumbu tempoyak (durian yang dipermentasi). 

Restoran Encim Gendut menyajikan aneka menu otentik yang tidak kalah menggoda. Kedai makan yang terletak tak jauh dari Hotel Airy Tugu Adipura ini menyajikan menu-menu ala warteg yang sangat lengkap dan bisa dinikmati dengan harga terjangkau dalam suasana kedai yang nyaman. 

Kedai Makan Encim Gendut dekat Hotel Airy Rooms

Aneka menu rumahan di Encim Gendut

Jika ingin melengkapi kegiatan wisata kota, Bandar Lampung memiliki beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi sendirian, bersama teman maupun keluarga. 

Terdapat Taman Kupu-kupu Gita Persada, Tahura Wan Abdurachman, Lembah Hijau, Alam Wawai, dan Hutan Kera. Bagi penggemar wisata museum, bisa kunjungi Museum Lampung yang terletak di Jl. ZA. Pagar Alam, Bandar Lampung. 

Tempat penangkaran aneka jenis kupu-kupu di Taman Gita Persada

seekor kupu-kupu di Taman Kupu-kupu Gita Persada

Suasana teduh di Taman Kupu-Kupu Gita Persada *Foto Yopie Pangkey*

Kota Bandar Lampung adalah kota yang nyaman sekaligus aman. Dari segi biaya, kota ini juga cukup aman bagi kantong wisatawan. Banyak pilihan kedai yang menyajikan makanan dan minuman enak tapi harganya terjangkau. Penginapan nyaman dengan harga aman juga mudah didapat.

Untuk kebutuhan penginapan di Lampung kali ini saya mempercayakan pada Airy Rooms. Situs pemesanan kamar online ini melayani akomodasi dengan standar kenyamanan kamar hotel yang sama di Indonesia. Ada jaminan yang diberikan kepada pelanggan yang memesan kamar lewat Airy Rooms seperti tempat tidur bersih, wifi gratis, TV layar datar, AC, air hangat, perlengkapan mandi, dan air minum gratis. Adanya jaminan inilah yang membuat saya tertarik.

Hotel Airy Tugu Adipura - Bandar Lampung

Ada dua hotel airy di Bandar Lampung, yakni Airy Tanjung Gading Gatot Subroto dan Airy Tugu Adipura Jendral Suprapto. Cara pesan kamar di Airy Rooms ada banyak cara, bisa lewat situs resminya di www.airyrooms.com, bisa juga lewat aplikasi ponsel. 

Saya pesan Airy Tugu Adipura lewat aplikasi Airy Rooms di Android. Saat ini pun sudah ada juga aplikasinya di App Store. Tak sampai 5 menit, pesanan diterima dan dikonfirmasi. Setelah melakukan pembayaran melalui ATM, voucher pun dikirim lewat email. Sangat mudah. Mengenai cara pembayaran, selain transfer bank (ATM), bisa juga dengan credit card. Tapi saat itu saya tidak membawa credit card, hanya debet card, karena itulah saya pergi ke mesin ATM.


Saya mendapat kamar dengan tempat tidur twin, dan memang hanya itu yang tersedia di Airy Tugu Adipura. Rate Rp 287.000 per malam saya pikir sudah murah. Sudah termasuk sarapan untuk dua orang.

Kamar saya di lantai dasar, pintu kamar menghadap area parkir bagian dalam. Tempat tidurnya bersih, ada TV layar datar, AC dingin, 2 botol air minum gratis, dan ada komplimen berupa dua biskuit coklat, dua bubur instan, dan dua botol minuman Teh Pucuk. Komplimen ini bernama Airy Sunrise Meal. Yang kurang paling teko pemanas air untuk keperluan memasak bubur instan gratis tadi. Tapi saya bisa mendapatkan air panas gratis dengan memesan lewat layanan kamar.

Airy Sunrise Meal

Gratis dua botol air minum


Kamar mandi menggunakan shower dengan air dingin dan air panas. Untuk perlengkapan mandi tersedia dua handuk dan alat-alat mandi seperti 2 sikat gigi dan pasta gigi, sisir, shower gel, dan samphoo. Terdapat wastafel di sudut kamar mandi yang dilengkapi cermin.

Kamar mandi shower dengan air panas dan dingin

Perlengkapan mandi

Sarapan pagi di kantin dekat area lobi hotel. Pagi itu menu sarapannya berupa nasi bumbu merah, cah tahu sawi, kwetiau, ikan goreng tepung, kerupuk, acar dan saos sambal. Ada buah semangka dan puding untuk pembuka sarapan. Minumannya air putih, teh dan kopi.  Memang tak banyak pilihan, tapi menu yang ada sudah cukup menarik bagi yang terburu-buru untuk sarapan.

Jika ingin mencari menu sarapan yang bervariasi, tidak tergesa-gesa hendak bepergian, tinggal keluar hotel. Jalan kaki saja sekitar 20 meter ke arah belakang hotel, di sana ada kedai makan Encim Gendut seperti yang saya ceritakan di atas. Di kedai makan ini ada banyak kue jajanan tradisional seperti di pasar-pasar. Menu makanan berat pun sudah tersedia sejak jam 7 pagi. Mau nasi uduk lengkap dengan aneka lauk pauk kita tinggal ambil di meja prasmanan. 

