ZenPad 7.0 Z370CG Tablet Stylish Terbaru dari ASUS

Photo by Katerina

Setelah memperkenalkan varian ZenPad C 7.0 Z170CG, ASUS kembali menyajikan tablet yang lebih menarik lewat seri ZenPad 7.0 Z370CG. Kehadiran tablet ini mengadopsi gaya Zen yang lebih dulu tampil pada jajaran notebook ASUS sebagai laptop kelas bergaya (stylish).

ASUS ZenPad 7.0 Z370CG kali ini diposisikan untuk pasar menengah (mid-end) yang membutuhkan tablet dengan kemampuan mantap namun dengan harga rasional. Fokus segmen ini adalah bagaimana tablet ZenPad bisa memikat pasar dengan desain berkelas sekaligus mengusung spesifikasi dan fitur unggulan dengan tidak melupakan sisi harga yang terjangkau. Apa saja yang menarik dari tablet ZenPad 7.0 Z370CG ini?

Desain Inovatif yang Gaya
ZenPad 7.0 Z370CG dirancang dengan cita rasa yang berbeda. Kesan menarik yang pertama dihadirkan lewat finishing back cover dengan kontur ala kulit yang memberikan kesan mewah dan juga enak saat digenggam. Produk dengan material kulit seperti dompet atau tas umumnya memang terlihat elegan dan banyak orang suka membawanya. Pendekatan desain inilah yang dilakukan ASUS pada tablet ZenPad 7.0 Z370CG sehingga membawa tablet akan tampak sebagai kebiasaan membawa dompet atau tas jinjing dan terlihat tetap bergaya.

Daya tarik berikutnya tampil melalui potongan sudut tablet dimana tebalnya hanya 8,7mm sehingga nyaman digenggam. Memang bukan yang paling tipis namun bentuk ini sudah sangat ergonomis untuk kemudahan pakai dan juga mudah diselipkan dalam tas. Desainer ASUS juga memasangkan lis/frame metal disepanjang tepian tablet. Pada frame/lis metal ini  menggunakan pelapisan dengan teknologi non-conductive vacuum metallization (NCVM). Hasilnya, tablet terlihat mewah, bergaya, sekaligus juga menampakkan kesan kokoh. Lis ini juga membantu bagian tepi layar menahan tekanan dari tangan atau benda lain kala dimasukkan dalam tas.

ASUS menampilkan filosofi desain “ZEN” yang mengkombinasikan harmonisasi keindahan bentuk dan fungsi penting dari sebuah produk serta kekuatan fisik. Karakter ZEN di tablet terlihat dari garis yang bersih, desain yang unik, serta kontur elegan yang membuatnya berbeda dibanding produk lainnya.
 
www.asus.com

Tablet Pertama dengan Back Cover Bisa Diganti
Umumnya tablet hadir dengan bentuk unibody yang tak mengijinkan back cover untuk dilepas-pasang. Nah, pada ZenPad 7.0 Z370CG ini desainnya terbilang unik dimana back cover bisa dilepas-pasang dengan berbagai casing fungsional sesuai kebutuhan penggunanya. Disini ASUS sengaja menghadirkan konsep yang berbeda agar pengguna ZenPad 7.0 Z370CG mendapatkan sesuatu yang baru dan tidak banyak ditawarkan oleh tablet umumnya. Pergantian back cover ini meliputi beberapa model yakni Zen Clucth, Zen Case, Power Case, dan Audio Cover.

Zen Clucth merupakan cover dengan material kulit yang memberi kesan premium yang juga memunculkan desain lipatan layaknya sebuah agenda atau dompet tangan. Desain cover lipat ini juga memudahkan penggunaan tablet kala difungsikan untuk mengetik atau nonton film.

Zen Case merupakan  pilihan cover punggung dalam 5 warna atraktif yang bisa dilepas-pasang. Cover seperti ini menjadikan tablet seperti halnya smartphone yang lebih sering berganti back cover sehingga penampilannya lebih segar.

Adapun Power Case (CB71) merupakan cover yang juga berupa baterai tambahan kapasitas 3450mAh sehingga memperpanjang masa pakai tablet mencapai 14 jam alias meningkat 175%. Bisa dibilang, ASUS Power Case ini layaknya sebuah powerbank. Kerennya, Power Case bisa terintegrasi ke tablet melalui mekanisme back cover sehingga tetap terlihat sebagai sebuah kesatuan tablet, bukan seperti tablet yang terhubung dengan powerbank.

Inovasi desain paling menarik adalah ASUS Audio Cover (CA71) yang merupakan back cover dengan speaker surround 5.1 terintegrasi pertama di dunia khusus untuk tablet ZenPad. Didalam back cover seberat 211 gram terdapat 5 buah speaker mini dan sebuah subwoofer untuk menghadirkan tata audio lebih realistik dari tablet ZenPad 7.0 Z370CG. Cover audio yang juga mengusung baterai yang mampu memainkan audio hingga 6 jam ini juga berfungsi sebagai dudukan tablet, speaker eksternal ini cocok digunakan untuk mereka yang butuh output audio lebih bertenaga kala ZenPad 7.0 Z370CG digunakan untuk keperluan multimedia. 

ASUS Audio Cover (CA71) - back cover dengan speaker surround 5.1 terintegrasi pertama di dunia khusus untuk tablet ZenPad. Didalam back cover seberat 211 gram terdapat 5 buah speaker mini dan sebuah subwoofer untuk menghadirkan tata audio lebih realistik dari tablet ZenPad 7.0 Z370CG - Photo by Katerina

Tampilan Terbaik dari VisualMaster
Salah satu faktor penting dari sebuah tablet jelas pada kualitas layarnya karena disinilah semua materi visual tampil ke hadapan pengguna. Untuk memberikan pengalaman visual terbaik inilah ASUS menghadirkan teknologi VisualMaster di ZenPad 7.0 Z370CG yang melibatkan software dan hardware guna mengoptimalkan seluruh aspek tampilan, termasuk kontras, ketajaman, warna, kejernihan dan kecerahan. Teknologi yang juga diimplementasikan pada beberapa jajaran Zenbook ini bertujuan memberi tampilan yang cemerlang dan detil serta menghadirkan fitur display terbaik sesuai kebutuhan pengguna.

Salah satu komponen dari VisualMaster adalah penggunaan panel IPS yang memberikan sudut pandang lebar hingga 178o. Pengguna tetap dapat melihat tampilan tablet dengan jelas meski dari berbagai arah. Layar 7 inci di ZenPad 7.0 Z370CG sendiri juga terbilang lega dengan  porsi 72% dari keseluruhan permukaan bodinya, hal ini dimungkinkan dengan mempersempit sisi layar (bezel).

Komponen selanjutnya hadir dari ASUS Splendid yang dapat mengatur intensitas warna yang ditampilkan ke layar sesuai kebutuhan. Fitur ini membolehkan pengguna mengatur ketajaman dan level suhu warna terbaik menurut pengguna. Pada tablet ini sendiri sudah disediakan 4 mode warna yang bisa dipilih yakni Balance, Blueligth Filter, Vivid, dan Customized (diatur tersendiri).

ZenPad 7.0 Z370CG juga peduli dengan kesehatan mata pengguna dengan menghadirkan fitur “Bluelight Filter”. Pada dasarnya, filter ini jika diaktifkan akan meminimalkan hingga 30% kekuatan warna biru pada layar tanpa mempengaruhi warna lainnya. Penurunkan intensitas cahaya biru ini akan mencegah mata cepat lelah saat melihat/membaca layar tablet untuk waktu yang lama. Fitur ini sengaja dihadirkan mengingat pengguna seringkali memakai tablet dalam jangka waktu yang lama untuk bekerja maupun bermain.
 

Photo by Katerina

Solusi VisualMaster selanjutnya hadir pada teknologi ASUS TruVivid yang berguna dalam meningkatkan kejernihan sekaligus respon sentuhan pada layar. Teknologi ini memangkas desain layar dengan 6 lapisan menjadi hanya 2 lapisan melalui sistem laminasi penuh. Desain ini menghilangkan lapisan udara dan menggabungkan kaca terluar dengan panel sentuh sehingga tampilan warna akan lebih presisi dan cerah (>94%) dibandingkan desain layar konvensional yang seringkali memudarkan warna aslinya.

Masih dalam rangka aspek visual, ZenPad 7.0 Z370CG juga mengimplementasikan fitur ASUS Tru2Life yang memanfaatkan teknologi terkini pada prosesor pengolah grafis untuk menghadirkan detil dan ketajaman yang akurat. Teknologi ini menciptakan sistem kontras yang cerdas dimana setiap gambar yang akan dimunculkan dianalisa terlebih dulu agar tiap piksel dioptimalkan sebelum ditampilkan. Hasilnya, gambar yang tampil memiliki tingkat kontras hingga 200% lebih baik.

Teknologi Tru2Life juga mampu mendeteksi kondisi cahaya sekitar untuk kemudian melakukan pengaturan display agar pengguna tetap nyaman memandang layar tablet meski ditengah terik matahari. Solusi penyesuaian display ini tampil lebih unggul dibandingkan produk kompetitor dimana konsumen akan tetap dapat melihat tampilan layar dengan jelas dan terhindar dari silau pantulan cahaya luar. 

www.asus.com


Suara Lebih Kaya, Tajam, dan Kuat
ASUS ZenPad 7.0 Z370CG memberikan kemampuan audio yang prima, membawa kelebihan khusus dengan teknologi khas SonicMaster guna menghadirkan suara sejernih kristal yang detil baik melalui speaker maupun headphone.

Yang paling menarik, tablet ini juga dibekali teknologi DTS-HD Premium Sound untuk mengubah suara stereo menjadi suara surround virtual (suara dari banyak arah) sehingga suasana lebih realistis. Suara surround inipun bisa dinikmati hingga 360o penuh dengan memakai headphone. Inilah tablet pertama didunia yang mengusung teknologi DTS-HD yang umumnya muncul di perangkat premium.

Untuk meningkatkan kemampuan audio lebih lanjut, ASUS juga menyertakan aplikasi AudioWizard yang menawarkan konfigurasi khusus sesuai kebutuhan pakainya. Disini pengaturan audio akan dioptimalkan ketika ingin nonton film, bermain game, atau merekam percakapan. Tool ini memberi setting terbaik tanpa harus repot mengaturnya secara manual.

Inovasi Kamera Kreatif
Meski didesain sebagai tablet entry level yang terjangkau, ZenPad 7.0 Z370CG tetap dibekali kamera untuk kebutuhan fotografi ringan dengan kamera depan 2MP dan kamera belakang 5MP (autofocus). Kerennya, di tablet ini sudah mengadopsi teknologi kamera PixelMaster yang menghadirkan banyak keunggulan.

Melalui sistem PixelMaster ini, pengguna akan mendapati kemudahan dalam berfoto untuk kemudian dilakukan editing saat itu juga dan langsung dibagikan (share) ke cloud, antar perangkat, atau ke social media.  ZenPad 7.0 Z370CG juga dibekali faslitas kamera berteknologi PixelMaster yang membantu pengguna mendapatkan gambar yang detil, warna lebih alami, dan tangkapan cahaya yang lebih peka dalam suasana gelap.

Sistem PixelMaster juga menggabungkan 4 pixel yang didapat dari sensor menjadi 1 pixel dengan kualitas tinggi dimana hasil pencahayaannya akan 4x lipat lebih terang dan kontras warna meningkat 2x lipat.

Kamera utama/belakang di ZenPad 7.0 Z370CG hadir dengan 15 mode foto dan 8 mode untuk kamera depan. Masing-masing mode ini menawarkan kemampuan unik dalam fotografi seperti “Low-Light”Mode untuk memotret dalam pencahayaan rendah, “HDR” untuk menghasilkan foto lebih cemerlang, “Beautification”  untuk meningkatkan kualitas foto portrait/wajah dimana Anda dapat dipercantik untuk bagian kulit, mata, dan bagian dagu.

Bagi yang gemar berfoto bersama teman-teman akan menemukan manfaat asyik di mode “Selfie” yang dapat menjangkau rentang foto panorama hingga 140o melalui kamera depan. Fitur ini memudahkan mendapatkan area foto yang luas sehingga banyak orang yang bisa masuk dalam fokus foto.

Beberapa opsi foto keren lainnya yang pasti menarik muncul pada mode “Time Rewind” yang akan merekam adegan beberapa detik sebelum dan setelah tombol rekam ditekan. Cocok buat mereka yang sering ketinggalan momen saat memotret atau antisipasi agar tidak kehilangan momen terbaik saat memotret. Lalu ada juga mode “Smart Remove” yang bisa menghapus obyek yang tak diinginkan selain hanya obyek pilihan. 

www.asus.com


Jadi Sutradara dengan MiniMovie
Bagi yang ingin membuat tampilan foto jadi lebih kreatif dan menarik tentu akan senang dengan aplikasi built-in “MiniMovie” dari ASUS. Aplikasi ini membolehkan pengguna menggabungkan berbagai foto untuk dijadikan film mini yang makin menarik dengan imbuhan musik pengiring. Bisa menambahkan teks informasi dan juga langsung membagikannya melalui media sosial seperti email, cloud, hingga YouTube.

Guna mendukung aktivitas bagi-pakai ini, ASUS juga menyediakan layanan penyimpanan berbasis cloud di ASUS WebStorage. Disini akan diberikan kapasitas gratis sebesar 5GB yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai data termasuk foto dan video.

ASUS ZenPad 7.0 Z370CG ditenagai oleh prosesor Intel generasi terbaru Atom x3-C3200 yang dikenal dengan nama kode SoFIA. Inilah SoC (System on Chip) 64-bit yang hemat daya dan khusus ditujukan bagi perangkat bermobilitas tinggi seperti smartphone dan tablet.

ZenUI, Antarmuka Mempesona
Untuk menghadirkan pengalaman lebih memukau pada produk mobile, ASUS merancang antarmuka khas berjuluk “ZenUI”. ASUS ZenPad 7.0 Z370CG yang hadir dengan platform Android versi Lollipop (5.0.2) pun disempurnakan dengan grafis ZenUI dengan layar pengunci dan wallpaper baru, launcher dan icon lebih segar, hingga tema baru yang bisa dipersonalisasi sebagai identitas pemakainya.

Diterapkannya ZenUI pada sistem Android membuat jajaran produk mobile ASUS tampil berbeda dibandingkan kompetitor. Konsep ZenUI dirancang agar tiap navigasi menjadi lebih efisien, menampilkan sentuhan icon-icon bergaya flat moderen, warna-wana cerah, animasi, ringtone, dan notifikasi terbaru. Anda pun dapat men-download Icon Packs dari ASUS Launcher termasuk juga pilihan wallpaper hingga icon aplikasi dan folder untuk mem-personalisasi tablet Anda.

ZenUI hadir dengan 35 aplikasi ter-install dimana juga menerapkan icon beranimasi pada beberapa aplikasi yang dapat memberikan informasi seketika (realtime) pada desktop seperti cuaca dan kapasitas baterai. Jika sudah terlalu banyak aplikasi yang ter-install, pengguna juga bisa mengaktifkan Smart Folders/Groups dimana berbagai aplikasi akan dikumpulkan sesuai kategorinya seperti Bisnis, Komunikasi, Fotografi, hingga Game. Cara ini relatif membuat tampilan setiap aplikasi lebih ringkas.

ZenMotion: Buka Aplikasi dengan Cepat
Satu fitur menarik yang sebelumnya hanya terdapat pada smartphone kini juga telah muncul pada tablet ZenPad 7.0 Z370CG. Melalui fitur ZenMotion, pengguna bisa langsung mengaktifkan fungsi/aplikasi tertentu cukup dengan melukiskan kode huruf di layar meskipun tablet dalam kondisi layar off. Kode ini pun bisa diatur untuk berbagai aplikasi yang diinginkan. Pengguna juga bisa mengetuk ganda layar untuk membuka (Screen on) atau menutup layar dengan cepat (Screen off). Selain praktis karena tak perlu menekan tombol power, cara ini juga terbilang hemat daya.

Sistem Pengaman Inovatif
Jalankan aplikasi Kids Mode untuk membuat area khusus bagi anak saat menggunakan tablet ZenPad. Mode ini juga menyertakan browser ter-filter yang dapat diawasi dan juga kode PIN untuk mengunci akses penuh. Kita pun bisa mengatur batas pemakaian bagi anak. Kids Mode juga membatasi akses pada YouTube, menghilangkan pornografi, atau pun layanan jual-beli online seperti eBay yang tergolong beresiko pada anak.

Fitur SnapView memungkinkan pengguna membuat 2 akun dengan tampilan berbeda namun tetap dapat saling berpindah satu sama lain. Misalkan, akun satu untuk keperluan personal dan akun lainnya untuk pekerjaan. Aplikasi dan file seperti foto, video, musik, dan email pada akun pemilik (owner’s) tak akan bisa diakses ketika tablet dalam mode SnapView. Meski begitu, notifikasi pesan dari kedua akun ini tetap akan muncul agar tetap bisa memantau kedua akun secara bersamaan.
 
Photo by Katerina

Kenapa Harus Membeli ASUS ZenPad 7.0 Z370CG?
  1. Tablet ASUS ZenPad 7.0 Z370CG merupakan tablet pertama di dunia dengan back cover yang bisa diganti-ganti, termasuk ditandem dengan sistem audio dan baterai eksternal tambahan.
  2. Tampilan layar ultra realistik seperti halnya pada TV model high-end dengan warna cemerlang dan kontras yang tajam.
  3. Inilah tablet perdana didunia yang bisa ditandemkan dengan modul audio surround 5.1 berteknologi DTS-HD untuk menghadirkan tata suara mantap.
  4. Layar 7” beresolusi HD 800x1280 pixel dengan area pandang 72% dari keseluruhan bodi. Layar ini pun diperkuat lapisan Gorilla Glass untuk mencegah goresan benda tajam.
  5. Desain kompak dalam dimensi 189x110,9x8,7 mm dan bobot hanya 272 gram sehingga nyaman digenggam.
  6. Baterai internal dengan daya tahan pemakaian 8 jam. Dengan modul ASUS Power Case pun membuatnya mencapai pemakaian hingga 14 jam.
  7. Dual kamera untuk memudahkan pengguna membuat foto dan video. Dukungan teknologi PixelMaster pun membantu menghasilkan image yang OK.
  8. Antarmuka ZenUI yang baru dan segar serta menyediakan banyak kustomasi agar tablet Anda tampil lebih personal.
  9. Dukungan jaringan Internet 3G dan ruang penyimpan eksternal yang mendukung hingga 128GB.
  10. Pilihan warna menarik (hitam, putih, aurora metalik) dengan kontur kulit yang  elegan.
www.asus.com

Spesifikasi
  • Type : Zenpad 7.0 Z370CG
  • Operation System : Android TM 5.0 Lollipop
  • Display : 7-inch IPS Super Bright IPS HD Panel wih ASUS Tru2Life Technology WXGA(1280x800), 216 Pixel per inch. ASUS TruVivid Full lamination technology IPS with 178 degree wide view angle Super Anti-Scratch Corning® Gorilla® Glass. 10 finger multi-touch, Anti-finger Coating, 72% screen to body ratio. Zen Motion support Touch Gesutre
  • CPU: The latest Intel® AtomTM X3-C3230 Quad-Core Processor
  • 64-bit, support 3D grap hic
  • Graphics : Mali-450 MP4
  • Memory : 32-Bit Single channel LPDDR3 2GB RAM
  • Storage : 16 GB+ 16 GB of ASUS WebStorage( 5 GB for life+ 11GB for the 1st year)
  • Connectivity : WiFi 802.11 b/g/n - Bluetooth 4.0 with A2DP, aptX - Wi-Fi Direct - Support Miracast.
  • Network Standard : HSPA+ Download Speed: 21Mbps. 3G:WCDMA : 900/2100/850/1900. 2G : EDGE/GSM:850/900/1800/1900
  • Camera : Rear Camera : 5MP,Auto-Focus, F2.0, PixelMaster Camera for brighter photo and video up to 400% with low light mode, Zero Shutter Lag(rear),720p@30fps video recording, IR filter, Beautification, Panorama, HDR
  • Front Camera : Front Camera: 2MP,  Big Apperture F2.0 with 140-degree wide-angle selfies and beautification mode.
  • Audio : 1 x Front Speaker  with DTS HD Premium Sound  MP3, AAC, AAC+, 3AAC+, MIDI, WAV, FLAC, DTS
  • Interface : 1x MicroUSB 2.0 wiith USB host support. 1x2-in-1 Audio Jack (Headphone/Mic-in). MicroSD card support up to 64 GB SDXC, Single Micro SIM.
  • Battery : 8 hours battery life. 13Wh, 3450 mAh.  Li-polymer battery.
  • Navigation : GPS/Glonass/A-GPS
  • Sensor : G-sensor/E-compass/Light Sensor/Hall Sensor/Proximity Sensor
  • Colors : Premium embossed leather patterns Obsidian Black, Pearl White, Aurora Metallic.
  • Dimension: 110.9mm (W) x 189 mm (L) x 8.7 mm (H)
  • Weight: 272 g
  • User Interface : ASUS ZenUI 2.0 with over 1000+ software enhancement (What's Next, ZenLink, Kids Mode, ASUS Splendid, etc
  • Video : Playback :1080p@30fps, Format : MP4, M4V, 3GP, 3G2, AVI, MKV, WEBM

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Asus sekarang benar2 produk yang dekat dengan masyarakat, karena variasi produknya banyak & mengena ke pengguna

    BalasHapus
  2. zenpad emang oke, tampilannya mewah elegan bikin pede yg pake trus hasil fotonya bagusss cocok buat blogger kayak aku :D

    BalasHapus
  3. Kalau tablet gini, aku sudh nggak bisa pegang, pasti 'dirampas' sama si kecil buat full mainan game. Apalagi didukung sistem entertiment kayak gini, tambah betah.

    BalasHapus
  4. Ini Ipad kece banget! jalan sambil nenteng tablet ini serasa ikutan keren hehe

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!