Sarapan dengan menu yang tersedia di hari saya menginap



Restoran hotel

Add caption

Hotel Airy Tugu Adipura berlokasi di tempat strategis. Dekat dengan ATM, minimarket, warung makan, kafe, restoran, dan pertokoan. 

Jika ke Lampung lagi, Hotel Airy ini masih akan jadi pilihan saya untuk menginap. Kamarnya nyaman, harganya pun aman di kantong. Cara pesannya pun mudah, bisa lewat web, aplikasi Android dan iOS, ataupun via telpon. Tidak pakai lama, kamar murah yang dipesan langsung didapat. Coba Airy Rooms deh, pasti puas dan kantong aman. 

Kamar-kamar di lantai dasar menghadap area parkir

Hotel Airy Tugu Adipura Bandar Lampung


(adv)

Share this

Wanita. Menikah. Kelahiran Palembang. Istri. Ibu 1 putra & 1 putri.

Related Posts

Previous
Next Post »

32 Comments

  1. Lampung ternyata hits banget yaa, ketinggalan berita deh akuhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lampung memang hits mbak Dewi. Ajak kawan-kawan yuk main bareng ke Lampung :)

      Hapus
  2. Akuuu mauuu mbaaa, ikut ke LAMPUNG! Kayak si berbie tuuh hihihi
    Eniwei, Airy Rooms ini berjasa banget buat traveler dgn modal cekak yak :)

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiiih namanya The Fire Craft 2. Kirain siapa haha. Ternyata mbak Nurul ya. Hayuk mbak ke Lampung, ajak barbie sekalian. Tahun depan katanya mau main lagi ke Lampung. Jangan lupa ikutan ya.

      Hapus
  3. Dulu (2003) overland ke Lampung kayaknya ngak ada apa apa ternyata banyakkkkkk yang bisa dikunjungi. tapi yang kusuka sepanjang jalan adem, nyiur kelapa dan phohn pohon rindang, jalanan meliuk cantik. Ntah kapan saya bisa jelajah Lampung lagi.

    Ajakain dakuw.... Code

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangankan tahun 2003 mbak, sampai tahun 2014 pun aku merasa Lampung itu tidak ada apa-apa haha...keterlaluan ya aku. Berkat ikut festival Krakatau jadi pingin cari tahu, dan ternyata banyak yang aku ga tahu selama ini. Lampung punya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Ga bakal bikin bosan, malah ketagihan pingin lagi dan lagi.

      Ayo kapan mau ke Lampung kita bareng2 ya.

      Hapus
    2. aku siap kapanpun, sekalian ngumulin receh :)

      Hapus
  4. lucu yaaah biru nya Airy Rooms

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lucu. Seperti warna website Airy Rooms yang dominan biru. Kesannya lembut dan tenang. Bikin ngantuk dan pingin lekas tidur kalau masuk kamar :D

      Hapus
  5. Mudah ya pakai aplikasinya di android?
    Kapan2 mau coba deh.

    Btw sudah banyak juga ya jalan2 di Lampung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah banget. Ga pake ribet dan ruwet :D

      Banyak dong jalan-jalannya. Siapa dulu yang ngajakin. Mas Yopie. He he. Makasih yaaa mas.... besok-besok ajakin lagi :p

      Hapus
  6. Dengan harga segitu worth it banget nginep di Airyrooms

    BalasHapus
  7. Airy Room emang murmer dan berkualitas ya ... udah nyobain, hehe

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Cuti mbak, jalan-jalan ke Lampung lagi :D

      Hapus
  9. bagus juga ya mbak airy room ini

    BalasHapus
  10. Saya kalo di lampung nginep di rumah sodara,makan juga di rumah sodara, hehe. Cuma oleh2 aja yg beli di luar..kpn2 pgn juga ah kulineran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak tempat kulineran di Lampung mbak Dian :)

      Hapus
  11. si lampung naik daun terus ya.. kayaknya bener2 bakalan hits dalam dua tahun ke depan. Btw, itu beneran snack bubur free dari hotel?? aiiih..

    terus, keude kopi Jambo Raya aceh? ini kopi ulekareng?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Yud. Semua yang ada dalam kotak Airy Sunrise Meal itu free.

      Hapus
  12. Hihihihi nice trip kak! Bakal ke Lampung juga akhir bulan ini, mau dicoba ah hotelnya hihi

    www.irhamfaridh.com | Trisvelogue

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Nanti cerita ya pengalamannya menginap di Airy Room :)

      Hapus
  13. Jadi... kangen ngetrip bareng lagi :).

    BalasHapus
  14. kamarnya murah ya mbak Airy bersih juga. Wah aku ngiri nih Mbak Rien jalan2 lampung aku ga diajakin hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersih mbak hotelnya. Itu yang aku suka. Ayuk mbak Lidya kita ngetrip bareng...

      Hapus
  15. Pernah pernik BIRU nya airy room ini identik banget

    BalasHapus
  16. Airy ini pantas dicoba kayaknya. AKu belum kesampaian. Dan, meski tergolong ramah kantong, itu toilettries nya lengkap ya Kak. Pernah lo aku nginap di hotel bintang 2 padahal, ternyata gada sikat giginya. Duhh.....

    BalasHapus
  17. Kamar airy rooms emang asyik dan nyaman kamarnya

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon